Jumaat, 24 Januari 2020

Bersin. 9660


Allah ﷻ dan Rasulullah ﷺ
Allah ﷻ dan Rasulullah ﷺ
Allah ﷻ dan Rasulullah ﷺ

Sedih... aku bersin dituduh bawa penyakit. Diulang dua kali kenyataan itu. Ditambah orang sini baru nak sihat. Aku bersin pun sebab bau masakan kedai tuu yang menyengat... 

Bersin

Bersin adalah tindak balas kepada kerengsaan dan cara hidung untuk menyingkirkan kuman. Hampir setiap zarah boleh mengganggu hidung dan menyebabkan bersin. Kerengsaan biasa termasuk:

virus atau bakteria
debu
debunga
dander

Semua zarah ini boleh mencetuskan bersin. Bersin adalah tindak balas yang dikawal sebahagiannya kepada kerengsaan. Oleh itu, adalah mungkin untuk melambatkan atau menghentikan bersin sebelum ia berlaku.

12 cara untuk berhenti bersin

Mungkin mungkin untuk melambatkan atau berhenti bersin secara semula jadi dengan:

1. Mengubati alergi

Irit, seperti debunga dan debu, memperburuk hidung dan menyebabkan bersin.

Mengubati alergi adalah cara yang baik untuk mencegah bersin. Seksi bersinergi sering berlaku dalam kelompok dua hingga tiga.

Walau bagaimanapun, untuk merawat alahan, seseorang mesti terlebih dahulu mengenalpasti alergen yang mencetuskan tindak balas. Setelah dikenal pasti, seseorang mungkin dapat mengelakkan alergen dan mengelakkan bersin akibat pendedahan kepada alergen.

Walau bagaimanapun, mungkin ada masa yang mustahil untuk mengelakkan alergen.

Dalam keadaan ini, orang dapat mengawal tindak balas mereka terhadap alergen dengan menggunakan ubat-ubatan yang boleh membantu reaksi alahan.

Jenis popular termasuk:

tablet atau pil antihistamin
semburan hidung glucocorticosteroid
Sesetengah orang yang mengalami reaksi yang lebih teruk mungkin memerlukan ubat preskripsi atau tembakan alahan untuk mencegah atau mengurangkan kesannya

2. Pencetus pembelajaran

Perkara yang berbeza boleh menyebabkan seseorang bersin. Sesetengah pencetus mungkin mudah dilihat dan dielakkan. Mempelajari apa yang menyebabkan bersin boleh membantu orang mengelakkannya.

Pencetus termasuk:

dander
debu
rempah, seperti lada
lampu terang
makanan pedas
acuan
debunga
virus sejuk
minyak wangi
tepung penaik

3. Merawat bersin fotik

Bersin ketika melihat cahaya terang dipanggil bersin fotik. Keadaan ini memberi kesan kepada kira-kira satu pertiga orang di seluruh dunia, yang dicetuskan untuk memulakan bersin dengan pergi ke luar pada hari yang cerah.

Orang yang mempunyai bersin fotik biasanya mempunyai sejarah keluarga keadaannya. Mereka boleh menghalang bersin dengan tidak melihat secara langsung pada lampu terang dan memakai cermin mata hitam pada hari-hari yang cerah.

4. Mengelakkan makanan yang besar

Sesetengah orang bersin mengikut hidangan di mana mereka berasa amat kenyang. Tindak balas ini dapat dicegah dengan memakan porsi yang lebih kecil dan mengambil gigitan yang lebih kecil. Fenomena ini tidak difahami dengan baik.

5. Mengucapkan sesuatu yang pelik

Orang ramai mengatakan kata lucu atau pelik dengan kuat sebelum bersin boleh menghentikan bersin daripada berlaku. Ia adalah murni anekdot.

Pemikirannya ialah tindakan melafazkan sesuatu yang menarik atau tidak biasa mengganggu otak untuk mengelakkan bersin. Tiada kajian untuk menyokong tuntutan ini.

6. Mengeluh bumbung mulut

Seseorang mungkin dapat menahan bersin dengan merangsang atap mulut dengan lidah. Melakukannya selama beberapa saat sebelum bersin boleh membantu mengelakkannya daripada berlaku.

7. Mengelakkan bahaya alam sekitar

Sesetengah orang berada dalam keadaan di mana mereka sentiasa bersentuhan dengan perengsa di udara.

Ini mungkin disebabkan oleh pekerjaan, tetapi seseorang mungkin mempunyai hobi atau tinggal di kawasan yang kerengsaan di udara.

Irritants boleh termasuk:

simen
arang
bahan kimia
asbestos
bijirin atau tepung
logam
ayam hidup
kayu (habuk papan)

Ramai perengsa berbahaya jika orang terdedah kepada mereka dari masa ke masa. Ada yang boleh menyebabkan kanser di dalam tekak, mulut, atau hidung.

Orang harus memakai alat perlindungan ketika di tempat-tempat di mana zarah-zarah ini ada. Pengudaraan dan pencegahan debu dapat membantu mengurangkan pendedahan. Mengurangkan pendedahan kepada perengsa ini akan menghalang komplikasi.

8. Meniup hidung

Orang yang hendak bersin boleh cuba meniup hidung mereka. Ini membantu membersihkan berseri yang mencetuskan bersin. Oleh kerana seseorang boleh meniup hidungnya dan kemudian bersin selepas itu, kaedah ini tidak selalu berkesan.

Mengekalkan tisu berdekatan boleh membantu seseorang menjangkau mereka pada waktunya untuk menghentikan bersin.

9. Menggunakan semburan hidung di rumah

Menggunakan semburan hidung untuk membersihkan sinus mungkin menghalang pencetus daripada menyebabkan bersin. Walau bagaimanapun, semburan hidung preskripsi atau over-the-counter mungkin tidak diperlukan. Terdapat beberapa penyelesaian yang mudah dibuat di rumah.

Satu semburan melibatkan menggunakan capsaicin . Capsaicin memberikan lada cili rempah mereka. Menggunakan capsaicin dalam semburan hidung boleh menghilangkan tisu hidung, yang mungkin membuat bersin kurang kerap. Ia juga akan mencetuskan siri sneeze sebelum kesannya bermula.

Orang yang ingin mencuba kaedah ini perlu berhati-hati dan berjumpa doktor sebelum mencubanya.

10. Mencubit hidung

Orang boleh mencubit hidung mereka pada tanda pertama bersin. Seseorang boleh melakukan ini sama ada dengan mencubit hidung hidung atau mencubit lebih tinggi pada hidung lebih dekat ke mata.

11. Meningkatkan pengambilan vitamin C

Vitamin C adalah antihistamin dan berfikir untuk meningkatkan sistem imun. Vitamin C adalah buah sitrus, sayur-sayuran tertentu, dan makanan tambahan. Dengan meningkatkan jumlah vitamin C dalam diet mereka, seseorang mungkin berpotensi melihat pengurangan bersin dari masa ke masa.

12. Minum teh chamomile

Begitu juga dengan vitamin C, chamomile mempunyai kesan anti-histamin . Untuk membantu mencegah bersin, seseorang boleh minum secawan teh chamomile setiap hari untuk membantu mengurangkan jumlah histamin dalam badan.

Bawa pulang
Minum teh chamomile boleh membantu mengurangkan bersin.

Selalunya tidak mungkin untuk menghentikan bersin. Banyak kaedah menghentikan bersin melibatkan mencari cara untuk mencegah refleks bersin di tempat pertama. Orang mungkin berjaya dengan satu atau lebih kaedah.

Orang mungkin perlu berunding dengan doktor mereka jika bersin berlebihan. Mereka juga harus berbincang dengan pakar perubatan sebelum mengambil apa-apa suplemen atau mengambil apa-apa bahan baru ke dalam badan.

Sumber:
https://www.sihat.net/kekal-sihat/bersin/

Adab Bersin dalam Islam
Selasa 26 Jun 2018 15:27 WIB
Red: Agung Sasongko

Islam memandang bersin sebagai nikmat yang dikaruniakan Allah SWT kepada manusia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  -- Sejumlah literatur medis mengungkapkan bahwa bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan virus atau bakteri berbahaya yang bisa memicu sakit.  Sebagai agama yang sempurna, Islam mengatur tata cara atau adab saat bersin.

Dalam kaca mata agama, bersin dipandang sebagai nikmat Allah SWT kepada manusia agar terhindar dari dampak bibit penyakit. Maka itu, Rasulullah SAW banyak memberikan tuntunan dan adab ketika bersin.

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, disebutkan saat hendak bersin, Nabi SAW menutup mulutnya dengan tangan atau baju beliau. Tujuannya agar suara bersinnya tidak terlampau keras. Satu hadis lain mengingatkan bersin yang keterlaluan sesungguhnya termasuk perbuatan setan.

‘’Allah SWT membenci perilaku mengencangkan suara bersin dan menguap.’’ (HR Abu Hurairah ra). 

Sebaliknya, dianjurkan setelah bersin untuk mengucapkan hamdalah. Ada dua keutamaan. Dijelaskan Shaleh Ahmad asy-Syaami dalam /Berakhlak dan Beradab Mulia/, pertama, ini menunjukkan rasa syukur atas karunia Allah. Dan kedua, jika senantiasa mengingat Allah, tentu Allah pun akan menjaga kondisi tubuh hambanya.

Mereka yang berada di sekitar orang yang bersin, tidak terlepas dari tuntunan serupa. Rasulullah SAW menggaris bawahi bahwa apabila ada di seseorang mengucapkan /alhamdulillah/ ketika sedang bersin, maka wajib hukumnya bagi umat Muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan doa untuknya dengan ucapan /yarhamukallah/ (semoga Allah selalu merahmatimu).

Selanjutnya, bila saudara atau temannya itu ada yang mendoakan saat dia bersin, hendaknya ia membalas dengan ucapan doa /yahdiikumullah wa yushlihu baalakum/ (semoga Allah selalu memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).

Bagaimana bila seorang yang bersin tidak mengucapkan hamdalah? Sesuai petunjuk Rasulullah, seseorang yang berada di dekatnya tidak perlu mendoakannya.

‘’Dari sahabat Anas ra, suatu ketika ada dua orang yang sedang bersin di dekat Rasulullah SAW, namun beliau hanya mengucapkan doa /yarhakumullah/ kepada salah seorang saja di antara mereka. Lalu orang yang tidak beliau doakan berkata kepadanya, ‘’Si fulan bersin, lalu engkau mendoakannya dan ketika saya yang bersin, engkau tidak mendoakan saya.’’ Lalu Rasulullah berkata kepadanya, ’’Dia mengucapkan hamdalah ketika bersin, sedangkan kamu tidak.’’ (HR Muttafaq ‘alaih)

Ibnu Arabi saat menafsirkan hadis di atas, menyatakan, beliau tidak mengucapkan doa kepada orang yang tidak mengucapkan hamdalah ketika bersin, dan beliau tidak mengingatkannya untuk membaca hamdalah. Hal ini bertujuan sebagai hukuman baginya.

Sebab dengan sikapnya itu, ia seolah tidak ingin mendapat berkah dari ucapan hamdalah, sehingga ia pun tidak perlu diberi berkah doa bersin. ‘’Berarti dengan sikapnya itu, dia telah lupa dengan karunia Allah SWT,’’ tegas Ibnu Arabi.

Pada dasarnya, saling mengucapkan doa ketika bersin, merupakan satu dari enam hak seorang Muslim atas Muslim lainnya. Hak-hak tersebut antara lain, mengucapkan salam, memenuhi undangan, memberi nasihat, mengucapkan hamdalah saat mendengar saudaranya bersin, menjenguk si sakit, dan mengantarkan jenazah orang yang meninggal dunia.

Berdasarkan hadis-hadis tadi, hukum mendoakan orang bersin yang mengucapkan hamdalah adalah fardhu ‘ain bagi setiap yang mendengarnya, tidak cukup hanya seorang dari mereka. Ini mengutip pendapat dua ulama besar Ibnu Abi Zaid dan Abu Bakar al Arabi.

Dalam kamus bahasa Arab, ada istilah at-tasmiit (dengan huruf sin) dan at-tasymiit (dengan huruf syin). Menurut Abu Ubaidah, at tasmiit berarti mendoakan seseorang semoga kondisi kesehatannya membaik dan tenang setelah bersin. Sedangkan makna at tasymiit adalah mendoakan semoga Allah menjauhkan dirinya dari segala kesulitan dan musibah.

Sehingga, mendoakan orang yang sedang bersin dengan doa dinamakan at tasymiit, agar menumbuhkan perasaan tenang di dalam hatinya atas cobaan kesehatan yang sedang dialami. Shaleh asy Syaami menyatakan, itu merupakan amalan mulia, dan jika orang yang bersin dan yang mendoakannya memahaminya, mereka bisa mengambil manfaat yang besar.

‘’Keduanya akan memahami betapa besar nikmat yang dinamakan bersin itu, bukan hanya manfaat bagi tubuhnya, namun bagi hatinya juga,’’ tegasnya.

Bilamana seseorang bersin berulang-ulang, atau lebih dari tiga kali, para ulama sepakat menyatakan bahwa berdasarkan petunjuk hadis, itu menandakan orang tadi sedang terserang flu, sehingga doa yang diucapkan bukan lagi doa untuk orang yang sedang bersin biasa, melainkan doa untuk orang sakit.

Doa tersebut, ungkap Muhammad bin Ajalan, mengharapkan semoga ia diberi kesembuhan dan kesehatan. Ini mengingat flu adalah termasuk salah satu penyakit. ‘’Jika ia bersin lebih dari tiga kali, maka berarti ia terserang flu, dan kamu tidak usah mendoakannya lagi, jika ia memang bersin lebih dari tiga kali.’’ (HR Abu Hurairah) 

n berbagai sumber,
Adab Bersin dalam Islam | Republika Online
Keistimewaan Bersin, Fiqh Dan Adab-adabnya.Kenapa Anda Harus Menyukai Bersin ??

-Karena Allah ta’ala menyukainya. Dalam hadis : ““Sesungguhnya Allah ta’ala membenci perbuatan menguap dan menyukai bersin”. (HR Bukhari : no. 6223 ).

-Bersin dan mengucapkan alhamdulillah setelahnya, merupakan sunnah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dan mendatangkan pahala serta mendapatkan doa dari saudara-saudara muslim lain.

-Bersin merupakan ciri tidak terlalu kenyang, dan ini merupakan petunjuk islam dalam perkara makan yaitu tidak terlalu makan sekenyang-kenyangnya, namun sekedarnya saja agar tidak cepat ngantuk dan bisa beribadah atau beraktifitas dengan maksimal dan tekun.

-Bersin merupakan proses pengeluaran racun dan bakteri berbahaya dari dalam tubuh sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Inilah Adab-Adab Bersin :

1.Ketika bersin, tidak mengeraskan suara, namun harus menahan keluarnya suara sebisa mungkin. Ini sesuai sunnah Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam. Abu Hurairah radhiyallahu’anhu berkata :

كان رسول الله –صلى الله عليه وسلم– إذا عطس وضع يده – أو ثوبه– على فيه، وخفض –أو غض– بها صوته

Artinya : ” Bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam ketika bersin beliau menutup mulutnya dengan tangannya, atau kain pakaiannya, dan menahan suaranya”. (HR Ahmad : 9662, Abu Daud : 5029, dan Tirmidzi : 2948, Hasan Shahih).

2.Menutup wajah dan mulut ketika bersin baik dengan tangan, kain, atau tisu agar tetesan air yang penuh bakteri tidak mengenai orang-orang atau benda yang ada disekitarnya, sebagaimana disebutkan dalam hadis sebelumnya.

3. Hendaknya tidak memutar atau meggoyang kepala kekiri atau kekanan ketika bersin sebab sangat berbahaya bagi otot dan tulang leher. Sebagian orang melakukan ini sehingga lehernya menjadi cacat. Jika dihadapannya ada orang dan ia terpaksa harus bersin, maka sebaiknya menunduk atau memutar badan secara keseluruhan.

4.Setelah bersin, disunatkan mengucapkan “Alhamdulillah” secara jahr (dengan suara keras) walaupun dalam shalat dengan mengucapkan “Alhamdulillah atau alhamdulillahirabbil’aalamin” atau Alahmdulillah ‘ala kulli haal dan wajib bagi muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan padanya doa “Yarhamukallaah” (Semoga Allah merahmatimu)”.

Tidak disunatkan bagi yang bersin untuk mengucapkan selain Alhamdulillah ini.

Wajib bagi orang yang mendengar ucapan Alhamdulillah dari orang bersin untuk mengucapkan doa padanya : Yarhamukallaah (Untuk tunggal perempuan : yarhamukillah).

Ketika mendengar doa dari orang yang mendengar ucapan Alhamdulillah-nya, maka orang yang bersin juga disunatkan mengucapkan doa untuknya dengan membaca doa : Yahdikumullaah wayushlih baalakum ; Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu .

Ini sesuai hadis shahih dalam Shahih Bukhari ( 6224) dan selainnya : “Jika salah seorang diantara kamu bersin maka ucapkanlah “Alhamdulillaah “, dan orang saudara atau sahabat yang berada disampingnya hendaknya mengucapkan : Yarhamukallah, jika didoakan demikian, maka orang bersin tersebut membalas ucapannya dengan doa ; yarhamukullah wayushlih baalakum”.

Adapun jika orang bersin tidak mengucapkan Alhamdulillah ketika bersin maka tidak perlu didoakan dengan doa yarhamukallah, sebab perintah mengucapkan doa ; yarhamukallaah hanyalah ditujukan bagi orang bersin yang memuji Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadis diatas, juga hadis Anas dalam Shahih Bukhari (no. 6225 ) :

عطس رجلان عند النبي صلى الله عليه وسلم، فشمت أحدهما ولم يشمت الآخر، فقال الرجل: يا رسول الله، شمت هذا ولم تشمتني، قال: «إن هذا حمد الله، ولم تحمد الله

“Dua orang bersin dihadapan Nabi shallallahu’alaihi wasallam, beliau lalu mengucapkan doa ; yarhamukallah pada salah satunya, dan tidak mengucapkannya pada orang kedua, maka orang kedua ini berkata : “Si Fulan tadi bersin dan engkau mengucapkan padanya ; yarhamukallah, namun ketika saya bersin engkau tidak mengucapkannya padaku, maka Rasulullah bersabda : “Tadi orang ini memuji Allah (ketika bersin) dan engkau tidak memujinya”.

Bersin Dalam Shalat, Haruskan Mengucapkan Alhamdulillah dan Yarhamukallah ?

Orang yang bersin dalam keadaan shalat baik sendiri atau berjamaah, tetap disunatkan mengucapkan Alhamdulillah, namun tidak dibolehkan bagi yang mendengarkan untuk mengucapkan “Yarhamukallah” karena bisa membatalkan shalatnya. Dalilnya adalah hadis panjang riwayat Muslim (538) dari Muawiyah bin Al-Hakam radhiyallaahu’anhu saat awal-awal masuk islam, ketika dalam shalat salah seorang sahabat bersin, dan mengucapkan “Alhamdulillah” lalu iapun mengucapkan “yarhamukallah”, maka iapun diingkari oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dan beliau tidak mengingkari orang bersin yang mengucapkan “Alhamdulillah”. Redaksi hadisnya sebagai berikut :

“بينا أنا أصلي مع رسول الله صلى الله عليه وسلم، إذ عطس رجل من القوم، فقلت: يرحمك الله فرماني القوم بأبصارهم، فقلت: واثكل أمياه، ما شأنكم؟ تنظرون إلي، فجعلوا يضربون بأيديهم على أفخاذهم، فلما رأيتهم يصمتونني لكني سكت، فلما صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم، فبأبي هو وأمي، ما رأيت معلما قبله ولا بعده أحسن تعليما منه، فوالله، ما كهرني ولا ضربني ولا شتمني، قال: «إن هذه الصلاة لا يصلح فيها شيء من كلام الناس، إنما هو التسبيح والتكبير وقراءة القرآن» أو كما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم… “

Artinya : “Ketika kami shalat bersama Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, tiba-tiba ada seseorang bersin (dan mengucapkan hamdalah), aku katakan, ‘Yarhamukallah.’ Tiba-tiba orang-orang memandangiku saya pun berkata, ‘Brengsek, mengapa kalian memandangiku seperti ini ?’ Tiba-tiba mereka semua menepuk paha mereka. Ketika saya tahu bahwa mereka mendiamkanku, saya pun diam. Setelah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam shalat selesai shalat, Maka Demi Allah, sungguh ayah dan ibuku menjadi tebusan baginya, tidak pernah aku melihat seorang pendidik, sebelum dan sesudah ini, yang lebih baik dari beliau. Demi Allah, beliau tidak menghardikku, tidak memukulku, dan tidak mencaciku. Beliau hanya berkata, ‘Shalat ini tidak boleh dicampur dengan ucapan manusia sedikit pun. Ia berisi tasbih, takbir, dan membaca Al-Qur’an.’ Atau seperti apa yang disabdakan Rasulullah.”

Kesimpulannya : orang yang mengucapkan Alhamdulillah maka shalatnya tidak batal bahkan mendapatkan pahala sebagaimana dalam hadis riwayat Abu Daud (773) dan selainnya dari Rifa’ah bin Rafi’ radhiyallahu’anhu ia berkata : “Saya shalat dibelakang Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, lalu Rifa’ah (saya) bersin dan mengucapkan : “Alhamdulillah hamdan katsiran mubaarakan fiihi ,mubaarakan ‘alaihi kamaa yuhibbu rabbuna wa yardha”, Ketika beliau selesai shalat, beliau bersabda : “Siapa tadi yang berkata-kata (dengan hamdalah dalam shalat) ?” ,iapun berkata : “saya, wahai Rasulullah”, maka beliau bersabda : “Saya tadi telah melihat lebih dari 30 malaikat berlomba-lomba untuk menulis pahala (ucapanmu)”.

Imam Bukhari juga telah meriwayatkan hadis ini dalam Shahihnya (799) dari jalur Imam Malik dalam Al-Muwaththa'( 1/211) tanpa adanya lafaz “bahwa Rifa’ah bersin terlebih dahulu” namun dengan redaksi “bahwa Rifa’ah mengucapkan “Alhamdulillah” ketika Rasulullah bangun dari ruku’ dan dalam keadaan I’tidal.

Menanggapi perbedaan redaksi hadis ini, Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari (2/286) mensinkronkannya dengan berkata : “Dua redaksi ini tidaklah bertentangan, bahkan bisa dianggap bahwa bersinnya (Rifa’ah) terjadi tepat ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mengangkat kepalanya dari ruku’ (untuk I’tidal)”.

Adapun yang mengucapkan “yarhamukallaah” maka shalatnya batal karena ia telah mengucapkan kata-kata yang bukan bagian dari zikir shalat, terkecuali kalau ia masih jahil dalam hal ini, sebagaimana dalam hadis Muawiyah bin Al-Hakam radhiyallaahu’anhu diatas.

Inilah Jenis Orang Yang Apabila Bersin, Tidak Perlu Diucapkan “Yarhamukallaah” :

-Orang bersin namun ia tidak mengucapkan “Alhamdulillah” sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

-Jika bersinnya sudah lewat tiga kali maka tidak perlu diucapkan padanya “Yarhamukallah” karena orang itu kemungkinan besarnya sedang flu, sesuai hadis : “Jika salah seorang diantara kamu bersin maka orang yang didekatnya hendaknya mengucapkan “Yarhamukallah”, jika bersinnya telah lewat dari tiga kali maka itu flu, (dan tidak perlu mengucapkan : yarhamukallah, setelah ia tiga kali bersin”. (HR Abu Daud : 5035, shahih, lihat juga no.5034, 5036 dan 5037).

-Jika yang bersin adalah orang kafir lalu ia mengucapkan Alhamdulillah, maka sebagai seorang muslim kita jangan mengucapkan “yarhamukallaah” karena doa ini hanya ditujukan untuk seorang muslim, tapi hanya dengan mengucapkan doa agar ia mendapatkan hidayah ,doanya adalah : “Yahdiikumullaah wayushlih baalakum”, Ini sesuai dalam hadis Abu Musa : “Dahulu, orang-orang yahudi suka bersin dihadapan Rasulullah dengan harapan agar beliau mendoakan mereka dengan doa : yarhamukallah, namun Rasulullah hanya mengucapkan pada mereka doa : “”Yahdiikumullaah wayushlih baalakum”. (HR Ahmad : 19586, Abu Daud : 5038, dan Tirmidzi : 2937 , hadisnya Hasan Shahih).

-Jika bersinnya tepat ketika imam sedang khutbah jum’at. Orang yang bersin tetap mengucapkan Alhamdulillah –seperti ketika shalat-, adapun orang yang mendengarnya tidak perlu mengucapkan ; yarhamukallah karena diam dan tidak berbicara dengan orang lain ketika imam berkhutbah adalah wajib.

-Jika bersinnya ketika shalat maka orang yang bersin tetap mengucapkan ; “Alhamdulillah” karena ucapan hamdalah ini merupakan bagian dari zikir shalat yang ditujukan kepada Allah, namun orang yang mendengarnya tidak perlu mengucapkan ; “yarhamukallah” karena ia bukan bagian dari zikir shalat, sebab ia ditujukan untuk oranglain bukan kepada Allah. Lihat dalam hadis Muawiyah bin Al hakam dan Rifa’ah bin Rafi’ diatas.

-Ketika bersin di tempat buang air, maka tidak perlu mengucapkan : “Alhamdulillah” atau “yarhamukallah”, karena tidak disunatkan menyebut nama Allah atau berzikir didalam tempat buang air.

Oleh Ustadz Maulana La Eda
(Mahasiswa Pascasarjana (s-2) Jurusan Ilmu Hadis Universitas Islam Madina)

Sumber dari:
https://wahdah.or.id/keistimewaan-bersin-fiqh-dan-adab-adabnya/
Keistimewaan Bersin, Fiqh Dan Adab-adabnya | Wahdah ...

Tiada ulasan: