Isnin, 26 November 2018

Ar-Rahman untuk semua dan Ar-Rahim dikhususkan. In Syaa Allah. Yang beriman rebutlah kedua-duanya. Aamiin. 8727.


Menarik, Cara Lidmi Palu Bangkitkan Semangat Shalat Subuh Berjamaah 
Senin, 26 November 2018 11:33
KIBLAT.NET, Palu – Strategi unik dijalankan oleh Pimpinan Daerah Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PD Lidmi) Palu di posko pengungsian Lapangan Mister, Kelurahan Tipo, Palu, Sulawesi Tengah, untuk mengajak warga pengungsian meramaikan kegiatan shalat subuh berjamaah, Ahad (25/11/2018).

Ketua Lidmi Palu, Ahmad Muslimin melalui rilisnya menjelaskan strategi yang digunakan dengan menyediakan sarapan pagi berupa bubur kacang hijau hangat kepada warga yang menghadiri shalat subuh berjamaah di mushala darurat yang didirikan.

Suguhan sarapan pagi dapat dinikmati jamaah setelah tausiyah subuh yang disampaikan Muhammad Ridho, relawan Lidmi Peduli. Tausiyah berjalan 30 menit dengan mengajak warga untuk mentadabburi nama dan sifat Allah Ta’ala.

“Di antara nama Allah Ta’ala adalah Ar-Rahman dan Ar-Rahim yang berarti Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Maha Pengasihnya Allah Ta’ala adalah kasih yang diberikan kepada seluruh makhluk-Nya, baik ia manusia, hewan maupun tumbuhan. Baik ia beriman kepada Allah atau tidak,” jelas Ahmad.

“Sedangkan Ar-Rahim atau Maha Penyayangnya Allah, berlaku hanya kepada orang-orang pilihan Allah Ta’ala

Maka mari kita berupaya menjadi orang-orang pilihan yang akan mendapatkan Ar-Rahimnya Allah Ta’ala,” tambahnya.

Setelah mendengar tausiyah subuh, Tim Lidmi Peduli kemudian menyuguhkan bubur kacang hijau hangat bersama hidangan sederhana kepada seluruh jamaah.


“Apa yang kami sajikan mungkin tidak seberapa, ala kadarnya dari kami, semoga menjadi sedikit penyemangat bagi kita semua,” kata Ridho saat menutup tausiyah Subuh dan mengajak warga untuk sarapan bersama.

Tujuan suguhan [sumbangan/pemberian] ini, lanjut Ridho, untuk membina keakraban dengan seluruh warga yang berada di posko pengungsian, terutama bapak-bapak dan ibu-ibu, para orang tua yang mendiami posko.

Pembinaan Al-Quran kepada anak-anak dan remaja sedang kami jalankan, maka kami mengharap dukungan dari orang tua mereka, bahkan pembinaan Al-Quran juga kami rencanakan kepada orang-orang tua tersebut,” ungkap Alumni Fakultas Hukum Universitas Tadulako 2013 ini.

Warga setempat, Ardi mengatakan, gempa dan tsunami yang menerjang warga di Kelurahan Tipo meninggalkan banyak hikmah. Namun menurutnya, masih banyak warga yang belum bermuhasabah karenanya.

“Kejadian kemarin itu pak betul-betul luar biasa, seperti kiamat. Allah ingin menunjukkan sebagian dari kuasa-Nya. Maka terima kasih sekali sudah hadir untuk membantu kami untuk selalu ingat Allah, dengan kegiatan-kegiatan keagamaan,” pesannya.

Di antara program Lidmi Peduli yang dijalankan secara rutin di posko ini adalah dalam bidang dakwah dan pendidikan, yakni permainan edukasi kepada anak-anak, pembinaan Al-Quran anak-anak dan remaja, serta Pendidikan Al-Quran Orang Dewasa (DIROSA).

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy
Menarik, Cara Lidmi Palu Bangkitkan Semangat Shalat Subuh Berjamaah - Kiblat
https://www.kiblat.net/2018/11/26/menarik-cara-lidmi-palu-bangkitkan-semangat-shalat-subuh-berjamaah/


TITIAN

BERITA TERKAIT

KIBLAT.NET, Kermanshah – Gempa berkekuatan 6,4 richter mengguncang provinsi Kermanshah, Iran Barat, pada Ahad malam (25/11). Akibatnya, ratusan orang luka-luka. Gempa ini juga terasa hingga Irak dan menyebabkan dua tewas dan lima puluh lainnya luka-luka.

Televisi pemerintah Iran melaporkan sebanyak 413 orang luka-luka akibat gempa, termasuk 15 dalam kondisi kritis.

Ratusan korban itu terdata dari kota Srebul Zihab dan Ghilan. Kepala layanan medis darurat, Berhosin Kulivand, mengatakan sebagian besar korban terluka saat kondisi panik dan berlarian dari rumah.

Dia menambahkan bahwa jumlah yang terluka dapat meningkat. Saat ini sebanyak 18 tim darurat dikirim ke provinsi tetangga untuk menyisir kemungkinan korban lainnya.

TITIAN

Institut Geofisika Iran mengatakan bahwa pusat gempa berada di 17 kilometer tenggara kota Sarbel Zihab dan terjadi di kedalaman tujuh kilometer.

Sebanyak tujuh gempa susulan terjadi setelah gempa besar. Gempa-gempa itu relatif lemah.

Di wilayah Kurdistan Irak, seorang pejabat kemanusiaan di provinsi Sulaymaniyah, Baston Jalay, mengatakan dua orang tewas di daerah gempa Kerman dan 50 orang terluka akibat gempa di daerah dekat perbatasan Iran itu.

Untuk bagiannya, direktur departemen meteorologi di Organisasi Aeronautika dan Seismologi di Irak Ali Abdul Khaliq mengatakan bahwa gempa tersebut dirasakan hingga Baghdad dan sejumlah provinsi di negara itu.

BERITA TERKAIT


Ini bukan gempa pertama yang dialami provinsi Kermanshah. Pada November 2017, gempa dahsyat berkekuatan 7,3 richter mengguncang provinsi tersebut menewaskan 620 orang, melukai lebih dari 12.000 orang dan merusak sekitar 30.000 rumah. 


Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi
Iran Barat Kembali Diguncang Gempa, Ratusan Orang Terluka
https://www.kiblat.net/2018/11/26/iran-barat-kembali-diguncang-gempa-ratusan-orang-terluka/























































Tiada ulasan: