Isnin, 31 Disember 2018

Jiwa tenteram roh damai. 8939.



Foto Suara Hati.


Foto Suara Hati.
Foto Suara Hati.


Foto Suara Hati.


Foto Suara Hati.


Foto Suara Hati.


Foto: Muslim Uighur.
KIBLAT.NET, Xinjiang – Ulama Uighur terkemuka Abdukerim Abduweli diyakini tewas dalam penahanan di wilayah Otonomi Uighur Xinjiang Cina (XUAR) wilayah barat laut Cina setelah menghabiskan hampir 30 tahun di penjara. Hal ini diungkapkan saudara lelakinya dan kelompok pengasingan Uighur.

Dilahirkan pada tahun 1955 di kabupaten Aksu, provinsi Kuchsu, Abduweli, yang juga dikenal sebagai Kerem Qari, ditangkap pada November 1990 dan dijatuhi hukuman 12 tahun berikutnya di ibukota XUAR, ibukota Urumqi Penjara No. 3 karena dituduh “menyebarkan dan menghasut ideologi kontra-revolusioner” yang terkait dengan kegiatan keagamaan.

Kasusnya menarik perhatian masyarakat internasional. Pihak berwenang memperpanjang masa penjaranya pada lima kesempatan berbeda setiap kali hukumannya hampir selesai. Yang terakhir pada pada 2014, hukumannya ditambah selama lima tahun hingga Juni 2019.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh kelompok pengasingan Uighur yang bermarkas di Turki menyebut bahwa Abduweli mungkin telah meninggal di penjara. Ketika dikonfirmasi oleh RFA terkait kematiannya, layanan penjara tidak memberikan jawaban.
Sementara adik Abduweli yang berbasis di Norwegia, Muhemmet Emin baru-baru ini mengatakan kepada RFA bahwa ia mendengar dari seorang pekerja etnis Uighur yang membantu merenovasi rumahnya di Istanbul, Turki, pada Juni tahun lalu bahwa kakaknya mungkin telah meninggal di penjara.

“Saat berbicara dengan salah satu pekerja, saya bertanya kepadanya dari mana asalnya dan dia berkata [kursi dari provinsi Turpan (Tulufan) XUAR], jadi saya menyebutkan bahwa saya dari Kuchar,” kata Emin.

BACA JUGA  Surat Terbuka Presiden Kongres Uighur Dunia untuk Para Pemimpin Negara Muslim


“Lalu dia bertanya, ‘Apakah kamu kenal Kerem Qari dari Kuchar?’ Jadi istri saya mengatakan kepadanya bahwa saya adalah adiknya. Dia berkata, ‘Saya punya teman dekat yang menjalani beberapa waktu di penjara yang memberi tahu saya bahwa Kerem Qari meninggal di penjara’.”

Menurut Emin, pekerja itu mengatakan bahwa dia akan kembali keesokan harinya dengan informasi tambahan. Tetapi hal itu dilakukan. Emin mengatakan dia tidak menyelidiki lebih jauh.

Emin sadar bahwa pada 2014 Abduweli “sakit dan tidak bisa berjalan” setelah menghubungi adiknya, Abdurahman, yang telah bertemu dengannya selama salah satu dari sedikit kunjungan keluarga yang diizinkan setiap tahun.

“Dia menjadi sangat kurus dan tidak bisa berjalan,” kata Emin. “Adik laki-laki saya memberi tahu saya bahwa dia dikurung di kursi roda ketika dia melihatnya di penjara.”
Emin memutuskan kontak dengan keluarganya pada awal 2015 ketika dia mengetahui bahwa putrinya ditahan setelah berbicara dengannya melalui telepon. Dia tidak pernah menentukan apakah kesehatan Abduweli telah membaik.

Dia mengatakan dia masih tidak yakin dengan nasib putrinya dan percaya bahwa sebagian besar dari lebih dari 20 anggota keluarganya di Kuchar telah ditahan.
“Saya baru-baru ini mendengar dari sumber bahwa tidak ada seorang pun dari keluarga saya yang tetap bebas – mereka semua dikurung,” katanya.

“Saya juga mengetahui bahwa dua adik lelaki saya, Abdurahman dan Ibrahim, telah dijatuhi hukuman tujuh dan 10 tahun penjara. Saya tidak tahu apa yang terjadi pada anggota keluarga saya yang lain, apakah mereka hidup atau mati.”

BACA JUGA  Muslim Uighur Ditindas, HMI: Jangan Sampai Terjadi Juga di Indonesia

Sumber: RFA
Redaktur: Ibas Fuadi

Ulama Uighur Diyakini Tewas Setelah 30 Tahun Ditahan di Kamp Konsentrasi - Kiblat

BERITA TERKAIT

TITIAN




Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih
Rasulullah s.a.w bersabda: “Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, iaitu kalimat subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘Azhim (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung).” (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072)



Tiada ulasan: