Selasa, 25 Disember 2018

Berdoa. 8918.


Tiada Seorang Hamba pun yang Ditimpa Musibah, lalu Dia Berdoa
 
LUPAKAH kita jika hidup di dunia ini ada tingkatannya, ada tahap dan prosesnya. Terkadang kita merasa bahwa hidup di dunia ini, penuh dengan kebahagiaan hingga selamanya kita ingin kekal abdi. Tetapi sebaliknya, jika kita dilanda kemalangan, sungguh ingin cepat mengakhiri hidup ini dengan segala cara. Karena kita berpikir bahwa kematian ialah solusi terbaik.
Ketahuilah sesungguhnya Allah SWT memberikan kita masalah disertai solusinya. Jangan pernah menyerah dari rahmatNya. Lantas, bagaimana jika kita dilanda kesulitan, kesusahan, kesedihan, dan duka cita?
Allah SWT pasti telah memberikan solsui atas masalah itu, melalui kekasihnya Rasulullah SAW. sebagaimana hadis berikut:
Dari Ibnu Abbas RA, “Bahwasanya Nabi Muhammad SAW ketika sedang mangalami kesusahan beliau berdoa: ‘Tiada sesembahan kecuali Allah Yang Mahaagung lagi Mahamurah hati. Tiada sesembahakn kecuali Allah Pemelihara ‘Arsy yang agung. Tiada sesembahan kecuali Allah, Pemelihara langit, Pemelihara bumi, Pemelihara ‘Arsy yang mulia,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Hurairah Ra, “Bahwasanya apabila ada sesuatu perkara yang menjadikan Nabi Muhammad SAW bersedih hati, beliau mengangkat kepala ke langit, lalu berdoa: ‘Mahasuci Allah Yang Mahaagung.’ Apabila beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa beliau berucap: ‘Wahai Dzat Yang Mahahidup! Wahai Dzat Yang Terus-menerus Mangurus (makhlukNya)!’,” (HR At-Tirmizi).
Dari Ummu Salamah RA, istri Nabi Muhammad SAW, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiada seorang hamba pun yang ditimpa musibah, lalu dia berdoa: ‘Seungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya, wahai Allah berilah pahala kepadaku dalam maslahku ini dan gantilah sesuatu yang lebih baik daripadanya,’ kecuali Allah pasti akan menggajar musibahnya dan menggantikan untuknya sesuatu yang lebih baik daripada sebelumnya’,” (HR Muslim).
Jika kita mengalami kesulitan, kesusahan, kesedihan, dan duka cita, maka ingatlah! Masih ada Allah SWT Pemilik kerajaan di langit dan bumi. Masih ada Allah SWT Maha mendengar atas keluh kesah kita. Masih ada Allah SWT Maha pengasih. Jangan pernah putus asa dari rahmatNya. []
Sumberi: Ensiklopedi Pengobatan Islam | Sya’ban Ahmad Salim | Pustaka Arafah | 2012




Tiada Seorang Hamba pun yang Ditimpa Musibah, lalu Dia Berdoa
Sumber: https://www.islampos.com/merasa-dalam-kondisi-serba-sulit-lafalkan-doa-nabi-musa-ini-122139/

Merasa dalam Kondisi Serba Sulit? Lafalkan Doa Nabi Musa Ini
 
DALAM Al-Quran, Allah menyebutkan beberapa doa yang dipanjatkan Musa. Doa-doa itu beliau panjatkan dalam setiap kesempatan yang berbeda. Namun ada satu doa yang sangat menakjubkan, doa yang mengobati sekian banyak kegelisahan yang dialami oleh Nabi Musa.
رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ
“Ya Tuhanku Sesungguhnya aku sangat membutuhkan setiap kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (QS. Al-Qashas: 24).
Anda bisa perhatikan surat al-Qashas, Allah menceritakan Musa dari ayat 3 hingga ayat 43. Doa ini diucapkan Nabi Musa ketika beliau berada di kondisi serba susah. Diliputi rasa cemas dan ketakutan. Bagi orang awam, keadaan itu mungkin sudah dianggap puncak ujian, seolah tidak ada lagi harapan untuk hidup.
1. Firaun menjajah habis bani Israil
2. Membantai setiap bayi lelaki, dan membiarkan hidup bayi perempuan
3. Firaun membuat lemah setiap sendi kehidupan bani Israil, seolah tidak ada harapan untuk bisa bangkit memperjuangkan kemerdekaannya.
4. Allah perintahkan ibunya Musa untuk melabuhkan anaknya ke sungai.
5. Musa diasuh oleh keluarga Firaun. Musa kecil tumbuh di tengah-tengah calon musuhnya.
6. Setelah besar, Musa melarikan diri dari kerajaan Firaun. Musa membunuh pengikut Firaun ketika berusaha membantu lelaki bani Israil yang rebutan air dengan korban.
7. Musa menjadi ketakutan di kota Mesir, karena telah membunuh pengikut Firaun. Bahkan datang seorang informan, bahwa para pemimpin pasukan Firaun telah bersepakat untuk membunuh Musa.
8. Musa keluar mesir dengan penuh ketakutan, beliau berjalan ke arah Madyan.
9. Di tengah perjalanan beliau menjumpai dua wanita yang mengantri untuk mengambil air untuk ternaknya, namun mereka tidak mampu melakukannya. Kemudian dibantu Musa.
Dikutip dari kisahmuslim.com, saat itulah, Musa merasa sangat membutuhkan pertolongan dan bantuan. Tapi tiada lagi tempat mengadu, tidak ada keluarga, tidak ada pekerjaan, tidak mungkin kembali ke Mesir dalam waktu dekat. Di saat itulah, Musa merasa sangat butuh pertolongan Tuhannya. Di bawah teduh pepohonan, beliau berdoa,
فَسَقَى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّى إِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ
“Musa memberi minum ternak itu untuk menolong kedua wanita itu, kemudian dia duduk di tempat yang teduh lalu berdoa: “Ya Tuhanku Sesungguhnya aku sangat membutuhkan setiap kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (QS. Al-Qashas: 24).[]
Su  mber: Kisah Muslim
Merasa dalam Kondisi Serba Sulit? Lafalkan Doa Nabi Musa Ini
https://www.islampos.com/merasa-dalam-kondisi-serba-sulit-lafalkan-doa-nabi-musa-ini-122139/

Mungkin Hal Ini Menjadi Penyebab Terhalangnya Kita dari Hidayah


ALLAH Subhanahu wa Ta’ala sangat tidak menyukai hambanya yang berlaku sombong di muka bumi ini. Mereka yang membanggakan diri atas apa yang ia miliki, tidak akan memperoleh kebahagiaan dalam hidupnya. Mengapa?
Sebab, apa yang ia miliki itu bukanlah milik dia seutuhnya. Ia hanya memperoleh titipan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk dijaga, yang suatu saat nanti akan dimintai pertanggungjawabannya.
Tahukah Anda, bahwa kesombongan yang dilakukan itu bisa jadi penghalang datangnya hidayah? Padahal, kita tahu, hidayah itu sangat penting. Hidayah bisa menuntun kita pada jalan kebenaran. Jika tidak mendapatkannya, bagaimana bisa kita menjalankan kehidupan ini dengan baik?
Rasulullah ﷺ mengabarkan dalam sebuah hadis bahwa tidak akan masuk surga orang yang ada di dalam hatinya terdapat kesombongan. Beliau ﷺ bersabda, “Tidak akan masuk surga, orang yang ada di dalam hatinya sebesar biji sawi kesombongan.” Lalu ada seorang lelaki dari sahabat Rasulullah ﷺ berkata, “Wahai Rasulullah, salah seorang dari kami ingin agar bajunya bagus, demikian pula sandalnya bagus, apakah itu termasuk kesombongan wahai Rasulullah?” Maka Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan. Adapun kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia,” (HR. Muslim, no.91).
Dalam hadis ini Rasulullah ﷺ mengabarkan bahwa kesombongan menghalangi seseorang untuk masuk ke dalam surga. Dan Rasulullah ﷺ juga menjelaskan hakikat kesombongan, bahwa kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan menganggap remeh manusia. Ketika suatu kebenaran telah sampai kepada seseorang, berupa Al-Qur’an dan hadis Nabi ﷺ, kemudian ia menolaknya karena kelebihan yang ia miliki atau kedudukan yang ia miliki. Maka ini menunjukkan adanya kesombongan dalam dirinya.
Rasulullah ﷺ mengatakan, sombong itu menolak kebenaran, dan kebenaran itu adalah apa yang datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, berupa Al-Qur’an dan hadits Nabi ﷺ. Betapa banyak kesombongan yang menyebabkan seseorang terhalang dari kebenaran. Lihatlah iblis la’anahullah, ia tidak mau sujud kepada Nabi Adam ‘Alaihissalam karena kesombongan yang ada dalam hatinya. Allah Ta’ala berfirman, “Ia enggan dan sombong sehingga ia pun termasuk orang-orang kafir,” (QS. Al Baqarah: 34).
Lihatlah Fir’aun, ia merasa sombong dengan kelebihannya, ia merasa sombong dengan kedudukan yang ia miliki. Sehingga ia menolak dakwah yang disampaikan Nabi Musa ‘Alaihisshalatu was Salam. “Kami utus Musa dan Harun kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mukjizat-mukjizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa,” (QS. Yunus: 75). Maka lihatlah wahai saudaraku, orang yang sombong biasanya ia tidak bisa mendapatkan hidayah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Orang yang sombong itu pada hakikatnya tidak menyadari jati dirinya, tidak menyadari siapa dia sebenarnya. Bahwa dia hakikatnya adalah seorang hamba, hamba yang tidak punya dan tidak memiliki apa-apa. Dia faqir kepada Allah, faqir kepada rahmat-Nya dan karunia-Nya. Lalu untuk apa ia menyombongkan diri dengan segala kelebihannya sementara pada hakikatnya ia tidak memiliki apapun. Allah Ta’ala berfirman, “Wahai umat manusia! Kalian adalah fakir kepada Allah. Adapun Allah, maka Dia Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (QS. Fathir: 15).
BACA JUGA: 5 Macam Hidayah
Saudaraku, terkadang penting sekali untuk melihat bagaimana pemberian Allah kepada kita dan kekuasaan Allah yang berikan kepada kita. Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan alam semesta yang begitu luar biasa, keindahan alam yang luar biasa, semua itu milik Allah. Allah menciptakan tubuh kita dengan bentuk yang indah, Allah Subhanahu wa Ta’ala sediakan bagi kita berbagai macam harta dan kebutuhan, jika seorang hamba menyadari semua ini saya yakin ia akan ber-tawadhu’ (rendah diri). Dan tawadhu’ itu adalah akhlak yang sangat agung.
Allah Ta’ala berfirman, “Ibadurrahman adalah orang-orang yang berjalan di atas muka bumi dengan rendah hati (tawadhu’) dan apabila orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik,” (QS. Al-Furqaan: 63). Dan Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian ber-tawadhu kecuali Allah akan meninggikannya derajatnya,” (HR. Muslim, no.2588).
Bahkan manusia sendiri pun tidak suka kepada orang yang sombong. Ketika kita melihat ada orang yang angkuh, pasti kita tidak suka. Tapi ketika kita melihat orang yang tawadhu, yang tidak menonjolkan kelebihannya di hadapan orang, bahkan ia merasa takut kalau Allah mengadzabnya sekonyong-konyong, itu adalah orang yang Allah jadikan kecintaan kepada dia di hati-hati para hamba karena sikap tawadhu’-nya tersebut.
Maka dari itu saudaraku, jika kita diberi Allah Subhanahu wa Ta’ala kelebihan, berhati-hatilah. Segera introspeksi diri, segera periksa hati kita. Kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kepada kita kekayaan, kedudukan, atau kelebihan dalam beramal shalih, segera periksa hati kita jangan sampai itu menimbulkan kesombongan yang menyebabkan kita terhalang masuk ke dalam surga. Wallahu ‘alam. []
Sumber: Ust. Badrusalam, Lc., dinukil dari buletin Al Hikmah edisi 3-27, yang diterbitkan Radio Rodja yang kami kutip dalam artikel Muslim.or.id






























Tiada ulasan: