Isnin, 13 April 2020

Yang mana mahu kau pilih wahai anak. 10190


8 Pintu Surga
Surga adalah negeri yang penuh kenikmatan yang Allah siapkan bagi orang-orang yang bertakwa.  Ketahuilah bahwa surga memiliki pintu-pintu. Para penduduk surga akan masuk surga melalui pintu-pintu tersebut. Pintu surga ada delapan jumlahnya. Apa saja pintu-pintu tersebut? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Mengenal Pintu Surga

Disebutkan dalam hadits Sahl bin Sa’ad As Sa’idi radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


فِي الجَنَّةِ ثَمَانِيَةُ أبْوَابٍ، فِيهَا بَابٌ يُسَمَّى الرَّيَّانَ، لا يَدْخُلُهُ إلَّا الصَّائِمُونَ

“Di surga ada delapan pintu, diantaranya ada pintu yang disebut dengan ar Rayyan. Tidak ada yang bisa memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari no. 3257).

Dari Ubadah bin Ash Shamit radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


مَن قالَ: أشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ لا شَرِيكَ له، وأنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسولُهُ، وأنَّ عِيسَى عبدُ اللهِ، وابنُ أمَتِهِ، وكَلِمَتُهُ ألْقاها إلى مَرْيَمَ ورُوحٌ منه، وأنَّ الجَنَّةَ حَقٌّ، وأنَّ النَّارَ حَقٌّ، أدْخَلَهُ اللَّهُ مِن أيِّ أبْوابِ الجَنَّةِ الثَّمانِيَةِ شاءَ

“Barangsiapa yang mengucapkan: aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu baginya, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya, dan bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari umat-Nya, dan ia adalah kalimat Allah yang diberikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya, dan bersaksi bahwa surga itu benar adanya dan neraka itu benar adanya, maka Allah akan masukan ia ke surga dari delapan pintu surga yang mana saja” (HR. Muslim no.28).

Maka wajib kita mengimani dan membenarkan kabar dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam yang shahih ini, bahwa surga memiliki delapan pintu. 

Apa Saja Delapan Pintu Tersebut?

Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


مَن أنْفَقَ زَوْجَيْنِ مِن شيءٍ مِنَ الأشْياءِ في سَبيلِ اللَّهِ، دُعِيَ مِن أبْوابِ، – يَعْنِي الجَنَّةَ، – يا عَبْدَ اللَّهِ هذا خَيْرٌ، فمَن كانَ مِن أهْلِ الصَّلاةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّلاةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الجِهادِ دُعِيَ مِن بابِ الجِهادِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّدَقَةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصِّيامِ دُعِيَ مِن بابِ الصِّيامِ، وبابِ الرَّيّانِ

“Siapa yang berinfaq sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari babus shalah (pintu shalat), jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari babul jihad (pintu jihad), jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari babus shadaqah (pintu sedekah), jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau babur rayyan (pintu ar Rayyan)” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

Al Qadhi ‘Iyadh rahimahullah mengomentari hadits ini:


ذكر مسلم في هذا الحديث من أبواب الجنة أربعة، وزاد غيره بقية الثمانية، فذكر منها: باب التوبة، وباب الكاظمين الغيظ، وباب الراضين، والباب الأيمن الذي يدخل منه مَن لا حساب عليه

“Imam Muslim dalam hadits ini menyebutkan 4 pintu surga, kemudian beliau menyebutkan 4 sisanya. Diantaranya: babut taubah (pintu taubat), babul kazhiminal ghaizha (pintu menahan marah), babur radhiin (pintu ridha), dan babul ayman (pintu kanan) yang dimasuki oleh orang yang masuk surga tanpa hisab” (At Tadzkirah bi Ahwalil Mauta wal Akhirah, 16/183).

Kemudian dalam penjelasan yang lain, dari Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah, beliau menjelaskan:


وقع في الحديث ذكر أربعة أبواب من أبواب الجنة … وبقي من الأركان الحج فله باب بلا شك، وأما الثلاثة الأخرى فمنها” باب الكاظمين الغيظ والعافين عن الناس… ومنها: باب الأيمن وهو باب المتوكلين الذي يدخل منه من لا حساب عليه ولاعذاب. وأما الثالث: فلعله باب الذكر، فإن عند الترمذي ما يومئ إليه، ويحتمل أن يكون باب العلم

“Di dalam hadits disebutkan 4 pintu surga … kemudian orang yang melaksanakan rukun-rukun haji ia akan mendapatkan pintu khusus, tanpa keraguan. Tersisa 3 pintu lagi, diantaranya babul kazhiminal ghaizha wal ‘afina ‘anin naas (pintu menahan marah dan memaafkan manusia) … diantaranya juga babul ayman (pintu kanan) yaitu pintu yang dimasuki orang-orang yang sempurna tawakalnya sehingga masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. Adapun yang ketiga, bisa jadi adalah babudz dzikri (pintu dzikir). Karena terdapat hadits riwayat Tirmidzi yang mengisyaratkan hal itu. Atau bisa jadi adalah babul ilmi (pintu ilmu)” (Fathul Baari, 7/34).

Juga terdapat hadits tentang babul walid (pintu berbakti pada orang tua). Dari Abud Darda’ radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:


الوالِدُ أوسطُ أبوابِ الجنَّةِ، فإنَّ شئتَ فأضِع ذلك البابَ أو احفَظْه

“Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah. Jika engkau mau menyia-nyiakannya, silakan. Atau jika engkau mau menjaganya, silakan” (HR. Tirmidzi no.1900, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah, no. 914).

Dari hadits dan penjelasan-penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa pintu surga ada delapan, namun yang disepakati ulama ada empat: 

  • babus shalah (pintu shalat), yang dimasuki oleh orang-orang ya.ng mendirikan shalat
  • babul jihad (pintu jihad), yang dimasuki oleh orang-orang yang berjihad di jalan Allah.
  • babus shadaqah (pintu sedekah), yang dimasuki oleh orang-orang yang gemar bersedekah.
  • babur rayyan (pintu ar rayyan) atau disebut juga babus shiyam (pintu puasa), yang dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.
Namun empat sisanya ulama berbeda pendapat. Diantara kemungkinannya adalah,
  • babul kazhiminal ghaizha (pintu menahan marah), yang dimasuki oleh orang-orang yang bisa menahan amarahnya.
  • babul ayman (pintu kanan), yang dimasuki oleh orang-orang yang sempurna tawakalnya.
  • babur radhiin (pintu ridha), yang dimasuki oleh orang-orang yang ridha kepada takdir Allah.
  • babut taubah (pintu taubat), yang dimasuki oleh orang-orang yang bertaubat nasuha.
  • babul walid (pintu berbakti pada orang tua), yang dimasuki oleh orang-orang yang berbakti kepada orang tua.
  • babul hajji (pintu haji), yang dimasuki oleh orang-orang yang menyempurnakan hajinya.
  • babudz dzikri (pintu dzikir), yang dimasuki oleh orang-orang yang banyak berdzikir
  • babul ilmi (pintu ilmu), yang dimasuki oleh orang-orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat.
‘Ala kulli haal, yang lebih penting bagi kita adalah berusaha mengamalkan amalan-amalan di atas agar kita layak memasuki pintunya di surga kelak. Jangan sampai ketika surga memiliki delapan pintu namun tidak ada satupun yang terbuka untuk kita. Allahumma inna nas’alukal jannah wa na’udzubika minannar.
**
Penulis: Yulian Purnama
Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/55772-8-pintu-surga.html

Sumber:
8 Pintu Surga – Check Porsi Haji App.


Memakai Pakaian Terbaik ketika Shalat (Bag. 2) 
Baca pembahasan sebelumnya Memakai Pakaian Terbaik ketika Shalat (Bag. 1) 

Memakai pakaian yang menutupi paha

Sesungguhnya menutupi paha termasuk dalam memakai pakaian terbaik ketika shalat, baik kita mengatakan paha itu termasuk aurat bagi laki-laki ataukah bukan. 

Sebagian ulama berpendapat bahwa paha bukanlah termasuk aurat. Mereka berdalil dengan sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu menceritakan,


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَزَا خَيْبَرَ فَصَلَّيْنَا عِنْدَهَا صَلَاةَ الْغَدَاةِ بِغَلَسٍ فَرَكِبَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَكِبَ أَبُو طَلْحَةَ وَأَنَا رَدِيفُ أَبِي طَلْحَةَ فَأَجْرَى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي زُقَاقِ خَيْبَرَ وَإِنَّ رُكْبَتِي لَتَمَسُّ فَخِذَ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ حَسَرَ الْإِزَارَ عَنْ فَخِذِهِ حَتَّى إِنِّي أَنْظُرُ إِلَى بَيَاضِ فَخِذِ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berperang di Khaibar. Kami melaksanakan shalat shubuh di sana di hari yang masih sangat gelap. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Thalhah mengendarai tunggangannya, sementara aku membonceng Abu Thalhah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melewati jalan sempit di Khaibar dan saat itu sungguh lututku menyentuh paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau menyingkap sarung dari pahanya hingga aku dapat melihat paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang putih.” (HR. Bukhari no. 371)

Sisi pendalilan dari hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu tersebut adalah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemalu. Seandainya paha bukanlah aurat, tidaklah mungkin paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai tersingkap. 

Termasuk di antara ulama masa kini yang memilih pendapat ini adalah Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah. Beliau rahimahullah berkata,


والذي يظهر لي أن الفخذ ليس بعورة إلا إذا خيف من بروزه فتنة فإنه يجب ستره كأفخاذ الشباب 

“Yang tampak bagiku adalah bahwa paha itu tidak termasuk aurat, kecuali jika dikhawatirkan dapat menimbulkan godaan, maka wajib ditutup, seperti paha para pemuda.” (Majmu’ Al-Fataawa, 12: 216)
 
Kemudian beliau rahimahullah pun melemahkan (menilai dha’if) hadits-hadits yang dijadikan sebagai dalil bahwa paha termasuk dalam aurat. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan dari sahabat ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَنَّ الْفَخِذَ عَوْرَةٌ

“Sesungguhnya paha itu termasuk dalam aurat.” (HR. Abu Dawud no. 4014, At-Tirmidzi no. 2795, dan Ahmad 25: 274)

Adapun jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwa paha adalah aurat, dan menyatakan bahwa hadits di atas adalah hadits yang shahih. Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz rahimahullah berkata,

وأما الفخذ فهو عورة على الراجح عند أكثر أهل العلم ، وعليه أن يستره في الصلاة وعند الناس أيضا 

“Adapun paha, itu termasuk aurat menurut pendapat yang paling kuat yang dipilih oleh mayoritas ulama. Oleh karena itu, paha wajib ditutup ketika shalat dan juga ketika bersama manusia (di luar shalat, pent.).” (Majmu’ Al-Fataawa, 29: 218)

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz rahimahullah juga berkata,

الفخذ عورة كما جاء في عدة أحاديث عن النبي صلى الله عليه وسلم

“Paha adalah aurat sebagaimana yang terdapat dalam berbagai hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Duruusun li Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz, 2: 23 [Maktabah Asy-Syamilah])

Terlepas dari dua pendapat di kalangan ulama tersebut, memakai pakaian terbaik ketika shalat dan menutup aurat adalah dua hal yang berbeda. Hal ini karena menutupi paha termasuk dalam cakupan makna umum dari perintah dalam firman Allah Ta’ala,

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap kali (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf [7]: 31)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

فإذا قلنا على أحد القولين وهو إحدي الروايتين عن أحمد : أن العورة هي السوأتان، وأن الفخذ ليست بعورة، فهذا في جواز نظر الرجل إليها، ليس هو في الصلاة والطواف، فلا يجوز أن يصلي الرجل مكشوف الفخذين، سواء قيل هما عورة، أو لا . ولا يطوف عريانا 

“Jika kita berpendapat berdasarkan salah satu riwayat dari (pendapat) Imam Ahmad bahwa aurat itu hanyalah qubul dan dubur, dan bahwa paha bukanlah termasuk aurat, maka ini hanya untuk bolehnya dipandang laki-laki lainnya, bukan untuk shalat dan ketika thawaf. Maka tidak boleh bagi seseorang untuk shalat dalam keadaan dua pahanya terbuka, baik mengatakan paha itu aurat ataukah bukan. Dan tidak boleh pula thawaf dalam keadaan telanjang.” (Majmu’ Al-Fataawa, 22: 116)

Sebagian pakaian yang dipakai terutama saat musim panas bersifat tipis dan transparan, yang tidak bisa menutupi paha ketika seseorang memakai celana pendek. Maka hendaknya hal itu menjadi bahan perhatian. Oleh karena itu, hendaknya memakai celana panjang, atau menghindari model-model pakaian semacam itu. Hal ini karena menutup aurat termasuk dalam syarat sah shalat. Selain itu, penutup aurat itu bukanlah sesuatu yang transparan, sehingga kulit yang ada di balik pakaian penutup tersebut masih jelas terlihat. 

An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,

يجب الستر بما يحول بين الناظر ولون البشرة فلا يكفى ثوب رقيق يشاهد من ورائه سواد البشرة أو بياضها

“Wajib untuk menutup dengan sesuatu yang menghalangi antara mata orang yang melihat dengan warna kulit. Maka tidaklah mencukupi pakaian yang tipis yang kulit di baliknya masih bisa dilihat, baik ulit berwarna hitam ataukah putih … “ (Al-Majmu’, 3: 170)

Demikian pula, hendaknya menjadi perhatian bagi para ayah untuk memakaikan anak-anak mereka dengan pakaian yang terbaik. Tidak sepantasnya mereka hanya memakaikan anak-anak yang diajak ke masjid hanya dengan celana pendek sehingga tersingkaplah (tampak) pahanya. Hal ini karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مُرُوا الصَّبِيَّ بِالصَّلَاةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِينَ، وَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ سِنِينَ فَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا

“Perintahkanlah anak kecil untuk melaksanakan shalat apabila sudah mencapai umur tujuh tahun, dan apabila sudah mencapai umur sepuluh tahun maka pukullah dia apabila tidak melaksanakannya.” (HR. Abu Dawud no. 494, At-Tirmidzi no. 407, hadits hasan shahih)

Hadits di atas juga mencakup perintah bagi anak-anak yang masih berusia tujuh tahun agar memenuhi syarat-syarat shalat, di antaranya adalah wudhu dan menutup aurat, serta hal-hal yang bisa menyempurnakan shalat, bukan hanya shalat namun asal-asalan. 

[Bersambung]
Penulis: M. Saifudin Hakim

Sumber:
Memakai Pakaian Terbaik ketika Shalat (Bag. 2) – Check Porsi Haji App.

Google Larang Penggunaan Zoom, Sebut Ada Bahaya Mengintai di Balik Pemakaiannya

Dikutip dari pikiran-rakyat.com selama masa karantina akibat wabah virus corona yang melanda lebih dari 190 negara, kini sebagian besar masyarakat beralih pada platform, aplikasi Zoom untuk bekerja, belajar, hingga kegiatan lainnya. 
Google Larang Penggunaan Zoom, Sebut Ada Bahaya Mengintai di Balik Pemakaiannya
Platform konferensi video ini menawarkan layanan gratis yang bisa diakses oleh sekitar 100 orang sekaligus dalam satu sesi secara bersamaan.

Namun, baru-baru ini muncul kabar bahwa adanya bahaya yang mengintai di balik penggunaan aplikasi Zoom ini. 

Google pun melarang penggunaan Zoom bagi perusahaan dan pelajar, mereka menyebutkan bahwa Zoom berisiko bisa membocorkan data pribadi penggunanya.

Bahkan sebagian pengguna iPhone dan iPad kini tengah menjadi sasaran empuk 

Zoom yang bisa menjual data pribadi mereka kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pengguna. Selain itu, Zoom termasuk aplikasi dengan tingkat keamanan rendah. Pihak ketiga bisa dengan mudah mengakses kondisi yang direkam melalui kamera dan mikrofon pengguna. 

Bukan hanya Google yang mengeluarkan larangan pemakaian Zoom. Sebelumnya, SpaceX sudah mengatakan hal sama. Hal itu dilakukannya demi menjaga data pribadi pengguna dari kemungkinan-kemungkinan buruk.

Setelah kontroversi beredar, sebagian pengguna beralih dari Zoom demi menghindari kebocoran data pribadi mereka. Tim peneliti asal Taiwan menemukan adanya lalu lintas komunikasi dari Zoom yang dikirim melalui Beijing padahal para pengguna tengah berada di Amerika Utara.

Setelah peneliti mengungkapkan kejanggalan tersebut, Taiwan secara resmi melarang keras penggunaan Zoom oleh seluruh warganya terutama perusahaan dan instansi pemerintahan.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Jerman sangat membatasi dan mengawasi penggunaan Zoom. Menanggapi kontroversi itu, Zoom berjanji akan meningkatkan fitur keamanan dan privasi bagi seluruh penggunanya. 

By the way kuliah/kampus ane juga pake zoom tapi karena adanya kabar ini mungkin bakal pake aplikasi lain yang lebih aman dan menjaga privasi

Spoiler for sumur:
https://www.pikiran-rakyat.com/tekno...iannya?page=3
Google Larang Penggunaan Zoom, Sebut Ada Bahaya Mengintai di Balik Pemakaiannya | KASKUS

BETULKAH SURAT ITU HADI YANG TULIS? KENAPA KEPADA PIMPINAN ISLAM?
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 8 minutes ago
Ibrahim Mat Isa Ramai juga bertanyakan aku melalui text dan juga bersemuka, tentang SURAT HJ HADI. Antara soalan mereka, betul ke surat itu tulisan Hj Hadi, kenapa Hj Hadi mesti tulis surat kepada pemimpin Gerakan Islam, dan pasai apa mesti ditulis keburukan pemimpin yang jadi seteru parti dia.. Dan macam-macam soalan lagi timbul. Seperti biasa, jika soalan secara beradab, aku jawab sampai si penyoal puas hati. Yang boleh aku simpulkan dari jawapan aku ialah, seseorang yang kurang dipercayai, yang tidak diambil perhatian dan membawa banyak kerenah kepada orang lain sudah tentu memb...

Virus corona: Mengapa dampak Covid-19 berbeda bagi perempuan dan pria?
BBC News Indonesia - Berita - 9 minutes ago
Covid-19 berdampak sangat berbeda untuk pria dan perempuan, dan tidak hanya soal kesehatan. Meskipun virus ini menginfeksi orang tanpa pandang bulu, tapi perbedaan gender membedakan dampak virus corona.

Nasi Bungkus Gratis untuk Warga Terdampak Covid-19
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 18 minutes ago
Nasi Bungkus Gratis untuk Warga Terdampak Covid-19. Setiap siang dan malam disediakan sekitar 100 bungkus nasi secara gratis oleh sekelompok warga dan pemuda Kompleks Sinar Pamulang Permai.

Penuntut IPT Diminta Kekal Di Kampus Sepanjang PKP
Rifqi Ilman, MYNEWSHUB - 37 minutes ago
SEMUA penuntut Institut Pengajian Tinggi (IPT) diminta kekal berada di tempat masing-masing sepanjang tempoh Perintah Kawalan Pergerakan (PKP). Menteri Kanan... The post Penuntut IPT Diminta Kekal Di Kampus Sepanjang PKP appeared first on MYNEWSHUB.

CEK FAKTA: Ilmuwan Harvard Ditangkap Karena Berbohong, Bukan Menjual Virus Corona
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 38 minutes ago
Kabar penangkapan ilmuwan Universitas Harvard bernama Charles Lieber karena menciptakan dan menjual virus corona adalah tidak benar. Charles Lieber ditangkap karena karena berbohong terkait dugaan keterlibatan mereka dengan pemerintah China

Semua Bentuk Bazar Ramadan Tak Dibenar Sepanjang PKP
Rifqi Ilman, MYNEWSHUB - 1 hour ago
KUALA LUMPUR – Kerajaan hari ini memutuskan tiada sebarang bentuk bazar Ramadan dibenar beroperasi di seluruh negara sepanjang tempoh Perintah... The post Semua Bentuk Bazar Ramadan Tak Dibenar Sepanjang PKP appeared first on MYNEWSHUB.

ASSALAMUALAIKUM. WR. WB.
SALAM KESELAMATAN & KESEJAHTERAAN utk KITA SEMUA 
[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila
Pengertian Demokrasi dan Sedikit Sejarahnya

Demokrasi adl Sistem Berbangsa dan Bernegara yg banyak dianut di banyak negara di dunia ini. Berasal dari Sejarah yg sudah Dahulu Kala yaitu di Yunani sejak jaman Aristoteles dan Plato. Murid dan Guru tsb merupakan Bapak dari Ilmu2 Filsafat yg sdh banyak diadopsi di negara2 barat sana. Dgn Sistem Demokrasi yg memisahkan Kekuasaan menjadi 3 "Kamar" Kekuasaan, yaitu Legislatif (MPR dan DPR), Eksekutif (Pemerintah) dan Yudikatif (Hukum) dari sebelumnya bersifat Monarki atawa Kerajaan. Masing2 "Kamar" Kekuasaan tsb setara, setaraf dan selevel, tidak ada yg lebih tinggi, dan seharusnya saling mengawasi demi kesejahteraan dan kemakmuran dan pertahanan bangsa dan Negara dan akhirnya terjaganya Keberlangsungan Bangsa dan Negara.
[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila
Jika diatas adl sedikit pengertian dan sejarah demokrasi, sekarang saya bahas ttg Demokrasi Pancasila. 

Rangkuman ttg Pancasila :

* Pancasila adl sebagai Pedoman Hidup Bangsa Indonesia :

Pancasila sbg Pedoman Hidup Bangsa Indonesia dpt diisikan sbg dibawah ini :

- Pancasila sbgai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

- Pancasila sbg Kepribadian Bangsa Indonesia.

- Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

- Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi Negara Republik Indonesia (NKRI)
- Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara

Pancasila juga bisa sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia dan Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia shg dapat menjadikan Bangsa yg "Baldatun Toyyibatun warobun Ghoffur"

Perbedaan Demokrasi Pancasila dgn Demokrasi Liberal adl :

1. Demokrasi Pancasila bersumber dari dan dgn Pancasila
2. Pemerintah dijalankan dari dan berdasarkan Konstitusi
3. Adanya pemilu secara berkesinambungan dlm jangka waktu tertentu
4. Adanya peran-peran kelompok kepentingan (Partai2 Politik). 
5. Adanya penghargaan atas HAM serta perlindungan hak minoritas.
6. Demokrasi Pancasila merupakan kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelesaikan masalah dan bukan semacam pertandingan yg ada kalah maupun pemenang.
7. ide-ide yang paling baik akan diterima, tetapi bukan berdasarkan suara terbanyak.
8. Mengambil Esensi2 dan Spirit dari Agama2 yg ada utk menciptakan dan menyusun Sistem Negara Republik Indonesia 

Demokrasi Pancasila berarti Sistem Berbangsa dan Bernegara Kita Semua, Indonesia, yg mengadopsi Demokrasi dgn 3 "Kamar" Kekuasaan. Tetapi dgn Berasas dan Bersumber dari dan dgn Pancasila. 

Dikarenakan Pancasila sbg Pedoman Hidup dan Falsafah Bangsa Indonesia maka Pancasila selayaknya (dan memang layak) dijadikan Asas dan Nafas dari Sistem Demokrasi yg Kita Semua adopsi. Tidak bisa dipisahkan ataupun tidak bisa dikesampingkan dari Demokrasi yg Semua Kita melaksanakannya.  Bagaikan sebuah koin dgn 2 sisinya ataupun Oksigen dlm darah manusia. 

Tidak boleh dan tidak terpisahkan. 

Begitulah Demokrasi Pancasila dan Pancasila.

Bagaimana menghayati dan Mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang

Banyak dan beragam cara yg dapat dilaksanakan utk mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang. Sebagai manusia di jaman ini dimana terdapat banyak tercampuraduknya berbagai budaya dan pemahaman2 yg (mungkin) tidak atau kurang sesuai dgn Nilai2 dan Adat Istiadat yg sejak turun temurun tersirat dan terpatri dlm Jiwa Orang Indonesia, yaitu Jiwa Orang Timur. 



Cara2 utk menghayati dan mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang dapat Kamu lihat dan Baca di Post2 di Thread ini

...Sekian dan Semoga Bermanfaat...

...Aamiin YRA...
[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

 [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

 

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

 [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila  [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila  [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila
[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila  [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila  [Nasionalisme] Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi Pancasila
Penutup


Sekian tulisan ini dan semoga bermanfaat. Semoga Kita Semua tidak Kehilangan Indentitas dan Jati Diri Kita Semua sbg Bangsa Indonesia.


Dan Semoga Indonesia menjadi RAYA

…Aamiin YRA…

Spoiler for SUMBER2 Referensi:SUMBER Ke-1 - SUMBER Ke-2 - SUMBER Ke-3 Diubah oleh rifki.albasyuni
Demokrasi Pancasila | KASKUS

Misteri Kematian Anastasia Romanov, Putri Tsar Rusia Terakhir
Tanggal 17 Juli 1918 tepat tengah malam terjadia sebuah pembantaian pada satu keluarga. Grand Duchess Anastasia Romanov adalah putri bungsu Tsar Nicholas II dari Rusia. Bersama dengan orang tua dan saudara kandungnya, Anastasia ditangkap dan dieksekusi selama Revolusi Bolshevik. Dia terkenal karena misteri yang menyelubungi kematiannya selama beberapa dekade.
Misteri Kematian Anastasia Romanov, Putri Tsar Rusia Terakhir
Anastasia Romanov adalah putri bungsu dari Tsar Rusia terakhir Nicholas II. Dia digambarkan sebagai anak nakal yang lincah dan penuh kecerdasan. Tetapi dia hanya menikmati 17 tahun kehidupan bersama keluarganya. Pada bulan Februari 1917, para kaum Bolshevik menempatkan keluarga kerajaan sebagai tahanan rumah. Sebulan kemudian, Tsar Nicholas II turun tahta. Selama 78 hari keluarga itu ditahan di bawah pengawasan ketat di kota Yekaterinburg.
Misteri Kematian Anastasia Romanov, Putri Tsar Rusia Terakhir
Pada pagi hari tanggal 17 Juli, keluarga itu diantar ke ruang bawah tanah. mereka disuruh berbaris seakan layaknya akan berfoto. Terakhir terdengar kabar bahwa Anastasia adalah orang yang terakhir kali meninggal. Seoranllg percaya bahwa seorang keturunannya yang bernama Anastasia Romanov berhasil melarikan diri. Benarkah ia selamat atas pembantaian itu? Biar ga penasaran lagi langsung aja dengerin Jas Meral hanya di Kaskus Podcast
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
https://podcast.kaskus.co.id/kaskus_widget/kaskus.podcast/episode/5e9085ce0d689245034988c4?embed=true#
Diubah oleh kaskus.podcast
Misteri Kematian Anastasia Romanov, Putri Tsar Rusia Terakhir | KASKUS

Kedai gunting rambut, dobi bukan keperluan mendesak
ainulillia, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 1 hour ago
BANGI, 19 Syaaban 1441H, Isnin – Keputusan untuk membuka semula beberapa sektor tambahan perlu dipertimbangkan semula sesuai dengan seruan Kementerian Kesihatan Malaysia (KKM) dan reaksi orang ramai. Timbalan Presiden UMNO Datuk Seri Mohamad Hasan berkata, operasi perniagaan seperti kedai gunting rambut dan dobi sebaiknya perlulah ditangguhkan kerana ia bukan keperluan mendesak. Malah, penganjuran Bazar Ramadan … The post Kedai gunting rambut, dobi bukan keperluan mendesak appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Bendung kluster warga asing
sitifatimah, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 2 hours ago
BANGI, 19 Syaaban 1441H, Isnin – Pengasingan dan kuarantin yang sempurna bagi semua kluster jangkitan COVID-19 perlu dititik beratkan sebelum Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) ditamatkan. Pakar Epidemiologi, Prof Datuk Dr Awang Bulgiba Awang Mahmud berkata, antara kluster yang perlu dibendung adalah membabitkan warga asing. Katanya, kita perlu bersedia mengatasi penularan semula COVID-19 oleh warga asing, … The post Bendung kluster warga asing appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.


Kuda Lumping, Tarian Sakral Penuh Makna!
Kuda Lumping, Tarian Sakral Penuh Makna!
Kuda lumping merupakan tarian yang menyeramkan, apalagi saat penari melakukan adegan-adegan berbahaya seperti memakan kaca dan melukai tubuhnya. Namun, dibalik itu semua ternyata kuda lumping memiliki pesan yang mendalam, seperti keberaian dan kesucian.

Kuda lumping atau sering disebut dengan jaran kepang atau jathilan merupakan tarian tradisional Jawa yang menampilkan prajurit berkuda. Lebih tepatnya, tarian ini berasal dari Ponorogo.

Permainan ini memang seringkali mengagetkan karena melibatkan kejadian magis diluar nalar manusia.
Kuda Lumping, Tarian Sakral Penuh Makna!
Menggambarkan Sifat ManusiaKesenian kuda lumping sangat populer di kalangan Jawa Tengah. Tarian ini juga sempat meredup namun bisa bangkit kembali ke ranah pertunjukkan.

Kesenian dengan pesan moral yang mendalam ini memang seharusnya terus dijaga di masyarakat. Pertunjukkan kuda lumping juga sangat unik dan seringkali menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kesenian kuda lumping menggunakan sebuah kuda-kudaan yang dibuat dari bahan bambu. Bambu dianyam kemudian dipotong membentuk kuda.


Kuda buatan ini juga dihiau dengan rambut palsu berbahan tali plastic yang dikepang. Selain itu, kuda yang digunakan juga dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Warna-warna tersebut memiliki makna tersendiri.

Kepercayaan Terhadap Roh LeluhurKuda lumping bukan hanya menampilkan gerakan para prajurit yang menunggang kuda, namun juga menampilkan beberapa hal lain yang menyeramkan, seperti kesurupan. Pada saat penari menarikan kuda lumping, nantinya aka nada salah satu penari yang dirasuki oleh roh.

Roh tersebut diyakini merupakan arwah nenek moyang. Saat mereka kerasuka, mereka akan melakukan adegan-adegan yang berkaitan dengan kekuatan magis. Seperti menyayat tubuhnya menggunakan senjata tajam, membakar diri, mengunyah kaca, dan lain-lain.

Namun, saat melakukannya mereka sama sekali tidak terluka maupun kesakitan. Menurut sejarahnya, hal ini disebabkan oleh kekuatan supranatural di Jawa pada zaman dulu.

Makna Kesenian Kuda LumpingSelain hal-hal diluar nalar tersebut, sebenarnya pertunjukkan ini memiliki makna yang menggambarkan semangat serta jiwa kepahlawanan dari para prajurit berkuda di medan perang.

Hal ini dapat terlihat dari gerakan-gerakan yang ditampilkan oleh para penari yang menggerakkan serta mengibaskan rambut kuda.

Selain itu, makna tarian ini juga berkaitan dengan kehidupan manusia yang bisa diambil dari pertunjukkannya. Untuk masalh kerasukan, dipercaya bahwa hal tersebut merupakan simbol pengingat bahwa di luar kekuatan manusia, ada unsur kekuatan lain diluar kendali manusia.

Nah, bagaimana sobat? Ada kah dari kalian yang pernah menonton langsung dan merasakan kengerian pertunjukkan ini?

Kalau belum, cobalah untuk menontonnya saat berkunjung ke Jawa atau kalian bisa menikmati aksinya lewat Youtube. Terimakasi, semoga artikel ini bermanfaat.



emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Imlekemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Diubah oleh pesonaindo2020
Sumber: 

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

Tiada ulasan: