Isnin, 22 Januari 2018

6983. Dan keesokan harinya, ia kembali menghadap Rasulullah S.A.W untuk melaporkan pengalamannya yang luar biasa tadi malam. Ada seorang pencuri yang mengajarinya kegunaan ayat Kursi. "Apa yang dilakukan oleh tawananmu semalam?" tanya Rasul sebelum Abu Hurairah sempat menceritakan segala-galanya. "Ia mengajariku beberapa kalimat yang katanya sangat berguna, lalu ia aku lepaskan," jawab Abu Hurairah. "Kalimat apakah itu?" tanya Nabi. Katanya: "Kalau kamu tidur, bacalah ayat Kursi: Allaahu laa Ilaaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuuumu….. Dan seterusnya sampai akhir ayat. Dan ia katakan pula: "Jika engkau membaca itu, maka engkau akan selalu dijaga oleh Allah, dan tidak akan didekati syaitan hingga pagi hari." Menanggapi cerita Abu Hurairah, Nabi S.A.W berkata, "Pencuri itu telah berkata benar, sekalipun sebenarnya ia tetap pendusta." Kemudian Nabi S.A.W bertanya pula: "Tahukah kamu, siapa sebenarnya pencuri yang bertemu denganmu tiap malam itu?" "Entahlah." Jawab Abu Hurairah. "Itulah syaitan."

ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

ماشاءالله

سبحان الله

الله اکبر

    سُبْحَانَ اللَّهِ اَللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيّدنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلۓِ سَيّدنَا مُحَمَّدٍ الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allah berfirman yang bermaksud; “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS: Al Imran 3:185) 

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

بسم الله الرحمن الرحيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، 

وعلى آله وصحبه أجمعين
.
Paparan entry 6983.
1. Hari Bangkitnya Nabi Isa.
2. Kisah Abu Hurairah dan Ayat Kursi.
3. Wakil PM: Turki Berupaya Hadirkan Zona Aman Bagi Rakyat Suriah (Syria)
4. Oh Ternyata, Ini Sebabnya Udara Dingin Bikin Beser.
5. Ingatlah, Rezeki Bukan Hanya Tentang Uang.
6. Dunia Dan Akhirat Harus Seimbang, Benarkah?
7. Sejak Pemboikotan, Sebanyak 27 Perusahaan Asing Didirikan di Qatar. 
1. Hari Bangkitnya Nabi Isa. 
Perbahasan tentang bila turunnya Nabi Isa kembali ke bumi menjadi bahan perbincangan di antara para agamawan. Nabi Muhammad Saw sudah meramalkan akan kebangkitan Nabi Isa tersebut di dalam banyak hadis.

Dr Muhammad Nu'aim Yasin berkata  di antara tanda-tanda kiamat besar (kubra) adalah munculnya sosok makhluk yang oleh Rasulullah dinamakan Dajjal. Disebut Dajjal kerana terlalu banyak menipu dan mendusta, mengaku diri sebagai Tuhan, berupaya untuk melepaskan manusia dari agamanya melalui pelbagai cara yang luar biasa dan hal-hal yang menakjubkan dengan izin Allah.

Akibatnya, sebahagian manusia terpedaya. Namun, Allah akan menyelamatkan orang-orang yang beriman sehingga mereka selamat dari tipu daya dan penyesatan Dajjal. Dengan ketentuan Allah, kemudian timbul fitnah atau petaka akibat perbuatan Dajjal. Lalu, Allah menurunkan Nabi Isa yang akan membunuhnya.

Nabi Isa AS bagi orang Nasrani disebut Jesus, menjadi bahan kontroversi antara Islam, Nasrani dan Yahudi. Orang Yahudi mempercayai bahawa mereka telah membunuh Isa dan orang-orang Nasrani meyakini bahawa Isa telah disalib dan dikebumikan.

Namun, kaum Muslimin meyakini dengan jelas dan tegas bahawa Nabi Isa tidak disalib atau dibunuh, melainkan 'diangkat' oleh Allah SWT. Nabi Isa akan kembali ke dunia, di suatu masa, di akhir zaman.

''Ada 33 hadis sahih yang menegaskan bahawa Nabi Isa akan kembali turun ke bumi. Bahkan, ada yang mengatakan sehingga 90 hadis, '' kata Dr Muslih A Karim, pensyarah Pascasarjana Universiti Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Menara putih Masjid bani Umayyah
Dia menyebutkan, ada tujuh ciri kedatangan kembali Nabi Isa: Pertama, Nabi Isa akan turun di Menara Putih, yakni Masjid Bani Umayyah di Damsyik Timur.

Kedua, Isa akan membunuh Dajjal (gembong jahat yang mengaku sebagai penyelamat) di Dataran Tinggi Golan (Syria). Ketiga, Isa akan bertemu Ya'juz dan Ma'juz dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.

Keempat, Isa akan mendakwahkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad mahupun nabi-nabi lain sebelumnya. Kelima, Isa akan melakukan haji dan umrah.

Keenam, Isa datang, dunia penuh keberkatan. Misalnya, sebutir buah delima boleh membuat 40 orang kenyang. Ketujuh, selepas kedatangan Isa, selama tujuh tahun keadaan dunia sangat aman. '' Hakikatnya, Nabi Isa sekarang ini belum meninggal. Dia akan turun di akhir zaman untuk menegakkan Islam,'' ungkap Muslih.

Rabbi terpopuler di zaman Yahudi moden, Yitzhak Kaduri pun meramalkan akan kedatangan Nabi Isa tersebut. Sebelum kematiannya, Kaduri menyebut Nabi Isa yang dalam Bahasa Ibrani dikatakan dengan nama Yehoshua akan datang selepas kematian bekas Perdana Menteri Israel Ariel Sharon.

*Diterjemahkan oleh Detik Islam dari sumber:  
islampos.com
2. Kisah Abu Hurairah dan Ayat Kursi. 

Abu Hurairah r.a. pernah ditugaskan oleh Rasulullah S.A.W untuk menjaga gudang zakat di bulan Ramadhan. Tiba-tiba muncullah seseorang, lalu mencuri segenggam makanan. Namun kepintaran Hurairah memang patut dipuji, pencuri itu kemudiannya berhasil ditangkapnya. 

"Akan aku adukan kamu kepada Rasulullah S.A.W," gertak Abu Hurairah. 

Bukan main takutnya pencuri itu mendengar ancaman Abu Hurairah, hingga kemudian ia pun merengek-rengek: "Aku ini orang miskin, keluarga tanggungan ku banyak, sementara aku sangat memerlukan makanan." 

Maka pencuri itu pun dilepaskan. Bukankah zakat itu pada akhirnya akan diberikan kepada fakir miskin? Hanya saja, cara memang keliru. Mestinya jangan keliru. 

Keesokan harinya, Abu Hurairah melaporkan kepada Rasulullah S.A.W. Maka bertanyalah beliau: "Apa yang dilakukan kepada tawananmu semalam, ya Abu Hurairah?"

Ia mengeluh, "Ya Rasulullah, bahawa ia orang miskin, keluarganya banyak dan sangat memerlukan makanan." Jawab Abu Hurairah. Lalu diterangkan pula olehnya, bahawa dia kasihan kepada pencuri itu, lalu dilepaskannya. 

"Bohong dia." Kata Nabi S.A.W: "Pada hal nanti malam dia akan datang lagi."

Kerana Rasulullah S.A.W berkata begitu, maka penjagaannya diperketat dan kewaspadaan pun ditingkatkan. Benar, pencuri itu kembali lagi, lalu mengambil makanan seperti kelmarin dan kali ini dia pun terus tertangkap.

"Akan aku adukan kamu kepada Rasulullah S.A.W." Ancam Abu Hurairah, sama seperti kelmarin. Pencuri itu pun sekali lagi meminta ampun: "Aku orang miskin, keluarga ku banyak. Aku berjanji esok tidak akan kembali lagi."

Kasihan juga rupanya Abu Hurairah mendengar keluhan orang itu dan kali ini pun pencuri itu kembali dilepaskan. Pada paginya, kejadian itu dilaporkan kepada Rasulullah S.A.W, dan beliau pun bertanya seperti kelmarin dan setelah mendapat jawapan yang sama, sekali lagi Rasulullah S.A.W menegaskan: "Pencuri itu bohong dan nanti malam ia akan kembali lagi."

Malam itu Abu Hurairah berjaga-jaga dengan kewaspadaan dan kepintaran penuh. Mata, telinga dan perasaannya dipasang baik-baik. Diperhatikannya dengan teliti setiap gerak- geri disekelilingnya sudah dua kali ia dibohongi oleh pencuri. Jika pencuri itu benar-benar datang seperti diperkatakan oleh Rasulullah S.A.W dan ia berhasil menangkapnya, ia telah bertekad tidak akan melepaskannya lagi. 

Hatinya sudah tidak sabar lagi menunggu-nunggu datangnya pencuri jahanam itu. Ia kesal. Kenapa pencuri kelmarin itu dilepaskan begitu saja sebelum diseret ke hadapan Rasulullah S.A.W? Kenapa mahu saja ia ditipu olehnya? "Awas!" katanya dalam hati. "Kali ini tidak akan kuberikan ampun."

Malam semakin larut, jalanan sudah sepi, ketika tiba-tiba muncul sesosok bayangan yang datang menghampiri longgokan makanan yang dia jaga. "Nah, benar juga, ia datang lagi," katanya dalam hati. Dan tidak lama kemudian pencuri itu telah bertekuk lutut di hadapannya dengan wajah ketakutan. Diperhatikannya benar-benar wajah pencuri itu. Ada semacam kepura-puraan pada gerak-gerinya.

"Kali ini kau pastinya aku adukan kepada Rasulullah. Sudah dua kali kau berjanji tidak akan datang lagi ke mari, tapi ternyata kau kembali juga. "Lepaskan aku." pencuri itu memohon. Tapi, dari tangan Abu Hurairah yang menggenggam erat-erat dapat difahami, bahawa kali ini ia tidak akan dilepaskan lagi. Maka dengan rasa putus asa ahirnya pencuri itu berkata: "Lepaskan saya, akan saya ajari tuan beberapa kalimat yang sangat berguna."

"Kalimat-kalimat apakah itu?" Tanya Abu Hurairah dengan rasa ingin tahu. "Bila tuan hendak tidur, bacalah ayat Kursi: Allaahu laa Ilaaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuuumu….. Dan seterusnya sampai akhir ayat. Maka tuan akan selalu dipelihara oleh Allah dan tidak akan ada syaitan yang berani mendekati tuan sampai pagi."
Maka pencuri itu pun dilepaskan oleh Abu Hurairah. Agaknya naluri keilmuannya lebih menguasai jiwanya sebagai penjaga gudang.

Dan keesokan harinya, ia kembali menghadap Rasulullah S.A.W untuk melaporkan pengalamannya yang luar biasa tadi malam. Ada seorang pencuri yang mengajarinya kegunaan ayat Kursi.

"Apa yang dilakukan oleh tawananmu semalam?" tanya Rasul sebelum Abu Hurairah sempat menceritakan segala-galanya.

"Ia mengajariku beberapa kalimat yang katanya sangat berguna, lalu ia aku lepaskan," jawab Abu Hurairah.

"Kalimat apakah itu?" tanya Nabi.

Katanya: "Kalau kamu tidur, bacalah ayat Kursi: Allaahu laa Ilaaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuuumu….. Dan seterusnya sampai akhir ayat. Dan ia katakan pula: "Jika engkau membaca itu, maka engkau akan selalu dijaga oleh Allah, dan tidak akan didekati syaitan hingga pagi hari."

Menanggapi cerita Abu Hurairah, Nabi S.A.W berkata, "Pencuri itu telah berkata benar, sekalipun sebenarnya ia tetap pendusta." Kemudian Nabi S.A.W bertanya pula: "Tahukah kamu, siapa sebenarnya pencuri yang bertemu denganmu tiap malam itu?"

"Entahlah." Jawab Abu Hurairah.
"Itulah syaitan." 

Sumber: 
Kisah Abu Hurairah dan Ayat Kursi | Detik Islam
kentjeng. 


3. Wakil PM: Turki Berupaya Hadirkan Zona Aman Bagi Rakyat Suriah (Syria) 
William Ciputra  22/01/18 | 06:19 Asia, Amerika, Eropa Belum ada komentar 
Wakil PM Turki, Bekir Bozdag. (aa.com.tr/ar)
dakwatuna.com – Ankara. Wakil Perdana Menteri (PM) Turki, Bekir Bozdag menyebutkan, operasi militer ‘Ranting Zaitun’ akan terus berlanjut hingga kota Afrin (Utara Suriah) bersih dari seluruh unsur teroris. Ia menambahkan, Turki akan membangun zona aman yang memungkinkan bagi rakyat Suriah untuk hidup dengan bebas di dalamnya.

Hal itu sebagaimana disampaikannya kepada wartawan asing, seperti dilansir aa.com.tr/ar, Senin (22/01/2018). Menurutnya, ada keinginan untuk membangun zona aman di sisi perbatasan Suriah yang menjamin keamanan rakyat di kedua sisi perbatasan. Namun sejauh ini belum ditentukan luas wilayahnya.

Bozdag menjelaskan, negaranya tidak hanya bekerja untuk mengamankan wilayah perbatasannya dari unsur teroris saja. Melainkan juga mengamankan wilayah perbatasan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Hal ini karena Turki merupakan perbatasan wilayah NATO di Kawasan.

Lebih lanjut Bozdag menyatakan, Turki terus melakukan pendekatan diplomatik. Negaranya juga menyampaikan visi pemberantasan teroris yang lebih efektif di zona tersebut kepada Amerika Serikat, Rusia dan Iran. Bahkan sebelum operasi militer diluncurkan, telah ada pertemuan dengan ketiga negara tersebut, imbuhnya.

Wakil PM itu juga menegaskan bahwa operasi miiter hanya menargetkan teroris saja. Menurutnya, Turki berkomitmen menjaga keamanan sipil baik dari unsur Kurdistan, Arab maupun Turkmenistan di wilayah tersebut. Segala tindakan yang dilakukan juga telah diantisipasi agar tidak merugikan masyarakat sipil.

“Para pendukung organisasi teroris PKK menyebarkan propaganda dusta yang menyebut operasi ini menargetkan rakyat Kurdi. Padahal operasi ini bertujuan untuk menyelamatkan rakyat Kurdi dari penindasan dan ketamakan organisasi teroris tersebut. Selain itu juga bertujuan untuk keamanan dan keselamatan mereka, serta memungkinkan bagi mereka untuk hidup di sana dengan aman. Saudara-saudara Kurdi kami di sana sangat mengetahui itu dengan benar,” kata Bozdag.

Sejauh ini, lanjutnya, serangan Turki sama sekali tidak mengenai unsur sipil. Sementara serangan-serangan teror PKK keseluruhannya merugikan masyarakat sipil di Turki. Sedangkan informasi yang tersebar mengenai korban sipil dari Turki merupakan propaganda dari para pendukung organisasi teroris tersebut.

Bozdag juga menjelaskan tujuan akhir dari operasi militer yang dijalankan. “Turki akan meninggalkan wilayah itu kepada rakyatnya, atau pemilik aslinya. Tentu itu setelah wilayah tersebut dibebaskan dari organisasi teroris. Turki juga akan terus mengawal proses pembangunan setelahnya,” jelasnya.

Operasi “Ranting Zaitun” secara resmi diluncurkan oleh otoritas militer Turki pada Sabtu (21/01) sore waktu setempat. Sejauh ini, pihak militer mengklaim telah melakukan penyerangan terhadap 153 titik yang disinyalir milik organisasi teroris tersebut.

Militer Turki juga menyebut operasi Ranting Zaitun ini telah sesuai dengan hukum internasional dan resolusi DK PBB mengenai pemberantasan teroris. “Turki juga berhak membela diri sebagaimana dimaksud dalam pasal 51 Konvensi PBB dengan tetap menghormati integritas teritorial Suriah,” lanjutnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: 
Anadolu Ajansı Arabıc
Foto: Merdeka
FACTS
4. Oh Ternyata, Ini Sebabnya Udara Dingin Bikin Beser. 
By Matiar  Last updated Jan 22, 2018

Sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil memang sangat merepotkan dan mengganggu. Bahkan, hal itu bisa saja sangat menyiksa tatkala terjadi saat kita sedang sibuk bekerja, rapat, mengerjakan ujian, berkendara, ataupun ketika tidur nyenyak pada malam hari.

Fenomena beser atau sering buang air kecil (cold diuresis) umumnya terjadi ketika suhu udara sangat rendah.

Kondisi ini bisa terjadi kepada siapa pun tak pandang usia, jenis kelamin, postur tubuh, dan pola makan seseorang.

Lantas, apa sebenarnya yang menyebabkan udara dingin bisa buat sering buang air kecil?

Berikut adalah penjelasan seperti dikutip dari hellosehat.

a. Kadar air tidak seimbang

Ketika suhu tubuh menurun, fungsi protein tertentu dalam tubuh yang dikenal sebagai aquaporin (saluran keluar dan masuknya air ke dalam sel tubuh) akan terganggu.

Saat kedinginan, aquaporin menahan masuknya air ke dalam sel.

Hal ini dibaca oleh tubuh sebagai pertanda bahwa ada terlalu banyak air pada aliran darah.

Karena kadar air pada sel tubuh dan aliran darah tidak seimbang, ginjal jadi lebih sering membuang kelebihan cairan lewat air seni.

b, Tekanan darah tinggi

Tekanan darah akan meningkat saat tubuh mengalami kedinginan.

Karena tekanan darah meningkat, tubuh pun mengirimkan sinyal bagi ginjal untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh.

Akibatnya, volume air seni akan meningkat dan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni dari tubuh.

c. Tidak berkeringat

Penyebab lain mengapa udara dingin bikin sering buang air kecil adalah berhentinya pada sistem perspirasi tubuh.

Perspirasi adalah proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat.

Ketika kedinginan, tubuh tak akan berkeringat seperti saat Anda kepanasan.

Akibatnya, tak ada cara lain bagi air untuk dibuang dari tubuh selain melalui urin. [] 

Sumber: 
Foto: Abu Umar/Islampos
KEAJAIBAN SEDEKAH
5. Ingatlah, Rezeki Bukan Hanya Tentang Uang. 
By Ari Cahya Pujianto  Last updated Jan 21, 2018
Oleh: Mulkan Fauzi

KITA belajar dari kisah seorang buruh yang mengadu kepada Imam Asy-Syafi’i tentang kemalangan keluarganya, ketika upah kerja yang ia terima tak sanggup membahagiakan istri dan anaknya di rumah. Suatu ketika, “Wahai imam, sesungguhnya aku tengah ditimpa kemalangan, tolonglah saya!”

Imam Asy-Syafi’i kemudian bertanya, “Ada apa gerangan dengan engkau?”

Kemudian berceritalah si buruh itu kepada Imam Asy-Syafi’i tentang kemalangan yang tengah dideritanya, “Ya Imam, aku bekerja, gajiku besar: 5 dirham per hari, tapi keluargaku tak bahagia; kami pas-pasan; istriku tidak menghormatiku, anakku bandel tidak alang kepalang. Apa yang mesti aku lakukan?”

“Besok temui bosmu, minta kurangi upahmu menjadi 4 dirham saja.” nasehat Sang Imam.

Dengan kepala yang kebingungan, lisan dan hatinya mempercayai perkataan Sang Imam. ‘Ini Sang Imam. Ia orang benar. Aku percaya’ gumamnya dalam hati. “Baiklah.” ucapnya.

Selang beberapa hari berlalu, si buruh ini kembali menemui Sang Imam, meminta petuahnya untuk masalah yang masih sama. 

“Ya Imam, seperti nasehatmu, aku menghadap bosku. Sekarang upahku 4 dirham saja, tetapi keluargaku tetap tidak bahagia; keadaan kami masihlah sama; Istri dan anakku masihlah seperti sebelumnya. Apa yang harus aku lakukan lagi, wahai Imam?”

“Temui lagi bosmu, minta ia untuk kurangi lagi upahmu jadi 3 dirham saja.”

Mungkin saja terbesit dalam pikiran si buruh, ‘Makin aneh aja ini nasihat. Tapi ia orang benar. Aku percaya.’, tetapi kemudian ia berkata, “Baiklah, aku akan meminta bosku untuk mengurangi upahku jadi 3 dirham.”

Beberapa waktu kemudian, si buruh kembali menghadap kepada Sang Imam dengan wajah yang berbeda, “Ya Imam, Ma Syaa Allah, Tabarakarrahmaan, upahku sekarang cuma 3 dirham, tapi rasanya semua cukup, bahkan berlimpah. Upahku cuma 3 dirham, tapi sekarang tiap aku pulang sambutan istriku begitu aduhai… manis sekali, lembut, mesra; begitu luar biasa.

Upahku cuma 3 dirham, Ya Imam, tapi anakku sekarang itu patuh-patuh, sholeh-sholeh, rajin-rajin ibadahnya; keluarga kami dilimpahi keberkahan; keluarga kami seperti dimudakan beberapa tahun, berbeda sekali ketika upahmu 5 dirham. Apa sebenarnya yang terjadi?”
Imam Asy-Syafi’i kemudian membacakan sebuah syair yang indah sekali,

“Dia mengumpulkan yang haram untuk masuk kepada yang halal dia kira supaya menjadi banyak padahal merusak”

“Lantas sebenarnya apa pekerjaanmu?” lanjut Sang Imam bertanya.

“Aku bekerja menjaga gudang saja. Pekerjaan yang santai-santai. Gak terlalu capek.” jawab si buruh itu.

“Pantas,” balas Sang Imam, “pekerjaanmu itu nilainya 3 dirham saja. Maka ketika engkau menerima 5 dirham, 2 dirham sisanya itu bukan hakmu; 2 dirham itulah yang merusak keberkahanmu.”
———–
Apa yang dapat kita ambil pelajaran, adalah bahwa rezeki bukanlah sekumpulan angka-angka; rezeki adalah pintu masuk keberkahan yang dicurahkan pada hati-hati yang terlatih untuk berbahagia dengan penerimaan sepenuh tulus akan sebuah ketetapan, bukan pada yang menginginkan lebih, sedang apa yang dilakukan tak sepadan. []

Sumber: 
 Ingatlah, Rezeki Bukan Hanya tentang Uang - Islampos
Foto: Aldi/Islampos
INSPIRASI
6. Dunia Dan Akhirat Harus Seimbang, Benarkah? 
By Ari Cahya Pujianto  Last updated Jan 21, 2018
Oleh: Rezkytama Putra

PERNAHKAH berpikir tentang hidup ini? Akan jadi apa aku 10 tahun lagi. Apa aku masih tetap sehat seperti sekarang? Aku ingin kelak punya rumah besar dan kaya raya. Kalian pasti pernah bertanya-tanya tentang hidup ini. Sering kali dunia ini menjadi acuan bagi apapun yang kita lakukan. Tak heran memang. Kita hiduup di dunia yang menuntut kita akan segala hal yang harus kita penuhi.

Sering kali kita mendapat masalah yang berlimpah ruah yang menghendaki kita untuk sedikit mengenyampingkan urusan kita dengan Tuhan yang Maha Esa. Sakit lah, Utang lah. Cinta lah. Semua hal itu menjadikan kita kadang lalai dan lupa akan siapa pencipta kita.

Bagi-Nya segala hal itu mudah. Jika ia berkehendak agar gunung terangkat, tentunya bukanlah suatu hal yang mustahil. Jika dalam beberapa saat lagi Dia berkehendak menurunkan sebuah rahmat, bukanlah hal yang mustahil jika saat itu pula hujan uang terjadi.

Namun, itukah yang sebenarnya kita inginkan? Kadang kita lupa kalau hidup ini hanya sebentar. Bagaikan seorang yang menunggu bus, cepat atau lambat ia akan pergi meninggalkan halte tersebut. Baik karena dijemput oleh bus tersebut, ataupun pergi karena terlalu lama menunggu.

Tak jarang kita sering salah jalur. Kita belokkan kemudi hidup kita ke arah dunia. Akhirat kita tinggalkan dipersimpangan kehidupan. Pernahkah anda dengar, ketika kita mengincar dunia, maka Dia akan memberikannya pada kita. Jika akhirat lah tujuan kita, Dia akan memberikannya pula pada kita. Kalau keduanya? Menurutmu Dia tak mampu memberikannya? 

Sekarang, yang harus kita lakukan ialah membuktikannya. Apakah kita pantas menerima apa yang kita angan-angankan. Kita bisa saja menginginkan keduanya, tapi apakah kita mampu membuktikannya?

Hasan Al-Bashri ialah figur orang yang mengincar (mengintai) akhirat. Beliau yakin bahwa kehidupannya di dunia sudah dijamin oleh Allah, selama tujuan hidupnya ialah Allah. Beliau mengatakan beberapa kalimat yang orang awam bisa sebut sebagai Kunci Zuhud.

“Aku tahu , rizkiku tak mungkin diambil orang lain
Karenanya, hatiku tenang
Aku tahu,amal-amalku tak mungkin dilakukan orang lain
Maka aku sibukkan diriku untuk beramal
Aku tahu, Allah selalu melihatku
Karenanya, aku malu bila Allah mendapatiku melakukan maksiat
Aku tahu, kematian menantiku
Maka aku persiapkan bekal untuk berjumpa dengan Rabbku.”

Sebuah rangkaian kalimat indah yang telah membuka hati jutaan umat akan kehidupan di dunia. Keyakinan yang kuat, menjadikannya sorang yang taat dalam beragama. Rahmt-Nya beliau jadikan sebagai tujuan hidupnya. Bukankah itu hakikat seorang yang menganut sebuah agama.

Menjadikan Tuhannya prioritas nomor satu, sehingga dunia hanyalah hiburan kecil baginya. Mereka tahu akan adanya sebuah kehidupan kekal kelak. Sebuah Mahligai yang tak acap kali tercium oleh panca indra bagi mereka yang mencari ridho-Nya, serta bara yang tiada terkira panasnya bagi mereka yang terbuai oleh nikmatnya maksiat.

Sempat terlintas dibenak kita, bagaimana mereka bisa bahagia dengan kehidupan yang seperti itu. Pernahkah mereka merasakan piala dunia? bergembira ria di taman hiburan. Atau sekedar singgah di sebuah restoran bersama kekasih tercinta. Apakah bahagia hidup hanya berlingkup doa dan ibadah? Hanya mereka yang tahu. Namun, ada satu hal yang kita yakini. Bahwa saat itulah mereka merasa dekat dengan Tuhan. Dan apa yang tidak bisa mereka lakukan selagi Tuhan berda disamping mereka.

Sekarang kita balik pertanyaannya. Apakah hidup dalam gemerlap lampu ibukota, makan malah dengan kekasih tercinta, menonton piala dunia dalam sebuah layar kaca, serta bermain seharian di taman ria membuat Anda bahagia? Bahagia secara lahir maupun batin? Hanya Anda pula yang tahu.

Kita memilih jalan hidup kita masing-masing. Dan kita bahagia dengan cara hidup tersebut. Orang lain tak pantas protes dengan jalan yang kita ambil selama itu benar. Namun, ingat, selalu ada Tuhan yang Maha Berkuasa di dekat kita.

Sekarang, Anda punya kesempatan dan selalu punya kesempatan. Jalan mana yang akan Anda tempuh? []

Sumber: 
 “.”
Allah berfirman yang bermaksud:  “Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mengambil orang yang bukan daripada kalangan kamu (seperti Yahudi, Nasrani, dan Munafiq) menjadi teman karib (yang dipercayai). Mereka tidak akan berhenti berusaha mendatangkan kesusahan kepada kamu. Mereka sukakan apa yang menyusahkan kamu. Telah pun nyata (tanda) kebencian mereka pada pertuturan mulut mereka, dan apa yang tersembunyi oleh hati mereka lebih besar lagi. Sesungguhnya Kami telah jelaskan kepada kamu ayat ayat (Kami), jika kamu memahaminya (memikirkannya).” (Al Quran Surah Al Imran ayat 118-120)  “.” 
7. Sejak Pemboikotan, Sebanyak 27 Perusahaan Asing Didirikan di Qatar. 
William Ciputra  22/01/18 | 05:43 Asia Beri komentar 
Doha Qatar (biggsity.com)
dakwatuna.com – Doha. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Qatar, Khalifa bin Jassim Al Tsani mengumumkan, sebanyak 27 perusahaan asing didirikan sejak pemboikotan terhadap Qatar pada Juni lalu. Sementara sepanjang tahun 2017, ada 32 perusahaan baru yang didirikan di Qatar.

Jassim menambahkan, Ahad (21/01/2018), perusahaan-perusahaan baru mengalami pertumbuhan total sebesar 13,4% pada tahun lalu. Secara keseluruhan, jumlah perusahaan di Qatar naik dari 12,9 ribu di tahun 2016 menjadi 14,3 ribu di tahun 2017.

Sementara itu, tambahnya, jumlah total perusahaan yang didirikan sejak pemberlakuan boikot ada 7.330 perusahaan baik dalam negeri maupun asing.

Seperti diketahui, sejak 05 Juni 2017 lalu, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir, memutus hubungan diplomatik dengan negara tetangga mereka, Qatar. Selain itu, negara-negara tersebut juga melakukan boikot dengan menutup seluruh akses dengan Qatar baik darat, laut maupun udara.

Tentu saja tindakan keempat negara itu memberi dampak buruk terhadap perekonomian dan perdagangan Qatar. Namun seiring berjalannya waktu, baik pemerintah maupun swasta mengambil tindakan-tindakan yang mampu menetralisir dampak pemboikotan.

Bahkan, menurut  pernyataan Kadin, ada 52 delegasi komersial dari berbagai negara berbeda yang datang ke Qatar pada tahun lalu. Disebutkan, mereka datang untuk membahas peningkatan kerjasama perdagangan, menjajaki peluang investasi yang tersedia, serta kemungkinan membangun aliansi dan kemitraan. (whc/dakwatuna)

Sumber: 
Anadolu Ajansı Arabıc
Follow us: @dakwatuna on Twitter | dakwatunacom on Facebook
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................
.

Tiada ulasan: