Sabtu, 10 Februari 2018

7098. “Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kalian, dan akan Kami uji perihal kalian,” (QS. Muhammad: 31).

ﺑِﺴْــــــــــــــــﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْـــﻢ

ماشاءالله

سبحان الله

الله اکبر

    سُبْحَانَ اللَّهِ اَللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيّدنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلۓِ سَيّدنَا مُحَمَّدٍ الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، وعلى آله وصحبه أجمعين

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

Allah berfirman yang bermaksud; “Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS: Al Imran 3:185) 


أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّـيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين، 

وعلى آله وصحبه أجمعين
.



INSPIRATION
Man Jadda Wajada! Hanya 16 Bulan, Anak Tukang Tambal Ban Ini Bisa Hafal Al-Quran. 
By Matiar  On Feb 9, 2018

Mempelajari dan menghafalkan al-Quran memang bukan perkara yang sulit. Allah subhanahu wa ta’ala sendiri yang mengatakan bahwa al-Quran telah dijadikan mudah untuk dipelajari oleh siapa saja.

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17)

Masalahnya hanya ada pada diri kita: mau atau tidak mempelajarinya.

Termasuk dalam hal menghafalkan 30 Juz al-Quran.

Biasanya banyak orang yang berguguran atau menyerah di tengah jalan karena prosesnya terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, jika kita mau berusaha dan bersungguh-sungguh, apa pun bisa terjadi. 

Begitulah yang dialami seorang gadis berusia 14 tahun bernama Fadhila Haifa’ Afifah.

Gadis belia ini mampu menghafalkan 30 juz al-Quran hanya dalam waktu 16 bulan, yakni selama Juni 2013 hingga Oktober 2014.

Gadis kelahiran 17 April 2000 ini mulai memiliki niatan menghafal al-Quran sejak kelas VI madrasah ibtidaiyah.

Niatnya itu muncul setelah membaca hadis yang berisi keutamaan menghafal al-Quran, yakni bisa menyelamatkan orang tua di akhirat kelak.

Ayahnya Poniran bekerja sebagai tukang tambal ban dan ibunya Darmini berjualan sembako.

Dila, sapaan akrabnya, melanjutkan sekolah di salah satu pondok pesantren setingkat SMP di Madiun dan mampu menghafalkan al-Quran sedikitnya 2-3 lembar per hari.

Biasanya Dila memanfaatkan waktu selepas subuh, sore setelah ashar dan usai maghrib sampai pukul 20.00 WIB.

“Waktu itu ikut program menghafal ekstensi, jadi ada cara khusus untuk menghafal. Awalnya satu lembar, kemudian ditambah jadi dua lembar dan seterusnya,” kata Dila, dikutip dari Brilio.net.

Metode menghafal Dila adalah dengan membaca dulu teks al-Quran berulang-ulang hingga lancar.

Gadis yang bercita-cita menjadi dosen matematika ini, bahkan sempat menghafal sebayak 17,5 lembar dalam sehari. Tepat pada 31 Oktober 2014 lalu Dila menamatkan hafalan Qurannya. []

Sumber: 

Foto: Anadolu
DUNIA
Bertahun-Tahun Menanti, Muslim Yukon Segera Miliki Masjid Pertama. 
By Sodikin  Last updated Feb 9, 2018

KANADA—Kepala Asosiasi Muslim Yukon mengumumkan bahwa umat Muslim di Yukon akan membangun sebuah masjid di kawasan terkecil dan terletak di kawasan paling barat di Kanada ini.

Menurut penuturan Muhammad Jawad, seperti dilansir oleh media-media Kanada, tanah yang akan dibangun masjid tersebut selama ini merupakan SPBU khusus angkutan berat seperti truk, Shabestan melaporkan pada Jumat (9/2/2018).

Muhammad Jawad mengaku bahwa pihaknya telah bertahun-tahun berusaha keras untuk membangun sebuah markas Islami di Kanada. Ia mengaku, membangun masjid bukan sebuah tindakan yang sangat mudah.

Sekalipun demikian, ia berniat untuk melengkapi masjid ini dengan dapur, perpustakaan kecil, dan rumah bagi imam masjid. Selain itu, masjid ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pemanas dan saluran listrik.

“Pembangunan masjid merupakan sebuah proyek yang sangat penting bagi warga Yukon. Seluruh warga akan berpartisipasi dalam membangunnya. Para petinggi daerah juga telah menyumbangkan dana sebesar 75 ribu dolar,” tutur Muhammad Jawad.

Menurut pengakuan Muhammad Jawad, warga Yukon selama ini belum memiliki masjid. Mereka mengerjakan shalat di sebuah perpustakaan yang telah disewa. Perpustakaan ini sangat terbatas dan hanya bisa menampung 35 pria dan 10 wanita.

“Saya sudah 17 tahun berdomisili di kawasan ini. Dari dekat saya menyaksikan sendiri, warga di sini tidak memiliki tempat untuk berkumpul. Untuk itu, masjid ini juga akan berfungsi sebagai tempat mereka berkumpul. Anak-anak juga bisa belajar agama di sini,” demikian Muhammad Jawad. []

SUMBER: 
SHABESTAN

NASIHAT
Saudaraku, Ujian Adalah Pembeda. 
By Adam  Last updated Feb 9, 2018

SAUDARAKU,

Manusia yang yang pesimis akan rencana Allah SWT akan selalu lemah apabila ia mendapat suatu ujian. Ketika ujian itu menimpanya bukannya ia bangkit dan kembali berjuang, ia malah kecewa kepada Allah dan menyalahkan keadaan, na’udzubillah.

Sedang mereka yang benar-benar beriman dan optimis kepada rencana Allah SWT, tidak akan terlarut-larut apabila ujian itu menimpanya karena ia percaya kepada ayat Allah,


وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنْكُمْ وَالصَّابِرِينَ وَنَبْلُوَ أَخْبَارَكُمْ

“Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kalian, dan akan Kami uji perihal kalian,” (QS. Muhammad: 31). 

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini, bahwa Allah SWT akan menguji hamba-Nya dengan perintah dan larangan. Hingga Dia mengetahui siapa di antara mereka yang benar-benar melaksanakan perintah dan menghindari larangan itu karena ikhlas dan mengharap ridha Allah SWT semata.

Saudaraku,

Ath-Thabrani menulis, ayat ini turun berkaitan dengan para sahabat Nabi SAW bahwa Allah SWT akan menguji mereka dengan peperangan. Mereka akan diperintahkan memerangi musuh-musuh Allah SWT, supaya Dia mengetahui siapa di antara mereka yang benar-benar berjihad di jalan-Nya. Sehingga jelas bagi Allah SWT, golongan yang menyimpan keraguan dalam hatinya, golongan yang munafik, dan golongan yang beriman dengan keimanan yang benar.

Iman Thanthawi menulis tentang ayat ini, bahwa Allah SWT akan memperlakukan manusia sebagaimana perlakuan seorang penguji terhadap seorang yang diuji, yaitu dengan membebani mereka dengan berbagai macam taklif syariat (kewajiban agama) yang beragam. Sehingga dengan ujian itu, Allah SWT akan membedakan golongan orang-orang yang berjihad dari orang-orang yang tidak berjihad. Dengan demikian, manusia akan bisa menilai dan membedakan orang yang kuat imannya dari orang yang lemah imannya; orang yang benar dan lurus akidahnya, dari orang yang melenceng; orang-orang yang sabar dari golongan yang tidak sabar.

Saudaraku,

Kalimat nabluwa akhbarakum (kami uji perihal kalian), artinya: informasi tentang keimanan dan kesabaran mereka akan disebarkan kepada manusia, sehingga yang baik dibedakan dari yang buruk.

Saudaraku,

Ayat ini mengandung keluasan makna dan tujuan dari hidup yang Allah SWT berikan kepada manusia. Tidak sekadar mencari siapa yang memiliki amal yang terbaik, tetapi ujian juga membedakan golongan orang-orang yang beriman; membedakan golongan yang baik dari dari yang buruk; membedakan golongan yang beriman dengan iman yang sebenarnya dari golongan orang munafik. Semoga kita menjadi golongan orang-orang baik yang dibedakan dari orang-orang buruk. []

Sumber: 
Kerajaan Al-Qur’an/Hudzaifah Ismail/Penerbit: Penerbit Almahira/2012

Foto: Emirates Woman
MUALAF
Ceramah Nouman Ali Khan Buat Aktris Bolywood Ini Jadi Muallaf. 
By Adam  Last updated Feb 9, 2018

TITIK balik awal kehidupannya terjadi saat kematian Yash Chopra—sutradara ternama Bollywood. Bisa dikatakan ia mengalami depresi berat sepeninggalan orang terdekatnya itu.

“Saya sangat dekat dengan Yash Chopra. Kematiannya benar-benar mengguncang kehidupan saya. Saya begitu depresi” kenangnya.

Adalah Murcyleen Peerzada, seorang aktris Bollywood yang kala itu terbiasa hidup mewah. Namun, seperti yang dituturkan Peerzada setelah kematian Yash Chopra ia  mulai berpikir tentang kehidupan dan kekuatan yang lebih tinggi yang mengontrol segalanya.

“Ketika depresi, entahlah saya tiba-tiba dan tidak sengaja melihat ceramah Nouman Ali Khan dan Yasmin Mogahed.”

Ketika mendengar ceramah itu, Peerzada terkejut. Ia seperti mendengar nasihat langsung dari Tuhan. Dan itulah titik balik kehidupannya.

“Saya mulai berdoa dua kali sehari. Setiap doa itu, saya meminta Tuhan membimbing saya menunjukan jalan yang benar,” ucap dia.

Malamnya, ia memutuskan arah masa depan kehidupnya. Ia mulai belajar Islam dibawah bimbingan Farah Naik, istri Zakir Naik. Setelah itu, Peerzada menjadi muallaf. Ia pun menjadi aktivis Yayasan Islam Zakir Naik.

Penampilannya kini berubah setelah menjadi Muslim. Peerzada telah mengenakan jilbab. Asisten sutradara film ‘Ek Tha Tiger’ ini, bergaya hidup sederhana. Ia sumbangkan seluruh koleksi busana dan aksesoris yang dimilikinya kepada panti asuhan

“Sebelum saya mengenakan jilbab. Saya harus tahu kenapa saya harus mengenakannya. Ini artinya, saya ingin apa yang saya kenakan karena Allah dan kebenaran.” []

Sumber: 
muslimvillage

TAHUKAH ANDA
Inilah 4 Makna Zakat. 
By Eneng Susanti  Last updated Feb 10, 2018

ZAKAT adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan oleh syariat. Apa makna zakat tersebut?

Jika ditinjau dari segi bahasa, ada 4 makna zakat, yaitu:

Pertama, zakat bermakna At-Thohuru, yang artinya membersihkan atau mensucikan. Makna ini menegaskan bahwa orang yang selalu menunaikan zakat karena Allah dan bukan karena ingin dipuji manusia, Allah akan membersihkan dan mensucikan baik hartanya maupun jiwanya. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 103:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 

Kedua, zakat bermakna Al-Barakatu, yang artinya berkah. Makna ini menegaskan bahwa orang yang selalu membayar zakat, hartanya akan selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT, kemudian keberkahan harta ini akan berdampak kepada keberkahan hidup. Keberkahan ini lahir karena harta yang kita gunakan adalah harta yang suci dan bersih, sebab harta kita telah dibersihkan dari kotoran dengan menunaikan zakat yang hakekatnya zakat itu sendiri berfungsi untuk membersihkan dan mensucikan harta.

Ketiga, zakat bermakna An-Numuw, yang artinya tumbuh dan berkembang. Makna ini menegaskan bahwa orang yang selalu menunaikan zakat, hartanya (dengan izin Allah) akan selalu terus tumbuh dan berkembang. Hal ini disebabkan oleh kesucian dan keberkahan harta yang telah ditunaikan kewajiban zakatnya. Tentu kita tidak pernah mendengar orang yang selalu menunaikan zakat dengan ikhlas karena Allah, kemudian banyak mengalami masalah dalam harta dan usahanya, baik itu kebangkrutan, kehancuran, kerugian usaha, dan lain sebagainya. Tentu kita tidak pernah mendengar hal seperti itu, yang ada bahkan sebaliknya.

Keempat, zakat bermakna As-Sholahu, yang artinya beres atau keberesan, yaitu bahwa orang orang yang selalu menunaikan zakat, hartanya akan selalu beres dan jauh dari masalah. Orang yang dalam hartanya selalu ditimpa musibah atau masalah, misalnya kebangkrutan, kecurian, kerampokan, hilang, dan lain sebagainya boleh jadi karena mereka selalu melalaikan zakat yang merupakan kewajiban mereka dan hak fakir miskin beserta golongan lainnya yang Allah sebutkan dalam Alquran surat At Taubah ayat 60:

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana .” (QS At Taubah: 60) [] 

SUMBER: 
RUMAH ZAKAT
Inilah 4 Makna Zakat - Islampos




رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين
Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................

Tiada ulasan: