Jumaat, 7 Disember 2018

Sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi adalah keperibadian seorang mukmin sejati. Aamiin. 8852.


Bismillahirrahmanirrahim. 
Foto Jihan Asyraff Arie.
Membekali diri dengan ilmu adalah modal dasar sebagai persiapan memegang amanah. Setiap manusia tidak terlepas dari memegang amanah selagi bernyawa. Amanah pada Allah Subhanahu Wa Ta'alla menjadi landas utama kehidupan sebagai hamba Nya. 

Amanah sebagai seorang ibu bapa. Amanah sebagai anak. Amanah sebagai ketua famili. Amanah dalam kelompok kejiranan. Amanah dalam bersahabat dan bersaudara. Amanah terhadap pekerjaan. Amanah terhadap jawatan yang dipertanggung jawapkan. Amanah sebagai ketua organisasi. Amanah sebagai penjawat awam atau swasta. Amanah sebagai seorang pemimpin masyarakat. Amanah sebagai pengerusi Masjid dan Surau. Amanah sebagai pemimpin politik.  Amanah sebagai parti politik pemerintah. Amanah sebagai parti pokitik pembangkang. Amanah sebagai penguasa. Amanah sebagai Agamawan. 

Ertinya setiap orang memikul tanggung jawab amanah yang Allah perintahkan dan larangi, selaku makhluk bernama manusia yang bersifat baharu dan hamba Allah Subhanahu Wa Ta'alla. 

Alhamdulillah

Amanah Terhadap Harta Umat
Jum'at, 7 Desember 2018 18:58
Foto: Harta Umat
KIBLAT.NET – Umat Islam bagaikan satu tubuh. Ini tertuang dalam sabda Nabi ﷺ 
مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ 
تَدَاعَى سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

Bencana yang bertubi-tubi menghantam negeri membuat rumah porak-poranda dan nyawa melayang. Isak tangis sana sini menghempas kesunyian dan membuat mata sembab dan hati trenyuh.

Tak menunggu lama, bantuan pun mengalir dari segala penjuru. 

Sesuai yang termaktub dalam hadits di atas bahwa umat Islam itu bagaikan satu tubuh. Kesadaran bahwa jika “satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam” sudah terpatri dalam hati.

Penggalangan dana pun digelar di mana-mana. 

Semua orang berlomba untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Sungguh suatu pemandangan yang menyejukkan memang, saling mengulurkan tangan karena rasa persaudaraan yang berlandaskan iman.

Maka, sudah sepantasnya bagi mereka yang telah diamanahi untuk menyalurkan bantuan haruslah mampu mengemban amanah. 

Selain untuk menjaga kepercayaan dari para muhsinin, amanah juga sifat Rasulullah ﷺ yang harus diteladani umatnya. Amanah juga menjadi tanda bagi orang yang dijauhkan dari sifat kemunafikan. Karena salah satu tanda kemunafikan adalah jika diberi amanah, dia berkhianat.

Potret Salaf dalam Mengemban Amanah

Siapa yang tak kenal Umar bin Abdul Aziz? Seorang khalifah Bani Ummayah yang dijuluki sebagai khulafaurrasyidin kelima ini memberikan teladan mulia di setiap episode kehidupannya. Ia dikenal sebagai tokoh yang sangat berhati-hati dalam masalah memanfaatkan harta umat Islam. 

Salah satu kisah yang ditulis oleh Dr Ali Muhammad Ash-Shalabi dalam Ashr Ad-Daulatain: Al-Umawiyah wa Al-Abbasiyah wa Zhuhur Khawarij adalah ketika masuk dalam pembahasan masa pemerintahan Amirul Mukminin Umar bin Abdul Aziz. 

Umar menyukai madu dan senang menjadikannya sebagai campuran makanan. Pada suatu hari, dia meminta madu dari keluarganya,dan mereka tidak memiliki madu sedikitpun. 

Selang beberapa saat, mereka membawa sedikit madu kepada Umar. Dia pun bertanya kepada istrinya, “Dari mana kamu mendapatkan madu ini?” Istrinya memberitahu padanya bahwa dia mengutus pelayan dengan membawa dua dinar dengan naik hewan yang dikhususkan untuk pengiriman surat (pos). 

Kemudian dia datang dengan membawa madu.

Lantas, umar meminta bejana berisi madu itu dibawa kepadanya. Dia mengambilnya dan menjualnya. Dia mengembalikan modal awal (dua dinar) kepada keluarganya dan memasukkan sisanya ke baitul mal. 

Lalu Umar berkata, “Kalian menggunakan hewan milik kaum muslimin untuk keinginan Umar…” 

Sekelumit kisah di atas memberikan banyak hikmah pada kita semua, betapa wara’nya seorang Umar terhadap harta kaum muslimin. Dia selalu memastikan bahwa harta dan fasilitas yang ia nikmati adalah kepunyaan pribadi. Sedang segala fasilitas milik kaum muslimin harus dipakai untuk kepentingan umum bukan kepentingan pribadi.

Harta Bantuan Kaum Muslimin

Begitu pula dengan bantuan yang dihimpun dari kaum muslimin. Apapun itu, segala bantuan yang dihimpun untuk penanggulangan bencana, aksi solidaritas, membantu dhuafa, bantuan perobatan bagi orang yang tidak mampu dan sebagainya haruslah digelontorkan di tempat yang semestinya dan sesuai amanah dari pemilik harta.

Apa yang dicontohkan di atas adalah dalam skala besar yang artinya langsung bersinggungan dengan bantuan yang diberikan. Dalam skala kecil adalah apa yang dicontohkan oleh Umar dalam kisahnya di atas. 

Bagaimana sikap Umar ketika madu yang diberikan padanya ternyata dibeli dengan kendaraan hewan yang seharusnya digunakan untuk mengirim surat.

Amirul Mukminin merasa bahwa itu bukanlah pada tempatnya jika kepentingan pribadinya dipenuhi dengan memanfaatkan fasilitas milik kaum muslimin. 

Sebagaimana di dalam penggalangan dana umat Islam. Orang-orang yang bersinggungan dalam dunia ini seharusnya orang yang memang mampu bersikap wara’ dalam hal sekecil apapun. Karena apa yang dia pakai, yang dia pegang adalah fasilitas milik umat. 

Para pengemban amanah ini harus mampu memilah mana kepentingan pribadi yang dipenuhi dengan kepunyaan pribadi dan mana kepentingan umat Islam yang harus dipenuhi dengan fasilitas milik kaum muslimin. 

Baik dalam skala kecil atau skala besar, haruslah mampu menjaga diri. Penggalangan dana untuk kaum muslimin adalah tindakan terpuji, berpahala dan tentunya manfaatnya langsung bisa dirasakan oleh yang bersangkutan. 

Penggalangan dana ini membuktikan bahwa umat Islam memang satu tubuh dan saling menyokong satu sama lain. Di samping manfaatnya yang besar, ada sisi lain yang dapat membuat kita bertambah amalan dan pahala dengan menyampaikan amanah sebagaimana mestinya.

Jadi, selain penggalangan dana membantu orang yang kesusahan, mempermudah para muhsinin untuk beramal, juga membuat para penggalang dana memperoleh pahala yang besar dengan menyampaikan amanah tepat pada yang berhak dan bersikap wara’ terhadap harta dan fasilitas yang bukan haknya. 

Membekali diri dengan ilmu adalah modal dasar bagi para pengemban amanah, sebagaimana Amirul Mukminin Umar bin Khattab tidak mengizinkan para pedagang yang tidak menguasai ilmu fiqih berjualan di pasar.  

Wallahu a’lam bi shawab.
Penulis: Dhani_El-Ashimi
Editor: Arju

BACA JUGA  MIUMI Ungkap Tiga Misi Utama Perjuangan Umat
BACA JUGA  Reuni 212: Kebutuhan atau Kebuntuan?

Kunci Kesuksesan Itu Bernama Sabar Senin, 19 November 2018 19:50

Sebab Kelemahan Umat, Cinta Dunia dan Takut Mati Senin, 15 Oktober 2018 10:31

Gempa Bumi, Peringatan dari Allah Agar Tak Cinta Materi Sabtu, 6 Oktober 2018 20:32

Beramal Sholeh untuk Tujuan Duniawi Senin, 24 September 2018 21:00

Belajar Memaksimalkan Peran dalam Perjuangan dari Ibnu Ummi Maktum Sabtu, 25 Agustus 2018 05:00

Amanah Terhadap Harta Umat - Kiblat
https://www.kiblat.net/2018/12/07/amanah-terhadap-harta-umat/

9 Fakta tentang Tahun Terburuk dalam Sejarah Peradaban Manusia. Baca Deh Supaya Bisa Lebih Bersyukur
Tahun paling buruk bagi Planet Bumi
6 HOURS AGO BY AUDINA GALESHITA
Featured Image
Awan gelap yang menutupi bumi bikin manusia kedinginan dan kelaparan. via https://theworldnews.net

Kalau ingat soal rentetan bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Indonesia tahun 2018 ini saja, mungkin bakal membuat kita merasa miris sendiri meratapi nasib bangsa yang tinggal di kawasan yang sangat rawan bencana ini. Ratusan hingga ribuan nyawa melayang karena bencana alam tersebut. Tidak hanya di Indonesia, rentetan bencana juga banyak terjadi di tempat lain sepanjang sejarah peradaban manusia. Nggak hanya bencana alam, wabah penyakit juga pernah menghilangkan banyak jiwa di suatu negara. Misalnya saja, dikutip dari National Geographic, pernah ada penyakit influenza pada tahun 1918 yang membunuh 100 ribu orang.

Jika diruntut semua bencana yang pernah terjadi di bumi, ada satu masa dimana bencana terjadi bertubi-tubi hingga manusia di hampir seluruh belahan dunia jadi korbannya. Efeknya sangat dahsyat, sampai-sampai tahun itu disebut sebagai tahun paling buruk dalam sejarah peradaban manusia. Menurut Professor Christopher Loveluck dari University of Nottingham, Inggris, hal itu terjadi pada tahun 536 AD alias Anno Domini atau biasa dikenal sebagai tahun 536 Masehi. Sebenarnya apa saja sih yang terjadi pada tahun itu? Kulik bersama Hipwee News & Feature yuk~

1. Bencana di tahun 536 Masehi bermula dari letusan gunung berapi yang sangat dahsyat di Islandia
Letusannya sangat besar sampai-sampai bumi diselimuti awan gelap. via edition.cnn.com

2. Letusan gunung itu menyebabkan adanya awan gelap misterius yang menyelimuti hampir seluruh dunia tepatnya di Eropa, Timur Tengah, dan Asia
Awan gelap menyelimuti hampir seluruh dunia. via www.rogergroom.com

3. Awan gelap itu sampai menutup matahari. Akibatnya, suhu di bumi perlahan menurun dan jadi masa paling dingin selama 2.300 tahun terakhir
Awan dan abu gelap di langit sampai-sampai menutup matahari. via pngtree.com

4. Tiongkok [Negara China] jadi bersalju karena sangat dingin. Suhu udaranya turun 34 – 36 derajat Celsius. Padahal saat itu musim panas lho
Saat musim panas, Tiongkok malah bersalju. via pxhere.com

5. Dampak lain adalah banyaknya tanaman yang mati karena nggak tahan suhu dingin. Para petani pun gagal panen
Suhu dingin membuat petani gagal panen. via www.poljomagazin.com

6. Karena gagal panen, persediaan makanan di bumi perlahan mulai menipis. Penduduk bumi sampai-sampai mengalami kelaparan
Nggak cuma kedinginan, mereka juga kelaparan. via www.smithsonianmag.com

7. Kondisi dunia yang gelap gulita karena awan gelap misterius berlangsung selama 18 bulan lamanya dan membuat orang-orang sengsara
Orang pun sengsara karena terus kedinginan dan kelaparan. via www.benjamynsmith.com

8. Setelah bencana itu, bumi masih diguncang letusan gunung berapi lain di tahun 540 dan 547 Masehi sehingga abu dan awan gelap masih terjadi
Dua letusan gunung yang terjadi setelah tahun 536 Masehi menyebabkan awan gelap masih kerap terjadi. via beritagar.id
9. Bencana belum habis. Pada tahun 542 Masehi, di tengah dingin dan lapar, Kekaisaran Romawi Timur terkena wabah pes. Banyak nyawa tak terselamatkan
Wabah pes melanda Kekaisaran Romawi. Lebih dari sepertiga populasinya meninggal. via about-history.co

9 Fakta tentang Tahun Terburuk dalam Sejarah Peradaban Manusia. Baca Deh Supaya Bisa Lebih Bersyukur
https://www.hipwee.com/feature/9-fakta-tentang-tahun-terburuk-dalam-sejarah-peradaban-manusia-baca-deh-supaya-bisa-lebih-bersyukur/

6 Hal yang Sering Dikeluhkan Ini Sebenarnya Juga Rezeki, yang Diberikan Tuhan Cuma-cuma Tanpa Kamu Sadari
Rezeki tak cuma dalam bentuk hal-hal yang menyenangkan
7 HOURS AGO BY ARINTYA 

Rezeki yang tak kamu sadari~ via https://www.pexels.com

Sejak kecil, kamu memang tidak diajarkan untuk tak lekas mengeluh. Bahkan ibumu sempat bilang kalau selalu ada pilihan selain mengeluh untuk mengungkapkan kekecewaan. Namun semakin dewasa kamu, kesempatan untuk mengeluh semakin terbuka lebar. Apalagi saat hidup sedang tidak bersahabat. Semua rencanamu dibiarkan hancur berantakan. Mimpi yang pelan-pelan kamu raih sering tak bisa digenggam.

Sebelum kamu mengeluh lebih jauh lagi, sebelum kamu membandingkan hidupmu yang begini-begini saja dengan orang lain, baiknya kamu tuntaskan tulisan ini dulu. Sebab sejak kamu lahir ke dunia, rezeki yang kamu dapat tak pernah putus adanya. Kamu hanya belum sadar saja.

1. Banyak orang yang menggerutu karena tak kunjung dipertemukan dengan pekerjaan impian. Padahal kapan lagi punya banyak waktu senggang? 

Kenapa sih belum dapet kerjaan juga? via www.pexels.com

Belasan tahun sekolah, begitu lulus kamu justru lebih banyak di rumah. Bukannya tak berusaha, tapi sepertinya keberuntunganmu sudah habis saat kamu diwisuda. Keluar masuk perusahaan, berlembar lamaran kamu kirimkan, tapi hasilnya tetap sama. Nol besar. Akhirnya nggak ada pilihan selain mengeluh.

Masih mengganggurnya kamu ini sebenarnya juga termasuk rezeki. Rezeki waktu senggang untuk bisa lebih melakukan banyak hal. Coba bayangkan kalau kamu sudah dipertemukan dengan pekerjaan impian, mungkin sekadar jalan-jalan atau ngopi saja kamu tak sempat.

2. Umur semakin tua, tapi pasangan belum juga ada. Anggap saja semesta menyimpannya lebih lama agar kamu semakin giat berusaha

Masa-masa sendirimu ini juga termasuk rezeki 🙂 via www.pexels.com 

Sejak ditiupkan ruhnya dalam kandungan, jodoh, maut, rezeki seseorang itu sudah ditentukan. Namun dalam perjalananmu menuju dewasa ini, hal-hal yang sudah ditentukan itu semakin sulit saja ditemui. Apalagi soal jodoh. Dari sekian banyak yang coba mengetuk hatimu, sampai sekarang belum ada yang cocok juga.

Masa-masa sendiri di umur yang semakin dewasa ini memang tak menyenangkan. Namun, kalau dipikir lagi masa-masa seperti ini juga termasuk rezeki. Sebab semesta sebenarnya telah menyiapkan satu nama. Hanya saja kalian sengaja tak dipertemukan dulu agar bisa saling menemukan. Bukankah bertemu jodoh lewat usaha sendiri lebih nikmat dan syahdu untuk dikenang sampai nanti.

3. Sekecil apapun gajimu, syukuri saja dulu. Toh kamu masih diberi kesibukan yang jelas menghasilkan~

6 Hal yang Sering Dikeluhkan Ini Sebenarnya Juga Rezeki, yang Diberikan Tuhan Cuma-cuma Tanpa Kamu Sadari
https://www.hipwee.com/motivasi/6-hal-yang-sering-dikeluhkan-ini-sebenarnya-juga-rezeki-yang-diberikan-tuhan-cuma-cuma-tanpa-kamu-sadari/

Bulughul Maram – Adab: Adab Bersin dan Hukum Minum Sambil Berdiri

 


Islam telah mengajarkan adab bersin. Dalam hadits diajarkan pula hukum minum sambil berdiri.

Hadits #1456

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ اَلنَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: – إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَإِذَا قَالَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَلْيَقُلْ: يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ, وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang di antara kalian bersin, maka ucapkanlah ALHAMDULILLAH (segala puji bagi Allah). Hendaklah saudaranya mengucapkan YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika ia mengucapkan YARHAMUKALLAH, ucapkanlah YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6224]

Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Kitab Al-Adab Bab “Jika ada yang bersin, lalu ia ucapkan alhamdulillah, apa balasannya”, dari jalur ‘Abdullah bin Dinar, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu disebutkanlah hadits di atas.

Kosakata Hadits

“اَلْحَمْدُ لِلَّهِ”: Alhamdulillah artinya mengakui pada yang dipuji yaitu Allah yang memiliki sifat yang sempurna dengan kecintaan dan pengagungan. Dan Allah memang berhak untuk dipuji. Allah sendiri berarti al-ma’luuh (yang disembah).
“أَخُوهُ”: Saudaranya artinya saudara se-Islam.
“يَرْحَمُكَ اَللَّهُ”: Yarhamukallah artinya semoga Allah merahmatimu yaitu doa dalam bentuk rahmat.
“يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ”: Yahdikumullah artinya semoga Allah memberi petunjuk kepada kalian pada apa yang Allah cintai dan Allah ridhai, juga semoga Allah menguatkan, menunjukkan pada jalan yang lurus, serta memberi pertolongan.
“وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ”: Wa yushlih baalakum artinya semoga Allah memperbaiki keadaan dan urusanmu.

Faedah Hadits

Pertama: Orang yang bersin diperintahkan mengucapkan “alhamdulillah” karena bersin sebenarnya adalah nikmat dari Allah, sebab ada sesuatu yang tertahan akhirnya bisa keluar. Alasan lainnya, bersin adalah nikmat dikarenakan anggota badan tetap seperti keadaannya. Selain itu, dibuktikan pula setelah bersin, keadaan seseorang jadi lebih semangat.
Kedua: Alasan lainnya kenapa bersin diperintahkan mengucapkan “alhamdulillah”. Jawabnya, karena bersin disukai oleh Allah. Haditsnya adalah sebagai berikut.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ
Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari, no. 6223 dan Muslim, no. 2994). Dalil ini sebagai tanda orang yang bersin tanda semangat, sedangkan orang yang menguap tanda malas.
Ketiga: Mengucapkan “alhamdulillah” untuk orang yang bersin adalah sunnah (mustahab, dianjurkan). Ada kata sepakat ulama dalam pernyataan dianjurkannya hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi rahimahullah sebagaimana dalam kitab beliau Al-Adzkar.
Keempat: Bagi yang mendengar yang bersin mengucapkan “alhamdulillah”, hendaklah ia mengucapkan “yarhamukallah”. Perintah mengucapkan yarhamukallah ini ada yang menyatakan wajib ‘ain, ada yang mengatakan wajib kifayah, dan ada lagi ulama yang menyatakan sunnah (dianjurkan).
Kelima: Hendaklah orang yang bersin mengucapkan doa hidayah dan perbaikan keadaan setelah adanya doa rahmat sebelumnya.
Keenam: Jika ada yang tidak mengucapkan alhamdulillah saat bersin, maka tidak balas doa yarhamukallah.
Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتُوهُ فَإِنْ لَمْ يَحْمَدِ اللَّهَ فَلاَ تُشَمِّتُوهُ
Jika salah seorang di antara kalian bersin lantas memuji Allah (mengucapkan alhamdulillah), maka balaslah dengan mengucapkan yarhamukallah (tasymit). Jika ia tidak mengucapkan alhamdulillah, maka tidak perlu mengucapkan yarhamukallah.” (HR. Muslim, no. 2992)
Ketujuh: Doa dari yang mendengar bersin adalah dengan “yarhamukallah” dengan mendoakan kamu (pada satu orang), sedangkan yang bersin mengucapkan doa balasan lagi dalam bentuk jamak pada kalimat “yahdikumullah wa yushlih baalakum”. Apa sebabnya demikian? Jawabnya, doa rahmat itu pada yang bersin. Sedangkan doa hidayah adalah untuk seluruh kaum mukminin, makanya diucapkan dalam bentuk jamak.

Hadits #1457

وَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا – أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2026]

Takhrij Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, disebutkan dalam Bab “Dilarang (Makruh) Minum Sambil Berdiri” dari jalur ‘Umar bin Hamzah, dikabarkan dari Abu Ghathfan Al-Mari, ia mendengar Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyebutkan hadits ini.

Faedah Hadits

Imam Nawawi membawakan judul bab tentang masalah ini dalam Riyadh Ash-Shalihin “Bolehnya minum sambil berdiri dan penjelasan bahwa yang lebih sempurna dan lebih utama adalah minum sambil duduk.”
Dalil-dalil yang membolehkan minum sambil berdiri adalah sebagai berikut, disebutkan pula oleh Imam Nawawi dalam Riyadh Ash-Shalihin.
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,
سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَمْزَمَ فَشَرِبَ قَائِمًا
“Aku memberi minum kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri.” (HR. Bukhari, no. 1637 dan Muslim, no. 2027)
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma, ia berkata,
كُنَّا نَأْكُلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَنَحْنُ نَمْشِى وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ
“Kami dahulu pernah makan di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.” (HR. Tirmidzi, no. 1880 dan Ibnu Majah, no. 3301. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata,
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَشْرَبُ قَائِمًا وَقَاعِدًا
“Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil berdiri, begitu pula pernah dalam keadaan duduk.” (HR. Tirmidzi, no. 1883 dan beliau mengatakan hadits ini hasan shahih)
Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan,
وَالصَّوَاب فِيهَا أَنَّ النَّهْي فِيهَا مَحْمُول عَلَى كَرَاهَة التَّنْزِيه . وَأَمَّا شُرْبه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمًا فَبَيَان لِلْجَوَازِ ، فَلَا إِشْكَال وَلَا تَعَارُض
“Yang tepat dalam masalah ini, larangan minum sambil berdiri dibawa ke makna makruh tanzih (bukan haram). Adapun hadits yang menunjukkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil berdiri, itu menunjukkan bolehnya. Sehingga tidak ada kerancuan dan pertentangan sama sekali antara dalil-dalil yang ada.” (Syarh Shahih Muslim, 13:195)
Semoga jadi ilmu yang bermanfaat.

Referensi:

  1. Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi.
  2. Riyadh Ash-Shalihin. Imam Nawawi.
Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Rumaysho.Com
Bulughul Maram – Adab: Adab Bersin dan Hukum Minum Sambil Berdiri | Rumaysho.Com
https://rumaysho.com/19104-bulughul-maram-adab-adab-bersin-dan-hukum-minum-sambil-berdiri.html

Antara Ilmu dan Sistem Kehidupan


Oleh: Ayu Mela Yulianti, SPt.
ISLAM sangat memuliakan ilmu, orang yang mencari ilmu, memiliki ilmu dan menyampaikan ilmu. Hal ini terbukti dari serangkaian perintah dan pujian Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW terhadap ilmu, orang yang mencari ilmu, mendapatkan ilmu dan menyampaikan ilmu.
Ilmu diibaratkan sebagai cahaya, yang dapat menyinari manusia dalam kegelapan. Orang yang mencari ilmu akan dimudahkan baginya jalan menuju surga. Juga orang yang menyampaikan ilmu setelah mendapatkan ilmu, akan dinaikkan derajat kemuliaannya beberapa derajat, dari ahli ibadah sekalipun. Orang yang menyampaikan ilmu akan mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang mendapatkan manfaat ilmu darinya.
Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW, Dari Ibnu Mas’ud ra, berkata Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang melakukan kebaikannya tersebut.” (HR Muslim).
Demikian hebatnya Islam menempatkan ilmu, dalam kedudukan yang sangat mulia. Tidak ada sedikitpun kerugian yang didapat dalam proses mencari ilmu, mendapatkan ilmu dan menyampaikan ilmu.
Tentu saja bukan sembarang ilmu, namun ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu yang dapat menuntun manusia sehingga mampu melaksanakan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar, ilmu yang tidak hanya berdasarkan hawa nafsu manusia belaka, akan tetapi ilmu yang berasal dari tuntunan wahyu. Karena sejatinya, ilmu yang berasal dari tuntunan wahyu tidak akan pernah keliru, karena berasal dari sang pemilik ilmu, yaitu Allah SWT.
Karenanya, dengan ilmu manusia dapat membedakan mana jalan kemaksiatan, mana jalan yang lurus. Dengan ilmu manusia dapat menentukan sikap, mana yang akan diikuti, mana yang akan ditentang. Sehingganya menjadi sangatlah logis, jika Rasulullah menjanjikan kepada orang yang mencari ilmu yaitu akan dimudahkan jalan ke surga. Karena ilmu akan menuntun seseorang untuk mampu mengerjakan apa yang diperintahkan Allah SWT dan akan meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah SWT.
Bayangkan, surga adalah puncak kenikmatan yang diraih oleh seorang muslim, setelah sebelumnya mendapatkan keridloan Allah SWT. Tidaklah mungkin seseorang akan bisa memasuki surgaNya, jika Allah SWT dan RasulNya tidak ridho dengan aktivitas seseorang. Karenanya begitu tinggi kedudukan ilmu, orang yang mencari ilmu, mendapatkan ilmu dan menyampaikan ilmu dalam islam.
Jadi sangatlah naif, jika Islam dan ajarannya dikatakan oleh sebagian kalangan sangat anti pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peruntukannya. Tersebab sesungguhnya Islam memerintahkan manusia untuk mencari ilmu, dan salah satu bukti hasil pencarian ilmu dalam aplikasinya dalam kehidupan, ada dalam sesuatu yang disebut sebagai teknologi. Hanya saja Islam akan mengawal penggunaan teknologi tersebut, semata-mata untuk meningkatkan kemaslahatan hidup manusia.
RELATED POSTS 
Karenanya pula sangatlah naif, jika kaum muslimin sampai terjebak pada tindakan-tindakan maksiat dan kegaduhan, seperti tindakan-tindakan asusila, korupsi dan lain sebagainya. Karena seharusnya ilmu yang dimilikinya haruslah mampu untuk mengerem keinginan untuk berbuat kemaksiatan.
Akan tetapi tumbuh suburnya perilaku menyimpang dari sebagian kaum muslimin dinegeri ini, artinya bukanlah hanya semata karena kaum muslimin bodoh akan ilmu, akan tetapi ada sesuatu yang lain yang membuat kaum muslimin terbutakan akan pentingnya ilmu, sehingga ilmu yang baik dan benar tidak sampai kepadanya.
Sesuatu itu tidak lain dan tidak bukan adalah sistem hidup yang saat ini diterapkan yaitu sistem hidup sekuler kapitalis, yang menghalangi manusia untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk dirinya dan orang lain.
Sistem hidup sekuler kapitalis yang menegasikan hukum agama dalam mengatur kehidupan. Selalu berkepentingan untuk menjauhkan kaum muslimin dari mengenal ajaran agamanya. Sehingganya banyak kaum muslimin yang terjebak dalam permainan licik yang dibuat oleh sistem sekuler kapitalis.
Berapa banyak kaum muslimin yang terjebak dalam kasus-kasus asusila padahal mereka berpeci dan berkerudung. Berapa banyak kaum muslimin yang terjebak dalam kasus korupsi padahal mereka berpeci dan berkerudung.
Karenanya, sistem hidup yang diberlakukan pun akan menentukan seberapa besar tingkat kemaslahatan ilmu. Karena ilmu yang bermanfaat saat ini dapat disalahgunakan akibat memperturutkan hawa nafsu, karena jebakan sistem sekuler kapitalis. Maka sangatlah penting untuk mambuang sistem hidup sekuler kapitalis yang penuh tipu daya.
Wajiblah manusia hidul dengan sistem hidup yang jujur dan memberikan banyak kemaslahatan bagi kehidupan, sistem hidup itu tidak lain dan tidak bukan adalah sistem islam yang sangat memuliakan ilmu, orang yang mencari ilmu orang yang mendapatkan ilmu dan orang yang menyampaikan ilmu yang bermanfaat.
Tersebab hanya sistem Islamlah satu-satunya yang mampu menjamin tersampaikannya ilmu yang bermanfaat kepada seluruh umat manusia. Sehingga seluruh umat manusia kehidupannya akan tersinari oleh ilmu yang bermanfaat bukan hawa nafsu.
Selain itu, sangatlah penting, untuk benar-benar mencari ilmu yang bermanfaat, karena ilmu yang bermanfaat bukannya ilmu yang berasal dari hawa nafsu manusia, akan tetapi berasal dari tuntunan wahyu, yang dapat menjaga manusia dari perbuatan keji dan mungkar, ilmu yang dapat menuntun manusia pada jalan keselamatan di dunia dan di akherat. Wallahualam. []
OPINI ini adalah kiriman pembaca Islampos. Kirim OPINI Anda lewat imel ke: redaksi@islampos.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word. Sertakan biodata singkat dan foto diri. Isi dari OPINI di luar tanggung jawab redaksi Islampos.
berilmu dulu baru beramal
Foto: Surau TV

Antara Ilmu dan Sistem Kehidupan - Islampos
https://www.islampos.com/antara-ilmu-dan-sistem-kehidupan-118523/



Tiada ulasan: