Selasa, 3 Mac 2020

Sikap yang merosakan peribadi dan jalan berdepan dengan permasalahan. 9834


Cara Mengendalikan Marah yang Diajarkan Rasulullah ﷺ

 Selasa, 3 Maret 2020 - 18:10 WIB 
Marah adalah luapan emosi yang sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya. Foto Ilustrasi/Ist


Emosi adalah luapan perasaan atau gejolak jiwa yang diekspresikan dalam tingkah laku. Emosi dapat ditunjukkan dengan perasaan senang, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Semua orang tentu pernah mengalamai itu.

Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Dengan cara ini, setan akan mudah mengendalikan manusia. Karena marah, orang bisa dengan mudah mencaci maki, mengucapkan kalimat buruk, bercerai, bahkan saling membunuh. Marah adalah luapan emosi yang sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) memberi perhatian besar terhadap masalah ini hingga beliau bersabda dalam satu hadis: "La taghdob walakal Jannah (janganlah marah maka bagimu surga)."

Baca Juga:

7 Syarat 'La Ilaha illallah' Agar Diterima di Sisi Allah
Ustazah Halimah Alaydrus Berikan Tips Bahagia Ala Rasulullah

Berikut cara yang diajarkan Rasulullah SAW untuk mengendalikan amarah sebagaimana dikutip dari Pustaka Pejaten:

1. Membaca Kalimat Ta'awudz.

Dari sahabat Sulaiman bin Surd, beliau menceritakan, "Suatu hari saya duduk bersama Rasulullah ﷺ. Ketika itu ada dua orang yang saling memaki. Salah satunya telah merah wajahnya dan urat lehernya memuncak. Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda: "Sungguh aku mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta'awudz: A-'uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Berusaha Diam dan Jaga Lisan.

Diam merupakan perbuatan mulia dan salah satu cara untuk mengantisipasi muncul luapan amarah. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah ﷺ bersabda: "Jika kalian marah, diamlah." (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

Rasulullah ﷺ juga mengingatkan, "Sesungguhnya ada hamba yang mengucapkan satu kalimat, yang dia tidak terlalu memikirkan dampaknya, namun menggelincirkannya ke neraka yang dalamnya sejauh timur dan barat." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Mengambil Posisi Lebih Rendah.

Kecenderungan orang marah adalah ingin selalu lebih tinggi, dan lebih tinggi. Semakin dituruti, dia semakin ingin lebih tinggi. Dengan posisi lebih tinggi, dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya. Rasulullah ﷺ bersabda: "Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur." (HR. Ahmad, Abu Daud dan perawinya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth).

4. Ingat Hadis Ini Ketika Marah.

Dari Muadz bin Anas Al-Juhani, Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki." (HR. Abu Daud, Turmudzi)

5. Segera Berwudhu atau Mandi.

Marah itu datangnya dari setan dan setan diciptakan dari api. Maka orang yang marah dianjurkan berwudhu atau mandi untuk memadamkan amarahnya. Dari Urwah As-Sa'di, Nabi ﷺ bersabda: "Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu." (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Syeikh Ahmad Al-Mishri: Virus Corona Adalah Tentara Allah

Indahnya Adab Bergaul yang Diajarkan Rasulullah SAW

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Badar Al-Kubra

Inilah Amalan yang Membuat Rasulullah SAW Bangga

Utang Lunas Berkat Salawat, Simak Kisahnya

Jurus Sehat Ala Rasulullah, Yuk Amalkan!

Pujian Indah Sayyidina Abbas kepada Rasulullah SAW

Terlalu Kaya, Abdurrahman bin Auf Telat Masuk Surga Setengah Hari

Jauhi 12 Hal Ini Supaya Hidup Bahagia Dunia Akhirat

Kisah Mush'ab bin 'Umair, Sahabat Nabi yang Dicintai

Sejarah Ucapan Salam Assalamu'alaikum dan Keutamaannya

Sumber:
Cara Mengendalikan Marah yang Diajarkan Rasulullah SAW

10 Resep Bubur Sumsum yang Lembut dan Gurih, Bikin Nagih

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Bubur sumsum merupakan makanan berbahan dasar tepung beras dan disiram kuah manis dari lelehan gula jawa. Selain dikenal di Indonesia, ternyata bubur sumsum juga menjadi makanan favorit di negeri Jiran, Malaysia.

7 Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh, Baik Meningkatkan Kesehatan Jantung

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Menurut Community Blood Center setiap dua detik ada dua orang yang memerlukan donor darah. Maka dari itu donor darah menjadi kegiatan yang sangat penting. Ketika kamu hendak mendonorkan darah perhatikan baik-baik syaratnya.

9 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Bisa Cegah Gejala Mual dan Muntah

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Bagi Anda yang sedang menjalani proses kehamilan, terutama yang masih menginjak masa trimester pertama, mulailah untuk memperhatikan asupan gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama.

Minum Susu Tidak Harus Tiap Hari, Ini Pengganti yang Bisa Kamu Konsumsi

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
"Secara nutrisi kita tak bisa pungkiri bahwa susu memang adalah paket komplet karena simpel, sudah ada protein, kalsium dan vitamin mineral juga,” ujar Aldis Ruslialdi, SKM, SNWC, Head and Health Committee Nutrifood.

9 Penyebab Laptop Lemot yang Bikin Geregetan, Perhatikan Perawatan Laptop yang Benar

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - Sejam yang lalu
Era digital seperti sekarang ini menuntut kita untuk melakukan banyak hal lewat laptop. Namun, sering kali laptop yang kita gunakan mengalami masalah performa sehingga membuat laptop menjadi lemot. Berikut penyebab laptop lemot yang sering membuat geregetan.

Liburan Saat Gunung Merapi Erupsi, Ini 5 Barang yang Wajib Dibawa untuk Melindungi Diri

Tribunnews.com - Sejam yang lalu
Bagi traveler yang akan liburan saat Gunung Merapi erupsi, perlu mempersiapkan alat pelindung diri dari abu vulkanik.

Destinasi di Paris Tak Cuma Menara Eiffel, 6 Tempat Wisata Ini Juga Bisa Dikunjungi

Tribunnews.com - Sejam yang lalu
Saat berwisata ke Paris, pelancong memilih untuk berkunjung ke Menara Eiffel nan ikonik. Selain Menara Eiffel, Paris mempunyai beragam opsi wisata

Amalan sedekah

Unknown pada Ahmad Sanusi Husain.Com - Sejam yang lalu
Allah SWT berfirman: مَّثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَشَآءُ ۗ وَاللَّهُ وٰسِعٌ عَلِيمٌ "Bandingan (derma) orang-orang yang membelanjakan hartanya pada jalan Allah, ialah sama seperti sebiji benih yang tumbuh menerbitkan tujuh tangkai; tiap-tiap tangkai itu pula mengandungi seratus biji. Dan (ingatlah), Allah akan melipatgandakan pahala bagi sesiapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (rahmat) kurniaNya, lagi Meliputi ilmu pengetahuanN... lagi »

Inilah 4 Perbedaan Manusia Menyikapi Musibah

sukarja pada Check Porsi Haji App. - 2 jam yang lalu
KETIKA ditimpa musibah, manusia terbagi menjadi empat tingkat: Tingkat pertama: Bersikap marah. Sikap marah ini terbagi menjadi beberapa macam: Pertama: Hatinya marah kepada Tuhannya dan mencela takdir Allah yang ditetapkan kepadanya. Tindakan semacam ini haram hukumnya dan kadang dapat menyebabkan kepada kekafiran. Allah subhanahu wa taala berfirman: “Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah … Continue reading Inilah 4 Perbedaan Manusia Menyikapi Musibah

Anjuran Membayar Zakat di Bulan Sya’ban

sukarja pada Check Porsi Haji App. - 2 jam yang lalu
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, hendaknya seorang muslim benar-benar fokus untuk melakukan ibadah dan menebar kebaikan kepada sesama manusia. Salah satu cara menebar kebaikan adalah berusaha membayar zakat di bulan Sya’ban apabila memungkinkan. Bulan Sya’ban adalah tepat satu bulan sebelum Ramadhan, tujuan utamanya adalah agar orang miskin dan lemah bisa menjalani ibadah puasa … Continue reading Anjuran Membayar Zakat di Bulan Sya’ban

7 Hal yang Sebenarnya Tak Perlu Ditakutkan Mahasiswa Tingkat Akhir. Ketakutan itu di Kepalamu Aja~

Awan pada Hipwee - 2 jam yang lalu
Beneran deh, nggak perlu setakut itu ketemu dosen pembimbing. Lah emang udah tugas mereka bimbing kamu~

7 Etika Saat Batuk atau Bersin, Biar Virus atau Bakteri Penyakit Nggak Nular ke Orang Lain

Lea Lyliana pada Hipwee - 2 jam yang lalu
Kalau kamu lagi merasa sakit, mbok ya jangan batuk atau bersin sembarangan 😷

Satu Gampong Satu Hafiz

Serambi Indonesia - 3 jam yang lalu
Carbaini mengatakan, para hafiz ini dipersiapkan sedini mungkin untuk menjadi pengajar Alquran dan imam di setiap gampong yang ada di Aceh Besar.,,,

Tabik usaha Turki lindungi mangsa perang di Syria

ainulillia pada Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 3 jam yang lalu
BANGI, 8 Rejab 1441H, Selasa – Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia (Mapim) merakamkan ucapan takziah kepada Turki setelah kehilangan 33 anggota tentera dalam satu serangan udara rejim Bashar al-Assad di wilayah Idlib, Jumaat lalu. Presidennya, Mohd Azmi Abdul Hamid berkata, bagi anggota tentera Turki yang sedang bertugas melindungi mangsa konflik peperangan di Syria, perbuatan itu … The post Tabik usaha Turki lindungi mangsa perang di Syria appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

14 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 3 jam yang lalu
Tanaman binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan atau obatan herbal. Daunnya sudah biasa dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu. Berikut berbagai manfaat daun binahong untuk kesehatan.

Anugerah MeleTOP ERA (AME).. Bolehkah Patuh Syariat?

Ibnu Hasyim pada Ibnu Hasyim - 4 jam yang lalu
[image: Hasil carian imej untuk ame 2020] *HALAMAN HIBURAM* Anugerah MeleTOP ERA (AME) merupakan anugerah yang khusus untuk meraikan bintang-bintang industri hiburan anjuran MeleTOP & ERA. AME membuka peluang kepada peminat untuk mengiktiraf selebriti terkemuka serta menghargai bakat mereka dalam industri hiburan tanah air. Sebanyak 15 kategori dipertandingkan dan akan ditentukan oleh para peminat masing-masing melalui undian : Muzik 1. Lagu MeleTOP ERA 2. Penyanyi MeleTOP ERA 3. Grup/Duo MeleTOP ERA Filem 1. Filem MeleTOP 2. Bintang Filem MeleTOP TV/Online ... lagi »

5 Fakta Letusan Merapi, dari Wedhus Gembel hingga Jenis Erupsi

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 4 jam yang lalu
Merapi dikenal sebagai gunung berapi yang aktif. Setelah erupsi pertengahan Februari lalu, Merapi kembali mengeluarkan awan panasnya, Selasa (3/3) pagi tadi. Walau begitu, status Merapi masih tetap waspada. Berikut fakta letusan merapi yang perlu diketahui.

30 Kata-Kata Indah Merry Riana yang Dapat Membuat Anda Lebih Semangat

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 4 jam yang lalu
Merry Riana ditempa oleh kehidupan yang keras selama di Singapura. Uang yang dibawanya tidak cukup. Kemudian dari beberapa kisah tersebut Merry justru menjadi lebih bersemangat menjalani hidup.

9 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Agar Terhindari dari Virus Corona

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 4 jam yang lalu
Apabila Anda dan lingkungan sekitar Anda belum terkena virus corona penting untuk melakukan pencegahan dini dan terus waspada, salah satunya yaitu dengan menjaga sistem kekebalan tubuh anda terus bekerja maksimal.

Jangan berputus asa...teruslah berusaha.

Unknown pada Ahmad Sanusi Husain.Com - 5 jam yang lalu






Muslim Man Who Forced by Delhi Police To Sing Indian National Anthem Dies

Staff Desk pada The Islamic Information - 5 jam yang lalu
The Islamic Information Muslim Man Who Forced by Delhi Police To Sing Indian National Anthem Dies A video went viral on Social Media on 25th February 2020 (Tuesday) which showed Delhi Policemen beating five injured Muslim men and the other policeman was capturing the video as these Muslim boys were forced to sing Indian National anthem. Among those five injured men, 24 years old Faizan has passed away after sustaining injuries [...] Muslim Man Who Forced by Delhi Police To Sing Indian National Anthem Dies Staff Desk.

Kebotakan Bisa Jadi Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Dialami Seseorang

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 5 jam yang lalu
Penelitian terbaru mengungkap bahwa bahwa rambut kita bisa memberi bukti hubungan dengan hipertensi ini. Berdasar teori, tekanan darah tinggi berujung pada terbatasnya suplai darah ke akar rambut yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Sendok, Ampuh dalam 3 Hari

editor@merdeka.com (Editor) pada Merdeka.com - 5 jam yang lalu
Tetapi tidak perlu khawatir, bagi anda yang mencari alternatif lain untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan sendok makan sebagai solusinya. Berikut cara menghilangkan kantung mata dengan sendok yang ampuh dalam 3 hari.

Siapa Mufti dan Siapa Mustafti?

Yudi pada Islampos - 5 jam yang lalu
Baik ia adalah orang awam yang tak sedikit pun memiliki alat untuk berijtihad, maupun orang alim yang telah memiliki sebagian alat untuk berijtihad namun belum mampu berijtihad. The post Siapa Mufti dan Siapa Mustafti? appeared first on Islampos.



Tiada ulasan: