Jumaat, 22 Mac 2019

Kelmarin membawa tanda kebahagiaan atau sebaliknya. 9282.


Berita Internasional... 

Diduga Stres dan Tertekan, Tentara India Tembak Mati 3 Rekannya
by Sodikin
Pakistan Serukan RS ‘Bersiap-siap’ Jika Terjadi Perang dengan India
Tentara India berpatroli di jalan saat jam malam di Jammu, Kashmir, 16 Februari 2019. Foto: Reuters

INDIA–Seorang anggota paramiliter India dilaporkan telah menembak mati tiga rekannya sendiri di wilayah Kashmir yang terus menjadi sengketa Pakistan – India, Kamis (21/3/2019).

Kepolisian menyatakan seorang anggota Central Reserve Police Force (CRPF) menembak kedua temannya menggunakan senjata dinas di kamp Udhampur, sekitar 200 kilometer dari selatan Kota Srinagar.

BACA JUGA: Dibebaskan, Pilot India: Tentara Pakistan Perlakukan Saya dengan Baik

“Dia (pelaku) lalu menembak dirinya sendiri dan sekarang tengah berada dalam kondisi kritis,” kata seorang pejabat kepolisian di wilayah Jammu Kashmir, MK Sinha, kepada AFP. Sinha mengatakan bahwa pelaku kemungkinan berada di bawah pengaruh obat-obatan.

Insiden ini bukan yang pertama kali terjadi. Koalisi Masyakat Sipil Jamu Kashmir (JKCCS) melaporkan sedikitnya 20 tentara India bunuh diri pada 2018 lalu, terbanyak dalam satu dekade terakhir.

Sejak 2004, ada 80 insiden “pembunuhan saudara” dan 323 kasus bunuh diri yang dilakukan personel militer di Kashmir.

Sejumlah ahli mengatakan hal itu terjadi karena faktor stres, jam tugas yang berlebihan, hari libur sedikit, dan masalah domestik.

Pengamat mendorong aparat berwenang memulai inisiatif yang bisa mencegah para prajurit merasa tertekan, seperti kegiatan olahraga dan yoga.

Secara terpisah di hari yang sama, seorang tentara tewas ketika militer India-Pakistan terlibat baku tembak di perbatasan kedua negara di Kashmir.

Baku tembak itu merupakan yang terbaru sejak kedua negara terlibat bentrokan militer di wilayah sengketa itu pada Februari lalu.

BACA JUGA: India-Pakistan Bersitegang Rebutan Kashmir, Kenapa Dunia harus Khawatir?

Bentrokan militer antara Pakistan dan India terus memanas sejak bom bunuh diri menerjang konvoi personel India di wilayah Kashmir pada 14 Februari lalu. 

SUMBER: CNN
https://www.islampos.com/diduga-stres-dan-tertekan-tentara-india-tembak-mati-3-rekannya-140293/

BACA JUGA  Hambali Dikabarkan Menjalani Penyiksaan CIA Selama Tiga Tahun

BACA JUGA  Khutbah Jumat: Teror Selandia Baru dan Industri Islamofobia

BACA JUGA  Ust. Abu Rusydan: Ketika Hati Tak Bersatu di Medan Jihad

BACA JUGA  Semasa Hidup, Mullah Umar Ternyata Sembunyi Tak Jauh dari Pangkalan AS

BACA JUGA  Temui MUI Pusat, Hayati Berharap Tak Ada Lagi Larangan Bercadar

BACA JUGA  Sadis, (PENGGANAS) Penyerang Masjid di Selandia Baru Rekam Aksinya Live Facebook

BACA JUGA  Istri Siyono: Kami Masih Berharap Keadilan

BACA JUGA  Islamofobia Meningkat di Jerman, Muslimah Hamil Dipukuli Pria Tak Dikenal

BACA JUGA  Teror Christchurch & Warisan Kolonialisme

Berita Internasional... 

PM Selandia Baru Hadiri Shalat Jumat di Chrischurch
by Eneng Susanti
Penghormatan terhadap Korban Aksi Teror, Selandia Baru akan Siarkan Azan secara Nasional
Foto: ABC 

CHRISTCHURCH — Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern menghadiri shalat Jumat di Hagley Park yang berada di seberang Masjid Al Noor, Christchurch, Jumat (22/3/2019). Ardern tampak berpakaian serba hitam lengkap dengan penutup kepala berwarna senada.

Seperti dilansir dari Radio New Zaeland (RNZ), Ardern mengikuti seluruh prosesi shalat Jumat hingga selesai.


Masyarakat non-Muslim yang pergi ke Hagley Park membentuk barisan di sekitar warga yang shalat untuk menunjukkan solidaritas mereka kepada komunitas Muslim. Sebagian besar perempuan warga Selandia Baru yang  datang ke lokasi, mengenakan penutup kepala.

Azan berlangsung sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Panggilan shalat yang berlangsung sekitar satu menit lebih 40 detik itu disiarkan secara nasional. Usai azan, seluruh masyarakat Selandia Baru mengheningkan cipta selama dua menit. Kemudian, dilanjutkan dengan shalat Jumat.

Ardern meminta rakyatnya di seluruh negeri untuk bergabung dalam merefleksikan upacara sepekan memperingati tragedi memilukan ini. 

“Saya tahu banyak warga Selandia Baru ingin menandai pekan yang telah berlalu sejak serangan teroris dan untuk mendukung komunitas Muslim ketika mereka kembali ke masjid,” kata Ardern.


Dia juga mengatakan, “Cara kita memilih untuk berefleksi diri mendoakan selama keheningan akan berbeda bagi kita masing-masing.”

“Setiap orang harus melakukan apa yang terasa benar bagi mereka, di mana pun mereka berada, di rumah, di tempat kerja, di sekolah,” kata Ardern lagi. []

https://www.islampos.com/pm-selandia-baru-hadiri-shalat-jumat-di-chrischurch-140335/

Berita Internasional... 

Masjid Diacak-acak, Ini Langkah-langkah yang Dilakukan Bupati Banyumas
Bupati Banyumas
Foto: Detik

BANYUMAS–Bupati Banyumas, Achmad Husain mengadakan rapat terbatas bersama tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan Ormas Islam. Ini sebagai respons atas kasus yang terjadi di Masjid dan TPA Daarussalam di Desa Buniayu, Kecamatan Tambak, Banyumas yang diacak-acak oleh orang tidak dikenal. 

“Kita mengumpulkan para tokoh-tokoh agama, dari MUI dari NU dari Muhammadiyah, Al-Irsyad supaya kita bisa mengantisipasi kalau misalnya nanti ada kemungkinan orangnya (pelaku) ditemukan. Bagaimana supaya ini tidak terjadi huru-hara, tapi kemudian dapat diadili, tetap diproses sesuai dengan aturan,” kata Husain kepada wartawan di ruang Joko Kaiman, Komplek Pendopo Bupati Banyumas, Kamis (21/3/2019).


Husain mengatakan, rapat terbatas ini juga untuk menemukan bagaimana tokoh-tokoh agama, ormas islam bersama-sama menemukan sisi peliknya jika memang pelaku tersebut tidak dapat ditemukan. Sehingga dapat menenangkan masyarakat atas kejadian tersebut.

“Jadi supaya saling bisa bekerjasama dengan baik di antara seluruh komponen agama yang ada di Banyumas ini. Tapi ini yang paling besar perannya adalah Kapolres Banyumas dan Dandim, yang sampai sekarang masih berada di lokasi kejadian. Saya selalu koordinasi untuk mengetahui situasi terkini,” ujarnya.

Husain juga mengantisipasi agar situasi tidak memanas. Dia ingin para tokoh agama untuk mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan menyerahkan semuanya kepada pihak kepolisian. 

“Di sana kan (Desa Buniayu) ada tokoh NU dan Muhammadiyah, nantinya kita sampaikan supaya mereka diimbau agar tetap tenang dan serahkan segala sesuatunya pada kepolisian. Tujuannya supaya tidak terprovokasi, makanya kita bertemu, kumpulkan para ulama di sini supaya masyarakat tidak terprovokasi,” jelasnya.


Husain mengatakan pihaknya menyerahkan kasus ini kepada kepolisian.

“Kita percaya dan kita yakin, Kapolres akan menyelesaikannya dengan cara yang baik dan proporsional,” ucapnya. []

https://www.islampos.com/masjid-diacak-acak-ini-langkah-langkah-yang-dilakukan-bupati-banyumas-140311/

Berita Nasional... 

Kereta rasmi Mufti Perlis dipercayai dibakar awal pagi Jumaat 
Astro Awani | Diterbitkan pada Mac 22, 2019 11:04 MYT
Kereta rasmi Mufti Perlis dipercayai dibakar awal pagi Jumaat
Keadaan bahagian enjin kereta rasmi Mufti Perlis yang dibakar pada awal pagi Jumaat. - Gambar media sosial

KANGAR: Kereta rasmi Mufti Perlis, Datuk Dr. Mohd. Asri Zainul Abidin musnah disyaki dibakar pihak tertentu di kediamannya di Jalan Persiaran Wawasan di sini, awal pagi Jumaat.

Bahagian enjin kereta Honda Accord berwarna hitam itu terbakar sepenuhnya dalam kejadian yang dipercayai berlaku pada pukul 5.45 pagi itu. 

Laporan Utusan Online menyebut, turut terbakar tayar hadapan sebelah kiri kenderaan itu manakala cermin belakang dan depan turut pecah.

Menurut Ketua Polis negeri, Datuk Noor Mushar Mohd., pihaknya menerima panggilan daripada sistem MERS 999 berhubung kejadian pada pukul 6 pagi.

“Siasatan awal di tempat kejadian mendapati ia disyaki berpunca daripada perbuatan khianat ekoran kesan cermin belakang kenderaan yang dipecahkan selain penemuan botol berisi petrol untuk membakar.

“Kebakaran walau bagaimanapun telah dipadamkan oleh pihak bomba,” katanya dalam satu kenyataan di sini, hari ini.

Noor Mushar berkata, Unit Forensik juga telah dihantar ke kediaman Mohd Asri untuk menjalankan siasatan.
http://www.astroawani.com/berita-malaysia/kereta-rasmi-mufti-perlis-dipercayai-dibakar-awal-pagi-jumaat-201845?

Berita Internasional... 

Kritik Bawaslu, Rocky Gerung: Bawaslu Sibuk Awasi Jari, sehingga Jadinya Bawasri
by yudi
Rocky Gerung Kritik Bawaslu
Foto: Detik

JAKARTA–Akademisi Rocky Gerung mengritik kinerjad Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akhir-akhir ini. Menurut Rocky, Bawaslu saat ini terlalu sibuk mengawasi gestur jari, sehingga disebut ‘Bawasri’.

“Yang terjadi Bawaslu sibuk mengawasi jari, sehingga jadinya Bawasri, badan pengawas jari,” ujar Rocky di acara Aliansi Pengusaha Nasional, yang digelar di Djakarta Theater, Kamis (21/3/2019).


Rocky kemudian menyoal spanduk salah satu paslon dengan kalimat sentimentil yang bertulisan ‘Kami rakyat Jokowi’, namun menurutnya Bawaslu tidak melakukan peneguran.

“Saya seminggu lalu muter-muter Jawa Timur, Tuban, Lamongan, Jember, dan itu sepanjang kawasan-kawasan strategis Jatim ada baliho gede-gede, tulisannya ‘Kami rakyat Jokowi’ dan Bawaslu nggak negur yang pasang spanduk itu,” kata Rocky.

“Sebenarnya itu spanduk yang berbahaya dan nggak masuk akal karena rakyat itu lebih panjang usianya daripada usia Presiden Jokowi. Rakyat itu abadi, rakyat itu tidak mungkin berubah. Presiden diganti setiap lima tahun, rakyat nggak diganti. Jadi kalau disebut ‘Kami rakyat Jokowi’ berarti 17 April nanti mereka tidak lagi jadi rakyat. Kan logikanya begitu. ‘Kami rakyat Jokowi’, yang lain tuyul apa,” sambungnya.

Lebih jauh Rocky mengingatkan bahwa spanduk-spanduk seperti ini dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat. Bawaslu, kata Rocky, seharusnya menegur pemasang spanduk tersebut, bukan hanya mengawasi pelanggaran terkait pose jari.


“Kalau mengatakan ‘kami fanatik kepada Jokowi’, oke, ‘kami pendukung Jokowi’, oke, ‘Kami cebong’, nggak soal. Tapi ini memakai kata rakyat, itu artinya memecah belah dan Bawaslu mestinya menegur spanduk nggak masuk akal itu, bukan mengawasi jari orang, karena tugas Bawaslu adalah memeriksa mana kampanye yang berargumen dan hanya sentimen. Bawaslu mestinya tegur mereka yang memasang spanduk yang berbasis sentimen. ‘Kami rakyat Jokowi’ itu sentimen, bukan argumen,” kata Rocky. []

SUMBER” DETIK
https://www.islampos.com/kritik-bawaslu-rocky-gerung-bawaslu-sibuk-awasi-jari-sehingga-jadinya-bawasri-140309/

Berita Internasional... 
Kurang lebih sama keadaannya dengan Malaysia terutama sebelum PRU14. 

Guru Honorer Dipecat karena Pamer Stiker Prabowo, Ini Tanggapan BPN
by yudi
Guru Honorer Dipecat
Foto: Kompas
JAKARTA–Pemprov Banten memecat enam guru honorer di SMA 9 Kronjo, Tangerang, yang berpose dua jari sambil memegang stiker Prabowo-Sandi. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan akan menawarkan bantuan hukum kepada mereka.

“Dalam hal ini kita akan lihat situasinya bagaimana, kalau memang seperti itu direktorat advokasi badan hukum Prabowo Sandi akan menawarkan bantuan hukum,” ujar Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad, Kamis (21/3/2019).

BACA JUGA: Survei Terbaru: Jokowi-Maruf Amin 49,2%, Prabowo-Sandiaga 37,4%

Dasco mengaku heran. Mengapa pendukung kubu 02 selalu disoal apabila menunjukkan gestur, sementara jika pendukung 01 melakukan hal serupa, tak pernah dipermasalahkan.

“Di banyak tempat yang berpose untuk 01 nggak ada masalah, ada juga di satu tempat saya dengar di perusahaan swasta berpose 01 atau ikut kampanye 01 juga tak dipermasalahkan. Tapi di banyak tempat ya, di tempat 02 dipermasalahkan kalau dengan 02,” kata Dasco.

“Dibeberapa daerah yang kemudian ASN-nya di 01 nggak masalah, ini yang honorer ke 02 cuma potret foto-foto jadi masalah,” sambungnya.

Dasco mengatakan dirinya telah meminta jajaranya untuk menginventarisir kasus-kasus serupa. Selain itu dia juga menyebut akan menindaklanjuti persoalan atau kasus tersebut.

“Kebetulan Kronjo adalah dapil saya, Banten adalah dapil saya. Kalau ini kemudian jadi masalah, saya sudah instruksikan kepada kawan-kawan di Banten juga untuk menginventarisir hal-hal seperti ini yang kemudian untuk memihak kubu sebelah, untuk kemudian juga ditindaklanjuti,” kata Dasco.

Sebelumnya, Enam guru honorer SMA 9 Kronjo, Tangerang yang berpose dua jari sambil memegang stiker Prabowo-Sandi dipecat oleh Pemprov Banten. Keenamnya dipecat karena berpose sambil memajang foto Prabowo-Sandi di ruang guru.

“Foto di ruang guru. Jadi ini kan aktivitas politik praktis. Fotonya di sekolah; dan kedua, yang bersangkutan menggunakan atribut pemerintah, termasuk gajinya dari pemerintah dari APBD,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten Komarudin di Serang, Banten, Kamis (21/3/2019).

Sementara itu, keenam guru mengaku mendapatkan stiker Prabowo-Sandi dari seseorang. Karena ingin mencoba handphone baru, mereka langsung mengambil foto sambil pose dua jari dan memegang stiker.

BACA JUGA: Fadel Muhammad sebut banyak Kader Golkar yang  Diam-diam Dukung Prabowo

Meski telah dipecat, Bawaslu Banten menyatakan tetap akan meminta keterangan keenam guru. Bawaslu mengatakan pihaknya tidak hanya memeriksa pelanggaran netralitas, tetapi juga mendalami hal lain dalam kasus tersebut.

“Bawaslu tetap melakukan pemeriksaan, terkait beberapa aspek pelanggaran dalam persitiwa tersebut. Tidak hanya tentang netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara), ada beberapa hal yang masih akan kami dalami,” kata Komisioner Bawasu Banten Badrul Munir di Serang, Kamis (21/3/2019). []

SUMBER: DETIK
https://www.islampos.com/guru-honorer-dipecat-karena-pamer-stiker-prabowo-ini-tanggapan-bpn-140304/

Berita Internasional... 

Azan Pun Berkumandang di Seluruh Selandia Baru
Kompas.com - 22/03/2019, 10:22 WIB
Umat Muslim Selandia Baru melaksanakan ibadah shalat Jumat di masjid Al Noor, salah satu lokasi yang menjadi korban serangan teroris di kota Christchurch, Jumat (22/3/2019).
Umat Muslim Selandia Baru melaksanakan ibadah shalat Jumat di masjid Al Noor, salah satu lokasi yang menjadi korban serangan teroris di kota Christchurch, Jumat (22/3/2019). (MARTY MELVILLE)

WELLINGTON, KOMPAS.com - Tepat Pukul 13.30 waktu setempat, azan shalat Jumat (22/3/2019) berkumandang di lapangan Hagley Park, Christchurch,Selandia Baru.
Selain itu stasiun televisi dan radio nasional TVNZ dan RNZ ikut menyiarkan azan secara langsung ke seluruh pelosok Selandia Baru.

Ribuan jamaah shalat Jumat hadir di seberang Masjid Al Noor, salah satu dari masjid yang jadi sasaran serangan teroris pekan lalu.


Tampak hadir Perdana Menteri Jacinda Ardern, tokoh masyarakat Selandia Baru, serta tokoh lainnya dari berbagai negara.

Setelah azan pertama, kemudian diikuti mengheningkan cipta selama sekitar dua menit. Lalu, diikuti dengan azan kedua sebelum khatib membacakan khotbah.

Dalam khotbahnya, khatib Gamal Fouda menyatakan, serangan teror telah menghancurkan hati umat Islam dan warga Selandia Baru umumnya.

"Hati kita hancur namun kita tidak hancur. Kita hidup. Kita bersatu, kita bertekad tak membiarkan siapapun memecah belah kita," kata imam Masjid Al Noor ini.

Gamal Fouda termasuk salah seorang korban yang selamat dari penembakan yang dilakukan teroris asal Australia penganut supremasi kulit putih.

Dia menyampaikan terima kasih kepada PM Ardern dan seluruh masyarakat Selandia Baru atas simpati dan kepedulian mereka terhadap umat Islam sejak kejadian itu.

"Terima kasih untuk tangisan, bunga, dan untuk tarian haka," ujarnya.

Di kota-kota Selandia Baru lainnya, seperti Auckland, Wellington, dan Nelson pada waktu bersamaan, juga berlangsung acara perkabungan yang digelar masyarakat setempat.

Di lapangan Hagley Park di sekitar masjid Al Noor, warga setempat yang tak melaksanakan shalat, membentuk barisan, menjaga para jamaah shalat Jumat.

Sejumlah stasiun televisi di Australia termasuk ABC TV turut menyiarkan azan dan khotbah salat Jumat di Christchurch tersebut.

Surat kabar setempat yang terbit hari ini menampilkan halaman depan dalam satu kata dalam Bahasa Arab, Salaam, yang berarti damai.

Suratkabar The Press di halaman depannya juga memuat nama-nama korban serangan teror.

Seorang warga Christchurch Lan Shepherd kepada media setempat mengatakan datang ke shalat Jumat tersebut untuk menunjukkan dukungannya kepada masyarakat Islam.
"Kami turut merasakan penderitaan yang mereka alami," ujarnya.


Menurut laporan radio RNZ, pada pukul 16.00 akan dilaksanakan pemakaman sekitar 28 korban aksi teror, setelah pemakaman pada Rabu dan Kamis.

Pada Kamis malam, hampir 20.000 warga Selandia Baru hadir di stadion Forsyth Barr di Kota Dunedin untuk menghormati para korban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Azan Pun Berkumandang di Seluruh Selandia Baru", https://internasional.kompas.com/read/2019/03/22/10221681/azan-pun-berkumandang-di-seluruh-selandia-baru#utm_source=insider&utm_medium=web_push&utm_campaign=azandiselandiabaru_2203_11.00&webPushId=NjMxOA==

Editor : Ervan Hardoko
https://internasional.kompas.com/read/2019/03/22/10221681/azan-pun-berkumandang-di-seluruh-selandia-baru#

Berita Internasional... 

Letupan loji kimia China: 44 maut, 640 cedera
Astro AwaniAgensi | Diterjemahkan olehAmirah Shariffudin  Mac 22, 2019 11:45 MYT
Letupan loji kimia China: 44 maut, 640 cedera
Menurut media antarabangsa, kebakaran loji yang dikendalikan oleh kilang Tianjiayi Chemical itu telah merebak ke kilang-kilang berdekatan. - REUTERS

SHANGHAI: Satu letupan yang mencetuskan kebakaran di sebuah loji kimia di wilayah Jiangsu, Timur China, telah membunuh 44 orang dan mencederakan lebih 600 orang pada Khamis.

Menurut laporan media antarabangsa, kebakaran yang berlaku di Taman Perindustrian Chenjiagang itu berlarutan hingga ia akhirnya dapat dikawal pada jam 3 pagi Jumaat.

640 orang yang terselamat daripada letupan itu, termasuk 32 daripada mereka yang berada dalam keadaan kritikal, dibawa ke 16 hospital untuk menerima rawatan.

Tambahan pula, kebakaran loji yang dikendalikan kilang Tianjiayi Chemical itu telah merebak ke kilang-kilang berdekatan.

Kanak-kanak di sebuah tadika berdekatan juga dilaporkan turut cedera.
Ahli bomba tiba di kilang Tianjiayi Chemical di Jiangsu untuk cuba memadamkan api letupan kimia. REUTERS
Menurut laporan media, syarikat itu, yang menghasilkan lebih 30 sebatian kimia organik, beberapa daripadanya sangat mudah terbakar, pernah dikecam kerana dipercayai wujud pelanggaran keselamatan kerja pada masa lalu.

Walaupun kerajaan China telah janji berulang kali untuk mengetatkan keselamatan, loji kimia negara itu tetap mengalami bencana.

Pada November tahun lepas, satu siri letupan yang berlaku semasa penghantaran gas mudah terbakar ke pengilang kimia telah membunuh 23 orang.

Penyebab sebenar letupan itu masih dalam siasatan.
http://www.astroawani.com/berita-dunia/letupan-loji-kimia-china-44-maut-640-cedera-201847?

Berita Internasional... 

Siap-siap, Nonton Kebut-kebutan di Lintasan "Surga" Mandalika!
Kompas.com - Rabu, 13 Maret 2019
Siap-siap, Nonton Kebut-kebutan di Lintasan
Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. (Dok Istimewa)

KOMPAS.com - MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga balap yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang berharap jagoan-jagoan balap kuda besi itu berlomba di Indonesia.

Rasanya, mimpi kebanyakan orang tersebut tak lama lagi bakal segera terwujud. Pada 2021 mendatang Indonesia bakal menjadi penyelenggara MotoGP.
Gelaran MotoGP di Indonesia itu bakal digelar di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendirian KEK Mandalika sendiri telah direncanakan sejak 29 tahun lalu. Hingga kemudian pada 20 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya KEK Mandalika.
Hadirnya KEK Mandalika diharapkan mampu lebih mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, termasuk mereka yang menyukai MotoGP.

Presiden Jokowi sendiri sudah bertemu dengan petinggi Dorna Sport di Istana Negara. Pertemuan itu membahas MotoGP 2021 Mandalika.

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit.
Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa.
Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa. (Dok Istimewa)


Rencananya, sirkuit balap yang dibangun ini akan memiliki panjang 4,32 kilometer (km) dan dihiasi dengan 18 tikungan. Inilah tantangan MotoGP 2021 Mandalika!


Berada di dalam kawasan KEK, sirkuit Mandalika didesain sebagai sirkuit hijau dengan pemandangan alam yang memukau.

Sirkuit MotoGP di Mandalika ini ditargetkan bisa menampung ratusan ribu penonton. Kapasitas kursi penonton di stand utama sirkuit ini rencananya bisa mengakomodasi hingga 93.200 penonton.

Tak cuma itu. Rencana pembangunan sirkuit ini juga menyiapkan 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Rencana gelaran MotoGP di Lombok ini bahkan sudah sudah dipromosikan jelang MotoGP Qatar 2019. Pertanda MotoGP 2021 di Mandalika semakin konkret.

Terakhir, Senin (11/3/2019) lalu, Presiden Jokowi bertemu bertemu Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sport (organisasi penyelenggara balapan MotoGP), Carmelo Ezepeleta.   

Pertemuan Jokowi dengan Ezepelete di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, itu tak hanya membicarakan rencana pembangunan sirkuit Mandalika, tapi juga tiga motor balap pabrikan Honda. Jokowi bahkan sempat menunggangi salah satu motor balap yang dibawa.

Gelaran MotoGP di Mandalika ini diyakini akan mendongkrak masuknya turis ke Lombok dan juga pendapatan daerah. Sirkuit ini akan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian, khususnya di Lombok dan sekitarnya.

https://sorotpolitik.kompas.com/memilih-pemimpin-negeri/read/2019/03/13/084751915/siap-siap-nonton-kebut-kebutan-di-lintasan-surga-mandalika?

Berita Internasional... 

Pria Misterius Serang 4 Masjid di Inggris

Surat Ancaman ke Masjid Finsbury: Akan Ada Banjir Darah Agustus Nanti
Ilustrasi masjid di Inggris. Foto: Mirror
 INGGRIS–Empat masjid di pusat Kota Birmingham, Inggris, dilaporkan telah diserang oleh pria misterius pada Rabu (20/3/2019) tengah malam. Petugas penanggulangan terorisme terus menyelidiki insiden yang terjadi di empat lokasi berbeda di utara Birmingham itu.

Kepolisian West Midlands pertama kali mendapat laporan penyerangan pada Kamis dini hari waktu setempat. Warga melaporkan bahwa seorang pria menghancurkan jendela dengan palu godam di salah satu tempat ibadah.

BACA JUGA: Berdiri di Depan Masjid, Seorang Pria Inggris: Kalian Adalah Temanku, Saya akan Berjaga ketika Kalian Shalat 

Tak lama, polisi mendapat laporan serupa di masjid lain, tidak jauh dari lokasi pertama. Polisi langsung mengerahkan patroli dan menyelidiki “kerusakan” pada kedua masjid tersebut.

“Sampai saat ini, kami belum tahu motif dari serangan kemarin malam,” ucap Kepala Kepolisian West Midlands, Dave Thomson, melalui pernyataan pada Kamis (21/3/2019).

“Apa yang bisa saya katakan saat ini adalah bahwa pasukan dan unit anti-terorisme bekerja sama untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab,” ujar Thomson.

Aparat mengatakan penyerangan di empat masjid itu hingga kini dianggap “saling berkaitan.”

Insiden ini terjadi sepekan setelah teror penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, pada 15 Maret lalu. Insiden itu menewaskan 50 jemaah dan melukai 50 lainnya yang saat kejadian tengah ibadah shalat Jumat.

BACA JUGA: Ingin Pelajari Islam, Pasangan Tunanetra di AS Ini Produksi Sendiri Alquran Braille Terjemah Bahasa Inggris

Sejak insiden Christchurch, Kepala Kepolisian Nasional Inggris menyatakan telah mengerahkan patroli di sekitar masjid-masjid di negara itu.

Patroli itu juga dilakukan menyusul laporan kelompok anti-rasisme di Inggris yang memperingatkan peningkatan sentimen anti-Islam atau Islamophobia dan aktivitas ekstremis sayap kanan. []

SUMBER: CNN
https://www.islampos.com/pria-misterius-serang-4-masjid-di-inggris-140295/

Berita Internasional... 

Dilarang FIFA, Ezra Walian Batal Bela Timnas Indonesia U-23


Sea Games 2017, Timnas Indonesia U-22, Kamboja
Striker timnas Indonesia, Ezra Walian, menyapa suporter usai laga melawan Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

 Jakarta Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kabar buruk jelang laga pertama  kontra Thailand, pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Jumat (22/3/2019). FIFA mengirimkan surat kepada PSSI yang melarang striker naturalisasi, Ezra Walian membela Tim Garuda Muda.

Hal ini bermula dari Match Coordination Meeting (MCM) Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang dilakukan di Hanoi, Vietnam, Kamis (21/3/2019). Ezra Walian tak bisa didaftarkan ke dalam 23 pemain Timnas Indonesia U-23 karena terganjal urusan administrasi, yakni sang pemain tercatat pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.

BACA JUGA




AFC telah menyatakan konsultasi dengan FIFA terkait status Ezra. Hasilnya, FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra untuk tampil bersama Timnas Indonesia dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," bunyi surat dari FIFA.

"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta ia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut pernyatan tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengaku kabar tersebut. Arsitek Timnas Indonesia U-23 asal Sumatra Barat ini mengonfirmasi kepada Bola.com terkait kabar tersebut. "Iya, benar." ujar Indra Sjafri melalui pesan singkat.

https://www.liputan6.com/bola/read/3923239/dilarang-fifa-ezra-walian-batal-bela-timnas-indonesia-u-23?


Tiada ulasan: