Isnin, 25 Mac 2019

Kehidupan dan cabarannya. 9291.


Bahaya Salah Memilih Teman

ALLAH berfirman dalam surat ke 25 Al-Furqan ayat 27-29 mengkisahkan tentang penyesalan ahli neraka yang dahulu di dunia tersesat karena salah dalam memilih teman;


‎وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَىٰ يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا

Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul”

Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku).

‎لَّقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنسَانِ خَذُولًا
Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia.

[Qori’ sahabat saya Syaikh Abdul Waliy Alarkani hafidhahullah] []

Akhukum Fillah
Abdullah Sholeh Hadrami
Bahaya Salah Memilih Teman - Islampos
Penyebab Rambut Rasulullah ﷺ Beruban

QATADAH bertanya kepada Anas bin Malik r.a.: “Pernahkah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam menyemir rambutnya yang telah beruban?”

BACA JUGA: Rasulullah ﷺ Kagum dengan Semangat Ummu Umarah

Anas bin Malik menjawab:”Tidak sampai demikian. Hanya beberapa lembar uban saja di pelipisnya. Namun Abu Bakar r.a. pernah mewarnai (rambutnya yang memutih) dengan daun pacar dan katam.” (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Abu Daud, dari Hamman yang bersumber dari Qatadah).

Katam adalah sejenis tumbuh-tumbuhan yang biasa digunakan untuk memerahi rambut sedangkan warnanya merah tua.

Dalam suatu riwayat Ibnu `Abbas r.a. mengemukakan: Abu Bakar r.a. berkata: “Wahai Rasulullah ﷺ, sungguh Anda telah beruban!”

BACA JUGA: Rasulullah Tidak Mendapati lagi Waktu Shalat Berikutnya

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam. bersabda: “Surah Hud, Surah al Waqi’ah, Surah al Mursalat, Surah Amma Yatasa’alun dan Surah Idzasy-Syamsu kuwwirat, menyebabkan aku beruban.” (Diriwayatkan oleh Abu Kuraib Muhammad bin al A’la, dari Mu’awiyah bin Hisyam, dari Syaiban, dari Ishaq, dari Ikrimah, yang bersumber dari Ibnu `Abbas r.a.) []

https://www.islampos.com/penyebab-rambut-rasulullah-beruban-140586/

Cara Mendidik Anak Laki-laki
  1. Menjadi ibu yang baik, sebagaimana telah disinggung tadi bahwa ibu adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya.
  2. Memberi nama yang baik, karena nama adalah do’a dari orang tua untuk anaknya.
  3. Rajin menceritakan kisah teladan, seperti menceritakan kisah-kisah Nabi atau yang lain.
  4. Tumbuhkan jiwa kepemimpinannya, agar ia memahami peranannya sebagai laki-laki serta menumbuhkan sikap mandiri dan tegas pada tempatnya.
  5. Tunjukkan afektifitas, yaitu dengan menunjukkan rasa kasih saying. Rasa kasih sayang akan membangkitkan rasa percaya diri anak laki-laki kita. Jadi jangan segan untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada anak laki-laki kita selama dalam taraf wajar dan bisa dimaklumi.
  6. Memperhatikan fase-fase perkembangan anak.
  7. Penanaman aqidan dan tauhid yang kuat, karena ini amat penting bagi kehidupannya.
  8. Menanamkan rasa bersyukur sejak dini, agar hati anak menjadi lembut.

BACA JUGA: 
Ini loh Keutamaan Mendidik Anak Perempuan

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mendidik anak laki-laki sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam. []

Sumber: Mediamaya
Cara Mendidik Anak Laki-laki - Islampos
Ini loh Keutamaan Mendidik Anak Perempuan
15 Nama Indah Bayi Perempuan dari Alquran (2-Habis)
Foto: Google Plus

SESEORANG yang dikarunia anak perempuan akan mendapatkan keutamaan yang lebih. Karena dapat menjadi penolong untuk orang tuanya diakhirat kelak. Tentunya dengan didikan yang sesuai dengan syariat agama juga yang di ajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA:Muliakanlah Anak Perempuanmu!

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Ada seorang wanita masuk ke tempatku dan bersamanya ada dua anak gadisnya. Wanita itu meminta sesuatu. Tetapi aku tidak menemukan sesuatu apa pun di sisiku selain sebiji kurma saja. Lalu aku memberikan padanya. Kemudian wanita tadi membaginya menjadi dua untuk kedua anaknya itu, sedangkan ia sendir tidak makan sedikit pun dari kurma tersebut. Setelah itu ia berdiri lalu keluar.”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke tempatku, lalu saya ceritakan hal tadi kepada beliau. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Barangsiapa yang diberi cobaan sesuatu karena anak-anak perempuan seperti itu, lalu ia berbuat baik kepada mereka maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang untuknya dari siksa neraka.” (HR. Bukhari no. 5995 dan Muslim no. 2629)

Dari hadits di atas menunjukkan bahwa orang tua harus mendidik dan berbuat baik pada anak perempuan, karena pahala yang didapat lebih besar.

Juga, dijanjikan dalam hadits bahwa siapa yang mendidik anak perempuannya dengan baik maka ia akan terbentengi dari siksa neraka dan dijanjikan masuk surga. Dalam hadits lainnya, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

“Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia ….” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya. (HR. Muslim no. 2631). Artinya, begitu dekat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA:Rahasia Memuliakan Anak Perempuan

Lihatlah bagaimana Islam memuliakan anak perempuan dan memberi ganjaran khusus bagi orang tua yang dengan tulus menyayangi anak perempuan mereka. Semoga Allah senantiasa memberikan kita keturunan yang shalih dan shalihah. []

https://www.islampos.com/ini-loh-keutamaan-mendidik-anak-perempuan-109420/

Kau Diberikan Rezeki karena Ada Orang Lain yang Kau Santuni
 DI zaman Nabi SAW, ada dua orang bersaudara. Yang satu selalu menyertai nabi untuk mencari ilmu, sedangkan yang lain sibuk bekerja.

Lalu, saudara yang bekerja mengadukan saudaranya kepada Nabi SAW. Nabi SAW bersabda, “لعلك ترزق به” barangkali rezeki yang diberikan kepadamu adalah karena dia.

BACA JUGA: Rezeki Seret? Ini 8 Penyebabnya (1)

Hadist di atas diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Anas ra.

Adapun fiqhul hadist yang bisa kita simpulkan adalah:

1. Allah selalu menjamin rezeki seseorang yang membantu saudaranya untuk menuntut ilmu.

2. Islam membolehkan memberikan zakat kepada penuntut ilmu dimana mengharuskan ia total dalam menuntutnya sehingga ia tidak bisa mencari nafkah.

3. Boleh jadi rezekimu mengalir dengan derasnya sekarang, karena ada yatim yang engkau sekolahkan, anak dan istri yang engkau nafkahi serta kaum dhuafa yang senantiasa kau santuni.

BACA JUGA: Jangan Pikirkan Rezeki Orang, Pikirkan Amal Kita Sudah Sebesar Apa, Bray

Nabi SAW menuturkan dalam sebuah kata mulianya, “إنما ترزقون وتنصرون بضفائكم” Sesungguhnya kamu diberikan rezeki dan mendapatkan pertolongan disebabkan orang-orang lemah di sekelilingmu. []
Kau Diberikan Rezeki karena Ada Orang Lain yang Kau Santuni - Islampos

Dua treler terbakar, Lebuhraya PLUS sesak 8km
Abd Razak Mohd AliAstro Awani | Diterbitkan pada Mac 24, 2019 17:34 MYT

IPOH: Dua buah treler terbakar di KM257 Lebuhraya Utara Selatan (PLUS) arah selatan sebelum Terowong Menora pada Ahad.

Kebakaran menyebabkan kesesakan lebih lapan kilometer ketika pengguna jalan raya mula pulang ke ibu negara selepas cuti hujung minggu.

Bagaimanapun, tiada mangsa yang tercedera.Dua treler terbakar, Lebuhraya PLUS sesak 8km
Kebakaran dua treler di KM257 Lebuhraya PLUS pada Ahad.
Anggota Bomba cuba memadamkan api menggunakan buih.
Anggota Bomba cuba memadamkan api menggunakan buih.
Kebakaran dua treler itu tidak melibatkan apa-apa kecederaan.
Kebakaran dua treler itu tidak melibatkan apa-apa kecederaan.

http://www.astroawani.com/berita-malaysia/dua-treler-terbakar-lebuhraya-plus-sesak-8km-202028

Tiada ulasan: