Ahad, 12 Januari 2020

Bahasa Arab - Asas. 9524.


Imej mungkin mengandungi: satu atau lebih orang, teks yang berkata 'Orang yang Tidak bersemangat Belajar agama Tidak akan pernah Merasakan pentingnya Bahasa arab Muslim-'
21 Januari 2019·

Bismillah
Belajar bahasa Arab yuk 🌼
Afwan = maaf.
Na’am = iya
Laa = Tidak
Laa Adri = tidak tahu
Laa ba’sa = tidak apa-apa
___________________________________

🌷Syukron = terima kasih. 

Apabila ada orang memberikan ucapan “syukron” bisa dijawab “afwan”, jadi afwan bisa juga artinya “sama-sama.” 

🌷Tafadhdhol = silahkan (untuk laki-laki)

🌷Tafadhdholy = silahkan (untuk perempuan)

🌷Mumtaz = keren, bagus banget, istimewa.

🌷Barakallah fikum = In Syaa Allah ALLAH memberi kalian berkah. 

🌷Wa anta kadzalik = begitu juga kamu.

🌷Ayyul khidmah = ada yg bisa dibantu?

🌷Jazakumullah khayran katsir = In Syaa Allah ALLAH memmbalas kalian dengan kebaikan yang banyak.

🌷Rahimakumullah = In Syaa Allah ALLAH merahmati kalian.

🌷Hafizhanallah = In Syaa Allah ALLAH menjaga kita.

🌷Hadaanallah = In Syaa Allah ALLAH memberikan kita petunjuk/hidayah.

🌷Allahu yahdik = In Syaa Allah Allah memberimu petunjuk/hidayah.

Afwan, berhubung ada yang bertanya tentang arti kalimat-kalimat umum dan Dhomir (kata ganti orang) sederhana dalam Bahasa Arab, maka In Syaa Allah (terjemahan bebas) ini bermanfaat:

🍁ana = saya.

🍁anta = kamu laki-laki.

🍁anti = kamu prempuan.

🍁antum = kalian laki-laki.

🍁antunna = kalian prempuan.

– ya akhi = wahai saudaraku (laki-laki)

– ya ukhti = wahai saudaraku (perempuan)

– Akhi fillah = saudaraku seiman (kepada Allah)

– Barakallahu fiik/kum = In Syaa Allah ALLAH memberi kalian berkah.

– Ilal Liqo = Sampai Jumpa.

– Ma’asalamah = In Syaa Allah keselamatan menyertaimu.

🌻ana aidon = aku juga.

🌻thoyyib = OK/ baik lah..

🌻mafi musykilah = ga masalah.

🌻Qolil = sedikit.

🌻 In Syaa Allah = “jika Allah berkehendak.

🌻Wallahi = Demi Allah.

🌻Jaulah = berkunjung/Silaturahim/berkeliling.

🌻Iqob = Denda/ Sanksi.

🌻Ma’a an-najah = semoga lulus.

🌻Hamasah = Semangat.

🌻Futur = lemah semangat/malas.

🌻Ahlan wa sahlan: Selamat Datang.
_______________________________________

Ungkapan yang biasa digunakan dalam Bahasa Arab:

🌸terima kasih – syukran (شكرًا )

🌸sama sama – afwan ( عفواً )

🌸saya minta maaf – aseef (asif) ( آسف )

🌸baiklah – hasanan ( حسناً )

🌸mungkin – rubbama (ربما )/yumkin

🌸awas! – intabih ( انتبِه )

🌸berhati hatilah – ihzar ( احذر )

🌸jangan lupa – la tansa’ ( لا تنسىٰ )

🌸samiinatun – gemuk ( سمين )

🌸Tawiilun – panjang ( طويل )

🌸Qasirun – pendek ( قصير )

🌸khofiidhun – rendah ( خفيض )

🌸nahiifun – kurus ( نحيف )

🌸yaum – hari ( يوم )

🌸usbu’ – minggu ( أسبوع )

🌸syahr – bulan ( شهر )

🌸sanah – tahun ( سنة )
___________________________________________

🔰Ucapan dalam Bahasa Arab:

🌻Selamat malam – laila sa’idah ( ليلة سعيدة )

🌻sobahul khair – selamat pagi ( صباح الخير )

🌻ucapan balas sobahul khair – sobahannur ( صباح النور )

🌻semoga berjaya – bitaufiq wannajah ( بالتوفيق والنجاح )

🌻salam ukhuwah – salam perkenalan ( سلام اخوة )

🌻jazakallah khairan – semoga Allah membalas jasa kebaikanmu ( جزاك الله خيرا )

🌻naharun sa’idah – selamat siang.

🌻azhoma allahu ajrak – semoga Allah memuliakan amalan kamu ( عظّم الله أجرك )

🌻uhibbuki – saya sayang kamu (perempuan) ( أحبكِ )

🌻uhibbuka- saya sayang kamu (lelaki) ( أحبكَ )
____________________________________________

🔰Ganti nama/personal pronouns.

..aku/saya – ana ( أنا )

..kamu (lelaki) – anta ( أنتَ )

..kamu (perempuan) – anti ( أنتِ )

..dia (lelaki -seorang ) – huwa ( هُوَ )

..dia (perempuan-seorang) – hiya ( هِيَ )

..dia (lelaki/perempuan -2orang) -huma ( هماَ )

..dia (lelaki -3 dan keatas) – hum ( هُمْ )

..dia (perempuan-3 dan keatas) – hunna ( هنَّ )

..kami – nahnu ( نحنُ )

..kalian (ramai) – antum ( أنتم )

..mereka – hum ( هُمْ )

..cantik = jamiilah ( جميلة )

..jelek = qabih ( قبيح )

..Bersih = nadziifun ( نظيف )

..Malas = kaslaan ( كسلان )

Ata’allamu = saya belajar ( أتعلم )

a’kulu = saya makan ( أاكل )

Asyrobu = saya minum ( أشرب )

Aqrou = saya membaca ( أقرا )

aktubu = saya menulis ( أكتب )

Atakallamu = saya berbicara ( أتكلم )

Amsiku = saya memegang ( أمسك )

A’malu = saya mengerjakan ( أعمل )

Albasu = saya memakai ( ألبس )

Toriiqon = jalan ( طريق )

Baytun = rumah ( بيت )

Mirsamun = pensil ( مِرسم )

Qolamun = pulpen ( قلم )

Mimsahatun = penghapus ( ممسحة )

Mishbaahun = lampu ( مصباح )

Sabbuurotun = papan tulis ( سبورة )

Kaifahaluka- apa khabar (lelaki) ( كيف حالكَ )

Kaifahaluki- apa khabar (girl) ( كيف حالكِ )

Askunufi- saya tinggal di ( أسكن في )

Umri- umur saya ( عمري )

Masmuki? Siapa namamu (untuk perempuan) ( ما اسمكِ )

Masmuka? Siapa namamu (untuk laki2) ( ما اسمكَ )

Ana tilmiidzatun = saya seorang murid (untuk perempuan) ( انا تلميذة )

Ana tilmiidzun = saya seorang murid (untuk laki2) ( انا تلميذ )

Ahlam Saiidah = In Syaa Allah mimpi indah ( احلام سعيدة )

Syafakallah = In Syaa Allah Allah menyembuhkn kamu ( شفاك الله )

*Ukhwahfillah = Pshabatan Krna Allah ( اخوة في الله )

*Ukht = Kakak @ Saudara Perempuan ( اخت )

*Akhun = Abang @ Saudara Lelaki ( أخ )

*Zauj = Suami @ Pasangan (L) ( زوج )

*Zaujah = Isteri @ Pasangan (P) ( زوجة )

*Asiff Jiddan = Saya minta maaf sangat2 ( آسف جداً )

*Ukhwahfillah Abadan Abada = Psaudaraan krna Allah Selama2nya ( اخوة في الله أبداً ابدا )

*Fa’idza Adzamta fatawakkal’alallah = Stelah kmu brazam maka bertawakallah pd Allah ( فإذا عزمت فتوكل على الله )

*Inni Akhafullah = Sesungguhnya aku takut kepada Allah (إني أخاف الله)

*Maafi Qalbi Ghairullah = Tiada di hatiku selain Allah ( مافي قلبي غير الله )

*Lau Samatha = Maafkan saya ( لَو سمحتَ )

*Naltaqi Ghadan = Kita jumpa besok ( نلتقي غداً )

*Illalliqa’ = selamat berjumpa kembali ( الى اللقاء )

*Syafakallah = moga Allah myembuhkan kamu (L)(شفاكَ الله)

*Syafakillah = moga Allah myembuhkan kamu (P) (شفاكِ الله)

*Tafaddhol = Silakan (تفضل )

*La Aadri/ la ‘a’rif = Saya Tak Tahu ( لا أدري )

*Maa fii Musykilah = tiada masalah ( مافي مشكلة )

*Jazakallahu khairan khatsiiran = Smga Allah membalasmu dgn kbaikan (L) ( جزاكَ الله خيراً كثيراً )

*Jazakillahu khairan khatsiiran = Smga Allah mblasmu dgn kebaikan (P) ( جزاكِ الله خيراً كثيراً )

*Jazakumullahu khairan khatsiiran = Smga Allah mblasmu dgn kebaikan (L&P) جزاكمُ الله خيراً كثيراً )

*Wa iyyaka (L) = Dan utkmu jua.Blasan utk ucapan( وإياك)

*Wa iyyaki (P) = dan utkmu jua.Blasan utk ucapan( وإياكِ )

*Allahukhairuljaza’ = Allah adalah Sebaik-baik Pemberi ( الله خير الجزاء )

*Fahimtum? = Adakah kalian faham.? ( فهمتم )

*Fahimna = Kami telah faham ( فهمنا )

*Ijhad wala taksal = Bersungguh2 dn jgnlah kmu malas ( اجهدْ ولا تكسلْ )

*La Tahzan Innallaha Ma’ana = Jgnlah bersdih, Ssguhnya Allah bsma kita ( لا تحزنْ انا الله معنا )

*Kafaa Bilmauti waa’izhan = Cukuplah kmatian itu mjadi pringatan ( كفى بالموت واعظاً )

*Bi idznillah = Dgn izin Allah ( بإذن الله )

*InshaAllah kullu khayr ! Aamiin = In Syaa Allah smuanya baik,Aamiin ( إن شاء الله كل خير. آمين )

*Barakallahu Fiik = In Syaa Allah Allah mrahmati kamu/mbrkati kamu ( بارك الله فيك )

*Masa ul khair = slmt sore ( مساء الخير )

*Na’am = Ya ( نعم )

*bisura’h = mari cpat (lekas2) ( يالله بسرعة )

*Ismahli ya ustaz/ustazah = Tumpang tanya wahai Ustaz/Ustazah ( اسمحلي يا أستاذ/أستاذة )

*Uridu an azhaba ilal dauratul ma’ah = Blhkah sy ingin ke tempat air ( أريد أن أذهب الى دورة المياة )

*Ana Aidon = Saya Juga ( أنا أيضاً)

 In Syaa Allahbermanfaat. Di ambil dari beberapa sumber, Mohon dikoreksi jika ada yang keliru 🌷
(Copas)



Tiada ulasan: