Isnin, 14 Januari 2019

Antara yang haram jadi halal di akhir zaman. Itulah negara haram Israel laknatullah. 9039.



Allah jadikan Wilayah dan Negara Islam kaya dengan sumber yang diperlukan oleh manusia. Seperti minyak. Termasuklah Timur Tengah, Afrika Utara, Afghanistan, Negara2 Islam Bekas Kesatuan Soviet, Wilayah Xinjiang yang didiami etnik Uighur di China, Burma yang ditakluk kaum Myanmar, Selatan Siam yang ditakluk kaum Thai dan keseluruhan Asia Tenggara yang dulunya terkenal sebagai Wilayah Islam yang dipanggil Nusantara. Allahu Akbar. 

Yang mempertahan Palestin tanah air mereka dari pencerobohan gerombolan pengganas yahudi laknatullah, kafir laknatullah dan semua pendokong keganasan, dianggap oleh kaum kafir laknatullah sebagai jahat. 

Militer Israel: Kami Telah Temukan Seluruh Terowongan yang Dibangun Hizbullah
Senin, 14 Januari 2019 05:47 WIB
Militer Israel: Kami Telah Temukan Seluruh Terowongan yang Dibangun Hizbullah
IST
Anggota milisi Hizbullah, Lebanon.
TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV - Israelmengklaim telah menemukan semua terowongan serangan lintas perbatasan yang digali Hezbollah dari Lebanon dan akan segera menghancurkannya.

Terowongan keenam dan terakhir dilaporkan ditemukan pada Sabtu (12/1/2019), dengan titik awal di Desa Ramyeh, Lebanon, sekitar 800 meter dari Israel.

Terowongan tersebut melintas perbatasan dan mencapai wilayah Israel sejauh beberapa puluh meter.

Dengan kedalaman 55 meter, terowongan tersebut dikatakan yang terdalam, terpanjang, dan paling rinci dari terowongan lain yang telah ditemukan tentara Israel.


"Kami telah menemukan satu lagi terowongan serangan lintas perbatasan yang digali Hezbollah dari Lebanon ke Israel," kata juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricus kepada wartawan, Minggu (13/1/2019).

"Menurut informasi intelijen dan penilaian kami terhadap situasi tersebut, tidak ada lagi terowongan serangan lintas perbatasan dari Lebanon yang belum ditemukan," tambahnya, seperti dilansir AFP.

Setelah seluruh terowongan lintas perbatasan ditemukan, militer Israel akan melanjutkan operasi yang telah dimulai sejak 4 Desember dengan proses penghancuran terowongan.

Sejak pertama kali mengumumkan adanya terowongan yang diklaim digali oleh kelompok militan Hezbollah di Lebanon, militer Israel menyerukan operasi pencarian dan penghancuran terowongan yang disebut dengan Operasi Perisai Utara.

Terowongan terakhir yang ditemukan tersebut rencananya akan dihancurkan dalam beberapa hari ke depan.

"Kami telah mencapai tujuan (untuk mengekspos dan menghancurkan terowongan-terowongan dari Lebanon) yang menjadi tujuan operasi sejak awal," kata Conricus.

Conricus menambahkan, meski meyakini sudah tidak ada lagi terowongan yang mencapai wilayah Israel dari Lebanon, namun tentara masih akan memantau lubang yang berada di wilayah Lebanon.

Dia juga menegaskan, Israel akan terus meminta pertanggungjawaban dari Pemerintah Lebanon atas terowongan yang disebut telah melanggar Resolusi PBB 1701, yang disepakati untuk mengakhiri perang antara Israel dengan Hezbollah pada 2006.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Israel Klaim Telah Temukan Semua Terowongan Hezbollah dari Lebanon.

Penulis : Agni Vidya Perdana

Baca Juga






Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Militer Israel: Kami Telah Temukan Seluruh Terowongan yang Dibangun Hizbullah, http://www.tribunnews.com/internasional/2019/01/14/militer-israel-kami-telah-temukan-seluruh-terowongan-yang-dibangun-hizbullah.

Editor: Malvyandie Haryadi

Kenapa Umat Islam Disuruh Oleh Nabi ﷺ Untuk Belajar Memanah, Berenang, Bermain Pedang Dan Berkuda – Rileks Media

Semasa berperang dengan tentera Dajjal nanti, pistol sebesar mana pun kita akan tinggal kerana ketika itu kita akan kembali berlawan menggunakan pedang. Sebab apa duduk elok-elok boleh tembak nuklear dari jauh tiba-tiba kita nak guna pedang Haaa Baca sampai habis.

Setiap perbuatan yg disampaikan oleh Rasulullah ﷺ, pasti ada sebabnya… Disebabkan itu Rasulullah ﷺ menyuruh kita sentiasa merujuk kepada Al-Quran dan Hadis untuk mencari jawapannya… Kerana Baginda ﷺ lebih mengetahui tentang apa yang akan berlaku di kemudian hari…

Rasulullah ﷺ bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, bermain pedang, berenang dan memanah” [Riwayat sahih Imam Bukhari dan Imam Muslim]

“Tidak akan berlaku kiamat sehinggalah seluruh umat Islam berperang dengan seluruh Yahudi. Umat Islam akan membunuh mereka sehinggakan apabila mereka bersembunyi di sebalik batu dan pokok, tiba-tiba pokok-pokok dan batu-batu itu bersuara menjerit memanggil umat Islam agar datanglah kamu ke sini dan bunuhlah orang-orang Yahudi itu, kecuali pokok ‘Gharqad’, kerana ia adalah pokok Yahudi “. (Hadith Sahih riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Hancurnya bangsa Yahudi merupakan salah satu daripada tanda-tanda datangnya hari kiamat. Bermula dengan sebuah peperangan besar yang melibatkan banyak bangsa di dunia termasuk bangsa Yahudi. Sebelum berlaku peperangan ini, terdapat beberapa peristiwa lain yang membawa kepada terjadinya peperangan ini menurut kronologi hadis akhir zaman hasil kajian ilmuan Islam.

Pertempuran dahsyat ini dikenali sebagai Armageddon, di mana lokasi utama perang ini adalah di lembah Megiddo atau Mageddon, Palestin. Mungkin ada yang menganggap Perang Armageddon hanyalah sebuah filem rekaan Hollywood belaka. Kenyataannya, Hollywood yang disokong oleh Yahudi memang mahu menyembunyikan fakta tentang Armageddon ini melalui propaganda filem. Padahal di kalangan para ahli kitab mereka telah mengkaji tentang peperangan ini dan senantiasa bersiap sedia untuk menghadapinya.

Sebutan Armageddon sebenarnya tidak terdapat dalam mana-mana Hadis. Hanya disebut dalam kajian-kajian Kristian dan Ahli Kitab. Menurut bahasa Ibrani, Ar bermaksud gunung atau bukit. Mageddo pula adalah nama sebuah lembah di Palestin. Sebuah tempat yang cukup strategik dari segi peperangan. Perang ini juga dikatakan sebagai perang terakhir dengan menggunakan seluruh kekuatan pelbagai peralatan senjata moden yang canggih. Mungkin perang itu adalah Perang Dunia ketiga yang disebut-sebut sebagai Perang Nuklear.

Perang Dunia Ketiga, bom nuklear akan digunakan dan diramal akan berlaku dalam tempoh yang singkat. Tetapi, kemusnahannya amat dahsyat. Sehingga dikatakan dunia selepas itu akan kembali menjadi seperti Zaman Pertengahan di mana bala tentera hanya akan menunggang kuda dan bersenjatakan pedang seperti perang zaman dahulu.

“Jika Perang Dunia Ke tiga adalah berjuang dengan senjata nuklear, yang keempat akan berjuang dengan kayu, batu, pedang dan anak panah.”

Ini disebabkan semua teknologi tidak boleh digunakan lagi pada masa itu kerana EMP (electromagnetic pulse) senjata nuklear itu sendiri berlaku ketika Perang Dunia Ketiga. Jadi, kekuatan bala tentera ketika Perang Dunia Ke empat nanti adalah seimbang dan tidak berat sebelah kerana semuanya menggunakan peralatan perang yang sama, berjuang menggunakan kayu, batu, pedang dan anak panah.
ROTHSCHILD CIPTA EMP (ELECTRONIC MAGNETIC PULSE)

EMP BOMB

Adakah anda bersedia bergelap tanpa cahaya lampu? wang elektronik atau wang kertas yang tidak dapat dikeluarkan dari bank.. tiada air kerana mesin water pump tidak berfungi…memang menyeksakan… memang perit… huru-hara manusia di buatnya… itulah antara senjata rahsia yang sangat ampuh yang dimiliki oleh tentera Dajjal.. EMP..(electronic magnetic pulse)..

Senjata HAARP, nuclear, senjata kimia@biology dan EMP adalah senjata baru alaf mellinium yang sangat merbahaya kepada manusia sejagat…senjata ini akan memusnahkan dan mengurangkan populasi manusia secara drastik.. 

Di akhir zaman nanti manusia akan berperang semula dengan hanya menggunakan besi batu dan kayu sahaja (saki baki perang)… ini adalah kerana penggunaan senjata EMP.. senjata ini akan mematikan dan memusnahkan segala peralatan elektronik hingga ke wayarnya sekali…hanya 1 atau 2 butir bom EMP dilancarkan sudah untuk cukup menggelapkan sesebuah Negara jika bom tersebut di lancarkan pada aras ketinggian @ altitude yang lebih tinggi daripada struktur lapisan ionisfera bumi..

Konspirasi golongan elit atau Dajjal ini telah menjalankan banyak projek-projek rahsia. Antara projeknya ialah Starwars Project, BlueBeam project, Pandora Project, Genom Project Phliphedia Project dan banyak lagi projek rahsia termasuk UFO project.

Pembinaan senjata EMP adalah dibawah kelolaan Starwars Project yang lebih dominan dan yang lainnya ada perkaitan antara satu sama lain.. Bom EMP boleh dihantar sama ada di lancarkan dengan roket atau dibawa dengan pesawat canggih supersonik merentas angksa pada altitud yang tinggi..

B2 SPIRIT BOMBER

Bersediakah kita akan situasi ini… saya bukan ingin menakutkan anda semua… minta dijauhkan. Peperangan dunia ke-3 akan menggunakan senjata ini secara total selain nuklear, kimia dan biologi …Sebenarnya penggunaan senjata ini telah dihebahkan dalam permainan game strategi Command & Conquer General. Dalam siri Astro “Future Weapon” juga telah didedahkan akan keupayaan EMP.. 
Jika direnungkan pada hadis bagaimana Da jjal dibu nuh oleh Nabi Isa, bagaimana Yaakjuj dan Makjuj menembak panahnya ke langit dan mengapa nabi menyuruh kita belajar berenang, berlari, menunggang kuda, belajar guna pedang dan memanah…semuanya seolah-olah zaman masa lampau. Bermakna kita akan Back to Ancient..tidak ada satu pun yang menyentuh tentang peralatan mekanikal dan eletronik…Ini bermaksud selepas pe rang dunia ketiga, bumi akan bergelap dan banyak kemus nahan yang berlaku kerana pe rang. Kuncu Iblis telah membuat persediaan akan peristiwa ini..bagaimana dengan orang islam? Penyelamat orang islam adalah melalui zikir kepada Allah dan akidah yang kental sahaja.

Bersabda Rasulullah ﷺ , ” Kamu harus belajar memanah kerana memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik)

Hadis Nabi ﷺ juga ada menyebut, Yahudi Zionis akan bersembunyi di balik-balik batu dan kayu dan hanya selamat di belakang pokok Yahudi iaitu pokok Gharqad, yang banyak ditanam di Israel sekarang ini.
sumber rencahrasa
Kenapa Umat Islam Disuruh Oleh Nabi Untuk Belajar Memanah, Berenang, Bermain Ped4ng Dan Berkuda – Rileks Media

NASA Beri Amaran, Asteroid Sebesar Piramid Giza Lintas Bumi Pada Jarak Dekat Esok
Posted on 
By Admin
NASA Beri Amaran, Asteroid Sebesar Piramid Giza Lintas Bumi Pada Jarak Dekat EsoK. NASA baru-baru ini mengesahkan batuan angkasa, Asteroid 2016 AZ8 akan terbang melintasi Bumi pada jarak yang agak dekat, Isnin ini.

Asteroid yang mempunyai kelebaran 430 meter ini akan terbang pada jara 2.3 juta batu daripada Bumi.

Bukan satu
Apa yang mengejutkan, pemerhatian lanjut yang dibuat oleh NASA mengesahkan 2016 AZ8 bukanlah satu-satunya asteroid batuan angkasa yang bakal terbang melintasi Bumi, sebaliknya ia diekori satu lagi batuan angkasa dengan bentuk seolah-olah sebatang curut.

NASA kemudian mengesahkan asteroid berbetuk curut yang lebih kecil itu bertindak seperti bulan yang terbang sambil mengelilingi 2016 AZ8 pada jarak kira-kira 400 meter dan mempunyai lebar 180 meter.

2016 AZ8 dianggarkan mempunyai kelebaran seperti ibupejabat Pentagon di Amerika Syarikat dan sebesar sebuah Piramid Giza di Mesir. Bagiamanpun, asteroid ini dijangka akan benar-benar memberi ancaman kepada Bumi menjelang kurun ke-23.

Memberi impak
Pada saiz tersebut, sebarang impak hentaman kepada Bumi boleh meninggalkan kesan kemusnahan yang amat binasa biarpun pakar astronomi ragu-ragu bencana berkenaan boleh berlaku.

Berdasarkan pengiraan yang dibuat oleh Program Pengiraan Kesan Hentaman Kepada Bumi, mana-mana objek batuan angkasa bersaiz seperti Imperial College London akan mempunyai daya kekuatan seperti letupan 3,300 megaton TNT.

daya letupan
Bagaimanapun, daya hentaman juga bergantung kepada kelajuan AZ8 memasuki atmosfera Bumi. Namun begitu, sekiranya bencana berkenaan benar-benar berlaku, manusia berisiko untuk pupus.

Sumber: Dailystar UK
NASA Beri Amaran, Asteroid Sebesar Piramid Giza Lintas Bumi Pada Jarak Dekat Esok -

“Hari itu mereka mengejek kakak saya, Sekarang mereka baru sedar, baru mengaku itu kampung mereka sendiri” – ‘Budak koboi’
Posted on 
By Admin
“Hari itu mereka mengejek kakak saya, Sekarang mereka baru sedar, baru mengaku itu kampung mereka sendiri” – ‘Budak koboi’. Ejekan dan penghinaan berubah menjadi sanjungan selepas gambarnya bersama sekawan kerbau tular di media sosial dan mendapat reaksi positif segenap lapisan masyarakat.

Bagi pelajar tingkatan dua Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Padang Midin, di sini, Muhammad Syukur Khamis, 14, gambar dirakam jurufoto Mohd Nazri Sulaiman yang menerima anugerah antarabangsa itu mengubah hidupnya dalam sekelip mata.

Dulu Dihina
Ada yang menggelarkannya Kampung Boy, Budak Koboi malah Budak Kerbau. Menurut anak bongsu daripada lapan beradik dari Kampung Kubang Bujuk, Kuala Terengganu ini, kisahnya itu turut mendapat perhatian pihak sekolah.

“Hari itu mereka ada mengejek kakak saya, orang gelar ‘Ain Kuba’ (Ain Kerbau). Lepas itu pun saya pun (diejek) di sekolah. Sekarang ini mereka baharu sedar, baharu mengaku itu kampung mereka sendiri. Padahal hari itu tidak mengaku pun kampung sendiri,” katanya ketika ditemui Astro AWANI hari ini.

Kunjungan Dan Panggilan Telefon
Sementara itu, ayah Muhammad Syukor, Khamis Jusoh, 63, mengakui terpaksa melayani kunjungan dan panggilan telefon dari pelbagai pihak selepas gambar keakraban anaknya dengan kerbau menjadi perhatian netizen seluruh dunia.

“(Panggilan) Tidak ada masalah bagi saya, tetapi sumbangan itu diperlukan, tak akan nak duduk berselut begini. Tengok tempatnya mana sesuai untuk pelancong duduk.

“Maklumlah kalau orang luar negara macam ‘Mat Saleh’ datang takkan mereka hendak duduk dalam lumpur macam ini. Adalah tempat mana untuk dia selesa sikitlah duduk. Soal masuk dalam kandang tu dah biasa dah kerbau main lumpurkan, itu saya rasa tidak ada masalah,” katanya.

Menurut Khamis lagi, selain kerbau, dia juga memelihara lembu, kambing dan angsa yang diwarisi dari arwah bapanya dan berharap anak-anaknya akan meneruskan usaha berkenaan.

Menjadi Tular

Gambar Syukur bersama sekawan kerbau itu menjadi tular di media sosial setelah menjadi juara peringkat Asia selain turut tersenarai 20 gambar terbaik dunia.

Malah, Mufti Wilayah Persekutuan Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri turut melahirkan kekagumannya dengan kejayaan itu dan menyifatkan hubungan Syukur dengan kerbau itu hasil perasaan halus masing-masing yang dijelmakan dengan perbuatan kebersamaan seolah-olah zahir sebuah rahmah antara manusiawi dan haiyawani.

Sumber: Astro Awani
“Hari itu mereka mengejek kakak saya, Sekarang mereka baru sedar, baru mengaku itu kampung mereka sendiri" - 'Budak koboi' -

Begini Lho Perbedaan Hak Cipta dengan Hak Paten
Ahad, 13 Januari 2019 22:33
KIBLAT.NET – Dalam keseharian kita tentu sering mendengar istilah Hak Cipta ataupun Hak Paten. Masyarakat pada umumnya tak terlalu memahami perihal perbedaan kedua istilah tersebut, bahkan tak jarang yang menganggap keduanya adalah sama.

Lalu dimana letak perbedaan kedua istilah tersebut. Konsultan Kekayaan Intelektual Gibraltar Marasabessy, SH menjelaskan bahwa Hak Cipta bersifat deklaratif, sedangkan Hak Paten bersifat konstitutif.

“Hak Cipta itu sifatnya deklaratif, jadi misalnya orang menciptakan sebuah lagu, cukup dia mendeklarasikan diri sebagai pencipta lagu tersebut,” tutur Gibral ketika ditemui Kiblat.net.

Dengan ini, efektif sejak dia mendeklarasikan diri sebagai pencipta sebuah karya seperti lagu, aplikasi seluler, film, lukisan, patung, buku, dan lain-lain, dia berada di bawah perlindungan UU Hak Cipta yaitu UU No. 28 Tahun 2014. Dengan catatan belum ada orang yang mendeklarasikan diri sebelumnya.

Adapun Hak Merek dan juga Paten sifatnya konstitutif atau first to file, dalam artian perlu didaftarkan ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HaKI). Keputusan dari Dirjen HaKI inilah yang menjadi acuan bahwa merek dan paten tersebut menjadi milik sang pemohon. Jika di kemudian hari terdapat pihak lain yang menggunakan merek serupa, maka sang pemohon dapat melayangkan gugatan hukum.

“Jadi poinnya bukan pada siapa yang lebih dahulu memakai merek, melainkan siapa yang lebih dahulu mendaftarkan merek,” terang Gibral.


Merek biasanya berupa logo produk yang identik seperti Samsung dan Apple, sedangkan paten biasanya berhubungan dengan teknologi seperti mesin, obat, ataupun kelistrikan. Dan bagi anda yang ingin mendaftarkan merek atau paten, setidaknya terdapat tiga cara yang bisa ditempuh, anda bisa langsung datang ke Dirjen HaKI, atau bisa juga melalui Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia, atau anda cukup meminta tolong kepada Konsultan Kekayaan Intelektual yang terdaftar.

Penulis: Rusydan Abdul Hadi
Begini Lho Perbedaan Hak Cipta dengan Hak Paten - Kiblat

BERITA TERKAIT


Tak Ada Lagi Uighur di Xinjiang


Foto: Muslim Uighur
Oleh: Beggy Rizkiansyah, kolumnis Kiblatnet
KIBLAT.NET – Pemerintah RRC tidak lagi menyangkal keberadaan kamp konsentrasi orang-orang Uighur yang disebut Reuters sebagai ‘Gulag’ itu. Bahkan pemerintah Cina dengan percaya diri mempersilakan PBB untuk melakukan inspeksi tersebut. Kepercayaan diri pemerintah Cina mungkin sejalan dengan diamnya pemerintah di negara-negara mayoritas Muslim dan betapa bergantungnya mereka dengan sokongan dana Cina.
Kamp konsenterasi hanyalah fenomena gunung es dari kebijakan Cina terhadap Muslim Uighur. Sejak Dinasti Qing mencaplok wilayah Turkistan Timur, etnis Uighur memang tidak dikenali secara khusus. Mereka, dikategorikan bersama Muslim Hui dari Cina. Di Xinjiang sendiri ada setidaknya tiga etnis “lokal.” Uighur, Kazakh dan Kirgiz. Kemudian etnis Han yang mayoritas di Cina. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Ketika Mao Tse Tung mengibarkan bendera komunis di Cina kebijakan terhadap Muslim Uighur berubah. Meski demikian, pemerintah komunis Cina tetap mengakui satu eksistensi etnik mereka dengan label ‘Uighur.’ (Jennifer Ang: 2016) Masa hingga tahun 1980-an sebetulnya ada beberapa kebijakan yang mengakomodir kekhasan etnis Uighur. Kebijakan bahasa di era 1980, pemerintah Cina masih memberi ruang pada muslim Uighur untuk mengeskpresikan bahasa mereka. Namun perlahan-lahan kebijakan itu berubah. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Penghancuran sistematis
Kebijakan kebudayaan Pemerintah Cina di Xinjiang semakin seragam (monist). Menjadikan keragaman bahasa menjadi satu prinsip kebangsaan kolonialis. Pemerintah Cina mengenalkan satu istilah identitas non etnik baru di Xinjiang, yaitu ‘Xinjiang ren’ (atau ‘orang Xinjiang’). Istilah ini disebarkan lewat media dan dampaknya kini, banyak etnis Han di Xinjiang menyebut diri mereka ‘orang Xinjiang.’ (Arienne M. Dwyer: 2005)
Dampak ini tentu bukan main-main, dengan semakin membanjirnya etnis Han di Xinjiang dalam dekade terakhir ini, secara tidak langsung sebenarnya menghapus istilah ‘Uighur’ dan menggantinya menjadi ‘Xinjiang ren’ atau ‘Orang Xinjiang.’
Kebijakan penyeragaman ini juga menyasar pada kebijakan bahasa di Xinjiang. Orang-orang Uighur yang memakai bahasa Uighur (bagian dari kelompok bahasa Turkic bersama Kazakh dan Kirgiz) semakin terdesak ketika pemerintah Cina memberlakukan beberapa kebijakan penyeragaman ini. Pemerintah Cina menganggap keluarga bahasa Turkic sebagai simbol pan-turkisme dan mengancam konsep Negara Cina Multi-etnik. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Konsep negara multi-etnik ini menganggap dirinya satu, atau bagian dari satu identitas nasional (‘Zhongguo ren’ atau ‘Orang Cina’). Oleh sebab itu jenis bahasa lain yang melintasi perbatasan internasional Cina dianggap sebagai masalah.

Komunitas Uighur dimata-matai dan dibuat saling tidak percaya.
Setidaknya sebelum 1996, pemerintah Cina masih mencantumkan istilah ‘Tujue yuzu’ atau ‘Bahasa Keluarga Turkic.’ Namun setelah itu istilah ‘Tujue’, termasuk Tujue wenhua (Budaya Turkic) dan Tujue ren (orang Turkic) tidak boleh lagi dipakai. Wacana orang-orang Kazakh, Kirgiz, Uighur, Tatar dan Uzbek yang menganggap diri mereka sebagai orang ‘Turkic’ adalah ancaman dan satu kecondongan pada pan-Turkisme yang membentang dari Bosporus sampai ke Siberia Selatan. Oleh sebab itu tidak (boleh) ada istilah etnis ‘Turkic’ atau istilah keluarga bahasa Turkic sejak 1996. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Hal ini diterapkan di ranah akademik. Jika sejak tahun 1993 di Central University for Nationalities di Beijing memiliki Departemen Turkologi, maka sejak 1996 Departemen itu diganti menjadi Minyu er xi (Fakultas Dua Bahasa Etnik atau Fakultas Uighur-Kazakh). Bahkan sejak April 2000, Minyu er xi dipecah menjadi dua departemen, yaitu; Departemen Uighur dan Departemen Kazakh. Apa artinya kebijakan ini? Artinya pemerintah Cina secara sugestif sedang memecah Uighur dan Kazakh sebagai dua bahasa yang tak terkait, di bawah satu istilah yang mengikat, yaitu Zhongguo ren (Orang Cina). (Arienne M. Dwyer: 2005)
Di tingkat pendidikan tinggi (Universitas), pemerintah Cina juga mewajibkan ujian bahasa Cina, terutama bagi mereka yang sehari-hari tidak berbicara bahasa Cina. Ujian ini disebut Hanyu shuiping kaoshi (HSK) atau Kompetensi Bahasa Cina. Ujian ini misalnya diwajibkan di Universitas Xinjiang. Ujian HSK sesungguhnya mirip dengan TOEFL untuk bahasa Inggris. Hal ini memberi kesan bahasa Cina yang dominan dan bahasa Uighur bukanlah bahasa yang berstandar kelas dunia dan orang Uighur tidak berstandar tinggi. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Kebijakan bahasa ini juga diimplementasikan di sekolah-sekolah di Xinjiang. Pemerintah memberlakukan kebijakan pengajaran dua bahasa di Xinjiang. Bahasa Cina diajarkan di semua tingkat pendidikan. Satu sistem dua bahasa ini dirancang sehingga memungkinkan transisi yang halus bagi para murid untuk meninggalkan bahasa lokal mereka dan beranjak pada bahasa yang dominan (bahasa Cina). (Arienne M. Dwyer: 2005)
Sejak tahun 2004 bahkan pemerintah Cina memaksa semua sekolah memakai bahasa Cina sebanyak mungkin dan sebagai bahasa utama pengajaran. Sedangkan bahasa Uighur diperlakukan sebagai bahasa kedua. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Bagi Naran Bilik, pakar antropologi bahasa dari Universitas Fudan, kebijakan ini mengindikasikan bahwa bahasa Uighur diasumsikan tidak memiliki manfaat sebesar bahasa Cina. Bahkan Sekretaris Partai Komunis Cina di XInjiang, Wang Lequan menyatakan bahwa bahasa minoritas di Xinjiang hanya memuat informasi terbatas dan tidak bisa mengekspresikan pengetahuan yang lebih tinggi (advanced knowedge). (Arienne M. Dwyer: 2005)
Kebijakan ini berdampak bagi komunistas Muslim Uighur di Xinjiang. Mereka dilanda dilema apakah akan memasukkan anak-anak mereka ke sekolah berbahasa Uighur (sekolah lokal) atau sekolah berbahasa Cina. Bagi muslim Uighur di Xijiang penguasaan bahasa Cina adalah mutlak untuk memperoleh akses pekerjaan yang formal yang berarti pendapatan yang lebih layak. Namun di satu sisi anak-anak mereka kehilangan kesempatan mengenal budaya mereka sendiri dan dengan fasilitas yang lebih minim. (Arienne M. Dwyer: 2005) 

BACA JUGA  Serangan ke Kuala Batu Aceh, Invasi Militer Pertama AS

Tak hanya bahasa, pemerintah Cina bahkan mencoba menulis ulang sejarah eksistensi Uighur di Turkistan Timur (Xinjiang). Sebagai catatan Xinjiang adalah istilah yang dikenalkan pemerintah Cina untuk Turkistan Timur. Satu istilah yang lebih disukai orang-orang Uighur. Pada tahun 2003 pemerintah Cina menulis buku putih sejarah dan perkembangan Xinjiang, yang mengakui Uighur sebagai kelompok etnik tanpa klaim di Xinjiang.(Jennifer Ang: 2016)
Narasi buku putih tersebut memisahkan Uighur dari Xinjiang dengan menyatakan bahwa orang Uighur bermigrasi dan berasimilasi dengan suku Saka Iran dan Indo-Eropa, setelah mereka tiba dari Mongolia. Sedangkan Narasi Akademisi Cina menambahkan bahwa orang Uighur baru 3.800-3.900 tahun di Xinjiang, setelah bermigrasi dari Mongolia, menggantikan etnis Cina Han yang tiba lebih dahulu di Xinjiang. (Jennifer ang: 2016)
Tentu saja narasi ini dapat dimentahkan. Xinjiang tak pernah menjadi wilayah yang bersatu, dan baru di bawah kekuasaan Cina dua kali secara singkat, yaitu Di era penaklukkan Dinasti Manchu 1784 dan di era sampai berakhirnya Dinasti Qing tahun 1912. Ini artinya, tidak pernah menjadi milik Cina sebelum masa itu. Istilah Xinjiang sendiri berarti Wilayah Baru (New Territory atau New Frontier). Bahkan sejarawan Cina seperti Gu Bao dan Su Beihai menolak etnis Han sebagai orang asli Xinjiang. Sejarawan Uighur seperti Turgun Almas melacak leluhur Uyghi sampai ke 6.400 tahun yang lalu.(Jennifer Ang: 2016)

Wilayah Xinjiang di masa Dinasti Qing.
Penggelapan sejarah (berkedok) ilmiah tampaknya tidak cukup. Menurut The New York Times. Setidaknya pemerintah Cina telah menahan 159 intelektual Uighur sejak setahun terakhir ini. Ulama Mohammaed Salih Haji, ekonom Ilham Toxti, antropologis Rahile Dawud, bahkan pemain sepak bola Erfan Hezim adalah beberapa nama yang hilang dari peredaran.
Kebijakan ini tentu saja sejalan dengan kebijakan lain yang lebih kasat mata seperti penghancuran-penghancuran kota tua Kashgar dan penghancuran masjid secara massif. Penghancuran kota tua berarti memutus identitas orang-orang Uighur dari masa lalu mereka. Sedangkan penghancuran masjid tidak hanya dilihat sebagai satu aksi represif terhadap ibadah umat Islam, tetapi juga bagian dari penghilangan jejak-jejak kebudayaan Uighur yang telah menyatu dengan Islam. Belum lagi berbagai pelarangan yang terkait ibadah dan perayaan seperti pelarangan berpuasa, jilbab dan lainnya, yang sebenarnya telah menyatu menjadi budaya Muslim Uighur
Berbagai kebijakan terkait kebudayaan Uighur ini juga sejalan dengan yang terjadi di kamp konsenterasi (terbiyilesh merkezi atau pusat pendidikan). Program cuci otak yang terjadi di kamp, pelarangan beribadah, hingga pujian kepada Xi Jinping berujung pada pemaksaan identitas Cina pada muslim Uighur.(Sean R. Roberts: 2018)
Dampak dari kamp konsentrasi ini menurut Sean R. Roberts, Associate Professor dari George Washington University adalah timbulnya keresahan dalam masyarakat Uighur. Bukan saja mereka resah karena kekhawatiran sewaktu-waktu akan dimasukkan ke kamp, tetapi juga timbulnya rasa saling tidak percaya di antara masyarakat Uighur. Dalam kehidupan sehari-hari mereka menjadi waspada dengan istilah ekstrimis, atau dalam kantor pemerintahan Xinjiang dikenal istilah bermuka dua. Satu istilah yang melabeli mereka yang secara konsisten dievaluasi. (Sean R. Roberts: 2018)
Keresahan ini membuat mereka meninggalkan ciri-ciri dari identitas mereka sebagai Uighur termasuk bahasa, sejarah dan agama mereka. Bahkan ada kecenderungan saling tuding “condong pada ekstrimis” atau “bermuka dua” ketika mereka tidak sepaham atau bersaing. Hal ini mengingatkan kita pada Revolusi Kebudayaan di era 60-an yang dicetuskan Mao Tse Tung. Ketika kolega dan tetangga saling tuding “musuh rakyat” atau “kontra-revolusioner” dan tudingan ini dapat berakhir di kamp kerja paksa atau bahkan terbunuh. (Sean R. Roberts: 2018)
Penanaman rasa takut di antara masyarakat Uighur menurut Sean R. Roberts dapat menciptakan lingkungan yang kontradiktif. Di satu sisi mereka dipaksa untuk bungkam atas berbagai kejadian ini dan harus menganggapnya normal. Di lain sisi, menolak untuk menganggap wajar hal yang menimpa mereka, dapat beresiko ditahan. Dan itu artinya hidup dalam kondisi yang tidak normal. Dampaknya adalah hancurnya tenun sosial yang dapat membentuk masyarakat Uighur yang berdampak pada identitas budaya mereka.(Sean R. Roberts: 2018)
Sinoisasi
Kebijakan pemerintah Cina ini tentu semakin merugikan Muslim Uighur di Xinjiang. Tergerusnya bahasa mereka berarti semakin tergerusnya kebudayaan mereka. Ini artinya identitas Muslim Uighur perlahan-lahan akan digantikan satu identitas nasional Cina. Sinoisasi adalah istilah untuk pemaksaan identitas ini. Sinoisasi menjadi bagian politik kebudayaan pemerintah Cina terhadap muslim Uighur. (Jennifer Ang: 2016)
Namun sinoisasi tidak dapat berjalan tanpa politik antagonistik dan agresif terhadap budaya Uighur. Segala kebijakan kebudayaan pemerintah Cina terhadap Muslim Uighur dapat digolongkan pada genosida kultural. Yvonne Donders yang dikutip oleh Elisa Novic dalam The Concept of Cultural Genocide: An International Law Perspective. Donders menyebutkan bahwa genosida cultural adalah: “Penghancuran oleh negara atau organ negara terhadap budaya (kultur) sebuah komunitas dalam maknanya yang luas, termasuk ‘material spiritual tertentu, intelektual, dan emosional yang terdapat dalam sebuah masyarakat atau kelompok sosial’, mencakup ‘seni dan sastra, gaya hidup, cara hidup bersama, sistem nilai, tradisi dan kepercayaan.’ “(Elisa Novic: 2016)
Elisa Novic sendiri menyatakan bahwa definisi kontemporer lebih merujuk genosida kultural sebagai proses dari genosida itu sendiri yang mengakibatkan punahnya budaya sebuah kelompok etnis, baik lewat penghancuran ataupun asimilasi yang dipaksakan ke dalam budaya yang dominan. (Elisa Novic: 2016) 

BACA JUGA  Bencana (dan) Literasi

Terlepas dari perbedaan definisinya, kita dapat menemukan fakta-fakta genosida kultural dalam lembaran sejarah hitam genosida di dunia. Pembantaian umat Islam di Bosnia oleh orang-orang Serbia, ratusan Masjid, arsip, perpustakaan dan bangunan dihancurkan. Selain di Bosnia, genosida kultural juga sedang terjadi di Palestina dan di Myanmar terhadap Muslim Rohingya.
Apa motif di balik genosida kultural?
Satu pertanyaan yang masih tersisa adalah, mengapa Pemerintah Cina melakukan ini? Jawabannya bukan pada motif rasialisme. Pemerintah Cina bersikap keras pada Taiwan (Republik Cina), yang sama-sama beretnis Han. Bahkan baru-baru ini Xi Jinping mengancam akan menggunakan kekuatan militer kepada Taiwan.
Politik Sinoisasi hanyalah cara Pemerintah Cina mengenggam Xinjiang. Perbedaan yang kentara (baik agama dan etnis) di Xinjiang nampaknya hanya dapat ditaklukkan oleh politik Sinoisasi tersebut. Ada satu fakta menarik yang perlu dicermati. Politik pemerintah Cina terhadap identitas etnis Uighur di Xinjiang tak begitu keras hingga era 1980-an. Ada ruang lebih longgar menoleransi identitas dan ragam ekspresi budaya Uighur. Misalnya menghidupkan kembali Xinjiang Islamic Association dan membolehkan muslim Uighur menjalin hubungan dengan muslim di luar Cina. (Gaye Christoffsen: 1993) Namun kebijakan berubah perlahan di era 1990-an.
Kebijakan terhadap etnis Uighur mengeras pada era 1990-an. Di era 50-an hingga 1990-an, pemerintah Cina memakai istilah splittist (separatis) untuk melabeli perlawanan Muslim Uighur. Kemudian pada tahun 2002, pemerintah Cina mulai memakai istilah ‘teroris’. Kebijakan semakin keras (strike hard) sendiri dimulai pada tahun 1996. (Arienne M. Dwyer: 2005)

Sumur minyak di Karamay, barat Xinjiang.
Pemerintah Cina menyalahkan ketidakstabilan negara pada tahun 1990-an di Cina akibat kebijakan mereka yang liberal terhadap agama dan kebijakan bahasa satu dekade sebelumnya. Menurut mereka, pemberian kelonggaran itu malah menyuburkan separatisme. Benarkah demikian?
Hal ini dibantah oleh Arienne M. Dwyer dari Kansas University, yang melakukan riset terhadap komunitas Turkic termasuk Uighur. Menurutnya, justru ketika kebijakan sangat keras diterapkan tahun 1990-an termasuk pada kebijakan budaya, maka hal itu semakin menimbulkan kebencian dari Muslim Uighur. Menurutnya kebanggaan etnik tidak sama dengan separatisme. (Arienne M. Dwyer: 2005)
Lantas apa yang melandasi pemerintah Cina mengubah kebijakan terhadap identitas Uighur di tahun 1990-an? Kita harus kembali pada kondisi ekonomi politik Cina di tahun 1978, Ketika Deng Xiaoping mengubah haluan ekonomi Cina yang lebih terbuka dan memberi ruang pada pasar. Perubahan ini membawa dampak pada Cina. Seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi Cina, konsumsi energi Cina pun bertambah sejak era reformasi Deng Xiaoping, namun tidak diikuti kemampuan produksi energi dalam negeri. (Gaye Christoffsen : 1993 dan Michal Meidan: 2016)
Pada tahun 1979, produksi minyak Cina sudah mengalami stagnasi. Sementara konsumsi minyak terus meningkat. Ladang-ladang besar di Daqing, Huabei, Liaohe, dan Shengli menunjukkan tren yang sedang menuju puncaknya dalam di tahun 1990-an. Produksi minyak Shengli bahkan telah diprediksi akan menemui puncaknya pada tahun 1992. ( Höök, M.,dkk: 2010) Hal ini membuat pemerintah Cina waspada dan dibayangi konsumsi minyak yang terus meningkat.

Grafik produksi & konsumsi minyak cina. Sumber Höök, M.,dkk 2010
Di Xinjiang, ladang-ladang minyak baru memberi angin segar bagi produksi minyak Cina. Memang ladang di Xinjiang telah mulai dieksplorasi sejak tahun 1951 berkat kerjasama dengan Soviet. Namun sejak perseteruan Cina dengan Soviet di akhir 1950-an, eksplorasi menjadi mandek. Di tahun 1980-an di era keterbukaan ekonomi, produksi minyak di Xinjiang kembali bergelora. (Höök, M.,dkk: 2010)
Sebuah laporan CIA tahun 1987 yang berjudul Jungar Basin: The Next Chinese Oil Frontier bahkan sudah mendeteksi potensi baru eksplorasi minyak di Xinjiang, tepatnya di Jungar Basin. Menurut laporan itu;
“Jungar Basin di Barat Laut Cina dapat menjadi sumber minyak besar yang baru bagi Cina di tahun 1990-an dan selanjutnya. Cadangan besar gas alam juga tampaknya dapat membuka kemungkinan gas dapat lebih berperan dalam gambaran tentang energi Cina.”
Laporan itu mencatat potensi Jungar Basin hingga 8 juta barrel, mendekati kemampuan ladang di Alaska, AS (10 juta barrel). Namun CIA memprediksi kesulitan pemerintah Cina untuk membangun infrastruktur untuk ekslorasi di sana. Laporan itu juga membicarakan potensi bagi perusahaan minyak AS untuk menjalin kerjasama eksplorasi minyak di Jungar Basin, Xinjiang. (CIA: 1987)
Perusahaan minyak AS memang gagal untuk masuk ke Xinjiang. Namun Pemerintah Cina segera mengetahui betapa besar nilai Xinjiang bagi Cina. Mereka segera mengubah pandangan tentang Xinjiang, dan memusatkan kembali tata kelola Xinjiang sehingga menjadi semakin erat dalam genggaman Pemerintah pusat Cina. ( Höök, M.,dkk: 2010)

Produksi minyak di Xinjiang. Sumber Höök, M.,dkk 2010
Cerita selanjutnya dapat dipahami. Kebijakan terhadap eksistensi identitas etnis Uighur berubah sejak era 1990-an menjadi sangat keras dan represif. Sejak tahun 1990-an, Xinjiang menjadi sumber minyak dan sumber daya alam lainnya bagi Cina. Di Karamay, Barat laut Xinjiang, kini juga menjadi salah satu sumber baru bagi Cina yang mampu memproduksi hingga 1/5 cadangan minyak milik Cina. Xinjiang diharapkan mampu memompa hingga 35 juta barrel minyak mentah pada 2020, jauh melebihi ekspektasi CIA lebih dari 30 tahun yang lalu.
Xinjiang juga menjadi penting dengan posisi mereka dalam proyek ambisius Jalur Sutra Baru (Belt Road Initiative) Jalur sutra baru. Oleh sebab itu penting bagi Cina untuk menjaga Xinjiang tetap stabil, meski itu artinya melakukan genosida kultural bagi muslim Uighur, dan memaksakan identitas Han pada mereka. Hingga akhirnya tidak ada (lagi) identitas Muslim Uighur di Xinjiang.
Tak Ada Lagi Uighur di Xinjiang - Kiblat

BERITA TERKAIT


Hikmat Walid Kembali Pimpin IM Suriah


Foto: Muhammad Hikmat Walid
KIBLAT.NET, Damaskus – Ikhwanul Muslimin (IM) Suriah, Ahad (13/01), memilih pemimpin baru bagi gerakannya. Adalah Muhammad Hikmat Walid diamanahi kembali jabatan, yang dalam struktur IM disebut Muraqib Aam.
“Dewan Syura Jamaah memilih kembali Dr. Muhammad Hikmat Walid sebagai Muraqib Aam untuk empat tahun ke depan,” kata pernyataan resmi IM Suriah melalui akun Twitter pada Ahad.
IM Suriah mendefinisikan dirinya sebagai bagian dari IM di dunia yang didirikan oleh Hassan al-Banna di Mesir pada tahun 1928.
Pada 1980-an, IM Suriah mendapat cobaan besar dari rezim Hafez al-Assad. Ayah Bashar Assad itu meluncurkan operasi penangkapan dan militer menargetkan anggota gerakan tersebut, khususnya di provinsi Hama. Ribuan orang anggota IM tewas dalam kampanye itu.
Dalam posisi terakhirnya, pada bulan Juli diumumkan pengunduran diri dari Komite Konstitusi, dan tidak untuk berpartisipasi di dalamnya. Komite Konstitusi merupakan komite yang membahas konstitusi masa depan Suriah di bawah kendali internasional.
Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan melalui pernyataan resminya, dia mengatakan bahwa dia telah menarik diri dan tidak akan berpartisipasi, dan bahwa wakilnya akan ditarik karena mereka “tidak didasarkan pada alasan politik yang sehat dan merupakan hasil dari penyimpangan politik dalam resolusi PBB.”
“Kami akan terus bekerja dengan mitra nasional lain dalam revolusi dan teman-teman untuk mencapai tujuan dan aspirasi rakyat Suriah di semua jalur di mana kami dapat bergerak,” katanya.

BACA JUGA  Hindari Bentrok Lanjutan, Faksi Oposisi Suriah Buat Kesepakatan di Idlib

Siapakah Muhammad Hikmat Walid?
Walid berasal dari Lattakia dan lahir pada tahun 1944. Dia adalah Muraqbi Aaam pertama kelompok tersebut dari pesisir Suriah.
Ia merupakan Muraqib Aam Suriah ke-12 dan meraih gelar doktor dalam bidang kedokteran manusia (Oftalmologi) dari Universitas Damaskus pada tahun 1968.
Dia adalah anggota Sekretariat Jenderal Dewan Nasional Suriah dan kepala Partai Nasional untuk Keadilan dan Konstitusi (Partai Waad).
Dewan Syura menunjuk Walid untuk memimpin IM Suriah pada November 2014 untuk masa jabatan empat tahun, menggantikan Mohammed Riyad Shaqfa. Ia menunjuk wakilnya Hassan al-Ghadhban, seorang insinyur informasi dari Damaskus.
Walid dikenal tokoh oposisi yang dekat dengan Turki. Dalam berbagai pernyataannya, ia kerap berterima kasih kepada rakyat Turki dan pemerintah Turki. Ia memuji dukungan Turki bagi rakyat Suriah, dan menyambut operasi militer pertama pasukan Turki yang menargetkan area Perisai Eufrat di Aleppo utara dan timur.
Dia juga mempertahankan hubungan “baik” dengan Arab Saudi. Pada Juni 2017, memberi selamat kepada Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud atas penunjukannya sebagai Putra Mahkota dan Wakil Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi.
“Kerajaan telah memainkan peran penting dan aktif dalam mendukung rakyat Suriah. Kami menantikan untuk melanjutkan dukungan ini sampai kemenangan revolusi melawan penindas, ketidakadilan dan pembunuhan Bashar al-Assad dengan dukungan penuh dari rezim Iran dan akhir dari penderitaan rakyat kami,” katanya saat itu. 

BACA JUGA  Serangan AS di Suriah Meningkat Pasca Trump Umumkan Tarik Pasukan

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi
Hikmat Walid Kembali Pimpin IM Suriah

BERITA TERKAIT


Media Turki Mulai Sebut HTS Organisasi “Teroris”


Foto: Haiah Tahrir Syam (HTS)
KIBLAT.NET, Idlib – Sehari setelah pertemuan keamanan Turki di perbatasan Suriah dari sisi provinsi Idlib, di mana Haiah Tahrir Al-Syam (HTS) memperkuat kontrolnya, Turki meningkatkan serangan media terhadap organisasi pimpinan Abu Muhammad Al-Jaulani itu pada Ahad (13/01). Turki juga melucurkan operasi keamanan di provinsi Adana dan menangkap 13 orang yang dituduh mendukung HTS.
Media Turki memblow up operasi keamanan tersebut. Tak seperti biasa, kantor berita Turki Anadolu Agency (AA) menyebut HTS dengan label organisasi “teroris” dalam pemberitaannya. Ini merupakan pertama kali kantor berita tersebut menyematkan istilah ini kepada HTS. AA mengatakan hal itu karena HTS mempersekusi faksi-faksi oposisi Suriah dukungannya beberapa hari lalu.
AA mengatakan, berdasarkan keterangan sumber keamanan, pasukan keamanan Turki menangkap 13 anggota organisasi “teroris” HTS di Adana pada Sabtu. Direktorat Keamanan Anti-Teror menambahkan jumlah yang ditangkap sebanyak 16 orang yang diduga anggota HTS di Adana, Istanbul dan Ankara.
Orang-orang yang ditangkap itu dituduh sering keluar masuk Suriah dan ikut dalam pertempuran di Negara tetangga itu. Mereka juga dituduh merekrut anggota dan memberi dukungan dana dan logsitik kepada HTS.
Media online Al-Sarq Al-Ausath mengatakan bahwa TV dan media Turki lainnya juga menggencarkan penayangan operasi keamanan itu dan serentak menyebut HTS organisasi “teroris”. Selama ini, media Turki menyebut HTS kelompok bersejata anti rezim Assad. 

BACA JUGA  Kepala Staf Militer AS Koordinasikan Penarikan Tentara di Suriah dengan Turki

Sabtu sebelumnya, pejabat tinggi militer dan intelijen Turki menggelar pertemuan di provinsi Hatay yang berbatasan dengan Idlib. Pertemuan ini meminta kelompok-kelompok bersenjata di Idlib, khususnya yang didukung Turki, menaati perjanjian Sochi dan Astana.
Pertemuan itu membahas eskalasi terakhir HTS terhadap faksi-faksi oposisi pro Turki, yang berakhir kalahnya faksi-faksi tersebut. HTS saat ini mengontrol 75% wilayah Idlib.

Sumber: Al-Sarq Al-Ausath
Redaktur: Sulhi El-Izzi

BERITA TERKAIT




BERITA LAINNYA


Debat capres cawapres putaran pertama mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
 Senin, 14/01/2019 05:50   0  

Xinjiang juga menjadi penting dengan posisi mereka dalam proyek ambisius Jalur Sutra Baru. Oleh sebab itu penting bagi Cina untuk menjaga Xinjiang tetap stabil, meski itu artinya melakukan genosida kultural bagi muslim Uighur.
 Ahad, 13/01/2019 22:35   0  

Masyarakat pada umumnya tak terlalu memahami perihal perbedaan kedua istilah tersebut.
 Ahad, 13/01/2019 22:33   0  

"Prinsip kami adalah selamanya tenaga atau keberpihakan kami untuk umat," kata Ketua Kokam Jateng saat mengamankan Tabligh Akbar PA 212 Solo
 Ahad, 13/01/2019 20:11   0  

Meningkatnya konsumsi serta impor menjadi faktor penentu.
 Ahad, 13/01/2019 20:10   0  

Trump memandang “kehebatan” AS telah lama hilang, dan menjadi tugasnya untuk merestorasi kembali
 Ahad, 13/01/2019 19:29   0  

Sebanyak 2.892 bangunan sekolah berada dalam zona bahaya radius satu kilometer dari jalur sesar
 Ahad, 13/01/2019 18:48   0  

Bundaran Gladak sering digunakan untuk acara serupa, Ketua PA 212 mempertanyakan perlakuan aparat terhadap peserta kegiatan kali ini
 Ahad, 13/01/2019 17:54   0  

Ribuan peserta dari luar Solo diadang sehingga tak bisa mengikuti kegiatan Tabligh Akbar Presidium Alumni (PA) 212 di Budaran Gladak, Solo
 Ahad, 13/01/2019 17:36   0  

Tim gabungan untuk ungkap kasus teror terhadap Novel Baswedan merupakan rekomendasi Komnas HAM
 Ahad, 13/01/2019 16:49 




m


Tiada ulasan: