Sabtu, 19 Januari 2019

Mudah berkarat dan kadang orang lupa karat yang dibuat. 9062.



Waspada, 5 Bagian Sepeda Motor Ini Rawan Berkarat di Musim Hujan 
Sabtu 19 Januari 2019, 12:55 WIB
Ilustrasi.
Batam - Bagi pengendara sepeda motor, musim hujan artinya harus berkendara  dengan lebih hati-hati dan memberi perhatian ekstra ke tunggangan.
Tak hanya berpotensi membuat tubuh kita sakit, nyatanya, air hujan juga bisa menyebabkan timbulnya beragam masalah pada motor, salah satunya adalah karat.
Yap, suka atau tidak, air hujan yang mengandung asam bisa menimbulkan karat yang akan membuat komponen besi dan logam di motor jadi cepat terkikis dan rusak. Apalagi jika motor dibiarkan dalam waktu yang lama setelah diguyur hujan.
Sedikitnya, ada sekitar lima bagian motor yang rawan terkena karat jika terus terkena air hujan. Itu artinya, kamu wajib memberi perhatian ekstra pada bagian motor berikut ini. Apa saja?
1. Swingarm 
Swingarm atau lengan ayun berfungsi untuk menopang bodi motor dengan roda bagian belakang. Selain itu, swingarm juga mengakomodir putaran gear sebagai penggerak roda.
Nah, karena letaknya yang ada di bawah, swingarm rawan terkena cipratan air hujan yang bercampur dengan lumpur dan pasir. Kamu wajib memeriksa beberapa bagian swingarm, yakni sambungan dan bushing. Nah, karena fungsinya yang vital, kamu harus memberi perhatian lebih pada bagian ini, ya!
2. Rangka atau Sasis 
Selain swingarm, rangka atau sasis jadi bagian kedua yang mudah terserang karat. Bagian yang biasanya rentan terkena karat adalah sambungan sasis dan bagian yang sulit dijangkau saat dicuci. Untuk motor sport, bagian yang paling sering berkarat adalah bagian di dekat aki. Efeknya, karat tersebut akan membuat rangka jadi lebih mudah penyok, bahkan patah jika motor mengalami benturan keras.
3. Shockbreaker  
Shockbreaker atau peredam kejut juga jadi salah satu bagian yang tak boleh luput dari perhatian kamu. Sebab, posisinya yang berada dekat pelek dan roda membuat bagian ini lebih akrab dengan cipratan air dan lumpur.
Nah, apabila karat sudah menyerang tabung shockbreaker, bisa dipastikan karet bagian dalam akan rusak dan menyebabkan bocornya oli pada shockbreaker. Jika hal tersebut terjadi, shockbreaker tidak akan bekerja dengan maksimal, bahkan bisa membahayakan kamu sebagai pengendara.
4. Rantai 
Meski kamu sudah memberikan perlindungan lewat pelumas anti-karat, bukan berarti rantai kamu akan terbebas dari korosi saat musim hujan. Jika tidak sering dibersihkan, karat akan membuat elastisitas rantai berkurang, bahkan bisa membahayakan.
Ciri-ciri rantai yang sudah berkarat biasanya saat dijalankan, motor akan berisik dan tarikan jadi lebih berat. Jika sudah menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya kamu lebih waspada karena rantai bisa putus kapan saja dan akan membahayakan kamu.
5. Knalpot
Bagian leher knalpot pada blok mesin hingga ujung pembuangan juga jadi sektor yang rentan terhadap serangan karat. Meski pabrikan kendaraan sudah melapisi bagian ini dengan krom, tetap saja hal tersebut tak mengurangi risiko dari jahatnya karat.
Jika kamu membiarkan knalpot kotor untuk jangka waktu yang lama setelah terguyur hujan, perlahan lapisan peindung tersebut akan tergerus dan menyebabkan besi mengalami korosi atau karat.
Itu dia lima bagian motor yang rentan terkena karat di musim hujan. Sebenarnya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan memeriksa lima bagian tersebut secara rutin, terlebih lagi sektor yang terletak di bawah motor. Kuncinya satu, setelah berkendara di musim hujan, sebaiknya bersihkan motor dengan air bersih agar komponen motor punya umur lebih lama.
(*)
Editor       : Dodo
Waspada, 5 Bagian Sepeda Motor Ini Rawan Berkarat di Musim Hujan
Berita Terkait : 


Terlanjur Kaya, Pemilik Rumah Pagari Kediamannya dengan Puluhan Sepeda Motor
Jumat 11 Januari 2019, 13:13 WIB
Foto: Instagram @phoenix777invasion
Jakarta - 'Orang kaya mah bebas,' nampaknya slogan ini memang berlaku bagi mereka yang mempunyai duit berlebih. Salah satunya yang mempraktekan jargon ini ialah seorang saudagar asal Thailand.
Salah satu kebebasannya menjadi orang berduit lebih ialah menjadikan puluhan sepeda motor sebagai pagar rumahnya.
Dikutip dari Motorplus, Kamis (10/1) tidak tanggung-tanggung 25 sepeda motor Yamaha RX King dan RX-Z yang dijadikan pagar.
Pria saudagar kaya dari Chonburi bernama Tan itu sengaja mengeluarkan dana besar hanya untuk membeli sepeda motor sebagai material pagar rumahnya. Tan membeli total 25 sepeda motor dua tak tersebut.
Nah, harga seunit motor dipukul rata Rp 10 juta. Jadi dirinya menghabiskan uang Rp 250 juta hanya untuk membuat pagar rumah dari sepeda motor.
Asal tahu, semua motor yang ia beli resmi dengan surat-suratnya, jadi bukan motor bodongan. Lantas ke-25 sepeda motor tersebut ditata disekeliling rumahnya.
Deretan RX-Z dan RX Spesial hanya ditutupi kanopi kecil dan pagar bisa buka dan tutup secara otomatis. Motor legendaris itu sampai kusam dan karatan lantaran hanya dijadikan pagar penghias rumah Tan.
Tan juga masih ada 3 motor RX-Z dan RX Spesial yang tidak ia jadikan pagar rumah. Selain motor legendaris, deretan mobil mewah juga terlihat pada bagian garasi yang cukup lebar.
Enggak kebayang kalau di Indonesia, bisa langsung direstorasi dan dijual mahal.
(pkd)
Editor       : Erick
Sumber   : grid.id
Terlanjur Kaya, Pemilik Rumah Pagari Kediamannya dengan Puluhan Sepeda Motor

Najib, Khalid berbalas serangan selepas bertemu di Cameron Highland

NASUHA RAHMAN

Bekas Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak dan Menteri Wilayah Persekutuan Khalid Abd Samad berbalas serangan di laman facebook masing-masing selepas bertemu di Cameron Highland semalam.

Najib terlebih dahulu melakukan serangan terhadap Khalid dengan memuat naik status “oh, sebelah kiri saya ini tauke Harapan Coin. Hari itu terpegun naik MRT. Jangan dia terkejut Cameron ada strawberi sudahlah”.

Najib turut memuat naik gambarnya di dalam sebuah masjid di mana individu sebelah kirinnya adalah Khalid Samad dan di fahamkan gambar itu diambil ketika selesai solat Jumaat di sana.

Kemudian, beberapa jam selepas itu, Khalid pula memuatnaik statusnya di facebook yang turut meletakkan gambar yang sama. Statusnya itu sebagai membalas serangan Najib.

“Kenalkan sebelah kanan saya ni tauke 1MDB. Saja nak bagitau, baik jadi tauke Harapan Coin daripada jadi tauke 1MDB yang rembat duit rakyat,” tulis Khalid.

Kini, kempen Pilihan Raya Kecil (PRK) Cameron Highland semakin rancak parti yang bertanding masing-masing bertungkus lumus menggerakan jentera mereka bagi memenangi hati pengundi. Berbagai-bagai cara berkempen digunakan parti yang bertanding.


at 1/19/2019 03:00:00 PTG 
KERENGGA: Najib, Khalid berbalas serangan selepas bertemu di Cameron Highland







Tiada ulasan: