Selasa, 6 Februari 2018

Jika wanita tidak bertudung, pastinya dia Buddha. ​​(Wanita Islam wajib menutup aurat) 7083.

ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

ماشاءالله

سبحان الله

الله اکبر

    سُبْحَانَ اللَّهِ اَللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيّدنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلۓِ سَيّدنَا مُحَمَّدٍ الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allah berfirman yang bermaksud; “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS: Al Imran 3:185) 


أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، 

وعلى آله وصحبه أجمعين
.
LIFE
Inilah Ilmuwan Muslim Pembuat Peta Dunia Pertama. 
By Yudi  On Feb 5, 2018
Foto: Tirto
Muhammad Al-Idrisi adalah ilmuwan muslim yang pernah lahir pada 1100 merupakan pakar geografi dan pencipta peta dunia pertama. Al-Idrisi lahir di kota Afrika Utara, Ceuta dan wafat pada 1160 di Sisilia.

Al-Idrisi memadukan pengetahuan dari Afrika, Samudera Hindia dan Timur yang dikumpulkan para penjelajah serta pedagang Islam dalam bentuk peta Islam. Ia membuat peta paling akurat di dunia pada masa pramodern.

Peta Tabula Rogeriana yang dibuat oleh Al-Idrisi pada 1154 untuk Raja Normandia Roger II dari Sisilia. Peta tersebut menampilkan daratan Eurasia secara keseluruhan dan sebagian kecil bagian utara benua Afrika dengan sedikit detail pada Tanduk Afrika dan Asia Tenggara.

Al-Idrisi menginspirasi pakar geografi Islam seperti Ibnu Batutah, Ibnu Khaldun, Piri Reis dan Barbary Corsairs. Petanya juga menginspirasi Christopher Columbus dan Vasco Da Gama.

Peta yang dibuat Al-Idrisi merupakan peta detail dan mengesankan yang pernah dikenal dalam ilmu geografi dan seni menggambar peta (cartography) pada masanya. Peta Al-idrisi dilandaskan pengetahuan yang solid akan bentuk Bumi yang bulat. []


Sumber: 

DUNIA WANITA
Muslimah Pakai High Heels, Bolehkah? 
By Eneng Susanti  Last updated Feb 6, 2018
Foto: Ali Expres
PERKEMBANGAN fashion saat ini memang meningkat pesat. Mulai dari pakaian, hingga aksesoris busana seperti tas dan sepatu, semuanya punya model dan gaya tersendiri.

Salah satu trend sepatu di kalangan wanita adalah sepatu hak tinggi atau lebih dikenal dengan sebutan  high heels. Tidak hanya para model di catwalk atau para bintang film yang tengah beraksi di red carpet saja, tapi di kantor, di jalan-jalan, di pusat perbelanjaan, di sekolah, bahkan di tempat kajian pun banyak wanita yang menggunakan sepatu atau sandal tinggi ini.

Trend high heels ini sudah merambah ke semua kalangan wanita, termasuk muslimah. Sementara kita tahu, bahawa aturan berpakaian seorang muslimah telah diatur dalam hukum syariah. Nah, bagaiamana soal high heels ini?

Para ulama’ seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baaz dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahumullah berpendapat bahwa muslimah tidak diperbolehkan menggunakan sepatu berhak tinggi yang beresiko terjatuh dan membahayakan diri saat berjalan. Sebab, Islam memerintahkan untuk menjauhi bahaya.

Dalilnya adalah Firman Allah SWT: Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” (QS. Al-Baqarah: 195)

Serta firman Allah SWT: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu.” (QS. An-Nisa`: 29)

Menggunakan sepatu berhak tinggi pun memiliki resiko terhadap kesehatan. Seperti terjadinya pembengkakan pembuluh darah di kaki, degenerasi persendian kaki, rusaknya tendon achilles, perubahan postur tulang belakang, dan lainnya. Maka sesuatu yang sifatnya mencelakakan diri atau membahayakan diri sendiri itu hukumnya haram.

Dan selain itu, menggunakan sepatu berhak tinggi itu umumnya membuat cara berjalan wanita menjadi berbeda, yaitu lebih berlenggak-lenggok atau menjadikan betis yang indah jadi terlihat dan menjadikan wanita nampak lebih tinggi. Maka ini termasuk dalam kategori tabarruj, sekaligus memiliki unsur penipuan. Padahal, para wanita muslimah dilarang menampakkan perhiasannya kecuali pada mahram atau orang-orang yang berhak untuk melihat keindahan dirinya.

Dalilnya adalah firman Allah SWT: “Dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam.” (QS. An-Nur: 31)

Dan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” [HR. Muslim]

Kebiasaan menggunakan sepatu berhak tinggi ini adalah salah satu kebiasaan wanita Yahudi dan Nasrani. Wanita-wanita mereka menggunakan sepatu berhak tinggi ini untuk berhias dan menampakkan kecantikan mereka untuk memikat pandangan laki-laki. Maka sudah selayaknya seorang wanita muslimah menjaga dirinya dari hal-hal yang meniru (tasyabbuh) orang-orang kafir dan jahiliyah.

Allah SWT berfirman: “…dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab : 33)

Maka, menurut syariat menggunakan sepatu berhak tinggi baik itu model high heels maupun wedges itu tidak diperbolehkan. Pertama, karena beresiko. Kedua, karena termasuk tabaruj. Maka, muslimah harus menghindari nya. Toh, selain high heels atau wedges, masih banyak pilihan model alas kaki yang lainnya. Pilihlah yang nyaman dipakai dan tidak melanggar aturan syariah. []

SUMBER: 
AL-JAMI’ LI FATAWA AL-MAR’AH MUSLIMAH DAN FATAWA AL-LAJNAH AD-DAIMAH
Lautan Hijab di  Di Pattani. (terjemahan) 
Oleh Adam Terakhir dikemaskini 5 Feb, 2018

TIDAK ada wanita Muslim tanpa bertudung di Patani. Tudung adalah sejenis pakaian yang menutup kepala Muslimah. Ini sesuai dengan semangat Muslim yang ditunjukkan di rantau Thailand Selatan. Di setiap sudut jalan, kita akan bertemu dengan kebanyakan wanita Muslim yang memakai tudung.

“Seluruh wanita Islam di Pattani memakai tudung di Pattani, jika wanita tidak bertudung, pastinya dia Buddha!.” ​​Kata Encik Zakariya, aktivis Hak Asasi Manusia, kepada Islampos di Patani.

Walaupun stigma Islam sebagai pengganas dilancarkan, wanita Islam Patani tidak menyingkirkan larangan Allah. Walau apa pun, tudung menjadi bahagian pakaian yang penting bagi mereka.

“Hijab adalah ajaran Islam. Dan Melayu adalah Muslim. Jika ada perempuan Melayu tidak memakai tudung, maka dia bukan orang Melayu,” kata Encik Zakariya yang pernah menerima lapan tikaman dari tentera Thai.

Bahkan dalam pencarian ke Mahad Al Bithath Ad-Diniyah, Islampos mencari hijab samudera pelajar. Mahad memang memerlukan setiap pelajar wanita memakai hijab untuk menutup dari kepala hingga ke bahagian dada.

Ini pakaian syariah untuk wanita Islam, kata Encik Abdullah seorang pensyarah di Mahad yang menampung 6,000 pelajar.

Jadi, jika anda ingin melihat lautan hijab, datanglah ke Patani. []


Sumber:
Versi Asal: 
See Ocean Of Jilbaab In Pattani
By Adam  Last updated Feb 5, 2018

THERE is no Muslim women without jilbaab in Patani. Jilbaab is a kind of veil covered the head of Muslimah. This probably fits the spirit of these Muslim showed in the base region in South Thailand. At each corner of the street, we will meet many Muslim women wearing headscarves and even veils.

“The whole Muslim women wearing headscarves in Pattani, if women are not veiled, she is certainly Buddhists!” said Zakariya, a Human Rights Activist, to Islampos in Patani.

Although the stigma of Islam as terrorists waged, Patani Muslim women never remove the veil abstinence. In any event, the veil becomes an integral part for them.

“Hijab is the Islamic teachings. And Malays are Muslim. If there Malays does not wear the hijab, then she is not the Malays,” said Zakariya who had received eight stabs from the Thai army.

Even in the search to Mahad Al Bithath Ad-Diniyah, Islampos find the ocean veil of students. Mahad indeed requires every women students to wear the hijab to cover the width of the chest.

“This is shariah clothing for Muslim women,” said the lecturer, Abdullah, in Mahad which accommodate the 6,000 students.

So, if you want to see an ocean of jilbaab, come to Patani. []


Sumber: 

PALESTINA
Ekonomi Jatuh, Israel ‘Merengek’ Kampanye BDS Dihentikan. 
By Sodikin  Last updated Feb 6, 2018
Ilustrasi aksi protes boikot Israel. Foto: PIC
ISRAEL—Rezim penjajah Israel dilaporkan telah menggelar konferensi internasional pada Senin (5/2/2018). Konferensi ini diikuti ratusan tokoh hukum dari berbagai belahan dunia untuk membahas solusi menghadapi gerakan boikot internasional terhadap Israel yang dimotori BDS.

Menurut laporan Channel 7 Israel, konferensi yang digelar departemen bidang strategi ini bekerja sama dengan asosiasi pengacara dan LBH internasional guna membuat undang-undang yang bisa menekan gerakan boikot dunia, BDS dan membatasi pergerakanya di dunia.

Selain itu, pertemuam juga membahas tentang pembuatan jaringan internasional guna memerangi BDS, memprovokasinya melalui undang-undang yang ada.

Ikut dalam konferensi pers, Menteri Pengadilan dan Ketua Mahakamah Tinggi Israel, juga penasihat hukumnya.

“Masih terlalu dini untuk mengatakan Israel akan memenangkan pertarungan melawan BDS. Ini adalah perang strategis dan politis yang harus diperjuangkan seperti perang militer,” ungkap anggota Dewan Pengurus Imigran Yahudi di Prancis, Pascal Markovich.

Kampanye Boikot Israel secara internasional (BDS) telah diluncurkan pada 2005. Gerakan ini yang paling cepat menyebar di dunia, terkait dengan seruannya untuk melakukan pemboikotan dan divestasi terhadap Israel dan menjatuhkan sanksi terhadapnya.

BDS juga mendesak Israel agar mematuhi hukum internasional dan prinsip-prinsip dasar HAM yang menjamin hak Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri. Di samping hak kembali bagi para pengungsi, sesuai dengan deklarasi gerakan tersebut yang telah didirikan pada 2005.

Akibat gerakan ini, rezim Israel menderita kerugian ekonomi cukup berat, setelah pembubaran kontrak senilai 23 miliar dolar dan penurunan nilai ekspor menjadi sekitar 2,9 miliar dolar.

Dengan perkiraan kerugian antara 28-56 miliar dolar dari output nasional Israel, sebagaimana di laporkan koordinator Umum Palestina Mahmoud Nawajiah. []


SUMBER: 
PIC

Sekjen PBB: Tahun 2020, Gaza Jadi Kota Tak Layak Huni. 
William Ciputra  06/02/18 | 08:27 Asia, Amerika Belum ada komentar
Sekjen PBB, Antonio Guterres. (aljazeera.net)
dakwatuna.com – New York. Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres, memperingatkan kondisi yang terus memburuk di Jalur Gaza akibat blokade Israel. Ia menyebutkan, PBB memperkirakan Gaza menjadi kota tak layak huni pada tahun 2020 mendatang.  Hal ini karena kondisi kemanusiaan dan ekonomi di sana yang sangat buruk.

Dilansir Aljazeera.net, Selasa (06/02/2018), hal itu disampaikan Guterres dalam sebuah pertemuan dengan Komite PBB untuk Hak-hak Rakyat Palestina (CEIRPP). Komite ini didirikan pada tahun 1975, dengan tujuan untuk memastikan hak-hak rakyat Palestina terlindungi.

Pada kesempatan itu, Guterres mengatakan, kondisi kemanusiaan dan ekonomi di Gaza semakin memburuk. Diperkirakan, pada tahun 2020 mendatang kota tersebut akan menjadi kota tak layal huni. Kecuali ada tindakan nyata untuk memperbaiki layanan dan infrastruktur, tambahnya.

“Gaza masih menghadapi blokade dan kondisi kemanusiaan darurat. Sekitar dua juta rakyat Palestina tinggal di tengah runtuhnya infrastruktur, krisis listrik, kurangnya layanan-layanan dasar serta kelumpuhan ekonomi,” lanjut Guterres.

Gaza merupakan wilayah Palestina yang masih harus menghadapi blokade zionis sejak 12 tahun lalu. Menurut sensus terakhir, angka kemiskinan di Gaza mencapai 80%. Sementara pengangguran meningkat sebesar 50%. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera


Sumber: 
dakwatuna

ISLAM 4 BEGINNER
Apa Hukum Berwudhu berhampiran WC (tandas)? 
By Adam  Last updated Feb 6, 2018
Foto: Adam/Islampos
SEBENARNYA di mana tempat yang baik untuk wudhu? Ada yang mengatakan bahwa tidak boleh berwudhu di dekat WC? Tapi, malah kebanyakan orang berwudhu di dalam kamar mandi yang jelas-jelas dekat sekali dengan WC? Jadi sebenarnya apa hukum berwudhu di dekat WC? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas di bawah ini.

Menurut pandangan dan pendapat para ulama, hal yang termasuk dimakruhkan ketika berwudhu salah satunya adalah berwudhu di tempat yang bernajis. Mengapa dimakruhkan? Hal ini disebabkan khawatirnya najis yang ada di tempat itu akan mengenai anggota tubuh orang yang berwudhu, sehingga tujuan utamanya membersihkan diri dari najis tidak terpenuhi.

Kalau masalah kamar mandi yang kebanyakan bersatu dengan WC, selama kita masih dapat menjaga diri dari najis tersebut, tentu saja tidak ada larangan untuk berwudhu di tempat ini. Lebih baik lagi jika kita bersihkan terlebih dahulu kamar mandi tersebut dengan menyiramkan air yang bersih di sekitar dinding dan lantainya sehingga tidak ada lagi najis yang tertinggal. Dengan demikian, kita menjadi yakin bahwa tidak ada najis yang akan terciprat ke tubuh kita saat berwudhu.

Hal yang dilarang adalah jika berwudhu di tempat yang penuh najis dan kotor serta kita tidak dapat menjaga diri dari najis tersebut. Contohnya adalah septic tank, di tempat sampah, pembuangan kotoran, dan sebagainya. []

Sumber : 

Rahasia wudhu/Eep Khunaefi El-Ghony/PT Variapop Group/Mei 2013/Cibubur
Apa Hukum Berwudhu di Dekat WC? - Islampos
KONSULTASI
Sering Masturbasi, Bagaimana Cara Hentikan Dan Apa Dampaknya? 
By Adam  On Feb 6, 2018
Foto: Abu Umar/islampos
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dokter, mau tanya nih. Apa dampaknya jika sering melakukan masturbasi atau onani? Bagaimana cara menghentikan kebiasaan ini?

MS

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Masturbasi atau onani adalah suatu tindakan rangsangan terhadap diri sendiri untuk mendapatkan kepuasan seksual. Pada dasarnya masturbasi berkaitan dengan fantasi.

Secara fisiologis, masturbasi atau onani tidak membahayakan, artinya tidak menimbulkan gangguan atau penyakit tertentu.

Namun secara psikis dan sosial, masturbasi dapat mengganggu karena bagi mereka yang sering melakukannya, biasanya timbul rasa bersalah atau berdosa.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap ketenangan dan kepercayaan diri orang tersebut.

Secara sosial, orang yang melakukan masturbasi biasanya sulit bersosialisasi dengan baik. Karena pikirannya didominasi fantasi seksual, sehingga dapat menurunkan konsentrasi dan malas bergaul di masyarakat.

Cara menghentikan kebiasaan ini adalah :

1. Sibukkan diri dengan kegiatan positif seperti organisasi, olahraga,pengajian dll sehingga tidak ada ruang dalam pikiran berfantasi ke arah seksual.

2. Menjauhi segala hal yang dapat memicu fantasi seksual. Seperti selektif memilih bacaan dan tontonan.

3. Bersegera menikah, tentu jika sudah siap, sehingga tidak lagi hidup dalam fantasi seksual, namun nyata. Wallau’alam. []


Sumber: 



رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين
Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................

Tiada ulasan: