Sabtu, 27 Januari 2018

7039. Tirulah Ayyub yang berkata, innii masanidha-dhurru wa-anta arhamur-raahimiin. Semoga Allah pun berberkendak fastajabnaa lahuu, fakasyafnaa maa bihii min dhurrin. Atau, kenapa tak kita lingkari lingkungan hidup kita dengan ayat Kursi atau banyak sekali ayat lainnya? Kita sudah baca shalawat untuk Nabi tiap hari, bukan? Nah, kita perbanyak jumlahnya dan kita perdalam kekhusyukannya. Semoga Nabi pun mengirim salam kepada kita, karena beliau adalah Rasuulun min-anfusikum ’aziizun ’alaihi ’anittum hariitsun ’alaikum bil mu’miniina ra’uufur-rahiim. Atau dengan begitu banyak lainnya ayatullah yang mahasakti, yang apabila ia dibacakan maka suyyirat bihil-jibaalu au quthi’at bihil-ardhu au kullima bihil-mautaa. Tidak percayakah Saudaraku akan kesaktian mukjizat Al-Qur`an? Ia tidak hanya sakti segala kesastraannya saja, tapi juga sakti dan mahabenar segala dimensinya. Ia adalah karya Allah, sehingga segala yang difirmankan-Nya laa raiba fiihi. Bahkan api tak membakar Ibrahim, bahkan hujan diperkenankan turun oleh istisqa’ kita bersama. Tak ada yang mustahil bagi-Nya. Kalau Ia mau, Maa amarnaa illaa waahidatun kalahmin bil-bashor.

ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

ماشاءالله

سبحان الله

الله اکبر

    سُبْحَانَ اللَّهِ اَللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيّدنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلۓِ سَيّدنَا مُحَمَّدٍ الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allah berfirman yang bermaksud; “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS: Al Imran 3:185) 


أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، 

وعلى آله وصحبه أجمعين
.

PARENTING

Allah Itu Ada, Hal Yang Perlu Ditanamkan Pada Anak

SEBAGAI orang tua, mereka memiliki kewajiban untuk mendidik keturunan mereka agar selalu berada di jalan yang seharusnya. Maksudnya, mereka harus mampu membimbing dan membina anaknya hingga anak tersebut mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang harus ditinggalkan. Bukan hanya itu, sang anak juga perlu diberi pengetahuan bahwa ada yang Maha segalanya di muka bumi ini.

Penanaman tentang pentingnya mengetahui bahwa Allah itu ada merupakan upaya pengetahuan anak agar mengenal Tuhan-Nya. Lalu, bagaimana cara menanamkannya pada anak?

Didiklah anak sejak kecil untuk mengucap “Bismillah” bila akan makan atau mengerjakan pekerjaan-pekerjaan baik lainnya. Dan, didik pula untuk mengucap “Alhamdulillah” sesudah makan atau minum atau setelah selesai melakukan sesuatu pekerjaan.

Berikan penjelesan pada anak bahwa yang menumbuhkan tanaman, menciptakan matahari dengan sinarnya, udara, menurunkan hujan adalah Allah SWT, termasuk juga dirinya dan hal-hal lain yang mudah anak pahami. Dengan begitu anak mengetahui bahwa semua yang ada di muka bumi ini ada yang menciptakan, dan Dialah pemilik alam semesta. []

Sumber: 

Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani


motivasi

Tali Kekang Gajah

Oleh: Dedi Juhari

SAAT seorang pria melewati sekawanan gajah, dia tiba-tiba berhenti, bingung oleh fakta bahwa makhluk-makhluk besar ini hanya dikekang oleh seutas tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, tidak ada kandang. Jelas bahwa seekor gajah bisa, kapan saja, melepaskan diri dari ikatan mereka, tapi entah mengapa, ternyata tidak.

Dia melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya mengapa hewan-hewan ini hanya berdiri dan tidak berusaha untuk pergi.

“Nah,” kata sang pelatih, “ketika mereka masih sangat muda dan jauh lebih kecil daripada sekarang ini, kami menggunakan tali senar yang sama untuk mengikatnya dan, pada usia itu, cukup untuk menahannya. Saat mereka dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Mereka percaya tali-tali ini akan menahan mereka, jadi mereka tidak pernah mencoba melepaskan diri. ”

Pria itu tercengang. Hewan-hewan ini bisa sewaktu-waktu terlepas dari ikatan mereka tapi karena mereka yakin tidak bisa, mereka terjebak di tempat mereka berada.

Seperti gajah, berapa banyak dari kita yang melewati kehidupan bergantung pada keyakinan bahwa kita tidak dapat melakukan sesuatu, hanya karena kita gagal melakukannya sekali sebelumnya?


Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran; Kita seharusnya tidak pernah melepaskan perjuangan dalam hidup kita. []

Sumber: 

Kyai Beli Anjing


Oleh: Yusuf Maulana
ADA satu tajdid yang lucu di desaku, yang menyadarkanku bahwa ternyata kekentalan hubunganku dengan penduduk desa masih amat kurang. Tersebutlah seorang kyai yang haus akan tajdid, sehingga selalu sibuklah ia mengembarai berbagai lapangan paham Islam.

Sayang sekali, landasan kehausan tajdidnya bukan suatu sikap mandiri yang mementingkan penggunaan akal sehat serta kebersihan hati serta keluasan wawasan. Dalam pengembaraannya itu, ia selalu hanya terseret-seret belaka oleh satu faham ke paham lain. Begitu terjadi berulang-ulang, dan hasil pengembaraannya itu biasanya langsung diungkapkan lewat khotbah-khotbah Jumat atau pada kuliah subuh—kesempatan satu-satunya ia bersedia bertatap muka dengan khalayak.

Pertama, menjadi bingunglah para jamaah karena diombang-ambingkan. Tapi lama-kelamaan hal itu menjadi komedi. Orang jadi ‘hafal’ lagak lagu sang kyai dan tak begitu gampang terpengaruh. Menjelang shalat Jumat, bahkan orang-orang saling bercengkerama dan meramal apa kira-kira yang akan diomongkan oleh sang kyai. Hal yang digasak adalah hal yang biasanya kemarin didukung. Apa yang hari ini digembar-gemborkan, bulan depan mungkin akan digasaknya kembali.

Dari satu sudut: itulah potret dari semangat pembaharuan yang dinamik, penuh gelombang dan kontinu. Tapi, dari sisi lain, itulah gambaran dari sebuah pribadi yang mengembara di atas udara, tanpa pijakan, tanpa akar dan tanpa aktivitas akal sehat dan kematangan kejiwaan.

Memang jamaah tak begitu terpengaruh, tapi untuk hal-hal yang menyangkut ‘gengsi moderen’, orang desa amat gampang terseret. Merangsang mereka untuk mengkonsumsi ‘identitas-identitas kemoderenan’, semudah makan kacang goreng. Jadi, ketika berkat suatu usaha tajdid, sang kyai membeli dan memelihara anjing, maka segera inovasi ini diikuti oleh puluhan orang. Hari ini di satu jalur jalan saja ada kira-kira 40 anjing. Memelihara-anjing itu betul-betul kenikmatan baru: “kayak yang di tv!” Ini suatu ironi besar, karena dulu penduduk desa adalah pembenci, bahkan pembunuh anjing. Ada seekor saja nongol di desa, mampuslah ia.

Aku sendiri belum memberi tanggapan cukup jauh terhadap hal ini, karena harus ditemukan persuasi yang tepat untuk membereskan sesuatu di desa. Aku tidak anti anjing, tapi ada konteks yang tak beres dengan tajdid peternakan anjing itu.

Suatu hari, aku mengobrol saja dengan salah seorang penduduk. Hakim paling kuat untuk muslimin desaku ini ialah ukuran halal-haram.

“Kata Pak Kyai, memelihara anjing itu tidak haram,” ungkapnya.

Jadi, itulah sumbernya. Kucoba kemukakan kepadanya: memelihara anak yatim itu bukan hanya tak haram, bahkan penuh pahala dan keluhuran. Padahal, biayanya tak lebih mahal dari memelihara seekor anjing, sementara seorang anak yatim bisa memberi kita manfaat dan kekayaan spiritual yang tak bisa kita peroleh dari buih mulut anjing. Memelihara anjing memang boleh-boleh saja, seperti juga kita boleh siang hari bolong merangkak dari gardu sini sampai ke depan rumah Pak Lurah di ujung sana. Tapi, agama bukan sekadar soal boleh dan tak boleh. Halal haram itu garis batas, yang tidak kita injak atau harus kita hindari. Seperti main sepak bola, ada garis pinggir, ada garis untuk penalti dan offside, juga tangan kita termasuk ‘daerah haram’ untuk bola.

Tapi, masalah sepak bola yang paling utama ialah bagaimana bermain bola secara baik, bukan bagaimana tak memegang bola atau berlari menginjak garis pinggir. Garis batas itu menjadi wilayah permainan kita, namun yang penting ialah bagaimana mengolah suatu permainan yang baik. Engkau tidak diharamkan main sepak bola sambil pakai peci atau sambil makan ketela, tetapi kita punya akal yang mengukur manfaat dan mudharat. Untuk itu, maka kita bermain pakai celana pendek dan bukan sarung.

Memahami mana garis batas dan liku-liku peraturan main bola tidak sukar, dan yang terutama kita usahakan bagaimana mentalitas bermain. Bagaimana teknik dribbling pribadi serta metode kerja sama sosial. Bagaimana menemukan ‘taqarrub’ terhadap gawang secara baik sehingga kita menang dan gol kita ciptakan dengan menggetarkan jaring-jaring surga. Itulah sepak bola hidup.

Ia kemudian mengemukakan anjing itu nanti bisa dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Jadi pertimbangan ekonomi. Maka kuingatkan bahwa kita dulu punya tradisi ternak kambing, kerbau, sapi. Sekarang ini, kambing atau sapi lebih menguntungkan dibanding anjing. Dan lagi, apakah penduduk desa kita ini akan menjadi pendorong pertumbuhan manusia-manusia pemakan anjing? Baiklah teruskan dan kelak orang di sana berkata: “Di mana cari anjing untuk pesta kita? O, di Mentoro pusatnya!”

Tapi, ia kemudian mengemukakan soal segi keamanan. Anjing cepat memberi tahu kita kalau ada pencuri. Apakah engkau melatihnya untuk itu? Tidak. Dan orang-orang lain? Tidak juga. Kukemukakan kepadanya bahwa seorang muslim yang Islamnya baik, insya Allah terhindar dari bahaya seperti itu. Setiap saat, napas dan detak darah kita bisa kita biasakan memohon kepada Allah. Bismillahi laa yadhurru ma’asmihii syai-un fil-ardhi walaa fissamaa-i wahuwassamii ’ul-’aliim.

Tirulah Ayyub yang berkata, innii masanidha-dhurru wa-anta arhamur-raahimiin. Semoga Allah pun berberkendak fastajabnaa lahuu, fakasyafnaa maa bihii min dhurrin. Atau, kenapa tak kita lingkari lingkungan hidup kita dengan ayat Kursi atau banyak sekali ayat lainnya? Kita sudah baca shalawat untuk Nabi tiap hari, bukan? Nah, kita perbanyak jumlahnya dan kita perdalam kekhusyukannya. Semoga Nabi pun mengirim salam kepada kita, karena beliau adalah Rasuulun min-anfusikum ’aziizun ’alaihi ’anittum hariitsun ’alaikum bil mu’miniina ra’uufur-rahiim. Atau dengan begitu banyak lainnya ayatullah yang mahasakti, yang apabila ia dibacakan maka suyyirat bihil-jibaalu au quthi’at bihil-ardhu au kullima bihil-mautaa. 

Tidak percayakah Saudaraku akan kesaktian mukjizat Al-Qur`an? Ia tidak hanya sakti segala kesastraannya saja, tapi juga sakti dan mahabenar segala dimensinya. Ia adalah karya Allah, sehingga segala yang difirmankan-Nya laa raiba fiihi. Bahkan api tak membakar Ibrahim, bahkan hujan diperkenankan turun oleh istisqa’ kita bersama. Tak ada yang mustahil bagi-Nya. Kalau Ia mau, Maa amarnaa illaa waahidatun kalahmin bil-bashor. 

Cuma, kita bukan makhluk manja. Kita bukan pengemis yang tak punya otak atau rasa malu. Untuk urusan kacang goreng atau masalah-masalah rasional kecil lainnya tentulah kita bereskan sendiri secara manusia. Kita tidak lantas meminta agar segala urusan kita Allah yang mengurusnya. Kita bukan anak sekolah yang kurang belajar maksimal dan hanya mengandalkan doa dan sesudah terkabul lantas lupa bersyukur.

Dan lagi, segala sesuatu ada syaratnya. Kita tidak bisa hanya mentamengi diri dengan mukjizat Al-Qur`an apabila secara keseluruhan AI-Qur`an tak kita laksanakan nilainya. Tanpa mematuhi Al-Qur`an berarti Al-Qur`an ‘enggan’ menyatu dengan kita, atau kita tak cukup bersih untuk menyatukan diri dengan Al-Qur`an, dan dengan demikian kita juga tak bisa menghayati kesaktian ijaznya. Kesaktian magis puncak ayat Al-Qur`an itu ibarat genteng yang melindungi seisi rumah kita dari hujan. Artinya, kita tahu bahwa genteng tak bisa kita taruh di udara. Mesti kita bangun fundamen, dinding, kayu penyangga genting itu, serta tiang pusat.

Nah, kukemukakan kepada saudaraku di desa itu, bahwa umumnya kita di desa ini sudah cukup membangun fundamen, tiang pun sudah cukup berdiri. Tinggal kita sempurnakan kekuatannya semua, sehingga bisa kita taruh genting untuk melindungi kita dari hujan. Jika demikian, maka insya Allah kita bukan saja terhindar dari pencuri ayam, tapi juga segala pencuri yang lebih bermutu, bahkan dari sihir dan fitnah. Kenapa tidak? Allah Mahabenar bahwa ia Maha Melindungi. Cuma barangkali saja di dalam diri kita ayat-ayat Allah itu masih berupa tumpukan genting, yang mubazir, karena kita tak menggunakan hikmahnya.

Saudaraku itu termangu-mangu. Ketika itu ashar segera tiba, dan kami beranjak sama-sama ke surau. []


Dikutip dan disunting dari tulisan panjang berjudul “Hal Tajdid: Dari Beduk sampai Anjing”, dimuat di majalah Panji Masyarakat No 415 – 1 Desember 1983 halaman 24-25

Sumber: 



Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................

Tiada ulasan: