Jumaat, 6 Mac 2020

Siti Walidah juga dikenal dengan Nyai Dahlan. 9872


Siti Walidah, Pejuang Emansipasi Muslimah yang Patut Diteladani
Assalammualaikum
Wellcome to my thread
Hai, GanSist. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

Thread kali ini akan mengulas tentang sosok wanita yang bagi saya sangat patut diteladani. Beliau adalah Siti Walidah, istri dari pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan. Siti Walidah juga dikenal dengan Nyai Dahlan.

Sosok wanita tangguh ini baru saya kenal saat masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang sekitar tiga belas tahun yang lalu. Saat membaca kisahnya baik di laman internet maupun novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, saya mulai menjadikan kisah wanita kelahiran Yogyakarta, 3 Januari 1872 tersebut sebagai inspirasi kehidupan.
Sumber gambar, Dokpri

Terlebih, saya berjodoh dengan seorang laki-laki yang merupakan kader persyarikatan Muhammadiyah. Hal tersebut menjadikan diri ini berharap dapat menjadi seperti Nyai Dahlan dalam mendampingi suami saya berdakwah, mengabdikan diri untuk ummat.

Ada dua poin penting yang saya petik dari kisah hidup beliau yang selalu membekas dalam ingatan. Perlahan saya mulai menerapkannya dalam kehidupan berumah tangga dan mengaktualisasikan diri di persyarikatan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

1. Kesetiaan Mendampingi Suami

Perjuangan Kyai Dahlan tidaklah mudah saat mendirikan Muhammadiyah. Kegigihan beliau dalam meluruskan ajaran Islam di Desa Kauman sesuai Al-Quran dan sunnah, kerap mendapatkan perlawanan dari banyak pihak. Sebagai seorang istri, Nyai Dahlan tidak pernah lelah memberi semangat kepada suaminya bahkan beliau kerap menjadi teman diskusi Kyai Dahlan.

Apalagi saat ujian berat menimpa Kyai Dahlan, yaitu saat Langgar Kidul yang didirikan sebagai pusat pembinaan ummat, dibakar oleh pihak yang tidak senang dengan pergerakan dakwah yang dilakukan beliau. Nyai Dahlan berdiri paling depan memberi suntikan semangat dan kekuatan agar suaminya tetap bangkit berjuang bersama. Tidak sedikit pun terbesit keinginan untuk meninggalkan suaminya dengan masalah yang menghampiri.

Perlawanan dan ancaman dari pihak yang menganggap ajaran Kyai Dahlan adalah radikal, tidak hanya diarahkan kepada sang kyai, tetapi juga sang istri. Namun, tidak pernah surut rasa cinta dari sosok wanita soleha ini kepada sang suami. Kesetiaan adalah harga mati bagi istri seorang pejuang. Bagi Nyai Dahlan, istri adalah mitra suami dalam membangun rumah tangga dan berjuang untuk ummat.

Tidak salah lagi bahwa di balik kesuksesan seorang KH. Ahmad Dahlan ada sosok Nyai Dahlan yang tangguh dan setia. Hal ini menjadi motivasi untuk saya harus bisa terus memberi semangat dan dukungan kepada suami dalam mengabdikan dirinya kepada ummat.

2. Tokoh Emansipasi Muslimah

Sumber gambar: Twitter Sabda Perubahan

Nyai Dahlan merupakan penggerak dakwah di dalam rumah. Melalui ilmu yang diberikan oleh ayahnya, KH. Muhammad Fadil--seorang ulama yang juga anggota kesultanan Yogyakarta--Nyai Dahlan belajar bahasa Arab dan Al-Quran.

Setelah Muhammadiyah berdiri, bersama Kyai Dahlan, beliau mendirikan kelompok Sopo Tresno yang merupakan cikal bakal organisasi otonom yang saat ini lebih dikenal sebagai Aisyiah. Di sana, Nyai Dahlan mengajarkan baca tulis dan mengkaji tentang topik perempuan yang ada di Al-Quran.

Setelah Aisyiah berdiri tahun 1917, beliau mempelopori berdirinya sekolah putri Islam. Gerakan emansipasi, disuarakan melalui ajakan untuk perempuan menempuh pendidikan formal di sekolah dan juga berdakwah seperti kaum laki-laki.

Nyai Dahlan wafat pada tanggal 31 Mei 1946 dalam usia 74 tahun. Tempat peristirahatan beliau terletak di belakang Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

25 tahun kemudian, pemerintahan Presiden Suharto menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Siti Walidah Dahlan.

Bagi saya pribadi, Nyai Dahlan adalah tokoh emansipasi muslimah yang patut diteladani perjalanan hidupnya. Perempuan itu bukanlah makhluk lemah, hanya saja kekuatannya tidak disadari oleh orang sekitarnya. Sekian dulu thread dari saya, GanSist. Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca. Terima kasih sudah mampir 😍😍 Referensi: di sini Sumber gambar: 123

Sumber: 
Siti Walidah, Pejuang Emansipasi Muslimah yang Patut Diteladani | KASKUS
Nyai Dahlan, wanita hebat dibalik suksesnya perjuangan KH. Ahmad Dahlan


kerengga, KERENGGA - 54 minutes ago
Malaysiakini Latheefa Koya mengesahkan sudah meletakkan jawatan sebagai ketua ketua Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM). Dalam kenyataan medianya hari ini, Latheefa berkata beliau menyerahkan surat peletakan jawatan kepada Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada 2 Mac lalu. "Ia keputusan saya sendiri. Spekulasi yang mengatakan saya ditekan (untuk letak jawatan) tida berasas. "Hasrat
Editor, Minda Rakyat - 55 minutes ago
"Saya berjalan pun rasa lain macam dah hari ini," kata orang penting Kelantan, Mohd Amar Abdullah, dengan senyum meleret hingga ke telinga. Beliau bukan serius, sekadar bergurau dengan kami - pengamal media - yang menunggu programnya habis untuk sesi temu ramah beberapa hari lalu. Beberapa hari selepas kerajaan persekutuan bertukar wajah. Sikap timbalan menteri besar Kelantan itu yang tidak lekang daripada berseloroh membuatkan kami menyenangi karekternya. Dan biasanya kami akan gelak bersama, sama ada sebelum atau selepas sesi temu ramah. Saya bukanlah mahu membodek beliau. Tida...
noreply@blogger.com (Tukar Tiub), Tukar Tiub - 57 minutes ago
HARTA DUNIA apa mungkin dia melenting akibat satu tanda aras yang digariskan nya tidak mencapai tahap yang diimpikan...yakni dia kehilangan anak anak tangga bagi mencapai tanda aras ya itu untuk bergelar BILLIONAIRE setelah semua nya hangus bak berderai seperti kebakaran hutan yang melanda Australia dimana kehancuran nya akan dirasai berdekad dekad sehingga ke liang lahad...eh eh semacam rhyming gitu! Ingatlah...yang akan berjalan terus hanya ilmu yang disampaikan dan di tinggalkan bagi menafaat kepada manusia yang menerima...harta hanya lah tukul bagi pemudah jalan untuk berg...
Editor, Minda Rakyat - 1 hour ago
Mengejutkan!!! Tembelang ADUN Paya Rumput, Mohd. Rafiq Naizamohideen, dari PPBM pecah bila cuba lobi TYT Negeri Melaka, Tun Khalil Yaakob, untuk dilantik sebagai Ketua Menteri Melaka yang ke 12 *(BACA DI SINI).* Presiden UMNO, DS Ahmad Zahid Hamidi, bertemu TYT Melaka pada 4 Mac 2020 untuk menyerahkan cadangan nama untuk dipilih oleh TYT Melaka sebagai Ketua Menteri Melaka yang baharu *(DI SINI).* Sebagai parti yang memiliki ADUN paling ramai dalam gabungan Perikatan Nasional (PN), Presiden UMNO memang selayaknya diberi mandat untuk berjumpa TYT Melaka untuk membincangkan siapa...
Yudi, Islampos - 1 hour ago
Menurutnya kandungan alkohol dalam hand sanitizer jika terlalu sering digunakan bisa membuat kulit menjadi kering. The post Ini Risiko Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer appeared first on Islampos.
Eneng Susanti, Islampos - 1 hour ago
Jika ada warga Cina yang mendekati perbatasan, resikonya adalah ditembak oleh tentara Korut. The post Waspada Corona, Korut Ancam Tembak Warga Cina yang Paksa Dekati Perbatasan appeared first on Islampos.

Yudi, Islampos - 1 hour ago
Menurutnya masker bekas yang didaur ulang, jika digunakan kembali bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. The post Hati-hati, Masker Bekas Sebaiknya Dirusak Sebelum Dibuang appeared first on Islampos.

Sodikin, Islampos - 1 hour ago
Kereta Inspeksi dan rel klinik ini nantinya akan digunakan untuk mengangkut para tenaga medis dan peralatan kesehatan. The post Cegah Penyebaran Virus Corona, PT KAI Daop II Bandung Siapkan Rel klinik dan Kereta Inspeksi appeared first on Islampos.

Yudi, Islampos - 1 hour ago
Kasus kematian terbesar terjadi di Hubei, Cina dengan 2.902 orang, Itali 107 orang, Iran 92 orang, dan 35 di Korea Selatan. The post Jumlah Korban Positif Virus Corona Tembus 95 Ribu di Dunia, 53.423 Orang Sembuh appeared first on Islampos.

Yudi, Islampos - 1 hour ago
Orang lain kemudian terkena Covid-19 dengan menyentuh benda atau permukaan ini, kemudian mereka menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. The post Beredar Pesan Hoaks Virus Corona di WhatsApp yang Mengatasnamakan UNICEF appeared first on Islampos.

Saad Saefullah, Islampos - 1 hour ago
Rasulullah SAW. diberi tahu bahwa Ubay RA yang telah membetulkan bacaannya. Lalu, beliau berkata, "Aku telah menduga memang Ubay orangnya." The post Inilah Pembaca Al-Quran Terbaik di Kalangan Umat Muhammad appeared first on Islampos.

Yudi, Islampos - 1 hour ago
Sebelum angka kematian mencapai 107, otoritas Italia sebelumnya melaporkan tambahan jumlah kematian akibat virus corona di negeri itu. The post Total Korban Tewas Akibat Virus Corona di Italia Jadi 148 Orang appeared first on Islampos.

Saad Saefullah, Islampos - 1 hour ago
Maksudnya apabila musibah itu menimpamu; kematian dan lainnya. Itulah musibah yang berat. The post Tak Ada Seorang pun yang Lebih Aku Cintai Melebihi Rasulullah appeared first on Islampos.

Saad Saefullah, Islampos - 1 hour ago
Amanah ketiga adalah mengawal hijrahnya tiga orang wanita mulia. Tugas ini pun Ali RA jalankan dengan mulus. The post Amanah untuk Ali appeared first on Islampos.

noreply@blogger.com (Tukar Tiub), Tukar Tiub - 1 hour ago
TUAN AMAT BIJAK SEKALI Takyah tulis pnjg2 sham. Kesudahannya kau akan blame abam. Macamlah kitaorg taktahu. Kahkahkahkah on *MERAKAM SEJARAH* Publish | Delete | Spam ella on 05/03/20 L ------

Executive Editor, Minda Rakyat - 1 hour ago
Latheefa Koya mengesahkan sudah meletakkan jawatan sebagai ketua ketua Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM). Dalam kenyataan medianya hari ini, Latheefa berkata beliau menyerahkan surat peletakan jawatan kepada Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada 2 Mac lalu. "Ia keputusan saya sendiri. Spekulasi yang mengatakan saya ditekan (untuk letak jawatan) tida berasas. "Hasrat saya adalah untuk kembali menjadi pendukung hak asasi manusia," katanya. Tambah Latheefa, beliau bertemu dengan Muhyiddin semalam dan menjelaskan keputusannya kepada perdana menteri itu. "Kami berbual me...

KASKUS - Forum Threads - 1 hour ago
[justify][font="Helvetica Neue", Arial, Helvetica, sans-serif][img]https://s.kaskus.id/images/2020/03/06/8509243_20200306072039.jpg[/img][/font][/justify] [justify][font="Helvetica Neue", Arial, Helvetica, sans-serif]Pernah kah terpikir disekililing kita memiliki sifat yang aneh. Kaya dia penyendiri dan senang berimajinasi.[/font] [font="Helvetica Neue", Arial, Helvetica, sans-serif]Tapi, tahukah kalian orang aneh sebenernya banyak kebebasan untuk melakukan kegiatan (Positif). Oke kali ini ki...

KASKUS - Forum Threads - 1 hour ago
[CENTER][B]Gambar keren hanya bermodalkan kapur[/B][/CENTER] [img]https://s.kaskus.id/images/2020/03/06/10732415_202003060707580531.png[/img] Menggambar adalah seni tulis tangan yang di hasilkan oleh imajinasi yang kita lihat atau yang kita pikirkan, banyak orang yang bisa menggambar dengan bagus dengan karya tangannya, mereka menggambar dengan hobi ata upun kegemarannya dari kegemarannya bisa menjadi karya yang besar. Berkarya di mana pun berada walau pun dengan alat seadanya, sang peluk..

KASKUS - Forum Threads - 1 hour ago
[CENTER][img]https://s.kaskus.id/images/2019/09/15/8892387_20190915065341.jpg[/img][/CENTER] [CENTER][SPOILER=Ilustrasi][CENTER][img]https://s.kaskus.id/images/2020/03/06/8892387_20200306054438.jpg[/img][/CENTER][/SPOILER][/CENTER] [JUSTIFY]Republik Federal Jerman atau lebih dikenal dengan Jerman merupakan sebuah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu Jerman yang telah mengalami banyak sekali perubahan politik dari masa ke ma...

Tiada ulasan: