Isnin, 9 Mac 2020

Doa ajaran Nabi ﷺ saat mengalami Insomenia. 9901


Inilah Doa yang Diajarkan Nabi ﷺ Ketika Khalid bin Walid Insomnia.
 Senin, 9 Maret 2020 - 17:38 WIB
Panglim perang muslim, Khalid bin Walid RA pernah mengeluhkan susah tidur malam (insomnia), lalu Rasulullah ﷺ mengajarkan doa kepadanya. Foto Ilustrasi/Ist
Siapa yang tak kenal Khalid bin Walid radhiallahu 'anhu (585–642), sahabat Nabi ﷺ yang dijuluki Saifullah (Pedang Allah ﷻ Yang Terhunus). Beliau adalah Panglima Perang yang dikenal dengan ahli dalam strategi militer. Di bawah kepemimpinan militernya jazirah Arab pertama kali bersatu dalam dalam kekhalifahan.

Selama menjadi pemimpin Pasukan Muslim, beliau telah ikut lebih dari 100 pertempuran melawan kekaisaran Byzantium dan tak pernah kalah. Dalam biografinya, Khalid bin Walid adalah orang paling gigih dalam berperang. Namun beliau wafat di atas tempat tidur karena sakit, bukan di medan tempur. Begitulah kehendak Allah ﷻ padanya.

Ketika masa hidupnya, Khalid bin Walid pernah mengeluhkan susah tidur malam. Dalam kaidah kedokteran dikenal dengan istilah insomnia. Dikisahkan dalam riwayat Imam Tirmidzi, Khalid bin Walid berkata kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam (ﷺ), "Wahai Rasulullah ﷺ, aku tidak tidur tadi malam karena tidak dapat tidur."

Baca Juga:

Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia
Sejarah Ucapan Salam Assalamu'alaikum dan Keutamaannya

Kemudian Nabi ﷺ bersabda: "Apabila engkau pergi ke tempat tidurmu maka ucapkanlah:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الْأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ خَلْقِكَ كُلِّهِمْ جَمِيعًا أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يَبْغِيَ عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
Allahumma Robbas samaawaatis-sab'i wa maa azhallat, wa Robbal ardhiina wa maa aqallat, wa Robbasy-syayaathiina wa maa adhallat, kun lii jaaran min syarri khalqika kullihim jamii'an an yafrutha 'alayya ahadun minhum au an yabghiya 'azza jaaruka wa jalla tsanaauka, wa laa ilaaha ghairuka. Laa ilaaha illaa Anta.

Ertinya: Ya Allah, Tuhan tujuh lapis langit dan apa yang menaunginya, Tuhan tujuh lapis bumi dan apa yang ada di dalamnya, serta Tuhan setan dan apa yang tersesat. Jadikanlah untukku pelindung dari kejahatan seluruh makhluk-Mu, yang ingin melakukan kejahatan kepadaku, serta melakukan makar kepadaku. Sungguh mulia perlindungan-Mu, sungguh agung pujian kepada-Mu, tidak ada tuhan selain Engkau, dan tidak ada Tuhan kecuali Engkau. (HR Tirmidzi)

Dalam riwayat ain disebut, Khlid bin Walid pernah mengadu kepada Rasulullah ﷺ karena menderita insomnia (susah tidur) pada malam hari. Rasulullah ﷺ bersabda, "Apakah kamu ingin aku ajarkan doa yang diajarkan Jibril kepadaku. Rasulullah ﷺ mengira jin Ifrit mengganggu Khalid.

Nabi ﷺ menyuruhnya membaca: A'udzu bikalimatillahit-tammatil lati la yujawizuhunna barrun wa la fajirun, min syarri ma yanzilu minas samaa'i wa ma ya ruju fihaa. Wa min syarri maa dzara'a fil 'ardhi wa maa yakhruju minhaa, wa min syarri fitanillaili wan nahaari, wa min syarri thaariqil laili wan nahaari, illaa thaariqan bikhairin yaa Rahmaan.

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah ﷻ yang sempurna, dengan kalimat itu, orang yang baik atau pun orang yang jahat akan selamat dari kejahatan apa yang turun dari langit dan naik ke langit, dari kejahatan apa yang bertebaran di bumi dan apa yang keluar darinya, dari kejahatan fitnah di waktu malam dan siang, serta dari kejahatan perjalanan di malam dan siang hari, kecuali jalan kepada kebaikan, wahai Zat Yang Maha Pengasih. (HR Thabrani)

(rhs)
Sumber:
Inilah Doa yang Diajarkan Nabi Ketika Khalid bin Walid InsomniaRusman Siregar, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS 

Permisalan Ilmu
Atsar ID, Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 hours ago
PERMISALAN ILMU Al-Ustadz Abu Falih Yahya حفظه الله تعالى [image: Permisalan Ilmu] Ilmu adalah sebuah kata yang tidak butuh lagi kepada definisi. Sebab, penunjukan maknanya sudah begitu jelas. Ilmu adalah harta paling berharga yang menjaga pemiliknya. Ilmu adalah warisan nubuwah. Siapa yang mengambilnya, sungguh telah mengambil bagian yang sangat melimpah. Ilmu adalah sarana yang akan mengantarkan hamba menuju surga. Ilmu adalah hiasan terindah yang melekat pada manusia. la bisa mengangkat rakyat jelata pada kedudukan yang tinggi. Dalam Kitab Shahih Muslim disebutkan, bahwa Nafi’ bin...

7 Kata-Kata Bijak Buya Hamka yang Menginspirasi, Tamparan untuk Kehidupan
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 26 minutes ago
Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan Buya Hamka merupakan seorang ulama, sastrawan, sejarawan dan juga politikus yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Lahir di Desa Kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat pada 17 Februari 1908 dan meninggal di Jakarta pada 24 Juli 1981 pada usia 73.

8 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Hingga Nafsu Makan
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 54 minutes ago
Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan dalam pembuatan jamu.
Khalid Harap ‘Projek’ Kampung Baru Diteruskan
Rifqi Ilman, MYNEWSHUB - 3 hours ago
BEKAS Menteri Wilayah Persekutuan, Khalid Abdul Samad berharap barisan Kabinet baharu yang dilantik akan meneruskan Pelan Pembangunan Kampung Baru di... The post Khalid Harap ‘Projek’ Kampung Baru Diteruskan appeared first on MYNEWSHUB.

Tim Aju Kunjungan Raja Belanda Alami Kecelakaan di Palangkaraya
Victor Maulana, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - 1 hour ago
Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Teuku Faizasyah mengkonfirmasi kecelakaan tabrakan dua kapal cepat di Sungai Sebangau.

10 Cara Mengolah Durian Jadi Makin Lezat dan Menggiurkan
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 1 hour ago
Mengolah durian, si raja buah ini bisa menjadi cara ampuh bagi para insan yang tidak menyukai aroma menyengatnya. Bagi para pecinta buah durian, tentu saja aroma inilah yang menjadi sensasi berbeda yang diincar.

8 Penyakit Akibat Banjir yang Harus Diwaspadai, Perlu Penanganan Tepat
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 2 hours ago
Adanya curah hujan yang tinggi sejak awal tahun, membuat warga diminta untuk lebih mengantisipasi terhadap penyakit akibat banjir. Air banjir yang membawa beragam material mulai dari sampah, lumpur, bahkan bangkai merupakan sarang dari adanya virus dan bakteri pembawa penyakit.

Begini Cara Jaga Massa Otot Tetap Sehat agar Terhindar dari Masalah Kesehatan
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 3 hours ago
membuat seseorang jadi kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas. Menurut Dr. dr. C. Heriawan Soejono, massa otot yang sehat dapat memberikan kekuatan untuk melakukan aktivitas normal, mampu memberikan bentuk postur tubuh yang sehat, hingga mampu memulihkan ketika cedera.

6 Penyakit Kulit yang Kerap Mengintai Saat Banjir, Wajib Waspada
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 3 hours ago
Kondisi lingkungan yang kotor, air banjir yang membawa banyak kuman dan bakteri membawa penyakit yang serius kepada korbannya. Penyakit kulit, merupakan penyakit yang sering menghantui para korban banjir.

Ini Ciri-Ciri dan Penyebab Psikopat yang Harus Diperhatikan, Waspadai
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 3 hours ago
Psikopat, atau secara medis dikenal dengan kepribadian anti-sosial, merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan kurangnya empati dan kebiasaan melanggar peraturan. Berikut adalah ciri-ciri dan penyebab psikopat yang harus diperhatikan.

Korea Utara Luncurkan Tiga Proyektil meski Dapat Kecaman dari Negara-negara Eropa
Tribunnews.com - 1 hour ago
Militer Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan, Korea Utara (Korut) menembbakan tiga proyektil tak dikenal di lepas pantai timur pada Senin (9/3/2020).

Harta Haram itu Sumbernya dari Zalim, Riba, dan Gharar
Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 hour ago
Harta haram itu bersumber dari zalim, riba, dan gharar. Tulisan ini akan menjelaskannya. Posting Harta Haram itu Sumbernya dari Zalim, Riba, dan Gharar ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.

Tiada ulasan: