Khamis, 27 Februari 2020

Antara air longkang dengan kotornya hati. 9798


Segala puji bagi Allah ﷻ atas keagungan sifat-sifat-Nya dan kemurahan anugerah-Nya, Shalawat dan Salam bagi Nabi Muhammad ﷺ, berserta keluarga dan seluruh para sahabatnya.

Amma Ba’du: 

Antara akhlak Rasulullah ﷺ ialah Suka memudahkan dan tidak suka menyulitkan. 

Nabi . bersabda yang bermaksud: Sesungguhnya berita yang akan disampaikan oleh bumi ialah bumi menjadi saksi terhadap semua perbuatan manusia, sama ada lelaki ataupun perempuan terhadap apa yang mereka lakukan di atasnya. Bumi akan berkata: 'Dia telah melakukan itu dan ini pada hari itu dan ini.' Itulah berita yang akan diberitahu oleh bumi. (Hadis riwayat Imam Tirmizi). 

Ketika hari kiamat terjadi seluruh manusia berkumpul dari awal penciptaan sampai akhir masa kehidupan dunia. Mereka yang mukmin atau kafir di padang Mahsyar akan dihitung amalan-amalannya. Di antara manusia yang begitu banyak itu, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam akan mengenal umatnya ketika datang ke Telaga dengan ciri-ciri khusus.

Bagaimana Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam mengenal umatnya? Allah Taala berfirman:

يَوْمَ نَدْعُو كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ
(Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya (QS. Al Israa’: 71)

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan, Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu berkata, “Pemimpin kebaikan dan pemimpin kesesatan”

Anas bin Malik berkata, “(arti pemimpin) adalah Nabi setiap umat” (Tafsir Ibnu Abi Hatim, 7/2339)

Ayat ini menjelaskan bahwa umat manusia pada Hari Kiamat dipanggil secara berkelompok, dan umat Islam dipanggil pada kelompok yang dipimpin oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Dengan ini kita bisa memahami, bahwa Nabi ﷺ mengenal umatnya ketika umatnya berada pada kelompok yang bersama dengannya.

Di sisi lain, bahwa umat Islam memiliki ciri tersendiri yang dengannya Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam mengenal mereka. Nabi shalallahu alaihi wasallam menjelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi:
وَدِدْتُ أَنَّا قَدْ رَأَيْنَا إِخْوَانَنَا. قَالُوا : أَوَلَسْنَا إِخْوَانَكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، قَالَ : أَنْتُمْ أَصْحَابِي ، وَإِخْوَانُنَا الَّذِينَ لَمْ يَأْتُوا بَعْدُ . فَقَالُوا : كَيْفَ تَعْرِفُ مَنْ لَمْ يَأْتِ بَعْدُ مِنْ أُمَّتِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ فَقَالَ : أَرَأَيْتَ لَوْ أَنَّ رَجُلًا لَهُ خَيْلٌ غُرٌّ مُحَجَّلَةٌ بَيْنَ ظَهْرَيْ خَيْلٍ دُهْمٍ بُهْمٍ أَلَا يَعْرِفُ خَيْلَهُ؟ قَالُوا : بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ ، قَالَ : فَإِنَّهُمْ يَأْتُونَ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنْ الْوُضُوءِ وَأَنَا فَرَطُهُمْ عَلَى الْحَوْضِ
Aku berharap bahwa kami sudah bisa melihat saudara-saudara kami.” Mereka (para sahabat) berkata: “Bukankah kami adalah saudara-saudaramu, wahai Rasulullah ﷺ?, Beliau ﷺ menjawab: “Kalian adalah sahabat-sahabatku, saudara-saudara kami adalah mereka yang belum datang (lahir) saat ini.” Mereka berkata: “Bagaimana engkau mengetahui orang yang belum ada saat ini dari umatmu, wahai Rasulullah ﷺ?, Beliau ﷺ menjawab: “Tidakkah engkau melihat, jika seseorang memiliki kuda bertanda putih pada muka dan kaki-kakinya berada di antara kuda-kuda hitam pekat, tidakkah ia bisa mengenal kudanya?, Mereka menjawab: “Ya, wahai Rasulullah ﷺ” Beliau ﷺ bersabda: “Mereka akan datang dengan wajah putih bersinar dan kaki tangan bercahaya pada bagian air wudhu, dan aku menunggu mereka di Telaga. (HR. Muslim 249)

Dari ayat dan hadits di atas, kita bisa mengetahui bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengenal umatnya melalui dua perkara, yang pertama adalah pada hari kiamat umat Islam dipanggil bersama pemimpinnya, yaitu Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam; darinya Nabi Muhammad ﷺ mengenal umatnya.

Yang kedua adalah tanda putih bercahaya pada wajah, kaki, tangan yang merupakan tempat air wudhu, sehingga tanda tersebut menjadi pembeda dari umat manusia yang lain.


Semoga kita semuanya adalah orang-orang yang dikenali Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan mendapatkan minum dari telaganya… Amiin. Wallahu’alam.

Dijawab oleh Ustadz Sanusin Muhammad Yusuf , Lc. MA. (Dosen Ilmu Hadits STDI Jember) 
Thursday, February 27, 2020
KEDUDUKAN SOKONGAN KINI
Sumber: 

What I believe

I believe in a world where justice and peace rules, where all human beings (and not just a privileged few) will be treated with the dignity that is theirs as the children of the one God.
I believe in a world where the economy serves the people and not the other way around.
I believe that it has become even more urgent for us now to become stewards of the environment and to hold corporations accountable for their wrongdoings.
I believe in the love, justice, compassion, simplicity and deep peace that Allah (and many great women and men down the ages) taught us – not the materialism, consumerism, avarice, hatred, violence and war that the power structures of the day promote.
I believe in people-centred globalisation – a globalisation of solidarity – not corporate-led globalisation that promotes a world ruled by corporations aided by greedy politicians, bureaucrats and tycoons acting in cahoots with one another.
I believe that real journalism serves the interests of ordinary people and holds to account the powers-that-be and their associated vested political, business and corporate interest.

WRLR
MENGAPA AGAKNYA BUKAN ISLAM KUAT MENYOKONG ANWAR?

Antara jawapannya:
Manusia talam dua muka melacak dalam Warna-warni Politik Malaysia
Game Over

Keberadaan Ilmu Allah, kita hamba-Nya sekadar diizin meminjaminya 

Tun dalam bersangka baik, akhirnya sedar ada yang khianati. 

Tidak rugi jika kita mengambil sedikit masa merenung dan bersabar

Tidak punya perasaan malu 
Anak kecil main api. Hebat lirik tapi hakikatnya hampeh 
Ahli Politik Melayu kalau benar nak perjuangkan Islam, kena belajar neh
Jangan buat pasal mengotorkan hati, nanti buruk padahnya. Aamiin

KENALI 92 PENYOKONG ANWAR: 58 MP BUKAN ISLAM, 33 MP ISLAM

41 MP BUKAN ISLAM DAP

P.043 – Bagan: Lim Guan Eng
P.045 – Bukit Mertajam: Sim Chee Keong
P.046 – Batu Kawan: Kasthuriraani A/P Patto
P.048 – Bukit Bendera: Wong Hon Wai
P.049 – Tanjong: Chow Kon Yeow
P.050 – Jelutong: Sanisvara Nethaji Rayer A/L Rajaji
P.051 – Bukit Gelugor: Ramkarpal Singh A/L Karpal Singh
P.060 – Taiping: Teh Kok Lim
P.064 – Ipoh Timor: Wong Kah Woh
P.065 – Ipoh Barat: M.Kulasegaran A/L V.Murugeson
P.066 – Batu Gajah: Sivakumar A/L Varatharaju Naidu
P.068 – Beruas: Ngeh Koo Ham
P.070 – Kampar: Thomas Su Keong Siong
P.076 – Teluk Intan: Nga Kor Ming
P.089 – Bentong: Wong Tack
P.102 – Bangi: Ong Kian Ming
P.103 – Puchong: Gobind Singh Deo
P.106 – Damansara: Pua Kiam Wee
P.110 – Klang: Charles Anthony A/L R.Santiago
P.114 – Kepong: Lim Lip Eng
P.117 – Segambut: Hannah Yeoh Tseow Suan
P.120 – Bukit Bintang: Fong Kui Lun
P.122 – Seputeh: Teresa Kok Suh Sim
P.123 – Cheras: Tan Kok Wai
P.128 – Seremban: Anthony Loke Siew Fook
P.130 – Rasah: Cha Kee Chin
P.138 – Kota Melaka: Khoo Poay Tiong
P.142 – Labis: Pang Hok Liong
P.145 – Bakri: Yeo Bee Yin
P.152 – Kluang: Wong Shu Qi
P.162 – Iskandar Puteri: Lim Kit Siang
P.163 – Kulai: Teo Nie Ching
P.172 – Kota Kinabalu: Chan Foong Hin
P.181 – Tenom: Noorita Binti Sual
P.186 – Sandakan: Wong Tien Fatt @ Wong Nyuk Foh
P.192 – Mas Gading: Mordi Anak Bimol
P.195 – Bandar Kuching: Kelvin Yii Lee Wuen
P.196 – Stampin: Chong Chieng Jen
P.208 – Sarikei: Wong Ling Biu
P.211 – Lanang: Alice Lau Kiong Yieng
P.212 – Sibu: Oscar Ling Chai Yew (DAP)

17 MP BUKAN ISLAM PKR

P.009 – Alor Setar: Chan Ming Kai
P.017 – Padang Serai: Karupaiya A/L Mutusami
P.052 – Bayan Baru: Sim Tze Tzin
P.062 – Sungai Siput: Kesavan A/L Subramaniam
P.071 – Gopeng: Lee Boon Chye
P.077 – Tanjong Malim: Chang Lih Kang
P.094 – Hulu Selangor: Leow Hsiad Hui
P.097 – Selayang: William Leong Jee Keen
P.104 – Subang: Wong Chen
P.107 – Sungai Buloh: Sivarasa A/L K.Rasiah
P.112 – Kuala Langat: Xavier Jayakumar A/L Arulanandam
P.115 – Batu: Prabakaran A/L M Parameswaran
P.116 – Wangsa Maju: Dr.Tan Yee Kew
P.158 – Tebrau: Choong Shiau Yoon
P.190 – Tawau: Christina Liew Chin Jin
P.209 – Julau: Larry Soon @ Larry Sng Wei Shien
P.219 – Miri: Michael Teo Yu Keng

21 MP ISLAM PKR

P.002 – Kangar: Noor Amin Bin Ahmad
P.010 – Kuala Kedah: Azman Bin Ismail
P.014 – Merbok: Nor Azrina Binti Surip
P.015 – Sungai Petani: Johari Bin Abdul
P.018 – Kulim-Bandar Baharu: Saifuddin Nasution Bin Ismail
P.044 – Permatang Pauh: Nurul Izzah Binti Anwar
P.053 – Balik Pulau: Muhammad Bakhtiar Bin Wan Chik
P.083 – Kuantan: Fuziah Binti Salleh
P.100 – Pandan: Wan Azizah Binti Wan Ismail
P.105 – Petaling Jaya: Maria Chin Binti Abdullah
P.109 – Kapar: Abdullah Sani Bin Abdul Hamid
P.118 – Setiawangsa: Nik Nazmi Bin Nik Ahmad
P.121 – Lembah Pantai: Ahmad Fahmi Bin Mohamed Fadzil
P.132 – Port Dickson: Anwar Bin Ibrahim
P.136 – Tangga Batu: Rusnah Binti Aluai
P.137 – Hang Tuah Jaya: Shamsul Iskandar @ Yusre Bin Mohd Akin
P.141 – Sekijang: Natrah Binti Ismail
P.144 – Ledang: Syed Ibrahim Bin Syed Nor
P.159 – Pasir Gudang: Hassan Bin Abdul Karim
P.160 – Johor Bahru: Akmal Nasrullah Bin Mohd Nasir
P.173 – Putatan: Awang Husaini Bin Sahari

11 MP ISLAM AMANAH

P.008 – Pokok Sena: Mahfuz Bin Omar
P.057 – Parit Buntar: Mujahid Bin Yusof
P.074 – Lumut: Mohd Hatta Bin Md Ramli
P.088 – Temerloh: Mohd. Anuar Bin Mohd Tahir
P.096 – Kuala Selangor: Dzulkefly Bin Ahmad
P.101 – Hulu Langat: Hasanuddin Bin Mohd Yunus
P.108 – Shah Alam: Khalid Bin Abd Samad
P.111 – Kota Raja: Mohamad Bin Sabu
P.113 – Sepang: Mohamed Hanipa Bin Maidin
P.133 – Tampin: Hasan Bin Bahrom
P.161 – Pulai: Salahuddin Bin Ayub

1 MP ISLAM DAP

P.080 – Raub: Tengku Zulpuri Shah Bin Raja Puji

MENGAPA AGAKNYA BUKAN ISLAM KUAT MENYOKONG ANWAR?

Renungkan... 

Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda:
‎(*لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ. (*متفق عليه
“Tidak masuk Syurga orang yang suka mengadu domba.” (Muttafaq ‘alaihi). Hadis riwayat Jubair bin Muth`im ra.: 

Dari Nabi ﷺ bahawa Baginda  bersabda: "Tidak akan masuk Syurga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan." (Hadis Shahih Riwayat Muslim)

Khalifah Abu Bakar as-Sidiq terpilih kerana jiwa peribadinya untuk dan kerana Allah.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  , الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ , الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,  مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ , إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ , اهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيمَ  , صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ , غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Sejarah kepemimpinan Khalifah Abu Bakar as-Sidiq.

Pemimpin memiliki kedudukan yang sangat penting bagi kelompok masyarakat, berbangsa dan bernegara. Suatu komunitas masyarakat, bangsa dan negara tidak akan maju, aman dan terarah jika tidak adanya seorang pemimpin. Pemimpin menjadi kunci keberhasilan dalam suatu komunitas masyarakat, pemimpin yang mampu memberi rasa aman, tentram, mampu mewujudkan keinginan rakyatnya, itulah yang dianggap sebagai pemimpin yang sukses. 

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dicintai oleh yang dipimpinnya, sehingga fikirannya selalu didukung, perintahnya selalu diikuti dan rakyat membelanya tanpa diminta terlebih dahulu. Figur kepemimpinan yang mendekati penjelasan tersebut adalah kepemimpinan Rasulullah  beserta para sahabatnya (Khulafaur Rasyidin) 

Abu Bakar terpilih menjadi kalifah untuk mengganti kepemimpinan setelah Rasulullah  merupakan anugrah tersendiri dan semacam ini merupakan keistimewaan yang diberikan Allah kepadanya. Pada dasarnya sahabat Rasulullah  merupakan orang akan mewarisi dakwah Islamiyah/risalah bagi seluruh umat manusia, sekaligus menjadi pemimpin bagi dirinya dengan keteladanan yang mereka unggulkan dan keistiqamahan di dalam menjalankan syari’at Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Rasul-Nya, baik melalui kitabullah maupun sunnah Rasulullah 

Dalam makalah ini akan dibahas bagaimana kiprah kepemimpinan pada masa khalifahan Abu Bakar selama menjadi pemimpin, problematika yang dihadapi sekaligus kemajuan yang telah dicapai dalam memperjuangkan dan memperluas daerah kekuasaan Islam, sehingga Islam bisa jaya ketika itu

BIOGRAFI ABU BAKAR 

Abu Bakar merupakan sahabat terdekat Nabi , beliau yang menemani Nabi  berhijrah dari Makkah ke Madinah, selain itu beliau juga merupakan bapa mertua Nabi , karena Nabi  menikah dengan putri beliau yaitu Siti ‘Aisyah. Abu Bakar mendapatkan gelar ash Shiddiq, artinya orang yang membenarkan dalam peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad .

Nama Abu Bakar yang sebenarnya adalah Abdul Ka’bah (hamba ka’bah), yang kemudian diganti oleh Rasulullah  menjadi Abdullah (hamba Allah). Abu Bakar ash Siddiq atau Abdullah bin Abi Quhafah (Usman) bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib bin Fihr al Quraisy at Tamimi. Nasabnya bertemu dengan Nabi  dikakeknya yang keenam yaitu Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai. Dan ibunya, Ummul Khair sebenarnya bernama Salma binti Sakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim.[1] 

Abu Bakar Ash Siddiq tumbuh besar di Mekah dan tidak pernah keluar dari Mekah kecuali untuk tujuan dagang dan bisnis. Beliau memiliki harta kekayaan yang sangat banyak dan kepribadian yang sangat menarik, memiliki kebaikan yang sangat banyak, dan sering melakukan perbuatan-perbuatan yang terpuji. 

Sebagaimana hal ini dikatakan oleh Ibnu Dughunnah: “Sesungguhnya engkau selalu menyambung tali kasih dan keluarga, bicaramu selalu benar dan kau menanggung banyak kesulitan, engkau bantu orang-orang yang menderita dan engkau menghormati tamu.”

An-Nawawi berkata: “Abu Bakar termasuk tokoh Quraisy di masa Jahiliyah, orang yang selalu dimintai nasehat dan pertimbangannya, sangat dicintai di kalangan mereka, sangat mengetahui kode etik di kalangan mereka. Tatkala Islam datang, Abu Bakar  mengedepankan Islam atas yang lain dan beliau masuk Islam dengan sempurna.”

Wanita-wanita yang pernah mendampinginya, sebagai berikut: 

Abu Bakar pernah menikahi Qutailah binti Abdul Uzza bin Abdullah bin As’ad pada masa jahiliyyah, dari pernikahan tersebut lahirlah Abdullah dan Asma’ Beliau juga menikah dengan Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah, dari pernikahan tersebut lahirlah Abdurrahman dan ‘Aisyah. Beliau juga menikah dengan Asma’ binti Umais bin Ma’add bin Taim al Khatts’amiyyah dan sebelumnya Asma’ diperistri oleh Ja’far bin Abi Thalib. Beliau juga menikah dengan Habibah binti Kharijah bin Zaid bin Zuhair dari Bani al Haris bin al Khazraj. Dari pernikahan tersebut lahirlah Ummu Khultsum.

Menurut Fachrudin, Abu Bakar terpilih untuk memimpin kaum Muslimin setelah Rasulullah saw disebabkan oleh beberapa hal, adalah sebagai berikut:

a. Beliau dekat dengan Nabi saw, baik dalam hal ilmu maupun persahabatan
b. Sahabat yang dipercaya Nabi saw
c. Dipercaya oleh rakyat, sehingga mendapatkan gelar ash Sidiq
d. Seorang yang dermawan
e. Sahabat yang diperintah oleh Nabi saw menjadi imam shalat jama’ah
f. Termasuk orang yang pertama kali masuk Islam. (Fachrudin ,9 1985 : 19-20).


Abu Bakar ash Siddiq meninggal dunia pada tanggal 23 Agustus 634/8 Jumadil Awwal 13 H di Madinah pada usia 63 tahun. Ketika itu beliau ditimpa sakit, setelah 15 hari lamanya menderita penyakit itu, kemudian beliau wafat. Beliau berwasiat agar jenazahnya dimandikan oleh Asma’ binti Umais yaitu istri beliau. Kemudian beliau dimakamkan di samping makam Rasulullah . Umar menshalati jenazahnya di antara makam Nabi  dan mimbar ar Raudhah. Sedangkan yang turun langsung ke dalam liang lahat adalah putranya yang bernama Abdurrahman bin Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Thalhah bin Ubaidillah.[2]

METODE KEPEMIMPINAN. 

Khulafaur Rasyidin merupakan pemimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad  wafat, yaitu pada masa pemerintahan Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, dimana sistem pemerintahan yang diterapkan adalah pemerintahan yang demokratis.

Nabi Muhammad  tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau
  sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau  wafat. Beliau  nampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum muslimin sendiri untuk menentukannya. Karena itulah tidak lama setelah beliau  wafat, belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokoh Muhajirin dan Anshar berkumpul di balai kota Bani Sa’idah tepatnya di Madinah, mereka bermusyawarah menentukan siapa yang akan dipilih menjadi pemimpin. Musyawarah itu berjalan cukup alot karena masing-masing pihak baik Muhajirin maupun Anshar sama-sama merasa berhak menjadi pemimpin umat Islam. Namun dengan semangat ukhuwah Islamiyah yang tinggi, akhirnya Abu Bakar yang terpilih.

Semangat keagamaan Abu Bakar mendapat penghargaan yang tinggi dari umat Islam, sehingga masing-masing pihak menerima dan membaiatnya. Sebagai pemimpin umat Islam setelah Rasul , maka Abu Bakar disebut Khalifah Rasulullah (Pengganti Rasul). Khalifah adalah pemimpin yang diangkat sesudah Nabi  wafat untuk menggantikan beliau  melanjutkan tugas-tugas sebagai pemimpin agama dan kepala pemerintahan.[3] Setelah selesai orang membaiat, Abu Bakar pun berpidato sebagai sambutan atas kepercayaan orang banyak kepada dirinya, penting dan ringkas: 

“Wahai manusia, sekarang aku telah menjabat pekerjaan kami ini, tetapi bukanlah aku orang yang lebih baik dari pada kamu. Jika aku lelah berlaku baik dalam jabatanku, sokonglah aku, tetapi kalau aku berlaku salah, tegakkanlah aku kembali, kejujuran adalah suatu amanat, kedustaan adalah suatu khianat. Orang yang kuat di antara kamu, pada sisiku hanyalah lemah, sehingga hak si lemah aku tarik dari padanya. Orang yang lemah di sisimu, pada sisiku kuat, sebab akan ku ambilkan dari pada si kuat akan haknya, Insyaallah. Janganlah kamu suka menghentikan jihad itu, yang tidak akan ditimpa kehinaan. Taatlah kepadaku selama aku taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Tetapi kalau aku melanggar perintah-Nya, tak usahlah kamu taat dan ikut aku lagi. Berdirilah sembahyang, semoga rahmat Allah meliputi kamu.”

Pemerintahan Abu Bakar adalah pemerintahan pertama yang mengobarkan peperangan dan memepersenjatai bala tentara untuk membela hak-hak kaum kafir yang lemah. Dalam hal ini Abu Bakar sangat dikenal dengan sebuah ungkapannya sekaligus yang menjadi komitmennya: “Demi Allah jika mereka tidak mau membayar zakat dari harta yang mampu mereka bayar , padahal (dahulu) mereka membayarkannya kepada Rasulullah . Maka niscaya aku akan memerangi mereka. Abu Bakar yang memulai penakhlukan dan perluasan Islam pada masanya, Islam mampu menakhlukan Persia dan Romawi, bahkan beliau meninggal pada saat Perang Yarmuk melawan imperium Romawi. Dalam setiap peperangan yang diperintahkan beliau adalah selalu menanamkan nilai-nilai etika yang berdasar al Qur’an dan as Sunnah. Beliau mewasiatkan pada kaum Muslimin: “Janganlah sekali-kali membunuh pendeta biarlah mereka melaksanakan peribadatan sesuai keyakinan mereka.[4]

Abu Bakar menjadi khalifah hanya selama dua tahun, pada tahun 634 M beliau meninggal dunia. Masa sesingkat itu habis untuk menyelesaikan persoalan dalam negeri terutama tantangan yang ditimbulkan oleh suku-suku bangsa Arab yang tidak mau tunduk lagi kepada pemerintah Madinah, mereka menganggap bahwa perjanjian yang dibuat dengan Nabi Muhammad saw dengan sendirinya batal setelah Nabi  wafat. Karena itu mereka menentang Abu Bakar. Karena sikap keras kepala dan penentangan mereka yang dapat membahayakan agama dan pemerintahan, maka Abu Bakar menyelesaikan persoalan ini dengan apa yang disebut Perang Riddah (perang melawan kemurtadan). Khalid bin Walid adalah jenderal yang banyak berjasa dalam Perang Riddah ini. Kekuasaan yang dijalankan pada masa Khalifah Abu Bakar, sebagaimana pada masa Rasulullah , bersifat sentral: kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif terpusat di tangan khalifah. Selain menjalankan roda pemerintahan, khalifah juga melaksanakan hukum. Meskipun demikian, seperti juga Nabi Muhammad saw, Abu Bakar selalu mengajak sahabat-sahabat besarnya bermusyawarah.

Setelah menyelesaikan urusan perang dalam negeri, barulah Abu Bakar mengirim kekuatan ke luar Arabia. Khalid ibn Walid dikirim ke Iraq dan dapat menguasai al Hirah di tahun 634 M. Ke Syria dikirim ekspedisi di bawah pimpinan empat jenderal yaitu Abu Ubaidah, Amr ibnu ‘Ash, Yazid ibnu Abi Sufyan dan Syurahbil. Sebelumnya pasukan dipimpin oleh Usamah yang masih berusia 18 tahun. Untuk memperkuat tentara ini, Khalid ibnu Walid diperintahkan meninggalkan Irak, dan melalui gurun pasir yang jarang dijalani, ia sampai ke Syria. 
Abu Bakar meninggal dunia, sementara barisan depan pasukan Islam sedang mengancam Palestina, Irak dan kerajaan Hirah. Beliau diganti oleh “tangan kanan”nya, Umar bin Khattab. Ketika Abu Bakar sakit dan merasa ajalnya sudah dekat, ia bermusyawarah dengan para pemuka sahabat, kemudian mengangkat Umar sebagai penggantinya dengan maksud untuk mencegah kemungkinan terjadinya perselisihan dan perpecahan di kalangan umat Islam. Kebijaksanaan Abu Bakar tersebut ternyata diterima masyarakat yang segera secara beramai-ramai membaiat Umar. Umar menyebut dirinya Khalifah Rasulillah (pengganti dari Rasulullah). Ia juga memperkenalkan istilah Amir al-Mu’minin (Komandan orang-orang yang beriman).

Abu Bakar ash Sidiq juga berperan dalam pelestarian teks-teks tertulis al Quran. Dikatakan bahwa setelah kemenangan yang sangat sulit saat melawan Musailamah dalam perang Ridda, banyak penghafal al Qur’an yang ikut tewas dalam pertempuran. 
Abu Bakar ash Sidiq lantas meminta Umar bin Khattab untuk mengumpulkan koleksi dari al Qur’an. Setelah lengkap koleksi ini, yang dikumpulkan dari para penghafal al Quran dan tulisan-tulisan yang terdapat pada media tulis seperti tulang, kulit dan lain sebagainya, oleh sebuah tim yang diketuai oleh sahabat Zaid bin Tsabit, kemudian disimpan oleh Hafsah, anak dari Umar bin Khattab dan juga istri dari Nabi Muhammad Kemudian pada masa pemerintahan Ustman bin Affan koleksi ini menjadi dasar penulisan teks al Qur’an hingga yang dikenal hingga saat ini. Kemajuan yang telah dicapai pada masa pemerintahan Abu Bakar selama kurang lebih dua tahun di dalam pengembangan Islam, antara lain: 

1. Perbaikan sosial (masyarakat)
2. Perluasan dan pengembangan wilayah Islam
3. Mengumpulkan ayat-ayat al Qur’an
4. Sebagai kepala negara dan pemimpin umat Islam
5. Meningkatkan kesejahteraan umat perbaikan sosial yang dilakukan Abu Bakar, ialah usaha untuk menciptakan stabilitas wilayah Islam dengan berhasilnya mengamankan Tanah Arab dari para penyelewengan (orang  murtad, nabi palsu dan orang yang enggan membayar zakat) 

Adapun usaha yang ditempuh untuk perluasan dan pengembangan wilayah Islam Abu Bakar melakukan perluasan wilayah luar jazirah Arab. Daerah yang dituju adalah Iraq dan Syria yamg berbatasan langsung dengan wilayah kekuasan Islam. Prestasi atau keberhasilan  yang telah dilakukan Khalifah Abu Bakar ash Shidiq, sebagai berikut: 

1. Perbaikan Sosial Masyarakat. 

a. Memerangi kaum murtad. 

Setelah Rasulullah
  wafat, sekelompok orang Madinah menyatakan keluar dari        Islam dan melakukan pemberontakan. Kelompok inilah yang disebut Kaum     Riddah

b. Mengatasi orang yang tidak mau membayar zakat.

Ada beberapa orang yang berpendapat bahawa membayar zakat hanya kepada Nabi Muhammad , oleh karena itu setelah Nabi Muhammad  wafat mereka enggan membayar zakat.

c. Memberantas nabi-nabi palsu. 

Orang-orang yang mengaku sebagai nabi sebenarnya sudah ada semenjak Nabi Muhammad masih hidup. Namun setelah Nabi saw wafat mereka semakin berani, di antara orang-orang yang mengaku sebagai Nabi adalah: 

i). Aswad al Ansi, orang yang pertama kali mengaku sebagai nabi. 
ii). Musailamah al Kazzab, pada waktu terjadi Perang Yamamah yang menyebabkan banyak penghafal al Qur’an wafat. 
iii). Saj’ah, wanita Kristen yang mengaku sebagai nabi. 
iv). Thulaihah bin Khuwailid, dalam pertempuran ia kalah dan akhirnya masuk Islam.


2. Pengumpulan Ayat-ayat al Qur’an. 

Dalam perang Yamamah, banyak sekali para sahabat penghafal al Qur’an yang wafat, oleh karena itu Sahabat Umar mengusulkan agar dilakukan pembukuan al Qur’an karena khawatir al Qur’an akan musnah. 
Oleh karena itu Khalifah Abu Bakar memberikan tugas kepada Zaid bin Tsabit untuk menuliskannya kedalam satu mushaf dan disimpan di kediaman Abu Bakar.

3. Perluasan Wilayah Islam. 

a. Perluasan ke wilayah Irak dan Persia, dipimpin oleh Khalid bin Walid
b. Perluasan ke wilayah Syiria, dipimpin oleh Usamah bin Zaid
c. Perluasan ke wilayah Palestina, dipimpin oleh Amr bin Ash
d. Perluasan ke wilayah Roma, dipimpin oleh Ubaidah bin Jarrah
e. Perluasan ke wilayah Damaskus, dipimpin oleh Yazid bin Muawiyah
f. Perluasan ke wilayah Yordania, dipimpin oleh Surahbin bin Hasanah.


Ada 10 manusia yang dijamin Allah dalam al-Quran masuk neraka. Hal ini diceritakan ulang agar kita, berhati-hati jangan meniru perangai mereka iaitu;

1. abu lahab
2. istri abu lahab
3. qobil anak Nabi Adam
4. kan'an anak Nabi Nuh
5. azar ayahanda Nabi Ibrahim
6. fir'aun
7. qarun,
8. hamman
9. manruj
10. isteri Nabi Luth

Dari Ali R.A. meriwayatkan bahawa Rasulullah  bersabda: "DOA ADALAH SENJATA BAGI ORANG-ORANG MUKMIN, TIANG BAGI AGAMA DAN NUR BAGI LANGIT DAN BUMI" (Hadis Riwayat Hakeem)

Pesanan terkenal Khalifah Umar al-Khattab kepada salah seorang gabenor wilayahnya yang berbunyi: “Janganlah kamu berjanji yang bukan-bukan ketika sedang berasa terlalu gembira dan janganlah pula kamu menghukum yang bukan-bukan juga ketika sedang berasa amat marah.” 
ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

Allah berfirman yang bermaksud: Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mengambil orang yang bukan daripada kalangan kamu (seperti Yahudi, Nasrani, dan Munafiq) menjadi teman karib (yang dipercayai). Mereka tidak akan berhenti berusaha mendatangkan kesusahan kepada kamu. Mereka sukakan apa yang menyusahkan kamu. Telah pun nyata (tanda) kebencian mereka pada pertuturan mulut mereka, dan apa yang tersembunyi oleh hati mereka lebih besar lagi. Sesungguhnya Kami telah jelaskan kepada kamu ayat ayat (Kami), jika kamu memahaminya (memikirkannya).” - [Al Quran Surah Al Imran ayat 118-120] 

Awal-awal Allah dah bagitahu ...sebaik mana pun selagi nama yahudi, nasrani dan munafik tiadalah kejujurannya terhadap orang-orang beriman. Allah dah bagitahu pun, seseorang itu bersahabat dan memberi kepercayaan kepada yahudi atau nasrani atau munafiq, kita pun nak ikut join ke? Kalau kita join juga, tidakkah hal itu boleh menggugat keimanan kita?












































































Tiada ulasan: