Jumaat, 3 April 2020

Tidak mahu kebumikan jenazah Covid-19. Semuga itu sikap sementara masyarakat, apabila menyedari perintah Allah tentang mayat. 10101


Dunia dengan Covid-19 ... Malaysia dengan gelanggang politik yang belum selesai pembinaannya. Berganda-ganda permasalahan Malaysia dengan Covid-19, Kebajikan Rakyat Jelata dalam keadaan ekonomi yang tak berapa menarik di seluruh dunia.

Tak Ingin Ada Kasus Penolakan Jenazah, 
Polri Terus Edukasi Masyarakat Soal Corona 
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - "Indonesia yang memiliki sikap toleransi dan juga gotong royong, tentunya mengedepankan empati dan simpati terhadap korban yang meninggal akibat corona ini. Sehingga tidak ada penolakan dari pemakaman jenazah corona."

Kapan [bila] Vaksin Virus Corona akan Siap Digunakan untuk Manusia?
        Jum'at, 3 April 2020 - 04:44 WIB  
Kapan Vaksin Virus Corona akan Siap Digunakan untuk Manusia?
Para peneliti mengungkapkan bahwa vaksin virus Corona tak bisa didapatkan dalam waktu dekat. Foto/medicaleconomics.com
JAKARTA - Dunia tengah menunggu kabar kapan obat virus Corona bisa digunakan. Kabar di antara para peneliti, percobaan vaksin pada manusia segera dimulai. Hanya jika itu berjalan baik dan cara penyembuhan ditemukan, masih ada banyak hambatan sebelum imunisasi global dapat dilakukan.

Bahkan pada strategi pertahanan yang paling efektif, itu hanya memperlambat penyebaran penyakit pernapasan COVID-19. Mengingat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan status pandemik, maka semua mata beralih ke prospek vaksin. Sebab hanya vaksin yang dapat mencegah orang jatuh sakit.

Melansir The Guardian, sekitar 35 perusahaan dan lembaga akademik berlomba untuk membuat vaksin semacam itu. Setidaknya empat di antaranya sudah memiliki kandidat yang mereka uji pada hewan. Yang pertama diproduksi oleh firma biotek Moderna yang berbasis di Boston, AS, dan segera memasuki uji coba manusia.

Kecepatan pencarian vaksin yang belum pernah terjadi sebelumnya ini sebagian besar berkat upaya China mengurutkan bahan genetik Sars-CoV-2 secara awal. Virus ini yang menyebabkan COVID-19.

China berbagi urutan itu pada awal Januari, sehingga memungkinkan kelompok penelitian di seluruh dunia menumbuhkan virus hidup dan mempelajari bagaimana virus itu menyerang sel manusia serta membuatnya sakit.

Tapi ada alasan lain untuk memulai. Meskipun tidak ada yang bisa meramalkan bahwa penyakit menular berikutnya yang mengancam dunia akan disebabkan oleh virus Corona -flu umumnya dianggap menimbulkan risiko pandemik terbesar- ahli vaksinologi telah melakukan hedging taruhan mereka dengan bekerja pada patogen “prototipe”.

“Kecepatan yang kami miliki [menghasilkan para kandidat ini] sangat bergantung pada investasi untuk memahami bagaimana mengembangkan vaksin untuk virus korona lain,” kata Richard Hatchett, CEO Koalisi untuk Inisiatif Kesiapsiagaan Epidemi (Cepi), yang memimpin upaya membiayai dan mengoordinasikan pengembangan vaksin COVID-19.

Virus Corona telah menyebabkan dua epidemi baru lainnya, yaitu sindrom pernapasan akut yang parah (Sars) di China pada 2002-2004, dan sindrom pernafasan Timur Tengah (Mers), yang dimulai di Arab Saudi pada 2012. Dalam kedua kasus, pekerjaan dimulai pada vaksin yang kemudian ditangguhkan ketika wabah terkandung.

Satu perusahaan, Novavax yang berbasis di Maryland, kini telah menggunakan kembali vaksin-vaksin tersebut untuk Sars-CoV-2. Mereka memiliki beberapa kandidat yang siap memasuki uji coba manusia pada musim semi ini. Moderna, sementara itu, dibangun berdasarkan kerja sebelumnya pada virus Mers yang dilakukan di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS di Bethesda, Maryland.

Sars-CoV-2 berbagi antara 80% dan 90% dari materi genetiknya dengan virus yang menyebabkan Sars -karena itulah namanya. Keduanya terdiri dari strip asam ribonukleat (RNA) di dalam kapsul protein bulat yang ditutupi paku. Paku mengunci reseptor pada permukaan sel yang melapisi paru-paru manusia -jenis reseptor yang sama dalam kedua kasus- memungkinkan virus masuk ke dalam sel. Begitu masuk, dia membajak mesin reproduksi sel untuk menghasilkan lebih banyak salinan dirinya sendiri, sebelum keluar dari sel lagi dan membunuhnya dalam proses.

Semua vaksin bekerja sesuai dengan prinsip dasar yang sama. Mereka menyajikan sebagian atau semua patogen ke sistem kekebalan manusia, biasanya dalam bentuk injeksi dan dengan dosis rendah. Hal itu untuk mendorong sistem untuk menghasilkan antibodi terhadap patogen. Antibodi adalah sejenis ingatan kekebalan yang, setelah dimunculkan sekali, dapat dengan cepat dimobilisasi lagi jika orang tersebut terpapar virus dalam bentuk alami.

Secara tradisional, imunisasi telah dicapai dengan menggunakan bentuk virus yang hidup, dilemahkan, atau sebagian atau seluruh virus setelah tidak diaktifkan oleh panas atau bahan kimia. Metode-metode ini memiliki kelemahan. Bentuk hidup dapat terus berevolusi dalam inang, misalnya, berpotensi menangkap kembali beberapa virulensi dan membuat penerima sakit. Sementara dosis yang lebih tinggi atau berulang dari virus yang tidak aktif diperlukan untuk mencapai tingkat perlindungan yang diperlukan.

Beberapa proyek vaksin COVID-19 menggunakan pendekatan yang telah dicoba dan diuji ini, tapi yang lain menggunakan teknologi yang lebih baru. Satu lagi strategi baru -yang digunakan Novavax, misalnya- membangun vaksin "rekombinan". Cara ini melibatkan mengekstraksi kode genetik untuk lonjakan protein pada permukaan Sars-CoV-2, yang merupakan bagian dari virus yang paling mungkin memicu reaksi kekebalan pada manusia. Lalu menempelkannya ke dalam genom bakteri atau ragi -memaksa mikroorganisme ini menghasilkan protein dalam jumlah besar.

Pendekatan lain, bahkan yang lebih baru, memotong protein dan membangun vaksin dari instruksi genetik itu sendiri. Ini adalah kasus untuk Moderna dan perusahaan lain yang hadir di Boston, CureVac, keduanya membangun vaksin COVID-19 dari RNA messenger.

Portofolio asli Cepi dari empat proyek vaksin COVID-19 yang didanai sangat condong ke arah teknologi yang lebih inovatif ini. Pekan lalu Cepi mengumumkan USD4,4 juta dana kemitraan dengan Novavax dan dengan proyek vaksin vektor Universitas Oxford.

"Pengalaman kami dengan pengembangan vaksin adalah bahwa Anda tidak dapat mengantisipasi ke mana Anda akan tersandung," kata Hatchett, yang berarti bahwa keragaman adalah kuncinya. Dan tahap di mana pendekatan mana pun yang paling mungkin gagal adalah uji klinis atau manusia, yang bagi sebagian kandidat segera dimulai.

Uji klinis, prekursor penting untuk persetujuan peraturan, biasanya berlangsung dalam tiga fase. Yang pertama, melibatkan beberapa lusin sukarelawan sehat, menguji vaksin untuk keamanan, memantau efek samping.

Yang kedua, melibatkan beberapa ratus orang, biasanya di bagian dunia yang terkena penyakit ini, melihat seberapa efektif vaksin itu. Lalu yang ketiga melakukan hal yang sama pada beberapa ribu orang. Tetapi ada tingkat gesekan yang tinggi ketika vaksin eksperimental melewati fase-fase ini.

"Tidak semua kuda yang meninggalkan gerbang awal akan menyelesaikan lomba," kata Bruce Gellin, yang menjalankan program imunisasi global untuk organisasi nirlaba yang berbasis di Washington DC, Sabin Vaccine Institute.

Ada alasan bagus untuk itu. Entah para kandidat vaksin tidak aman, atau mereka tidak efektif, atau keduanya. Menyaring kotoran sangat penting, itulah sebabnya uji klinis tidak dapat dilewati atau dilarikan. Persetujuan dapat dipercepat jika regulator telah menyetujui produk serupa sebelumnya.

Uji Coba Vaksin BerbahayaVaksin flu tahunan, misalnya, adalah produk dari jalur perakitan yang sangat baik di mana hanya satu atau beberapa modul harus diperbarui setiap tahun. Sebaliknya, Sars-CoV-2 adalah patogen baru pada manusia dan banyak teknologi yang digunakan untuk membuat vaksin juga relatif belum teruji.

Tidak ada vaksin yang dibuat dari bahan genetik -RNA atau DNA- yang telah disetujui hingga saat ini, misalnya. Jadi kandidat vaksin COVID-19 harus diperlakukan sebagai vaksin baru dan seperti yang dikatakan Gellin. "Walaupun ada dorongan untuk melakukan hal-hal secepat mungkin, sangat penting untuk tidak mengambil jalan pintas," ujar Gellin.

Sebuah ilustrasi tentang itu adalah vaksin yang diproduksi pada 1960-an terhadap virus syncytial pernapasan, virus umum yang menyebabkan gejala seperti pilek pada anak-anak. Dalam uji klinis, vaksin ini ditemukan memperburuk gejala-gejala tersebut pada bayi yang kemudian tertular virus.

Efek serupa diamati pada hewan yang diberi vaksin Sars eksperimental awal. Ini kemudian dimodifikasi untuk menghilangkan masalah itu, tapi sekarang karena telah digunakan kembali untuk Sars-CoV-2, perlu dilakukan pengujian keamanan yang ketat terutama untuk mengesampingkan risiko penyakit yang meningkat.

Karena alasan inilah maka mengambil kandidat vaksin sampai pada persetujuan regulator biasanya memakan waktu satu dekade atau lebih. Inilah mengapa Presiden AS, Donald Trump menabur kebingungan ketika pada sebuah pertemuan di Gedung Putih tanggal 2 Maret, dia mendesak agar vaksin siap digunakan oleh pemilihan AS pada November tahun ini.

"Seperti kebanyakan ahli vaksinologi, saya tidak berpikir vaksin ini akan siap sebelum 18 bulan," kata Annelies Wilder-Smith, profesor penyakit menular di London School of Hygiene dan Tropical Medicine.

Sementara itu, ada masalah potensial lainnya. Segera setelah vaksin disetujui, dibutuhkan dalam jumlah besar dan banyak organisasi dalam lomba vaksin COVID-A9 tidak memiliki kapasitas produksi yang diperlukan.

Pengembangan vaksin sudah merupakan urusan yang berisiko, dalam hal bisnis, karena begitu sedikit kandidat yang mendekati klinik. Fasilitas produksi cenderung disesuaikan dengan vaksin tertentu, dan meningkatkannya ketika Anda belum tahu apakah produk akan berhasil tapi tidak layak secara komersial.

Cepi dan organisasi serupa ada untuk memikul sebagian risiko, membuat perusahaan-perusahaan terdorong untuk mengembangkan vaksin yang sangat dibutuhkan. Cepi berencana berinvestasi dalam mengembangkan vaksin Covid-19 dan meningkatkan kapasitas produksi secara paralel.

(mim)
Kapan Vaksin Virus Corona akan Siap Digunakan untuk Manusia?

INI BARU KENA:RENTASAN 659 | PANAS!!! SPRM TERIMA ADUAN RASUAH TUN DAIM?
Friday, April 3, 2020

Friday, April 3, 2020
INI BARU NAMANYA DAPAT JAWATAN IKUT TEBUK ATAP, TAPI TIADAKAH PEMIMPIN UMNO DILANTIK SAMA?

Perdana Menteri, Muhyiddin Yassin petang tadi mengumumkan perlantikan Presiden Pas, Hadi Awang sebagai Duta Khas ke Timur Tengah bertaraf menteri.

Ini bermakna, lantikan menteri dan timbalan menteri yang sebelum ini berjumlah 70 orang telah bertambah menjadi 71 orang ramainya.

Dengan jawatan bertaraf menteri, Hadi Awang berhak mendapat segala gaji, elaun dan kemudahan sebagaimana menteri-menteri yang dilantik Muhyiddin sebelum ini.

Makna kata, kalau menteri-menteri biasanya mendapat gaji dan elaun sekitar RM60 ribu hingga RM70 ribu sebulan, selain kemudahan kereta, pemandu dan sebagainya, itulah juga nikmat yang dijangka akan diperolehi oleh Hadi Awang.

Cuma, kelebihan Hadi Awang sebagai Duta Khas bertaraf menteri, beliau tidak perlu menghadiri mesyuarat kabinet pada setiap Rabu sebagaimana wajib dihadiri oleh menteri-menteri yang lain.

Beliau juga tidak perlu mengangkat sumpah jawatan dan menyimpan rahsia di hadapan Yang Dipertuan Agong.

Tugasnya hanyalah berkaitan negara-negara Timur Tengah, termasuk melakukan lawatan, memastikan hubungan Malaysia terus baik atau mengiringi Muhyiddin jika beliau berkunjung ke negara-negara tersebut.

Selebihnya bolehlah beliau terus memberi kuliah atau mengajar agama seperti biasa, hanya barangkali sebutan namanya saja akan diperindahkan selepas ini menjadi TUAN GURU DATUK SERI HAJI HADI AWANG, DUTA KHAS KERAJAAN MALAYSIA KE TIMUR TENGAH BERTARAF MENTERI.

Dengan perlantikan ini, terjawablah sudah tanda tanya mengapa Hadi Awang tidak dilantik dalam sususan kabinet yang diumumkan Muhyiddin awal bulan lalu.

Ketika ditanya sebelum ini, Hadi Awang berkata, tiadanya nama beliau dalam kabinet adalah bagi membolehkannya memantau prestasi menteri-menteri Pas dalam kerajaan. Agaknya Hadi Awang memang tidak mahu dilantik sebagai menteri, sebaliknya hanya sedia diberikan apa-apa jawatan lain yang bersesuaian dengan kedudukannya selaku Presiden Pas.

Melalui pembentukan kerajaan baru PN yang dipertikaikan banyak pihak sebelum ini kerana dianggap kerajaan pintu belakang lantaran ditubuhkan bukan berdasarkan kemenangan melalui mandat rakyat dalam pilihanraya, Hadi Awang berkata, kerajaan bukan saja boleh ditubuhkan melalui pintu belakang atau tingkap, bahkan boleh juga dibentuk melalui tebuk atap.

Dengan terbentuknya kerajaan tebuk atap pimpinan Muhyiddin sebagaimana disebut Hadi itu, selaku Presiden Pas, beliau sepatutnya menjadi salah seorang anggota kanan dalam kabinet.

Tetapi agaknya kerana tugas sebagai menteri itu lebih membebankan, banyak kerja perlu dilakukan, mesyuarat pula kerap perlu dihadiri, hadir sidang media atau dikejar wartawan lagi, kalau sikap cakap pula boleh jadi isu lawak atau kecaman ramai, termasuk juga tidak boleh lagi ponteng Parlimen, maka menjadi duta adalah pilihan yang lebih baik dan menyenangkan bagi Ahli Parlimen Marang itu.

Menjadi Duta Khas ke Timur Tengah, lebih-lebih lagi dapat sama gaji, elaun dan kemudahan seperti menteri, keistimewaan lain ialah kalau Hadi Awang lebih kerap tidak hadir ke Parlimen pun tidak ada siapa akan mencarinya.

Ketiadaannya di Parlimen selepas ini akan lebih mudah difahami bahawa beliau mungkin sedang melawat mana-mana negara Timur Tengah atas ada urusan rasmi yang tak dapat dielakkan dengan mana-mana Pak Arab.

Pendeknya, menjadi Duta Khas bertaraf menteri ini macam Hadi Awang dapat habuan ikut lubang atap yang sudah siap ditebuknya sebelum ini.

Yang menjadi persoalan ialah apakah hanya Hadi Awang saja dilantik sebagai duta bertaraf menteri dalam kerajaan ikut tebuk atap ini?

Bagaimana dengan ramai barisan pemimpin dan Ahli Parlimen UMNO yang lain yang tidak dapat jawatan?

Apakah selepas lantikan Hadi Awang ini, Muhyiddin akan melantik beberapa pemimpin UMNO, sekurang-kurangnya seperti Mohamad Hassan, Timbalan Presiden parti itu serta dua Naib Presidennya, Khaled Nordin dan Mahadzir Khalid sebagai Duta Khas atau Penasihat Khas bertaraf menteri juga? 

(ShahbudinHusin 02/04/2020)


WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: INI BARU NAMANYA DAPAT JAWATAN IKUT TEBUK ATAP, TAPI TIADAKAH PEMIMPIN UMNO DILANTIK SAMA?

Friday, April 3, 2020
PPBM SEDANG SEKAT KEMARAAN PAS DLM PN SECARA LICIK.
MOd Zulaimi kazin
Menyedari PPBM asalnya hanya ada 12 MP shj sblm ditambah dgn migrate UMNO dan Kartel PKR menampakkan mereka lebih MP dari Pas yg ada 18 MP.

Bila mengatur kabinet, kita menjangkalan Pas akan dapat 5 Menteri sama dgn Amanah dapat dlm PH tapi sedihnya hanya 3 Kementerian shj utk Pas sedangkan jumlah Kementerian bertambah.

Semua orang menjangkakan Menteri Agama (JPM) sudah tentu milik Pas sbb dalam Pas ramai ulamak yg berpengalaman tetapi Muhyiddin bertindak bijak dengan memberi jawatan itu kpd bekas Mufti WP yg dilantik jd YB Senator.

Apakah MP Pas tiada yg layak? Dari Presiden, Timbalan Presiden dan Ketua Dewan Ulamak semuanya layak dan setanding dgn DS Dr Zulkifli Al Bakri. Saya tak pertikaikan kelayakan DS Dr Zul tapi saya nak sama2 kita perhalusi kenapa tidak dilantik MP Pas? Dr Zul pun fikrahnya juga Pas dan rapat dgn pimpinan Pas tp dia tidak pernah bersama dgn Pas dalam organisasi Pas jd dia tidak boleh memberi manfaat kpd Pas.

Kenapa tidak lantik MP Pas?... sekali lagi kita tanya.

Kalau Pas yg pegang Menteri Agama, ianya amat2 strategi kpd Pas utk terus bina pengaruh khusus dikalangan orang melayu melalui mimbar2 masjid dan struktur agensi di bawah Menteri Agama... cukup besar dan inilah yg membimbangkan PPBM dan Umno. Mereka takut Pas akan jd parti dominan dalam PN dan mengawal PN utk jangka panjang. Umno dan PPBM tidak blh duduk bawah Pas, mereka hanya perlukan Pas utk dijadikan tangga utk naik ikut bumbung saja.

Langkah 2, PPBM dan Umno nak lemahkan PAS adalah dengan melantik TGHH sebagai Duta PM ke Negara Timur Tengah bertaraf menteri. Apakah ini benar2 satu keperluan selain dr untuk melemahkan Pas secara organisasi. Alasan sebagai bekas Naik Ketua Ulamak Dunia itu sbg kipas utk menyalakan semangat TGHH seolah2 sbg penghormatan tp sebenarnya ia akan menjadi asebab Pas akan jadi makin lemah. Kekuatan Pas sekarang ini terletak kpd Tok Guru, dia penentu hala tuju Pas hari ini. Bila dah berada luar negara, ramai kalangan pemimpin kanan Pas akan sibuk berulang ke Timur Tengah dan tinggalah TITM utk uruskan Pas. Bila mula2 masuk Kementerian, sibuknya sehingga terlepas pandang ttg urusan parti dan inilah yg PPBM dan Umno mahukan.

Saya faham kalau ada sahabat agak tidak setuju dgn pandangan naif ini  dan saya blh agak ramai yg akan mengutuk pandangan ini, itu biasa sbb gaya pemikiran mereka mmg mcm tu, cuma kalau ada sorang dua yg blh menyingkap minda agar dpt lihat dari luar kotak mereka hari ini akan nampak jelas apa yg sdg dirancang oleh PPBM dan Umno agar Pas terus lemah sbb mereka takut Pas terus mara.



WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: PPBM SEDANG SEKAT KEMARAAN PAS DLM PN SECARA LICIK.

Friday, April 3, 2020
Dasar Perjuangan dan Perlembagaan Parti Pas :
Riana Ariana

Sejak dahulu lagi ahli pas dimomokan dengan perjuangan Pas adalah menegakkan hukum Islam di Malaysia. Sehingga didoktrinkan oleh pemimpin  Pas jika ahli Pas mati melawan kerajaan Malaysia, mati ahli Pas adalah syahid. Malah jika ahli Pas mati semasa  menghadiri mesyuarat parti Pas pun sekalipun sudah dikira syahid jika dibandingkan mati ketika dalam sujud semasa solat. Hebat bukan....😅.

Jika diperhatikan perlembagaan parti Pas..dari fasal 2,3,4,5 dan 6 jelas parti Pas atau pemimpin Pas yang ada sekarang telah menyimpang jauh daripada perlembagaan parti Pas sendiri.

Ini diakui sendiri oleh Presiden Pas bahawa amat mustahil untuk melaksanakan hukum Hudud di Malaysia dan di Kelantan disebabkan faktor masyarakat yang majmuk. Faktor masyarakat yang majmuk ni dizaman  kejadian Memali pun dah wujud lama.

Dengan penjelasan tersebut maka amat malang bagi pejuang pas yang bermatian mempertahankan Pas..kerana Presiden Pas sendiri tidak akan melaksanakan hukum Hudud jika menjadi kerajaan.

Ditakdirkan Allah..Pas sekarang sudahpun menjadi kerajaan Pusat. Allah  sekarang sedang membuka  pembohongan dan penipuan Parti Pas diatas dosa dosa lampau mengkafirkan sesama Islam.

Sudah pasti hukum Hudud akan terkubur walaupun Pas sudah menjadi kerajaan pusat.

Sesungguhnya Pas sanggup menghina serta melacurkan agama Islam demi Perut, Nafsu, Mercedes-Benz dan Seks semata mata.



WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: Dasar Perjuangan dan Perlembagaan Parti Pas :

Friday, April 3, 2020
DSAI Sebagai Trendsetter Politik
@RaheemArshavin

Dato Seri Anwar Ibrahim (DSAI) sememangnya seperti sebuah medan magnet. Apa sahaja yang dia lakukan pasti akan diambil oleh media menjadi bahan berita dan diangkat sebagai inspirasi oleh banyak pihak. DSAI merupakan trendsetter dalam lapangan politik.

Ini termasuklah dua perkara yang akhir-akhir ini menjadi seperti virus. Pertama, kuliah politik DSAI menerusi media sosial. Kedua, aksi membeli-belah DSAI untuk keperluan dapur di sebuah kedai runcit.

Kedua-dua aksi itu akhirnya dicontohi oleh Tun Mahathir dan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin. Kedua-duanya kemudiannya meniru apa yang dilakukan oleh DSAI.

Walau bagaimanapun, sebagai trendsetter DSAI tidak semata-mata hadir hanya untuk mencipta satu trend. Sebagai trendsetter politik, DSAI muncul natural dari idea-idea yang asli diiringi tingkah lakunya. Kenapa demikian, kerana DSAI apabila melakukan sesuatu tidak pernah berpura-pura.

Apa pun aksinya, samada DSAI sedang berlari atau bersenam, DSAI sedang bermain dengan cucu-cucu, DSAI sedang menikmati hidangan Kak Wan, DSAI berbelanja untuk keperluan asas, semuanya adalah aktiviti yang biasa dilakukannya. Bukan sesuatu yang dibuat untuk mendapatkan tindak balas media atau membina imej.

Oleh itu, tidak begitu tepat rasanya untuk merujuk DSAI sebagai trendsetter politik. Dia lebih hebat dari itu, dia adalah contoh buat seluruh rakyat Malaysia. Dia adalah seorang pejuang politik Malaysia yang selaras dengan sikap anti-rasuah dan anti diskriminasi terhadap sesiapa. Respect DSAI!
WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI: DSAI Sebagai Trendsetter Politik

Kelantan terima sumbangan TNB RM1 juta
Ibnu Hasyim, Ibnu Hasyim *KOTA BHARU: *Kerajaan Kelantan hari ini menerima sumbangan bantuan Covid-19 sebanyak RM1 juta yang disumbang Tenaga Nasional Berhad (TNB). Menteri Besar Ustaz Dato’ Bentara Kanan Ahmad Yakob menerima bantuan tersebut di Bilik Gerakan di Kota Darulnaim. Turut hadir Timbalan Menteri Besar Dato’ Mohd Amar Abdullah dan Setiausaha Kerajaan Negeri Dato’ Nazran Muhamad. Menurut Pejabat Menteri Besar bantuan itu akan disalurkan kepada Jabatan Kesihatan Negeri untuk kegunaan menyediakan keperluan barangan dan peralatan bagi membendung penularan Covid-19. “Penyerahan sumbangan tersebut diad...

Kirim Bantuan Medis ke AS, Warga Rusia: Putin Gila!
Berlianto, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS Pengkritik mengatakan pengiriman itu adalah aksi publisitas yang menghambur-hamburkan sumber daya medis berharga di mana sejumlah wilayah Rusia masih kekurangan.

Perangi Corona, Lamborghini 
Produksi 1.000 Masker dan 200 Kaca Medis Sehari 
Fikri Kurniawan, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS Seperti diketahui, banyak merek automotif dunia bahu-membahu ikut andil dalam menghadapi invasi virus Corona. Tidak terkecuali Lamborghini yang juga menyulap pabriknya.

Pembagian Sembako [barang dapur] Dinilai 
Ringankan Beban Warga di Tengah Wabah Corona
Helmi Syarif, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS Polres Metro Jakarta Barat bersama Polda Metro Jaya mengawal pembagian sembako di Kedoya Utara, Jakarta Barat. Sebanyak 2 ribu sembako yang dibagikan.

Ini Hal yang Harus Diperhatikan ketika Berbelanja di Masa COVID-19
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com Berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan hal yang perlu dilakukan bahkan pada saat infeksi virus corona atau COVID-19 seperti sekarang. Hanya saja, sayangnya pada saat ini kita tidak bisa berbelanja sebebas sebelumnya.

Ngeri! Diduga Kelaparan! 
Ratusan Monyet Thailand Melakukan Aksi Tawuran di Jalanan!
KASKUS - Forum Threads [CENTER][SPOILER=Screnshootan Instagram][img]https://s.kaskus.id/images/2020/04/02/10565178_202004020950440289.jpg[/img][/SPOILER] [B][SIZE=6]Assalamualaikum[/SIZE][/B] [img]https://s.kaskus.id/images/2020/04/02/10565178_202004020951190922.png[/img] Hallo, selamat malam, Agan-Sista. Masih pada [I]melek, kan?[/I] Kalau masih, bolehlah, bincang-bincang dulu dimari. Bicara soal tawuran, di Indonesia kerap terjadi, bukan? Baik itu warga satu dengan warga satunya lagi. Kita juga seringkali ...

Akhirnya Penangkal Covid-19 Sudah ditemui 
KASKUS - Forum Threads [img]https://s.kaskus.id/images/2020/04/02/10241338_202004020918200734.jpg[/img] [URL=https://jatim.suara.com/read/2020/03/30/064500/peneliti-surabaya-temukan-obat-virus-corona-akan-diproduksi-massal]sumber[/URL] :hn:hn:hn:hn:hn:hn:hn:hn:hn SuaraJatim.id - Dua peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) menemukan obat virus corona. Mereka menemukan suplemen untuk melawan Virus Corona atau Covid-19.:cystg Suplemen tersebut dikemas berbentuk minuman suplemen, bar cokelat batangan hingga ...

Bolehkah Shalat Jumat Di Rumah Saat Wabah Corona?
Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com Pekan lalu, Tim Rumaysho mendapatkan postingan via WhatsApp tentang panduan ringkas untuk Jumatan di rumah jika tidak dilaksanakan di masjid karena kondisi yang tidak terkendali. Tata caranya diawali azan, lalu dua khutbah, kemudian dua rakaat shalat Jumat. Yang penting di dalamnya memenuhi rukun shalat Jumat dan rukun khutbah Jumat. Posting Bolehkah Shalat Jumat Di Rumah Saat Wabah Corona? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.

"SubhanAllah" 100X = 1,000 kebajikan
Unknown, Ahmad Sanusi Husain.Com 

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

.

Tiada ulasan: