Sabtu, 5 Januari 2019

Sedekah untuk manfaat 360 sendi batang tubuh manusia. 8997.



Foto Kembara Mencari Redha.
Siapa Para Pengikut Dajjal Di Akhir Zaman?

DAJJAL sudah kita pahami bersama adalah fitnah terbesar di akhir zaman. Dajjal ini punya pengikut sebagaimana disebutkan dalam berbagai hadits yang shahih. Siapa saja mereka?

Pengikut Dajjal adalah dari Yahudi, non Arab dan bangsa Turk. Yang menjadi pengikutnya pula beraneka ragam, ada juga orang Arab dan wanita.

Beberapa riwayat yang membuktikan hal ini.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِنْ يَهُودِ أَصْبَهَانَ سَبْعُونَ أَلْفًا عَلَيْهِمُ الطَّيَالِسَةُ

"Yang mengikuti Dajjal adalah orang Yahudi dari Ashbahan (Iran) dan jumlahnya ada 70,000 orang dan mereka memakai thilsan (yang menutup bahu dan badan)" (HR. Muslim no. 2944).

Di kalangan orang Yahudi, Dajjal dikenali dengan Al Masih bin Daud (Lihat Al Yaumul Akhir-Al Qiyamatush Shugro, 244).

Syaikh Salim bin I'ed Al Hilali berkata, "Mengapa Nabi ﷺ menyebutkan Yahudi Ashbahan (Iran) secara khusus?!

Jawabnya, kerana hubungan yang amat erat antara Yahudi dengan Syiah. Sejarah mencatat bahawa kaum Syi'ah sepanjang masa selalu membantu kaum Yahudi untuk menghancurkan kaum muslimin, tidak seperti yang sering digambarkan oleh media-media penyesat sekarang yang menggambarkan bahawa kaum Syi'ah mengusir Yahudi dan memerdekakan negara dari Yahudi. Demi Allah, semua itulah politik dan dusta ". (Kaset Syarh Ushul Sunnah Ahmad bin Hanbal no. 9)

Dalam hadis Abu Bakr As-Siddiq, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


الدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ

"Dajjal itu keluar dari bumi sebelah barat yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit ". Kata Ibnu Kathir, "Nampaknya wallahu a'lam- mereka adalah bangsa Turk yang menjadi penolong Dajjal nantinya." (An Nihayah Al Fitan wal Malahim, 1: 117).

Yang menunjukkan pula bahawa pengikut Dajjal adalah orang bukan Arab, dapat dilihat dari dua riwayat berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ التُّرْكَ قَوْمًا وُجُوهُهُمْ كَالْمَجَانِّ الْمُطْرَقَةِ يَلْبَسُونَ الشَّعَرَ وَيَمْشُونَ فِى الشَّعَرِ

"Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kaum muslimin memerangi bangsa Turk, iaitu kaum di mana wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit, mereka memakai (pakaian) yang terbuat dari bulu dan berjalan (dengan sandal) yang terbuat dari bulu" (HR. Muslim no. 2912).

Dalam riwayat Bukhari, dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,


لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا قَوْمًا نِعَالُهُمُ الشَّعَرُ ، وَحَتَّى تُقَاتِلُوا التُّرْكَ ، صِغَارَ الأَعْيُنِ ، حُمْرَ الْوُجُوهِ ، ذُلْفَ الأُنُوفِ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ

"Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian memerangi satu kaum yang sandal-sandal mereka terbuat dari bulu, dan kalian memerangi bangsa Turk yang bermata sipit, berwajah merah, hidungnya pesek, wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit" (HR. Bukhari no . 3587).

Namun pengikut Dajjal juga ada yang berasal dari bangsa Arab kerana kebodohan yang menimpa mereka. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Umamah yang cukup panjang, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

وَإِنَّ مِنْ فِتْنَتِهِ أَنْ يَقُولَ لأَعْرَابِىٍّ أَرَأَيْتَ إِنْ بَعَثْتُ لَكَ أَبَاكَ وَأُمَّكَ أَتَشْهَدُ أَنِّى رَبُّكَ فَيَقُولُ نَعَمْ. فَيَتَمَثَّلُ لَهُ شَيْطَانَانِ فِى صُورَةِ أَبِيهِ وَأُمِّهِ فَيَقُولاَنِ


يَا بُنَىَّ اتَّبِعْهُ فَإِنَّهُ رَبُّكَ

"Di antara fitnah Dajjal adalah, ia akan berkata pada orang Arab," Bagaimana menurutmu jika aku membangkitkan ayah dan ibumu, lalu engkau bersaksi bahawa aku adalah Tuhanmu, apakah engkau mau? "" Iya, mau ", jawab orang Arab tersebut. Lalu dua syaitan menyerupai bentuk ayah dan ibunya lantas keduanya berkata, "Wahai anakku, ikutilah dia (iaitu Dajjal), kerana dia adalah Rabbmu". (HR. Ibnu Majah no. 4077. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani sebagaimana dalam Shahih Al Jami 'no. 7875).

Adapun wanita, keadaan mereka lebih teruk daripada orang Arab yang dikisahkan di atas kerana mereka cepat terpengaruh dan ketidak tahuan yang menimpa mereka. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Ibnu 'Umar, Nabi shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,


يَنْزِلُ الدَّجَّالُ فِى هَذِهِ السَّبَخَةِ بِمَرِّ قَنَاةَ فَيَكُونُ أَكْثَرَ مَنْ يَخْرُجُ إِلَيْهِ النِّسَاءُ حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ لِيَرْجِعُ إِلَى حَمِيمِهِ وَإِلَى أُمِّهِ وَابْنَتِهِ وَأُخْتِهِ وَعَمَّتِهِ فَيُوثِقُهَا رِبَاطاً مَخَافَةَ أَنْ تَخْرُجَ إِلَيْهِ

"Dajjal akan turun ke Mirqonah (nama sebuah lembah) dan majoriti pengikutnya adalah kaum wanita, sampai-sampai ada seorang yang pergi ke isterinya, ibunya, anak perempuannya, saudarinya dan bibinya kemudian mengikatnya kerana bimbang keluar menuju Dajjal". (HR. Ahmad 2: 67. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Ditambah lagi yang menjadi pengikut Dajjal adalah kelompok Khawarij. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini,

يَنْشَأُ نَشْأٌ يَقْرَأُوْنَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيْهِمْ, كُلَّمَا خَرَجَ فَرْقٌ قُطِعَ حَتَّى يَخْرُجَ فِيْ أَعْرَاضِهِمْ الدَّجَّالُ

"Akan muncul suatu kelompok yang membaca Al-Qur'an tetapi tidak sampai pada kerongkong mereka. Setiap kali muncul, mereka dibasmi habis hingga keluar pada pasukan besar mereka Dajjal. "(HR. Ibnu Majah 174 dan dihasankan al-Albani dalam Ash-Shahihah 2455)

Jika kita sudah mengetahui bagaimana dahsyatnya fitnah Dajjal, dan siapa saja yang menjadi pengikutnya -barangkali kita pun boleh termausk kerana kejahilan dan lemahnya iman-, maka sudah barang tentu kita harus mengetahui bagaimanakah cara melepaskan diri dari fitnah tersebut. Moga boleh dilanjutkan pada tulisan selanjutnya dengan pertolongan Allah.

Kembara Mencari Redha - Siaran

Nota:

Penyihir juga termasuk kalangan pengikut dajjal laknatullah. Ilmu dukun dan bomoh yang menduakan Allah Subhanahu Wa Ta'alla. Negara-negara politik pembenci Islam seperti Amerika Syarikat, Negara-negara Blok Barat, Negara India dan Negara China. Termasuk yahudi laknatullah yang sedang mengganas, menakluk dan menceroboh Palestin sebagai persiapan tempat kemunculan dajjal laknatullah.
Foto Kembara Mencari Redha.
Ini Cara Sedekah untuk 360 Sendi di Tubuh Kita

TAHUKAH anda bahawa setiap persendian tubuh kita diwajibkan bersedekah setiap harinya?

"Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan mempunyai 360 sendi," (HR. Muslim no. 2377)

"Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kenderaannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kenderaannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan solat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedakah, "(HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, bagaimana jika kita merasa kesulitan bersedekah sekalipun hanya dengan melakukan kebaikan-kebaikan untuk orang lain?

Ada satu amalan yang mencukupi sedekah 360 sendi kita, oleh sebab itu perlu untuk kita rutinkan setiap harinya, yakni dengan solat Dhuha sekurang-kurangnya dua rakaat:

"Setiap persendian salah seorang di antara kalian ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma'ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan sudah mencukupi hal itu dua rakaat dhuha yang dilaksanakannya, "(HR. Muslim dari Abu Dzarr ra).

Jangan sampai kenikmatan setiap persendian yang Allah anugerahkan pada kita, yang membuat kita mampu berjalan, menggenggam, memasak, mencuci, mengunyah, tidak kita syukuri dengan selayaknya.

Mari lakukan solat Dhuha rutin setiap harinya, semoga kita tercatat sebagai hamba Allah yang bersyukur.


Kembara Mencari Redha - Siaran

5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir


Pada zaman dahulu di Eropa banyak sekali kasus kejahatan yang dilakukan oleh penyihir. Hal ini membuat penyihir menjadi salah satu yang diburu dan dihukum mati. Namun untuk membuktikan apakah orang tersebut adalah penyihir atau bukan tentu memerlukan cara tertentu. Seperti cara-cara yang dilakukan dibeberapa negara Eropa untuk membuktikan bahwa seseorang adalah penyihir.

5. Ditelanjangi Dan Ditusuk Dengan Jarum
5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir
Di Skotlandia, orang-orang yang dituduh sebagai penyihir yang mengikuti ajaran setan akan dihukum. Mereka akan diadili di depan orang-orang dengan cara tubuhnya ditelanjangi, kemudian seluruh bulunya dicukur dan badannya ditusuk menggunakan jarum oleh para penyihir yang dihormati masyarakat. Mereka percaya, bila ada bagian tubuh yang tidak berdarah setelah ditusuk dengan jarum tersebut maka itu adalah bukti kontrak dengan raja iblis. 

4. Membangunkan Penyihir
5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir
Di Italia ada sebuah metode untuk membuktikan seseorang adalah penyihir atau bukan. Caranya dengan mengaitkan benda seperti kail pada empat sisi mulu terdakwa selama tiga hari. Hal ini akan membuat terdakwa akan merasakan sakit dan sulit untuk tidur. Selama tiga hari pula, orang itu akan diawasi oleh para penjaga untuk mencegah dirinya melakukan hal yang tidak diharapkan. Setelah tiga hari, penyihir biasanya secara tanpa sadar akan berhalusinasi dan berbicara mengenai bagaimana dia terbang, bagaimana dia berubah menjadi binatang dan bagaimana dia ikut dalam pemujaan setan. Bagi mereka yang terbukti maka akan digantung pada sebuah tiang dan dibakar.

3. Melalui Tes Sentuhan
5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir
Pada tahun 1662 di Inggris, ada dua orang wanita tua yang dituduh sebagai seorang penyihir. Para pemburuh penyihir di Inggris percaya bila anak yang dikutuk oleh penyihir akan kehilangan kutukannya bila disentuh oleh orang yang telah mengkutuknya. Dan benar saja, dua gadis muda yang diduga terkena kutukan itu tampak sembuh ketika di sentuh oleh Rose Cullender dan Amy Denny, wanita tua yang dituduh sebagai penyihir. Awalnya kedua gadis itu terkena kutukan yang membuatnya terus menerus mengepalkan tangannya. Namun ketika Kedua gadis itu disentuh oleh kedua wanita tua itu, mereka dapat dengan mudah membuka kepalan tangannya. Rose Cullender dan Amy Denny akhirnya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman gantung.

2. Diintrogasi Menggunakan Rak
5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir
DI Jerman ada alat khusus yang sering digunakan untuk mengintrogasi para penyihir. Orang-orang yang dituduh sebagai penyihir akan diintrogasi dan ditidurkan pada sebuah benda yang bernama rak. Kedua tangan dan kaki orang-orang tersebut akan diikat pada sebuah rol. Bila diintrogasi dan tidak mau mengaku maka rol itu akan diputar dan membuat kaki dan tangannya tertarik. Bila dilakukan terus menerus sendi-sendinya bisa lepas. Bahkan hal ini terus mereka lakukan hingga sendinya terlepas dan hingga mereka mendengar bunyi letupan yang berasal dari dalam tulang mereka.

1. Melalui Bantuan Vigossar
5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir
Bagi orang Swedia, mereka menyerahkan urusan sihir kepada Vigossar. Vigossar adalah anak laki-laki yang diberi kelebihan untuk melihat tanda iblis yang berada di dahi penyihir dan hanya bisa dilihat oleh Vigossar. Tiap penyihir yang berhasil terindentifikasi, para Vigossar akan mendapatkan bayaran. Hal ini justru malah membuat anak-anak gelandangan berpura pura mengaku menjadi Vigossar dan mengarang-ngarang cerita. Namun menjadi Vigossar ternyata berbahaya, karena banyak kasus vigossar yang mati dibunuh oleh keluarga yang vigossar tuduh sebagai penyihir.

Itulah 5 Cara yang dlakukan oleh orang dulu untuk membuktikan seorang penyihir. Kebanyakan kasus ini terjadi di Eropa. Di Indonesia sendiri tidak ada yang namanya penyihir, adanya dukun santet.

5 Cara Pemburu Penyihir Membuktikan Bahwa Orang Yang Diburunya Adalah Penyihir | KASKUS

Di Balik Keindahannya, Gelombang Laut Persegi Ini Ternyata Menyimpan Sejuta Bahaya. Nih 4 Faktanya
Fakta di balik gelombang berbentuk kotak BY DARIN RANIA
Featured Image
Fenomena gelombang persegi di permukaan laut via https://lifestyle-hacker.co

Alam selalu punya cara tersendiri untuk membuat kita sebagai manusia merasa takjub. Entah dari kekuatannya, atau malah keindahannya. Banyak lo fenomena alam di dunia ini yang karena kecantikannya sampai bisa jadi destinasi wisata turis-turis mancanegara. Tapi ternyata, nggak sedikit juga yang justru menyimpan bahaya di dalamnya. 

Seperti fenomena gelombang persegi di laut ini. Gelombang unik ini katanya sih sering terlihat di Perancis.

Dari foto-fotonya sih memang keren banget ya, tapi siapa sangka kalau gelombang persegi ini ternyata berbahaya! Buat kamu yang penasaran, yuk, cari tahu lebih jauh bareng Hipwee News & Feature!

1. Gelombang persegi nan cantik ini sering terlihat di pulau Isle of Rhe di Perancis. Keindahannya kerap menarik perhatian para turis. Biasanya mereka datang buat mengabadikannya langsung
Gelombang persegi di Perancis via www.upsocl.com

Pulau Isle of Rhe di Perancis sering jadi tujuan wisata turis karena keindahan yang ditawarkan. Selain pulaunya yang memang cantik, ada satu spot yang ternyata juga mampu mencuri perhatian wisatawan, yaitu gelombang persegi. Gelombang kotak-kotak ini dikabarkan sering muncul di permukaan lautnya. Nggak sedikit lo orang yang sengaja datang ke Isle of Rhe cuma buat mengabadikan fenomena unik ini. Soalnya memang bagus banget sih, apalagi kalau difoto dari atas mercusuar di pulau itu.

2. Gelombang ini terjadi ketika ada 2 arus laut berbeda bertemu. Dari permukaan sih kelihatan bagus, tapi jauh di dalamnya terjadi perpotongan gelombang yang sebenarnya berbahaya
Terjadi ketika dua laut bertemu via www.providr.com

Seperti dikutip dari Zeptha, gelombang persegi ini ternyata terjadi karena ada dua laut yang saling bertemu dan berpotongan satu sama lain. Kedua laut ini berpapasan karena pola cuaca yang berbeda. Perbedaan inilah yang kemudian menciptakan pola-pola persegi di atas permukaan laut. Perlu diketahui kalau Isle of Rhe ini memang terletak di antara dua laut berbeda. Makanya gelombang persegi sering terlihat di sana. 

Fenomena yang juga disebut ‘lintas laut‘ ini memang rada susah disaksikan dari daratan atau tepi pantai. Jadi kita memang harus naik ke tempat lebih tinggi, supaya pemandangan itu bisa terlihat jelas.

3. Katanya kalau sudah terjebak di tengah gelombang persegi itu, sulit buat keluar lo. Gelombang ini jadi tantangan tersendiri buat kapal-kapal yang melintas di atasnya
Bahaya buat kapal-kapal yang melintas di atasnya via www.rh.gatech.edu 

Nah, di balik keindahannya, ternyata gelombang persegi ini menyimpan bahaya besar lo. Soalnya ia bisa menciptakan arus kuat hasil pertemuan dua pola cuaca berbeda di bawah laut. Dikutip dari Life Aspire, sudah banyak kecelakaan kapal terjadi karena gelombang ini lo. Mereka terjebak di tengahnya, membuat kapal sulit dikendalikan akibat adanya arus kuat di bawahnya. Saking bahayanya, otoritas setempat sampai melarang kapal apapun melintas setiap kali gelombang ini terlihat.

Untungnya gelombang ini nggak setiap hari terjadi. Ada waktu-waktu tertentu dimana ia nggak terlihat.

4. Bahkan katanya gelombang ini lebih berbahaya dari arus kuat apapun! Jadi jangan coba-coba berenang saat ada gelombang persegi di laut kayak gini ya!
Jangan coba-coba berenang! via www.elitereaders.com

Persilangan antar dua laut berbeda ini menghasilkan arus yang disinyalir jauh lebih kuat dibanding arus atau ombak manapun yang kita kenal lo. Bayangin aja, tergulung ombak di pantai aja rasanya udah nggak enak banget, apalagi terjebak di antara gelombang persegi ini ya… Mungkin rasanya kayak ada yang menarik dari dalam gitu? Mengingat bahayanya yang begitu besar, sampai kapal aja dilarang melintas di atas gelombang ini, mending jangan coba-coba buat berenang di laut saat fenomena ini terjadi deh!

Tapi perlu diakui kalau fenomena ini memang cukup langka karena nggak terjadi di semua tempat di dunia ini. Mungkin kalau kalian nggak sengaja menemuinya, cukup diabadikan pakai kamera aja ya~

ARTIKEL BERMANFAAT DAN MENGHIBUR LAINNYA

Di Balik Keindahannya, Gelombang Laut Persegi Ini Ternyata Menyimpan Sejuta Bahaya. Nih 4 Faktanya

Hadits Palsu “Kisah Pengemis Yahudi Buta” (Hoax) 
Posted on by 
Banyak kita temui di dunia maya/internet kisah tentang “Rasulullah Dan Seorang Pengemis Yahudi Buta”, bahkan kisah itu sudah sangat masyhur karena telah dipublikasikan oleh salah satu situs media dakwah Islam sejak tahun 2010, bahkan saya lihat ada salah satu blog yang sudah memposting sejak tahun 2008. Terlebih lagi saya dengar dari teman bahwa kisah ini pernah dibawakan oleh salah satu Ustadz di sebuah acara stasiun TV swasta nasional.

Apakah kisah ini benar adanya? apakah hadits yang menjadi rujukan kisah ini ada?

Berikut ini sedikit dari kisah palsu tersebut:
Di suatu sudut pasar Madinah Al-Munawarah, terdapat seorang pengemis tua yang buta berbangsa Yahudi, setiap hari apabila ada orang yang menghampirinya, dia selalu berkata, “Wahai saudaraku jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, pembohong, tukang sihir, apabila kamu mendekatinya kamu akan dipengaruhinya.”
Setiap pagi Rasulullah Sallallahu’alaihi wasallam mendatanginya dengan membawa makanan dan tanpa berkata sepatah perkataan pun, Baginda Sallallahu’alaihi wasallammenyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernama Muhammad. RasulullahSallallahu’alaihi wasallam melakukannya sehingga menjelang Baginda wafat. …….
Ternyata setelah dicari-cari kami TIDAK menemukan kisah itu didalam salah satu kitab hadits para Imam dan ulama ahli hadits yang bisa dipercaya, alias kisah itu adalah cerita fiksi yang bersumber dari hadits PALSU. (hadits=berita tentang ucapan dan perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam)
Memang sepintas hadits ini berisikan tentang kemuliaan akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tetapi ada misi tertentu yang mungkin sengaja ingin disebarkan oleh si pengarang hadits/kisah itu. Yang kami tangkap salah satu misinya adalah agar kita lebih bisa bertoleransi atau bermesra-mesra kepada ummat non-muslim khususnya yahud.
Untuk lebih jelasnya kami akan ungkapkan kepalsuaan kisah/hadits tersebut.

Kecacatannya Kisah Tersebut :

1. Kisah tersebut tidak jelas Sanadnya/jalur datangnya hadits, sumbernya tidak ada, perawi tidak ada, derajat hadits-nya juga tidak jelas, dan tidak akan kita temukan di kitab-kitab para ahli hadits.
2. Tertulis di kisah itu bahwa kejadian itu terjadi di Madinah pada masa akhir kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, padahal kita ketahui bahwa masa itu Madinah telah lama dikuasai oleh Umat Muslim, dan Rasulullah sebagai pimpinannya. Jadi tidak mungkin seorang Yahudi secara terang-terangan menghina Rasulllah shallallahu ‘alaihi wasallamdi depan orang banyak atau di pasar.
3. Matan (kandungannya) bertentangan dengan firman Allah Ta’ala  dalam Al-Qur’an Surat Al-Fath 29: “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, . . .” (QS. Al-Fath: 29)
4. Matan (kandungannya) bertentangan dengan firman Allah SWT  di Al-Qur’an Surat Al-Maidah 54: “Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.” (QS. Al-Maidah: 54)
5. Matan (kandungannya) bertentangan dengan hadits yg lebih kuat tentang Ka’ab bi Asyraf, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang bersedia membunuh Ka’ab al-Asyraf untuk saya.”Muhammad bin Maslamah saudara Bani Abdul al-Asyhal berkata, “Saya bersedia melakukannya untuk anda ya Rasulullah, Saya akan membunuhnya.”– Beliau berkata, “Lakukanlah jika engkau mampu.” – Ia berkata, “Ya Rasulullah, apa yang mesti kita katakan.” – Beliau berkata, “Katakanlah oleh kalian, ‘Apa yang tampak bagi kalian, kalian bebas dalam hal itu.’ (Ket : Dikeluarkan al-Bukhari hadits no.2510, 3031, 3032. dalam kitab ringkasannya hadis no.4037. Muslim hadits no.1801 dari hadits Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhu. Barangsiapa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang kisah Ka’ab bin al-Asyraf dapat merujuk kitab “Al-Bidayah wa al-Nihayah karya Ibnu katsir, jilid IV/6-10. Fathul Bari (V/169), (VI/184-185) dan (VII/ 390-395). Syarah Muslim an-Nawai (XII/403) dan kitab rujukan lainnya.
6. Matan (kandungannya) bertentangan dengan hadits yg lebih kuat yang Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, beliau menuturkan, pernah ada seorang lelaki buta memiliki seorang budak wanita, dan budak ini mengandung anaknya. Ia sering sekali mencaci Nabishallallahu ‘alaihi wasallamdan mencelanya. Lelaki tadi melarangnya, namun wanita tersebut tidak mau berhenti; dan dia mencegahnya, namun budak wanita tadi tidak bisa dicegah. Kemudian pada suatu malam wanita tadi mencela Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan mencacinya. Maka si lelaki tadi mengambil Mighwal (pedang tipis) dan meletakkannya di atas perut wanita tadi, lalu menindihnya sehingga dia terbunuh. Tapi bersamaan dengan kematiannya, bayi yang ia kandung keluar dari kedua selangkangan kakinya. Farji perempuan itu penuh dengan darah. Esoknya, kejadian itu disampaikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu beliau mengumpulkan para sahabatnya dan bersabda, “Aku bersumpah kepada Allah untuk mencari lelaki yang telah melakukan apa yang dilakukannya, dan aku berkewajiban untuk menghukumnya, kecuali jika dia memberikan hujjah.” Kemudian seorang lelaki buta datang dan berjalan melewati orang-orang dengan badan gemetar sehingga ia duduk di hadapan Nabishallallahu ‘alaihi wasallam. Sejenak dia berkata, “Ya Rasulullah, aku-lah pemilik budak itu. Dia selalu mencaci dan mencelamu. Telah kularang dia, tapi tetap saja dia tidak mau berhenti. Dan telah kucegah dia, tapi dia tidak dapat dicegah. Aku memiliki dua orang anak dari hubunganku dengannya seperti dau buah permata, dan dia pun sangat sayang padaku. Namun semalam, dia kembali mencaci dan mencelamu. Lalu kuambil pedang dan kuletakkan di atas perutnya. Kemudian kutindih dia sehingga dia mati terbunuh.” Mendengar kesaksiannya, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Saksikanlah oleh kalian semua bahwa darahnya tumpah sia-sia.” (HR. An-Nasa’i dan Abu Dawud)
7. Matan (kandungannya) bertentangan dengan hadits yg lebih kuat: Ibnu ‘Abbas berkata, “Seorang wanita dari kabilah Khathamah, bernama Asma’ binti Marwan, mengejek nabishallallahu ‘alaihi wasallam melalui syairnya. Mendengar ejekan tadi, Nabi berkata kepada para sahabatnya, “Siapa yang siap menyelesaikan urusan wanita itu untukku?” Seorang lelaki bernama Umair bin Adi bin Al-Khatami berdiri, “saya” Lalu ia pergi mencari wanita tadi dan lalu membunuhnya. Setelah menyelesaikan tugasnya, dia langsung kembali dan melaporkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliaupun kemudia bersabda, “Kambing betina sudah tidak bisa lagi menanduk.” Umair lalu menuturkan, “Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallamberpaling kepada para sahabat yang ada di sekelilingnya, dan kemudian berkata, “Apabila kalian ingin melihat seorang lelaki yang menolong Allah dan Rasul-Nya secara diam-diam dan tidak diketahui orang, maka lihatlah kepada Umair bin Adi.” (Disebutkan oleh Ibnu Taimiyyah dalam Ash-Sharim Al-Maslul, hlm. 95)
8. Selain itu artikel itu di akhir cerita menceritakan bahwa Abu Abu Bakar Ash-shidiq berbohong, apakah bisa dipercaya orang se-level Abu Bakar Ash-shidiq r.a berbohong? lihat penggalan kisah itu: Abubakar menjawab, “Aku orang yang biasa.”“Bukan! Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku,” bantah si pengemis buta itu dengan ketus “Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut setelah itu ia berikan padaku.” Abubakar tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, “Aku memang bukan orang yang biasa datang padamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya. Orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”
Demikian penjelasan singkatnya, Wallahu’alam bishowab
Abu Aulia
Catatan:
(nahimunkar.org)
Hadits Palsu "Kisah Pengemis Yahudi Buta" (Hoax)

Saya bukan 'barua' Cina - Rosyam Nor
Ardini Sophia Sina hellinie@hmetro.com.my 

“SAYA tidak pernah cakap ST Rosyam Mart adalah milik saya 100 peratus, tetapi orang tuduh saya jadi ‘barua’ Cina. Malah, maklumat Suruhanjaya Syarikat Malaysia (SSM) turut ditularkan sehingga saham saya juga dipertikaikan,” kata pelakon, penerbit dan usahawan, Datuk Rosyam Nor.

Beberapa hari lalu, tular di media sosial mendakwa pemilik Sri Ternak Group, Datuk Ho Ah Chai adalah pemilik pasar raya berkenaan, manakala Rosyam hanyalah duta untuk menarik pelanggan. 

Tampil menjelaskan isu berkenaan, kata Rosyam, sejak memulakan perniagaan itu pada Jun lalu, dia tidak pernah sekali pun mengaku bahawa dia adalah pemilik penuh ST Rosyam Mart.

“Saya bukan duta ST Rosyam Mart seperti yang didakwa, tetapi pemilik bersama kerana turut memegang saham 10 peratus. Saya juga tidak ada kaitan dengan pengurusan Sri Ternak Group (STG).

“Saya hanya bekerjasama dengan Pengarah Sri Ternak iaitu Datuk Raymond Ho yang turut memegang saham 89 peratus manakala adiknya, Alan Ho pula memiliki satu peratus dalam ST Rosyam Mart.

“Di Facebook saya, ada individu yang cakap saya ‘barua’ Cina. Perkara itu bukan hanya membuatkan saya sedih, tetapi keluarga juga terasa sama,” katanya dalam sidang media yang diadakan di pejabat ST Rosyam Mart, Setiawangsa, hari ini.

Rosyam berkata, walaupun hanya memiliki saham 10 peratus, namun dia membenarkan penggunaan namanya kerana ia adalah syarat yang diberikan ketika dalam perbincangan awal untuk membuka ST Rosyam Mart.

Menurutnya, ini kerana sejak kecil dia memasang impian untuk memiliki pasar raya sendiri.

“Ketika dalam perbincangan untuk menubuhkan pasar raya, saya berikan syarat untuk gunakan nama sendiri. Kalau tidak setuju, saya tidak akan tandatangan persetujuan.

“Saya bukan daripada keluarga yang senang. Jadi, ST Rosyam Mart adalah membantu masyarakat yang menjalani kehidupan sukar.

“Alhamdulillah, walaupun ada isu tular mengenai pemilik sebenar ST Rosyam Nor tetapi kami masih menerima sambutan baik daripada pelanggan,” katanya.

Sementara itu, Rosyam turut mendedahkan dia sudah membuat laporan di Balai Polis Jalan Tun Razak mengenai tuduhan individu mengatakan dia sebagai 'barua' Cina dan kononnya Ah Chai adalah pemilik sebenarnya ST Rosyam Mart.

Malah, ada juga dalam kalangan netizen yang mendakwa Ah Chai terbabit dengan aktiviti pengedaran dadah.

Untuk rekod, ST Rosyam Nor dibuka 24 jam di Setiawangsa, dan pernah diserbu pelanggan kerana menjual ayam pada harga 88 sen seekor pada September lalu.

Berita berkaitan: 'Tunggu esok saya jelaskan'
Artikel ini disiarkan pada : Sabtu, 5 January 2019 @ 5:41 PM
https://www.hmetro.com.my/utama/2019/01/408874/saya-bukan-barua-cina-rosyam-nor

Rafizi: Hadi gamed by Umno, now defending Tabung Haji scandal to save face
Published 3 hours ago on 05 January 2019 By Syed Jaymal Zahiid

Rafizi Ramli said PAS president Datuk Seri Abdul Hadi Awang had only wanted to avert humiliation and save his own face by framing the Lembaga Tabung Haji financial scandal as the work of anti-Islam elements. — Picture by Hari Anggara
Rafizi Ramli said PAS president Datuk Seri Abdul Hadi Awang had only wanted to avert humiliation and save his own face by framing the Lembaga Tabung Haji financial scandal as the work of anti-Islam elements. — Picture by Hari Anggara
Rafizi Ramli said PAS president Datuk Seri Abdul Hadi Awang had only wanted to avert humiliation and save his own face by framing the Lembaga Tabung Haji financial scandal as the work of anti-Islam elements. — Picture by Hari Anggara

KUALA LUMPUR, Jan 5 — PAS president Datuk Seri Abdul Hadi Awang had only wanted to avert humiliation and save his own face by framing the Lembaga Tabung Haji (LTH) financial scandal as the work of anti-Islam elements, Rafizi Ramli alleged today.

The PKR vice-president said Hadi is employing racial tactics to divert attention from a backfired political strategy that intended to make then prime minister Datuk Seri Najib Razak beholden to PAS.

Rafizi claimed it was Najib that manipulated PAS instead by using the Islamists to shield his administration from Malay backlash after details of the alleged corruption at the pilgrimage fund began to surface, a mistake that Hadi is trying to cover up now.

“The PAS entourage visited Tabung Haji, attended a briefing and the following moment declared it was satisfied with the financial management,” the PKR leader said in a statement.

“This indirectly made them the ‘kingmaker’ in the Tabung Haji issue, and they implied that I had made the allegations [about the financial problems] up.

“But when evidence slowly emerged, PAS was entrapped. If they backpedalled and agreed [to my exposés] it would have tainted the president’s image because prior to that they became the panel that cleansed off the corruption,” he added.

Rafizi was responding to a speech Hadi made before students in the United Kingdom last week, where he claimed the LTH scandal detractors were only targeting the fund as part of an attack on the Islamic faith.

Rafizi said he had first exposed the fund’s dubious finances in 2013, and more had come later.

Just last month, audit firm PricewaterhouseCoopers said in its report that LTH failed to recognise a total of RM549 million in impairment losses of investments in several associate companies and subsidiaries.

The fund had also failed to report its fair value losses in investment properties and impairment of investment in available-for-sale debt security totalling RM77 million.

Rafizi said LTH had intentionally excluded the impairment losses from its financial submissions so it could prop up revenue in order to pay out dividends to depositors. The dividends instead came from deposits by new depositors.

The PKR leader then said Hadi may have been “confused” by the explanation given by LTH officials loyal to the previous administration. He also chided the PAS president as lacking the necessary knowledge to understand basic accounting.

But Rafizi said Hadi was ultimately irresponsible for deflecting the scandal. The PKR leader said the PAS as an Islamic party should have been the most vocal in voicing their protest when the allegations surfaced since they affected Muslim depositors.

Rafizi added Hadi instead opted to do defend what he called the indefensible.

“When there is no profit and losses are concealed, where did the money for dividend came from? It came from new deposits,” he said.

“This kind of investment is no other than a get-rich-easy or pyramid scheme, which gives the impression of huge profits to lure new money in and use that money to pay the initial depositors. In time the pyramid will collapse.

“That is why when Datuk Seri Hadi masked his argument as ‘this is a malicious plan to tarnish Islam’, it was an irresponsible political play,” he added.

https://www.malaymail.com/s/1709389/rafizi-hadi-gamed-by-umno-now-defending-tabung-haji-scandal-to-save-face

Nota:

Urutan artikal: Individu dalam Pas diperangkap Individu dalam Umno untuk membersihkan skandal dan menyatakan pernyataan salah laku sebagai suara jahat. Dengan peralihan kuasa segala hal salah laku, salah tadbir urus dan kleptokrasi terbongkar. Apabila terdapat bukti skandal Tabung Haji, Individu dalam Pas memainkan isu bahawa semua itu agenda jahat untuk mencemar dan meruntuhkan Nama Baik ISLAM. Berdasarkan artikal di atas Individu Utama adalah merujuk kepada Hadi dan Najib.

Apakah Air Musta’mal Suci dan Mensucikan?
Sabtu, 5 Januari 2019 19:42   0 Komentar
Foto: Air Musta'mal

KIBLAT.NET – Beberapa waktu yang lalu pembicaraan tentang air musta’mal mengemuka ke publik. Lantaran Sandiaga Uno dikomentari karena wudhunya yang hanya menggunakan satu gayung. Terlepas dari latar belakang politik yang menyertainya, kita juga mesti tahu sebenarnya apakah itu air musta’mal, bagaiana hukumnya dan sahkah digunakan untuk bersuci?

Air musta’mal adalah air yang sudah pernah dipakai membasuh anggota tubuh yang wajib dibasuh untuk menghilangkan hadats atau najis, baik itu wudhu maupun mandi. Al-Qarafi mengatakan bahwa air musta’mal adalah :

هو الماء المتساقط من الأعضاء بعد غسلها، وليس هو الماء الباقي في الإناء الذي يغترف الإنسان منه

“Air yang jatuh dari bagian anggota tubuh yang dibasuhnya. Air musta’mal bukanlah sisa air di bejana yang diciduk oleh manusia.” (Al-Qarafi, Adz-Dzakhirah, 1/175)

Lebih mudahnya, air musta’mal adalah air bekas wudhu, bukan sisa wudhu. Air dikatakan musta’mal karena telah dipakai untuk menghilangkan hadats, baik hadats kecil maupun besar. Namun sebagian ulama juga memasukkan air yang telah digunakan untuk menghilangkan najis sebagai air musta’mal, walau pun nanti hukumnya berbeda.

Apakah air musta’mal itu suci?

Dalam masalah ini, mayoritas ulama berpendapat bahwa air musta’mal itu suci bukan najis. Ini lah pendapat mazhab Maliki, Syafi’i, Hanbali, dan pendapat yang popular di kalangan Hanafi, serta pendapat Dzahiri.

Dalil-dalilnya :

  • Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu berkata :

مرِضتُ فجاءني رسول الله صلى الله عليه وسلم يعودني وأبو بكر وهما ماشيان، فأتاني وقد أُغمِي علي، فتوضَّأ رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم صبَّ وضوءَه عليّ، فأفقْتُ

“Aku sakit kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakar datang menjengukku, keduanya jalan kaki. Mereka mendatangiku sedang aku pingsan. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu, lalu mengusapkan bekas wudhunya kepadaku, maka aku sadar.” (HR. Al-Bukhori no. 5651 dan Muslim no. 1616)

Hadist ini menjadi dalil atas sucinya air yang telah digunakan untuk wudhu.

  • Bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya radhiyallahu ‘anhum berwudhu dan airnya menetes di baju mereka, dan mereka tidak mencucinya. Ini menunjukkan bahwa air musta’mal itu suci.
  • Bahwa para sahabat radhiyallahu ‘anhum bersegera meraih bekas wudhu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian menggunakannya untuk mengusap dalam rangka mencari berkah, tidak mungkin beliau membiarkan jika yang diusapkannya itu najis. Hal itu sebagaimana diriwayatkan dari al-Hakam yang berkata :

سمِعت أبا جُحيفة يقول: خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم بالهاجرة، فأُتِي بوَضوء، فتوضَّأ، فجعل الناس يأخذون من فضل وضوئه، فيتمسحون به، فصلَّى النبي صلى الله عليه وسلم الظهر ركعتين والعصر ركعتين وبين يديه عَنَزَةٌ

“Saya mendengar Abu Juhaifah berkata : Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi kami disiang yang panas, sedang beliau membawa air wudhu kemudia berwudhu. Maka datang lah manusia mengambil bekas wudhunya, kemudian digunakannya untuk mengusap. Setelah itu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam sholat dzuhur  dan ashar masing-masing dua rakaat, sedang di depannya tertancap tombak kecil (sebagai sutrah).” (HR. Al-Bukhari no. 187)

BACA JUGA  Cerita 4 Penyelam Selamat Setelah Tergulung Tsunami Selat Sunda

Dan hadist Abi Musa berkata : Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam meminta gayung yang ada airnya, kemudian mencuci kedua tangannya dan wajahnya, dan menjatuhkan air bekas wudhunya ke gayung tersebut. Kemudian berkata kepada keduanya :

اشربا منه وأفْرِغا على وجوهكما ونُحوركما

“Kalian berdua minumlah dan tuangkan airnya ke wajah dan leher bawah dagu kalian.” (HR. Al-Bukhari no. 188)

Dan hadist yang dimiliki As-Saib bin Yazid, ia berkata :

ذهبتْ بي خالتي إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقالت: يا رسول الله، إن ابن أختي وَجِعٌ – أي: مريض – فمسَح رأسي، ودعا لي بالبركة، ثم توضَّأ، فشرِبت من وضوئه، ثم قمتُ خلف ظهره، فنظرت إلى خاتم النبوة بين كتفيه مثل زِرِّ الحَجَلَةِ

“Saya bersama bibi saya pergi kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, maka bibi saya berkata : ‘Wahai Rasulullah, keponakanku sakit’. Maka beliau mengusap kepalanku, dan mendoakanku mendapat berkah. Kemudian beliau berwudhu, dan saya meminum air bekas wudhunya. Kamudian saya berdiri dibelakang dirinya, saya melihat tanda kenabian diantara kedua pundaknya sebesar telur burung.” (HR. Al-Bukhari no. 190)
  • Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, istri-istrinya dan para sahabatnya berwudhu dari Qadah (semacam gelas) dan kendi, dan mandi dari bejana. Hal demikian tidak bisa lepas dari percikan air musta’mal.
Karena itulah Ibrahin an-Nakha’i berkata : “Hal itu pasti, seandainya air musta’mal najis niscaya najis lah air yang ada di dalamnya.”
  • Air yang suci tetap suci, selama air tersebut tidak berubah warna, rasa dan baunya. 
Apakah air musta’mal itu dapat mensucikan?

Para ulama berselisih pendapat apakah air musta’mal bisa mensucikan (muthohhir) ataukah tidak. Secara umum ada dua pendapat dalam masalah ini. Pendapat pertama yaitu air musta’mal tidak bisa digunakan untuk bersuci. Karena ketika air digunakan untuk bersuci wajib, maka otomatis air tersebut hilang thahuriyahnya (keabsahannya untuk bersuci). Pendapat ini dinisbatkan kepada Syafi’iyah, Hanabilah dan yang lainnya.

Dalil mereka adalah hadits Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:

لَا يَغْتَسِلْ أَحَدُكُمْ فِي الْمَاءِ الدَّائِمِ (الراكد)، وَهُوَ جُنُبٌ فَقَالَ: كَيْفَ يَفْعَلُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ؟. قَالَ : يَتَنَاوَلُهُ تَنَاوُلًا. رواه مسلم 283

Artinya, “Janganlah seseorang di antara kalian mandi di air yang tidak mengalir, sedangkan dia dalam kondisi junub. Kemudian ada yang berkata, “Lantas apa yang dia lakukan wahai Abu Hurairoh? Abu Hurairah menjawab, “Dia mengambil air (dengan gayung). (HR Muslim, no 283)

Al-Hafidz Al-Iraqi dalam Tarh Al-Tatsrib fi Syarh Al-Taqrib, hlm. 2/34, menyatakan:

اسْتَدَلَّ بِهِ الشَّافِعِيُّ وَالْجُمْهُورُ عَلَى أَنَّ الْمَاءَ الْمُسْتَعْمَلَ مَسْلُوبُ الطَّهُورِيَّةِ ، فَلَا يَتَطَهَّرُ بِهِ مَرَّةً أُخْرَى ، وَلَوْلَا أَنَّ الِاغْتِسَالَ فِيهِ يُخْرِجُهُ عَنْ كَوْنِهِ يَغْتَسِلُ بِهِ مَرَّةً أُخْرَى لَمَا نَهَى عَنْهُ

Artinya, “Imam Syafi’i dan jumhur (mayoritas) ulama berargumen dengan hadis ini bahwa air musta’mal tidak bisa dibuat bersuci, tidak bisa dibuat bersuci dua kali. Seandainya mandi di dalam air mengeluarkan status air dari bisa dipakai lai niscaya tidak dilarang melakukan itu.”

Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari, hlm. 1/347, menjelaskan maksud kalimat ” يَتَنَاوَلُهُ تَنَاوُلًا” dalam hadits ini demikian:

فَدَلَّ عَلَى أَنَّ الْمَنْعَ مِنَ الِانْغِمَاسِ فِيهِ لِئَلَّا يَصِيرَ مُسْتَعْمَلًا ، فَيَمْتَنِعُ عَلَى الْغَيْرِ الِانْتِفَاعُ بِهِ ، وَهَذَا مِنْ أَقْوَى الْأَدِلَّةِ عَلَى أَنَّ الْمُسْتَعْمَلَ غَيْرُ طَهُورٍ

Artinya, “Ini menunjukkan bahwa larangan untuk memasukkan anggota tubuh ke dalam air adalah agar supaya air tidak menjadi musta’mal sehingga tercegah bagi yang lain mengambil manfaat darinya. Ini adalah dalil terkuat bahwa air mustakmal tidak menyucikan.”

BACA JUGA  Kaleidoskop 2018: UU Terorisme Diketok, Mungkinkah OPM Keok?

Pendapat kedua, yaitu pendapat yang menyatakan bahwa air musta’mal bisa digunakan untuk bersuci. Dalil-dalilnya :

Firman Allah ta’ala :

 وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

“Dan Kami turunkan air yang suci dari langit.” (QS. Al-Furqon : 48)

Kata “Thahur” (suci) maknanya boleh bersuci dengannya berkali-kali, di mana hal itu berasal dari wazan fa’ul yang perbuatannya berulang-ulang, seperti syakur dan shabur. Al-Baji al-Andalusi rahimahullah berkata : “Thahur itu seperti syakur dan shabur, digunakan untuk menunjukkan perbuatan yang berulang-ulang. Hal ini maknanya dibawa kepada bersuci dengan air yang berulang-ulang.” (al-Muntaqa Syarh al-Muwaththo’, 1/55)

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إن الماء طهور لا يُنجِّسُه شيء

“Sesungguhnya air itu suci, tidak ada sesuatu yang membuatnya najis.” (HR. Abu Daud no. 66 dan at-Tirmidzi no. 66)

Keumuman hadist ini bahwa air itu suci, tidak ada sesuatu yang membuatnya najis. Yaitu air itu suci dan mensucikan, tidak ada pengecualian dalam hal ini selain berubah warna, rasa dan baunya.

Dari Ar-Rubai’ bintu Mu’awwidz radhiyallahu ‘anha :

أن النبي صلى الله عليه وسلم مسَح برأسه من فضلِ ماء كان في يده

“Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam mengusap kepalanya dari bekas air yang ada ditangannya.” (HR. Abu Daud no. 130 dan al-Baihaqi no. 1126)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata :

اغتسَل بعضُ أزواج النبي صلى الله عليه وسلم في جَفْنة، فجاء النبي صلى الله عليه وسلم ليتوضَّأ منها أو يغتسل، فقالت له: يا رسول الله، إني كنتُ جُنبًا؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن الماء لا يُجنِب

“Se  bagian istri-istri Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mandi dari baskom. Datanglah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam untuk berwudhu dan mandi dari air tersebut. Maka mereka berkata kepada Nabi : wahai Rasulullah, aku junub tadi? Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : sesungguhnya air itu tidak junub.” (HR. Abu Daud no. 68 dan at-Tirmidzi no. 65)

Air yang suci bertemu badan yang suci, maka tidak ada yang menghilangkan kesuciannya.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan :

وكذلك الماء المستعمل في طهارة الحدث باقٍ على طهوريته

“Begitu pula air musta’mal yang digunakan untuk mensucikan hadats tetap bisa mensucikan.” (Majmu’ al-Fatawa, 20/519)

Demikianlah pemaparan sederhana tentang air musta’mal yang menjadi perbedaan di kalangan ulama, ini merupakan ranah khilafiyah yang kita dituntut untuk saling melapangkan dada dalam persolan ini. Wallahu a’lam bissowab.

Penulis: Zamroni
Editor: Arju
Sumber: Al-Alukah.net dan Islamqa.info
Apakah Air Musta'mal Suci dan Mensucikan? - Kiblat

BERITA TERKAIT


TITIAN


BERITA LAINNYA


Segala operasi menargetkan wilayah ISIS, khususnya pada masa sensitif seperti sekarang, harus dilakukan dengan detail dan terkoordinir.
 Sabtu, 05/01/2019 09:35   0     

Setidaknya tujuh polisi tewas dan 12 ditawan dalam serangan terbaru itu
 Sabtu, 05/01/2019 08:28   0  

Ratusan Tewas di Jalanan Thailand Saat Libur Tahun Baru, Penyebab Utamanya Mabuk
 Jum'at, 04/01/2019 20:59   0  

Matheus ditemukan warga tergeletak dengan luka di bagian kepalanya di sekitar TPU Mutiara, Mampang, Pancoran Mas, Depok
 Jum'at, 04/01/2019 19:36   0  

KIBLAT.NET- Pada, Kamis, 3 Januari 2019, digelar diskusi media “Mitigasi Bencana Masih Menjadi PR”. Pak...
 Jum'at, 04/01/2019 19:23   0  

KIBLAT.NET- Dan katakanlah kepada seluruh manusia yang baik-baik saja, maka apa yang didengar dari lisan...
 Jum'at, 04/01/2019 16:44   0  

PBNU akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konfrensi Besar (Konbes) NU 27 Februari hingga 1 Maret
 Jum'at, 04/01/2019 16:21   0  

Gallagher menikam remaja itu di leher dan tubuhnya dengan pisau setelah ia diserahkan ke SEAL di kota Mosul Irak
 Jum'at, 04/01/2019 14:34   0  

Ustadz Felix Siauw tidak habis mengerti dengan pihak-pihak yang menuduhnya sebagai pribadi intoleran.
 Jum'at, 04/01/2019 13:54   0  

Tujuh warga negara Cina menghadapi pengadilan Zimbabwe pada Kamis (03/01/2018) dengan dakwaan melanggar hukum margasatwa.
 Jum'at, 04/01/2019 13:10 





Tiada ulasan: