Sabtu, 4 April 2020

Corona mampu membuat bumi jadi sunyi dan berkurangnya getaran. 10110


5 Tips Membuat Kuah Sup Daging yang Tidak Terlalu Berminyak 
dan Berlemak
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 5 Tips membuat kaldu sup daging yang tidak berminyak dan berlemak. 

Merdeka > Dunia
Pandemi Corona Bikin Bumi Jadi Sunyi dan Getarannya Berkurang
Sabtu, 4 April 2020 08:10 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ilustrasi Planet Bumi. ©2018 pixabay

Merdeka.com - Jalanan kota yang tadinya padat sekarang lowong. Kemacetan di jalan raya kini turun drastis. Orang-orang yang keluar rumah berkurang.

Kebijakan global untuk memerangi pandemi corona tampaknya membuat dunia jadi lebih sunyi. Para ilmuwan juga mencermati hal ini.

Di berbagai belahan dunia, para seismolog (ahli gempa) mengamati adanya bunyi atau suara seismik yang banyak berkurang--artinya getaran yang terjadi karena banyaknya mobil, kereta, bus, kendaraan lain, orang yang beraktivitas sehari-hari. Dan bunyi seismik yang berkurang drastis itu membuat lempeng bagian atas Bumi menjadi berkurang pula getarannya.

Thomas Lecocq, geolog dan seismolog di Royal Observatory di Belgia pertama kali mengamati hal ini di Brussels.

Brussels mengalami penurunan 30-50 persen bunyi seismik sejak pertengahan Maret ketika di seluruh negeri menerapkan penutupan sekolah, perkantoran dan melakukan kebijakan jaga jarak sosial, kata Lecocq. Level bunyi seperti sekarang serupa dengan apa yang seismolog amati ketika di Hari Natal, kata dia.

Berkurangnya bunyi berarti seismolog bisa mendeteksi getaran yang lebih kecil. 

Penurunan bunyi seismik ini menimbulkan dampak yang menarik di Brussels: Lecoc dan seismolog lain kini bisa mendeteksi getaran gempa bumi kecil yang terjadi serta peristiwa seismik yang sebelumnya tidak bisa terdeteksi di sejumlah stasiun pemantauan.

Ambil contoh di Brussels. Pada keadaan normal, kata Lecocq, stasiun pemantauan di sana bisa dibilang "tidak berguna".

Stasiun seismik biasanya dibangun di kawasan perkotaan karena berkurangnya aktivitas manusia membuat stasiun itu jadi lebih mudah mendeteksi getaran di bawah tanah. Stasiun pemantauan di Brussels dibuat sekitar satu abad lalu dan kota itu kini sudah jauh berkembang.

Aktivitas manusia sehari-hari membuat stasiun pemantauan di Brussels tidak mampu mendeteksi peristiwa seismik yang kecil. Seismolog kemudian biasanya mengandalkan stasiun lain yang memakai pipa panjang ke dalam tanah untuk memantau pergerakan seismik.

"Tapi pada saat sekarang, karena kota jadi sunyi, stasiun ini kira-kira sama kemampuannya dengan stasiun lain yang berada di bawah tanah," kata Lecocq, seperti dilansir laman CNN, Jumat (3/4).

Seismolog lain di kota lain juga mengalami hal sama.

Paula Koelemeijer mengunggah sebuah grafik di Twitter memperlihatkan bagaimana berkurangnya bunyi seismik di West London terjadi setelah sekolah-sekolah dan tempat berkumpulnya orang di Inggris ditutup dan setelah pemerintah mengumumkan karantina wilayah.

Celeste Labedz, mahasiswa PhD di Institut Teknologi California mengunggah grafik yang memperlihatkan penurunan drastis di Los Angeles.

Seismolog mengatakan penurunan drastis bunyi seismik ini menjadi pertanda betapa sebuah virus sudah menjangkiti lebih dari 1 juta orang dan membunuh lebih dari puluhan ribu orang berpengaruh para aktivitas normal kehidupan.

Lecocq menuturkan, gambar grafik-grafik aktivitas bunyi oleh manusia itu menjadi bukti bahwa warga masih menaati aturan pemerintah untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah semaksimal mungkin.

"Dari sudut pandang seismolog, kami bisa memotivasi orang untuk mengatakan,'Lihat, Anda merasa sendirian di rumah tapi kami bisa bilang bahwa semua orang juga berdiam di rumah. Semua orang melakukan hal yang sam. Semua orang menaati aturan," kata dia.

Data itu juga dipakai untuk mengidentifikasi apakah suatu kebijakan efektif atau tidak, kata Raphael De Plaen, peneliti di Universidad Nacional Autonoma de Mexico.

"Data itu bisa digunakan di masa akan datang oleh para penentu kebijakan untuk mencari tahu, 'Oke, kebijakan ini tidak benar. Kita harus memperbaikinya untuk memastikan orang menaati aturan karena ini adalah kepentingan semua orang." [pan]

Baca juga:
Sepi, Begini Suasana Kota Suci Makkah Saat Pemberlakuan Jam Malam
Emilia Clarke Rilis T-Shirt dan Lelang Kencan Demi Galang Donasi Covid-19
Skenario Terburuk, Ekonomi China Tak Tumbuh di 2020 Akibat Pandemi Covid-19
Hingga 3 April, 204 WNI di Luar Negeri Positif Virus Corona
Dianggap Menularkan Virus Corona, Anjing dan Kucing di Lebanon Diracun dan Dibuang
Orang Asli Malaysia Lari ke Hutan untuk Hindari Virus Corona

Sumber:
Pandemi Corona Bikin Bumi Jadi Sunyi dan Getarannya Berkurang
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Kebijakan global untuk memerangi pandemi corona tampaknya membuat dunia jadi lebih sunyi. Para ilmuwan juga mencermati hal ini.merdeka.com

4 Jenis Kulit Wajah dan Cara Cepat Mengetahuinya
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Jenis kulit juga dapat berubah seiring bertambahnya usia. Selain itu, bisa juga karena pengaruh faktor lain seperti faktor genetik dan penyakit. Apa saja tanda dari jenis-jenis kulit wajah? Dan bagaimana caranya mengetahui jenis kulit wajah kita? Berikut adalah penjelasannya, yang dihimpun dari berbagai sumber.

Tips Aman Berpuasa Ramadan pada Saat Pandemi
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Dokter spesialis gizi klinik Dr. Tirta Prawita Sari membagikan anjuran saat berpuasa di tengah pandemi COVID-19. Saat dihubungi Liputan.com melalui sambungan telepon, ia mengatakan asupan gizi bagi orang yang berpuasa di tengah pandemi sama dengan anjuran gizi seimbang.

Pasien Corona Terlantar di RSUD Padang Sidempuan 3 Jam 
dan Sebut Penanganan Lamban, Ini Kata Pihak RS
Tribunnews.com - Kisah pasien yang positif virus Corona namun terlantar selama 3 jam, ini kata RSUD Padang Sidempuan, akui belum siap kamar

Tengah Jalani Masa Isolasi, Pangeran Charles Umumkan 
4000 Kasur [tilam-katil] Baru untuk Rumah Sakit di Inggris
Tribunnews.com - Meski diisolasi karena positif Covid-19, Pangeran Charles umumkan 4000 kasur baru untuk rumah sakit di Inggris

Jumlah Terpapar Corona di Dunia Lebih dari 1 Juta Orang, 
Paling Banyak AS dengan 245.380 Kasus
Tribunnews.com - Data hingga Jumat (3/4/2020) sampai pukul 19.45 WIB, jumlah terkonfirmasi yang terpapar Corona mencapai 1.034.116 kasus, korban meninggal 54.465 jiwa.

Cara Membuat Dalgona Coffee, Tanpa Mixer dan Hanya 3 Menit, 
Simak Resepnya!
Tribunnews.com - Simak cara membuat dalgona coffee, minuman yang sedang viral di media sosial, tanpa mixer dan hanya butuh waktu tiga menit.

Seberapa Kuat Plastik Bisa Cegah Penularan Covid-19 dari 
Orang Meninggal? Begini Penjelasan Dokter
Tribunnews.com - Jenazah Covid-19 dikabarkan masih bisa menularkan penyakit kepada orang lain. Ini tanggapan dokter.

Sekda Jabar Laporkan Dua Fase Penanggulangan Covid-19 
ke Kemendagri
Sodikin, Islampos - Terkait jaring pengaman sosial, Pemdaprov Jabar akan memberikan bantuan sebesar Rp500 ribu kepada warga rentan miskin baru. The post Sekda Jabar Laporkan Dua Fase Penanggulangan Covid-19 ke Kemendagri appeared first on Islampos.

Ini Hukuman Ekstrem untuk Warga yang 'Ngeyel' saat Karantina 
dari Berbagai Negara
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Ada pemerintah yang membekukan wilayahnya atau lockdown, mendenda masyarakatnya, hingga memberlakukan ancaman dengan kekerasan.

1 Orang Sembuh, Walkot Tasik Harap Jadi Motivasi Pasien Positif Corona
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Budi mengungkapkan bahwa dalam menangani wabah corona masyarakat harus memiliki kesadaran penuh dalam mengikuti setiap anjuran dari pemerintah. Setiap anjuran sendiri dibuat pemerintah agar tidak terlalu banyak yang terpapar, karena jika banyak kesiapan media yang ada tidak akan bisa menanggulangi.

Macam-Macam Rumah Adat dari Daerah Asal Hingga Penjelasannya
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - Selain kaya akan sumber daya alamnya Indonesia juga kaya akan keragaman budayanya. Salah kekayaan budaya Indonesia dapat dilihat dari beragam bentuk rumah adat di Indonesia. Tentu saja setiap bentuk rumah adat tersebut memiliki ciri khas masing-masing.

Sejarah Ilmu Ushul Fiqih
Yudi, Islampos - Dalam keadaan ini, kebutuhan umat terhadap keberadaan ulama yang mampu menjelaskan berbagai 
persoalan kepada mereka semakin terasa. The post Sejarah Ilmu Ushul Fiqih appeared first on Islampos.

Imbau Warga Jabar Tak Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19, 
Ini Kata Ridwan Kamil
Sodikin, Islampos - 10 hours ago
Petugas maupun keluarga jenazah yang ikut mengurus jenazah harus mengikuti prosedur, seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). The post Imbau Warga Jabar Tak Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19, Ini Kata Ridwan Kamil appeared first on Islampos.

Mendahulukan Bagian Kanan dalam Setiap Perkara yang Mulia
Yudi, Islampos - Inilah bagian dari sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mendahulukan bagian kanan dalam setiap perkara yang mulia. The post Mendahulukan Bagian Kanan dalam 
Setiap Perkara yang Mulia appeared first on Islampos.

Ini 5 Kiat Bisnis Agar Tak Layu Digempur Virus Corona
Rina Anggraeni, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) saat ini diakui membuat banyak pelaku bisnis kelimpungan karena permintaan menurun, proses produksi terganggu.

Keren, Anak Sekolah Ciptakan Masker dengan Printer 3D
Koran Sindo, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Siswa sekolah menengah atas di Tesla STEMZ High School di Redmond, Washington, telah menciptakan masker pelindung wajah dengan printer 3D.

Cara Georgia Bisa Nol Kematian sejak Wabah Corona Muncul
Muhaimin, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Kunci dari tingkat penularan yang rendah adalah menerapkan larangan perjalanan dari negara-negara pusat wabah sejak awal Januari.

Tes Kepribadian: Gambar Pertama yang Kamu Lihat Tunjukkan Keinginan Hatimu, 
Perhatian atau Komitmen?
Tribunnews.com - Coba perhatikan dan lihat gambar apa yang pertama kali kamu temukan. GAmbar itu akan tunjukkan apa keinginan hatimu sebenarnya!

Hari Ini, Pasar Kapasan Surabaya Ditutup karena Pedagang Positif Corona
Perusahaaan Daerah (PD) Pasar Surya memutuskan menutup Pasar Kapasan Surabaya, setelah salah seorang pedagang dinyatakan positif terjangkit virus Corona

Bisa Ngomong Kebenaran tapi Tak Mengerjakan, Haruskah Diam Saja?
Miftah H. Yusufpati, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, berpendapat mengatakan kebaikan pasti bagian dari kebaikan itu sendiri. Orang harus tetap bicara tentang kebaikan, kendati dirinya tidak mengerjakan kebaikan itu.

Cak Machfud Distribusikan Sembako untuk Masyarakat 
Terdampak Corona
Wahab Firmansyah, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Machfud Arifin mendistribusikan sejumlah kebutuhan pokok untuk masyarakat dibeberapa kelurahan di Surabaya.

Sensasi Olahan Gulai Ikan Kacang Hijau 
yang Nikmat dan Menyehatkan
Tedy Ahmad, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Gulai Ikan Kacang Hijau tak hanya menawarkan rasa yang lezat, tapi juga menyehatkan. Anda pun bisa membuatnya di rumah.

Indonesia Dicap Paling Lelet Merepons Corona, Jumlah Kematian Salip Korsel
Muhaimin, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Analisis Nomura Holdings Inc menyebut Indonesia berpotensi jadi pusat pandemi COVID-19 berikutnya.

Covid-19 Ubah Peradaban?
SINDOnews, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - Covid-19 memaksa kita mengubah perilaku. Satu tahap kecil perubahan pola, kebiasaan bisa jadi mengubah kebudayaan.

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

.

Tiada ulasan: