Khamis, 17 Januari 2019

Waspada dengan hati sendiri. 9051.





 Selasa, 18 September 2018
PENGARUH HATI, NAFSU DAN SYAITAN DALAM DIRI MANUSIA.

Pendahuluan.

Manusia adalah makhluk yang indah dan sempurna, unik dan istimewa yang menjadi penghuni bumi ini. 

Al Qur'an menyatakan, firman Allah yang bermaksud: 

"Sesungguhnya kami telah mencipta manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian  kami kambalikan dia ketempat yang serendah-rendahnya (neraka) kecuali orang-orang beriman mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka pahala yang tidak putus-putus. (Q. At Tin  ayt. 1-6) 

Firman Allah s.w.t yang bermaksud

"Dan sesunggunya kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah, kemudian kami jadikan saripati itu air  mani (yang di simpan) dalam tempat yang kukuh (rahim), kemudian air mani (sperma) itu kami jadikan segumpal darah, lalu kami jadikan segumpal daging, dan segumapal daging itu kami jadikan tulang belulang. lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha suci Allah pencipta yang paling baik." (Q.S Al Mukminun ayat :12,13,14) 

Unsur Dalaman. Unsur dalaman yang dimaksudkan itu iaitu: 

  1. Hati
  2. Nafsu
Dalam diri manusia ada segumpal daging yang berperanan membawa manusia kepada kejayaan atau kehancuran berdasarkan kepada Hadis Nabi s.a.w yang bermaksud: 

"Ketahuilah bahawasenya manusia itu ada segumpal daging, apabila ia baik, baiklah tubuh semuanya, apabila ia rosak, maka rosaklah tubuh semuanya, dan ketahuilah  ia adalah hati." (HR muttafaqun Alaih) 

Hati pula terbahagi kepada beberapa kategori, iaitu:


  1. Hati yang menerima cahaya keimanan dipanggil Al Qalb. 
  2. Hati yang dipanggil Fuadi yang  Makrifah, Mukasafah yang wujud kepada manusia yang terpilih sahaja. 
  3. Hati yang berbentuk jantung hati dipanggil Lub (Al Bab) iaitu yang menerima cahaya tauhid atau keesaan Allah. 
Status yang paling hebat di antara ke tiga-tiga komponen tersebut ialah Lub (al Bab) yang paling tinggi dan dianggap intelek dalam diri manusia.

Akal manusia tidak dapat merunkaikan terlalu jauh membuat andaian atau ramalan dalam hal atau masalah yang berhubungan dengan alam ghaib, kerana ia terlalu abstrak dan kabur masalahnya, Al Qur'an tidak menjelaskan secara terperinci, tidak juga ada ilmu untuk dapat mengetahuinya lebih detail, ia adalah urusan Allah Yang Maha Mengetahui segala-galanya, para ilmuan tentang kejiwaan yang dipanggil pakar jiwa itu, mereka pun  hanya mengetahui dari fakta-fakta dan gejala-gejalanya sahaja, boleh jadi fakta-fakta itu tepat dan boleh jadi meleset.


Sementara itu apa yang dipanggil cetusan hati akan melahirkan niat, dan niat pula akan ditimbangkan oleh akal (mental). 

Akal atau mental terbahagi kepada dua, iaitu mental yang berbentuk fizikal (material) dan yang berbentuk spiritual (keruhanian). 

Kecerdasan akal  yang berbetuk fizikal itu, sebenarnya sangat terhad, ia dipandu oleh daya intelektual yang bersifat materialis, ia juga boleh mengundang ketidaksetabilan hidup  ini.  

Sedangkan akal yang berbentuk spiritual (keruhanian) kehebatannya  dikendalikan langsung oleh Allah s.w.t. Kekuatannya boleh menyatukan ummah didunia ini.

Akal juga mencetuskan sikap iaitu  sikap positif atau negatif. 

Sikap yang positif lebih kepada kemalaikatan. 

Ia mengukuhkan keimanan dan ketaqwaan, kebenaran dan kebaikan, maka akan munculnya suatu  kemenangan dan kejayaan, secara keseluruhanya akan menerima balasan dan ganjaran dari Allah s.w.t. 

Ia  akan menempa kejayaan yang amat manis dalam kehidupan ini. Menjadikan  diri dan  keluarga sentiasa dalam ketenteraman dan kedamaian, selalu bersyukur terhadap anugerah Allah  yang diberikan kepadanya.

Sedangkan sikap yang negatif itu lebih kepada kesyaitanan. 

Iaitu  selalau muncul mendepani hidupnya sebagi penipu atau hipokrit, membawa kehancuran dan kemusnahan, selalu dibayangi oleh kegagalan dan menerima padah dari Allah s.w.t.

Sikap yang negatif ini, akan melahirkan suasana  tidak tenteram dalam hidup ini, selalu sahaja didepani oleh masalah hidup,  seperti tidak wujud kepuasan dan disibuk oleh sifat tamak, iri hati dan sebagainya, yang selalu merasakan hidup ini tidak pernah kecukupan, walau pun dianugerah harta kekayaan yang bertimbun banyaknya, tetapi hartanya tidak pernah mendatangkan ketenangan baginya, lebih-lebih lagi di dalam harta tersebut bersarangnya berbagai maksiat di dalamnya, seperti digunakan untuk perjudian, berfoya-foya di tempat hiburan dan lain-lain sebagainya. 

Implikasinya hidup ini tidak ada yang indah lagi dan hidup ini dibayangi oleh kegagalan, lebih jauh dari itu akan menerima padah azab dan siksa Allah s.w.t  di dunia dan di akhirat. 

Segala perlakuan yang negatif dan positif ini, walau pun akal memainkan peranan, tetapi hati itu adalah punca utama, sebagaimana digambarkan oleh hadis Nabi s.a.w tersebut di atas, jika hatinya rosak, maka akan rosaklah seluruh anggota lain semuanya.

Hati yang rosak itu  sebagaimana di gambarkan seorang ulama besar Al Imam Al Faqih Abu Al Lais mengatakan, bahawa hati yang rosak itu sama dengan hati yang mati, beliau menyifatkan hati yang mati itu  diumpamakan: 

  1. Seorang mengakui bahawa Allah itu Tuhannya, tetapi tidak pernah beribadah kepadaNya.
  2. Seorang membaca  Al Qur'an, tetapi tidak pernah mengamalkan isi kandungannya. 
  3. Seorang mendakwa dirinya umat Nabi Muhammad s.a.w, tetapi tidak pernah mengamalkan Sunnahnya.
  4. Seorang makan dari nikmat dan anugerah Allah yang diberikan kepadanya, tetapi tidak pernah bersyukur kepadaNya.
  5. Seorang mengakui, bahawa mati itu benar, tetapi ia tidak pernah bersedia untuknya.
  6. Seorang menganggap dirinya lepas dari seksa neraka, tetapi masih juga melaku perbuatan yang dilarang oleh Allah s.w.t.
  7. Seorang menganggap dirinya masuk surga, tetapi tidak pernah beramal dengan amalan yang boleh membawa ke sana.
  8. Seorang yang mengapankan mayat, tetapi  tidak mengambil  iktibar dari kematian tersebut.

Hati yang rosak, getaran dan gelombangnya tidak sampai kepada Allah, doa dari seseorang  hatinya rosak tidak akan sampai kepada Allah, ia ibarat bangkai bernyawa yang tidak ada memfaatnya lagi. Oleh itu ia mesti memperbaiki hubungannya dengan Allah, bertaubat dan memohon keampunnanNya serta kembali  menunaikan segala kewajiban kepada Allah s.w.t  dan insya'alah Allah akan menerima taubat hamba-hambaNya.

Unsur dalaman seterus ialah nafsu, nafsu terbahagi kepada beberapa kategori: 

  1. Nafsu imarah adalah nafsu yang paling rendah dan kotor. Firman Allah s.w.t. yang bermaksud: "Nafsu manusia itu sangat menyuruh melakukan kejahatan kecuali orang  yang diberi  rahamat oleh Allah s.w.t." (Q.S. Yusof ayat : 53)
  2. Nafsu musauwilah, yang sangat licik dan sangat pandai menipu, bagi mereka kejahatan itu bagaikan satu kebaikan. 
  3. Nafsu mulhamah yang melambangkan kesucian hati dapat menghalang dari perbuatan cela, seperti sifat hasad dengki, mencerca orang lain dan sebagainya.
  4. Nafsu Lawwamah, iaitu jiwa yang menyesali diri itu terhadap perbuatan jahat yang dilakukannya.
  5. Nafsu kamaliah, yang berjaya meletakkan diri manusia ke martabat tertinggi di sisi Allah  s.w.t.
  6. Nafsu muthmain'nah yang paling mulia dan di ridhai oleh Allah s.w.t, firman Allah yang  bermaksud: "Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhan mu dengan hati yang puas lagi diridhaiNya, masuklah dalam jama'ah hambaku dan masuklah kedalam surga Ku."(Q.S. Al Fajr :27,28,29dan30)
Nafsu merupakan anugerah Ilahi dan perlu diurus dengan baik dan bijaksana, perlu dipelajari segala unsur-unsur yang terdapat di dalamnya, sama ada ke arah positif atau negatif.

Di antara unsur-unsur negatif pada nafsu itu ialah.

  1. Diketuai oleh hati yang tidak pernah menerima pertimbangan akal yang positif.
  2. Menjadi kawan sejati yang tidak pernah mengajak manusia kapada perkara baik atau bermanfaat.
  3. Tidak ujud ketenangan dan kepuasan dalam diri manusia apa sahaja keadaan atau suasana.
  4. Mata dan telinga selalu  menjadi perisik atau pengintip yang setia kepada nafsu.
  5. Selalu mengundang musuh-musuh dari luar, iaitu: 
  • i -Syaitan dan kroni-kroninya.
  • ii-Budaya yang  bercanggah dengan norma-norma agama.
  • iii-Ideologi karut seperti  sekularism, humanism, modenism dan lain-lain seumpamanya.
  • iv-Ajaran-ajaran sesat.
  • v-Suka berpoya-poya 
  • vi-Suka melakukan jenayah, membunuh, mencuri, berzina, merogol, merompak dan sebagainya.
Unsur Luaran. 

Selain  dari unsur dalaman, terdapat pula unsur luaran yang menjadi penghasut setia dan masuk  mempengaruhi dalaman manusia, iaitu iblis dan syaitan. Syaitan itu musuh di alam ghaib . Kerjayanya ialah untuk menyesatkan manusia.

Dahulunya syaitan itu satu makhluk yang taat kepada Allah dan diberikan oleh Allah s.w.t kedudukan yang baik disisi Allah, kemudian ia berlaku durhaka dan engkar kepada Allah s.w.t. Allah berfirman dalam Al Qur'an yang bermaksudnya: " Adalah ia (syaitan) dari golongan jin, lalu ia durhaka kepada Tuhannya." (QS Al Kahfi:50)

Kedurhakaan syaitan, kerana keengganannya dan membangkangkan Allah s.w.t apabila disuruh oleh Allah untuk sujud hormat kepada Adam a.s, dengan sikap angkuh dan sombong dengan mengeluarkan kata-kata, firman Allah yang bermaksud: "Patutkah aku sujud kepada orang yang engkau jadikan dari tanah."  (QS Al Isra' : 61)

Dalam ayat yang lain Allah berfirman, yang maksudnya: "Aku lebih baik daripadanya (Adam), kerana Engkau jadikan aku dari api, sedangkan dia engkau jadikan dari tanah !." (QS.Al  A'raaf : 12)

Syaitan bersikap takabbur (sombong) dan merasakan dirinya hebat dan besar kepala, tidak mahu tunduk kepada perintah Allah s.w.t. Syaitan berdosa besar dengan Allah, dan dengan sebab itu ia dihukum oleh Allah bersesuaian dengan keangkuhannya, Allah mengusirnya dan melaknat serta mengutuknya selama ia hidup didunia ini, dan Allah akan mengazabnya dengan azab yang amat pedih di akhirat nanti.

Kesombongannya, tidak mahu mengakui kesalahnnya dan tidak mahu bertaubat kepada Allah, dan engkar sehingga ia menjadi kafir. Bahkan ia meminta supaya dilanjutkan hidupnya di dunia ini sampai berakhirnya dunia ini (kiamat) serta berjanji akan menyesatkan manusia semuanya, kecuali hamba-hamba Allah yang terpelihara kesuciannya dan ikhlas. 

Syaitan  berkata kepada Allah, firman Allah dalam Al Qur'an yang bermaksud: "Iblis berkata wahai Tuhanku, kerana Engkau menjadikan aku sesat, maka sesungguhnya aku akan memperluaskan segala jenis maksiat (dengan keindahan duniawi) kepada Nabi Adam a.s dan zuriatnya di dunia ini. Dan aku akan sesatkan mereka semuanya kecuali dari hamba-hamba Mu yang ikhlas." (QS.Al Hajr ayat :39-40) 

Ayat-ayat tersebut di atas, memberikan gambaran, bahawa syaitan akan terus melaku kerjayanya dan akan berakhir setelah berakhirnya dunia ini, semua manusia akan kembali ke alam baqa', alam yang kekal abadi. Syaitan akan menghadapi pembalasan dari Allah s.w.t dari kerja kotornya menyesatkan manusia dari berbagai kejahatan dan maksiat yang dilakukanya, ia mendampingi manusia sebagai musuh di alam ghaib dan memperalatkan manusia sehingga menjadikan manusia itu hamba-hamba kepadanya yang akan mengikut tulunjuknya, bukan sebagai hamba Allah.

Syaitan juga berada di kalangan manusia yang tamak dan rakus, manusia sanggup menyembah syaitan demi untuk memenuhi nafsu rakusnya.

Oleh itu ingatlah, bahawa syaitan dan kroni-kroninya itu  adalah musuh kepada manusia dan jangan sekali-kali menjadikan sahabat  atau teman rapat kepada manusia. Hal ini dengan tegas Allah berfirman yang bermaksud: "Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh kamu, maka anggaplah ia sebagai musuh. Kerana sesungguhnya syaitan sentiasa menghasut manusia dan golongannya,supaya mereka menjadi penghuni neraka." (QS. Faatir:6)

Syaitan menghasut manusia beberapa cara, di antaranya ialah: 

1) Menghasut manusia melalui  dua tepian jurang yang berbahaya.

Syaitan berusaha untuk mencelakakan manusia rohani dan jasmaninya, dalam bentuk melampau, contoh dalam hal mencari keperluan hidup di dunia ini. Jika ingin hidup baik dan terhormat harus mencari rezeki dan berusaha mengikut kemahirannya dalam kerjayanya dunia dan akhirat, ia menghasut manusia supaya meninggalkan keduniaan dan  hidup bermalas-malasan. Hidup ini hanya untuk akhirat semata-mata. Sedangkan konsep Islam, dunia ini untuk berkerja secara dinamik, dunia ini seiring sejalan dengan  akhirat, tetapi jika menusia terpadaya dengan hasutan syaitan, maka  akan   terjatuh di tepian jurang  membuat manusia melarat  dan menjadi pengemis dijalanan. 

Jika cara tersebut di atas  gagal,  syaitan menukar pula cara hasutannya memperdaya manusia dalam bentuk  material yang berlebih-lebihan,  melalui jalan yang tidak halal seperti menggelap wang, mencuri, merompak, melakukan rasuah dan sebagainya, namun bagi mereka yang taat dan patuh kepada Allah,  hidayah Allah itu sentiasa wujud  di antara dua tepian jurang berbahaya tersebut, seperti  menuntut rezeki  yang halal dan jujur. 

Godaan syaitan ini menggunakan fakta terbalik dinamakan Ifrath dan tafrith, iaitu jika ia gagal dalam usahanya yang pertama, syaitan akan berada di tepian jurang kedua, dia akan menukar kepada perkara yang disebaliknya untuk menjatuhkan manusia  ke salah satu dari dua tepian jurang yang sangat berbahaya tersebut.

2) Syaitan amat menyuruh supaya bersifat bakhil dan boros. 

Allah itu memberi hidayah kepada manusia supaya bersifat pemurah, sifat pemurah itu ia berada di antara sifat kedekut dan boros. Syaitan akan menghasut terhadap orang yang mempunyai kedudukan dan kaya, seperti golongan jutawan, bagi menyempitkan hartanya yang melempah ruah itu supaya jangan  berzakat, bersedekah,menyumbangkan derma dan lain-lain, sebagai menunaikan tanggungjawab sosial dan menjadi manusia pemurah, bertangan sosial serta perihatin terhadap orang yang memerlukan. 

Syaitan akan merubah kaedah hasutannya terhadap  orang kaya yang pemurah itu,  ia berusaha menghasut orang kaya suapaya menghamburkan harta bendanya di meja-meja judi, berpoya-poya dikelab-kelab hiburan dengan teman sosial  yang boleh menyebabkan papa kedana. Namun hidayah Allah itu juga terdapat di  dua tepian jurang yang berbahaya tersebut, tetapi hanya dapat digapai oleh hamba-hamba Allah yang ikhlas dan suci sahaja yang benar-benar mempunyai sifat pemurah.

Syaitan menghasut manusia menggunakan hasutannya dengan kaedah yang sama   iaitu  membesar-besarkan nikmat kemungkaran yang amat berlawanan dengan petunjuk Allah yang jelas dan lurus  itu, menjanjikan kebahagiaan dunia dan akhirat dengan amalan sebagaimana dianugerahkan kepada mereka yang ikhlas dan suci itu.

Sabda Nabi s.a.w dalam suatu Hadis yang bermaksud: "Bukanlah orang yang paling baik daripada mu itu  yang meninggalkan dunianya kerana akhiratnya, dan tidak pula yang meninggal akhiratnya kerana dunianya, sebab dunia itu penyampai kepada akhirat dan janganlah kamu menjadi beban atas manusia." (HR.Ibnu'Asakir)

Dalam Al Qur'an Allah memberikan peringatan yang bermaksud: "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepada mu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu lupa bahagian mu dari (kenikmatan) duniawi ini."(QS Al Qshash :77)

Allah telah menjanjikan kepada manusia segala nikmatNya di dunia ini dan juga kebahagiaan di akhirat yang sangat luar biasa itu, sedangkan syaitan meletakkan dua tepian jurang untuk manusia sebagai musuhnya. Kedua-dua tepian jurang tersebut yang amat berbahaya. Maka selalulah ingat kepada peringatan Allah itu supaya selamat dari dua tepian jurang yang berbahaya itu.  

3) Syaitan mendorong manusia supaya bersifat  riya'.

Riya' itu menunjuk-nunjuk terhadap kelebihan harta, kelebihan ilmu yang dipamirkannya, amalan kebajikan  yang dilakukan nya, bukan dikerjakan dengan kesucian hati dan ikhlas terhadap Allah, tetapi melakukan sesuatu itu demi untuk mendapat pujian dan sanjungan dari manusia di dunia ini, perbuatan tersebut sebenarnya tidak medapat ganjaran di akhirat nanti dari Allah. Maka kalau ia bertanya dan membuat tagihan kepada Tuhannya, dimana ganjaran terhadap sumbangan yang pernah dilakukan didunia dulu, Allah akan memberikan jawapannya, sudah pun diberikan semasa di dunia dahulu ketika ia mengharapkan pujian dan sanjungan dari manusia, bukan pujian dan sanjungan dari Allah. 

Maka Allah tidak akan menerima,  amalan yang berbentuk riya'  atau menunjuk-nunjuk, kerana amalan seperti itu tidak ikhlas kepada Allah s.w.t. Nabi s.a.w  dalam  sabdanya yang bermaksudnya: "Sesungguhnya Allah tidak menerima  satu amalan pun, melainkan yang dikerjakannya dengan ikhlas keranaNya, dan menuntut keridhaanNya." (HR.An Nsa'ie)

Orang yang ikhlas  suci hatinya di sisi Allah, syaitan sendiri telah mengakui, selama manusia itu ikhlas kerana Allah tidak dapat diganggu dan syaitan tidak berdaya menipunya dan memperdayakannya, maka singkirkan sifat riya'  dalam segala kerja terutama apabila melakukan ibadah kepada Allah dan amalan kebajikan, janganlah melakukan perkara tersebut  dengan riya'. Maka berusahalah memohon kepada Allah supaya kita ini patuh petunjukNya supaya selamat dari godaan syaitan.

4) Syaitan juga mengajurkan bagi memisah dunia dengan akhirat. 

Apabila keduanya dipisahkan, iaitu manusia hanya mengurus dunia sahaja tanpa akhirat, membuat manusia hilang arah, kerana dunia ini untuk manusia beramal sementara menunggu untuk kedestinasinya yang terakhir ialah akhirat. Jika dunia itu untuk dunia, maka manusia akan tengelam dalam materialisme, kerana dunia ini sifatnya materialime, maka Allah mencipta dunia ini untuk manusia beramal dan berdinamika dan hasilnya akan dibawa ke akhirat, tidak ada seorang manusiapun yang kekal di dunia ini dan ia pasti musnah (mati). Maka kerana itu dunia tanpa akhirat manusia akan sesat,  sebab hidup ini adalah untuk mati dan destinasinya adalah akhirat.

Begitu juga jika manusia hanya memilih akhirat semata-mata tanpa dunia, manusia akan melarat, Allah menjadikan dunia dan akhirat ini seiring sejalan, sama dengan fizikal dan spiritual, ada yang satu dan tanpa yang satu lagi, boleh jadi manusia akan hidup melarat, sebab  akhirat itu sifatnya non material, untuk samapai ke destinasi tersebut ia perlukan material dan melalui dunia terlebih dahulu. Jika manusia hanya memilih akhirat semata-mata, sehingga ia hidup melarat dan sengsara dan hidup ini hanya menagih belas kasihan orang ramai, maka bukan itu tujuan Allah menjadikan manusia dan dunia ini, cara seperti itu memang kaedah yang  menyempang dari hidayah Allah.

Nabi s.a.w bersabda  maksudnya: "Bukanlah orang yang paling baik daripadamu itu yang meninggalkan dunianya kerana akhiratnya, dan tidak pula yang meninggalkan akhiratnya kerana dunianya, sebab dunia itu penyampai kepada akhirat, dan janganlah kamu menjadi beban ke atas manusia." (HR. Ibnu 'Asaakir)

Syaitan juga meletak propaganda memburuk-buruk suruhan Allah dan hukum-hukum Allah dengan di gambarkan sebagai kolot atau kuno, kejam, ketinggalan zaman dan sebagainya, menggambarkan segala suruhan Allah itu seperti sholat, puasa, zakat dan sebagainya membuang masa, sia-sia dan memenatkan badan saja, dan setelah berkerja dan berpenat lelah mencari harta, maka dengan mudah memberikan harta tersebut kepada mereka yang meminta dan malas berkerja. Syaitan juga memperlihatkan dipandang indah segala bentuk maksiat dan kemungkaran, seperti tempat atau sarang pelacuran, tempat-tempat berpoya-poya atau apa yang panggil dunia hiburan, kawasan untuk berpeleseran, tempat-tempat perjudian dan lain sebagainya. "Dan Syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka  lalu menghalang mereka dari jalan (Allah) sehingga mereka tidak dapat petunjuk." (QS.An Naml  : 24) 

Syaitan memperdaya manusia dengan perasaan jejek terhadap  apa juga yang datang dari Allah dan berbangga dengan pekerjaan jahat mereka, maka itulah dinamakan memandang indah terhadap maksiat dan kemungkaran dan berbangga terhadap perbuatan dan amalan tersebut

5) Syaitan juga menyamakan riba dengan  jual beli. 

Jual beli yang halal  itu juga sama dengan riba, kerana semua amalan tersebut untuk  mendapatkan keuntungan. Maka dengan itu manusia tidak akan berhenti untuk mendapat keuntungan dengan melakukan amalan riba dalam  perniagaannya, kerana dihiasi oleh syaitan rasa amat bangga bahawa perbuatan tersebut baik dan mendatangkan keuntungan, tetapi secara tak langsung melakukan penindasan kezaliman terhadap orang lain dalam aktiviti perniagaannya dan cepat kaya serta keuntungan berganda, tetapi secara yang tidak halal.

Firman Allah dalam Al Qur'an  yang bermaksud"Orang yang  makan (megambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya  orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila (tidak tenteram jiwanya), keadaan mereka  yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata sesungguhnya jual beli sama dengan riba." (QS Al Baqarah : 275)

Putar belit syaitan dapat mempengaruhi manusia dan syaitan menganggap riba' sama dengan untung dagangan atau jual beli, tujuannya untuk menunjukkan riba' itu halal dan boleh di amalkan. Begitulah putar belit syaitan untuk menghalalkan  yang haram.

Sambungan dari ayat di atas dijelaskan oleh Al Qur'an yang maksudnya: "Allah menghalalkan jualbeli dan mengharamkan riba'." (QS Al Baqarah : 275)

6)  Syaitan juga  menyamakan zina dengan nikah.

Perkara yang amat jelas dan nyata haramnya menurut hukum Islam ialah melakukan zina, dan menganggap perbuatan tersebut sebagai biasa, ia sama dengan nikah, yang pentingnya suka sama suka. Maka kerana itulah mereka beranggapan pelacuran itu bukanlah sesuatu yang hina dan kotor. Sebab itu mereka tidak merasa malu dan jijik dalam melakukannya.

Demikian juga jalan-jalan menuju pelacuran dianggap sebagai suatu perubahan sosial pada zaman moden, seperti pergaulan  tanpa batas antara laki-laki perempuan, dan merasakan sesuatu yang aib jika tidak punya teman, orang Indonesia mengatakan pacar atau berpacaran, maka semuanya itu jalan-jalan menuju pelacuran atau perzinaan. Maka inilah yang dinamakan jalan-jalan menuju perzinaan yang dianjurkan oleh syaitan, yang membuatkan perkara tersebut amat menarik sekali kepada insan-insan yang sentiasa mencari-cari keseronokan di malam syahdu itu dan tidak sedar terperangkap kepada perzinaan dan pelacuran. Islam menggalakkan perkahwinan yang sah bukan perzinaan dan pelacuran, kerana perbuatan itu amat jijik, iaitu melakukan dosa besar, meruntuhkan nilai dan etika, kerana tunduk kepada nafsu dan hasutan syaitan. 

Maka syaitan amat berbangga dengan tipu helahnya, kerana berjaya memesong manusia dari patuh kepada Tuhan, kepada patuh kepada syaitan. Padahal Allah s.w.t telah sedia dari awal lagi mengingatkan manusia  perbuatan keji dan jahat ini.

Firman Allah s.w.t yang bermaksud: "anganlah kamu mendekati zina, kerana sesungguhnya zina itu  adalah suatu perbuatan keji dan satu jalan yang buruk." (QS Al Isra' : 32)

Kaedah  Mengatasi Pengaruh Hati Nafsu Dan Syaitan.

Hati yang mati itu ibarat mayat, jiwanya mati walaupun batang tubuhnya masih wujud, wujudnya batang buh dari hati yang rosak tidak ada harganya lagi dan hatinya perlu dirawat. Maka untuk merawat hati yang mati itu iaitu.

1.  Banyak beristighfar kepada Allah, bertasbih memuji Allah s.w.t serta 
      bertaubat dengan sebenar taubat (taubat  masuha).
2.  Kembali melakukan solat, solat  wajib dan sunat  dengan penuh ikhlas.
3.  Tinggalkan perkara yang dilarang, kerjakan perkara yang disuruh oleh Allah.
4.  Fahami dan hayati Al Qur'an dan Sunnah serta amalkan.
5.  Syukuri segala nikmat yang  diberikan oleh Allah s.w.t.
6.  Jadikan iktibar  segala yang berlaku disekeliling kita
7.  Mohon kepada Allah supaya dihilangkan segala sifat-sifat negatif.

Kaedah untuk mengembalikan kekuatan dalaman kita, diantaranya ialah :

1.  Memperkasakan keimanan kita.
2.  Hendaklah bersifat sabar  dan jangan tergesa-gesa.
3.  Tabah dan jangan gelojoh.
4.  Melawan  nafsu jahat dan syaitan itu  sebagai suatu jihad.
5.  Jauhi persekitaran yang boleh menjejas keimanan kita.
6.  Bebaskan diri dari amalan yang tidak beretika dan tidak bertamadun.
7.  Hindari diri  dari hidup bertuhan kepada materialisme yang mengenepikan nilai-nilai murni.
8.  Bergaullah dengan orang-orang yang bijak, baik dan bertaqwa.
9.  Jauhi dari ideologi-ideologi karut seperti liberalisme, humanisme dan modenisme yang menganggap persolan agama itu sebagai sesuatu yang remeh temeh dan bersifat peribadi.

Kesimpulan. 

- Sebagai seorang muslim dan mukmin hendaklah menjaga hubungan dengan Allah  s.w.t,  hubungan sesama manusia dan persekitarannya (alam sekitarnya). 

- Nafsu tidak meningkatkan mertabat manusia menjadi baik, jika digunakan ke arah yang negatif. Nafsu hendaklah diurus dan dirawat dengan baik, ia akan mengangkat martabat manusia hingga ke tahap yang paling tinggi dalam kerjaya manusia. 

- Sementara syaitan pula adalah musuh di alam ghaib, ia tetap musuh manusia buat selama-lamanya.

Dicatat oleh Ibnu Ya'quby di Selasa, September 18, 2018

Khutbah Jumat: Zuhud, Modal Utama Perjuangan Islam 
Kamis, 17 Januari 2019 19:28 

Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَصْلَحَ الضَمَائِرَ، وَنَقَّى السَرَائِرَ، فَهَدَى الْقَلْبَ الحَائِرَ إِلَى طَرِيْقِ أَوْلَي البَصَائِرَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيُكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَنْقَى العَالَمِيْنَ سَرِيْرَةً وَأَزكْاَهُمْ سِيْرَةً، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ سَارَ عَلَى هَدْيِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

قَالَ تَعَالَى: يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

وَقَالَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

وَقَالَ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُ

 اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Suatu kali, Anas bin Malik mendatangi Nabi Muhamad SAW. Ia mendapati beliau SAW sedang berbaring di atas alas tipis di atas tanah padang pasir yang panas membara. Di bawah kepala beliau SAW terdapat bantal kecil dari kulit binatang ternak yang diisi serabut kurma kering. Selembar kain tipis menjadi alas untuk tubuh beliau di atas kasur. Tidak mengherankan jika di leher dan di sebagian tubuh beliau terdapat bekas-bekas tindihan serabut, batu kerikil dan pasir.

Sesaat kemudian, masuklah Umar bin Khatthab menemui Nabi SAW dan mendapati beliau masih dalam kondisi berbaring di atas kasur tipis yang langsung menghampar di tanah. Pemandangan seperti itu langsung membuat Umar tidak bisa menahan tangis sedihnya.  Nabi SAW kemudian bertanya, “Apa yang membuat engkau menangis wahai Umar?”

Umar bin Khattab menjawab, “Demi Allah, bagaimana diriku tidak menangis wahai Rasulullah, sementara aku mengetahui bahwa engkau adalah manusia yang lebih mulia di sisi Allah dari pada Kisra Persia dan Kaisar Romawi. Mereka berdua hidup dengan segala kenikmatannya di dunia ini. Sementara engkau – wahai Rosululloh- berada di tempat ini seperti yang aku lihat?!”

Sejurus kemudian, Nabi SAW bersabda, “Tidakkah engkau rela wahai Umar, jika bagi mereka dunia ini dan bagi kita akhirat? Umar menjawab: “Tentu saja aku rela wahai Rasulullah.”

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Dalam kesempatan dan kondisi yang tepat, Rasulullah SAW mengajarkan kepada Umar bin Khattab dan seluruh umatnya tentang kemuliaan hidup. Kemuliaan hidup yang didasarkan atas taqwa dan cinta kepada Allah ta’ala. Sebuah nasehat yang mengajarkan kepada umat ini tentang bagaimana seorang hamba memandang dunia dan akhirat. Karena kemulian seorang hamba terletak saat dirinya mendahulukan akhirat dari pada dunianya. Begitu pula dengan kehinaan seorang hamba terjadi tatkala dirinya menjadi budak dunia serta lalai akhiratnya. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menekankan poin penting dalam masalah hidup di dunia ini yaitu bersikap zuhud.

BACA JUGA  Pasca Kedubes Cina Didemo, Sejumlah Ormas Islam Diajak ke Cina Diperlihatkan Kamp Uighur Tapi Palsu

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Seorang zahid memandang dunia sebagai suatu hal yang kecil semata. Baginya dunia adalah sarana untuk menuju akhirat. Maka, ketika dia dihadapkan suatu hal yang bertujuan akhirat dengan mengorbankan dunia, dia tidak akan berpikir dua kali untuk itu. Justru hal itu ia lakukan dengan sepenuh hati untuk mendapatkan keutamaan di akhirat.

Banyak para ulama menulis pembahasan khusus tentang zuhud dalam karya-karya mereka. Pembahasan ini terpisah dari kajian-kajian akhlak lainnya. Misalnya Abdullah bin Mubarak menulis kitab Az-Zuhdu wa Ar-Raqaiq. Al-Mu’affiy Al-Mushuliy menulis kitab Az-Zuhdu. Demikian juga para imam lainnya seperti Imam Waki’, Asad bin Musa, Ahmad bin Hambal, Hanad As-Sirri, Abu Dawud, Abu Hatim dan Imam Ibnu Abi Dunya. Ini membuktikan bahwa sikap zuhud adalah sikap yang mulia dan dari sini lahir jiwa-jiwa patriot yang rela berkorban demi keridhaan-Nya.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Imam Ahmad pernah ditanya tentang bagaimana zuhudnya orang yang memiliki harta, beliaupun menjawab: “Jika dirinya tidak terlalu bergembira dengan tambahnya harta dan tidak terlalu bersedih ketika berkurang”. Dalam kesempatan lain beliau menjelaskan zuhud dengan pendeknya angan-angan. Karena pendeknya angan membuat jiwa ingin sekali bertemu Allah dan tidak ingin tinggal lama di dunia. Sementara panjang angan membuat jiwa cinta dunia dan tidak ingin bertemu dengan Allah ta’ala.

Dari sikap zuhud pula muncul spirit berkorban dan mempersembahkan terbaik untuk Allah ta’ala. Karena sang hamba yang zuhud senantiasa berfikir bagaimana akhiratnya menjadi kehidupan terindah. Tidak mengherankan jika Allah ta’ala mencintai orang-orang zuhud. Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi saat ditanya tentang amalan yang mengundang kecintaan Allah ta’ala, beliau pun menjawab:

 ازْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبَّكَ اللَّهُ

“Bersikap zuhudlah kamu terhadap dunia niscaya Allah mencintaimu,” (HR.Ibnu Majah)

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Selain mampu meyakinkan diri bahwa semua perkara dunia adalah fana dan hina serta berpaling darinya, untuk mencapai derajat zuhud ada syarat-syarat yang harus kita penuhi.

Abu Zakariya Yahya bin Muadz Ar-Razi, salah satu ulama ahlu sunnah wal jamaah yang hidup pada abad ke-3 H menyebutkan ada tiga syarat zuhud. Tokoh yang disebut sebagai seorang juru nasihat oleh Imam Adz-Dzahabi ini mengatakan, “Seseorang tidak akan mencapai hakikat zuhud sampai dalam dirinya terdapat tiga hal:

Beramal tanpa terikat tujuan duniawi

Berucap tanpa berharap apapun (selain pahala dari Allah)
Mencari kemuliaan (Untuk akhirat), bukan untuk jabatan dunia.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Hasan Al-Basri menambahkan syarat zuhud, hendaklah kita percaya dan yakin sepenuhnya kepada balasan Allah. Sehingga tidak pernah terbetik dalam hati untuk berharap kepada selain Allah.

Maka dapat dipastikan bahwa ketika seseorang sudah mencapai derajat zuhud ia tidak lagi mengharap apapun dari manusia, harapannya hanya ia gantungkan pada Dzat yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana kehidupan para nabi dalam berdakwah. Ketika mereka diberi iming-iming harta duniawi agar meninggalkan dakwahnya, jawaban mereka sama, yaitu:

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلا شُكُورًا

“Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (Al-Insan: 9)

BACA JUGA  Pangeran Diponegoro dan Meletusnya Perang Jawa


Jamaah Jumat Rahimakumullah

Demikianlah khutbah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

 وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿2﴾ إِلاَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْر

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

 اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعاً مَرْحُوْماً، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقاً مَعْصُوْماً، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْماً.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَاناً صَادِقاً ذَاكِراً، وَقَلْباً خَاشِعاً مُنِيْباً، وَعَمَلاً صَالِحاً زَاكِياً، وَعِلْماً نَافِعاً رَافِعاً، وَإِيْمَاناً رَاسِخاً ثَابِتاً، وَيَقِيْناً صَادِقاً خَالِصاً، وَرِزْقاً حَلاَلاً طَيِّباً وَاسِعاً، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا اسْقِنَا مِنْ فَيْضِكَ الْمِدْرَارِ، وَاجْعَلْنَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ لَكَ في اللَيْلِ وَالنَّهَارِ، الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ بِالْعَشِيِّ وَالأَسْحَارِ.

اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.

 رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

 رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

 عِبَادَاللهِ !


 إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ
Khutbah Jumat: Zuhud, Modal Utama Perjuangan Islam - Kiblat

BERITA TERKAIT


BERITA LAINNYA

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pustaka dan Informasi, Prof. Dadang Kahmad mengatakan Dina tak bisa datang ke diskusi Prahara Suriah, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah
 Kamis, 17/01/2019 19:23   0  
Laboratorium Sekolah Jadi Gudang Narkoba, KPAI Keluarkan Warning
 Kamis, 17/01/2019 18:26   0  
Sedikitnya dua ribu personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan debat capres-cawapres
 Kamis, 17/01/2019 18:13   0  
BNPT memberi masukan kepada presiden terkait materi debat malam ini.
 Kamis, 17/01/2019 16:47   0  
Al-Sisi memuji persahabatan tradisional yang mendalam antara Mesir dan Cina, dan bersedia untuk terus menerapkan konsensus yang dicapai kedua negara.
 Kamis, 17/01/2019 15:22   0  
Panitia juga diminta tak mengatasnamakan Muhammadiyah dalam acara bedah buku dan diskusi bertajuk 'Prahara Suriah'
 Kamis, 17/01/2019 14:03   0  
Di balik penangkapan Taheb, ada cerita mengejutkan dari seorang agen FBI yang memberikan pernyataan di pengadilan.
 Kamis, 17/01/2019 14:00   0  
KIBLAT.NET – Ilmu menjadi orang kaya dan menjadi orang miskin itu berbeda. Begitu juga ilmu...
 Kamis, 17/01/2019 13:54   0  
KIBLAT.NET – Rombongan Muslim Uighur yang dipimpin Seyyit Tumturk, Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur, menyalurkan...
 Kamis, 17/01/2019 13:46   0  
"Kokam PCPM Blimbing menyatakan menolak keras acara bedah buku tersebut diadakan di rumah besar kami Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah,"
 Kamis, 17/01/2019 13:20

TITIAN











Alhamdulillah tidak terjadi pun. Hebatnya perancangan dan rencana Allah. Aamiin. 

Ngeri! Pria Ini Ramalkan Tsunami Hantam 7 Negara di Asia, Termasuk Indonesia pada 31 Desember 2017
Senin, 4 Desember 2017 15:29
Ngeri! Pria Ini Ramalkan Tsunami Hantam 7 Negara di Asia, Termasuk Indonesia pada 31 Desember 2017
Tsunami Jepang beberapa waktu lalu. 
SURYAMALANG.COM - Pria dari Pakistan ini mengklaim memiliki ‘indera keenam’.
Dia mengirim surat kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.
Pria itu memprediksi tsunami dahsyat akan terjadi pada akhir 2017.
Menurut Express, Senin 6 November 2017, dalam surat yang dikirim pada September 2017 itu, Babu Kalayil memperingatkan gempa dahsyat dapat mengguncang Samudera Hindia pada Desember 2017.
Gempa ini memicu tsunami besar yang akan mempengaruhi tujuh negara Asia, termasuk Pakistan, India, dan Indonesia.
Media massa di India mungkin menertawakan peringatan itu.
Namun, pemerintah Pakistan tidak memandang ringan surat peringatan itu.
Para pejabat telah memulai persiapan untuk menghadapi potensi bencana alam itu.
Dalam suratnya, Kalayil menulis, “Di Samudra Hindia akan ada gempa yang terjadi sebelum 31 Desember 2017”.
“Gempa yang kuat ini bisa tersebar ke seluruh pesisir kawasan kontinental Asia.”
Ngeri! Pria Ini Ramalkan Tsunami Hantam 7 Negara di Asia, Termasuk Indonesia pada 31 Desember 2017 - Surya Malang

“Apalagi efek ini bahkan akan menggantikan batas pantai laut.”
Surat Babu Kalayil terkait gempa.
Surat Babu Kalayil terkait gempa. (boomlive.in)
Melalui surat itu, dia memperingatkan bahwa 11 negara di Asia dapat kena dampak gempa tersebut, termasuk Tiongkok, India, Jepang, Nepal, Indonesia, dan Afghanistan.
Surat lain sedang diributkan netizen di media sosial.
Surat yang dibuat Otoritas Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gempa (ERRA) Pakistan dan ditandatangani wakil ketua diduga telah memerintahkan prosedur operasi standar (SOP) mengenai penanganaan masalah tersebut segera dipersiapkan.
Surat itu keluar akibat surat peringatan pria yang memiliki ‘indera keenam’ itu.
Surat kedua dari ERRA menunjukkan bahwa prediksi absurd telah dianggap serius oleh pejabat di Pakistan.
Surat dari ERRA berbunyi, “Laporan Informasi telah diterima dari DG, Inter-Services Intelligence, tentang kemungkinan terjadi gempa berskala besar, seperti yang diperkirakan di Samudra Hindia dalam waktu dekat yang dapat dengan cepat menggoyahkan benua Asia, termasuk Pakistan.”
“Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk membuat kepekaan memperhatikan kerja departemen agar terus berjaga dan menangani bencana alam.”
“SOP akan diajukan ke wakil ketua ERRA pada Senin, 6 November 2017.”
Menurut BBC, tidak ada dasar ilmiah untuk prediksi bencana ini.
Sebab, tidak ada teknologi semacam itu yang tersedia di dunia yang dapat melaporkan gempa lebih dari 15 detik sebelum menyerang.
Kepala Departemen ERRA Dr Ghulam Rasool mengatakan kepada BBC :
“Prediksi ini memang tidak memiliki pembenaran ilmiah.”
“Namun, kami sedang mempersiapkan diri untuk menyelamatkan diri dari dampaknya.”
“ERRA juga memulai pekerjaannya dengan menulis surat peringatan.”
Dia mengakui tidak mungkin memprediksi gempa bumi.
Namun, tidak berarti hal itu tidak akan mungkin terjadi di masa depan.
Dia berkata, “Oleh karena itu, kami tidak boleh mengabaikan informasi tersebut dan harus mempersiapkannya karena ada ancaman gempa bawah laut di daerah ini dan juga ada sejarah getaran di masa lalu.”
Lepas dari benar atau tidaknya ramalan itu, persiapan yang dilakukan pejabat pemerintah bisa dimaklumi jika tetap dilakukan.
Para pejabat tentu tidak mau disalahkan jika ramalan itu benar-benar terjadi.
Ngeri! Pria Ini Ramalkan Tsunami Hantam 7 Negara di Asia, Termasuk Indonesia pada 31 Desember 2017 - Halaman 3 - Surya Malang

Namun, prediksi tersebut dibantah BMKG.
Dilansir dari Kompas.com, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Daryono telah mengirim keterangan pers pada Rabu (8/11/2017).
Dia menegaskan ramalan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
“Hal itu karena cakupan dampak bencana yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam konsep ilmu kegempaan (seismologi),” tegasnya.
Dia mengatakan Indonesia merupakan wilayah aktif yang sering mengalam gempa bumi.
Aktivitas (gempa bumi) ini dapat terjadi kapan saja dalam berbagai kekuatan.
Terkait hal tersebut, BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi jauh-jauh hari.
“Hingga saat ini, belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat (kapan, di mana, dan berapa kekuatannya),” jelasnya.
Daryono mengimbau masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang beredar.
“Bila ingin mengetahui lebih jelas terkait gempa bumi dan tsunami, (Anda) dapat menghubungi contact center di 021-6546316 atau website resmi di www.bmkg.go.id.”
Berita ini sudah dimuat di Tribunstyle.com dengan judul Pria dengan 'Indera Keenam' Ramalkan Tsunami Besar Akan Hantam Asia di Bulan Desember, Ngeri Banget!

Ngeri! Pria Ini Ramalkan Tsunami Hantam 7 Negara di Asia, Termasuk Indonesia pada 31 Desember 2017 - Halaman 4 - Surya Malang
Selain di Palu, Tujuh Tsunami Pernah Melanda Indonesia, Tsunami Aceh Terdahsyat di Dunia
Minggu, 30 September 2018 11:16
Selain di Palu, Tujuh Tsunami Pernah Melanda Indonesia, Tsunami Aceh Terdahsyat di Dunia
TSUNAMI ACEH 
SERAMBINEWS.COM — Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng, yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.
Akibatnya, Indonesia memiliki tingkat kerawanan gempa baik berkekuatan rendah maupun tinggi.
Tubrukan atau pergeseran lempeng yang keras disertai gempa pada daerah lautan berpotensi menimbulkan tsunami.
Hal ini seperti gempa yang bermagnitudo 7,4 mengguncang wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) petang, sehingga menyebabkan tsunami.
Rangkaian gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018), menimbulkan kerusakan di mana-mana.
Tercatat hingga Sabtu (29/9/2018)  malam, 420 korban meninggal dunia karena peristiwa ini.
Sementara itu, ratusan orang lainnya dirawat di rumah sakit dan di halaman-halaman terbuka.
Sementara itu, berbagai bangunan, mulai rumah, pusat perbelanjaan, hotel, hingga rumah sakit ambruk sebagian atau seluruhnya karena guncangan gempa yang mencapai magnitudo 7.4 hingga sapuan tsunami setinggi 1,5-3 meter.
 Selain di Palu dan Donggala, terdapat gelombang tsunami yang pernah melanda Indonesia.
Berikut catatannya:

1. Tsunami Pangandaran (2006)
Serangkaian gempa bumi mengguncang wilayah pantai selatan Pulau Jawa pada 17 Juli 2006.
Berawal dengan gempa bermagnitudo 8, kemudian menimbulkan gelombang yang menyapu daerah pesisir.
Harian Kompas edisi 18 Juli 2006 menerangkan, gelombang besar mengempaskan 125 perahu dan menghancurkan tempat pelelangan ikan (TPI) di Karangduwur.
Di desa ini 20 warung hanyut ke laut setelah disapu gelombang, sementara 150 unit perahu nelayan di Ayah dan 372 perahu di Pantai Suwuk hancur.
Gempa disertai gelombang tsunami membuat warga di pantai selatan Jateng dari Kebumen hingga Cilacap panik.
Hampir semua warga—bahkan penduduk di desa-desa berjarak lebih dari 25 kilometer dari garis pantai—ikut mengungsi.
Gempa yang disusul gelombang pasang itu diperkirakan mengakibatkan sedikitnya 100 orang tewas, ratusan lainnya hilang, dan ribuan warga di sejumlah wilayah pesisir mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Gempa yang diikuti tsunami bersifat penjalaran gelombang laut.
Sedangkan getarannya menjalar melalui alur patahan yang arahnya menyerong ke timur laut, dengan arah ke Jawa Tengah melalui kawasan pantai Cilacap, dan Pantai Kebumen di Jawa Tengah, serta Pantai Baron, di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Selain di Palu, Tujuh Tsunami Pernah Melanda Indonesia, Tsunami Aceh Terdahsyat di Dunia - Halaman 2 - Serambi Indonesia

Pusat gempa tektonik pada kedalaman kurang dari 30 kilometer di titik 9,4 derajat Lintang Selatan dan 107,2 derajat Bujur Timur.
2. Tsunami Aceh (2004)
Gelombang tsunami setinggi 35 meter yang terjadi tidak hanya meluluhlantakkan Aceh, tetapi juga menyapu sepanjang pesisir barat Sumatera.
Tsunami bahkan menjangkau daratan Sri Lanka dan Semenanjung India.
Gelombang tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004, pukul 09.00 WIB telah menelan lebih dari 160.000 korban jiwa.
Gempa dan tsunami ini menghancurkan kehidupan warga Aceh, mayoritas bangunan rata dengan tanah, banyak yang kehilangan sanak saudara karena menjadi korban bencana ini.
Sebelumnya, gempa bermagnitudo 9,3 melanda Aceh 30 menit sebelum terjadi tsunami.
3. Tsunami Kepulauan Banggai (2000)
Gempa tektonik bermagnitudo 6,5 disertai gelombang tsunami terjadi di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah pada 4 Mei 2000.
Harian Kompas edisi 9 Mei 2000 menyebutkan, korban tewas akibat bencana alam gempa tektonik dan tsunami sekitar 46 orang.

Selain di Palu, Tujuh Tsunami Pernah Melanda Indonesia, Tsunami Aceh Terdahsyat di Dunia - Halaman 3 - Serambi Indonesia

Tsunami kurang lebih setinggi 3 meter telah merusak ribuan rumah penduduk.
Akibatnya, sekitar 3.000 warga Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melakukan eksodus ke Luwuk.
Isu tsunami susulan dan gempa susulan membuat warga takut dan memaksakan mereka untuk berlindung.
4. Tsunami Banyuwangi (1994)
Pada 3 Juni 1994, gempa bumi sekaligus gelombang tsunami mengguncang wilayah Banyuwangi Jawa Timur.
Terjangan gelombang pasang dahsyat itu menyusul terjadinya gempa tektonik pada 10 derajat Lintang Selatan dan 112.74 Bujur Timur, pada kedalaman 33 km.
Gempa itu bermagnitudo 5,9 dan pusat gempa sekitar 225 km selatan Malang, atau di Samudra Hindia.
Daerah yang paling parah menderita akibat bencana alam dahsyat itu terutama Banyuwangi daerah selatan.
Banyuwangi merupakan daerah yang dikabarkan paling parah. Gempa itu melahirkan gelombang tsunami setinggi 7 meter.
Ombak begitu cepat dan tiba-tiba meluluhlantakkan perkampungan nelayan.
Seperti di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Gelombang menyapu perkampungan nelayan yang terletak sekitar 150 meter dari bibir pantai.
Sedikitnya 61 tewas dan 213 rumah rata dengan tanah.
Demikian pula gedung sekolah, tempat pelelangan ikan (TPI), kantor musnah.
Sebanyak 187 perahu nelayan rusak sehingga tidak dapat digunakan melaut untuk mencari ikan.
Harian Kompas edisi 6 Juni 1994 menjelaskan, korban tewas yang ditemukan sebanyak lebih dari 203 orang. Korban tewas diperirakan lebih banyak lagi.
Sebagian besar korban tewas yang ditemukan belakangan, umumnya karena tertimbun reruntuhan rumahnya sendiri.
5. Tsunami Flores (1992)
Bencana Flores terjadi pada 12 Desember 1992. Gempa bermagnitudo 7,5 diikuti gelompang pasang yang menerjang sejauh 300 meter ke bagian tengah dan timur Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
Bencana terutama menimpa Kaputan Sikka (Maumere) dan Kabupaten Ende.
Harian Kompas edisi 13 Desember 1992 mewartakan, guncangan gempa tektonik dan terjangan tsunami (gelombang pasang air laut) memporak-perandakkan rumah penduduk, tempat ibadat, gedung-gedung sekolah, rumah sakit, perkantoran, dan sarana umum lainnya di Maumere, ibukota Kabupaten Sikka, dan Ende, ibu kota Kabupaten Ende.
Pusat gempa terletak pada kedalaman 36 km di Laut Sawu di lepas pantai Maumere.
Getaran gempa itu terasa kuat di seluruh Pulau Flores, bahkan sampai di Kupang, Pulau Timor, dan Ujungpandang (kini Makassar, Sulawesi Selatan).
Dalam bencana ini, lebih dari 1.300 orang dinyatakan meninggal, 500 orang hilang dan ribuan bangunan rusak baik itu karena terjangan ombak atau terkena reruntuhan gedung.
6. Tsunami Sumba (1977)
Gempa bumi beserta gelombang tsunami terjadi di lepas pantai Sumba NTT pada 19 Agustus 1977.
Gempa bermagnitudo 7 beserta gelombang tsunami setinggi 8 meter menyebabkan banyak kerugian bagi penduduk setempat.
Pusat gempa di sebelah selatan Kepulauan Sunda Kecil merupakan daerah pertemuan antara 2 lempeng kulit bumi, yakni lempengan Indo Australia di sebelah Selatan dan Lempengan Asia di sebelah Utara.
Harian Kompas edisi 14 Desember 1992 mewartakan, ketika gempa disusul Tsunami melanda Awang dan Lunyuk di selatan Pulau Sumbawa, tercatat 75 jiwa penduduk tewas, 26 hilang dan 18 luka parah.
Sementara kejadian serupa di Pulau Lomblen lebih banyak lagi korban yang ditimbulkan yaitu 187 orang tewas dan 364 orang hilang.
7. Tsunami Sulteng (1968)
Pada 10 Agustus 1968, gempa bermagnitudo 7,3 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah.
Tiga hari kemudian gelombang tsunami menyapu kawasan Donggala setelah berkali-kali gempa.
Sekitar 200 orang tewas dan rumah hancur karena terkena gelombang ini.
Harian Kompas edisi 24 agustus 1968 menjelaskan gelombang juga menerjang Pulau Tuguan yang terletak tak jauh dari Sulawesi Tengah.
Akibatnya, sekitar 500 kepala keluarga di Pulau Tuguan dinyatakan hilang ketika gempa itu terjadi.
Gelombang ini juga mengakibatkan Pulau Tuguan tenggelam sepenuhnya ketika itu.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tujuh Tsunami yang Pernah Melanda Indonesia..."
Selain di Palu, Tujuh Tsunami Pernah Melanda Indonesia, Tsunami Aceh Terdahsyat di Dunia - Halaman 4 - Serambi Indonesia







 















Cina dan Mesir Perkuat Hubungan di Segala Bidang

Foto: Wakil khusus Presiden Cina Xi Jinping, Yang Jiechi dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Rabu (16/01/2019), sepakat untuk mempromosikan kerja sama bilateral di semua bidang.
KIBLAT.NET, Kairo – Wakil khusus Presiden Cina Xi Jinping, Yang Jiechi dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Rabu (16/01/2019), sepakat untuk mempromosikan kerja sama bilateral di semua bidang.
“Cina dan Mesir telah membuat kemajuan luar biasa dalam mengembangkan kemitraan strategis mereka selama bertahun-tahun di bawah kepemimpinan presiden kedua negara,” kata Yang, seperti dikutip situs Cina, People.
Yang, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Cina (CPC) dan Direktur Kantor Komisi Luar Negeri Komisi Sentral CPC, mengatakan kunjungannya ke Mesir bertujuan untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh presiden dua negara.
Dia menyatakan harapan bahwa kedua belah pihak akan mempertahankan momentum dalam masalah tukar-menukar diplomat, meningkatkan kepercayaan politik, dan saling mendukung satu sama lain dalam masalah yang terkait dengan kepentingan inti kedua negara.
“Dalam kerangka kerja Belt and Road Initiative (OBOR), kedua belah mengambil keuntungan dari platform penting seperti mekanisme kerja sama kapasitas produksi Cina-Mesir, untuk mempromosikan kerja sama pragmatis di semua bidang demi kepentingan kedua bangsa,” kata Yang.
Yang juga menyoroti inisiatif baru yang diusulkan Xi pada Forum Pertemuan Tingkat Tinggi Kerjasama Cina-Afrika di Beijing dan pertemuan tingkat menteri ke-8 Forum Kerjasama Cina-Amerika Serikat.
“Cina bersedia untuk meningkatkan kerja sama dengan Mesir, sebuah negara besar di dunia Arab dan Afrika yang akan segera menjadi pemimpin Uni Afrika. Juga untuk bersama-sama mengimplementasikan hasil dari pertemuan tersebut dan meningkatkan kerja sama Cina-Afrika dan Cina-Arab ke tingkat yang lebih tinggi,” jelasnya.
Sementara itu, al-Sisi memuji persahabatan tradisional yang mendalam antara Mesir dan Cina, dan bersedia untuk terus menerapkan konsensus yang dicapai kedua negara.
Mesir akan mendorong pembangunan proyek OBOR ke depan dengan Cina, memperdalam koordinasi urusan multilateral, dan terus meningkatkan kemitraan strategis komprehensif bilateral.
“Mesir akan mengambil keuntungan dari kepemimpinan Uni Afrika untuk mempromosikan kerja sama Cina-Afrika dan Cina-Arab sehingga mencapai hasil yang sama-sama menguntungkan,” ujarnya.
Sumber: People
Editor: M. Rudy
Cina dan Mesir Perkuat Hubungan di Segala Bidang - Kiblat



Tiada ulasan: