Rabu, 4 Disember 2019

Hikmah dan Manfaat Asmaul Husna yang Perlu Kita Ketahui. 9395





Diterbitkan oleh Rin Du

Hikmah dan Manfaat Asmaul Husna yang Perlu Kita KetahuiSebagaimana kita tahu, Asmaul Husna adalah kumpulan nama-nama Allah yang di dalamnya terkandung banyak sekali keutamaan dan manfaat. Oleh karenanya, sebagai seorang muslim kita patut mengingat dan menyebut Asma Allah dalam kondisi apapun.

Rasulullah SAW telah mencontohkan dan menganjurkan pada kita selaku umatnya untuk senantiasa berdoa seraya menyebut nama-nama Allah yang agung.

Banyak sekali sebenarnya keutamaan yang bisa kita dapat jika mau merutinkan dan mendawamkan bacaan Asmaul Husna ini. Dan berikut ini setidaknya ada beberapa hikmah dan keutamaan dan manfaat dengan mengamalkan Asmaul Husna beserta artinya dalam keseharian.

1. Pintu rejeki yang kian terbuka lebar

Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-araf ayat 80 bahwasanya setiap hamba yang berdoa dengan menyebut nama-nama dalam Asmaul Husna- mereka akan medapat balasan / ganjaran yang sesuai. Dan salah satu perwujudan balasan yang dikasih Allah bisa dalam bentuk rejeki.

Siapa saja yang merutinkan bacaan Asmaul Husna ini akan diberikan fadilah dan hikmah yang begitu besar. Ia akan lebih dekat dengan Allah dan hatinya pun akan selalu terpaut pada Allah. Takut untuk melanggar aturannya. Dan jika sudah begitu, bukan tidak mungkin rejekinya oleh Allah akan dilancarkan dan dibuka selebar-lebarnya.

Jadi biasakanlah berdoa dengan menyertakan nama-nama Allah yang agung dalam Asmaul Husna. Karena sebagaimana hadits Nabi SAW menyebutkan bahwa Barang siapa yang berdoa dengan menyertakan Asmaul Husna yang 99, niscaya Allah akan mengabulkan do’anya.

2.Terhindar dari penyakit hati

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita mendapati situasi lingkungan dan orang-orang di sekitar kita seakan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga hati dan perasaan kita sedikitnya jadi banyak ternoda oleh polusi-polusi perasaan, seperti dengki, iri pada orang lain, dll. Semoga kita terhindar dari sifat tersebut.

Dan dengan merutinkan membaca Asmaul Husna beserta artinya, InsyaAllah kita bisa menjaga hati kita untuk selalu bersih. Karena pikiran akan selalu mengingat Allah SWT. Pun kalu merasa penyakit hati sudah menggerogoti, maka segeralah kasih penawarnya, salah satunya yakni dengan bacaan dzikir Asmaul Husna. Mintalah ampunan pada-Nya, karena sungguh Allah maha pengampun pada setiap hamba-Nya.

Ketenangan hatipun insyaAllah bisa diraih dengan merutinkan bacaan Asmaul Husna beserta artinya ini.

3. Sebagai media doa supaya cepat terkabul

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa sebisa mungkin saat berdoa kita sebutkan nama-nama Allah di dalamnya. Anda bisa membaca dan mengulangi beberapa nama yang sesuai dengan harapan yang diminta. Misal, saat kita berdoa untuk diampuni dosa, maka perbanyaklah ucapan nama Allah yaitu Al-Ghofar (maha pengampun).

Ada banyak hikmah yang bisa didapat dengan mengamalkan asmaul husna. Dengan membacanya saja, tentu bernilai ibadah. Begitupun saat berdoa dengan menyertakan nama-nama Allah itupun ada nilai ibadahnya yang tentu terkandung pahala. Belum lagi kalau doa yang dipanjatkan itu dikabul oleh Allah SWT.

Allah berkalam dalam surah Al-Hasyir yang artinya : Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al – Hasyr: 24)

Jadi mari kita pelajari dan aplikasikan nama-nama Indah Allah ini dalam setiap doa yang kita panjatkan.

4. Dapat mencerdaskan otak

Bacaan Asmaul Husna beserta artinya juga diyakini bisa meningkatkan kecerdasan pikiran / otak. Hal ini telah dibahas dalam sebuah buku berjudul “Asmaul Husna untuk Nutrisik Otak kanan dan Kiri” karangan Rizem Aizid. Di dalamnya dijelaskan dengan merutinkan bacaan Asmaul Husna bakal merangsang EQ dan juga IQ menjadi lebih baik.

Asmaul Husna menjadi nutrisi yang sedemikian bagusnya buat otak kita. Juga bisa menyeimbangkan potensi otak kiri maupun kanan. Namun tetap juga harus didukng dengan pola hidup dan makanan yang sehat. Biasakanlah untuk melantunkan Asmaul Husna beserta artinya dalam setiap kesempatan.

Beberapa nama Allah yang berkaitan dengan kecerdasan yaitu, Al-Hakim, Al-Aliyu, dan Al-Ilmu. Dengan merutinkannya, insyaAllah otak dan pikiran Anda akan selalu terjaga kecerdasannya, jauh dari polusi-polusi pikiran yang bikin kotor.

5. Diberikan Kemudahan

Hidup tidak selamanya berjalan mulus. Pasti aka nada saatnya kita menghadapi beragam masalah, baik itu besar maupun kecil. Masalah bisa jadi merupakan cobaan yang Allah berikan pada kita selaku hamba-Nya. Barangsiapa yang mampu melewati ujian atau cobaan tersebut, maka ia akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Salah satu faedah dari Asmaul Husna adalah bisa memberikan kemudahan bagi kita dalam menjalani hidup. Dengan memohon pada Allah lewat Asmaul Husna dipercaya bakal memberikan kita kemudahan dalam menghadapi setiap masalah dan cobaan yang ada. Dengan catatan kita memang harus tulus dalam berdoa dan berserah diri sepenuhnya pada Allah SWT.

6 Segudang manfaat Asamul Husna lainnya

Masih banyak sekali keutamaan dan manfaat dari bacaan Asmaul Husna beserta artinya yang bisa kita dapat dengan merutinkannya. Diantara manfaat-manfaat tersebut yakni seperti bisa menyembuhkan penyakit, baik fisik maupun psikis, senantiasa memperoleh keselamatan dan ampunan dari Allah SWT.

Dalam beberapa kasus, bacaan Asmaul Husna beserta artinya juga dipercaya sebagai media usaha bagi pasangan suami istri dalam memperoleh keturunan.

Manfaat dari segi fisik lainnya yakni bisa menumbuhkan rasa percaya diri, mengontrol nafsu dan dihindarkan dari sifat pelupa. Luar biasa sekali bukan manfaat yang bisa kita dapat.


Tapi yang paling penting adalah dengan merutinkan Asmaul Husna dan artinya, kita bisa lebih mengenal Allah. Mengenal lewat nama-namanya yang Indah dan agung. Dengan begitu, kecintaan dan keimanan pada-Nya juga akan bertambah. Dan sebagai hamba, kita bisa jadi lebih dekat dengan sang Khaliq.


Kurang lebih itulah beberapa manfaat dari bacaan Asmaul Husna beserta artinya yang bisa kami rangkum.


Diterbitkan oleh Rin Du
Bacaan Asmaul Husna
Sebagai tambahan kami juga sajikan video youtube Asmaul Husna yang bisa dijadikan sebagai tuntunan bagi Anda yang mau menghafal nama-nama Allah yang indah ini. Tidak jarang dengan audio mp3 atau video berisi lantunan Asmaul Husna yang merdu bisa membuat ingatan seseorang lebih peka dan jadi gampang dalam menghafal Asmaul Husna.

Dengan begitu video Asmaul Husna ini juga bisa diperdengarkan pada anak kecil untuk mengenalkan sedini mungkin tentang keindahan nama-nama Allah. Silakan simak atau kalau perlu download Asmaul Husna video dari Youtube berikut ini
Penutup
Nah itulah tadi penjelasan terkait Asmaul Husna beserta artinya dalam bahasa Indonesia lengkap. Semoga apa yang tertulis di artikel ini sedikitnya bisa memberikan manfaat bagi sobat pembaca sekalian. Yang tidak lain adalah bisa lebih mengenal Allah melalui nama-nama yang indah dalam Asmaul Husna yang 99 jumlahnya.
Dengan berusaha dan mempelajari untuk mengenal Allah, maka keimanan kita juga bakal semakin bertambah dan kokoh. Terakhir, semoga kita juga bisa istiqomah mengamalkan bacaan Asmaul Husna ini dalam proses berdoa dan dzikir yang dilakukan.
Sebagaimana tertulis di atas tentang keutamaan yang terkandung dalam Asmaul Husna, maka akan sangat disayangkan jika kita tidak mengamalkannya. Yuk amalkan dari sekarang.
.
Kredit:
https://inspirilo.com/asmaul-husna-beserta-artinya/







Tiada ulasan: