Jumaat, 19 Oktober 2018

Juga perlu rajin membaca. In Syaa Allah banyak manfaatnya. Aamiin. 8467.


Esensi Pentingnya Membaca

Jum'at, 19 Oktober 2018 13:36
Foto: Ilustrasi.
Penulis: Ahmad Zacky Makarim & Zasfariza Ilyasa Suwaryo (Co-Founder & Founder Komunitas “ARCHI” IIUM Malaysia)

KIBLAT.NET – Membaca itu sangatlah penting. Kalimat “membaca” bagi kita sudah bukan barang asing lagi bagi telinga para pembaca. Sejak kecil kita sudah diperkenalkan dengan kalimat tersebut. Bahkan diperluas lagi dengan istilah memindai, membaca cepat atau istilah lain ala-ala modern seiring dengan berkembangnya waktu. Membaca yang terdiri dari tujuh huruf ini pada hakikatnya bertujuan mengasah akal kita, mengasuh jiwa untuk saling asih terhadap sesama. Idealnya memang begitu. Realitanya kadang sedikit meleset, di era modern membaca ini seperti mengalami shifting atau pergeseran nilai. Terbukti dari banyaknya orang-orang yang lebih rajin membaca whatsapp dibanding membaca buku yang dianggap sudah ketinggalan zaman alias jadoel.

Tetapi ke-jadoel-an sebuah buku disadari atau tidak, telah banyak memberikan kontribusi dalam menunjang peradaban hingga kini. Lembaran demi lembaran tersebut melahirkan sosok kaum intelektual yang visioner dalam melahirkan peradaban Islam. Yang telah mengalami renaissance 700 tahun lebih dulu sebelum barat. Walhasil, lahirlah seorang Ibnu Maskawaih dengan metode introspeksinya, Avicenna dengan kedokterannya, Al-Farabi yang mula-mula menulis ekonomi politik yang sampai pada Machiavelli dan Baitul Hikmah sebagai pusat peradaban ilmu kala itu. Pusaka-pusaka yang tak ternilai itu meninggalkan buah manis yang kini dinikmati para penuntut ilmu di zaman ini. Ihwal ini tidak bisa dipungkiri adalah hasil manifestasi dari wahyu pertama yang turun kepada Rasulullah yang ketika itu diperintahkan untuk iqra atau membaca. Meskipun kala itu Rasulullah adalah seorang yang ummi alias buta huruf.

BACA JUGA  Gara-gara Algoritma

Maknanya, membaca pada hakikatnya bukanlah barang remeh temeh tetapi merupakan sesuatu yang sakral dalam mencerdaskan sebuah bangsa. Sayangnya, keadaan tersebut rasanya belum berpihak pada Indonesia kini. Berdasarkan studi “Most Literred Nation in the world 2016” menunjukkan minat baca Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara. Ini menunjukkan mutu pendidikan Indonesia masih jauh dari kata baik. Parahnya lagi, negara kita belum menetapkan daftar bacaan wajib di sekolah padahal di negara lain seperti Nigeria telah mewajibkan anak didiknya untuk membaca “Things Fall Apart”. Dus, para pelajar di Iran juga diwajibkan membaca puisi karya Hafiz, Ferdowsi, Rumi, Omar Khayyam dan masih banyak contoh dari negara lain

Menurut Tere Liye, membaca dapat melatih kerendahan hati seorang insan sejati karena membaca adalah sebuah proses interaksi sebuah pemikiran dengan pemikiran yang lain. Dengan kata lain, ketika bangsa jauh dari membaca maka tingkat kerendahan hati di dalam jiwa manusia akan mengikis dan tingkat keangkuhan meningkat. Bangsa yang tidak membaca merupakan bangsa yang angkuh. Kerendahan hati merupakan indikasi adanya nilai toleransi, keadilan, kejujuran, demokrasi dalam sebuah bangsa. Kerendahan hati seorang manusia juga dapat merefleksikan modernitas sebuah bangsa dan masyarakat yang madani.

Sebuah negara bernama Indonesia telah lahir tidak lepas dari para kutu buku yang melakukan perubahan besar. Sungguh, membaca dapat menjadi lentera penerang akal dan jiwa agar berpendar terang mengisi relung jiwa para manusia yang kini terlalu sibuk dengan gawainya dan asyik dengan internetnya. Dalam sehari, kita mempunyai waktu 24 Jam yang diberikan secara cuma-cuma oleh yang Maha Kuasa. Tetapi seberapa baik kita memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca buku? Akankah kita merubahnya?.

BACA JUGA  Kasus Ratna Sarumpaet Tak Dapat Diperluas, Pelaporan Prabowo dkk Dipertanyakan

~ Sebaik-baik teman adalah Buku ~ (Pepatah)

BERITA TERKAIT

Esensi Pentingnya Membaca - Kiblat
https://www.kiblat.net/2018/10/19/esensi-pentingnya-membaca/
Lutvia
Penyederhana
Islamic Cyber Community (ICC)
  1. Ariyanto SenoMantappp kali mak...
  2. Marsudi LaksonoSudah bisa ditebak, paling2 agama nya kristen, jadi wong islam kudu sabar2 lagi , nanti kena cap intoleran, jadi jangan lihat agamanya, sabar lagi
  3. Opick TaniaDasar pki komunis laknatullah
Pemilik


Assalamualaikum wr wb
Foto
I Love U Forever
سیرت نبوی محمد ﷺ 🌾Life of Prophet Muhammad
ﺍﻟﺴَّـــــــﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴــْــﻜُﻢ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛـَـﺎﺗُﻪ
صبح بخیر

نرم لہجے سے ہمیشہ مضبوط اور دیرپا رشتے تخلیق پاتے ہیں جبکہ مسکراہٹ درد کی شکست اور چہرے کی رونق ھے. میری دعا ھے کہ الله تعالی آپ کو دونوں خوبیوں سے مالا مال فرمائے
 

اللہ آپ کو ہمیشہ دنیا و آخرت کی بھلائیاں عطا کرے، تمام دشمنوں سے اپنی پناہ میں رکھے. رزق اور زندگی میں برکت اور صحت و تندرستی عطا کرے اور تمام پریشانیوں سے بچاۓ رکھے

آمین یارب العالمین ۔
Foto


Selmat siang ,,teryata siboy
Dateng jga😂😂😂
Foto
Penyederhana 
Foto

BERITA LAINNYA


Oposisi sendiri melihat antara Turki dan Rusia masih berbeda penafsiran dalam memahami poin-poin kesepakatan
 Jum'at, 19/10/2018 12:00   0  

Hanan Attaki Persatuan Umat Dimulai dari Bersatunya Hati
 Jum'at, 19/10/2018 09:53   0  

“Pemilu adalah konspirasi Barat yang bertujuan memperpanjang pendudukan dan tidak berdasar pada Islam atau budaya Afghanistan. Kewajiban setiap warga Afghanistan yang beragama Islam harus menentangnya,” kata pernyataan Taliban, seperti dikutip Reuters pada Kamis.
 Jum'at, 19/10/2018 09:10   0  

Organisasi HAM menuduh senjata-senjata itu digunakan untuk membungkam rakyat.
 Jum'at, 19/10/2018 08:27   0  

"Membujuk Iran untuk menarik diri dari Suriah bukanlah masalah Rusia. Teheran dan Damaskus memiliki kesepakatan sendiri," kata Putin seperti dikutip oleh Russia Today, Kamis (18/10).
 Jum'at, 19/10/2018 07:20   0  

Tak hanay Gubernur, serangan itu juga menewaskan kepala polisi dan kepala intelijen provinsi Kandahar
 Jum'at, 19/10/2018 06:24   0  

"Di Indonesia ini lucu, ketika harga minyak dunia turun pemerintah dan rakyat pada ribut. Apalagi saat ini harga minyak dunia naik semua juga pada ribut"
 Kamis, 18/10/2018 21:09   0  

Muslim United Jadikan Anak Muda Terbuka Sikapi Perbedaan
 Kamis, 18/10/2018 20:00   0  

Hak dasar warga negara Indonesia adalah diperbolehkan untuk pergi dan menetap di daerah mana saja, selama dalam wilayah teritori. Ketika terjadi pengadangan, maka hak dasarnya sudah dilanggar.
 Kamis, 18/10/2018 17:37   0  

Lokasi Likuefaksi Sulteng Dibom Material Disinfektan
 Kamis, 18/10/2018 17:09 

Foto

USUT TUNTAS Aktor intelektual penghadang Habib Bahar dan Habib Hanif di Bandara Manado !!
Foto
Queenara 'ۦ
GAMBAR & CERITA LUCU INDONESIA (G&CLI)
Foto
  • Abdul KTCuex ja...😝🙊
  • Sony SonayPergi ke kondangan, ambil deh pengantin nya 😁🙊
  • Andrayani. FabianoSiang cantik ... Ah biasa aja tuh kl aku jomblo jg
Putri Melati
Penyederhana
Kata Mutiara Islami
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Foto
Foto


Masjid Asy Syifa Wal Hidayah
Foto
Pemilik

Assalamualaikum wr wb
Foto
Kerja semangat klo ada yg kasih semangat. 😁😁😁😁
Foto
Kangen btc tp kalau ketemu gapernah akur kaya kucing ama tikus...
Foto
The bridge
#Pfaueninsel #Berlin #Germany

G+ dies. Ralf Setecki is now also on Facebook. Let's stay in touch with the photo network. Find me on Facebook for a friendship request. Thanks!
Foto
autumnal bloom in the hills of athens
Foto
Lago di Braies 18 ottobre
Foto
Pemilik
Foto
Foto
Pemilik

LOOT A BURNING HOUSE
by Zeng Wei Jian

China, negeri 1000 perang. Dalam buku "Records of the Grand Historian", Historian Sima Qian mencatat perang pertama pecah sekitar tahun 2500SM. Namanya "Battle of Banquan". Perang antara The Yellow Emperor melawan Yan Di.

Kitab Sun Tzu "The Art of War" dipelajari semua akademi militer dunia. Seorang prajurit harus hafal "36 stratagems".

Semua taktik dan muslihat perang dasarnya ada pada 36 proverb. In modern era, 36 tactics dan Kitab Perang Sun Tzu diaplikasi ke dalam bisnis.

Salah satu proverb terkenal; "Kill with a borrowed knife". Artinya menggunakan kekuatan orang lain mengalahkan musuh.

Proverb artinya kalimat sederhana perumpamaan. Keliru bila proverb "Kill with a borrowed knife" diartikan secara letterlijk.

Proverb terkenal lain berbunyi "Loot a burning house" atau "趁火打劫/趁火打劫" atau Chèn huǒ dǎ jié atau "rampok rumah yang terbakar".

Orang go-block yang ngga paham teori perang, ngga menguasai ilmu bahasa proverb dan orang sok pinter mengartikan taktik ini sebagai anjuran merampok rumah orang yang sedang terbakar.

Praxis dari proverb "Loot a burning house" dirilis China. Pada akhir abad 20, product high quality Jepang membanjiri pasar Amerika. Namun saat memasuki abad 21, industri dan ekonomi dunia menurun. Perusahaan banyak yang collapse. Pemerintah Amerika diharuskan mengurangi beban belanja, termasuk military spending.

Di situ, China menyediakan product dan barang dengan harga murah. Di saat Amerika sedang "kebakaran", China masuk dan mengais keuntungan.

Itu arti dari "Loot a burning house". Ngerti Budiman...?!

THE END
Foto

isanna
Permana Day
Lurus trus ada prapatan belok kiri pas ada sumur disitu tanyain lg😃😃😃
Siank semua😍😍😍😍
Sukaesih Sukaesih
Met siang met maksi  semua smg kita diberi kesehatan & nurah rejekinya amiin manteep banget siiplah salam sukses selalu

Tiada ulasan: