Jumaat, 1 Februari 2019

Pelbagai kisah dunia. 9100.



China Tawarkan Diskon Gede Agar Proyek Kereta Cepat di Malaysia Tetap Jalan TerusJumat, 1 Februari 2019 03:29 WIB
China Tawarkan Diskon Gede Agar Proyek Kereta Cepat di Malaysia Tetap Jalan Terus
Oroyek East Coast Railway Link (ECRL) di Malaysia didanai pinjaman dari Pemerintah China 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR -  China menawarkan pengurangan biaya untuk proyek rel kereta api senilai US$ 20 miliar. Sebelumnya pemerintah Malaysia berniat untuk membatalkan proyek tersebut karena biaya yang terlampau berat. 

Seperti diberitakan Reuters, selama seminggu terakhir terjadi pertentangan komentar dari kedua pihak tentang keberlanjutan proyek ini.

Namun sumber Reuters menyebut China berupaya agar tak kehilangan proyek tersebut dengan memangkas biaya yang harus ditanggung Malaysia dalam proyek East Coast Railway Link (ECRL) tersebut.

"Jika masalahnya hanya tentang biaya, China telah menawarkan pengurangan besar hingga sekitar setengahnya," kata salah satu sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut.

Sumber tersebut bilang kontraktor China Communications Construction Co Ltd (CCCC) telah menawarkan beberapa pemotongan biaya. Termasuk untuk biaya konstruksi menjadi 67 miliar ringgit atau setara US$ 16,39 miliar untuk proyek sepanjang 688 km. 

Namun terlepas dari diskon yang diajukan, pemerintah Mahathir Mohamad memutuskan untuk membatalkan kontrak pada bulan ini.

Setelah berkuasa pada bulan Mei lalu, Mahathir yang merupakan seorang kritikus terhadap investasi China di Malaysia, bersumpah untuk menegosiasikan ulang proyek yang disebutnya tidak adil tersebut.

Proyek itu sendiri disahkan oleh pendahulu Mahathir, Najib Razak.

Namun, pada hari Rabu Menteri Keuangan Lim Guan Eng mengatakan Malaysia sedang melakukan lebih banyak pembicaraan dengan China.

Negosiasi terus berlanjut sejak penangguhan pada Juli tahun lalu. Di mana Malaysia mengindikasikan bahwa mereka sedang mencari proposal yang lebih murah.

China Tawarkan Diskon Gede Agar Proyek Kereta Cepat di Malaysia Tetap Jalan Terus - Tribunnews.com

Namun sang sumber juga menyebut proses negosiasi menjadi makin rumit karena terlalu banyak pejabat Malaysia yang terlibat dalam pembahasan. 

Selain dari kementerian keuangan, CCCC dan mitra domestiknya Malaysia Rail Line (MRL) juga harus menyampaikan proposal mereka kepada penasihat Mahathir Daim Zainuddin dan sejumlah pejabat lainnya.

"Masing-masing memiliki agenda mereka sendiri dan melihat proyek secara berbeda. Ini adalah situasi yang sangat aneh," kata salah satu sumber.

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan pihaknya telah melihat laporan pembatalan proyek tersebut, tetapi tidak mengetahui detailnya secara spesifik.

"Sejauh yang saya tahu, proyek ini disetujui oleh perusahaan dari kedua belah pihak sesuai dengan prinsip-prinsip pasar berdasarkan kesetaraan, saling menguntungkan dan membangun konsensus," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya Mahatir menyebut pihaknya ingin membatalkan proyek tersebut karena beban biaya yang terlalu berat, sehingga bisa membuat negaranya jatuh miskin.

Tendi/Sumber: Reuters 
China Tawarkan Diskon Gede Agar Proyek Kereta Cepat di Malaysia Tetap Jalan Terus - Halaman 2 - Tribunnews.com

Suhu di AS Minus 52 Derajat Celsius, Air Terjun Niagara Membeku 

VERONIKA YASINTA

Kompas.com - 01/02/2019, 07:12 WIB

Uap muncul Air Terjun Niagara sebelum matahari terbit  di, Ontario, Kanada, Kamis (31/1/2019). Cuaca ekstrem membuat sebagian Air Terjun Niagara membeku. (AFP/Lars Hagberg)
Uap muncul Air Terjun Niagara sebelum matahari terbit di, Ontario, Kanada, Kamis (31/1/2019). Cuaca ekstrem membuat sebagian Air Terjun Niagara membeku. (AFP/Lars Hagberg)

ONTARIO, KOMPAS.com — Fenomena polar vortex atau pusaran kutub yang merupakan kumpulan udara di bawah suhu beku membuat wilayah di Amerika Serikat lebih dingin dari Antartika.
Suhu di negara bagian North Dakota mencapai 32 derajat di bawah nol Celsius, dan minus 52 derajat Celsius tercatat di Minnesota.
Cuaca dingin yang ekstrem membuat uap naik dari perairan Danau Michigan, Amerika Serikat. Uap itu merupakan hasil dari udara yang sangat dingin menembus air hangat di danau.
Di sisi lain, balok-balok es tampak menutupi sungai yang berliku melewati pusat kota Chicago. Suhu ekstrem membuat sebagian Air Terjun Niagaramembeku.
Diwartakan The Independent, Jumat (1/1/2019), gambar terbaru dari Air Terjun Niagara menunjukkan pemandangan menarik seperti lokasi set film animasi Disney, Frozen.
Saat AS dilanda suhu ekstrem yang bahkan lebih dingin dari Antartika, temperatur di Ontario, Kanada, juga menurun menjadi minus 18 derajat Celsius.
Alhasil, sebagian Air Terjun Niagara beku sebagian dengan uap yang dapat terlihat muncul akibat pertemuan suhu air yang lebih hangat dengan udara dingin.
Bongkahan es terbentuk oleh air yang mengalir di sekelilingnya juga membuat air terjun indah untuk dilihat, dengan hiasan pepohonan dan bebatuan di sekitar yang diselimuti salju.
Laporan NBC News, saat ini sekitar 120 juta orang di 27 negara bagian di AS mendapat peringatan cuaca dingin ekstrem dari Upper Midwest ke Maine, lalu hingga ke bagian North Carolina.
Meski angin dingin tidak akan sedingin pada Rabu lalu, suhu ekstrem masih akan brutal di wilayah Midwest dan Timur Laut.
Angin dingin diperkirakan berembus di Chicago dengan suhu yang kembali turun ke minus 40 derajat Celsius pada Kamis pagi.
"Ini adalah dingin bersejarah. Suhu yang mengancam jiwa dan harus ditanggapi sebagaimana mestinya," ucap Wali Kota Chicago Rahm Emanuel, seperti dikutip dari AFP.
Badan Cuaca Nasional (NSW) menyatakan, suhu akan tetap berada di bawah rata-rata hingga minus 45 derajat Celsius pada Kamis.

"Angin dingin yang berbahaya dapat menyebabkan jaringan tubuh membeku pada kulit yang terpapar dingin dalam waktu 5 menit," demikian pernyataan NSW.

https://internasional.kompas.com/read/2019/02/01/07121091/suhu-di-as-minus-52-derajat-celsius-air-terjun-niagara-membeku

Sebentar Lagi Blue Bird Layani Penumpang dengan Mobil Listrik

STANLY RAVEL
Kompas.com - 01/02/2019, 07:42 WIB
Taksi listrik BYD E6
Taksi listrik BYD E6

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat sesaat lagi bisa merasakan sensasi menjadi penumpang taksi bermesin listrik di Jakarta. Pasalnya, Blue Birdtengah menyiapkan armada taksi listrik untuk melayani penumpang di Jakarta.
Informasi tersebut diketahui setelah Division of Engineering and Procurement Planning PLN Zainal Arifin, memaparkan proyeksi pembangunan fasilitas charging station atau Stasiun Penyedia Listrk Umum (SPLU) yang salah satunya berlokasi di kantor Blue Bird.
Menurut Zainal, perusahan taksi berlogo burung biru tersebut sudah memesan SPLU di salah satu pool terbesar yang ada di Jakarta sebagai daya untuk armada taksi listriknya.
"Mereka sudah pesan, memang mau coba untuk dijadikan armada taksi listrik. Untuk unitnya pakai BYD, yang saya dengan untuk awal mobilnya sekitar 100 unit dulu," ucap Zainal kepada wartawan di BSD, Rabu (30/1/2019).
Seperti diketahui, BYD merupakan merek mobil listrik asal China. Meskipun merek mobil sudah diketahui, namun belum ada kejelasan mengenai jenis yang akan digunakan, karena BYD sendiri memilki beberapa jenis, ada yang hatchback, SUV, sampai MPV.
Namun bila melihat unit yang di Hong Kong, ternyata yang dijadikan armada taksi listrik adalah model hatchback-nya, yakni BYD E6. Secara spesifikasi, mobil ini diklaim menggunakan baterai fosfat yang mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam dua jam pengisian daya.
Taksi listrik BYD E6
Taksi listrik BYD E6
Ketika mengkonfirmasikan hal tersebut, Amelia Nasution selaku Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, tak menampik informasi tersebut. Ia menjelaskan, bila penggunaan mobil listrik sebagai armada taksi masih dalam tahap menunggu aturan main.
"Untuk penggunaan kendaraan listrik, Blue Bird sebagai perusahaan yang taat hukum akan menunggu peraturan dan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Saat ini Perpresnya masih dalam tahap penyelesaian terakhir sebelum diterbitkan oleh kementerian terkait," ujar Amelia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/02/01/074200615/sebentar-lagi-blue-bird-layani-penumpang-dengan-mobil-listrik

Innalillahiwainnailaihirojiun... Allah jaga aibmu walau pun selepas kematianmu. Allahu Akbar. Aamiin. 


Dituding Serang Polisi Israel, Gadis Muslimah Palestina Ditembak Mati
Jum'at, 1 Februari 2019 11:12 
Foto: Polisi perbatasan Israel menembaki Samah Zuheir Mubarak, seorang siswa dari kota Ramallah Tepi Barat, di pos pemeriksaan al-Zaeem [Maannews]

BERITA TERKAIT



KIBLAT.NET, Tepi Barat – Pasukan Israel telah menembak mati seorang gadis Palestina berusia 16 tahun setelah dituding berusaha menikam seorang polisi di sebuah pos pemeriksaan antara Tepi Barat dan Yerusalem.

Polisi perbatasan Israel menembaki Samah Zuheir Mubarak, seorang siswa asal Ramallah di Tepi Barat, di pos pemeriksaan al-Zaeem, yang memisahkan pemukiman Yahudi ilegal di Tepi Barat dari sebuah lingkungan yang terletak di Yerusalem Timur yang diduduki.

Keluarga Mubarak, yang berbasis di Jalur Gaza, mengatakan kepada media lokal bahwa pasukan Israel membunuh putri mereka dengan kejam.

Dalam sebuah video dirilis oleh polisi Israel, Mubarak terlihat berjalan menuju pos pemeriksaan. Dalam video lain, dia terlihat berdiri di dekat sebuah kendaraan dan sekelompok pasukan Israel.

Terlihat perselisihan singkat, kemudian petugas polisi mundur dan pasukan Israel menembak Mubarak dari jarak dekat. Gadis itu pun langsung terjerembab ke tanah.
Video lain menunjukkan pasukan Israel mengambil tasnya dan memeriksa barang-barang bawaannya, termasuk buku-buku dan perlengkapan sekolah.

Yoram Halevi, kepala polisi Israel di Yerusalem, menuding gadis Palestina itu mengeluarkan pisau dan mencoba untuk menusuk tentara Israel di pos pemeriksaan al-Zaeem.

“Tidak jelas apa latar belakangnya, apa alasannya (datang ke pos pemeriksaan),” katanya.

Insiden itu terjadi beberapa hari setelah setidaknya tiga warga Palestina lainnya dibunuh oleh pasukan dan pemukim Israel.


Pada hari Sabtu, Hamdi Naasan (38) meninggal karena luka berat di desa al-Mugheir di Tepi Barat setelah warga Israel dari pemukiman terdekat melepaskan tembakan.

Ayman Hamed (18) dikebumikan di desanya di Silwad setelah tentara Israel menembak dan membunuhnya pada hari Jumat karena diduga melemparkan batu.

Polisi Israel juga membunuh Riyad Shamasneh dalam pengejaran berkecepatan tinggi di dekat Gerbang Damaskus Kota Tua di Yerusalem Timur pada Sabtu pagi.

Sejumlah kelompok hak asasi manusia lokal dan internasional telah mengemukakan kekhawatiran bahwa pasukan keamanan Israel telah menggunakan kekuatan berlebihan ketika menghadapi orang-orang Palestina yang melakukan serangan atau diduga melakukan hal itu.

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Ibas Fuadi

TITIAN


Dituding Serang Polisi Israel, Gadis Muslimah Palestina Ditembak Mati - Kiblat

Kaburnya WN Perancis Gembong Narkoba, Kompol TM Sudah Ditetapkan Jadi Tersangka

KONTRIBUTOR KOMPAS TV MATARAM, FITRI RACHMAWATI
Kompas.com - 31/01/2019, 23:57 WIB
Foto Dorfin ditempel di sejumlah tiitik keramaian di Lombok, pasca-kabur dari sel tahanan Polda NTB.
Foto Dorfin ditempel di sejumlah tiitik keramaian di Lombok, pasca-kabur dari sel tahanan Polda NTB.
(KOMPAS. com/FITRI R)

MATARAM, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat telah menetapkan Kasubdit Pengamanan Tahanan (Pamtah) Rutan Polda NTB Kompol TM menjadi tersangka dugaan kasus suap atau gratifikasi untuk meloloskan upaya kaburnya Dorfin Felix.

Dorfin adalah gembong narkoba jenis sabu yang kedapatan membawa 2,4 kilogram barang haram itu.

Kabid Humas Polda NTB Kombes I Komang Suartana membenarkan bahwa TM telah ditetapkan sebagai tersangka pascapemeriksaan TM oleh tim penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda NTB.

TM diduga kuat memuluskan kaburnya Dorfin dari sel tahanan Polda NTB dan memberikan fasilitas mewah di dalam sel tahanan, mulai dari pemberian ponsel, televisi, dan gorden untuk sel tahanan yang ditempati Dorfin di lantai dua Rutan Polda NTB.

Irwasda Polda NTB Kombes Agus Salim berjanji akan mencari benang merah bagaimana TM bisa terlibat sebegitu jauh memberikan fasilitas pada tahanan.

"Jadi apa yang dilakukan TM ini masih kami kenakan pelanggaran kode etik dan terkait kasus suapnya telah diperiksa tim penyidik tipikor," kata Agus.

Bingung Dorfin kabur lewat mana

Agus Salim mengaku tim penyidik masih berdebat bagaimana Dorfin bisa kabur, apakah benar lewat jendela jeruji atau lewat pintu lain.

"Ini masih terus kami dalami, termasuk apakah dia, si Dorfin, keluar dari jendela belakang atau lewat jalan lain, masih didalami ya. Ini masih debatable, memastikan dia kabur lewat mana. Ada yang bilang lewat belakang sepertinya tidak mungkin, kalau lewat depan kami cek CCTV, kami pelototi itu CCTV dan tidak terlihat, jangan-jangan pakai ilmu jin," katanya.
Agus Salim mengatakan, pihaknya juga meminta bantuan ahli besi untuk memastikan apakah Dorfin mengunakan gergaji besi atau ada alat lain yang digunakan.

"Kata tukang itu pakai gergaji besi, tetapi sudah lama dikerjakan, dan pada hari H baru bisa terlepas. Dan ada warga yang mendengar jatuhnya besi atau jeruji," ujarnya.

Agus mengatakan, TM sepertinya dimanfaatkan sehingga memberikan fasilitas-fasilitas pada tahanan ini.

"Pada prinsipnya, apa yang terjadi dalam rutan hampir semua melanggar SOP," tambahnya.
Salah satu contohnya, di dalam ketentuan tidak boleh ada selimut, dikhawatirkan dipakai untuk bunuh diri. Saat petugas menegur tersangka, justru TM marah balik pada petugas, khawatir Dorfin kedinginan.

TM perhatian karena sudah mengaggap Dorfin seperti anak sendiri.

Kejanggalan lain adalah saat Dorfin kabur jumlah penjaga yang semestinya empat orang hanya berjaga dua orang saja.

"Nah ini akan kami dalami, kenapa yang berjaga hanya dua orang, mereka yang tidak berjaga mengaku sakit, akan kami cek. Kalau sakit, sakit apa dan kalau periksa ke dokter akan kami cek ke dokter mana," tegas Agus Salim.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/31/23575611/kaburnya-wn-perancis-gembong-narkoba-kompol-tm-sudah-ditetapkan-jadi














Tiada ulasan: