Ahad, 18 November 2018

Hidayah hak Allah. 8664.


Sumber:
gara-gara kehilangan cewek, ane nangis gan | KASKUS
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf002b7902cfe550e8b4567/gara-gara-kehilangan-cewek-ane-nangis-gan

gara-gara kehilangan cewek, ane nangis gan 

KASKUS - Forum Threads - 8 jam yang lalu
Beberapa tahun lalu ane ketemu cewek berdagang di warung.. Ane suka ama dia tapi dia ga tau. Ane ga berani soalnya.. Sekarang ane nyari warungnya tapi udah ga ada.. bangunannya beda tapi tetap warung.. owner warungnya juga beda Ane langsung pulang dengan mobil cepet banget. Ane nangis gan.
murid bully guru
Guru smk di kendal di bully muridnya. Foto: Nusanews 
Aksi Bercanda Berlebihan, Apa Hukumnya Dalam Islam?
 
Oleh : Novida Balqis Fitria Alfiani - fnovidabalqis@gmail.com

Selasa (13/11/2018) terdapat kasus yang mengejutkan dengan viralnya video pengeroyokan guru yang dilakukan oleh siswa. Diketahui bahwa video tersebut ketika jam pelajaran dan diduga dilakukan hanya untuk bercanda. Namun dari bercanda yang berlebihan itulah bupati Kendal, Mirna Anissa sampai mengimbau agar guru dan murid membatasi bercanda saat jam pelajaran.

“Kalau guyon, jangan keterlaluan. Harus bisa membedakan guyonan murid dengan guru, apalagi saat jam pelajaran. Video itu telah viral dan menghebohkan karena dikira video penganiayaan”, kata bupati Kendal, Mirna Anissa. Sumber regional.kompas.com. 

RELATED POSTS

Refleksi Hari Sumpah Pemuda: Pemuda Islam Era Milenial 
31 Okt 2018

Pemuda yang Dirindukan: Berwawasan Luas dan Berakhlak Mulia 
4 Okt 2018

 Pemuda yang Dirindukan: Menjaga Kehormatan Diri 
4 Okt 2018

 Pemuda yang Dirindukan: Penghancur Kebatilan 
4 Okt 2018

Baca Juga: Bercanda Lo Keterlaluan, Bro!

Dilansir dari regional.kompas.com, kejadian aksi bercanda tersebut berawal pada saat siswa saling lempar kertas antar siswa di dalam kelas. Tak sengaja, salah satu kertas mengenai sang guru, pak Joko Susilo di depan kelas.

Sang guru bertanya, siapa yang melempar kertas. Seluruh siswa terdiam dan tidak mengaku. Lalu, salah seorang siswa bernama P dengan nada bercanda, mengaku ia yang melemparkan kertas tersebut ke Pak Joko. Pada saat itulah siswa mengajak beliau bercanda agar beliau tidak marah.

Tidak hanya P, namun S, A, dan A juga ikut maju ke depan kelas. Dan entah bagaimana, guru dan para murid bercanda seperti layaknya guru dianiaya oleh murid-muridnya. Ada siswa yang merekam video tersebut. Dalam video tersebut terlihat 5 murid menganiaya guru dengan menendangnya. Namun tidak sampai mengenai sang guru. Siswa siswi pun tertawa lepas karena melihat gerakan sang guru yang berputar, hingga sepatu beliau pun terlepas. Salah satu siswa bernama AG mengatakan bahwa menurutnya salah satu siswa yang merekam video di kelas semuanya dilakukan hanya untuk bercanda, agar pak Joko tidak marah saat terkena lemparan kertas. 

Sungguh memprihatinkan kejadian tersebut. Bercanda yang berlebihan dalam jam pembelajaran di kelas. Sebenarnya tidak ada larangan bercanda di dalam Islam. Bahkan Rasulullah pun pernah bercanda dengan para Sahabat. Namun, bercanda seperti apakah yang dicontohkan oleh Rasulullah? Pertama, Rasulullah mengajarkan agar tidak berdusta saat bercanda.

Seperti dalam hadits Rasulullah yang artinya, “Sesungguhnya aku juga bercanda, namun aku tidak mengatakan kecuali yang benar.” (HR. Ath-Thabrani). 

Dan juga dalam hadits lain Rasulullah bersabda, “Celakalah seorang yang berbicara dusta untuk membuat orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia.” (HR. Ahmad).

Kedua, tidak tertawa berlebihan. Tertawa hingga terpingkal-pingkal juga dilarang oleh Rasulullah didalam hadits. Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.” (HR. At-Tirmidzi). 

Ketiga, tidak boleh menakut-nakuti muslim lainnya ketika bercanda. Seperti yang terjadi pada sahabat Rasulullah. Suatu hari ada seseorang yang menyembunyikan cambuk salah seorang sahabat Rasulullah pada malam hari, saat sahabat Rasulullah sedang tertidur. Saat terbangun, sahabat Rasulullah itupun merasa takut, karena merasa kehilangan cambuk tersebut. Dengan kejadian tersebut, Rasulullah pun bersabda, “Tidak halal bagi seorang Muslim membuat takut Muslim yang lainnya.” (HR. Abu Dawud)

Maka ketahuilah, apapun yang kita lakukan akan kita pertanggungjawabkan di akhirat kelak, perbuatan baik maupun perbuatan buruk. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra’, ayat 36 :

وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولـئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً 

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabnya.” (QS. Al-Isra’: 36)

Dan Rasulullah SAW juga bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no. 47). 

Maka, sebelum bertindak hendaklah berpikir terlebih dahulu. Apakah perbuatan yang kita lakukan ini akan berdampak baik ataukah berdampak buruk. Apakah yang dilakukan adalah perbuatan baik ataukah perbuatan buruk. Semuanya akan dipertanggungkawabkan di akhirat kelak. Jika kita tidak dapat berkata yang baik, maka sebaiknya kita diam. Dan tidak perlu kebablasan bercanda. Apakah kita tidak takut dengan pertanggungjwabkan di akhirat kelak?


Semoga dengan kejadian tersebut kita dapat mengambil pelajaran, agar dapat bercanda sesuai porsinya dan tidak berlebihan. Jangan sampai hal ini terjadi di lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Karena pendidikan bertujuan untuk menuntut ilmu, bukan untuk bercanda. Apalagi bercanda yang kebablasan dan tidak sesuai dengan syariat Islam. Walaupun boleh saja bercanda, hanya untuk selingan ketika jenuh dalam pembelajaran di kelas. Akan tetapi bercanda yang tidak berlebihan dan kebablasan.

Wallahu A’lam Bisshowab
https://www.islampos.com/aksi-bercanda-yang-berlebihan-apa-hukumnya-dalam-islam-114914/

Paus Fransiskus: Hoaks adalah Bentuk Lain dari Terorisme 

Sodikin pada Islampos - 4 jam yang lalu
Paus juga menyebut hoaks bisa "membunuh" karena lidah bisa membunuh seperti pisau. The post Paus Fransiskus: Hoaks adalah Bentuk Lain dari Terorisme appeared first on Islampos.
Kejadian bermula saat korban baru selesai menyampaikan khutbah pertama. The post Ini Kronologi Meninggalnya Ngartiyan Saat jadi Khotib Salat Jumat appeared first on Islampos.

Rusia Klaim 270 Ribu Pengungsi Suriah telah Pulang ke Negara Asalnya 

Sodikin pada Islampos - 4 jam yang lalu
Suriah dan sekutu dekatnya, Rusia, telah berusaha memulangkan para pengungsi dengan meyakinkan mereka bahwa kekerasan telah mereda secara signifikan. The post Rusia Klaim 270 Ribu Pengungsi Suriah telah Pulang ke Negara Asalnya appeared first on Islampos.

Lieberman Mundur, PM Netanyahu Terpaksa Rangkap Jabatan 

Sodikin pada Islampos - 4 jam yang lalu
Keputusan itu diumumkan setelah pertemuan Netanyahu dengan mitra kunci koalisi sayap kanan. The post Lieberman Mundur, PM Netanyahu Terpaksa Rangkap Jabatan appeared first on Islampos.

Brigade Al Qassam ke Israel: Jangan Menguji Kami Lagi!

Sodikin pada Islampos - 4 jam yang lalu
Ketujuh anggota Al Qassam ini gugur dalam pertempuran senjata dengan pasukan khusus Israel di timur kota Jalur Gaza selatan The post Brigade Al Qassam ke Israel: Jangan Menguji Kami Lagi! appeared first on Islampos.
Bendera Palestina. Foto: Ynet
Brigade Al Qassam ke Israel: Jangan Menguji Kami Lagi!
  

PALESTINA—Pemimpin Hamas di Jalur Gaza Yehyia al-Sinwar menegaskan bahwa kelompoknya akan mematahkan blokade Israel terhadap. Al Sinwar juga berjanji bahwa Hamas akan memberikan kehidupan yang layak bagi rakyatnya.

Keterangan ini datang saat Al Sinwar berpidato pada upacara kematian tujuh anggota Brigade al-Qassam, Jumat (16/11/2018), yang tewas pada 11 November. Ketujuh anggota Al Qassam ini gugur dalam pertempuran senjata dengan pasukan khusus Israel di timur kota Jalur Gaza selatan, Khan Younis.


“Blokade Israel yang telah diberlakukan di Jalur Gaza sejak 2007 harus diakhiri,” kata Al Sinwar. Ia menambahkan bahwa “itu akan berakhir dengan pawai damai, dan jika tidak, kami memiliki cara dan metode lain untuk melanggarnya.” 

Dia juga memperingatkan Israel “untuk tidak lagi menguji kami.” Jika tentara Israel kembali memasuki Jalur Gaza, maka mereka hanya akan kembali melalui pertukaran tahanan untuk “ribuan tahanan.”

RELATED POSTS

16 Nov 2018

15 Nov 2018

13 Nov 2018

12 Nov 2018

“Saya menyarankan Israel untuk tidak mengulang operasi mengirim kekuatan penyamaran khusus militernya ke Gaza, karena lain kali kami akan membersihkan penjara Israel,” ujar Sinwar, mengacu pada penculikan tentara dan menukarkan mereka dengan tahanan Palestina di penjara Israel.

Sinwar memegang sebuah pistol yang katanya milik Pasukan Khusus Israel yang melakukan operasi darat di Jalur Gaza pada awal pekan, tepat di saat tujuh anggota Brigade al-Qassam terbunuh.


Seorang komandan Israel juga tewas dan seorang lainnya terluka dalam insiden itu. Sinwar mengatakan dia juga memiliki foto-foto insiden itu dan pengambilan kembali komandan pasukan Israel yang tewas. []

SUMBER: PIC
Brigade Al Qassam ke Israel: Jangan Menguji Kami Lagi! - Islampos
https://www.islampos.com/brigade-al-qassam-ke-israel-jangan-menguji-kami-lagi-114902/

Pilot Ini Bersyahadat Masuk Islam saat Pesawat Terbang di Langit Saudi
 Minggu, 18 November 2018 - 00:09 WIB
Pilot Ini Bersyahadat Masuk Islam saat Pesawat Terbang di Langit Saudi
Kapten Amalo, pilot pesawat komersial asal Brasil, bersyahadat sebagai syarat pertama masuk agama Islam. Ikrar syahadat dia ucapkan saat pesawat terbang di wilayah udara Arab Saudi. Foto/Russia Today
RIYADH - Seorang pilot Brasil menjadi berita utama di kawasan Arab setelah dia meluangkan waktu sejenak untuk mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat pertama menjadi pemeluk agama Islam. Dia berikrar saat pesawat terbang di atas wilayah udara atau langit Arab Saudi.

Pilot yang dikenal dengan nama Kapten Amalo itu sedang bersama seorang rekan yang membimbingnya bersyahadat. Saat berikrar tersebut, dia masih mengoperasikan kontrol pesawat terbang.

El Balad, media Arab yang berbasis di Beirut, merilis cuplikan video Kapten Amalo saat bersyahadat di kokpit. Saat itu, ketinggian pesawat mencapai 18.000 kaki di udara.

Tak ada tanggal kapan video pilot tersebut dibuat. Namun, video itu telah dirilis di sejumlah media Timur Tengah dan viral di media sosial. Saat dirilis El Balad 31 Oktober lalu, videonya sudah dilihat lebih dari 20.000 kali. Nama maskapai pesawat yang dioperasikan Amalo juga tak disebutkan.

Dalam video tersebut, rekan Kapten Amalo menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi dalam perjalanan ke Tabuk, Arab Saudi.

“Kami di sini dengan pilot Amalo dari Brasil. Dia akan mengucapkan teks syahadat selama penerbangan kami ke Tabuk," kata seorang pria yang duduk di kokpit. Pria yang tak ditampilkan di video tersebut diduga sebagai sosok yang membimbing pilot Brasil itu masuk Islam.

"Asyhadu an Laa Ilaaha Illallah," kata Kapten Amalo menirukan ucapan rekannya. Kalimat itu bila diterjemahkan bermakna, "Saya beraksi tidak ada Tuhan selain Allah".

"Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullah," lanjut kalimat yang diucapkan pilot tersebut. Arti kalimat syahadat kedua ini adalah, "Dan saya bersaksi Muhammad Rasul Allah".
Video terlekat
Mid-air shahada: Brazilian pilot converts to Islam flying over Saudi Arabia at the altitude of 18,000 ft (5486,4 m)
490 orang memperbincangkan tentang ini

(mas)
Pilot Ini Bersyahadat Masuk Islam saat Pesawat Terbang...
https://international.sindonews.com/read/1355594/46/pilot-ini-bersyahadat-masuk-islam-saat-pesawat-terbang-di-langit-saudi-1542474530

Khatan Wanita Bukan Sekadar Budaya -Dr Ahmad Sanusi Azmi 

Ibnu Hasyim pada Ibnu Hasyim - Sejam yang lalu
1. *SUHAKAM* dilaporkan mengkritik pendirian kerajaan berhubung isu khatan wanita. Putrajaya dikatakan tidak memberikan penjelasan yang jelas berhubung perkara ini. Ekoran dari kritikan itu, Dr Wan Azizah menyatakan amalan yang telah menjadi budaya setempat akan dibincangkan semula. Kata beliau: “Kita akan bincang dan lihat jika ia tidak memberi sebarang kebaikan, jadi kita perlu lakukan sesuatu.” 2. Amalan khatan ini pada hakikatnya bukanlah sekadar budaya atau adat setempat sahaja. Pensyariatan khatan mempunyai asas yang kukuh di dalam syarak. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadi... lagi »

UMNO ajak PAS tidoq sekatil... 

ali allah ditta pada tumpang sekole...? - Sejam yang lalu
*Untuk kali pertama secara terbuka Presiden Umno Ahmad Zahid Hamidi secara jelas mempelawa PAS untuk bersama-sama dengan mereka dalam gerakan politiknya.* *Bertempat di pekan Kampung Gajah Ahmad Zahid berkata Umno mengakui mereka tersilap kerana bermusuhan dengan PAS selama ini.* *Bekas timbalan perdana menteri itu bagaimanapun menyalahkan seorang "atok" atas permusuhan itu.* *"Selama 61 tahun Umno memerintah, 22 tahun adalah di bawah kepimpinan beliau.* *"Dia ajar kami membenci PAS, dia ajar kami membenci DAP tapi sekarang mereka sedang bercium mulut sesama sendiri," katanya ya... lagi »

Zahid ajak PAS bercantum 

kerengga pada KERENGGA - 2 jam yang lalu
Untuk kali pertama secara terbuka Presiden Umno Ahmad Zahid Hamidi secara jelas mempelawa PAS untuk bersama-sama dengan mereka dalam gerakan politiknya. Bertempat di pekan Kampung Gajah Ahmad Zahid berkata Umno mengakui mereka tersilap kerana bermusuhan dengan PAS selama ini. Bekas timbalan perdana menteri itu bagaimanapun menyalahkan seorang "atok" atas permusuhan itu. "Selama 61 tahun Umno

4 Filosofi Mengagumkan Dari Butiran Air Hujan 

KASKUS - Forum Threads - 4 jam yang lalu
[CENTER][color=teal][img]https://s.kaskus.id/images/2018/11/17/10041841_201811170546200669.jpg[/img] [URL=https://www.instagram.com/p/BqDDtmxnIXs/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1nz2inwwfrvmk]Sumber Gambar[/URL] Hujan.... Sebuah air yang turun dari atas sebagai berkah yang tak ternilai harganya Hujan selalu dirindukan untuk menyuburkan bumi yang mulai gersang Hujan antara cinta dan rindu yang menggumpal menjadi satu Hujan sebuah nikmat dan kenikmatan yang tercipta atas rahmat Tuhan sang pencipta jagat raya Butiran air hujan adalah sebuah nikmat yang sudah sepatutnya kita syukuri Hu... lagi »

Ketika Kemarahan Moral, Menjadi Perubahan Sosial 

KASKUS - Forum Threads - 4 jam yang lalu
[CENTER][img]https://s.kaskus.id/images/2018/11/17/10366511_201811170738210621.jpg[/img] [font=Georgia]Setiap orang terbiasa untuk marah, siapa yang tak pernah marah, Presiden pun bisa marah, tergambar dari gesturnya, apalagi masyarakat dengan strata sosial yang berbeda, pastinya akan mengalami hal yang sama. Marah adalah bagian kehidupan, sebuah emosi yang meluap-luap, seperti sebuah lagu "ada yang lagi marah-marah, marah tak jelas padaku....." Marah inilah yang merubah karakter seseorang menjadi lebih berwibawa, dan lebih disegani setaip reaksinya. Apakah marah itu buruk, apakah h... lagi »

2000 Sertai Demo Bantah ICERD Di Perak 

taipingmali pada Taipingmali - 4 jam yang lalu

Aksi Bercanda Berlebihan, Apa Hukumnya Dalam Islam? 

Baehaki pada Islampos - 4 jam yang lalu
[image: murid bully guru] “Sesungguhnya aku juga bercanda, namun aku tidak mengatakan kecuali yang benar.” (HR. Ath-Thabrani). The post Aksi Bercanda Berlebihan, Apa Hukumnya Dalam Islam? appeared first on Islampos.

YB Khairy Jamaluddin menerangkan Bajet 2019 Kerajaan DAP/PH 

taipingmali pada Taipingmali - 5 jam yang lalu

Ini Hal-hal yang Bakal Terjadi Kalau Internet di Dunia Tiba-tiba Hilang. Tapi Mungkin Nggak Ya? 

Iradat Ungkai pada Hipwee - 5 jam yang lalu
Bisa kah kamu kembali hidup di jaman tanpa internet?

Khatan wanita bukan sekadar budaya 

ainulillia pada Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 5 jam yang lalu
1. SUHAKAM dilaporkan mengkritik pendirian kerajaan berhubung isu khatan wanita. Putrajaya dikatakan tidak memberikan penjelasan yang jelas berhubung perkara ini. Ekoran dari kritikan itu, Dr Wan Azizah menyatakan amalan yang telah menjadi budaya setempat akan dibincangkan semula. Kata beliau: “Kita akan bincang dan lihat jika ia tidak memberi sebarang kebaikan, jadi kita perlu lakukan sesuatu.” … The post Khatan wanita bukan sekadar budaya appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Kerajaan PH dituntut tunai janji royalti minyak 

ainulillia pada Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 5 jam yang lalu
PETALING JAYA, 9 Rabiulawal 1440H, Sabtu – Kerajaan Pakatan Harapan (PH) perlu menunaikan janji pemberian royalti minyak negeri seperti yang terkandung dalam manifesto Pilihan Raya Umum ke-14 (PRU-14), yang lalu. Ahli Majlis Penasihat Ekonomi Kelantan, Tan Sri Abdul Khalid Ibrahim berkata, janji yang ditunaikan akan membuktikan kerajaan boleh dipercayai. “Soal royalti minyak itu satu konsep … The post Kerajaan PH dituntut tunai janji royalti minyak appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Rafizi antara nama calon untuk PRK Rantau, kata Anwar 

kerengga pada KERENGGA - 6 jam yang lalu
Mohamad Fadli SHAH ALAM: Datuk Seri Anwar Ibrahim berkata Rafizi Ramli adalah antara calon yang dicadangkan oleh PKR untuk bertanding dalam pilihan raya kecil (PRK) Dewan Undangan Negeri (DUN) Rantau di Negeri Sembilan. Bakal presiden baru PKR itu berkata bagaimanapun calon yang akan dipertaruhkan itu nanti mestilah terlebih dahulu melalui proses pemilihan dalam parti. “Macam ini, pertama,

Jangan langgar ‘garis merah’ toleransi kaum 

MT Webmaster pada Malaysia Today - 7 jam yang lalu
(Harakah) – Perbincangan berkaitan hak keistimewaan orang Melayu dan Islam di Malaysia bukanlah topik perkauman atau diskriminasi kaum, sebaliknya adalah mengenai hak dan keadilan. Ahli Jawatankuasa Kerja PAS Pusat, Dr Azman Ibrahim berkata, asal Malaysia adalah Tanah Melayu sebagaimana juga Allah jadikan bumi untuk orang Arab dipanggil Tanah Arab. “Sebagaimana Allah jadikan Tanah Besar China […]

Janji manis: PH jangan cari alasan 

MT Webmaster pada Malaysia Today - 7 jam yang lalu
(Harakah) – Hutang negara yang dikatakan melebihi RM1 trilion dan nisbah hutang sudah mencecah 70 peratus dilihat hanyalah untuk menagih simpati rakyat kepada kerajaan. Ahli Parlimen Setiu, Shaharizukirnain Abdul Kadir berkata, rakyat diwar-warkan dengan bebanan hutang adalah alasan utama kerajaan untuk tidak menunaikan segala janji-janji manis Kerajaan Pakatan Harapan (PH). “Walau bagaimanapun, hutang RM1 trillion […]

Penganut Teori Bumi Datar Alami Perpecahan, Kini Percaya Bumi Berbentuk Donat 

KASKUS - Forum Threads - 8 jam yang lalu
[CENTER][B]Membelot, kini mereka percaya bumi berbentuk donat![/B] [img]https://s.kaskus.id/images/2018/11/17/10258433_201811170717330497.jpg[/img] Hal menghebohkan muncul di internet, beberapa penganut teori bumi datar, mendadak berganti haluan, mereka berbondong-bondong mempercayai teori konspirasi baru, yakni teori bumi donat. Kronologi awal perpecahan ini, bermula saat seorang netizen bernama Varuag mengatakan bahwa planet ini sebenarnya tidak berbentuk bulat atau data, tapi berbentuk seperti donat. Bahkan ia telah mempersiapkan 'amunisi' untuk memperkuat pemikiranya itu. [B][I]... lagi »

Cara Ampuh Mengatasi Tindakan Blokir Instagram Terbaru 

KASKUS - Forum Threads - 8 jam yang lalu
Aktifitas spam dapat menyebabkan akun Instagram muncul tindakan di blokir. Sama halnya seperti Facebook dimana jika melakukan aktifitas spam seperti menyukai status secara belebihan (Like) dan berkomentar atau memposting banyak dalam waktu yang singkat maka akun kamu akan ditandai sebagai spam, alhasil Facebook juga akan melakukan tindakan blokir kepada akun Facebook. [img]https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3t9kNR0xe3xLEVFvNZM-clmEbLaHKAlfezqY-KYU0X1700-11OoDIvmKUY-thNtQNwvTV8Ilr7zaXRTxu3O-YSQ8Ie0S-dYWHN7Xo9pwicRG6R2oopARVUuVL2d05P4yGfWsQkGnt7FM/s640/Cara+Ampuh+Mengatasi+Tindakan+Blokir+Instagram+Terbaru.jpg[/img] Biasanya jika mendapatkan pes... lagi »

Cara Ampuh Mencari Hashtag Populer Untuk Menambah Follower 

KASKUS - Forum Threads - 8 jam yang lalu
Menambahkan hashtag pada foto/video di Instagram terbukti dapat menambah follower dengan cepat tanpa menggunakan auto-follower, namun perlu dipelajari juga dalam mencari hashtag kita harus mencari sebuah kata kunci atau keyword yang populer atau yang sering dilihat. Dengan mencantumkan beberapa Hashtag tidak hanya follower namun jumlah like dan komentar tentu akan melonjak. [img]https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwmN1yKo3ZJoV0Pm3wM__uUS1F5DyF3pfUW8-8a_inCJxbIReXC3lu4Vk_HHXNQEQhiv3jYzumQq3kU5yYeGmhlc6BdmGNglwpR8kHuF1pnK6zQAwoB2MfJUuVM0VYFINIIrBlRbt8ZmM/s640/Cara+Ampuh+Mencari+Hashtag+Populer+Untuk+Menambah+Follower.jpg[/img] Ada beberapa car... lagi »



Tiada ulasan: