Selasa, 13 Februari 2018

7106. Berita tentang Palestin dan Timur Tengah.

ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

ماشاءالله

سبحان الله

الله اکبر

    سُبْحَانَ اللَّهِ اَللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيّدنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلۓِ سَيّدنَا مُحَمَّدٍ الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allah berfirman yang bermaksud; “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS: Al Imran 3:185) 


أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، 

وعلى آله وصحبه أجمعين
PALESTINA
Telantar Di Bandara Kairo, Puluhan Warga Palestina Butuh Bantuan
By Sodikin  Last updated Feb 13, 2018

PALESTINA—Sejumlah warga Palestina dikabarkan telah telantar di bandara internasional Kairo sejak Senin (12/2/2018). Mereka meminta pemerintah Mesir untuk mengembalikan mereka ke Jalur Gaza, setelah sebelumnya mereka dikurung di ruang tahanan bandara.

Melansir PIC, orang-orang yang telantar di bandara Kairo mengeluhkan kondisi mereka di dalam ruangan bandara, terutama bagi anak-anak, wanita dan orang tua. Mereka tidak tahan suhu ruangan yang sangat dingin di musim dingin ini. Keadaan mereka sempat disebarkan melalui situs jejaring sosial.

Mereka meminta presiden Mahmud Abbas dan delegasi Hamas yang sedang berada di Kairo bersama seluruh faksi Palestina intervensi dalam masalah ini. Mereka berharap diizinkan untuk kembali ke kampung halamannya di Gaza atau mengizinkan mereka kembali ke Mesir, hingga perlintasan dibuka kembali, tidak ditahan seperti tawanan di dalam ruangan bandara.

Disebutkan, puluhan orang terlantar sejak Jumat (9/2/2018) pagi di bandara. Mereka datang ke sana untuk tujuan kembali ke Gaza. Namun mereka kaget karena perlintasan Rafah ditutup dengan dalih keamanan.

Sebelumnya, pemerintahan Mesir mengungkapkan, Rafah ditutup dari kedua arah, mulai Rabu (7/2/2018) untuk empat hari ke depan. Namun perlintasan ditutup kembali pada Jumat dengan alasan keamanan.  [] 

SUMBER: PIC
Pesawat Tempur Israel jatuh dirudal di Suriah. (Aljazeera.net) 
Pesawat Tempur Israel Jatuh Dirudal, Timbulkan Atmosfer Perang Baru di Timur Tengah
William Ciputra  11/02/18 | 16:43 

dakwatuna.com – Doha. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, pihaknya mengikuti dengan saksama eskalasi di Suriah, dan menyeru semua pihak untuk menahan diri. Seperti diketahui, pesawat tempur Israel jenis F-16 jatuh di rudal saat melakukan serangan di Suriah kemarin, Sabtu (10/02).

Juru bicara sekretaris jenderal (Jubir Sekjen) PBB, Stéphane Dujarric menyampaikan, Israel sangat memperhatikan situasi berbahaya di perbatasan Suriah. Eskalasi ini, tambahnya, terjadi saat rakyat Suriah menghadapi kekerasan akibat perang saudara yang telah berlangsung selama tujuh tahun tersebut.

Dilansir Aljazeera.net, Ahad (11/02/2018), Dujjaric menyebutkan, Sekjen PBB Antonio Guterres menganggap semua pihak di Suriah harus bertanggung jawab. Para pihak itu juga diminta untuk menaati hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan.

Pada waktu bersamaan, Duta Israel di PBB mengutuk keras tindakan berbahaya Iran. Ia juga menyeru agar Teheran segera menghentikan tindakan provokatifnya.

Sedangkan para diplomat di DK PBB menyatakan, sejauh ini belum ada rencana untuk menggelar sidang mengenai situasi terkini di Suriah. Sidang DK sendiri rencananya baru akan digelar Rabu (14/02) mendatang.

Sementara itu, Angkatan Udara Israel segera menanggapi jatuhnya pesawat tempur mereka. Disebutkan, serangan yang dilakukan pada Sabtu (10/02) kemarin merupakan yang paling luas dan efektif melawan pertahanan Suriah sejak 1982.

Tel Aviv menambahkan, pesawat tempurnya berhasil menyerang sekitar 20 titik militer di Suriah. Di antaranya menyasar pangkalan militer Suriah dan Iran di dekat Damaskus.

Sesaat kemudian, sumber di keamanan Suriah segera menanggapi pernyataan Israel tersebut. Dikatakan, Angkatan Udara Suriah berhasil menggagalkan serangan Israel di beberapa wilayah di selatan.

Disebutkan, serangan Israel ke Suriah dipicu oleh ancaman pesawat tanpa awak Iran yang memasuki wilayah Israel. Sementara Teheran menyebutkan, jatuhnya pesawat tempur Israel adalah tindakan militernya. (whc/dakwatuna)

Sumber: 
Aljazeera
dakwatuna.com 
Aktivis Swedia pendukung Palestina, Benjamin Ladraa. Foto: Daily Sabah
DUNIA
Ini Pengakuan Aktivis Swedia Yang Berjalan Kaki Ke Palestina. 
By Sodikin  Last updated Feb 12, 2018

BENJAMIN Ladraa, seorang Aktivis asal Swedia berusia 25 tahun telah menceritakan pengalaman ketika memulai perjalanan panjangnya dari Swedia ke Palestina. Ia nekat berjalan untuk meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran HAM yang dilakukan Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Ladraa mengaku dirinya amat tergerak melakukan perjalanan panjang ke Palestina setelah ia mengunjungi Palestina pada April tahun lalu . Menurutnya aksi ini untuk “Memberitahu dunia tentang situasi di Palestina,” Daily Sabah melaporkan pada Senin (12/2/2018).

Setelah menyelesaikan studinya dan bekerja, Ladraa berangkat dalam perjalanan sepanjang 5.000 kilometer dari Gothenburg, Swedia ke Palestina pada 8 Agustus tahun 2017 lalu.

“Saya terkejut dengan apa yang saya lihat di sana. Semua wilayah Palestina dihalangi dinding, tentara Israel berpatroli di sepanjang jalan membawa senapan mesin M-60. Saya juga mendengar cerita ada 300 anak di penjara dan pemerkosaan di rumah-rumah.Saya berjalan ke Palestina karena ingin melakukan sesuatu untuk meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran HAM di Palestina,” kata Ladraa, yang lahir dari orang tua Yahudi.

Selama perjalanan, Ladraa selalu membawa bendera Palestina dan sebuah ‘keffiyeh’ (simbol kemerdekaan Palestina).

“Setiap hari adalah pengalaman yang berbeda,” ujar Ladraa. Terkadang ia tidur ditenda atau di hostel. Makan malam cukup dengan makan makanan kalengan ditemani api unggun atau makan bersama dengan tuan rumah yang dia temui selama perjalanannya.

Tak jarang Ladraa memberikan ceramah yang mengatakan kepada pendengarnya apa yang dia lihat selama perjalanannya ke Palestina. Ia mengatakan kebanyakan orang menyambutnya.

Ladraa mengaku dirinya pernah ditahan oleh penjaga Kedutaan Besar Israel ketika tiba di Praha, Austria. Ia ditahan karena membawa bendera Palestina dan membawa sebuah troli. Kemudian Ia dibebaskan setelah satu regu penjinak bom memastikan bahwa Ladraa tidak berbahaya dan hanya memeriksa paspornya.

“Rencananya saya melanjutkan perjalanan melalui Bulgaria, Turki, Suriah, Lebanon, dan lagi-lagi melalui Suriah ke Yordania, dan jika saya tidak dapat masuk ke Palestina, saya akan mencoba menginformasikan kepada media tentang hal itu,” katanya.

Ladraa juga mendokumentasikan foto perjalanannya di akun Facebook dan Instagram-nya dengan tagas #walktopalestine. Ladraa berharap bisa menyelesaikan perjalanan ini pada Juni atau Juli 2018. [] 

SUMBER: DAILYSABAH
Foto: PIC
PALESTINA
Gara-Gara Sampah, Para Dokter Di RS Gaza Mogok Kerja. 
By Sodikin  Last updated Feb 13, 2018

PALESTINA—Para Dokter di Rumah Sakit al-Shifa di Jalur Gaza dikabarkan telah menggelar aksi mogok kerja pada Senin (12/2/2018). Mereka menuntut pemerintah dan kementerian kesehatan Palestina untuk memberikan solusi lantaran tidak adanya layanan kebersihan sehingga menyebabkan sampah berserakan di seluruh fasilitas rumah sakit tersebut.

Menurut direktur rumah sakit Medhat Abbas, lingkungan kerja di fasilitas tersebut merupakan kompleks medis terbesar di Gaza. Namun saat ini akibat menumpuknya sampah, rumah sakit tersebut menjadi tidak aman untuk memberikan layanan medis bagi para pasien.

Abbas menyatakan bahwa manajemen rumah sakit tidak dapat memaksa siapapun dari stafnya untuk bekerja di rumah sakit tanpa memberi mereka gaji atau menjaga lingkungan yang aman bagi mereka dan pasiennya.

Dia menunjukkan bahwa hanya awak medis di unit perawatan intensif dan pembibitan yang memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam pemogokan tersebut untuk menghindari kemungkinan hilangnya nyawa. [] 

SUMBER: PIC
Foto: PIC
PALESTINA
Pejuang Palestina Berhasil Jatuhkan Pesawat Mata-Mata Israel. 
By Sodikin  Last updated Feb 12, 2018

PALESTINA—Pejuang Palestina dilaporkan telah berhasil menembak jatuh pesawat mata-mata tak berawak milik Israel di sebelah timur kota Beit Hanoun Jalur Gaza utara, Ahad (11/2/2018).

Sebuah sumber keamanan perlawanan Palestina mengatakan kepada PIC bahwa perlawanan berhasil mengambil alih pesawat tersebut setelah jatuh di perbatasan Jalur Gaza.

Sejumlah aksi perlawanan Palestina selama ini telah mampu menembak jatuh sejumlah pesawat pengintai Israel yang melakukan pengintaian di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, baik melalui aksi penembakan secara langsung atau dengan merusak sistem teknisnya.

Pesawat mata-mata tak berawak terus terbang di langit Gaza dalam rangka memantau situasi dan aktivitas perlawanan Palestina. [] 

Sumber: Pejuang Palestina Berhasil Jatuhkan Pesawat Mata-mata Israel - Islampos

Pesawat Tempur Israel Dijatuhkan, Atas Izin Rusia?
William Ciputra  11/02/18 | 18:03 

dakwatuna.com – Doha. “Rusia memberi lampu hijau pada rezim Suriah untuk menjatuhkan pesawat tempur milik Israel.” Itu merupakan pernyataan dari pengamat Rusia, Viacheslav Matozov, kepada Aljazeera, Sabtu (10/02) kemarin.

Berbicara di program Maa Wara al-Akhbar Aljazeera, Matozov menyimpulkan, Moskow menjadikan jatuhnya pesawat tempur Israel sebagai psywar dan untuk mengirim pesan kepada Amerika Serikat (AS). Karena sebelumnya, AS dengan yakin menegaskan akan mengubah aturan main di Suriah.Selain itu, AS juga bertekad akan meluncurkan rudal antipesawat terhadap setiap pesawat tempur mili ‘teroris’ versi mereka.

Lebih lanjut, Matovof menyatakan, Moskow juga terganggu dengan serangan AS ke arah ‘kerumunan rakyat Suriah’ di Deir al-Zour beberapa hari lalu. Disebutkan, serangan itu mengakibatkan hampir 100 orang tewas. Sementara ada informasi tak resmi yang menyebutkan, beberapa pasukan Rusia termasuk ke dalam korban tewas.

Hal senada juga dikemukakan oleh pengamat Iran, Hossein Reoran. Ia menegaskan, yang menembak jatuh pesawat Israel adalah rezim Suriah. “Namun sangat tidak mungkin rezim Suriah mengirimkan pesan ini tanpa koordinasi dengan Iran sebelumnya. Sama halnya kedua pihak itu tidak mungkin bertindak tanpa koordinasi dengan Rusia,” katanya.

Selain itu, Reoran yakin Rusia ingin mengubah kesepahaman lamanya dengan Israel. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan pesan kuat yang akan memunculkan kesepahaman baru.

“Selama beberapa tahun terakhir, Israel seakan ingin memaksakan kehendaknya di Suriah, terutama di wilayah selatan. Pada akhirnya persamaan ini berakhir. Sementara Iran berkepentingan mendukung rezim Suriah untuk menghentikan arogansi Israel di wilayah udaranya,” jelas Reoran.

Sementara pengamat Israel menyebutkan, Tel Aviv sangat yakin bahwa apa yang terjadi di Suriah adalah atas sepengetahuan Rusia. Pengamat Melan Miller juga menyebutkan, PM Benyamin Netanyahu segera menghubungi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghindar eskalasi.

“Karena Israel tahu, bahwa keputusan-keputusan strategis di Suriah ada di tangan Putin,” lanjut Miller. Ia juga mengakui, Israel telah menarik garis merah yang jelas di Suriah.

Miller mengatakan, “Keberadaan Iran di perbatasan sangat berbahaya bagi Israel. Israel mengumumkan garis merahnya dengan tujuan mencegah kehadiran Iran di perbatasan utara. Selain juga memutus pasokan senjata ke milisi Hizbullah Lebanon.”

Namun begitu, Miller menganggap jatuhnya pesawat tempur Israel dan masuknya pesawat tanpa awak Iran merupakan ujian bagi garis tersebut. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera 
https://www.dakwatuna.com/2018/02/11/90707/pesawat-tempur-israel-dijatuhkan-atas-izin-rusia






رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين
Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................

Tiada ulasan: