Rabu, 5 Disember 2018

Geowarisan - Sejarah. 8810.


Masjid Kayu Berumur 6.5 Abad Dibuka Kembali untuk Shalat
Masjid kayu di Turki. Foto: Anadolu
TURKI—Sebuah masjid kayu berusia ratusan tahun di wilayah Laut Hitam Turki kini dibuka kembali untuk tempat beribadah. Masjid ini kembali digunakan setelah ditinggalkan selama puluhan tahun, Anadolu melaporkan pada Senin (3/12/2018).
Masjid Desa Ordu dibangun 650 tahun yang lalu selama era Seljuk Turks. Bangunan masjid kemudian dibiarkan menganggur ketika penduduk desa membangun sebuah masjid beton di Carsamba, Provinsi Samsun Utara, 30 tahun yang lalu.
Namun, Direktorat Jenderal Yayasan Turki kemudian bekerja sama dengan Kotamadya Carsamba untuk memulihkan masjid tersebut. Setelah proses restorasi selesai, kini masjid tersebut terbuka untuk ibadah dan wisata pengunjung.
Masjid Kayu Berumur 6,5 Abad Dibuka Kembali untuk Shalat - Islampos

Perjuangan Kesatuan Melayu Merdeka penerus perjuangan radikal PKMM 
توليسله اڤ يڠ كاو ليهت، چاتتله اڤ يڠ كاو فيكيركن، بيار مريك ايت تاهو بهاوا ملايو ايت بوكن سمواڽ بوليه دڤربودوهكن. كيت اومت ملايو بڠسا يڠ بردولت، اڬام اسلام منجاديكن كيت هيدوڤ برمرواه، برجواڠله ممباڠونكن بڠسا، منڬقكن اڬام دان ممڤرتاهنكن نڬارا. ايڠتله ڤسانكو اين، بيار ڤوتيه تولڠ، جاڠن ڤوتيه مات

27 Jun 1950
Gambar  menunjukkan dokumen penyerahan mandat dari pucuk pimpinan PKMM kepada Ibrahim Yaakob.

Telah tertubuhnya sebuah badan perjuangan bernama Kesatuan Malaya Merdeka yang bergerak di Indonesia. 

Badan ini telah ditubuhkan oleh Ibrahim Yaakob untuk menyambung perjuangan Parti Kebangsaan Melayu Malaya (PKMM) yang terpaksa dibubarkan pada bulan Mei 1950 akibat Undang-undang Darurat. 

Sebelum perang, Ibrahim Yaakob merupakan salah seorang pengasas Kesatuan Melayu Muda (KMM) pada tahun 1937, organisasi politik pertama yang berbentuk kebangsaan dan bergerak meliputi seluruh Malaya.

Pada 1 Mei 1950 pucuk pimpinan PKMM telah memberi mandat kepada Ibrahim Yaakob untuk meneruskan perjuangan PKMM di Indonesia. 

Langkah ini telah diambil untuk menghadapi kemungkinan PKMM akan diharamkan oleh penjajah British kerana ramai pemimpin parti telah ditangkap dan dipenjarakan oleh penjajah di bawah Undang-undang Darurat.

Sumber: ‘Sekitar Malaya Merdeka’, Ibrahim Yaacob (IBHY) (Kesatuan Malaya Merdeka, Bhg. Penerangan, 1950)
Perjuangan Kesatuan Melayu Merdeka penerus perjuangan radikal PKMM - Kriss Merah.com

Surat Albert Einstein menolak Tuhan dan mengkritik orang Yahudi akan dilelang
Ilustrasi foto Einstein dan gerhana total matahari.
Hak atas foto SCIENCE PHOTO LIBRARY Image caption Ilustrasi foto Einstein dan gerhana total matahari. 

Surat pendiri fisika modern Albert Eintein yang dikenal sebagai "Surat Tuhan" diperkirakan akan laku lebih dari US$1 juta dari rumah lelang Christine, New York, Selasa (04/12).

"Kata Tuhan bagi saya berarti pengungkapan dan produk dari kelemahan manusia," demikian bunyi tulisan tangan Einstein dalam surat yang dia tulis pada 1954, satu tahun sebelum ia meninggal.

Surat itu sebenarnya merupakan tanggapan dari buku filsuf Jerman Yahudi Eric Gutkind, yang berjudul "Pilih Hidup: Seruan Injil untuk memberontak."

Peter Klarnet dari rumah lelang Christie di New York mengatakan surat itu mencermikan konsep Einstein tentang Tuhan.




Diana Kormos-Buchwald, direktur Proyek Dokumen Einstein yang menterjemahkan dan menerbitkan surat-surat pakar fisika itu mengatakan Einstein tidaklah menentang agama karena ia percaya agama memegang peranan sebagai fungsi etika.

Surat berukuran satu setengah kertas A4 itu diperkirakan tidak akan menjadi rekor penjualan.

Surat Einstein dengan mesin ketik untuk Presiden Amerika Serikat Franklin Roosevelt, berisi peringatan tentang kemungkinan penelitian nuklir oleh Jerman, dan terjual di New York pada 2002 seharga US$2 juta.

Menimbulkan kekhawatiran
Surat tulisan tangan Albert Einstein yang ditulis pada 1954.
Surat tulisan tangan Albert Einstein yang ditulis pada 1954.REUTERS

Surat tulisan tangan yang ditulis dalam bahasa Jerman menimbulkan kekhawatiran saat pertama kali dilelang pada 2008.

Surat itu terjual sekitar US$404.000 di London dan pembelinya tak disebutkan.

Dalam surat itu Einstein mulai dengan memuji Gutkind karena dalam bukunya ia menulis, "upaya menuju perbaikan terkait eksistensi" namun kemudian menulis tentang keyakinan Gutkind.

Einstein juga kritis terhadap identitas Yahudinya, khususnya mempertanyakan pernyataan bahwa Yahudi adalah "orang-orang terpilih".

"Orang Yahudi, asal saya...bagi saya tak ada bedanya dengan manusia lainnya," tulis Einstein.

"Sejauh pengalaman saya, mereka (orang Yahudi) tak lebih baik dengan komunitas lain...Saya tak dapat menganggap mereka sebagai "yang terpilih."

Surat Einstein ini, menurut Walter Isaacson, penulis biografi "Einstein" pada 2007, menggambarkan pandangan resmi Einstein tentang agama resmi.

Namun menurut para pakar, Einstein pernah menggambarkan dirinya sebagai "bukan ateis" dan bahwa surat itu tak menghapus karakteristik spiritualnya dalam pemikiran pakar fisika ini.

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-46440549

Kerangka Berusia 500 Tahun Ini Ditemukan Mati Memakai Sepatu Bot  Selasa, 4 Desember 2018 - 22:17 WIB
Kerangka Berusia 500 Tahun Ini Ditemukan Mati Memakai Sepatu Bot
Arkeolog menemukan kerangka berusia 500 tahun menggunakan sepatu bot. Foto/Istimewa

LONDON - Arkeolog yang menggali situs di sepanjang Terowongan Thames Tideway — pipa besar yang dijuluki "saluran pembuangan super" London — telah menemukan kerangka seorang pria abad pertengahan dengan sepatu botnya.

"Sangat langka menemukan sepatu bot dari akhir abad ke-15, apalagi kerangka yang masih memakainya," kata Beth Richardson dari Museum of London Archaeology (MOLA).

"Dan ini sepatu bot yang sangat tidak biasa untuk periode itu — sepatu bot paha, dengan bagian atas yang menghadap ke bawah. Itu sangat mahal, dan bagaimana pria ini memilikinya adalah misteri. Apakah itu barang bekas? Apakah dia mencurinya? Kami tidak tahu," imbuhnya seperti dikutip dari National Geographic, Selasa (4/12/2018).

Kerangkan yang digali selama proyek konstruksi besar tidak biasa di London, di mana selama berabad-abad tanah telah digunakan kembali berkali-kali dan banyak kuburan telah dibangun dan dilupakan. Namun para arkeolog segera menyadai bahwa kerangka ini berbeda.

Kerangka tersebut ditemukan posisi tubuh menghadap ke bawah, lengan kanan di atas kepala, lengan kiri ditekuk ke belakang. Posisi tersebut menunjukkan bahwa pria itu tidak disengaja dikubur. Juga tidak mungkin dia akan berbaring di sepatu bot kulit, yang mahal dan sangat berharga.

Mengingat petunjuk tersebut, para arkeolog percaya bahwa pria itu meninggal secara tidak sengaja dan tubuhnya tidak pernah pulih, meskipun penyebab kematiannya tidak jelas. Mungkin dia jatuh ke sungai dan tidak bisa berenang. Atau mungkin dia terperangkap dalam lumpur pasang surut dan tenggelam.

Lima ratus tahun yang lalu bentangan Sungai Thames — dua mil atau lebih dari Menara London — adalah lingkungan laut yang ramai dari dermaga dan gudang, bengkel-bengkel kerja dan kedai minum. Sungai itu diapit oleh Tembok Bermondsey, sebuah karya abad pertengahan setinggi lima belas kaki yang dibangun untuk melindungi properti tepi sungai dari gelombang pasang.

Mengingat lingkungannya, mayat itu mungkin seorang pelaut atau nelayan, kemungkinan itu diperkuat oleh petunjuk fisik. Lekukan di giginya mungkin disebabkan oleh berulang kali mengepalkan tali. Atau mungkin dia adalah seorang "mudlarker," istilah slang bagi mereka yang mengais-ngais di sepanjang tepi sungai Thames yang berlumpur pada saat air surut. Sepatu bot paha pria yang seperti wader itu sangat ideal untuk pekerjaan semacam itu.

"Kami tahu dia sangat kuat," kata Niamh Carty, ahli osteologi, atau spesialis tulang, di MOLA.

"Keterikatan otot di dada dan pundaknya sangat terlihat. Otot-otot itu dibentuk dengan melakukan banyak pekerjaan berat dan berulang dalam jangka waktu yang lama," terangnya.

Itu adalah pekerjaan yang mengambil kekuatan fisik. Meskipun baru berusia tiga puluhan, pria tersebut menderita osteoarthritis, dan tulang belakangnya sudah mulai menyatu sebagai hasil dari bertahun-tahun membungkuk dan mengangkat. Cedera di pinggul kirinya menunjukkan dia berjalan dengan pincang, dan hidungnya patah setidaknya sekali. Ada jelas trauma tumpul di dahinya yang telah sembuh sebelum dia meninggal.

"Dia tidak memiliki kehidupan yang mudah," ungkap Carty. 

"Awal tiga puluhan adalah usia paruh baya saat itu, tetapi meskipun demikian, usia biologisnya lebih tua," jelasnya.

Investigasi terus berlanjut. Analisis isotop akan menjelaskan di mana pria itu tumbuh, apakah ia seorang imigran atau penduduk asli London, dan jenis diet apa yang ia lakukan.

"Keluarganya tidak pernah punya jawaban atau kuburan," kata Carty. 

"Apa yang kami lakukan adalah tindakan mengingat. Kami membiarkan ceritanya akhirnya diberitahu," tukasnya. (ian)

Kerangka Berusia 500 Tahun Ini Ditemukan Mati Memakai...
https://international.sindonews.com/read/1360088/46/kerangka-berusia-500-tahun-ini-ditemukan-mati-memakai-sepatu-bot-1543936656



Tiada ulasan: