Google+ Badge

Jumaat, 19 Jun 2015

5396. INA Food Opor Ayam dan Lain-lain Resepinya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  , الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ , الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ,  مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ , إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ , اهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيمَ  , صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ , غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين
“Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

 

 “”
استغفر الله لا إله إلا هو الذي الحي القيوم واتوب إليه
استغفر الله لا إله إلا هو الذي الحي القيوم واتوب إليه
استغفر الله لا إله إلا هو الذي الحي القيوم واتوب إليه
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ , الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ , الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ , مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ , إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ , اهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيمَ , صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ , غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين
سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
آمين...آمين... آمين... ياالله يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ
 •
“”

Resep Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Resep Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau - Berbicara tentang jengkol , apakah anda salah satu orang yang sangat suka dengan jengkol ? untuk anda yang tinggal diindonesia tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jengkol salah satu kerabat pete ini bukan ? memiliki bau yang sangat menyengat membuat beberapa orang tidak menyukai jengkol . namun untuk sebagian orang tidak mempermasalahkan bau jengkol karena rasa jengkol yang begitu nikmat .

Dalam Menikmati jengkol sendiri memang banyak sekali cara nya . dari yang dimakan begitu saja sampai di olah menjadi berbagai masakan sepeti semur jengkol , sambel goreng jengkol , gulai jengkol , jengkol masak kecap , atau rendang jengkol seperti pada resep yang akan kami bagikan kali ini . Jika anda mendengar rendang jengkol tentunya anda akan terbayang akan rasa yang pedas , empuk dan enak dari rendang jengkol bukan ? kali ini kami memang mengkreasikan rendang jengkol yang cukup pedas , karena dalam resep ini kami memakai cabai merah dalam bumbu rendang nya .

Namun rasa pedas dari rendang jengkol akan sangat pas dan nikmat sekali jika dinikmati dengan nasi . membuat rendang jengkol sangat lah mudah , hanya saja anda harus lebih bersabar lagi dalam mengolah jengkol agar menghasilkan rendang jengkol yang enak , empuk dan tidak bau . bau jengkol yang menyegat akan hilang jika memang anda dapat mengolah jengkol dengan benar dan tepat saat memasaknya . tips atau trick dalam mengolah jengkol agar empuk dan tidak bau juga sangat mudah dan tidak sulit .

Pertama anda dapat menggunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol terlebih dahulu sebelum dimasak lebih lanjut . cara ini efektif menghilangkan aroma khas bau jengkol yang sangat menyengat . cara lain untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak adalah dengan merendam jengkol kedalam air kapur satu malam terlebih dahulu sebelum diolah . cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol yang menyengat tanpa mengurangi kelezatan jengkol saat dimasak .

Nah sangat mudah sekali bukan tips atau trick dalam memasak rendang jengkol agar tidak bau saat dimasak ? bagaimana , apakah anda masih ragu dan tidak ingin menikmati rendang jengkol ? tentunya tidak lagi kan ? anda akan rugi jika tidak membuat rendang jengkol dengan rasa yang pedas , enak dan empuk ini . so , agar tidak ketinggalan akan lezatnya rendang jengkol Ala Harian Resep silahkan simak artikel resep rendang jengkol yang enak , pedas dan empuk nya dibawah ini .

Resep Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Resep Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Bahan-bahan Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

  • Jengkol 1/2 kilo gram ( direndam dengan air selama 1 malam dengan daun jeruk atau kapur )
  • Santan kental 1/2 liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Daun salam 2 lembar
  • Jahe 1 ruas jari ( di memarkan )
  • Serai 1 batang ( di memarkan )
  • Air 1/4 liter
  • Garam , gula dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabai merah 5 buah ( dibuang bijinya )
  • Kemiri 4 buah ( di sangrai )
  • Kunyit 1 ruas jari ( di bakar )

Pelengkap Sajian Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

Cara Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :

  1. Pertama-tama jengkol yang sudah direndam semalaman direbus sampai 1/2 matang atau empuk , angkat lalu tiriskan .
  2. Kemudian memarkan jengkol satu persatu sampai agak pipih atau gepeng tapi hati-hati jangan sampai hancur . ( hal ini dilakukan agar bumbu dapat meresap ke dalam jengkol )
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus beserta daun salam , jahe dan serai sampai wangi dan matang .
  4. Masih terus menumis lalu masukkan jengkol sambil terus diaduk ,masukkan air dan masak kembali sampai jengkol benar-benar empuk .
  5. Masukan santan kelapa yang sudah anda siapkan tadi dengan perlahan dan sedikit demi sedikit , lalu aduk-aduk terus bertujuan agar santan tidak pecah .
  6. Terakhir tambahkan garam , gula pasir dan penyedap rasa aduk sesekali dengan perlahan , lalu masak sampai bumbu meresap dan mengental sedap .
  7. Angkat dan rendang jengkol yang enak , empuk dan tidak bau siap di hidangkan dengan taburan bawang goreng di atas nya .

Selesai , rendang jengkol sangat enak jika dinikmati dengan tumis kangkung atau pun aneka masakan yang terbuat dari ikan asin . rasa yang enak empuk sangat sedap sekali seperti daging , jika dalam resep ini dirasa kurang pedas anda dapat menambahkan cabai rawit atau merah agar pedas sesuai selera anda . so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau ini dirumah . buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Mie Ayam Special Kuah Sedap yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)


  • Resep Membuat Opor Ayam Special Lebaran Enak

    Resep Membuat Opor Ayam Special Lebaran Enak - hidangan dari daging ayam memang tidak pernah ada mati nya . begitu banyak macam bentuk dan kreasi rasa yang dapat kita ciptakan dengan daging ayam . daging ayam yang cukup ekonomis dan terjangkau membuat daging ayam sangat disukai oleh semua kalangan . rasa empuk dan gurih dari aneka bumbu yang menemani daging ayam memang cocok untuk dihadirkan sebagai menu special keluarga .

    Jika sebelumnya kita sudah berkreasi dengan daging ayam seperti ayam kecap , steak ayam , rica-rica ayam dan sebagai nya . berbeda dengan resep yang Harian Resep kali ini akan bagikan . rasa gurih dari rempah-rempah alami segar dan santan kental membuat masakan ini sangat menggoda selera . bernama opor ayam , masakan rumah yang satu ini memang sudah sangat populer di masyarakat luas .

    Semua pasti menyukai masakan rumahan yang memiliki kuah sedap ini . selain menjadi teman nasi sebagai hidangan special sehari-sehari , kuah opor ayam sendiri juga sangat enak jika menjadi teman ketupat atau lontong . makanya jangan heran lagi jika hidangan opor ayam ini selalu hadir di acara-acara tertentu . seperti acara keluarga , arisan atau lebaran idul fitri yang akan datang beberapa saat lagi .

    Ketupat dan daging ayam yang empuk akan sangat cocok , pas dan nikmat jika dipadukan dengan kuah santan yang sudah dimasak dengan aneka rempah-rempah ini . anda tinggal tambahkan sedikit bawang goreng dan sambal menurut selera agar terasa lebih makyus . hmmm nyumiiii , nah pastinya anda suka juga dengan opor ayam bukan ? untuk anda yang lupa atau tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatan opor ayam yang special buat lebaran nanti , jangan kawatir yah .

    Karena pada kesempatan kali ini Harian Resep akan membagikan resep opor ayam special lebaran yang patut untuk anda coba membuatnya dirumah . anda dapat menghadirkan opor ayam sebagai menu buka puasa atau santap sahur . atau juga anda dapat sajikan opor ayam dalam resep ini sebagai menu special pas lebaran nanti . nah untuk mengetahui bahan-bahan dan cara pembuatannya , silahkan simak atau praktek langsung dengan resep opor ayam nya dibawah ini .

    Resep Membuat Opor Ayam Special Lebaran Enak

    Resep Membuat Opor Ayam Special Lebaran Enak

    Bahan-bahan Opor Ayam Special :

    • Daging ayam 1/2 kilo gram ( dipotong sesuai dengan selera )
    • Santan 200 mili liter dari setengah butir kelapa
    • Air 1 gelas
    • Serai 2 batang ( dimemarkan )
    • Daun salam 1 lembar
    • Secukupnya garam
    • Gula pasir 1/2 sendok teh
    • Minyak untuk menumis 1 sendok makan
    • Secukupnya penyedap rasa sesuai selera

    Bumbu Halus Opor Ayam Special :

    • Bawang merah 3 butir
    • Bawang putih 2 siung
    • Kemiri 5 butir ( disangrai )
    • Ketumbar 1 sendok teh
    • Pala 1/2 sendok teh
    • Lengkuas 3 centi meter
    • Kunyit 2 centi meter
    • Jahe 3 centi meter

    Cara Membuat Opor Ayam Special Lebaran :

    1. Pertama-tama bersihkan daging ayam terlebih dahulu , cuci dengan air yang mengalir agar bersih . rebus sebentar lalu sisihkan .
    2. Setelah itu panaskan minyak , tumis bumbu halus sampai wangi , lalu masukkan santan , aduk hingga rata.
    3. Beri garam , gula dan penyedap rasa secukupnya menurut selera jika suka .
    4. Setelah itu masukkan daun salam , serai dan terakhir masukkan daging ayam yang sudah direbus tadi . aduk dan masak hingga daging matang dan empuk , lalu  angkat .
    5. Sajikan kedalam mangkok saji , hidangkan selagi hangat agar lebih makyus .

    Bumbu yang enak dan rasa yang pas sangat cocok dihadirkan sebagai teman ketupat atau lontong saat hari raya idul fitri tiba . seperti yang tadi kami bilang , boleh tambahkan bawang goreng , sambal dan kerupuk udang agar terasa lebih nikmat , lezat , makyus . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Opor Ayam Special Lebaran Enak ini . buka juga informasi-informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Steak Ayam ( Chicken Steak ) Enak yang wajib untuk anda coba dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

    NB : Jika anda penyuka pedas , anda dapat menambahkan beberapa cabe merah dan cabai rawit ke dalam bumbu halus nya . agar ada sensasi pedas seperti yang anda inginkan .


    Sumber: (http://harianresep.blogspot.com/2014/07/resep-opor-ayam.html)
    My Dashboard. 
    IP
    s3v3n

    s3v3n

4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis

4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis - ALhamdulilah yah , hari ini sudah mulai menjalankan Ibadah sholat taraweh , besok sudah mulai puasa . duuh nikmatnya :) semoga tahun ini puasa nya full satu bulan ya teman-teman . tapi kalau buat wanita mah ngga bakal bisa satu bulan full ya :D hehhe . biasa tamu bulanan yang suka datang tiba-tiba disaat lagi rajin-rajinnya puasa .

Yah , namanya kodrat wanita ya , semua harus selalu disyukuri , karena pasti ada hikmah dibalik semuanya . yang penting niat dan menjalankan ibadah puasanya dengan iklas . terus yang bolongnya bisa diganti dihari-hari biasa sebelum bulan puasa tahun depan tiba ataupun sesudah lebaran Idul Fitri . nah , berbicara tentang puasa , teman-teman sudah pada punya menu buka puasa dan menu sahur belum nih ?

Bakal repot banget kayanya ya , kalau teman-teman belum ada ide mau menyajikan apa untuk menu buka puasa besok . nah , daripada galau ngga jelas , coba aja deh buka Resep Membuat Menu Buka Puasa Enak Sehat Praktis ini . siapa tahu ada salah satu masakan yang nyangkut dihati , sehingga anda besok ngga akan kesulitan menentukan menu apa saja yang akan disajikan untuk menu buka puasa .

Lalu untuk menu sahurnya anda tepat sekali membuka resep yang kami bagikan kali ini . karena kami akan membagikan 4 resep praktis untuk Menu sahur yang dapat anda pratekkan dirumah dengan mudah . menu sahur praktis yang kami sajikan kali ini adalah Ayam Goreng Jagung , Tumis Pedas Tofu , Orak-Arik Telur Sayuran dan Mie Kuah Bayam . jika kita melihat ke empat menu tersebut kayanya teman-teman bakal rajin untuk santap sahur nih :D .

Iya dong , masakan sederhana yang diolah dengan rasa cinta dan kasih sayang pasti akan menyajikan rasa yang luar biasa sedapnya . jadi buat teman-teman yang belum punya ide akan membuat apa untuk menu sahur nanti , anda dapat mencoba menyajikan Aneka Menu Sahur yang kami bagikan kali ini .  keluarga dirumah pasti suka dengan masakan yang anda sajikan , karena enak dan lezat . yasudah , yuck dicoba yuck 4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktisyang super enak seperti berikut ini :) 

Pertama , Resep Ayam Goreng Jagung 

Resep Ayam Goreng Jagung

Bahan-bahan Ayam Goreng Jagung :

  • Paha ayam bagian bawah 4 buah ( dikerat-kerat )
  • Bawang putih 1 siung ( diparut )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis Ayam Goreng Jagung :

  • Tepung terigu 2 sendok makan
  • Putih telur ayam 1 buah ( kocok hingga berbuih )
  • Cornflakes 40 gram ( memarkan agak halus )

Cara Membuat Ayam Goreng Jagung :

  1. Langkah awal , lumuri paha ayam dengan bawang putih , merica dan garam hingga rata .
  2. Selanjutnya lapisi dengan tepung terigu , lalu celup ke dalam putih telur hingga rata . balut dengan cornflakes hingga rata . lalu diamkan hingga agak kering .
  3. Setelah itu goreng dalam minyak panas hingga kering dan matang , angkat , tiriskan .
  4. Ayam Goreng Jagung siap disajikan untuk santap sahur , selamat mencoba :)

Kedua , Resep Tumis Pedas Tofu 

Resep Tumis Pedas Tofu

Bahan-bahan Tumis Pedas Tofu :

  • Tofu sutera 1 buah ( 300 gram ) , tiriskan 
  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung ( dicincang halus )
  • Cabai merah giling 1 sendok teh
  • Wortel 100 gram ( diiris kecil memanjang )
  • Jamur shitake segar 2 buah ( dipotong dua )
  • Daun kailan muda 150 gram ( dipotong-potong )
  • Saus cabai botolan 2 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Air 100 mili liter
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Tumis Pedas Tofu :

  1. Langkah awal panaskan wajan datar , beri sedikit minyak . kemudian masak tofu hingga agak kering kedua sisinya , angkat , tiriskan .
  2. Selanjutnya tumis bawang putih hingga kuning dan tercium aroma wangi sedap , masukkan cabai , aduk hingga rata . 
  3. Kemudian masukkan sayuran , aduk sebentar . tambahkan tofu , tambahkan air dan sisa bumbu , lalu masak hingga kuah hampir habis . angkat , sajikan selagi hangat .

Ketiga , Resep Orak-Arik Telur Sayuran 

Resep Orak-Arik Telur Sayuran

Bahan-bahan Orak-Arik Telur Sayuran :

  • Telur ayam 2 butir
  • Minyak sayur 3 sendok makan
  • Bawang puth 2 siung ( dicincang )
  • Daging ayam 50 gram ( iris tipis lebar )
  • Bokchoy 100 gram ( dipotong-potong 3 centi meter )
  • Jamur shimeji 75 gram ( bersihkan )
  • Saus tiram 1 sendok makan 
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Orak-Arik Telur Sayuran :

  1. Langkah awal kocok telur bersama sedikit garam dan merica hingga rata . lalu panaskan sedikit minyak diwajan , lalu tuangkan telur kocok , aduk hingga berbentuk gumpalan besar . masak hingga matang ,angkat .
  2. Selanjutnya panaskan kembali 2 sendok makan minyak goreng , tumis bawang putih hingga kuning dan wangi . masukkan irisan ayam , aduk hingga kaku . tambahkan bokchoy dan jamur shimeji , aduk hingga layu . 
  3. Kemudian tambahkan bumbu , telur dadar dan sedikit air . masak hingga bumbu meresap dan agak kering . angkat , sajikan selagi panas .

Keempat , Resep Mie Kuah Bayam 

Resep Mie Kuah Bayam

Bahan-bahan Mie Kuah Bayam :

  • Mie telur basah/segar 250 gram

Bahan Kuah Mie Kuah Bayam :

  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Bawang putih 1 siung ( dicincang halus )
  • Daging ayam 75 gram ( diiris kecil )
  • Hati ayam 2 buah ( diiris kecil )
  • Kaldu ayam 750 mili liter
  • Daun bayam/sawi 75 gram ( diiris kecil )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung kanji 1 sendok makan ( larutkan dengan sedikit minyak )
  • Telur ayam 1 butir ( dikocok lepas )

Taburan Mie Kuah Bayam :

  • Bawang merah goreng 2 sendok makan

Cara Membuat Mie Kuah Bayam :

  1. Langkah awal tumis bawang putih hingga wangi , masukkan daging dan hati ayam , aduk hingga kaku . tuangi kaldu ayam , didihkan .
  2. Selanjutnya masukkan bayam dan bumbu , didihkan kembali . lalu masukkan mie , larutan kanju dan telur kocok , aduk hingga kental . angkat , sajikan selagi panas dengan bawang merah goreng .

Demikian informasi tentang 4 Resep Membuat Menu Sahur Enak Praktis yang dapat di pratekkan dirumah . selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan ke 4 Resep Menu Sahur yang sudah kami sajikan hari ini . untuk bahan-bahan yang digunakan tidak selalu berpatokan dengan bahan-bahan yang kami sajikan . silahkan berkreasi dengan bahan-bahan yang menjadi favorit anda , agar semakin bersemangat untuk santap sahur nya .

Jangan lupa baca juga Resep lainnya seperti 7 Resep Menu Takjil Berbuka Puasa Terbaru yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Sumber: () 

Tiada ulasan: