Jumaat, 29 Mac 2019

Tiada lagi keamanan bila pengganas mendabik dada mereka di pihak yang betul. 9302.



Suriah Balas Rudal Serangan Udara Israel di Aleppo

ARDI PRIYATNO UTOMO

Kompas.com - 28/03/2019, 12:05 WIB

Ilustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur.
Ilustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur.(Thinkstock)

DAMASKUS, KOMPAS.com - Suriah menyatakan, mereka langsung melakukan serangan balasan setelah jet tempur Israel membombardir wilayah mereka di Aleppo.

Jika terbukti benar, maka ini adalah serangan pertama Israel di teritori Suriah sejak pengakuan Dataran Tinggi Golan oleh Presiden AS Donald Trump.


Mengutip sumber dari pejabat militer, media pemerintah SANA memberitakan, sistem pertahanan bereaksi dan merontokkan rudal dari jet tempur Israel.

"Sistem kami membalas agresi Israel yang menargetkan sejumlah lokasi industri di Sheikh Najar, timur laut Aleppo," ujar sumber itu dikutip AFP Kamis (28/3/2019).

Badan pemantau Observasi Suriah untuk HAM mengatakan bombardir Israel mengenai gudang amunisi milik pasukan Iran dan sekutunya, serta menimbulkan ledakan besar.

Observasi Suriah menambahkan setidaknya empat orang yang diyakini merupakan penjaga gudang amunisi itu tewas terkena rudal Israel.

Sementara sejumlah penduduk Aleppo memberi tahu AFP karena serangan udara yang dilaksanakan pada Rabu (27/3/2019) itu, seluruh kota mengalami mati lampu.

Tel Aviv melaksanakan ratusan serangan udara dalama beberapa tahun terakhir dengan target adalah fasilitas militer Iran dan sekutunya, Hezbollah.

Teheran telah menjadi pendukung utama pemerintahan Presiden Bashar al-Assad sejak konflik sipil pecah di Suriah pada 2011 silam.

Januari lalu, Israel menghancurkan beberapa bangunan Iran beberapa jam setelah mereka mengklaim menggagalkan roket yang ditembakkan dari Suriah.

Observasi menyatakan 21 orang yang kebanyakan adalah warga negara Iran tewas dalam serangan tersebut. Serangan sama juga terjadi pada Mei 2018.


SumberAFP
https://internasional.kompas.com/read/2019/03/28/12055231/suriah-balas-rudal-serangan-udara-israel-di-aleppo

Serangan Udara Israel ke Gaza: 30 Rumah Hancur Total, 500 Rusak Parah
by Sodikin
serangan israel
Orang-orang Palestina memeriksa sebuah kendaraan, rusak setelah serangan udara yang diduga oleh Israel di Beit Lahia, Gaza pada tanggal 25 Maret 2019. Foto: Memo/ Anadolu

JALUR GAZA–Sebanyak 500 rumah di Jalur Gaza dilaporkan rusak akibat serangan udara Israel terbaru, menteri pekerjaan umum Palestina mengatakan pada Selasa (26/3/2019) malam.

“Akibat serangan udara Israel terhadap Gaza, 30 rumah hancur total dan 500 rumah rusak,” kata Mufeed al-Hasayneh.

BACA JUGA: Makin Berat Lawan Pejuang Gaza, Militer Israel harus Lakukan Perubahan Besar 

Al-Hasayneh menambahkan bahwa mereka bekerja untuk menghilangkan jejak serangan udara dan mengurangi rasa sakit orang-orang yang menjadi korban.

Israel melancarkan gelombang serangan udara di Jalur Gaza pada Senin (25/3/2019) menyusul tembakan roket dari Gaza yang melukai tujuh warga Israel di utara Tel Aviv.

Tentara Israel juga dilaporkan mengerahkan iron dome di beberapa lokasi di seluruh negeri, sekaligus mengirim dua brigade infantri tambahan ke zona penyangga Gaza-Israel. 

BACA JUGA: Tsvika Fogel: Tentara Israel sudah Kehilangan Semangat untuk Berperang

Hamas telah mengumumkan pada Senin malam bahwa Mesir telah berhasil mengamankan gencatan senjata antara Israel dan faksi-faksi perlawanan yang berbasis di Gaza.

Sementara tidak ada komentar dari Mesir, beberapa pejabat Israel membantah bahwa kesepakatan gencatan senjata telah tercapai. []
SUMBER: MEMO
https://www.islampos.com/serangan-udara-israel-ke-gaza-30-rumah-hancur-total-500-rusak-parah-141182/?

Erdogan: Waktunya Telah Tiba Mengembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid
ARDI PRIYATNO UTOMO
Kompas.com - 28/03/2019, 06:44 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.(AFP / ADEM ALTAN)
ANKARA, KOMPAS.com — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan benar-benar serius mengembalikan tetenger Istanbul Hagia Sophia sebagai masjid.

Dalam wawancara dengan kanal televisi A Haber, Erdogan mengungkapkan menempatkan Hagia Sophia sebagai museum merupakan "kesalahan besar".


"Kami pikir waktunya telah tiba mengambil langkah itu dengan mempertimbangkan permintaan dari warga Turki," ucap Erdogan dikutip AFPRabu (27/3/2019).

Presiden berusia 65 tahun itu mengatakan Hagia Sophia bakal dicabut status museumnya, dan dikembalikan sebagai masjid seperti di era kekaisaran Ottoman.

"Mereka yang ingin datang ke Hagia Sophia bakal mengunjungi Masjid Hagia Sophia," tutur mantan Perdana Menteri Turki periode 2003-2014 itu.

Dibangun pada 537 Masehi di Abad Pertengahan, Hagia Sophia awalnya merupakan Gereja Kristen Ortodoks Yunani yang dibangun Kaisar Byzantium, Justinian I.
Dibangun dua arsitek Yunani, Isidore dari Miletus dan Anthemius dari Tralles, Hagia Sophia menjadi masjid kala Sultan Mehmed Sang Penakluk merebut Konstantinopel (nama lama Istanbul) pada 1453.

Setelah itu, bangunan yang sempat menjadi katedral terbesar di dunia selama 1.000 tahun itu menjadi museum pada 1 Februari 1935.

Erdogan mengucapkan kans itu di tengah kampanye bagi partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), jelang pemilu lokal pada 31 Maret.

Dia melanjutkan, pembahasan mengenai perubahan status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid bakal dilaksanakan selepas pemilihan.

Namun, AFP melaporkan, perubahan itu berpotensi menimbulkan konflik dengan Yunani dan Turki yang merupakan anggota Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO).

Disinggung mengenai potensi kritik yang terjadi, Erdogan menyatakan dia menyoroti tentang serangan yang menargetkan Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

"Mereka yang tetap diam dalam serangan ini tidak berhak memberikan nasihat kepada kami apa yang harus dilakukan (mengenai Hagia Sophia)," kata rdogan.


SumberAFP
https://internasional.kompas.com/read/2019/03/28/06441911/erdogan-waktunya-telah-tiba-mengembalikan-hagia-sophia-sebagai-masjid#

Selepas banglo ibu Jho Low dirampas, akaun ayahnya pula dibekukan - Laporan 
Firdaus AzilAstro Awani
Selepas banglo ibu Jho Low dirampas, akaun ayahnya pula dibekukan - Laporan
Kerajaan Persekutuan pada Khamis dilaporkan telah memfailkan tindakan pelucutan hak sivil (Civil Forfeiture Action) ke atas ahli perniagaan Pulau Pinang, Tan Sri Larry Low Hock Peng (kanan). - Gambar fail

KUALA LUMPUR : Kerajaan Persekutuan pada Khamis dilaporkan telah memfailkan tindakan Pelucutan Hak Sivil (Civil Forfeiture Action) ke atas ahli perniagaan Pulau Pinang, Tan Sri Larry Low Hock Peng, yang juga merupakan ayah kepada keluarga hartawan kontroversi, Low Taek Jho atau lebih dikenali sebagai Jho Low,

Sumber memberitahu The Edge, aset yang dibekukan membabitkan tujuh akaun bank bernilai RM48 juta.

Menurut sumber itu lagi, kerajaan mahu membeku dan mendapatkan semula kesemua wang berkenaan kerana ia dipercayai sebahagian dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Tiga daripada tujuh akaun bank terbabit dikatakan merupakan akaun deposit tetap.

“Kami percaya wang berkenaan dipindahkan dari beberapa syarikat asing, yang didakwa dilakukan Jho Low,” sumber itu dipetik sebagai  berkata.

Awal bulan ini, polis dari Bukit Aman dipercayai telah menyita rumah banglo milik keluarga Jho Low di Tanjung Bungah Park, Pulau Pinang.

Difahamkan, kediaman banglo mewah milik ibu Jho Low,  Puan Sri Goh Gaik Ewe itu tidak berpenghuni ketika disita.

BACA: Banglo mewah milik keluarga Jho Low disita 

Sementara itu, sumber berkenaan memberitahu bahawa permohonan tindakan Pelucutan Hak Sivil itu dilakukan di bawah Seksyen 56 Akta Pencegahan Pengubahan Wang Haram dan Pencegahan Pembiayaan Keganasan 2001 (AMLA).

Akta itu membenarkan kerajaan merampas aset hartanah tanpa melalui pendakwaan.

Serangan Udara Israel ke Gaza sebabkan Kerugian 2 juta USD 
by Sodikin
Serangan Udara Israel ke Gaza sebabkan Kerugian 2 juta USD
Serangan Israel ke Gaza. Foto: Palinfo
JALUR GAZA–Agresi Israel baru-baru ini ke Jalur Gaza telah menyebabkan hancurnya 30 unit rumah secara total, di samping 500 unit lainya rusak parah. Hal ini disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina, Kamis (28/3/2019).

Wakil Menteri Naji Sarhan mengatakan hal ini dalam konferensi persnya yang diadakan di Kementerian Informasi pada Kamis, diperkiraan kerugian akibat pemboman Israel terhadap fasilitas sipil dan rumah tempat tinggal mencapai $ 2 juta dolar.

BACA JUGA: Serangan Udara Israel ke Gaza: 30 Rumah Hancur Total, 500 Rusak Parah

Sarhan mengatakan, pasukan Israel menggunakan kekuatanya secara berlebihan dan tidak proporsional pada bangunan tempat tinggal dan fasilitas sipil di Jalur Gaza.

Agresi Zionis ini mencakup gempuran terhadap sejumlah gedung perusahaan yang berkomitmen untuk membangun Gaza, termasuk bangunan gedung tiga lantai dengan luas sekitar 600 meter persegi.

Bangunan itu terdiri dari 9 unit perumahan sipil dan unit perumahan disewakan ke lembaga-lembaga sipil, juga termasuk Perusahaan Asuransi Al-Muttalid dan sekitar 25 unit rumah lainya yang rusak sebagian di sekitar bangunan tersebut.

Di bagian barat kota, sebuah bangunan tempat tinggal hancur total dan beberapa bangunan lainya yang berdekatan dengannya rusak parah. Bangunan itu memiliki 19 unit rumah tinggal dan 60 unit rumah lainya rusak sebagian.

BACA JUGA: Laporan PCHR: 141 Warga Sipil Palestina Terluka Akibat Serangan Israel di Gaza

Sementara itu, rumah milik kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh hancur total, di samping sekitar 50 unit rumah lainya rusak sebagian, termasuk satu unit perumahan yang tak berpenghuni. Penembakan Israel ini juga menghancurkan sebuah bangunan tempat tinggal milik Jamal al-Deeb di lingkungan al-Shojaeya, sebelah timur Kota Gaza. Lantai atas gedung rusak total dan lainya rusak sebagian.

Di Rafah, Khan Younis dan utara, puluhan unit perumahan sebagian rusak setelah penembakan pesawat tempur Israel tanpa pandang bulu meluluh lantakan wilayah tersebut. []

SUMBER: PALINFO
https://www.islampos.com/serangan-udara-israel-ke-gaza-sebabkan-kerugian-2-juta-usd-141305/?

Harga RON95, diesel kekal 
Astro Awani | Diterbitkan pada Mac 29, 2019 17:12 MYT
Harga RON95, diesel kekal
Harga runcit RON95 dan diesel kekal masing-masing pada RM2.08 dan RM2.18 seliter bermula tengah malam ini hingga 5 April 2019. -Gambar fail

KUALA LUMPUR: Harga runcit RON95 dan diesel kekal masing-masing pada RM2.08 dan RM2.18 seliter bermula tengah malam ini hingga 5 April 2019.

Harga RON97, bagaimanapun, meningkat 2 sen kepada RM2.63 seliter, menurut kenyataan oleh Kementerian Kewangan pada Jumaat.

"Berdasarkan pengiraan di bawah formula APM, harga runcit produk petrol RON95 dan diesel bagi tempoh 30 Mac 2019 sehingga 5 April 2019 sepatutnya adalah sebanyak RM2.33 seliter dan RM2.36 seliter masing-masing.

"Namun, harga runcit produk petrol RON95 dan diesel bagi tempoh di atas adalah dikekalkan pada paras RM2.08 seliter dan RM2.18 seliter selaras dengan keputusan Kerajaan untuk menstabilkan harga runcit bagi produk petroleum dan mengurangkan kos sara hidup rakyat," menurut kenyataan itu lagi.

Harga Minyak Mingguan: 30 Mac - 5 Apr 2019

RON 95
RM 2.08SELITER
  •   0.00

RON 97
RM 2.63SELITER
  •  0.02

DIESEL
RM 2.18SELITER
  •   0.00

http://www.astroawani.com/berita-malaysia/harga-ron95-diesel-kekal-202505?






Tiada ulasan: