Rabu, 9 Januari 2019

Diplomasi Stroberi. 9017.



Selamatkan Bumi, NASA Akan Tabrakan Pesawat ke Astroid


Selamatkan Bumi, NASA Akan Tabrakan Pesawat ke Astroid
Ilustrasi bumi. FOTO/ Ist
NEW YORK - NASA berencana untuk menghancurkan pesawat ruang angkasa dengan cara menabrakan ke asteroid untuk menghentikan serangan mematikan ke bumi.

Badan antariksa AS sedang mengerjakan tahap yang paling berapi-api dan penting dari Uji Pengalihan Asteroid Ganda, DART. 



Eksperimen ini akan menjadi yang terbaru dalam misi NASA untuk melindungi Bumi dari serangan asteroid yang mematikan.

Pada tahun 2021, NASA bertujuan untuk sepenuhnya menguji sistem pertahanan baru dengan menghancurkan sebuah pesawat ruang angkasa menjadi batu pada 13.500 mph (6 km per detik).

Hal itu dilakukan pasalnya, para pakar antariksa khawatir asteroid berpotensi menabrak bumi yang menyebabkan kerusakan besar.

Asteroid yang hendak ditabrak oleh NASA sebenarnya bukan ancaman bagi Bumi, tetapi dengan menabraknya, kru DART akan dapat melihat apakah defleksi serupa akan bekerja pada asteroid masa depan.

Dalam tes tersebut, sebuah pesawat NASA akan menghantam sasarannya ke asteroid Didymos untuk melihat apakah ia dapat berhasil mengubah arah batu itu.

Didymos memiliki panjang sekitar 800 m dan memiliki badan pengorbit sekunder, yang dikenal sebagai "moonlet" - yang berukuran 150 m.

Menggunakan teknologi canggih, pesawat ruang angkasa akan menabrak satelit 

Nancy Chabot, seorang ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins dan ilmuwan proyek untuk tim DART, mengatakan kepada Space.com:

"Pertahankan planet dari tata surya, Ini menarik, karena ini adalah misi luar angkasa adalah bagian penting dari misi yang berhasil," tutur Jhons Hopkins seperti dilansir Dailystar

"Ini adalah sesuatu yang akan Anda lakukan lima, 10, 15, 20 tahun sebelumnya - dengan lembut mendorong asteroid sehingga hanya berlayar dengan riang di jalannya dan tidak berdampak pada Bumi." tandasnya.

(wbs)Selamatkan Bumi, NASA Akan Tabrakan Pesawat ke Astroid

Bangun Pagi dan Tidur Lebih Awal Bisa Hindari Kanker Payudara


Beruntung bagi anda yang bangun pagi lebih awal dan tidur lebih cepat di malam hari. Pasalnya aktivitas ini bisa menghindari penyakit kanker payudara. Foto/Istimewa.

JAKARTA - Beruntung Anda yang tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Pasalnya, aktivitas ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit mematikan, yakni kanker payudara. 

Para peneliti menemukan hubungan antara waktu dan kanker payudara. Orang yang bangun pagi lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis menderita kanker payudara dibandingkan wanita yang masih aktif di malam hari. 



Berdasarkan studi yang dipresentasikan para peneliti dari University of Bristol, perempuan yang terbiasa bangun di pagi buta mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga 40 hingga 48 persen dibandingkan dengan mereka yang bangun terlambat. 

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang tidur lebih dari tujuh hingga delapan jam memiliki peluang 20 persen terkena penyakit kanker payudara. 

“Kami ingin melakukan pekerjaan lebih lanjut untuk menyelidiki mekanisme yang mendasari hasil ini karena perkiraan yang diperoleh didasarkan pada pertanyaan yang terkait dengan preferensi pagi atau malam daripada benar-benar apakah orang bangun lebih awal atau di kemudian hari. Dengan kata lain, mungkin tidak terjadi bahwa mengubah kebiasaan Anda mengubah risiko kanker payudara; mungkin lebih kompleks dari itu,” kata Dr Rebecca Richmond dari University of Bristol kepada BBC. 

"Namun, temuan efek perlindungan dari preferensi pagi pada risiko kanker payudara dalam penelitian kami konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti peran kerja shift malam dan paparan 'cahaya-di-malam' sebagai faktor risiko untuk payudara kanker,” sambung dia

Temuan ini, kata dia, memiliki implikasi kebijakan potensial untuk mempengaruhi kebiasaan tidur masyarakat umum dalam rangka meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kanker payudara di kalangan wanita.

(tdy)Bangun Pagi dan Tidur Lebih Awal Bisa Hindari Kanker Payudara

Berusia 100 Tahun, Miliarder Tertua di Dunia Tetap Ngantor Setiap Hari


Berusia 100 Tahun, Miliarder Tertua di Dunia Tetap Ngantor Setiap Hari
Tidak ada kata pensiun bagi pendiri perusahaan perkapalan Pacific International Lines (PIL), Chang Yun Chung (tengah). Meski berusia 100 tahun, miliarder tertua di dunia ini tetap pergi ke kantor setiap hari. Foto/millionairessaying.com
SINGAPURA - Tidak ada kata pensiun bagi pendiri perusahaan perkapalan Pacific International Lines (PIL), Chang Yun Chung. Meski berusia 100 tahun, miliarder tertua di dunia dengan kekayaan mencapai USD1,8 miliar (Rp26,1 triliun, kurs Rp14.500 per dolar AS) pada tahun ini tetap pergi ke kantor setiap hari.

Chung bekerja penuh dedikasi di PIL selama delapan dekade. Dengan bekal pengalaman mumpuni, dia tidak pernah berhenti berupaya untuk menjadikan PIL sebagai perusahaan perkapalan terbesar di Asia. Di usianya yang sudah senja, ambisinya itu bahkan tidak pernah padam dan masih tetap berkobar-kobar.



Jabatan tertinggi di perusahaan sudah diwariskan kepada putranya, Teo Siong Seng. Kendati demikian, Chung tetap memiliki pengaruh besar dalam sejumlah arah kebijakan perusahaan. Dia bahkan tidak mau kalah dengan anaknya dan 18.000 karyawannya yang begitu semangat pergi bekerja pada pagi hari.

“Ini sudah menjadi kebiasaan saya,” ujar Chung, dikutip cnbc.com. Dengan jabatan chairman emeritus, Chung memiliki segudang pekerjaan. Setiba di kantor pusat di Singapura, dia akan mengawasi sistem operasional dan memeriksa kinerja setiap departemen.

“Setiap hari, saya akan menuliskan aktivitas itu di buku,” ungkapnya.

Sebagai senior tertua di dunia perkapalan di Singapura, tak sedikit karyawan PIL yang berkonsultasi langsung dengan Chung. Mereka mendiskusikan berbagai hal, termasuk tantangan di lapangan. Chung sendiri mengaku gembira dapat berbagi dengan karyawannya dan memiliki hubungan baik sejak 1967.

“Hal itu juga membuat saya tidak betah berdiam diri di rumah karena di rumah tidak ada aktivitas apa pun sehingga cepat membosankan,” imbuh Chung.

Selain membina karyawan PIL yang belasan ribu orang itu, Chung juga memberikan beragam masukan kepada anaknya, Teo, selaku pemimpin perusahaan.

Teo mengaku bangga memiliki seorang ayah seperti Chung. Dia selalu berkonsultasi dengan ayahnya dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan selepas makan siang. 

“Saya memerlukan pendapat berbeda dan sekaligus menyerap banyak inspirasi dari gaya kepemimpinan ayah,” kata Teo.


Teo menambahkan, salah satu hal yang dia pelajari dari ayahnya ialah pengelolaan emosi sebab dunia perkapalan memiliki tekanan atmosfer kerja yang cenderung tinggi. Meski dunia kerjanya keras, Teo diminta ayahnya untuk tetap dapat berkepala dingin sehingga mampu memecahkan tantangan dengan bijak.

“Saat masih muda dulu, saya terkadang mudah marah sehingga terkesan sebagai pemimpin yang keras,” tutur Teo. “Namun, ayah mengajari saya ‘yi de fu ren’ yang berarti ‘kita ingin orang lain taat dan patuh kepada kita’, bukan karena otoritas, kekuasaan, atau kegarangan, tapi karena integritas dan kualitas,” tambahnya.

Prinsip yi de fu ren, aku Teo, sulit dilaksanakan. Namun, Chung meminta Teo untuk mempelajarinya secara bertahap dan perlahan. Dia mulai menerapkannya pada 2009. Saat itu Teo yang masih menjabat sebagai kepala operasional dituntut mampu membebaskan kapal dari pembajakan perompak di Afrika Timur.


“Saya memerlukan waktu 75 hari untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. Di dunia perkapalan selalu terjadi hal-hal yang tidak terduga,” kata Teo.

“Pasalnya, kami tidak hanya mengalami isu teknis dan kecelakaan, tapi juga politik. Masalah seperti itu selalu mengguncang mental dan meledakkan emosi,” katanya.

Chung menasihati, kesabaran merupakan bagian dari terciptanya jalan menuju kesuksesan. Jika diri tidak terkendali, orang tidak dapat menggunakan akal sehat. Semuanya akan kacau balau, tidak dalam jangka pendek, tapi jangka panjang. “Saya sendiri tidak pernah marah. Jika marah, berarti kita kalah,” ujarnya.

Chung dinobatkan sebagai miliarder tertua di dunia setelah David Rockefeller, cucu terakhir bos minyak John D Rockefeller, meninggal dunia pada 2017 di usia 101 tahun. Gelar itu dia raih saat berusia 98 tahun. Tepat di belakangnya saat itu ialah bankir Aloysio de Andrade Faria, 98, dan investor Marcel Adams, 98.

Terlahir pada 1918, Chung yang juga dikenal dengan nama Teo Woon Tiong memulai karier di dunia perkapalan pada 1949. Imigran asal China lulusan Sekolah Datung Xiamen itu bekerja di berbagai perusahaan selama 18 tahun, termasuk perusahaan beken Tranpaac Shipping Enterprises Limited Hong Kong.

Di luar bisnisnya di PIL, informasi terkait Chung sangat terbatas. Namun, dia pernah mengungkap beberapa kunci rahasia menuju kesuksesan.

“Saya adalah pekerja keras dan sangat jujur terhadap setiap orang. Apa pun yang saya janjikan, saya akan selalu menepatinya. Itu merupakan prinsip hidup saya,” ungkapnya.

Chung mendirikan PIL pada 1967. Saat itu dia mengoperasikan bisnisnya dengan bermodalkan dua kapal kecil. Seiring dengan waktu, perusahaannya berkembang luas hingga memiliki 160 kapal pengangkut barang dan menjadi yang terbesar di Singapura. Pasarnya juga berkembang, mulai dari Asia hingga Afrika.

Kekayaan Chung juga dikabarkan naik dari USD1,7 miliar pada Maret 2017 menjadi USD1,9 miliar pada November 2018 sebelum turun menjadi USD1,8 miliar pada tahun ini. Data itu berdasarkan pantauan majalah Forbes. Dia dinobatkan sebagai orang terkaya ke-15 di Singapura pada 2018 dan ke-1.284 di dunia.

(poe)
Berusia 100 Tahun, Miliarder Tertua di Dunia Tetap Ngantor Setiap...
Berusia 100 Tahun, Miliarder Tertua di Dunia Tetap Ngantor Setiap... | Halaman 2

Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020


views: 1.390
Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020
Ada cerita unik ketika Menteri Olimpiade Jepang, Yoshitaka Sakurada berkunjung ke Israel untuk membahas persiapan Opimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Foto: IST

TEL AVIV - Ada cerita unik ketika Menteri Olimpiade Jepang, Yoshitaka Sakurada (69 tahun) berkunjung ke Tel Aviv, Israel, untuk membahas persiapan Opimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Dalam kunjungannya Sakurada mendapat kejutan kecil berupa sepiring stroberi. 

Sakurada yang sebelumnya menjabat Kepala Keamanan Siber di Jepang diangkat menjadi Menteri Olimpiade untuk menyambut Tokyo 2020. Ini merupakan kunjungan pertama Sakurada ke Israel sejak memangku jabatan baru tersebut tiga bulan lalu. 



Sakurada banyak menghabiskan waktu kunjungan ke markas Komite Olimpiade Israel (OCI) di Tel Aviv. Menurut laporan Inside The Games, dia langsung disambut Presiden OCI, Igal Carmi, anggota Komite Olimpiade Internasional -Alex Gilady- dan ketia Komite Paralimpik Isreal (NPCI) Shuki Dekel. 

Dalam kesempatan tersebut Israel menjamu Sakurada dengan sepiring stroberi -yang menurut laporan Inside The Games- langsung dipetik dari perkebunan di kota Tel Aviv. Jamuan tersebut langsung meluluhkan hati Sakurada. 

"Israel merupakan salah satu tempat yang paling ingin saya kunjungi. Dan ini merupakan stroberi terbaik yang pernah saya makan," kata Sakurada. 

Menurut laporan yang sama, sebelum kunjungan Sakurada ke Israel, OCI melakukan penelusuran tentang kebiasaan Sakurada. Di sana mereka mendapati bahwa politisi Jepang tersebut sangat suka makan stroberi. 

Jalan apa pun ditempuh Israel untuk menjalin hubungan baik dengan Jepang agar bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka sebelumnya sempat ditolak tampil di pesta olahraga multi-event seperti Asian Games atas dasar solidaritas terhadap Palestina.

(sha)
Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020

berdakwah secara terang-terangan

Perlakuan Kasar yang Dialami Rasulullah ketika Berdakwah Secara Terang-terangan

HARI itu tiba-tiba saja orang-orang Mekkah melihat suatu kerumunan yang tidak biasanya. Orang-orang berkumpul di tempat ramai. Beberapa orang mencibir ketika mengetahui siapa yang tengah dikerumuni oleh orang-orang itu. Dialah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Orang-orang Quraisy bahkan melihat apa yang dilakukan oleh Rasulullah ketika itu adalah suatu hal yang sangat menyinggung harga diri mereka. Salah seorang dari mereka berkata, “Hm, dia tengah berusaha mengubah agama kita semua…”
Rasulullah memang tengah menyeru orang untuk beralih ke agama Allah dan iman kepadaNya. Tak ada teman, tak ada pendukung. Bahkan banyak di antara orang-orang itu yang menertawainya. Orang-orang Quraisy itu menolak apa yang disampaikan oleh Rasulullah.
Rasulullah berdiri di tengah-tengah kerumunan itu. Ia berseru, “Wahai semua orang, ucapkanlah la ilaha illallah. Niscaya kalian akan beruntung…”
Orang-orang tertawa kembali. Tiba-tiba beberapa di antara mereka seperti dikomando menghampiri beliau, dan meludahi wajahnya. Rasulullah tertegun. Belum hilang ketertegunnya, ada yang menghamburkan debu ke badan beliau. Mereka terus mengolok-oloknya sampai matahari benar-benar di atas kepala.
Rasulullah hanya menarik nafas panjang. Ketika orang-orang sudah meninggalkannya, seorang perempuan elok tergopoh-gopoh menghampirinya. Ia membawa sebuah bejana berisi air. Perempuan itu adalah Zainab, putri Rasulullah. Zainab tampak menangis melihat apa yang menimpa ayahnya.
Rasulullah memeluk Zainab. Ia merasakan kepedihan Zainab, “Putriku,” ujarnya, “Usah kamu menangis. Sesungguhnya Allah selalu melindungi ayahmu ini…”
Zainab kemudian dengan penuh kesabaran membersihkan badan dan wajah Rasulullah. Hari itu memang terasa berat. Rasulullah mendapat perintah langsung dari Allah Azza Wa Jalla untuk menyebarkan dakwah secara terang-terangan, tidak lagi sembunyi-sembunyi. Selama ini memang hanya orang-orang tertentu saja yang ia dakwahi.
Kaum Quraisy sendiri tampaknya cukup terkejut dengan kemunculan Rasulullah di tempat ramai itu dan kemudian menyebarkan ajarannya. Selama ini benarlah kecurigaan mereka. “Muhammad memang ingin mengubah agama nenek moyang kita…” ujar salah seorang dari mereka.
Kebencian Kaum Quraisy kepada Rasulullah membawa mereka pada suatu hari. Semua berkumpul dan mereka membicarakan Rasulullah. Saat itu mereka sedang duduk di Kabah dan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sedang melakukan shalat di dekat makam Nabi Ibrahim. Tiba-tiba salah seorang dari mereka, Uqbah bin Muith bangkit menghampiri Rasulullah. Serta-merta dia mengalungkan selendang ke leher Rasulullah dan menariknya keras-keras, hingga beliau terjerambab jatuh ke tanah. Rasulullah tidak bangun-bangun lagi. Tampaknya beliau mengalami benturan yang cukup hebat.
Orang-orang Quraisy bersorak-sorak. Mereka mengira Rasulullah sudah mati. Saat itu datanglah Abu Bakar dengan terburu-buru. Ia melihat apa yang dilakukan Uqbah terhadap Rasulullah. Semua orang meminggir demi melihat Abu Bakar. Mereka semua terdiam hanya memandangi.
RELATED POSTS

Abu Bakar langsung memberikan pertolongan terhadap Rasulullah. Ia memegang ketiak Rasululah dari belakang untuk membantunya. Ia memandangi kaum Quraisy dan berkata, “Apakah kalian hendak membunuh seseorang yang mengatakan Tuhanku adalah Allah?”
Tidak ada yang menjawab. Orang-orang Quraisy itu cukup segan terhadap Abu Bakar. Akhirnya kemudian mereka menyingkir. Peristiwa itu belum bisa dilupakan oleh Rasulullah, namun tidak ada tanda ia menyimpan dendam terhadap Uqbah bin Muith.
Rasulullah masih terus menyeru orang-orang secara terang-terangan selama belum ada perintah dari Allah SWT, tidak ada alasan baginya untuk berhenti berdakwah.


Satu hari, Rasulullah berada di mesjid. Selain beliau, di situ juga ada Abu Jahal, Syaibah, Utbah dan Uqbah bin Muith, Umayyah bin Khalaf, dan dua orang lainnya. Jumlah mereka ada tujuh orang. Namun Rasulullah tidak begitu mempedulikannya. Rasulullah shalat, dan ketika beliau bersujud—ia memanjangkan sujudnya—ia mendengar Abu Jahal berkata, “Siapakah di antara kalian yang ingin mendatangi domba-domba Bani Fullan dan membawa kotorannya ke sini untuk ditimpukkan pada Muhammad?”
Mendengar itu, Uqbah menyeringai. Ia setidaknya sudah membuat “prestasi” dengan mencekik Rasulullah menggunakan selendang tempo hari. Ia berdiri mengambil kotoran domba dan langsung dengan sebat melemparkannya ke pundak Rasulullah yang sedang sujud.
Semua orang tertawa melihat itu. Sedang beberapa orang pengikut Rasulullah hanya berdiri dan memandang saja tanpa bisa berbuat apa-apa. Ketika itu datanglah Fatimah, putri Rasulullah. Ia serta-merta membersihkan kotoran itu. Kemudian ia mendatangi orang-orang Quraisy. Dengan berani Fatimah mencaci-maki mereka. Melihat Fatimah sedemikian rupa, orang-orang Quraisy tidak berani kembali untuk untuk berbuat sesuatu.
Ketika itu shalat Rasulullah usai. Ia mengucapkan salam. Beliau mengangkat kepala sebagaimana lazimnya orang yang usai salat. Dari mulutnya terdengar lirih ucapan, “Ya Allah, kepadaMu kuserahkan mereka. Kuserahkan orang-orang Quraisy, kepadaMu kuserahkan Utbah, Uqbah, Abu jahal dan Syaibah..”
Semua orang yang ada di dekatnya tertegun mendengar ujaran Rasulullah. Rasulullah mengulangi hingga sampai tiga kali dengan doa yang sama. Orang-orang di dekatnya tidak menyangka bahwa hati Rasulullah sedemikian rupa kasihnya. Ia mendapat perlakuan begitu buruk dan hina, namun ia masih tetap mendoakan orang-orang yang memusuhinya. Semua orang tertunduk.
Mereka merasa masih harus banyak belajar kepada Rasulullah dalam dakwah ini. Menyayangi orang yang memusuhi kita, alangkah beratnya. Namun apalah jadinya jika dakwah harus terus-menerus dilakukan dengan kekerasan? Untuk beberapa hal, ada yang hanya bisa disentuh dengan kasih sayang. Seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Rasulullah tidak akan pernah berhenti untuk menghampiri kerumunan orang-orang mengajaknya dengan lembut dan penuh kasih agar ikut meyakini Allah. []
Perlakuan Kasar yang Dialami Rasulullah ketika Berdakwah Secara Terang-terangan – Islampos

Proses jatuh cinta menurut sains
Thread ini hanyalah review singkat silahkan baca artikel lengkap dari sumber di bagian bawah karena ane males ngetiknya wkwk 

Sains menjelaskan bagaimana kita jatuh cinta

Agan pernah jatuh cinta, belum jatuh cinta dulu baru baca thread ini.

Kembali ke laptop, jatuh cinta menurut sains merupakan semuah emosi khusus yang dapat membuat kehidupan Anda terasa lebih bermakna.

Berikut ini tahap bagaimana cinta terjadi

1. Nafsu

Kalo ga nafsu ga mungkin jatuh cinta kan? Nafsu ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi umum yang ada pada pria dan wanita yaitu testosteron dan oestrogen. Pada fase ini Anda akan mulai menyukai lawan jenis

2. Ketertarikan

Jadi tahap inilah yang paling manis-manisnya dari kehidupan Anda. Pada tahap ini hormon yang berperan adalah Adrenalin, serotonin dan dopamin. yang membuat Anda selalu gugup dan gak bisa berpaling dari yang namamya gebetan.

3. Enggan untuk dipisahkan

Tahap terkahir bagi pasangan ini dipengaruhi oleh hormon oksitosin dan vasopresin. Kedua hormon ini berperan untuk melanggengkan hubungan cinta antara sepasang kekasih. Merekalah yang membuat pasangan berkeinginan untuk punya momongan.

Sumber: Bagaimana kita jatuh cinta, begini sains menjawabnya

Sekian jangan lupa kunjungi web sumber , like , share dan klik iklan agar ownernya senang.
Artikel lain yang mungkin agan tertarik
[URL=Cyberbullying penyebab dan penangan [url]https://browntanuki.blogspot.com/2018/12/cyberbullying-penyebab-dan-penangan.html]Cyberbullying[/url] penyebab dan penanganan[/URL]
Atau agan yang butuh bantuan desain logo, poster dan sejenis bisa mampir ke lapak ane

Proses jatuh cinta menurut sains | KASKUS

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?


Orang yang memiliki masalah dalam penglihatannya seperti ilusi dan berhalusinasi sering dianggap sebagai orang yang memiliki masalah dengan gangguan kejiwaannya. Padahal ilusi dan halusinasi tidak ada kaitannya dengan kejiwaan.

Ilusi dan halusinasi sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Ilusi merupakan penyimpangan dari sesuatu yang benar-benar ada, sedangkan halusinasi adalah penyimpangan dari sesuatu yang tidak nyata. Berikut beberapa halusinasi dan ilusi yang bisa diderita oleh manusia:


5. Kemiringan Lingkungan

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

Orang yang mengalami ilusi ini akan merasa dunianya seperti berputar atau terbalik. Atau mereka merasa bahwa visualnya terlihat miring. Hal ini biasanya disebut kemiringan 90 derajat atau 180 derajat. Kemiringannya sendiri bisa miring ke kiri, kanan atau bawah. Dalam beberapa kasus, ada yang mengalami kemiringan 30 derajat hingga 150 derajat. Ilusi ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan pengidapnya bisa merasakannya selama beberapa detik hingga berjam-jam. Ilusi Kemiringan ini diperkirakan diderita oleh orang-orang yang terkena penyakit stroke, migrain dan cidera otak traumatis.

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

4. Sindrom Charles Bonnet 

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

Sebuah sindrom dimana membuat orang yang mengidapnya akan berhalusinasi oleh gambar-gambar yang masih tersimpan di otak mereka. Biasanya hal ini terjadi pada orang tua yang sudah mulai kehilangan penglihatannya dan ingatannya. Ketika penglihatan berkurang, maka mata akan menerima sedikit input dan menyebabkan mata memperoleh sedikit informasi dari apa yang mata lihat. Tapi sel otak mereka sudah terlalu lapar untuk mengambil tindakan. Hal ini menyebabkan Neuoron pada otak memilih untuk merubah cara mereka merespon sinyal yang masuk ke otak. Gampangnya, karena sel otak tidak mendapat informasi apa-apa dari mata, makanya mereka membuat informasi yang mengada-ngada. 


Contoh sindrom ini pernah dialami seorang nenek berusia 81 tahun. Dimana awalnya dia melihat seekor merpati ditengah malam. Nenek itu tidak ada masalah pada kejiwaannya. Hanya saja kemampuan penglihatannya yang berkurang. Hal ini awalnya terjadi beberapa kali kemudian menjadi sering.

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

3. Chromatopsia

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

Sebuah ilusi yang membuat orang melihat warna-warna yang berbeda. Ilusi ini bisa membuat orang menjadi melihat benda tidak bewarna menjadi berwarna warna warni. Ilusi ini bukanlah butawarna, karena butawarna adalah kelainan dimana mata tidak bisa memisahkan panjang gelombang yang diterima. Sedangkan Chromatopsia adalah kelainan yang membuat mata tidak bisa menempatkan warna di tempat yang semestinya. Orang yang menderita ilusi ini adalah orang yang menderita migrain.

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

2. Macropsia Dan Micropsia

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

Untuk mengetahui seberapa besar suatu benda, maka mata dan otak perlu bekerja sama untuk menyeimbangkan informasi keduanya. Seperti ketika melihat seseorang, untuk mengetahui tinggi seseorang kita memerlukan benda pembanding yang sebelumnya sudah kita lihat untuk membandingkan tinggi orang itu. Macropsia dan Micropsia adalah ilusi yang membuat kita keliru melihat ukuran benda. Ilusi ini membuat kita menganggap benda menjadi terlalu besar atau terlalu kecil. Ilusi ini biasanya hanya terjadi dalam beberapa menit. Dan dialami oleh anak-anak yang menderita migrain dan sakit kepala lainnya.

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

1. Sindrom Kepala Meledak

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan?

Orang yang menderita halusinasi ini biasanya akan merasa mendengar suara ledakkan keras dari dalam kepalanya sehingga membuat mereka terkejut dan terbangun dari tidurnya. Selain suara ledakan, ada beberapa orang yang mengalami seperti melihat kilatan cahaya atau tubuhnya menjadi kejang-kejang. Suara yang dihasilkanpun berbeda-beda tiap orangnya. Ada yang mendengar suara ledakan, dengungan, suara kilat, suara tembakan dan suara lainnya. Sindrom ini dianggap tidak berbahaya bagi pengidapnya. Biasanya diderita ketika mereka sedang tidur.


Itulah 5 Ilusi dan Halusinasi yang bisa diderita oleh manusia. Kebanyakan ilusi dan halusinasi disebabkan oleh penyakit kepala. seperti migrain. Oleh karena itu kita sebisa mungkin harus terhindar dari penyakit tersebut bila tidak ingin menderita ilusi tersebut. Terimakasih.

5 Ilusi Dan Halusinasi Yang Bisa Diderita Oleh Manusia, Adakah Yang Gansis Rasakan? | KASKUS


5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos

5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos

Halo gansis, kembali lagi dengan airell.718 yang ingin berkreasi lewat untaian kata yang tersirat rasa emoticon-Embarrassment.


Kali ini ane bakalan bahas tentang tipe-tipe orang jika komen di media sosial, tapi trit ini lebih menuju pada media sosial yaitu Instagram.

Gansis pasti tau kan dengan aplikasi instagram? Yap, instagram merupakan aplikasi social mediayang cukup populer di era millenial ini. Tercatat bahwa jumlah pengguna instagram di dunia mencapai 800 juta pada januari 2018. Sedangkan, untuk jumlah pengguna instagram di Indonesia yanga aktif mencapai 55 juta dan Indonesia juga menjadi urutan ketiga yang aktif menggunakan instagram setelah Amerika serikat dan Brazil. Dan ane sempet mikir, berapa juta dolar yang diraup oleh perancang awal yaitu Kevin Systrom dan Mike krieger dan juga tak luput dengan pengembang nya, siapa lagi kalau bukan Mark Zuckerberg


Oke langsung aja. Pertama ane mau nyapa dulu gansis yang juga menggunakan instagram 


1. Tipe Responsif
5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos
Tipe ini bisa disebut dengan orang yang cepat tanggap. Tipe orang yang memiliki sifat ini ingin menjadi yang terdepan, dalam komentar tentunya. Dia tidak perduli apakah komentarnya penting atau tidak dan nyambung atau tidak karena yang terpenting dia ingin menjadi yang pertama dalam postingan orang, baik orang yang dikenalnya maupun tidak. 

Tapi menurut ane pribadi, alangkah lebih baik jika sebelum bertindak itu dipikir terlebih dulu. Ya, ane tau jika orang bebas mengeluarkan pendapat. Tapi dari sini bisa diketahui kan kalau tipe responsif ini orang yang seperti tidak ada kerjaan

Tipe ini sangat mudah kita jumpai di instagram sekarang, dengan adanya fitur 'top comment'

2. Tipe Tukang Nyinyir
5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos
Tipe seperti tambah sangat mudah ditemui gansis. Apalagi di instagram sama facebook emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Karena, netizen indo suka mengambil jatah polisi, ulama, hakim, ahli ekonomi, ahli agama lainnya. Tapi suka lupa mengambil tanggung jawab atas diri mereka sendiri (Boy Candra)

Tipe suka nyinyir isi komennya selalu pedas dalam artian juga negatif, kalo sekarang biasa disebut lambe turah emoticon-Big Grin. Tipe ini jika diberi feedback, akan terus menyangkal karena tipe ini selalu merasa benar. Mereka akan terus memberikan kata kata yang menjelekkan pada postingan orang walaupun tidak dikenalnya.

3. Tipe Bijaksana
Tipe ini suka memberikan komentar yang positif di instagram. Selain itu, dia juga bersifat netral serta memberikan kalimat yang terkesan bijaksana. Di lain sisi, mereka juga tidak segan memberikan pujian, namun mereka juga tidak mengharapkan follback dari orang yang sudah dia puji. Jadi, intinya tipe ini menyejukkan jika gansis membaca komentar" yang terdapat di instagram. Tapi, ane banyak nemuin tipe ini di kaskus loh emoticon-Malu. Oke, next

4. Tipe Pamrih

5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos
Tipe ini juga mudah gansis temui di instagram. Tipe ini sangat menomorsatukan followers, so, mereka gak bakalan segan-segan meminta gansis untuk meminta follback emoticon-Big Grin. Eittt, gak sampe disitu masih ada lagi. Yap, like. Mereka juga gak akan segan-segan meminta gansis untuk meminta like fotonya. 

Biasanya, mereka juga gak akan peduli meminta ke orang yang belum dikenalnya sekalipun. And, tipe ini juga ane temuin di IG ane dulu. Ane selalu mikirin kenapa tipe ini begitu sangat ambisi besar ke followers sama likers

5. Tipe Entrepreneur

5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos
Tipe ini juga gak kalah mudah dijumpai gansis. Apalagi di kolom komentar artis atau selebgram. Tapi, ane apresiasi dengan tipe ini. Karena, mereka menggunakan kecanggihan teknologi untuk usahanya yang akan menghasilkan duit emoticon-Big Grin (pengalaman ane, tapi udah berhenti kagak jualan lagi emoticon-Ngakak). 
Tipe ini sangat mengerti akan peluang, yaah secara mereka seorang wirausahan yang pastinya sudah belajar tentang marketing. Tipe ini biasanya akan memberikan komentar yang berupa pujian terlebih dahulu dan ujung-ujungnya akan mengarah pada promote barang maupun akun instagramnya.
Tapi, ane paling gak suka jika dalam organisasi kuliah, ane kebagian jadi divisi danus (dana usaha) yang mengharuskan ane mencari jasa" yang nantinya akan di promote di IG ane. Sehingga, feed instagram ane penuh dengan promosi barang maupun akun" emoticon-Frown .

Sekedar ngingetin aja, setiap media sosial mempunyai karakter konten masing-masing. So, jangan sampai salah menempatkannya. Jujur sih, ane lebih suka komeng di kaskus sama twitter dibandingkan instagram emoticon-Malu

Oke, jadi itu aja yang mau ane bahas
Setelah gansis baca trit ane, kira" gansis tipe yang mana nih??

[SPOILER=HT ane lainnya]
emoticon-Salam Kenal

#IniIndonesiaku Mengenal Edi Warsono, Motivator Napi Hukuman Mati

NABU, Beras Analog Untuk Mengatasi Kelaparan

Mengenal 4 Kepribadian Manusia, Anda Yang Mana?

Tips Buat Gansis Yang Ingin Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris
Diubah oleh airell.718
5 Tipe Orang Saat Komentar Di Medsos | KASKUS

Antara 80 Juta, Konten Dewasa dan "Pemersatu Bangsa"


Awal tahun baru dengan berita baru, Selepas tahu baru berlalu kehebohan kembali muncul dengan pemberitaan salah satu artis perempuan yang terciduk  tengah berduaan berkencan dengan seorang lelaki di hotel yang mau membayarnya dengan harga cukup fantastis sebesar Rp. 80 Juta. Kehebohan berita ini Tak heran bila menjadi perbincangan hangat di dunia maya dan tak jarang menjadi guyonan banyak orang entah itu lewat status ataupun lewat meme.
 Antara 80 Juta, Konten Dewasa dan "Pemersatu Bangsa"
Credit : today.line.me

Permasalahan yang berkaitan dengan sesuatu yang berkaitan pornografi dan pornoaksi pasti akan selalu menarik  banyak orang, terlebih saat beredarnya foto syur artis tersebut dan kasus tersebut dipublish oleh media-media mainstream membuat kasus yang ada semakin membooming dan menjangkau banyak kalangan yang ujungnya malah banyak orang yang kepo. Di negeri ini bukan hanya permasalahan politik yang diributkan, namun masalah yang berkaitan dengan konten dewasa pun menjadi bahan persoalan. Tak jarang  orang-orang penasaran meskipun hanya lewat berita dan mengeluarkan jurus " Mangekyo Share link Gan" mencari tau sampai apa yang dipenasarinnya itu tidak membuat penasaran lagi.

Kasus 80 Juta hanya satu dari sekian banyak kasus yang berkaitan dengan sesuatu yang tabu yang ter blow up oleh media massa, sebelum-sebelumnya pun saat ada pemberitaan tentang sesuatu yang berkaitan tentang konten dewasa entah kasus foto ataupun video tak jarang mendapat sambutan yang riuh dari para netizen di dunia maya.

Internet saat ini sudah mainstream keberadaannya dan membuat rasa kepo orang-orang semakin besar. Apa-apa yang tengah viral dan populer seringkali dikepoin. Ditengah jenuhnya masyarakat indonesia akan permasalahan politik yang tak ada habisnya serta masalah hidup lainnya membuat banyak orang mengalihkan dirinya kepada sesuatu yang bisa memuaskan atau menghibur dirinya entah itu sesuatu yang lucu ataupun sesuatu yang berkaitan dengan konten dewasa.

Ditengah ancaman hukum bagi penyebar pornografi dan pornoaksi, nyatanya pembahasan satu hal ini masih menjadi bahasan favorit para netizen di dunia maya terlebih saat media massa memblow upnya. Tak jarang ada yang mengatakan bahwa sesuatu yang berkaitan dengan konten dewasa ini merupakan "pemersatu bangsa", karena saat hal ini dibahas, katanya orang yang yang berseteru dan berbeda pendapat karena politik pun bisa berdamai karena hal ini. emoticon-Hammer (S) Terlihat lucu namun di satu sisi mungkin ini bisa menjadi hal yang ironis, apa memang tak ada yang menyatukan bangsa ini dengan cara lain? Atau itu sebuah sindiran halus bagi orang-orang yang selalu mempertentangkan perbedaan? Entahlah.. semua itu kembali ke persepsi orang masing-masing.
 Antara 80 Juta, Konten Dewasa dan "Pemersatu Bangsa"
Credit : serujambi.com

80 juta yang sebelumnya biasa saja kini populer dan menjadi perbincangan hangat dan bukan tak mungkin orang bila ingat angka 80 juta mengingatkan pads kasus artis tersebut atau kepikiran jika punya uang 80 juta mau digunakan untuk apa. Tentang konten dewasa sendiri memang sering menjadi perbincangan di dunia maya dan menjadi guyonan sendiri di internet dan sering dianggap sebagai "pemersatu" mereka yang bertentangan. Politik di negeri ini memang seringkali menjenuhkan dan tak jarang menimbulkan konflik, namun masih banyak hal yang bisa menyatukan bangsa ini, bukan karena konten tertentu, tapi karena kita sendiri adalah bangsa indonesia yang memiliki tujuan sama ingin membawa negeri ini lebih baik kedepannya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber gambar via google images


[POPULER] Produk-Produk yang telah hilang dari pasaran, ada yang masih ingat? HT # 40 
Rahasia-Rahasia dibalik Kokohnya Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia HT # 54 
Produk-produk yang Disangka Telah Hilang dan Masih ada di Pasaran HT # 56 
Mengulas Kembali Hal-hal yang Viral di Internet dari Masa ke Masa HT # 68 
Begal Jenis Baru Kini Mengancam Kaum Hawa, Berhati-hatilah HT # 167 
Sedapnya Persaingan Produk Minuman Serbuk Cokelat Instan Di Indonesia HT # 179 
Muqaddimah, Karya Ibnu Khaldun yang Terkenal dan Disukai Mark Zuckerberg HT # 214 
Perusahaan-perusahaan Di Indonesia yang Mengalami Pailit dan Kebangkrutan HT # 239 
Kekuatan Itu Ada Dalam Diri Sendiri HT # 304 
Sesuatu Yang Seringkali Dijual Lewat Mobil, Apa Aja? HT # 305 
Kejujuran yang Seringkali Kalah dengan Kebohongan HT # 306 
Libur Telah Usai, Saatnya Kembali Bekerja HT # 307 
Adanya Target Membuat Hidup Lebih Termotivasi? HT # 308 
Nurhadi-Aldo dan Out Of The Box Politik HT # 309 
Banyak Masalah? Buat Tulisan Aja HT # 310 

10 Thread Populer dari Tafakoer di Tahun 2018
5 Karakter Game yang paling berkesan
5 Games yang Memiliki Kenangan Buruk dari Masa ke Masa
Aneka Jenis Skandal dan Kasus yang Pernah Terjadi di Turnamen Esport
WOM dan Citra Produk, Tantangan dan Peluang Produk Bisnis Di Masa Kini
Pemuda Masa Kini, Pemimpin Masa Depan
Media Massa : Dulu Dibungkam, Sekarang Tak Pernah Diam
Pemilihan Umum Kembali Tiba, Saatnya Ekspresikan Suara !

Antara 80 Juta, Konten Dewasa dan "Pemersatu Bangsa" | KASKUS

Tentang Pengorbanan, Baguskan Berkorban Mati-matian?

Hidup ini menyimpan banyak cerita dan hal-hal menarik di dalamnya. Hidup ini akan terasa indah saat kita punya tujuan yang pasti saat menjalani kehidupan yang penuh lika-liku ini. Halangan dan rintangan yang menghadang seringkali menjadi sebuah tantangan bagi setiap orang yang ingin sekali merasakan kesuksesan dalam hidupnya. Hanya mereka yang memiliki mental yang kuatlah yang bisa melewatinya hingga ke garis akhir kemenangan.
Tentang Pengorbanan, Baguskan Berkorban Mati-matian?
Credit : sesawi.net
Hidup ini memang seringkali butuh pengorbanan, begitu juga dalam meraih mimpi dan cita-cita pun tak jarang butuh pengorbanan di dalamnya. Apa yang ingin di gapai memang seringkali ada yang harus di korbankan, untuk meraih mimpi tentunya kita seringkali harus mengorbankan waktu dan tenaga demi menggapai sesuatu yang di inginkan serta bisa mengubah nasib hidup di masa depan nanti.

Seorang orang tua tentunya tak jarang berkorban untuk anak-anaknya berjuang membesarkannya. Mulai dari mendidiknya hingga berkorban materi untuk anak-anaknya. Tak jarang mereka berjuang sekuat tenaga demi melihat anak-anaknya sukses dan bahagia. Pengorbanan mereka tentunya seringkali menginspirasi banyak orang, meski hidupnya seringkali dihadang keterbatasan tapi mereka tak jarang berhasil mengantarkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi seorang sarjana yang tak jarang menjadi seseorang terbaik di kampusnya.

Pengorbanan bukan hanya dilakukan oleh orang tua kita, tapi juga dilakukan oleh yang lain seperti guru-guru kita tentunya tak jarang mengajarkan kepada kita sampai bisa seperti sekarang ini, tanpanya mungkin kita tidak akan bisa dalam berbagai hal. Dalam hal cinta pun tak jarang ada yang berkorban untuk pasangannya seperti memberi hadiah dan lain sebagainya. Cinta memang bisa memotivasi seseorang untuk berkorban demi pasangannya bahkan tak jarang berkorban secara mati-matian untuk kekasihnya.

Bicara berkorban secara mati-matian bagus atau tidak? Semua itu kembali ke pendapat masing-masing. Namun dalam kenyataanya banyak orang yang berkorban lebih untuk sesuatu bisa mendapatkan apa yang di harapkan, akan tetapi ada juga yang berkorban lebih namun yang di dapat hanyalah kekecewaan di hati yang mungkin susah untuk bisa terobati. Melakukan pengorbanan memang tak jarang harus dilakukan, karena bila menginginkan sesuatu hal pastinya ada yang harus dikorbankan entah waktu atau tenaga dan lain sebagainya.
Tentang Pengorbanan, Baguskan Berkorban Mati-matian?
Credit : konsultasisyariah.com
Pengorbanan itu memang wajar, namun saat berkorban untuk sesuatu hal yang sia-sia tentu tidaklah baik terlebih berkorban secara mati-matian. Berkorbanlah untuk sesuatu hal yang positif seperti pengorbanan orang tua kepada anak-anak. Berpikir secara rasional tentunya harus senantiasa di gunakan agar diri kita tidak berkorban pada sesuatu hal yang salah. Maka berpikirlah sebelum melakukan sesuatu termasuk saat ingin berkorban untuk hal-hal tertentu. Berkorbanlah secara sewajarnya dan semampu kita, jangan sampai berkorban secara terlalu berlebihan agar tiada penyesalan di lain hari. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau mengkoreksi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
Tentang Pengorbanan, Baguskan Berkorban Mati-matian? | KASKUS

Buddha di Ina

Mbah Joyo, Saksi Kemunduran Umat Buddha Blitar
Billy Setiadi | Kamis, 29 Maret 2018 11.00 AM News
Mbah Joyo, Saksi Kemunduran Umat Buddha Blitar
Mbah Joyo. Billy

Kondisinya sudah renta, hanya terbaring di kasur dipan sederhana miliknya. Di situlah ia melakukan aktivitasnya sehari-hari seraya menikmati hari tuanya. Kedua kakinya tak mampu lagi menopang tubuhnya untuk berjalan. Bukan harta berlimpah yang ia nikmati di hari tua.

Mbah Joyo kini berusia hampir 90 tahun. Tak ada hal istimewa, selayaknya orang sepuh pada umumnya. Namun siapa sangka, ia menyimpan semua cerita soal perkembangan dan kemunduran umat Buddha Desa Bumiayu, Blitar. Ingatannya masih tetap cemerlang di usia senjanya.

Beberapa mahasiswa dari Hikmahbudhi PC Malang dan UAKB (Unit Aktivitas Kerohanian Buddhis) Univ. Brawijaya Malang, sempat berkunjung  dan mewawancarai Mbah Joyo saat melakukan kegiatan “Live In” di Desa Bumiayu. Mencari informasi soal sejarah awal umat Buddha di Desa Bumiayu. Mbah Joyo merupakan salah satu tokoh umat Buddha dan saksi hidup pergulatan perkembangan umat Buddha di Desa Bumiayu.

Awal mengenal Buddhadharma

Para mahasiswa ini tak perlu repot mencari rumah Mbah Joyo. Karena hampir seluruh umat desa ini mengenalnya. Di pintu rumahnya bertulis papan nama sederhana “P. Joyo”. Bukti bahwa Mbah Joyo mungkin sering dicari banyak orang dan untuk memudahkan orang mencari rumahnya, maka sedikit diberi tanda.

Ia menyambut dengan baik kedatangan kami. Semangatnya seolah langsung meningkat. Posisinya yang tadinya berbaring, langsung bangkit ketika mahasiswa menanyakan soal sejarah perkembangan umat Buddha. Mbah Joyo seperti mendapatkan kembali harapannya yang sudah lama hilang.

Mbah Joyo menceritakan awal mulanya masyarakat Desa Bumiayu adalah kaum “abangan”. Kebetulan hampir seluruhnya “Soekarnois” dan simpatisan PNI (Partai Nasional Indonesia). Agama Buddha mulai dikenal di tahun 1966, pasca kejadian GESTOK (Gerakan Satu Oktober) atau biasa dikenal G-30S PKI. Penumpasan anggota dan simpatisan PKI (Partai Komunis Indonesia).

Dimulai dengan kedekatan Kepala Desa pada waktu itu bernama Bowo dengan Subroto dan Budiman. Subroto dan Budiman berprofesi sebagai guru di Kota Blitar. Kemudian Subroto dan Budiman mengajak Mbah Bowo, untuk mempelajari Buddhadharma. Mbah Bowo pun mengiyakan ajakan tersebut.

Karena Mbah Bowo mempunyai “Bargaining Position” sebagai Kepala Desa Bumiayu, maka ia mengajak warganya untuk mempelajari juga. Awalnya dibekali buku tata cara sembahyang, lalu mengikuti penataran (pelatihan). Mbah Joyo waktu masih cukup muda diajak oleh Mbah Bowo untuk mengikuti penataran.

Penataran berlangsung di kota Blitar. Sekitar 40 km jarak dari Desa Bumiayu ke Blitar kota. Mbah Joyo harus menggunakan sepeda untuk menuju lokasi, bahkan ia mengaku terpaksa pernah jalan kaki. Karena waktu keadaan desa juga jarang kendaraan.

Penataran di Blitar banyak diisi oleh alm. YM. Bhante Girirakhito, seorang tokoh perintis pergerakan kembali agama Buddha di bumi Indonesia. Bhante Girirakhito juga dikenal sebagai pemimpin Buddhis terkemuka yang sangat mengenali sekali karakter dari perkembangan agama Buddha di Indonesia. Ia tak segan-segan masuk ke pelosok-pelosok desa untuk mengembangkan Buddhadharma.

Lewat penataran-penataran yang diikutinya, Mbah Joyo kemudian mensosialisasikan kembali kepada penduduk desanya. Hasilnya hingga 1975 jumlah umat Buddha di Desa Bumiayu hampir 100%! Kehidupan desa berjalan dengan aman dan tenteram.
Mbah Joyo, Saksi Kemunduran Umat Buddha Blitar
Rupang Buddha pertama Mbah Joyo sejak 1968

Awal berkurangnya umat Buddha

Sampai pada saat pergantian Kepala Desa seolah menjadi momok. Rezim Orba (Orde Baru) yang kuat melanggengkan militer untuk masuk segala lini kekuasaan, termasuk desa. Kepala Desa baru bernama Sumiran ini berasal dari kalangan militer dan “non-Buddhis”.

Kebijakan berubah drastis semenjak Sumiran memerintah. Waktu itu, banyak anak-anak muda Buddhis yang diintimidasi untuk meninggalkan agama Buddha. Orang-orang yang mempertahankan ajaran Buddhis pun didiskriminasi. Tak boleh keluar desa untuk bekerja atau belajar, harus menjadi petani atau usaha apa saja, yang penting tak keluar desa.

Untuk orang Buddhis, pajak tanah menjadi tinggi. Pungutan desa menjadi tak wajar. Hal tersebut tak berlaku untuk mereka yang meninggalkan agama Buddha. Kejadian ini berlangsung 27 tahun selama Sumiran menjabat menjadi Kepala Desa.
Mbah Joyo, Saksi Kemunduran Umat Buddha Blitar
Mengabadikan sebuah kenangan bersama Mbah Joyo

Semacam ada kemiskinan secara struktural yang dilegitimasi oleh keyakinan tertentu. Alhasil sekarang sisa umat hanya sekitar 30% dari jumlah penduduk desa. Yang bertahan ini yang melakukan perlawanan terhadap kekuasaan pada waktu itu. Generasi muda Buddhis sengaja diputus agar habis dan lenyap.

Mbah Joyo menceritakan itu dengan sedikit agak geram. Ada raut kekesalan dan penyesalan di balik wajahnya. Walau suaranya tak selantang dulu, Mbah Joyo masih mampu menceritakan hal-hal itu dengan jelas.

Namun dirinya tak pernah menyesal mengenal Buddhadharma. Ia bangga pernah menjadi salah satu pelopor kebangkitan ajaran Buddha di daerah Blitar. Bahkan rupang Buddha pertama yang ia dapatkan di tahun 1968 masih tersimpan di lemari pribadi miliknya. Meskipun kondisinya sudah sedikit rusak.

Pesan Mbah Joyo untuk generasi muda Buddhis, agar menuntut ilmu setinggi-tingginya, memperdalam Buddhadharma sedalam-dalamnya. Ilmu dan Buddhadharma bisa dipakai untuk menolong orang lain agar menjadi orang yang bermanfaat guna lingkungan sekitar. Menjadi umat Buddha itu seperti berlian, harus mampu berkilau di antara yang lainnya.





Tiada ulasan: