Ahad, 1 Mac 2020

Terlambat demi kasih sayang kepada ibu. 9824


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang bermaksud: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (QS. Yusuf: 86).

“Doa Ibu Lebih Mulia Dari Doa Ulama Besar Sekalipun.”
“.”
Di Hadromaut (Yaman), Setiap orang yang datang menghadap Habib Salim atau Habaib Sepuh yang Alim di Tarim untuk minta di doakan, selalu mendapat pertanyaan yang sama: Apakah kamu masih memiliki permata (Ibu) di rumahmu? Jika jawabnya, masih maka beliau dengan halus mengatakan: Tahukah, bahwa doa ibu untukmu, lebih Mulia dan Makbul dari pada Doa seorang Wali Besar sekalipun?

Rasulullah ﷺ bersabda: “Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah, maka jangan sia-siakan pintu itu atau jagalah ia.” (HR. TIRMIDZI).

Ibu adalah pintu Surga bagi anak2-nya dan Ayah adalah jembatan menuju kepadanya. 

Air susu Ibu yang kita minum adalah saripati makanan hasil jerih payah, keringat Ayah yang mencari nafkah untuk keluarga, karena itu Muliakan Mereka. 

Mau keluar rumah? Jangan lupa cium tangan Ibu dan Ayah. 

Bila kita sudah bekerja, berkeluarga atau tidak tinggal serumah, sering-seringlah mengunjunginya. Bila tidak memungkinkan, Telponlah, agar hatinya ridha, atas seluruh jerih payah dan setiap tetesan susu yang telah menjadi darah daging kita. 

Setidaknya, memberikan Perhatian kepadanya di Masa Tuanya, jangan melawannya... Kesuksesan kita dalam belajar.. dalam bekerja.. tidak terlepas dari DOA seorang Ibu

Perbaiki hubunganmu dengan Ibu, kau akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian.. DOA Ibu menembus langit ke-7... tidak terhalang oleh apapun ... Muliakanlah ibumu, surga menantimu.. Semoga ALLOH Ta'ala Meridhai dan selalu memberikan Rahmat dan barokah kepada kedua orang tua dan keluarga kita tercinta.


Pakailah Pakaianmu yang Indah di Setiap (Memasuki) Masjid
Posted on by 
Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berhias dan menutup aurat ketika mendatangi masjid untuk mendirikan sholat atau mengerjakan Thawaf … bahwa semestinya setiap hamba ketika akan melaksanakan shalat memakai pakaiannya yang terbaik.

Quran Surat Al-A’raf Ayat 31

{يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ} [الأعراف: 31]

Terjemah Arti: Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Quran Surat Al-A’raf Ayat 31)

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

التفسير الميسر (1/ 154)

يا بني آدم كونوا عند أداء كل صلاة على حالة من الزينة المشروعة من ثياب ساترة لعوراتكم ونظافة وطهارة ونحو ذلك، وكلوا واشربوا من طيبات ما رزقكم الله، ولا تتجاوزوا حدود الاعتدال في ذلك. إن الله لا يحب المتجاوزين المسرفين في الطعام والشراب وغير ذلك.

Wahai anak cucu Adam, pastikan diri kalian ketika akan melaksanakan shalat berada dalam kondisi berhias sesuai yang disyariatkan dengan mengenakan pakaian yang menutup aurat, memperhatikan kebersihan dan kesucian dan lain sebagainya. Makan dan minumlah dari barang yang baik-baik yang di karuniakan Allah kepada kalian, dan janganlah kalian melampaui batas kewajaran dalam hal itu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas dan berlebihan dalam makanan dan minuman dan hal lainnya.”/ Tafsir Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

31. Wahai anak-anak Adam! Kenakanlah pakaian yang menutupi aurat dan mempercantik penampilan kalian, yaitu pakaian yang bersih dan suci, ketika kalian menunaikan shalat dan melaksanakan tawaf. Makanlah dan minumlah apa saja yang baik yang dihalalkan oleh Allah, tetapi jangan berlebih-lebihan dan jangan melampaui batasan yang wajar dalam hal itu. Dan jangan beralih dari yang halal menuju yang haram. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas-batas yang wajar.”/Tafsir Al-Mukhtashar/Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. يٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ 

(Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid), Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berhias dan menutup aurat ketika mendatangi masjid untuk mendirikan sholat atau mengerjakan Thawaf.”

وَكُلُوا۟ وَاشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ

(makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan)
Allah melarang mereka berlebih-lebihan dan memerintahkan mereka untuk memakan makanan yang baik-baik, dan hal ini bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang mengaku sebagai orang yang zuhud, karena tidak ada kezuhudan dengan meninggalkan makan dan minum; dan orang yang meninggalkannya sama sekali maka ia telah bunuh diri dan menjadi ahli neraka, adapun orang yang hanya membatasi dirinya dengan sedikit makan dan minum sehingga melemahkan badannya dan menjadikannya tidak mampu untuk menjalankan kewajibannya melakukan ketaatan atau bekerja untuk dirinya dan keluarganya maka ia telah melanggar apa yang Allah perintahkan dan anjurkan.

Adapun orang yang berlebih-lebihan dalam membelanjakan hartanya sampai batas perbuatan orang-orang yang lemah akal dan mubadzir maka ia juga termasuk orang yang menyelisihi apa yang telah Allah syariatkan kepada hamba-hamba-Nya dan telah terjerumus kedalam perbuatan yang dilarang dalam al-qur’an./  Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1 ). Ibnul Qoyyim berkata : Agama ini sepenuhnya adalah adab, oleh karena itu ulama-ulama terdahulu menganjurkan setiap lelaki untuk memberindah dirinya sebelum keluar untuk melaksanakan shalat, aku mendengar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan: Allah memerintahkan hamba-hamba Nya di atas menutup aurat dalam shalat, yaitu : menggunakan perhiasan.” Allah berfirman:

{ يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ } 

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid”

Perintah shalat dikaitkan dengan perintah berhias, dan bukan kepada perintah menutup aurat, sebagai pembolehan bahwa semestinya setiap hamba ketika akan melaksanakan shalat memakai pakaiannya yang terbaik.

2 ). Suatu ketika seorang Nashrani (yang juga seorang tabib pribadi Khalifah Harun al-Rasyid) berkata kepada salah seorang ulama : “dalam kitab kalian tidak sedikitpun dituliskan ilmu tentang kedokteran”, kemudian sang ‘alim berkata : “sesungguhnya Allah telah mengumpulkan ilmu kedokteran dalam satu ayat dari kitab kami”, sang nashrani kemudian bertutur kembali : “lalu apakah itu ?” , sang ‘Alim kemudian membacakan firman Allah :

{ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ } 

“makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”/  Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari’ah Universitas Qashim – Saudi Arabia

31. Wahai anak Adam, berhiaslah dan tutupilah aurat di setiap shalat dan thawaf. Kalian diperbolehkan untuk makan dan minum tanpa berlaku boros, yaitu melampaui batas dalam melakukan setiap sesuatu. Sesungguhnya Allah membenci orang-orang yang berlebihan, meridhai orang yang menghalalkan sesuatu yang halal dan mengharamkan sesuatu yang haram./  Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Imam Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas ia berkata, “Ada wanita yang bertawaf di Baitullah dalam keadaan telanjang, lalu ia berkata, “Siapa yang mau meminjamkan kepadaku pakaian tawaf?” Untuk dia jadikan penutup farjinya dan ia berkata, “Pada hari ini, sebagiannya nampak atau semuanya. Bagian yang nampak daripadanya, tidak saya halalkan.” Maka turunlah ayat, “Khudzuu ziinatakum ‘inda kulli masjid.”

Hadits ini dinisbatkan oleh Ibnu Katsir kepada Nasa’i dan Ibnu Jarir (juz 8 hal. 160) dan diriwayatkan oleh Al Waahidiy dalam Asbaabunnuzul. Hakim juga menyebutkan di juz 2 hal. 319-320 dari jalan Syu’bah, di sana disebutkan turunnya ayat ini, “Qul man harrama ziinatallah…dst.” Hakim berkata, “Hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim, namun keduanya tidak menyebutkan”, dan didiamkan oleh Adz Dzahabi. Mungkin saja kedua ayat ini turun karena sebab tersebut, walahu ‘alam.

Yang menutupi auratmu.

Maksudnya setiap akan mengerjakan shalat atau thawaf keliling ka’bah atau ibadah-ibadah yang lain. Ayat ini memerintahkan untuk menutupi aurat, karena menutupnya menghiasi badan sebagaimana menanggalkannya menjadikan buruk bagi badan. Dalam ayat ini terdapat perintah menutup aurat ketika shalat dan dalam menjalankan ibadah lainnya, perintah berhias dan membersihkan pakaian dari kotoran dan najis.

Maksudnya janganlah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh dan jangan pula melampaui batas-batas makanan yang dihalalkan kepada yang diharamkan. Demikian pula terdapat larangan berlebihan (bermewah-mewahan) dalam hal makan, minum dan berpakaian.

Berlebih-lebihan adalah perkara yang dibenci Allah, membahayakan badan dan penghidupannya, bahkan terkadang membawanya kepada keadaan yang membuatnya tidak sanggup memenuhi kewajiban. Dalam ayat ini terdapat perintah makan dan minum, larangan meninggalkannya dan larangan berlebih-lebihan dalam makan dan minum./  Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada ayat yang lalu Allah memerintahkan agar manusia berlaku adil dalam semua urusan, maka pada ayat ini Allah memerintahkan agar memakai pakaian yang baik dalam beribadah, baik ketika salat, tawaf, dan ibadah lainnya. Allah juga memerintahkan manusia untuk makan dan minum secukupnya tanpa berlebih-lebihan. Wahai anak cucu adam! pakailah pakaianmu yang bagus yaitu pakaian yang dapat menutupi aurat kalian atau bahkan yang lebih dari itu ketika kalian beribadah, sehingga kalian bisa melakukan salat dan tawaf dengan nyaman, dan lakukanlah itu pada setiap memasuki dan berada di dalam masjid atau tempat lainnya di muka bumi ini. Dalam rangka beribadah, kami telah menyediakan makanan dan minuman, maka makan dan minumlah apa saja yang kamu sukai dari makanan dan minuman yang halal, baik dan bergizi, tetapi jangan berlebihan dalam segala hal, baik dalam beribadah dengan menambah cara atau kadarnya, ataupun dalam makan dan minum. Karena sungguh, Allah tidak menyukai, yakni tidak melimpahkan rahmat dan ganjaran-Nya kepada orang yang berlebih-lebihan dalam hal apa pun. Allah mengecam kaum musyrik yang mengharamkan sesuatu yang baik, seperti berpakaian dan memakan makanan yang baik, kemudian mereka mengatakan bahwa ketentuan itu berasal dari Allah. Oleh karena itu, Allah memerintahkan nabi-Nya untuk mengingkari perkataan orang-orang musyrik itu. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada mereka yang mengharamkan apa yang dihalalkan Allah, siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah disediakan, yakni diizinkan untuk dikenakan dan dinikmati, untuk hamba-hamba-Nya, dan rezeki yang baik-baik yang Allah sediakan di muka bumi ini’ katakanlah, pakaian, makanan, atau rezeki lainnya, semua itu untuk orang-orang yang beriman juga orang yang tidak beriman dalam kehidupan dunia, tetapi ia akan menjadi khusus untuk mereka saja yang beriman pada hari kiamat. Demikianlah, kami menjelaskan ayat-ayat, yakni ketetapan-ketetapan hukum atau bukti-bukti kebesaran kami, itu untuk orang-orang yang ingin mengetahui./Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Ilustrasi Warga Batam terlihat mulai mendatangi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/9/2019) / foto (tribunbatam.id/zabur anjasfianto)
(nahimunkar.org)
Sumber: 
Nahimunkar.org | Pakailah Pakaianmu yang Indah di Setiap (Memasuki) Masjid

Inilah Sahalat Jumat paling Akbar Sepanjang Sejarah 
by Eneng Susanti
ADA satu momen bersejarah yang terkait dengan shalat Jumat. Ibadah yang wajib dilakukan muslim setiap hari Jumat ini biasanya berlangsung di masjid dan diikuti oleh banyak jamaah. Dalam buku Detik-detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim karya Roger Crowley, disebutkan bahwa shalat Jumat pernah berlangsung akbar. 

Kejadian tersebut terjadi pada 23 Maret 1453 saat penaklukan Konstantinopel. Kala itu Sultan Mehmet II yang juga dikenal dengan nama Muhammad al-Fatih berangkat dari Edirne dengan penuh kemegahan bersama seluruh pasukannya, baik itu prajurit kavaleri maupun prajurit infantri.


Saat Sultan Mehmet II berangkat tepat hari Jumat, hari yang sengaja dipilihnya untuk menambah kesakralan penyerangan ke Konstantinopel. Ketika berangkat, Sultan Mehmet II ditemani para ulama, syekh dan para habib. Para tokoh agama Islam tersebut membaca doa berulang-ulang, bergerak maju bersama pasukan yang lain.

Saat hendak melakukan penyerangan, puluhan ribu pasukan umat Islam tersebut tak lupa melaksanakan salat Jumat terlebih dahulu. Dalam catatan sejarah, salat Jumat ini menjadi yang paling akbar yang pernah terjadi pada 1453.

Salat Jumat ini dilakukan di jalan menuju Konstantinopel dengan shaf jamaah membentang sepanjang 4 kilometer dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di Utara. Salat Jumat tersebut dilakukan di depan Benteng Konstantinopel dengan jarak 1.5 kilometer.

Selama lebih dari seribu tahun, Konstantinopel adalah pusat dunia barat sekaligus pertahanan Kristen terhadap Islam. Kota ini tak pernah lepas dari ancaman dan selalu selamat dari penyerangan yang rata-rata muncul setiap empat puluh tahun. Namun Muhammad al-Fatih dengan bala tentaranya yang sangat besar akhirnya berhasil melewati tembok pertahanan kota Konstantinopel.


Berbekal persenjataan baru yang canggih, sebanyak 80 ribu pasukan Muslim mulai menyerang delapan ribu pasukan Kristen di bawah pimpinan Konstantin XI, Kaisar Byzantium ke-57. Hingga akhirnya Konstantinopel jatuh ke tangan umat Muslim.


Penaklukan Konstantinopel dipimpin panglima muda berusia 23 tahun tersebut membuktikan hadist nabi yang menyatakan bahwa Konstantinopel nantinya akan jatuh ke tangan umat Islam.

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baiknya pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya sebaik-baiknya pasukan,” (HR. Ahmad). []

Referensi: 1453, Detik-detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim/ Karya: Roger Crowley/ Penerbit: Pustaka Alvabet/ Tahun: 2011

Sumber:

Di Malaysia, bahawa layanan Islam terhadap orang Hindu tidak pernah seperti yang mereka lakukan kepada orang Islam di sana. 

Cerita Buya HAMKA tentang Gandhi dan Ghirah Hindunya Benci Islam. 
Posted on by 
Gerombolan Radikal Hindu Bakar Sebuah Masjid di Ibukota India New Delhi/foto dok. net

Diskriminasi dan penindasan terhadap kaum muslimin di India sekarang sebenarnya karena bibit kebencian terhadap Islam yang memang sudah mengakar dan terus menerus disemaikan di India.

Buya Hamka dalam bukunya Ghirah, Cemburu Karena Allah (GIP, 2016) banyak bercerita bahwa Mahatma Gandhi yang sering dielu-elukan sebagai bapak humanisme dan pluralisme dunia dari India adalah sosok yang paling benci kepada Islam dan punya ghirah terhadap agamanya-Hindu yang luar biasa totalitasnya. Dia lah sebenarnya yang amat tak suka Islam berkembang di India meski cara mencegahnya terlihat “halus”.

Cerita pertama tentang Vijaya Lakshmi. Saat itu di jaman perang kemerdekaan di bawah pimpinan kongres belum terjadi perpecahan pemimpin Hindu dan Muslim berdirilah para pemimpin di sekeliling Gandhi. 

Di antara anggota majelis ada perempuan cantik putri Hindu bangsawan yakni adik Yawaharal Nehru, Viyaya Lakshmi Pandit. Di samping itu ada pula seorang pemuda Islam bernama Dr. Said Husain. Semboyan selama ini adalah Persatuan Hindu-Muslim membela ibu pertiwi. Vijaya dan Husain saling mencintai. Berbeda agama tidak menjadi dinding bagi asmara mereka.

Keduanya sama-sama berpendidikan tinggi. Harapannya perkawinan mereka akan jadi simbol persatuan Hindu Islam. Sayangnya Gandhi yang dijuluki “Nabi”nya Persatuan India dan Motial Nehru bangsawan hartawan yang luas faham pula menentang hubungan mereka. “Tidak, tidak, tidak….! Darah Aria yang tinggi, darah Hindu keturunan Pandit, tidak akan diserahkan kepada seorang Islam. Tidak!”

Ayahnya Motial membujuk, janganlah dilangsungkan perkawinan itu. Dan abangnya Yawaharal Nehru pun, yang terkenal bijak, meminta jangan dilangsungkan, karena masyarakat Hindu tidak akan menerimanya. Tetapi tidak berhasil! Viyaya kekeh.

Akhirnya Gandhi pun turun tangan. Dia pergi kepada Viyaya. Dia sujud bertiarap di bawah kaki puteri jelita itu. Gandhi berkata bahwa dia tidak akan mengangkat kepalanya, sebelum Viyaya berjanji bahwa perkawinan itu tidak akan dilangsungkan. Akhirnya Viyaya patah! Seorang wanita yang berbudi halus, tidaklah dapat bertahan lagi, menyerah di depan seorang pribadi agung India yang sudi meniarap di bawah kakinya. Viyaya terpaksa tunduk! Lalu menerima saat Gandhi memilihkan buat dia seorang pemuda Hindu buat jadi suaminya.

Untuk mencegah pengaruh kenangannya kepada Said Husain, pemuda ini diutus ke Amerika Serikat buat belajar. Di sanalah pemuda itu hidup sampai 20 tahun. Beberapa lama kemudian meninggallah suami Viyaya. Sedang Said Husain masih ada di Amerika, dan belum menikah. Apa hendak dikata, masa muda telah berlalu 20 tahun. Uban pun telah mulai menjuntai di kepala mereka.

Datang juga dia ke Amerika, buat berjumpa kekasihnya. Tetapi apa hendak dikata akhirnya mereka lebih memilih bersahabat. Setelah India merdeka, Dr. Said Husain diangkat menjadi Duta Besar India yang pertama buat Mesir. Setelah itu dia pun meninggal.

Bayangkan demi agamanya, Gandhi sudi sujud di kaki seorang perempuan! Begitu hebatnya cemburu Gandhi kalau martabat agamanya tersinggung. Meskipun kelihatannya, ia dikenal begitu lemah lembut dan berprikemanusiaan.

Di cerita kedua, pada tahun 1936 terdengar kabar Motial Gandhi sulungnya masuk Islam di Amerika Selatan. Ribut besar! Gandhi rela puasa sampai mati karena sedihnya. Segala upaya ia lakukan tapi tidak dengan kekerasan. Akhirnya anaknya murtad kembali!

Cerita ketiga. Pada tahun 1938 seorang gadis Islam bernama Raihanah Thaib jatuh cinta pada seorang pemuda hartawan Hindu. Kemenakan dari seorang milyuner Hindu, Chankarlal. Mereka akhirnya berhasil menikah. Maka orang yang lebih dulu mengirim berita untuk mengucapkan selamat atas perkawinan itu, di malam pertama tak lain dan tak bukan ialah Mahatma Gandhi. Bayangkan! Dia keberatan jika kaumnya masuk Islam, tetapi jika ada seorang Muslim yang berhasil dibawa kepada Hindu dia sangat sukacita.

Lalu pada cerita keempat tentang advokat besar beragama Hindu bernama Kannyalal Yaba yang masuk Islam di bawah pimpinan Penyair Iqbal. Gandhi sangat berduka cita lalu ia datang sendiri ke Lahore dengan penuh lemah lembut membujuk Yaba agar kembali memeluk agama nenek moyang, namun Yaba menanggapinya hanya dengan senyum. Ia tetap muslim dan mengganti nama Khalid Lathif Yaba.

Cerita kelima tentang berita kaum hina dina (sekarang dikenal dengan nama Kasta Dalit. Dalit adalah kasta terendah di India yang bahkan tak dimasukkan dalam empat tingkatan sistem varna (Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra)-pen)

Kasta ini dipimpin Dr.Ambedkar seorang ekonom dan pembaharu. Mereka beramai-ramai masuk Islam. Gandhi kelabakan. Ia buru-buru bikin kepanitiaan untuk mencegahnya padahal kasta ini di India tidak dianggap, bahkan tidak diijinkan masuk kuil karena dipandang hina. Apa yang Gandhi lakukan? Puasa sampai mati! Dia gak makan roti dan nasi tapi hanya minum susu kambing dan buah-buahan.

Kata Buya dalam bukunya, Gandhi adalah lambang dari perasaan Hindu yang tak menyukai Islam terutama saat Islam bangkit. Ia tak setuju jika Islam memperoleh kebebasan . Ia tak setuju negara Pakistan berdiri.

Gandhi membenci Islam dengan cara lembut. Ada kalangan Hindu yang lebih-lebih bencinya yakni golongan Hindu Mahasbha. Mereka ingin jika kekuasaan ada di tangan hendak mengikis habis umat Islam dari bumi India. Gandhi tak setuju, dia tetap ingin membenci Islam dengan caranya sendiri. Akhirnya dia mati jadi korban oleh kalangan mereka sendiri- Hindu Mahasbha bukan oleh umat Islam.

Kini setelah Gandhi wafat (1948), teror dan pengejaran terhadap umat Islam di India masih berlangsung hingga sekarang. Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Narendra Modi yang sekarang jadi perdana menteri, menjadi momok yang menakutkan bagi Muslim India setelah kemenangannya dalam pemilu. Buya Hamka benar, penindasan terhadap muslim akan terus berlangsung di India karena bibit kebencian itu sudah mendarah daging.

Bogor, 29022020 Cemburulah untuk agamamu, jika dilepas gantinya hanya satu macam yakni kain kafan tiga lapis! (Buya Hamka) Disarikan dari buku Ghirah, Cemburu Karena Allah karya Buya Hamka. Gema Insani Press. Jakarta. 2016 Reni Trisilawati 

(nahimunkar.org)
Sumber: 

Himpitan Kubur yang Sangat Menyiksa
Nasihat Himpitan Kubur yang Sangat Menyiksa, himpitan kubur bagi semua mayit?




Himpitan Kubur yang Sangat Menyiksa
Nasihat Al Ustadz Usamah Mahri, Lc
Dengarkan audionya di bawah ini

HIMPITAN KUBUR BAGI MAYYIT, APAKAH TERJADI PADA SEMUA ORANG MATI?

Mufti: al-Imam Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:

"Hadits sahabat yang menghadiri jenazahnya 70 ribuan malaikat, ketika penguburannya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:"Sungguh dia telah dihimpit dengan sebuah himpitan yang kalau seandainya ada satu orang yang selamat darinya, niscaya akan selamat dari himpitan itu Sa'd bin Mu'adz" apakah ini terjadi pada kita semua atau tidak?"

Jawaban:

"Adapun (kisah) kejadian 70 ribu malaikat menghadiri jenazahnya, kisah ini aku tidak mengetahuinya. Adapun kejadian himpitan kubur tersebut, maka beliau adalah Sa'ad bin Mu'adz-radliyallahu 'anhu-pemimpin suku Aus. Kisahnya bersama Bani Quraizhah sangat terkenal. Yang mana mereka menjalin aliansi dengannya ketika mereka (Yahudi Bani Quraizhah) mengkhianati Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Maka beliau  (Nabi shallallahu alaihi wa sallam) memerangi dan mengepung mereka lebih dari 20 malam. Ketika mereka merasa lelah dengan pengepungan tersebut, mereka meminta agar (keadaan mereka) diputuskan berdasarkan hukum Sa'ad bin Mu'adz. Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam memberikan apa yang mereka minta.

Dan saat itu Sa'd radliyallahu 'anhu berada di dalam kemah beliau di dalam masjid karena urat lengan beliau yang terluka dan mengalirkan darah. Dia tertimpa (luka tersebut) di saat perang Ahzab. Maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membangun kubah-yaitu kemah-di masjid agar beliau bisa mengunjunginya lebih dekat.

Dan beliau radliyallahu'anhu ketika mendengar bahwasanya Bani Quraizhah-yang mereka adalah sekutunya-telah melanggar perjanjian, berdoa:"Ya Allah, janganlah Engkau matikan aku hingga mataku merasa sejuk dengan mereka." Yakni agar bisa menghukum mereka karena telah mengkhianati perjanjian.

Setelah itu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus (utusan) kepadanya. Beliau berkata kepadanya:"Sesungguhnya sekutumu ingin agar diputuskan (hukuman) berdasarkan keputusanmu." Maka Sa'd radliyallahu 'anhu datang dari Masjid Nabi shallallahu alaihi wa sallam ke tempat Bani Quraizhah dengan mengendarai keledai. Ketika dia sampai, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:"berdirilah untuk pemimpin kalian."

Maka mereka pun berdiri. Dia pun turun (dari keledai). Lalu berkumpullah para pembesar Yahudi di sekitar Nabi shallallahu alaihi wa sallam dalam rangka Sa'd bin Mu'adz memutuskan hukum untuk mereka.

Dan Yahudi Bani Quraizhah mengharapkan agar Sa'd menghukumi mereka seperti Abdullah bin Ubay menghukumi Yahudi Bani Nadhir. Tetapi berbeda antara Abdullah bin Ubay yang merupakan pemimpin kaum munafikin dengan Sa'd bin Mu'adz radliyallahu 'anhu. Ketika mereka telah hadir, dia berkata:"apakah keputusanku berlaku untuk kalian semua?" Mereka menjawab:"Ya." Dia berkata kembali:"Dan atas siapapun yang ada disini?" Dia tidak menyebut (apakah berlaku) kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dan ini di antara adab sopan santunnya (kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam).

Dia tidak berkata keputusanku berlaku kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Tetapi dia menyatakan:"berlaku kepada siapapun disini?" Lalu dia berkata:"Aku menghukumi mereka, agar orang-orang yang ikut berperang dibunuh dan perempuan serta anak-anak mereka ditawan." Maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:"Sungguh engkau telah menghukum mereka dengan hukum Allah dari atas tujuh langit." Kemudian keputusan itu pun diberlakukan. Dibunuhlah para prajurit perang sedangkan wanita dan anak-anak mereka ditawan.

Setelah itu, darah dari luka Sa'd bin Mu'adz semakin deras mengalir. Lalu beliau radliyallahu 'anhu pun meninggal. Beliau tetap hidup hingga Allah mengabulkan doanya. Allah menyejukkan matanya dengan Bani Quraizhah hingga hukum terhadap mereka diputuskan melalui tangannya. Ketika dia telah memutuskan dan urusan mereka telah selesai, darahnya semakin mengucur deras, lalu beliau wafat radliyallahu 'anhu. Telah datang riwayat dalam Kitab Shahih (Bukhari dan Muslim) bahwa 'Arsy Allah berguncang karena kematian Sa'd bin Mu'adz. Allahu Akbar! Berkata Hassan bin Tsabit radliyallahu 'anhu tentang hal tersebut:

Tidaklah 'Arsy Allah berguncang karena kematian seseorang

Yang kami dengar beritanya kecuali karena (kematian) Sa'd Abu Umar. Adapun terkait himpitan kubur, telah diriwayatkan bahwa kubur menghimpit beliau radliyallahu 'anhu. Akan tetapi sejauh yang aku yakini bahwasanya hadits itu lemah. Karena hadits-hadits yang shahih menunjukkan bahwasanya seseorang jika telah ditanya oleh dua malaikat dan dia menjawab dengan benar, maka kuburnya pun dilapangkan. Tetapi kalaupun hadits itu shahih, maka maknanya bahwasanya kubur menghimpitnya di awal masuknya. Lalu (setelahnya) dilapangkan untuk beliau.

Dan telah disebutkan bahwasanya himpitan kubur bagi seorang mukmin seperti pelukan ibu yang penyayang kepada putranya. Yakni bukan himpitan yang menyakitkan atau mengganggu. Kami memohon kepada Allah agar Dia menjadikan kami dan kalian termasuk golongan orang-orang yang berbahagia."

Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
Kanal Telegram: https://telegram.me/salafysitubondo
Sumber: 

Serangan Umum 1 Maret, Pertempuran di Yogyakarta yang Guncang Dunia.
Minggu, 1 Maret 2020 10:05 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Serangan Umum 1 Maret 1949. http://www.jagatreview.com/
Merdeka.com - Peristiwa Serangan Umum 1 Maret [Mac] 1949 tak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini menjadi salah satu bukti perjuangan para pahlawan. Terdapat beberapa versi seputar Serangan Umum 1 Maret. Bahkan, penggagas Serangan Umum 1 Maret pun masih menjadi kontroversi. Meski demikian, peristiwa ini harus lah tetap diingat sebagai wujud rasa menghargai pada para pahlawan.

Kontroversi Penggagas Serangan Umum 1 Maret.

Penggagas Serangan Umum 1 Maret masih menjadi kontroversi. Dalam film dan buku-buku yang beredar selama Orde Baru, disebutkan bahwa Soeharto adalah penggagas sekaligus pelaku utama Serangan Umum 1 Maret. Namun, perlahan sejarah mulai diluruskan. Hal ini juga tertulis dalam buku 'Cuplikan Sejarah Perjuangan TNI AD' yang diterbitkan oleh Dinas Sejarah Militer TNI AD tahun 1972. Dalam buku tersebut, dituliskan Soeharto adalah inisiator Serangan Umum 1 Maret.

Peran Soeharto

Pada 19 Desember 1948, dalam waktu singkat, Ibukota Republik Indonesia di Yogyakarta direbut oleh Belanda. Soekarno dan Hatta pun diasingkan ke Sumatera. Sedangkan Soedirman dan pasukan TNI memilih masuk ke hutan dan mengorbankan perang gerilya semesta. Pada saat itu, Letnan Kolonel Soeharto selaku Komandan Brigade X/Wehrkreise III merasa perlu melakukan serangan di siang hari untuk menunjukkan TNI masih ada. Belanda selalu mengklaim bahwa serangan di malam hari hanya dilakukan oleh Bandit. Oleh sebab itu, serangan di siang hari dirasa perlu dilakukan oleh TNI. Ketika akan melakukan serangan, Soeharto melapor terlebih dulu kepada Sultan. Sultan pun memberikan restu. Seolah-olah Sultan sama sekali tak memiliki andil, hanya menyetujui rencana serangan yang akan dilakukan tersebut.

Penggagas Serangan Umum 1 Maret versi Buku Takhta untuk Rakyat

Dalam sebuah buku berjudul 'Buku Takhta untuk Rakyat' tertulis jelas siapa penggagas Serangan Umum 1 Maret. Pada saat itu, Sultan merasa was-was dan resah dengan semangat juang TNI dan rakyat yang kian menurun. Sultan pun mengetahui bahwa Indonesia dan Belanda akan dibicarakan di forum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melalui siaran radio luar negeri. Sultan pun menginginkan adanya sebuah serangan di siang hari. Meski tidak dapat mengusir Belanda dari Yogyakarta, paling tidak dapat menunjukkan jika TNI masih ada. Kemudian Sultan mengirimkan kurit pada Panglima TNI Jenderal Soedirman. Sultan pun ingin dipertemukan dengan pemimpin pasukan Gerilya di Yogyakarta. Pada saat itu, Soeharto adalah Komandan Wehrkreise III yang membawahi Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Soeharto pun menyanggupi permintaan Sultan tersebut. Meski pasukan TNI beberapa kali telah mengganggu pos-pos Belanda, tetapi hal tersebut dilakukan di malam hari. Sedangkan serangan yang terkoordinasi pada siang hari, belum pernah dilakukan oleh TNI.

Panglima Serangan Umum 1 Maret

Serangan Umum 1 Maret pun digelar. Selama 6 jam, pasukan TNI berhasil menguasai Kota Yogyakarta. Serangan Umum 1 Maret pun disebarkan ke seluruh dunia melalui radio Republik di pegunungan. Ada nama besar di balik peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Bertahun-tahun nama Kolonel Bambang Sugeng seolah terlupakan. Kolonel Bambang Sugeng adalah Gubernur Militer III sekaligus Panglima Divisi III. Kolonel Bambang juga merupakan atasan Letkol Soeharto kala itu. Ia memerintahkan jajaran di bawahnya untuk menggelar serangan serentak pada tentara Belanda di Kota Yogyakarta. Serangan tersebut harus dilakukan di siang hari. Perintah Kolonel Bambang Sugeng tersebut diteruskan pada Komandan Wehrkreise III Letkol Soeharto. Kemudian atas bantuan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Serangan Umum 1 Maret dapat dilakukan. Dalam biografinya yang ditulis oleh Edi Hartoto dan diterbitkan Kompas, Panglima Bambang Sugeng selama pertempuran berperan mengendalikan jalannya pertempuran di seluruh Divisi III.

Alasan TNI Tak Terus Bertahan di Yogyakarta

Pasukan TNI hanya diperintahkan untuk menguasai Yogyakarta selama 6 jam. Setelah itu, pada siang harinya seluruh pasukan akan ditarik kembali ke kantong gerilya di pegunungan. Tetapi, Bambang Sugeng tetap memerintahkan perlawanan terus dilakukan, tetapi kembali secara gerilya. Ia memiliki beberapa alasan kenapa TNI tak terus bertahan di Kota Yogyakarta. Pertama, menurut Sugeng Bambang, hal ini dilakukan untuk mencegah balas dendam pasukan Belanda. Kedua adalah mendesak tentara Belanda agar benar-benar kebingungan. Siasat ini efektif karena korban di pihak dapat di minimalisir. Sedangkan pasukan Van Langen di Yogyakarta jatuh morilnya.

Komentar Soerjono

Peran Letkol Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret tak bisa dipisahkan dalam perang untuk merebut kembali Kota Yogyakarta tersebut. Dalam buku karya Mahpudi Cs, Soerjono yang berjudul 'Pak Harto Untold Stories' disebutkan bahwa Serangan Umum 1 Maret telah sangat dipersiapkan secara matang. Mahpudi Cs, Soerjono adalah salah satu staf Letkol Soeharto kala itu. Soerjono mengaku bahwa dirinya telah ikut dengan Soeharto bergerilya di hutan-hutan sebelum peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Bahkan ia mengatakan bahwa Soeharto selalu tampil di depan saat bertempur melawan Belanda. "Pada saat itu, Pak Harto seolah-olah memiliki kekuatan mental yang luar biasa. Boleh percaya atau tidak, tetapi Pak Harto seperti tidak mempan ditembak. Pak Harto selalu di barisan depan jika menyerang atau diserang Belanda. Saya sering diminta menempatkan posisi diri di belakang beliau," ujar Soerjono di halaman 99 buku tersebut. "Saya ingat kata-kata Pak Harto, kalau takut mati tidak usah ikut perang," tambahnya. Soerjono pun menyayangkan beberapa orang yang meragukan peranan Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret tersebut. Ia berpendapat bahwa orang-orang tersebut mempersoalkan karena tak menyukai Soeharto. "Saya sendiri merasakan keikhlasan Pak Harto pada saat perang dan terus berjuang membangun Indonesia ini. kelak generasi penerus akan melihat nilai-nilai positif yang sudah pasti di Lakukan Soeharto untuk Indonesia," terangnya.

Kritik Sejarawan 

Salah satu sejarawan, Asvi Warman mengkritik dominasi peran Soeharto tersebut. Berdasarkan fakta-fakta yang ada, Soeharto yang saat itu berpangkat Letnan Kolonel jelas tidak mungkin menginisiasi Serangan Umum 1 Maret. Ia yakin bahwa inisiator sesungguhnya pasti Sultan Hamengkubuwono IX. Sedangkan Soeharto hanya pelaksana lapangan. "Sejauh mana Soeharto bisa memantau siaran radio luar negeri. Ide awal pasti datang dari Sultan yang selalu memantau situasi politik luar negeri lewat radio. Sultan tahu akan ada sidang PBB. Beliau ingin ada sesuatu hal yang bisa membuktikan Republik Indonesia masih ada," ucap Asvi pada Merdeka.com. Selain itu, Asvi merasa bahwa peran Sultan sangat dipinggirkan. "Peran Sultan selama Orde Baru memang sangat dipinggirkan. Padahal Sultan sangat berperan selama perang kemerdekaan. Bukan hanya saat Serangan Umum 1 Maret saja. Tapi kan selama Orde Baru ini seolah-olah Sultan tidak berperan apa-apa," kritik Asvi.

[add]
Sumber: 

Dia hanya tukang cuci, tapi saya lihat setiap hari dia membaca al Quran.”

SUNGAI BULOH - Dia hanya seorang tukang cuci namun usahanya mendekati ajaran agama Islam dengan membaca al-Quran ketika masa lapang membuat ramai kagum. 
Tidak terkecuali, pemilik akaun Facebook Imran Kasran yang berkongsi kisah tersebut untuk tatapan pengguna Facebook. Katanya, setiap kali dipanggil bertugas lebih masa (OT) pada waktu malam (oncall), dia akan terserempak dengan seorang hamba ALLAH dikenali Shafigur dari Bangladesh di sebuah surau di sini. "Kerjanya mencuci bilik-bilik OT, tukar baju yang dah terpakai, tambah barang-barang dalam OT. 

"Selalunya, dia akan ambil masa beberapa minit pada setiap malam untuk mengalunkan ayat-ayat suci al-Quran. "Bila ditegur, setiap hari baca al-Quran berapa banyak? Kerana saya tengok setiap hari Shafigur berada dalam surau di antara solat Maghrib dan Isyak. "Dia sekadar menjawab, hanya membaca satu juzuk sahaja, nanti dalam sebulan dia khatam Quran," katanya. Bercerita lanjut, katanya, Shafigur membaca al-Quran bukan kerana dia mempunyai masalah dalam kehidupan sebaliknya membaca al-Quran ketika hatinya tenang dan menjanjikan, apabila kita menjaga ALLAH, nanti ALLAH akan jaga kita kembali. Kisah penuh inspirasi itu nyata membuka mata ramai netizen agar sentiasa istiqamah dalam rutin membaca al-Quran. 

"Tak kira apa pekerjaannya kolar biru ke kolar putih ke...yang paling mahal dan bernilai sentiasa istiqamah dalam rutin bacaan al-Quran yang dibuatnya. "Semoga kisah ini jadi inspirasi buat kita juga. Asbab untuk kita terus baca al-Quran. Insya-ALLAH dipermudahkan segala urusan amin," kata Sharina Supian. 

Netizen dikenali Fathia Arfanuddin berkongsi pendapatnya dengan mengakui amalan membaca al-Quran setiap hari akan menemui ketenangan. "Betul sangat apa yang dia kata. Pengalaman saya sendiri pun. Saya mula buat amalan baca al-Quran setiap hari. Jadikan al-Quran itu sebagai teman dan kita akan jumpa ketenangan. Alhamdulillah ketenangan itulah yang saya perolehi sekarang," ujarnya. Sumber : Sinar Harian

Dalam sebuah hadis yang sahih, Rasulullah SAW memberi jaminan "bacalah Al Quran, sesungguhnya ianya akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat kepada pendampingnya"

Sumber: 
http://www.krissmerah.com/2020/03/dia-hanyactuiang-cuci-tapi-saya-lihat.html?

Hina Agong: Seorang lelaki tempatan ditahan
Suspek hina Al-Sultan Abdullah menerusi akaun Facebook Aaron Yee
Photo of azrul hakimie azrul hakimie 01/03/2020
KUALA LUMPUR, 6 Rejab 1441H, Ahad – Polis hari ini menahan seorang lelaki tempatan kerana memuat naik status menghina Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah di laman sosial Facebook.

Pengarah Jabatan Siasatan Jenayah (JSJ) Bukit Aman Datuk Huzir Mohamed menerusi satu kenyataan berkata suspek berusia 35 tahun itu dikatakan memuat naik status menghina Al-Sultan Abdullah menerusi akaun Facebook Aaron Yee.

Beliau berkata kes itu disiasat mengikut Seksyen 4(1)(a) Akta Hasutan iaitu kecenderungan menghasut serta Seksyen 233 Akta Komunikasi dan Multimedia 1998 iaitu penggunaan tidak wajar kemudahan rangkaian atau perkhidmatan rangkaian.

“Unit Siasatan Jenayah Terkelas (D5) JSJ Bukit Aman juga sedang menyiasat pemilik akaun Gavin Lee dan Haizad Azhar kerana melakukan kesalahan yang sama,” katanya.

Huzir juga berkata pihaknya sedang menjalankan siasatan terhadap status yang dimuat naik pemilik akaun Twitter Fadiah Nadwa Fikiri @FadiahNadwa kerana mempunyai unsur-unsur hasutan.

“Status dimuat naik ini boleh mendatangkan suasana tidak harmoni, perpecahan, perasaan permusuhan dan boleh mengganggu-gugat ketenteraman awam,” katanya sambil menambah kes itu disiasat mengikut Seksyen 4(1)(a) Akta Hasutan serta Seksyen 233 Akta Komunikasi dan Multimedia 1998.

Huzir menggesa orang ramai agar mendukung prinsip rukun negara iaitu kesetiaan kepada raja dan negara serta tidak membuat, menerbit atau mengedarkan apa-apa kenyataan yang mempunyai kecenderungan menghasut sehingga mendatangkan suasana tidak harmoni.

“Polis Diraja Malaysia (PDRM) turut menasihatkan semua pihak supaya tidak membuat sebarang tindakan menyalahi undang-undang dan akan bertindak tegas mengheret pesalah ke muka pengadilan,” katanya.-Bernama

Sumber:

Di Malaysia xpernah ada berita macam ini dibawakan warganet Malaysia. Xtahu kenapa. 
Merdeka > Jateng
Punya Wajah Mirip Anies Baswedan, Penjual Nasi Goreng Ini Jadi Viral.
Minggu, 1 Maret 2020 09:16 Reporter : Shani Rasyid
anies baswedan. ©2018 Merdeka.com/liputan6.com
Merdeka.com - Siapa yang tak mengenal sosok Anies Baswedan? Selain dikenal sebagai Gubernur DKI JakartaAnies juga dikenal memiliki darah Arab. Kalau beberapa waktu lalu masyarakat pernah dihebohkan dengan sosok Reza Sri Mulyadi yang mirip Jokowi, kini muncul sosok mirip mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan. 

Pengguna media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang diunggah oleh akun @MurtadhaOne1, Kamis (26/2) lalu. Dalam video yang berdurasi kurang dari setengah menit itu, diperlihatkan seorang penjual nasi goreng sedang berhitung dengan kalkulator di gerobak dagangannya. Tak lama kemudian penjual nasi goreng yang mengenakan baju kuning itu memalingkan muka ke kamera, wajahnya mirip Anies Baswedan. Ini dia sosoknya. 

Berjualan Nasi Goreng

Penjual nasi goreng berwajah mirip Anies Baswedan itu bernama Wasrafin. Sang pengunggah video, @MurthadhaOne1, merekam aksi Wasrafin ketika bekerja. Sehari-harinya, Wasrifin berjualan nasi goreng di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Tak mau kehilangan momen, Murthadha melakukan wawancara sambil bercanda. Bertindak seolah seperti presenter, sang pemilik akun itu menyebut Wasrafin sebagai sepupu Anies Baswedan.

2020 liputan6.com
Murah Senyum

Setelah video itu direkam, pemilik akun Twitter@MurtadhaOne1 mengunggah video itu dengan caption jenaka. "Meski wajahnya sangat mirip Anies, tapi dia tidak pernah menjawab nunggu air laut surut saat ditanya, Mas, kapan nasgor pesenan saya selesai dimasak?" tulisnya. Ketika dihujani berbagai pertanyaan dari sang perekam video, Wasrifin hanya tersenyum tanpa menjawab. Ia terus melakukan pekerjaan sehari-harinya seperti biasa.

Reaksi Warganet

Beredarnya video itu kemudian mengundang reaksi warganet. Saat ini, video itu telah ditonton lebih dari 7.000 penonton. Berbagai komentarpun memenuhi menanggapi unggahan ini. Seperti yang dituliskan pengguna akun @Aman_Jepara01. Dia mengira bahwa penjual nasi goreng itu memang Anies yang sedang menyamar. "Jangan2 bukan mirip. Tapi beneran. Mungkin lagi nyamar," tulisnya, Rabu (26/02) Sementara itu pemilik akun @YunianRachmat menulis kalau penjual nasi goreng itu semakin mirip Anies apabila dia menggunakan kacamata. "Kurang kacamatanya nih," tulisnya, Kamis (27/02)

[shr]
Sumber: 
Punya Wajah Mirip Anies Baswedan, Penjual Nasi Goreng Ini Jadi Viral | merdeka.com

Amalan sunat ke atas bayi perempuan

Dari aspek hukum, amalan sunat ke atas bayi perempuan adalah termaktub di dalam syarak. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadith sahih: 


وَمَسَّ الْخِتَانُ الْخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ الْغُسْلُ

“Dan apabila bertemu dua khitan (kemaluan lelaki dan wanita, ertinya jimak) maka wajiblah mandi.” (HR Muslim)

Hadith ini menggambarkan bagaimana yang berkhatan itu bukan sahaja lelaki bahkan perempuan.

Perkara ini disokong oleh hadith Ummu Atiyyah yang menyebutkan:


حديث أم عطية رضي الله عنها قالت: إن امرأة كانت تختن بالمدينة، فقال لها النبي صلى الله عليه وسلم: “لا تنهكى، فإن ذلك أحظى للزوج، وأسرى للوجه”

“Ummu Atiyyah berkata: Sesungguhnya para wanita (mengamalkan) khatan di Madinah, lalu Rasulullah berpesan: Janganlah engkau potong semuanya, kerana itu menguntungkan bagi wanita dan disukai oleh suami.” (HR Abu Daud)

Hadith yang hampir sama juga diriwayatkan oleh Ummu Habibah. Ummu Habibah terkenal dengan tugasannya sebagai bidan dalam perkara ini. Rasulullah bertanya tentang perbuatannya menjalankan khitan perempuan. Lalu Ummu Habibah berkata:


إلا أن يكون حراماً فتنهانى عنه، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “بل هو حلال، فادني منى حتى أعلمك”

“Kata Ummu Habibah: Sekiranya (berkhatan wanita) adalah haram, maka Rasulullah sudah pasti melarangku (dari melakukannya). Bahkan Rasulullah berkata: Ia adalah sesuatu yang halal. Dan Rasulullah memanggil Ummu Habibah lalu berkata: Mari dekat sini, aku ingin berpesan kepadamu tentangnya.” Lalu Rasulullah mengajar Ummu Habibah perkara yang sama seperti yang dinyatakan oleh Ummu Atiyyah dalam hadith di atas (no 3). (HR al-Bayhaqi)

Dalam mazhab al-Syafie pula, hukum berkhatan bagi wanita adalah wajib mengikut pendapat yang masyhur dan seperti mana yang diputuskan oleh Imam al-Syafie. Imam al-Rafie daripada Syafieyyah ada menyebutkan suatu wajah (pendapat) dalam mazhab Syafie bahawa hukumnya sunat ke atas wanita, tetap pendapat ini dianggap syadz (ganjil).

Imam Ahmad turut menyatakan kewajipannya tetapi Imam Abu Hanifah, Imam Malik dan majoriti ulama menyatakan ianya sunat. (Rujuk Majmu’ Syarh al-Muhazzab (1/300-301) oleh Imam al-Nawawi)

Menurut Mufti Wilayah persekutuan, hukum khitan bayi perempuan ini adalah wajib. Beliau menyebutkan: 

“Kami mentarjihkan (mengutamakan/mengesahkan) pendapat bahawa wajib hukumnya berkhatan bagi lelaki dan perempuan.” (Sumber: http://www.muftiwp.gov.my/…/1336-al-kafi-419-hukum-berkhata…) 

Benarkah isu sunat bayi perempuan ini mempunyai masalah dari aspek perubatan? Perkara ini telah dijelaskan oleh Prof Dr. Rafidah Hanim dan Dr. Saadah Khair, sahabat-sahabat kami di USIM. Sila baca artikel mereka: https://www.malaysiakini.com/news/461775

Asal: https://www.ismaweb.net/2019/01/26/sisters-in-islam-gesa-amalan-bersunat-diharamkan/
10 macam bunga mawar yang ada di dunia. davidaustineroses.co.uk ©2020 Merdeka.com
6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga, Mudah dan Praktis
Minggu, 1 Maret 2020 10:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari famili Rosaceae. Kata rosa sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah bunga mawar. Tanaman ini memiliki beragam warna, dari yang paling dikenal yaitu mawar merah, kuning, putih, merah muda, sampai yang jarang diketahui seperti mawar berwarna ungu.

Dengan keindahannya bunga mawar tidak hanya dijadikan sebagai lambang cinta ia juga merupakan tanaman favorit banyak orang. Jenis tanaman ini juga mudah ditanam di mana saja.

Berikut ini ada 6 cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, mudah dan praktis telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/2).

1. Teknik Penyiraman yang Baik 

Cara merawat bunga mawar yang terpenting adalah proses penyiraman. Selain merupakan sumber kebutuhan utama bagi proses biologis tumbuhan, penyiraman juga berperan sangat penting untuk mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh akar mawar dan juga mengatur kondisi udara sekitar.
Pixabay

Sebaiknya rutinitas penyiraman dilakukan dua kali sehari, yakni pagi antara jam 7-9 dan sore hari antara jam 4-6. Jumlah air yang dikucurkan bergantung pada tingkat kebasahan tanah dan juga umur tanaman mawar tersebut. Saat musim hujan, kegiatan penyiraman sebaiknya disesuaikan dengan keadaan.

2. Rajin Memangkas Batang dan Daun 

Selain cara menyirami mawar yang benar, cara merawat bunga mawar seperti, memangkas daun dan batang itu juga penting. Faktanya banyak orang mengeluhkan tanaman mawar miliknya tidak berkembang dengan baik tapi tidak menyadari kalau belum melakukan pemangkasan secara rutin.
Shutterstock.com/ Pavel Vakhrushev

Tanaman bunga mawar yang terlalu banyak dahan, ranting dan daun biasanya pertumbuhan bunganya jadi lebih terlambat atau hanya berbunga sedikit saja. Karena hasil fotosintesisnya hanya digunakan untuk pertumbuhan dahan ranting dan daunya saja, sehingga pertumbuhan mawarnya jadi terhambat. Oleh akrena itu, kamu harus selalu rajin melakukan pemangkasan minimal 2 minggu sekali.

3. Memberikan Pupuk

Cara merawat bunga mawar selanjutnya ialah memberi pupuk. Tujuan dari pemberian pupuk adalah untuk menambahkan unsur-unsur agar tanaman semakin subur. Pupuk yang disarankan untuk tanaman ini adalah pupuk kendang yang berasal dari kotoran hewan. Biasanya, kotoran yang dipakai berasal dari sapi dan kambing.

Selain pupuk kendang, kamu juga bisa memberikan pupuk kimia seperti NPK yang mengandung nitrogen untuk pertumbuhan vegetative seperti daun, fosfor untuk pertumbuhan akar, dan kalium untuk membantu pembungaan dan pembuahan.

4. Intensitas Sinar Matahari yang Cukup

Sama dengan tanaman lainnya tanaman mawar juga membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis yang berfungsi untuk menghasilkan zat makanan bagi tanaman. Waktu yan paling disarankan untuk menjemur tanaman ini adalah pada jam 6-10 pagi. 
Shutterstock/Elena Efimova

Seringnya bagi petani yang membudidayakan tanaman ini biasanya memasang jarring-jaring di atas tanaman ini agar intensitas cahaya matahari yang diterima terutama pada saat siang hari tidak terlalu banyak. Cara merawat bunga mawar yang satu ini penting dan wajib dilakukan, lho.

5. Pengendalian Gulma

Supaya bunga mawar kamu cepat berbunga, maka kamu harus selalu mengendalikan gulma yang tumbuh di media tanaman tersebut secara rutin bukan hanya sesekali. Semua rumput-rumput pengganggu harus rajin untuk dibersihkan, jika tidak dicabut akan mengganggu proses pertumbuhan bunga mawar.
GuoGuiyan.com

Sebelum kamu memulai cara merawat bunga mawar dengan pemupukan sebaiknya pastikan terlebih dahulu kalau bunga mawar kamu sudah bersih dari gulma sehingga pupuk dan nutrisi yang diberikan akan menyerap secara lebih baik pada akar mawar.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Cara merawat bunga mawar yang benar, tidak pernah lepas dari bagaimana kita bisa melakukan pengendalian hama dan penyakit secara efektif. Karena ada banyak beragam jenis hama dan penyakit yang mengincar tanaman mawar. Paling umum, hama dapat berupa ulat daun yang menyebabkan dedaunan menjadi compang-camping. Hama ini bisa diberantas dengan menyemprotkan insektisida atau racun serangga.
Pixabay

Selain karena hama ulat, tanaman mawar juga kerap kali rusak karena jamur sehingga hal ini perlu diatasi dengan melakukan penyemprotan fungisida. Gejalanya bisa berupa bercak daun, busuk bunga, karat daun dan tepung mildew atau lapisan putih pada permukaan daun. Selain itu, serangan juga bisa berasal dari bakteri penyebab bengkak pangkal batang sehingga perlu penyemprotan bakterisida.

[nof]
Sumber: 

Tiada ulasan: