Pemudah cara:
Siapakah
Ahlul Bait?
Siapakah ahlu bait Nabi saw, tolong dijelasin. Soalnya saya sering bungung…
Makasih.
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Kalimat ahlul bait terdiri dari dua kata: al-ahl [arab: أهل] dan al-bait [arab: البيت].
Dalam kamus Lisan
Al-Arab, Ibnul Mandzur mendefinikan makna Al-Ahl yang memiliki makna
berbeda-beda, sesuai kata sambungannya.
أهل المذهب من يدين به، وأهل
الأمر ولاته، وأهل الرجل أخص الناس به، وأهل بيت النبي – صلى الله عليه وسلم –
أزواجه وبناته وصهره، أعني عليا عليه السلام، وقيل نساء النبي – صلى الله عليه
وسلم -. . .، وأهل كل نبي أمته
Kata Ahli jika digandengan dengan madzhab (ahlul madzhab) ertinya
orang yang menjadikan madzhab itu sebagai prinsip agama.
Jika digandeng dengan
kata Al-Amr (Ahlul Amri) ertinya orang yang mengurusi masalah tersebut.
Jika
digandengkan dengan kata si A (ahlu si A) ertinya, semua orang istimewa di
sekitar si A.
Jika digandengkan dengan bait Nabi SAW (ahlu bait Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam), ertinya para isteri Beliau SAW, puteri Beliau SAW dan
menantu Beliau SAW, iaitu Ali bin Abi Thalib ‘alaihis salam.
Ada juga yang
mengatakan, ahlu bait Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ertinya semua wanita
yang menjadi pendamping Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam…
Jika digandengkan dengan nama semua Nabi, maknanya adalah umatnya. (Lisan Al-Arab,
11/28).
Kesimpulan dari keterangan makna ahlu bait secara bahasa, bahawa
ahlul bait Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan
hanya keturunan Bani Hasyim atau keturunan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu
‘anhu, termasuk juga para isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kata Ahlu dalam Al-Quran - Ada
beberapa ayat yang menyebutkan kata ahlu dalam Al-Quran. Dengan memahami ayat
ini, kita bisa menyimpulkan makna kata ahlu dalam bahasa Al-Quran,
Pertama, kisah Allah tentang Ibrahim AS - Di surat Hud ayat 69 hingga 73, Allah menceritakan tentang
Ibrahim AS yang kedatangan tamu Malaikat.
Tamu itu disuguhi (dihidangkan) daging
anak sapi panggang, namun mereka tidak menyentuhnya.
Mereka memberitahukan misi
kedatangannya dan memberi khabar gembira bahawa istri pertama Ibrahim AS, Ibunda
Sarah akan dikaruniai seorang anak bernama Ishaq. Sarah yang waktu itu ada di
rumah merasa sangat bahagia bercampur keheranan, sambil tertawa.
Di akhir kisah
di rumah Ibrahim AS, Allah SWT menceritakan dalam firman-Nya jawaban Malaikat
atas kehairanan Sarah,
قَالُوا أَتَعْجَبِينَ مِنْ
أَمْرِ اللَّهِ رَحْمَتُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ
إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
Para Malaikat itu berkata: “Apakah kamu (wahai Sarah) merasa heran
tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya,
dicurahkan atas kalian, hai ahlul bait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi
Maha Pemurah.” (QS. Hud: 73).
Ahlu bait Ibrahim pada ayat di atas adalah isteri
beliau, ibunda Sarah radhiyallahu ‘anha.
Kerana, ketika Malaikat ini mendatangi kepada Ibrahim, beliau belum memiliki
keturunan dari isterinya, Sarah.
Kedua, kisah Allah SWT tentang Musa, sekembalinya dari negeri
Madyan - Nabi Musa AS dinikahkan oleh orang soleh penduduk
Madyan dengan puterinya. Maharnya, menjadi pegawai orang itu selama 8 tahun.
Setelah berlaku masa pengabdian kepada mertuanya, Musa kembali ke Mesir untuk
membebaskan Bani Israil dari penjajahan Fir’aun dan bala tentaranya. Ketika di
perjalanan, Musa AS melihat api. Allah SWT ceritakan dalam firman-Nya,
فَلَمَّا قَضَى مُوسَى
الْأَجَلَ وَسَارَ بِأَهْلِهِ آنَسَ مِنْ جَانِبِ الطُّورِ نَارًا قَالَ
لِأَهْلِهِ امْكُثُوا إِنِّي آنَسْتُ نَارًا لَعَلِّي آتِيكُمْ مِنْهَا بِخَبَرٍ
أَوْ جَذْوَةٍ مِنَ النَّارِ لَعَلَّكُمْ تَصْطَلُونَ
Tatkala Musa telah menyelesaikan waktu yang ditentukan dan Dia
berangkat dengan ahlunya, dilihatnyalah api di lereng gunung ia berkata kepada
ahlunya: “Tunggulah (di sini), Sesungguhnya aku melihat api, Mudah-mudahan aku
dapat membawa suatu berita kepadamu dari (tempat) api itu atau (membawa)
sesuluh api, agar kamu dapat menghangatkan badan”. (QS.
Al-Qashas: 29).
Allah SWT sebut dalam firman-Nya, isteri Nabi Musa ‘alaihis salam dengan
ahlunya, ahlu Musa. Kerana isteri jelas bahagian dari ahlul bait.
Ketiga, tentang perintah Allah SWT kepada
para isteri Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk
tidak tabarruj dan berdiam di rumah,
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ
وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ
وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ
لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan
bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah
shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah
bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, Hai ahlul bait dan membersihkan
kamu sebersih-bersihnya. (QS. Al-Ahzab: 33)
Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu mengatakan,
قوله: { إِنَّمَا يُرِيدُ
اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ } قال: نزلت في نساء
النبي صلى الله عليه وسلم خاصة.
“Firman Allah SWT di atas turun khusus terkait para isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Tafsir Ibnu
Katsir, 6:410)
Ikrimah rahimahullah (ahli
tafsir generasi tabiin) mengatakan,
من شاء باهلته أنها نزلت في
أزواج النبي صلى الله عليه وسلم
Maksud Firman Allah SWT: “Siapa yang ingin mengetahui ahlul bait beliau, sesungguhnya
ayat ini turun tentang para isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Tafsir
Ibnu Katsir, 6:411)
Tafsir inilah yang ditegaskan oleh As-Syaukani dalam Fathul
Qadir,
قال ابن عباس وعكرمة وعطاء
والكلبي ومقاتل وسعيد بن جبير: إن أهل البيت المذكورين في الآية هن زوجات النبي –
صلى الله عليه وسلم – خاصة
Ibnu Abbas, Ikrimah, Atha, Al-Kalbi, Muqatil, dan Said bin
Jubair mengatakan: ‘Bahwa makna ahlul bait yang disebutkan dalam ayat
(Al-Ahzab: 33) adalah para isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sahaja.
(Fathul Qadir, 4/321).
Ahlu Bait Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam
Hadis Mereka adalah Bani Hasyim dan Bani Muthalib.
Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu,
beliau menceritakan,
قَامَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا خَطِيبًا فِينَا بِمَاءٍ يُدْعَى
خُمًّا بَيْنَ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ ؛ فَحَمِدَ اللَّهَ تَعَالَى وَأَثْنَى
عَلَيْهِ وَوَعَظَ وَذَكَّرَ ثُمَّ قَالَ : ” …وَإِنِّي تَارِكٌ فِيكُمْ
ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ
فَخُذُوا بِكِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ – فَحَثَّ عَلَى
كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ فِيهِ – قَالَ : وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ
اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ
اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي “
Suatu hari, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah
berkhutbah di hadapan kami, di dekat mata air, namanya Khum, antara Mekah dan
Madinah.
Beliau SAW memuji Allah SWT dan memberi nasehat. Kemudian Beliau SAW bersabda,
“…aku tinggalkan di tengah kalian dua hal, yang pertama kitabullah. Di dalamnya
terdapat petunjuk dan cahaya. Ambillah kitabullah, dan pegangi kuat-kuat – Beliau SAW memotivasi untuk berpegang dengan kitabullah. Kemudian Beliau SAW bersabda:
“dan ahlu baitku. Aku ingatkan kalian di hadapan Allah tentang ahlu baitku… Aku
ingatkan kalian di hadapan Allah tentang ahlu baitku… Aku ingatkan kalian di
hadapan Allah tentang ahlu baitku.”
Setelah menyampaikan hadis ini, Hushoin bertanya kepada Zaid,
‘Siapakah yang dimaksud ahlu bait beliau, wahai Zaid? Bukankah para isteri
beliau termasuk ahlu bait beliau?’
Jawab Zaid,
إِنَّ نِسَاءَهُ مِنْ أَهْلِ
بَيْتِهِ وَلَكِنَّ أَهْلَ بَيْتِهِ مَنْ حُرِمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ.. هُمْ آلُ
عَلِيٍّ وَآلُ عَقِيلٍ وَآلُ جَعْفَرٍ وَآلُ عَبَّاسٍ
Isteri beliau termasuk ahlu bait, namun termasuk ahlu bait beliau
adalah orang yang haram menerima zakat setelah beliau.. mereka adalah keluarga
Ali, keluarga Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga Abbas. (HR. Ahmad 18464 dan
Muslim 2408).
Ali, Aqil, Ja’far, dan Abbas, semuanya adalah bani Hasyim.
Sementara dalil bahwa bani Muthallib termasuk ahlul bait adalah
hadis dari Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّمَا بَنُو الْمُطَّلِبِ
وَبَنُو هَاشِمٍ شَيْءٌ وَاحِدٌ
“Bani Muthallib dan bani Hasyim adalah satu kesatuan.” (HR.
Bukhari 2907, An-Nasai 4067 dan yang lainnya).
Al-Muthallib adalah saudara Hasyim. Hasyim memiliki anak namanya
Syaibah. Hasyim meninggal ketika Syaibah masih kecil. Kemudian dia dibawa oleh
pamannya, Al-Muthalib ke Mekah. Setelah itu, orang mengenal Syaibah dengan
julukan Abdul Muthalib. Syaibah atau Abdul Muthalib adalah kakek Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kesimpulannya: Ahlu bait Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah para isteri Beliau SAW, keturunan Beliau SAW, Bani Hasyim, dan Bani Muthalib.
Allahu a’lam
Isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Syiah
Syiah mengaku
bahwa mereka adalah pembela ahlul bait. Mengaku kelompok paling mencintai ahlul
bait. Tapi, pada kesempatan yang sama, mereka melaknat para istri Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, terutama A’isyah dan Hafshah. Bahkan salah satu
bagian syahadat mereka adalah mengutuk A’isyah dan Hafshah, dan menegaskan
bahwa mereka di neraka.
Anda bisa simak video berikut:
Tokoh mereka begitu semangat menanamkan kebencian kepada A’isyah radhiyallahu ‘anha. Layaknya A’isyah adalah musuh besar islam. Anda bisa simak video,
Ceramah yang berjudul Itsbat anna ‘Aisyah Kholidatun fi An-Nar (Sebuah Kepastian bahwasanya Aisyah Seorang Wanita yang Kekal di Neraka) oleh Yasir Al-Habib (ulama Syiah)
Ahlul Bait, Ahlus Sunah dan Syiah
Dalam catatan, para ahlul bait yang dianggap sebagai imam syiah
saat ini, mereka menikah dengan puteri keturunan ahlus sunah.
Sebaliknya puteri keturunan ahlul bait, juga dinikahkan dengan lelaki ahlus sunah.
Sebahagian dari Bani Umayah dan Abbasiyah – sangat dimusuhi syiah –. Dan tidak ada satupun dalam catatan sejarah, ahlul bait menikah dengan orang syiah yang hidup sezaman dengan mereka.
Hingga Dr. Muhammad Utsman al-Khamis dalam salah satu program televisyen, beliau menantang orang syiah untuk menyebutkan satu kasus pernikahan antara alhul bait dengan orang syiah yang hidup di zaman imam mereka.
Jika benar Imam 12 itu mencintai syiah, sebutkan satu kasus pernikahan antara ahlul bait dan syiah.
Sebaliknya puteri keturunan ahlul bait, juga dinikahkan dengan lelaki ahlus sunah.
Sebahagian dari Bani Umayah dan Abbasiyah – sangat dimusuhi syiah –. Dan tidak ada satupun dalam catatan sejarah, ahlul bait menikah dengan orang syiah yang hidup sezaman dengan mereka.
Hingga Dr. Muhammad Utsman al-Khamis dalam salah satu program televisyen, beliau menantang orang syiah untuk menyebutkan satu kasus pernikahan antara alhul bait dengan orang syiah yang hidup di zaman imam mereka.
Jika benar Imam 12 itu mencintai syiah, sebutkan satu kasus pernikahan antara ahlul bait dan syiah.
Anda bisa simak keterangan beliau di video berikut,
Berikut diantara bukti hubungan pernikahan
antara ahlul bait dengan ahlus sunah yang dimusuhi syiah,
Ummu Kultsum putri Ali bin Abi Thalib, dari ibu Fatimah bintu
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ummu Kultsum dinikahi
oleh Umar bin Khatab ketika beliau masih kecil. Beliau menikahinya dengan mahar
10 ribu dinar. (Simak Tarikh al-Ya’kubi, 2/150).
Jika menurut syiah Umar bin Khatab adalah orang kafir, bagaimana
mungkin Ali bin Abi Thalib menikahkah puterinya dengan orang kafir?
Kedua, pernikahan Fatimah binti Ali
dengan al-Mundzir bin Ubaidah bin Zubair bin Awam
Zubair bin Awam salah satu sahabat Nabi SAW yang sangat dibenci syiah.
Kerana perselisihan beliau dengan Ali bin Abi Thalib hingga meletus peristiwa
perang jamal.
Di saat yang sama, Ali menikahkan puterinya Fatimah dengan cucu
Zubair, yang bernama al-Mundzir.
Ketiga, pernikahan Ramlah binti Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah
bin Marwan bin Hakam dari bani Umayah.
Semua syiah sepakat, mereka memusuhi Bani Umayah, terutama
pemimpinnya, diantaranya Marwan bin Hakam dan keturunannya. Celaan mereka untuk
Muwayah, Yazid, dan Marwan hampir tidak bisa dihitung, saking/sangking (terlalu) banyaknya.
Di saat yang sama, Ali bin Abi Thalib menikahkan puterinya,
Ramlah dengan Muawiyah bin Marwan bin Hakam. Jika Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu memusuhi mereka, tidak mungkin
puterinya dinikahkan dengan Bani Umayah.
Keempat, Pernikahan Sukainah binti Husain dengan Mus’ab bin Zubair
Sukainah adalah puteri Husain bin Ali dari istri Rabab binti Umru’ al-Qois al-Kalbiyah.
Beliau dinikahi Mus’ab bin Zubair dan melahirkan Fatimah.
Kemudian Mus’ab dibunuh oleh penduduk Kufah (Iraq). Dia pernah mengatakan
kepada penduduk Kufah,
يتمتموني صغيرة وأيمموني
كبيرة، قتلتم جدي وأبي وعمي وأخوتي وزوجي
“Kalian membuatku yatim ketika aku kecil, dan kalian membuatku
balu ketika sudah besar. Kalian membunuh kakekku, ayahku, pamanku,
saudara-saudaraku, dan suamiku.”
Kakeknya (Ali bin Abi Thalib) dibunuh orang Kufah (Khawarij). Ayahnya (Husain bin Ali) dibunuh di Karbala oleh orang kufah. Setelah suami pertama meninggal, beliau menikah dengan Abdullah
bin Utsman.
Setelah Abdulah bin Utsman meninggal, beliau menikah dengan Zaid
bin Umar bin Utsman (cucu Utsman bin Affan). (Al-Muntaqa min an-Nasab, hlm. 57).
Andai ada tititk
permusuhan antara Husain dengan Utsman, nescaya puterinya tidak akan sudi
menikah dengan keturunan Utsman.
Kelima, pernikahan Fatimah bintu Husain dengan Abdullah bin Amr
bin Utsman bin Affan.
Sebelumnya Fatimah menikah dengan al-Hasan bin Hasan bin Ali.
Setelah berpisah, beliau dinikahi oleh Abdullah bin Amr bin Utsman bin Affan .
Setelah berpisah dengan suami pertama, beliau dinikahi oleh
Abdullah bin Amr bin Utsman bin Affan, dan melahirkan anak Muhammad ad-Dibaj,
al-Qosim, dan Ruqayah.
Keenam, orang tua Ja’far as-Shodiq
Ja’far as-Shodiq adalah puetra dari Muhammad al-Baqir. Muhammad
al-Baqir merupakan imam kelima dan Ja’far merupakan imam ke-6, menurut syiah.
Beliau hidup sezaman dengan Imam Malik. Siapakah orang tua Ja’far?
Jalur Ayah beliau keturunan Ali bin Abi Thalib:
Muhammad al-Baqir bin Ali Zainul Abidin bin Husain bin Ali.
Kakek dan nenek beliau dari jalur ibu, keduanya adalah cucu Abu
Bakr as-Shidiq radhiyallahu ‘anhu. Ada satu ungkapan beliau yang sangat
terkenal,
ولدني ابو بكر مرتين
“Abu Bakr melahirkanku dua kali.” (al-Muntaqa min an-Nasab, hlm.
61)
Ketujuh, pernikahan Ali ar-Ridha dengan Ummu habib, putri khalifah
al-Makmun bin Harun ar-Rasyid.
Ali ar-Ridha bin Musa al-Kadzim diklaim sebagai imam syiah itsna asyariyah ke-8. Beliau wafat tahun 303 H. Beliau menikah dengan Ummu Habib, cucu al-Makmun bin Harun ar-Rasyid, khalifah Bani Abbasiyah.
Beliau juga memiliki budak wanita bernama Sakan. Dari budak ini, beliau mendapatkan anak bernama Muhammad al-Jawad. Muhmmad al-Jawad diklaim sebagai imam syiah itsna asyariyah ke-9. Muhammad al-Jawad menikah dengan Ummu Fadhl putri Khalifah al-Makmun bin Harun ar-Rasyid. (al-Muntaqa min an-Nasab, hlm. 64)
Anda bisa perhatikan, betapa dekatnya hubungan mereka dengan kaum muslimin ahlus sunah, baik dari bani Umayah mauapun Abasiyah, yang dimusuhi syiah.
Allahu a’lam
Ditulis oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah.com)
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
DONASI hubungi: 087 882 888 727
Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496
(Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
Sumber infomasi yang dicari:
DONASI hubungi: 087 882 888 727
Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496
(Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
Mari
berbagi kebaikan dan pahala dengan menyebarkan artikel ini melalui akun
Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Upaya yang kecil dan ringan namun bernilai
besar di mata Allah. Anda juga dapat berlangganan melalui RSS feed untuk mendapatkan
update terbaru artikel KonsultasiSyariah.com
Sumber infomasi yang dicari:
Tiada ulasan:
Catat Ulasan