Rabu, 1 Januari 2020

Pengembaraan China - Vietnam (Train) 9468.



Cara Menjangkau China dari Vietnam via Kereta Api.
CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 20:19 WIB
Pemandangan rute kereta Dong Gang di Vietnam. (REUTERS/Kham)

Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah Singapura, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan kembali melakukan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Korea Selatan Kim Jong-un di Vietnam.

Pertemuan dijadwalkan berlangsung di Hanoi pada 27-28 Februari 2019. Hingga saat ini, belum diketahui rincian topik yang akan dibicarakan dalam pertemuan tatap muka tersebut.

Namun sempat ada wacana kalau Jong-un akan datang ke Vietnam dengan menumpang kereta dari China. Sebelumnya memang banyak beredar kabar kalau ia lebih suka bepergian menggunakkan kereta dibandingkan pesawat terbang.

Jalur kereta dari China ke Vietnam memang tersedia. Setiap satu hari sekali ada kereta yang melayani perjalanan pulang pergi via Nanning - Hanoi dan Beijing - Hanoi.

Perjalanan kereta ini disediakan melalui stasiun kereta internasional di Beijing West dan Naning Railway Stations di China serta Gia Lam Railway Station di Hanoi.

Sepanjang perjalanan, penumpang akan disuguhi panorama alam dan perkotaan khas China dan Vietnam.

Dikutip dari China Highlights pada Jumat (22/2), jarak perjalanan kereta dari Nanning ke Hanoi sekitar 396 km dengan durasi perjalanan sekitar 11 jam 25 menit.

Kereta dari Nanning Railway Station di China berangkat setiap hari pukul 18.05 waktu setempat dan dari Gia Lam Railway Station di Vietnam pukul 21.20 waktu setempat.

Sementara itu kereta dari Beijing West Railway Station di China setiap hari Kamis dan Minggu pukul 16.09 waktu setempat dan dari Gia Lam Railway Station di Vietnam setiap hari Selasa dan Jumat pukul 21.20 waktu setempat.

Jarak perjalanannya sekitar 2.595 km dengan durasi perjalanan sekitar 37 jam 21 menit.

Karena ini merupakan perjalanan lintas negara, bakal ada pemeriksaan imigrasi di rute Pingxiang dan Dong Gang.
Cara Menjelajag China-Vietnam Lewat Kereta
Rute Dong Gang yang menjadi perbatasan Vietnam dan China. (REUTERS/Kham)


Tiket kereta rute Nanning ke Hanoi bisa dibeli di Nanning Railway Station sementara dari Hanoi ke Nanning bisa dibeli di Gia Lam Railway Station.

Sementara itu tiket dari Being ke Hanoi hanya bisa dibeli di Beijing West Railway Station.

Tiketnya bisa dipesan 18 hari sebelum keberangkatan.

Warga negara Indonesia bebas visa ke Vietnam, sementara masih harus mengurus visa ke China, jadi jangan lupa siapkan visa, paspor dan dokumen perjalanan lain yang diperlukan saat membeli tiket.

Perlu diketahui bahwa perjalanan kereta ini bakal sangat melelahkan, karena penumpang harus bangun tengah malam sebanyak dua kali untuk melalui pengecekan imigrasi di Pingxiang (China) dan Dong Dang (Vietnam).

Jumlah bagasi yang diperbolehkan dibawa sebanyak 35 kg per satu orang dewasa dan 15 kg per satu anak kecil.

Sama seperti di daerah terpencil di Indonesia, tak banyak pilihan kendaraan umum di Gia Lam Railway Station.

Jadi sebaiknya jalan ke luar stasiun dan menyeberang jalan untuk menyetop taksi menuju dengan harga yang lebih masuk akal.

Jarak dari Gia Lam Railway Station ke Hanoi Railway Station kurang lebih 20 menit.

(agr/ard)
Kredit:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190222174619-269-371885/cara-menjangkau-china-dari-vietnam-via-kereta


Tiada ulasan: