Selasa, 23 Oktober 2018

Abdurrahman Ad-Dakhil. 8496.


Sabtu, Maret 15, 2014
Rajawali dari Quraisy, Abdurrahman Ad-Dakhil
Ilustrasi sebuah rumah sakit pada masa kejayaan Islam di Cordoba, Andalusia (Spanyol).

AD-DAKHIL,Inilah Abdurrahman Ad-Dakhil, yang mendirikan dinasti Umayyah di Andalusia. Julukannya Rajawali dari Quraiys.

Kisah perjuangan Abdurrahman mendirikan dinasti ini terbilang luar biasa. Abdurrahman yang saat itu berusia 19 tahun harus kabur dari istana saat keluarganya dari Dinasti Umayyah dihancurkan oleh Dinasti Abbasiyah. Pemuda yang mempunyai nama lengkap Abdurrahman bin Muawiyah bin Hisyam bin Abdul Malik sempat lari dari Irak, mengarungi gurun Syria menuju Palestina. Kemudian menyeberangi gurun Sinai ke Mesir, lalu melewati beberapa wilayah Afrika menuju Andalusia (Spanyol) yang telah ditaklukkan oleh nenek moyangnya dari Dinasti Umayyah.

Saat di perjalanan, Abdurrahman diikuti oleh 400 budak yang setia pada Bani Umayyah. Ada yang mengatakan, ketika dia mendarat pada 755 M, pasukan tentara Syam menghadiahkan seorang budak perempuan yang sangat cantik. Namun, Abdurrahman mengembalikan perempuan itu kepada mereka.

Abdurrahman dikenal sebagai orang yang cerdas dan berani. Ia memilih menaklukan Spanyol daripada harus merebut kembali kekuasaan khalifah dari tangan Abbasiyah. Dengan pasukan yang dihimpunnya selama perjalanan, ia kemudian memilih menyerang Cordoba. Dia berhasil menaklukkan kota itu dan kemudian menjadikannya sebagai ibu kota kerajaan.

Sayangnya, sejumlah orang dari bangsa Yamaniyun (Arab Selatan) tidak menghendaki Abdurrahman menjadi pimpinan mereka. Bersama sejumlah orang barbar, mereka pun melakukan pemberontakan.

Ancaman terhadap Abdurrahman pun tidak hanya dari kalangan sendiri, Khalifah Al Manshur yang mendirikan Dinasti Abbasiyah pun tak luput mengancam Abdurrahman. Beberapa kali Khalifah Al-Manshur mengirimkan bala tentaranya yang terdiri dari para budak belian yang setia kepada Daulah Abbasiyah untuk mengembalikan Andalusia ke tangan mereka. Lagi-lagi, Abdurrahman mampu memadamkan berbagai pergolakan tersebut, serta memukul mundur tentara Al-Manshur.

Ancaman terhadap Abdurrahman tidak hanya dari Dinasti Abbasiyah. Kaisar Romawi yang bertahta di Prancis, Charlemagne juga beberapa kali menyerang Cordoba. Namun berkat kesigapan dan keterampilan Abdurrahman dalam memimpin, pasukan Romawi bisa dipukul balik.

Abdurrahman pun kemudian membangun angkatan bersenjata yang teratur yang jumlahnya tidak kurang dari empat puluh ribu personel. Dia sadar bahwa Andalusia sangat mungkin diserang dari tiga arah di lautan. Oleh sebab itu, dia kemudian membangun armada perang laut yang tergolong sebagai armada yang pertama kali di Andalusia. Armada ini menjadi armada perang laut terkuat di Barat dan Laut Tengah.

Abdurrahman pun tak hanya cakap dalam memimpin pasukannya. Di bawah kekuasaanya, Andalusia mencapai pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi, dan perkembangan peradaban yang sangat pesat. Suatu kemajuan yang belum pernah dicapai oleh Andalusia hingga saat ini. Cordoba bersaing dengan Konstantinopel dan Baghdad dari segi kemegahan, kemewahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan seni. Cordoba kemudian dikenal di barat sebagai sebagai Permata Dunia.

Tiga tahun sebelum meninggal dunia, Abdurrahman merenovasi dan memperluas bangunan Masjid Cordoba. Atapnya disangga oleh tiang-tiang besar yang berjumlah 1293 tiang. Bangunan ini laksana Ka’bah kaum Muslimin di dunia Islam bagian barat. Hingga kini masjid itu masih berdiri megah. Ia termasuk tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan setelah Istana Al-Hamra, sebagai peninggalan sejarah yang menarik.

Selain itu, Abdurrahman juga dikenal sebagai seorang penyair dan orator ulung. Meskipun sejarah menyebutkan bahwa dia adalah pemuda terusir, namun dengan ketegaran dan kemauan kerasnya ia berhasil mendirikan Daulah Umayyah II yang mampu bertahan hingga 1031 M.

Setelah memerintah selama 32 tahun, Abdurrahman Ad-Dakhil meninggal pada 172 H dalam usia 61 tahun. Abdurrahman layak disebut Rajawali Quraiys, dari seorang pelarian politik menjadi penguasa Andalusia.

~ lucky varozdaq
http://luckyvarozdaq.blogspot.com/2014/03/rajawali-dari-quraisy-abdurrahman-ad.html

Minggu, Agustus 18, 2013
Tafsir surat Qalam

1 1. (nun)adalah salah satu dari huruf hijahiyah ,hanya Allah yang mengetahui arti dan maksd nya(demi qalam)yang di pakai untuk menulis nasib semua makhluk di lohmahfuz(dan apa yang mereka tulis)apa yang di tulis oleh para malaikat berupa kebaikan dan kesalehan.

2  2. (kamu sekali-kali bukanlah)hai Muhammad(orang gila,berkat nikmat Rabbmu)yang telah mengaruniakan kenabian kepadamu,dan juga nikmat-nikmat –Nya yang lain.Ayat ini merupakan perkataan orang-orang kafir,yang mengatakan bahwa Muhammad adalahorang gila.

3  3. (dan sesungguhnya bagi kamubenar-benar pahala yang besar yang tidak putus-putusnya)tiada pernah terputus.

4   4. (dan sesungguhnya kamu benar-benar berbuda pekerti)beragama(yang agung).

5   5. (maka kelak kamu akan melihatdan merekapun akan melihat). 

6. (siapakah diantara kalian yang gila)yang tidak waras akal nya,kamukah atau mereka.lafal al-maftuun ini wazannya sama dengan lafalal-ma’quul,berasal dari masdaral-futuun,artinya gila.

7  7. (sesungguhnya Rabbmu ,Dialah yang paling mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang paling mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk)lafal al-a’lamu bermakna ‘aalimun,yakni dia mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan dialah yang Maha mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

8  8. (maka janganlah kamu ikuti orang-orang yangmendustakan ayat-ayat Allah.)

9  9. (mereka menginginkan)mengharapkan(supaya) merupakan mashdariyah (kamu bersikap lunak) bersikap lembut terhadap mereka(lalu mereka bersikap lunak)pula terhadapmu;diathofkan kepada lafal tudhinu.seandainya dijadikan sebagai jawab dari tamnni yang tersimpulkan dari lafal wadduu,maka sebelum huruf fa diperkirakan ada lafal hum.yakni,seandainya kamu bersikap lunak terhadap mereka ,maka  merekapun akan bersikap lunak terhadapmu.

10. (dan janaganlah kamu ikuti orang yang banyak bersumpah)dengabn cara yang batil(lagi  hina) yakni rendah.

11. (yang banyak mencela)atau sering mengumpat(yang kian kemari menghambur fitnah) yakni berjalan kesana kemari diantaraorang-orang denagan maksud merusak mereka,yakni menghasut mereka.

12.(yang banyak menghalangi perbuatan baik)artinya sangat kikir tidak mau membelanjakan hartanya  kepada hak-hak yang diwajibkan atas dirinya(yang melampui batas)sangat aniaya(lagi banyak dosa) banyak melakukan perbuatan dosa.

13. (yang kaku kasar) wataknya kaku lagi kasar (selain dari itu ,yang terkenal kejhatannya) dia adalah seorang yang dianggap sebagai orang quraisy ,padahal mereka bukan kalangan dari mereka ,yaitu walid bin-mughieoh.ayahnya menjulukinya sebagai orang quraisy setelah ia berumurdelapan belas tahun .Ibnu abbas  r.a mengtakan, bahwa kami belum pernah mengetahui , bahwa Allah swt.menyifati seseorang dengan sifat-sifat yangtercela sebagaimana yang telah dilakukan-Nya terhadap walid,sehingga keaiban itu tetap menempek pada diri walid untuk selama-lamanya.danberta’alluq pada lafal zaniim ,zharaf yang terdapat pada sebelumnya.

14. (karna dia punya banyak harta dan anak)bentuk asalnya adalah lian ,dan berta’alluq kepada makna yang menunjukkan terhadap pengertian.

15. (apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat kami)yakni al-qur’an (ia berkata)bahwa al-qur’an itu(dongeng-dongeng orang-orang dahulu kala .”) yaitu hanya kedustaan yang sengaja dibuat-buat guna menyenangkan hati kami sewaktu ia disebutkan atau diceritakan.menurut suatu qiro’at ada lafal a-an dengan memakai dua huruf hamzah yang kedua-duanya difathakan.

~ lucky varozdaq
http://luckyvarozdaq.blogspot.com/2013/08/tafsirsurat-qalam-1-1.html








Tiada ulasan: