Isnin, 18 Jun 2018

Kesinsal. 7783.



Apa itu bahasa indonesiaanya kesingsal

 dari Kevin1017 
Dhifah11
itu dalam bahasa apa? 
jawa 
Dhifah11
oh.. 
iya 
kamu rumah nya mana 
Dhifah11
oh iya maaf yah aku ngga' bisa jawab pertanyaanmu karena aku ngga' tau bahasa jawa aku kira tadi bahasa lain siapa tau aku bisa jawab sorry yah 
Dhifah11
kalau kamu? 
Dhifah11
kalau kamu 

ref:
apa itu bahasa indonesiaanya kesingsal - Brainly.co.id

kau datang dan pergi oh begitu saja. Semua ku terima apa adanya. Mata terpejam dan hati menggumam. Di ruang rindu kita bertemu.. Lagu ini cocok buat dianya aku, yang suka datang dan pergi sesuka jidatnya. Kesingsal, salah satu kata dalam bahasa jawa yang berarti hilang yang tak benar benar hilang. Ah.. Ambigu sekali arti kata itu. Sebut saja dia ANU. Anu adalah cowok kece yang tukang kesingsal. Dia hebat sekali dalam hal tarik ulur hatiku yang rapuh *wuhh. 

Sudah berkali kali dia 'hilang yang tak benar benar hilang' dari kehidupanku. Tapi anehnya si Anu ini bisa aja buat perasaan yang beku karena lama tak terjamah jadi meleleh kembali alias melting. Dan yang paling bodohnya lagi, aku yang ngakunya mampu move up tetep aja melting dibuatnya. Entah berapa kalimat "kalo gini terus aku berheti" yang aku langgar gara gara Anu yang Kesingsal itu. Sekitar 3 kali diginiin, mau bilang "aku nggak bisa diginiin" ah biar kekinian. Haha.back to the topic. Aku kaya keledai yang lugu banget soalnya aku jatuh di lubang yang sama. Bayangin aja 5 tahun di tarik ulur + kesingsal 3 kali, kan lumayan say. Lumayan sakit. Sudah dua bulan ini dia kesingsal. Aku pergi beneran ah. Udah nggak mau di gituin lagi. Okee. Udah ya bara bere sesi ini. Missis ada kuliah dokter ganteng nih. Ah kalo kuliah dosennya kayak ginian mah jadi semangat move upnya :D
ref:
Ruang Sempit: Kesingsal

Fire – Yogyakarta

Ketlisut bisa bikin tampang jadi kusut. Kening berkerut. Bibir makin cemberut. Bagai kelapa lupa diparut, bagai pensil belum diserut. Mulut ditekuk sampai lidah salah urut. Pikiran jadi carut marut. 

Ketlisut adalah kondisi “antara ada dan tiada”, wah keren ya bahasanya kayak di lagu aja ….. Jadi sebenarnya ada tapi entah dimana letaknya secara akurat tidak diketahui. Jadi kalau ada counter atau bagian di suatu tempat bertandakan “Lost and Found”, ya itu sama artinya “counter ketlisut”. Teman dari ketlisut (atau ada yang menyebutnya “ketlingsut”) adalah “kesingsal”. Sebenarnya ketlisut itu sifatnya temporer, tapi kalo terlanjur lama ya bisa permanen.
Dulu waktu sekolah, pernah raporku ketlisut. Padahal sudah diserahkan sama ortu, dan biasanya disimpan di lemari baik-baik, untuk nanti tahun ajaran berikutnya, dikumpulkan lagi setelah masuk ke sekolah. Sampai bingung dicari ke semua posisi yang memungkinkan. Dirunut satu-satu, sampai akhirnya memberanikan diri lapor Bu Guru. Untunglah secara tak sengaja beberapa minggu sebelum akan benar-benar diganti rapot, akhirnya ketemu juga.

Paling deg-deg-an memang kalo PR kita atau tugas kita ketlisut dimana. Sudah bersusah payah mengerjakan padahal. Ingatnya sih sudah dibawa ke sekolah, tapi kok belum ketemu juga. Jebulnya cuman “bersembunyi” aja di antara tumpukan buku yang dibawa. Kayaknya makin dicari kok makin ngumpet …. 

Kadang memang aneh juga masalah ketlisut ini. Barang yang bila tidak diperlukan nampak terus, tetapi saat lagi sedang dibutuhkan sekali, eh malah ngilang nggak ketauan juntrungannya. Tapi konon sih, ada yang dengan cara hipnotis bisa menemukan mengingat secara presisi dimana barangnya yang hilang, mungkin kronologisnya jadi ingat, tadi kemana aja, ditaruh dimana. Konon bawah sadar kita bisa mengingat hal yang kita sendiri merasa lupa. Jadi mungkin untuk masalah ketlisut bisa minta bantuan Uya Kuya atau Rommy Rafael ya…. hihihi

Ada orang yang punya kacamata tak cukup sebiji. Pokok masalahnya, karena sering sekali kacamatanya ketlisut entah dimana. Apalagi kalo sedang buru-buru makin kemrungsung dicari biasanya makin susah ketemu, kayak ada tuyul yang hobi ngumpetin barang aja. Entar kalo nggak dicari kan malah ketemu dengan sendirinya …

Sebel nggak rasanya sudah rapi-rapi mau pada berangkat, eh terakhir cari-cari kunci kendaraan nggak ketemu dimana. Makanya saya pernah dengar ada inovasi orang bikin gantungan kunci, dimana keunikannya, bila ada yang tepuk tangan maka dia bisa berbunyi. Jadi kalo kelupaan naruhnya kunci dimana, tinggal tepuk tangan aja.

Bukan cuma barang yang bisa ketlisut. Lha itu di pilem Home Alone, yang namanya Macaulay Culkin bisa ketlisut sampai tiga kali, iya kan di Home Alone 1-3, kalau Home Alone 4 ganti bintangnya. Kalo maen ke tempat seperti bonbin Gembira Loka, ada saja pengumuman, “Perhatian … perhatian … ditemukan seorang anak …….dst …” Lho kepriben wong tuwone kok anake bisa ketlisut kayak mengkono ……?

Apalagi yang bisa ketlisut? Duh, dulu waktu SMP, pernah punya teman cewek, lain kelas, cantik banget kayak artis. Makanya sering banyak yang nggodain. Entah kenapa banyak cowok yang kalo berada di hadapannya jadi serba salah tingkah bagaikan hatinya ketlisut dimana gerangan. Makanya, biar hatinya nggak ketlisut ya simpan baik-baik, dikaretin ya .. hihihi ….

Resminya sih ketlisut itu tidak disengaja. Tapi ada juga sih yang disengaja pura-pura ketlisut. Misal, kalo barangnya mau dipinjem teman, atau lagi males, terus pura-puranya ketlisut. Yang nyebelin memang kalo udah minjem barang, begitu si empunya barang lagi perlu, eh belum dikembaliin karena katanya ketlisut.
Tapi, sebenarnya salah satu moment paling menjengkelkan berkaitan dengan ketlisut ini kalo lagi berurusan dengan administrasi atau birokrasi. Sudah capek-capek melengkapkan berkas, kadang mesti bolak-balik berulang kali bila masih belum “kepeneran”, eh setelah ditunggu lama berhari berminggu berbulan, ditengok lagi, cuman dengan entengnya dijawab, “Maaf, berkasnya ketlisut ….” Wooooo ….. ketlisut untumu …. njaluk dibalang teklek sisan …….

Baiklah teman-teman, kalo artikel yang panjenengan kirim sudah berbulan-bulan belum juga nongol, mungkin saja ketlisut di meja redaksi Baltyra … hihihi …. mungkin disambi dolanan karambol opo bekelan …..wakakak …

ref:
Ketlisut | BALTYRA

Kita Adalah Pinjaman

By Asrida Ulinnuha on 5 June, 2018

Ulin 

Musik masih menghentak, peluh bercucuran, ketiak beraroma eksotis; saya baru saja selesai dengan ritual sore, angkat galon dan barbel mini…hihi…

Saya cukup sadar dengan kesehatan jiwa dan raga. Rajin aktifitas fisik dan bersikap riang gembira kaya Dora sangat bermanfaat. Waktu kecil saya punya tubuh yang agak aneh, mengalami bermacam-macam reaksi alergi. Mari sebutkan, mulai dari batuk, pilek, gatal biduran, murus-murus, kulit mengelupas…wew! 
Diverse Hands Holding The Word Healthy
Kalau makan kacang tanah lebih dari segenggam, saya bisa murus dua hari, kena serbuk bunga tertentu atau debu alien saya pilek dan kadang batuk, tidak cocok dengan makanan tertentu bisa batuk ga berhenti-berhenti. Biduran? Ya, itu bentol gatal besar-besar bisa diakibatkan hampir banyak hal; mulai dari telur ayam kampung, udang, rajungan…oh kalau yang ini saya bisa muntah-muntah parah. Badan panas meriang sudah ngga keitung berapa kali.

Coba sebutkanlah makanan apa saja yang jadi kesukaan banyak orang di dunia ini. Kadang, sekarang, saya pikir kalau saya ini adalah anak adopsi dari planet lain. Makanya reaksi molekul yang ditunjukin badan saya pada banyak hal di bumi ini seperti melawan, ingat kan reaksi Superman kalo ngadepin batu kripton?

Pernah saya terbaring di kasur akibat diare, tiga hari tidak bangun-bangun kata orang tua saya. Ketika terbangun saya merasa lapar berat, kain kompres sampai dikira roti…hahaha. Waktu ke Puskesmas, pada akhirnya, dokter mendelik. Diare akut bisa berujung kematian. Saya selamat. Tuhan kasihan sama anak kecil lucu kaya saya kali, supaya bisa banyak main dulu di dunia. 

Obat yang saya minum macam-macam, tablet – pil – sirup, rupa-rupa warnanya, merah – kuning – kelabu…jangan dilanjut, nanti kesebut hijau bisa meletus. Dari obat dokter sampe segala rupa air doa dari ustad dan kyai. Katanya, ada yang bilang, kalau saya selamat hidup sampai besar, saya bakal jadi orang hebat…horeeee. Tapi sampai sekarang badan saya masih kecil mungil, gimana dong?

Dari Bismillahirrahmanirrahim, saya selalu sadar kalau Tuhan teramat sayang ke saya. Ia penuh kasih dan penyayang, saya harus balas dengan penuh kasih. Itu juga yang membuat saya sadar menjaga raga dan jiwa supaya sehat senantiasa. Saya tahu pasti ini semua pinjaman. Ia pasti meminjamankan agar bermanfaat.

Saya cukup menyesalkan begitu banyak orang pandai, berpengaruh, serta memiliki kebermanfaatan untuk orang banyak namun berusia singkat karena sikap hidup sembrono. Kalau sudah sakit-sakitan tidak bisa begitu berdaya untuk membantu.

Hanya dengan menjaga kesehatan, berusia lebih panjanglah kita, bisa lebih bermanfaat, lebih luas, lebih lama, lebih banyak yang menikmati. Setelah segala upaya selebihnya serahkan pada kehendak Tuhan. Pun andainya Ia meminta kembali apa yang menjadi milikNya, semua kembali dalam keadaan sebaik-baiknya.

Ruh kita adalah entitas ketuhanan, raga kita adalah pinjaman. ~ Ulin ~ 

ref: 

Kita Adalah Pinjaman | BALTYRA



Kamis, 15 Januari 2015


Do'a ketika barang Kesingsal (hilang karena lupa taruhnya)

Assalaamu 'alaikum...

Banyak diantara kita yg sering kehilangan suatu barang, mungkin hilangnya karena jatuh secara tak sengaja atau karna lupa menaruhnya, dicari muter2 di seluruh ruangan yg ada di rumah tapi tidak ketemu juga, giliran nggak dicari, barangnya malah nongol.....

Saya pernah di beri tahu oleh salah seorang guru, bahwa sebenernya barang yg hilang tsb masih ada disekitar kita, tapi pandangan kita ditutup dari barang tsb oleh bangsa jin yg sedang usil, utk mengatasi hal tsb caranya mudah, ketika anda mencari barang yg hilang tsb, carilah sambil membaca dua kalimat syahadat dan sholawat Nabi, insya Allah tdk lama mencari barang tsb akan ketemu kembali.

cara ini sudah saya praktekkan berkali kali dan berhasil. berikut ini kalimatnya :

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ


NB : ini hanya berlaku utk barang yg hilang secara tdk sengaja (klendran .jw ), bukan hilang karena dicuri orang lain. 

Selamat mencoba.

NB : Jangan berkata "SETAN2 GUNDUL TEMOKNO BARANGKU" xixixiixixi dulu pas kecil mungkin jg pakai seperti kira" dgn kata "SETAN2 GUNDUL TEMOKNO BARANGKU" 



ref: 

Tiada ulasan: