Jumaat, 21 September 2018

Ngelencer nang Makassar. 8235.


Melancung ke Makassar @ Ujung Pandang.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelajahi Pesona Makassar melalui 4 Destinasi Menarik Ini"

Jelajahi Pesona Makassar melalui 4 Destinasi Menarik Ini

Kompas.com - 18/09/2018, 16:06 WIB
-
Angin mammiri ku pasang

Pitujui tongtongana

Tusarua takka lupa
Sebait lirik lagu di atas tentu tidak terpisahkan saat kita membicarakan Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar. Sebagai Kota Terbesar di Indonesia Timur sekaligus rumah bagi sejumlah kelompok etnik seperti Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.

Selama ini, Makassar kerap diidentikkan dengan Pantai Losari. Padahal, Makassar juga menawarkan sejumlah destinasi menarik yang mampu membuat perjalanan Anda menjadi tidak terlupakan.

Salah satu tempat yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Makassar adalah Benteng Rotterdam. Dibangun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto, benteng satu ini memiliki desain bangunan unik seperti seekor penyu yang sedang merangkak menuju lautan.

Dibalik kemegahannya, benteng menjadi saksi bisu sejumlah peristiwa bersejarah. Bernama awal Benteng Jum Pandang, benteng ini berganti nama menjadi Benteng Rotterdam saat Belanda mengambil alih kepemilikan dalam perjanjian Bongaya di tahun 1667. Benteng ini pun sempat menjadi tempat pembuangan Pangeran Diponegoro selama 26 tahun.

Selain penjara Pangeran Diponegoro, benteng satu ini juga memiliki Museum La Galigo. Museum ini menyimpan berbagai koleksi-koleksi prasejarah, keramik, etnografi serta berbagai benda yang digunakan oleh Suku Bugis, Mandar, Toraja dan Makassar.
-
Berkunjung ke Makassar takkan lengkap rasanya bila Anda tidak menelusuri keindahan alam di sekitarnya. Berlokasi di pesisir barat daya pulau Sulawesi, Makassar diberkahi dengan aneka pantai yang cantik, seperti yang dimiliki Pulau Samalona.

Sejuknya angin pantai berpadu dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut siap menyambut Anda yang berkunjung ke tempat ini. Terletak di gugusan Kepulauan Spermonde, pulau ini dapat dijangkau dengan perahu motor yang lazim disebut Kayu Bangkoang atau popsa dalam waktu sekitar 30 menit.

Tidak hanya diberkahi pemandangan tepi pantai yang cantik, Pulau Samalona juga menjadi spot seru untuk bertemu ribuan terumbu karang beserta kawanan ikan-ikan kecil. Anda pun bisa melakukan snorkeling atau diving dengan bantuan dari pemandu lokal. Bila beruntung, Anda dapat bertemu dengan kawanan kura-kura laut yang sering mampir ke pinggir pantai.

Keindahan alam Sulawesi Selatan tidak berhenti di pesisir pantai semata. Sempatkan diri Anda untuk menyapa beragam kupu-kupu cantik di penangkaran kupu-kupu Taman Nasional Bantimurung.

Andrenalin Anda pun akan terpacu saat menelusuri tempat satu ini. Pasalnya, Helena Sky Bridge siap menyambut Anda. Berdiri pada ketinggian 100 meter, jembatan gantung satu ini menawarkan pemandangan indah saat Anda menjelajahi tiap bilah demi bilah kayu jembatan. Tidak mengherankan bila jembatan ini juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk berpose di ketinggian.

Sempurnakan perjalanan Anda di Makassar dengan mencicipi berbagai panganan khas Sulawesi. Coto Makassar di Coto Nusantara menjadi salah satu makanan wajib coba ketika Anda berada di sana.

Perpaduan daging sapi empuk dengan kuah berempah menjadi Coto Makassar sebagai hidangan yang menggoda selera. Untuk melengkapinya, Coto biasanya disajikan bersama ketupat atau buras yang mengenyangkan.

Ada pula Mie Titi, hidangan berbahan dasar mie kuning keriting khas Makassar yang bertekstur renyah seperti I Fu Mie. Disajikan bersama kuah kental berisi potongan daging sapi dan ayam, seafood, telur, dan sayuran, hidangan satu ini layak Anda coba sebagai pendamping santap malam Anda.
-
Bagi Anda pecinta kudapan manis, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dessert berbahan dasar pisang di kota ini, Es Pisang Ijo. Pisang kepok berlapis tepung beras berwarna hijau tersaji bersama es serut dan sirup berwarna merah. Tampilan es yang penuh warna ini sangat menggugah rasa, terutama saat disantap di siang hari yang panas.

Tidak berhenti pada berbagai tempat di atas, Makassar memiliki berbagai destinasi yang dapat Anda kunjungi. Kekayaan destinasi tersebut menunjukkan betapa indahnya pesona yang ditawarkan kawasan ini.

Tertarik menjelajahi keindahan kota Makassar lebih dekat? Rencanakan saja perjalanan Anda bersama Pegipegi. Terlebih lagi, aplikasi satu ini punya penawaran spesial di bulan September ini dengan program Jelajahi Indonesiamu.

Cukup buka aplikasi Pegipegi versi terbaru di smartphone Anda, lakukan pemesanan tiket pesawat dari atau ke Makassar dengan periode keberangkatan antara 14 September hingga 20 Desember 2018, masukkan kode uniknya dan dapatkan diskon senilai Rp 300.000.

Tidak hanya tiket, perjalanan Anda pun akan lebih hemat berkat diskon tambahan dari Pegipegi. Untuk pemesanan hotel tertentu di Makassar melalui Pegipegi, baik di website maupun aplikasinya, Anda bisa memperoleh diskon hingga 40 persen.

Melalui program Jelajahi Indonesiamu, Pegipegi ingin mengajak Anda mengeksplorasi ragam pesona Indonesia dengan menyajikan informasi menarik dari berbagai daerah, mulai dari alam, kuliner, budaya serta petualangan dan kreasi. Tidak ketinggalan pula, berbagai penawaran spesial siap menyambut Anda dalam menjelajah Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan perjalanan Anda ke Makassar dari sekarang, karena promo ini hanya berlaku hingga 30 September 2018.

https://biz.kompas.com/read/2018/09/18/160601628/jelajahi-pesona-makassar-melalui-4-destinasi-menarik-ini

Hasil carian imej untuk Buras
Hasil carian imej untuk pantai losari makassar
Imej yang berkaitan
Hasil carian imej untuk benteng rotterdam
Hasil carian imej untuk lokasi helena sky bridge

Tiada ulasan: