Ahad, 13 Oktober 2013

2013. Resepi membuat kapal selam.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  , الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ , الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,  مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ , إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ , اهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيمَ  , صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ , غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ.

Assalamualaikum w.b.t/السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Meja www.peceq.blogspot.com 

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Asli Palembang.

Kali ini saya akan berbagi tentang Cara Membuat Pempek Kapal Selam untuk anda.
Sodara2 yang pertama anda harus tahu bahwa Resep Pempek Kapal Selam Palembang kali ini saya bagi jadi 3 bahan yaitu A , B dan C ini dimaksudkan agar anda mudah membagi pikiran dan membagi tahapannya..

Bahan A: sediakan 25 gram tepung terigu dan juga siapakan 100 cc air (boleh mentah boleh matang ya). Siapkan 1 sendok makan garam dapur halus. Cukup sekian bahan A kita lanjut ke bahan B.

Bahan B: Pertama siapkan 500 gram daging ikan tenggiri (bila di pasar sekitar anda tidak dijual jenis ikan ini anda bisa menggantinya dengan ikan gabus, atau ikan belida yang pipih). Kemudian haluskan ikan tersebut. Lalu bekukan di lemari es sebelum anda gunakan sebagai adonan. Ingat ini penting justru disinilah rahasianya. Trus siapkan 1 butir telur ayam yang sudah dikocok. Juga siapkan 100 cc air putih ya. Sekian untuk bahan B. Berikutnya siapakan bahan C.

Bahan C: Pertama siapkan 400 gram tepung tapioka alias tepung kanji. Juga sediakan Telur ayam untuk dijadikan isian pempek kapal selam secukupnya saja. Demikian bahan C cukup dua bahan itu aja ya. Berikutnya mari kita lanjut ke inti, yakni cara membuat pempek kapal selam asli palembang… hayuks, goes mang…

Cara membuat pempek kapal selam: Pertama sekali silakan Campurkan bahan A menjadi satu dalam satu wadah. lalu silakan Aduk sehingga adonannya mengental. Dan ini RAHSIA-nya–>> Masukkan adonan yang baru saj dibuat kedalam lemari es alias kulkas selama kurang lebih 30 menitan. Yups… kita lanjut ke penyikapan bahan B

Ambil daging tenggiri yang sudah kita bekukan lalu didiamkan sebentar biar lunak sampe tidak keras lagi. Lalu Campurkan telur ayam dan ikan ke dalam wadah baru. lalu tambahkan air putih secukupnya dan Aduk-aduklah hingga tercampur rata.

Sekarang kita masuk ke penyikapan bahan A, B dan C

Setelah proses diatas kita lakukan, maka tahap selanjutnya: campur bahan A dan bahan B kedalam satu wadah. Lalu Aduklah sehingga tercampur baik dan rata. Berikutnya Masukkan bahan C. tepung tapioka sedikit sedikit alias nyicil dan jangan lupa adonannya sambil diaduk aduk. Jangan terlalu lama mengaduk-aduk sebab akan membuat pempek menjadi keras (ini sangat tidak kita harapkan).

Setelah itu, jadilah adonan yang sudah siap untuk dibentuk menjadi bentuk pempek kapal selam. Tapi sebelumnya ingat….lumurilah tangan anda dengan tepung tapioka Agar adonannya tidak lengket di tangan.
Ayo mulai membuat bentuk pempek kapal selam. Pertama bulatkan adonan sebesar bola tenis, lalu tekan tengahnya dengan tangan sampai berbentuk mangkuk kecil. Ingat ketebalan “mangkuk”-nya cukup sedang jangan terlalu tipis karena isinya bisa keluar saat dimasak.

Masukkan telur ke dalam lubang “mangkuk”, tapi jangan terlalu penuh yaaa…. supaya “mangkuk”nya bisa ditutup kembali. Setelah diisi baru Tutup rapat dengan menekan-nekan katup “mangkuk” dengan ujung jari sehingga membentuk pempek kapal selam.

Nah, sekarang adonan yang sudah dibentuk tadi kita masukkan ke dalam air mendidih. dan satu lagi RAHASIA-nya…. Tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam air mendidih agar pempek tidak lengket satu sama lain saat direbus. Rebuslah hingga matang dengan ciri: adonannya mengambang di atas permukaan air. Setelah itu, angkat dan tiriskan dengan peniris.

Dan sekarang adalah waktunya untuk Menggoreng pempek: gorenlah pempek empat sampai lima biji jangan bikin kuali anda penuh sebab bisa lengket satu sama lain. Gorenlglah sampai kekuning-kuningan lalu angkat. Yup, silakan habisakan semua adonan, masukkan semua ke kuali. Berikutnya kita akan bikin cuko pempek alias kuahnya yaaaa….

Hmmm….berikut ini adalah Cara membuat kuah pempek alias Cuko-nya: Pertama-tama Rebuslah gula merah sebanyak 1 kg dan tiga (3) sendok teh asam jawa. Atau anda bisa menggantinya dengan cuka makanan. Air rebusannya sebanyak 2 liter. Rebuslah hingga gula merahnya larut.

Tahap berikutnya adalah… Masukkan cabe rawit beberapa biji sesuai dengan selera pedas anda. Juga masukkan ke dalam rebusan gula tadi: bawang putih sebanyak 200 gram dan tentu saja yang sudah dihaluskan. Masukkan garam dapur halus secukupnya. Rebuslah cuko selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat cukonya dan masukkan ke dalam mangkuk.

Untuk membuat kuahnya menjadi lebih segar, sailakan Tambahkan potongan mentimun dengan potong dadu kecil-kecil.

Wuiiihhh….. jadi deh pempek kapal selam kita….. cukup panjang ya penjelasannya… tapi jangan khawatir justru yang panjang itu yang komplit…..

Selamat mencoba membuat pempek kapal selam asli palembang….



UNTUK TOTORIAL BERVIDEO teruskan membaca: 
 Orang PALEMBANG yangg gemar makan KAPAL SELAM (pempek) .
Kali ini saya akan berbagi tentang Cara Membuat Pempek Kapal Selam untuk anda.  Cara Membuat Pempek Palembang (Bongkar Rahasia Dapur).

Resep Pempek Terlengkap dan Pertama di Indonesia! Mengungkap Rahasia Cara Membuat Pempek Palembang Yang Mudah dan Enak…  Berupa video tutorial lengkap dan sistematis. Setelah menyimak video ini, Anda akan merasakan pengalaman seru dan baru dalam belajar cara membuat pempek (Cara Membuat Empek Empek). 

Materi dalam video ini sangat JELAS, SINGKAT dan dirancang untuk memberikan HASIL CEPAT yang akan membuat Anda asyik dan bersemangat praktek di dapur. 

Tutorial yang berisi 5 (Lima) Video ini akan menyingkap Rahasia Membuat Pempek berikut ini:
  1. Bahan atau resep untuk membuat pempek yang harus disediakan.
  2. Teknik mencampur bahan yang tepat dan benar. Mencampurkan bahan pempek tidak boleh sembarangan. Anda perlu menerapkan teknik tertentu untuk menghasilkan rasa pempek yang enak.
  3. Teknik mengadon bahan pempek yang tepat dan benar. Benar tekniknya dan tepat waktunya. Salah menerapkan teknik ini, dijamin pempek anda tidak akan berhasil. Bisa jadi pempek anda akan terlalu lunak atau malah terlalu keras.
  4. Teknik merebus pempek palembang yang benar. Ditambah tips rahasia cara memperlakuan pempek setelah direbus. Bila salah menempuh proses ini, hidangan anda tidak akan memuaskan.
  5. Teknik menggoreng pempek yang baik dan benar. Dan bagaimana cara agar pempek tidak lengket saat digoreng.
  6. Panduan membuat cuko/cuka pempek yang enak dan gurih. Serta tips rahasia mejadikan cuko pempek beraroma khas. 
Untuk mendapatkan videonya sila klik SINI

Sumber gambar: (Pempek (Kapal Selam)) . 
Resepi disumberkan dari: (Cara membuat Pempek Palembang (Kapal Selam)) .


وَتِلْكَ الْقُرَى أَهْلَكْنَاهُمْ لَمَّا ظَلَمُوا وَجَعَلْنَا لِمَهْلِكِهِم مَّوْعِداً 
Dan penduduk negeri-negeri (yang derhaka) itu Kami telah binasakan ketika mereka melakukan kezaliman, dan Kami telah tetapkan satu masa yang tertentu bagi kebinasaan mereka.
(Surah Al-Kahf ayat 59)
 
                              Tiada ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah (SWT).
Perhatian: Pemaparan tajuk-tajuk, gambar-gambar dan segala bagai, adalah pandangan dan pendapat peribadi yang lebih menjurus kepada sikap dan sifat untuk menjadi lebih baik dengan mengamalkan gaya hidup menurut perentah dan larangan Allah S.W.T., antaranya bersikap dengan tiada prasangka, tidak bertujuan untuk kebencian, tidak berkeperluan untuk bersubahat dengan perkara bohong dan tiada kaitan dan berkepentingan dengan mana-mana individu. Jujur., aku hanyalah hamba Allah S.W.T., yang hina dina. BERSANGKA BAIK KERANA ALLAH S.W.T.. 

Tiada ulasan: