Ahad, 14 Oktober 2018

Untuk Allah dan kerana Allah. 8395.


Untuk Allah dan kerana Allah antara hikmah musibah ialah memperteguh takwa dan iman hamba-hamba Nya
Foto

MAWAS DIRI DAN SELALU MEMOHON PERLINDUNGAN ALLOH SERTA DISELAMATKAN DUNIA AKHIRAT..MENINGGGAL KHUSNUL KHOTIMAH..AAMIIN


TechCrunch: Apple Watch Khashoggi Mustahil Dijadikan Alat Pembuktian

Ahad, 14 Oktober 2018 16:38
Foto: Apple Watch milik Jamal Khashoggi.
KIBLAT.NET, Ankara – Polisi sedang mencari Apple Watch milik Jamal Khashoggi untuk mendapatkan data kesehatan dan lokasi sebelum ia menghilang untuk membantu penyelidikan. Menurut pengamatan TechCrunch, jam itu mustahil dijadikan alat pembuktian.

Diketahui, warga Saudi kelahiran AS itu hilang pekan lalu setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul. Kolumnis The Washington Post itu dilaporkan akan mengambil surat nikah, sementara calon istrinya hendak menunggu di luar konsulat dengan iPhone milik Khashoggi.

Sejak itu, Khashoggi tidak pernah muncul dari konsulat. Muncul laporan ia telah dibunuh di dalam konsulat. The Washington Post melaporkan bahwa penyadapan AS menunjukkan upaya putra mahkota Saudi, Mohammad bin Salman, untuk memancing wartawan kembali ke kerajaan lalu menahannya.

Khashoggi adalah seorang pengkritik vokal dari pemerintah Saudi. Kerajaan Saudi membantah terlibat dalam statusnya yang hilang.

Pada hari Rabu, mengutip para pejabat Turki, Reuters melaporkan bahwa para penyelidik sedang mencari Apple Watch hitam milik Khashoggi yang dikenakan saat memasuki konsulat. Kesimpulannya adalah bahwa setiap data yang dikumpulkan oleh Apple Watch dapat mengumpulkan data kesehatan miliknya, seperti detak jantung, lokasi atau petunjuk lainnya.

“Turki tidak memiliki jam itu,” kata Reuters, yang mengisyaratkan bahwa jam itu mungkin telah hilang, dihancurkan atau berada di tangan pemerintah Saudi.

Staf TechCrunch telah menjelajahi beberapa perpustakaan foto dan media sosial dan menemukan satu gambar Khashoggi mengenakan Apple Watch generasi ketiga keluaran 2017 dengan koneksi LTE. Hal ini diketahui berdasarkan titik merah pada mahkota jam tangan.

BACA JUGA  Jurnalis Asal Saudi Dibunuh Secara Misterius di Turki

“Jika Khashoggi memasuki konsulat Saudi mengenakan jam model itu, Apple Watch generasi ketiga tidak mendukung koneksi seluler di Turki. Hal ini secara efektif mengesampingkan kemungkinan bahwa data kesehatannya disinkronkan; baik dengan iPhone di luar atau server Apple,” kata TechCrunch melaporkan.

“Jam juga tidak mungkin terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dikenal di dalam konsulat, atau bahwa jam berada dalam jarak yang cukup dekat untuk disinkronkan dengan iPhone di luar menggunakan Bluetooth,” tambahnya.

TechCrunch melaporkan jika data kesehatan dari jam Khashoggi dikirimkan melalui udara ke iCloud yang bisa disinkronkan dengan iPhone-nya, datanya tentu dienkripsi menggunakan kode sandinya. Sekalipun pihak Apple -dengan alasan penegakan hukum- dapat mengakses data ini, maka bukti keberadaannya akan ada di iPhone-nya.

Ada beberapa kasus jam tangan dan pelacak kebugaran dapat membantu pihak berwenang menemukan orang yang hilang. Seperti pakaian yang dapat dipakai membantu untuk melacak aktivitas seseorang, dengan mengirimkan data yang sering disimpan di cloud. Data itu sering diperoleh oleh penegak hukum, namun menurut para kritikus adalah melanggar hak privasi.

Sumber: Tech Crunch
Redaktur: Ibas Fuadi
TechCrunch: Apple Watch Khashoggi Mustahil Dijadikan Alat Pembuktian - Kiblat
https://www.kiblat.net/2018/10/14/techcrunch-apple-watch-khashoggi-mustahil-dijadikan-alat-pembuktian/

Tiada ulasan: