Selasa, 15 Januari 2019

Jiwa Insan. 9043.




Ditemui Diaspora Uighur, Wakil Ketua DPR RI: Indonesia Akan Bela Uighur! 
Selasa, 15 Januari 2019 00:06
Foto: Diaspora Uighur temui wakil rakyat Indonesia, Fahri Hamzah.

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menerima kunjungan Diaspora Uighur di rumah Dinasnya, di Jalan Asia-Afrika Senayan.

Dalam kunjungan itu, Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur, Seyit Tumturk menyampaikan rasa terimakasihnya kepada bangsa Indonesia yang mendukung pembebasan terhadap Muslim Uighur.

“Kita berharap Indonesia sebagai negara muslim terbesar, untuk menjadi inisiator bersama negara muslim lain untuk menekan pembebasan terhadap pemerintah komunis China agar saudara muslim disana mendapat hak-haknya,” tutur Seyit kepada Fahri, Senin (14/01/2019).

Seyit menjelaskan kepada Fahri bahwa saat ini ada tiga sampai lima juta Muslim Uighur yang ditahan di kamp penindasan pemerintah komunis China. Meskipun oleh pemerintah Cina, kamp tersebut diklaim sebagai kamp reedukasi.

“Kami datang ke sini atas aksi kalian turun ke jalan, membuat pemerintah Cina bertekuk lutut dan mendatangi ormas-ormas Islam untuk menjelaskan kondisi di negaranya,” ujar Seyit.

Ia juga mengungkapkan bahwa perlu dikirim peneliti independen untuk memastikan kebenaran kondisi Uighur di sana.

Atas kunjungan itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan Indonesia akan membela HAM bangsa Uighur, karena HAM adalah universal dan merupakan amanat pembukaan UUD 1945 dan Pancasila.

“Manusia harus diperlakukan adil dan beradab. Di manapun ada isu HAM, Indonesia harus terlibat. Indonesia adalah champion (pemenang) dalam isu HAM menurut UUD dan Pancasila,” ujar Fahri. 


Dalam kunjungan itu, dihadirkan juga Gulbakhar Cililova, pebisnis dari Kazakhstan yang merupakan keturunan Uighur. Gulbakhar pernah ditahan di kamp penindasan China dengan tuduhan terlibat terorisme. Kepada Fahri, ia juga menjelaskan penyiksaan yang dialaminya ketika ditahan selama satu tahun tiga bulan sepuluh hari.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Fajar Shadiq
Ditemui Diaspora Uighur, Wakil Ketua DPR RI: Indonesia Akan Bela Uighur! - Kiblat
https://www.youtube.com/watch?v=gfw7XGvuCKA

Wanita Ini Ikhlas Dinikahi Pemulung, 1 Bulan Menikah Ia Syok Temukan Rahasia Suaminya




Tiada ulasan: