Isnin, 9 Mac 2020

Tiga kali disebut ibumu barulah bapamu. 9899



7 Hadis Ini Menunjukkan Bagaimana Pandangan Islam tentang Wanita. 
by Eneng Susanti, Islampos  in Dunia Wanita
SEBELUM Islam mencerahkan pandangan manusia di jaman jahiliah, wanita hanya dipandang sebagai barang atau objek manusia lainnya. Dalam beberapa budaya, mereka yang terlahir sebagai perempuan, dikubur hidup-hidup. Lebih dari itu, mereka yang hidup sebagai seorang istri bahkan bisa diwariskan ke pihak lain saat suaminya telah meninggal.

Islam secara radikal mengubah situasi yang menyedihkan ini dengan secara tegas mengakui kemanusiaan perempuan dan menekankan hak-hak mereka.

“Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik.” (QS Ali Imran: 195)


Ajaran Islam yang menegaskan martabat dan status tinggi perempuan tidak terhitung jumlahnya. Berikut adalah beberapa hadis yang menunjukkan tingkat perawatan dan perlindungan yang ditentukan Islam untuk wanita.

Perlakuan Baik

Terkait perintah memperlakukan wanita dengan baik, beberapa hadis berikut bisa jadi rujukannya:

1. Abu Hurairah, diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan: “Aku menyuruhmu memperlakukan wanita dengan baik.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

2. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Yang paling lengkap dari orang yang percaya dalam iman, adalah orang dengan karakter terbaik. Dan yang terbaik dari Anda adalah mereka yang terbaik untuk wanita mereka.” (HR At-Tirmidzi dan disahkan oleh Al-Albani)

3. Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi SAW mengatakan: “Wanita adalah bagian kembar pria.” (Abu Dawud dan Tirmidzi) 

4. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi berkata: “Ya Allah, saya dengan tegas memperingatkan agar tidak melanggar hak-hak dua orang lemah: anak yatim dan perempuan.” (HR Ibnu Majah dan Ahmad, dinilai Hasan oleh An-Nawawi)

Status Khusus Ibu

5. Abu Hurairah melaporkan bahwa seorang pria datang ke Rasul dan bertanya: “‘Wahai Utusan Allah, siapakah orang yang memiliki hak terbesar pada saya sehubungan dengan kebaikan dan perhatian?’ Nabi menjawab, ‘ Ibumu.’ ‘Lalu siapa?’ Ibumu.’ ‘Lalu siapa?’ Ibumu.’ ‘Lalu siapa?’ Ayahmu.’”


Cintailah istrimu

6. Abu Hurairah diriwayatkan bahwa Nabi SAW berkata: “Seorang yang beriman tidak boleh membenci seorang wanita yang beriman (yaitu, istrinya); jika dia tidak menyukai salah satu sifatnya dia akan senang dengan yang lain.” (HR Muslim)

Putri Menuntun ke Jannah

7. Abdullah ibn Abbas meriwayatkan bahwa Nabi berkata: “Jika ada yang punya bayi perempuan, dan tidak menguburnya hidup-hidup, atau meremehkannya, atau lebih suka anak laki-lakinya darinya, Allah akan membawanya ke surga.” (HR Ahmad, disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir). [] 

SUMBER: ABOUT ISLAM
7 Hadis Ini Menunjukkan Bagaimana Pandangan Islam tentang Wanita - Islampos

Mengapa Nabi Musa sampai Memukul Malaikat?

BERIKUT Kami cantumkan keterangan al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari Syarh Shahih Bukhari . Ibnu Khuzaimah mengatakan bahwa sebagian ahli bidah mengingkari hadis ini. Jika Musa tahu bahwa itu Malaikat, berarti Musa menghina Malaikat maut. Jika beliau tidak tahu bahwa itu Malaikat, mengapa Musa tidak diqishas karena telah merusak mata orang?

Jawaban untuk pernyataan di atas,

Bahwa Allah tidaklah mengutus malaikat maut untuk menemui Musa agar dia mencabut nyawa Musa ketika itu. Namun beliau mengutus malaikat maut kepada Musa untuk menguji. Sementara Musa memukul malaikat maut, karena beliau melihat ada manusia yang masuk ke rumahnya tanpa izin, dan Musa tidak tahu bahwa itu malaikat maut. Dan syariat membolehkan orang untuk merusak mata orang lain yang mengintip rumahnya atau melihat isi rumahnya tanpa izin.

Selanjutnya al-Hafidz Ibnu Hajar menyebutkan beberapa bukti, bahwa para nabi bisa saja tidak mengetahui malaikat yang datang kepadanya.

Dulu ada malaikat yang datang menemui Nabi Ibrahim dan Nabi Luth dalam rupa manusia. Namun mereka (Ibrahim dan Luth), awalnya tidak mengenalnya. Andai Ibrahim tahu bahwa 2 orang itu adalah Malaikat, tentu Ibrahim tidak akan menyuguhkan makanan untuk mereka. Dan andai Luth tahu bahwa itu adalah malaikat, tentu Luth tidak perlu mengkhawatirkan mereka dari kejahatan kaumnya.

Al-Hafidz Ibnu Hajar juga menyebutkan alasan yang lain, untuk menjawab, mengapa Musa memukul malaikat maut?

Ulama yang lain mengatakan, Musa menampar malaikat maut, karena beliau datang untuk mencabut nyawa Musa tanpa memberikan pilihan kepada Musa. Sebab disebutkan dalam riwayat yang shahih, para nabi tidak akan dicabut nyawanya, sampai dia diberi kesempatan memilih untuk mati atau tetap hidup. Karena itu, ketika Musa diminta untuk memilih pada kesempatan yang kedua, beliau mau menerimanya. (Fathul Bari, 6/442).

Berbeda dengan alasan yang disebutkan an-Nawawi. Dalam Syarh Shahih Muslim karyanya, beliau menyebutkan beberapa alasan, mengapa Musa menampar malaikat maut, hingga copot matanya,

Tidak mustahil jika Musa alaihis salam telah mendapatkan izin dari Allah untuk melakukan tamparan ini. Dan itu sebagai ujian bagi yang ditampar. Dan Allah Taala melakukan apapun terhadap makhluk-Nya sesuai yang Dia kehendaki, serta menguji mereka sesuai yang Dia inginkan. (Syarh Sahih Muslim, 15/129).

Sehingga intinya, kita wajib menerima kebenaran peristiwa ini. Mengenai alasan dan hikmahnya, kita kembalikan kepada keterangan para ulama. Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

INILAH MOZAIK
Sumber: Mengapa Nabi Musa sampai Memukul Malaikat?
sukarja, Check Porsi Haji App. - 

Meski Baunya Menyengat, Bawang Merah Ternyata Punya 5 Manfaat Besar untuk Kesehatan
Tribunnews.com - 39 minutes ago
Berikut ini adalah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu.

Korea Utara Luncurkan Tiga Proyektil meski Dapat Kecaman dari Negara-negara Eropa
Tribunnews.com - 40 minutes ago
Militer Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan, Korea Utara (Korut) menembbakan tiga proyektil tak dikenal di lepas pantai timur pada Senin (9/3/2020).

Virus Corona Jadi Alasan Ditundanya Kunjungan FIFA untuk Membahas Stadion Piala Dunia U-20 2021
Tribunnews.com - 41 minutes ago
Federasi tertinggi sepak bola dunia resmi menunda kunjungannya ke Indonesia karena wabah virus corona.

Cetak Sejarah, Nida Allam Jadi Hijaber Pertama yang Jadi Kandidat Dewan Kota di Carolina Utara
Eneng Susanti, Islampos - 2 hours ago
AMERIKA SERIKAT–Wanita Muslim telah secara signifikan menunjukkan eksistensi dan kontribusinya di berbagai belahan dunia. di Amerika Serikat (AS), muslimah pun turut serta dalam pemilihan umum bahkan mengisi kursi senat dan masuk di parlemen AS. Beberapa dari mereka menjadi anggota Kongres dan dewan lokal, yang lain tampil di sampul majalah sebagai model berhijab. Salah seorang dari […] The post Cetak Sejarah, Nida Allam Jadi Hijaber Pertama yang Jadi Kandidat Dewan Kota di Carolina Utara appeared first on Islampos.

Hukum Berprofesi Sebagai Tukang Bekam
Yudi, Islampos - 3 hours ago
Istilah pengobatan nabawi (الطب النبوي) sebenarnya tidak ada pada zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. The post Hukum Berprofesi Sebagai Tukang Bekam appeared first on Islampos.

Inilah Hijaber Keturunan Palestina Pertama yang Berhasil Duduk di Parlemen Israel
Eneng Susanti, Islampos - 5 hours ago
ISRAEL–Seorang wanita muslim berhijab berhasil meraih satu kursi di parlemen Israel Knesset. Namanya Iman Yassin Khatib (55). Dia menjadi hijaber pertama yang duduk di Knesset. Sebelumnya, dia dan partai koalisinya, Joint List, memperoleh total 15 kursi di parlemen. Partainya berhasil menarik suara sebesar 21 persen dari kalangan minoritas warga keturunan Palestina di Israel. Meski keturunan Palestina, […] The post Inilah Hijaber Keturunan Palestina Pertama yang Berhasil Duduk di Parlemen Israel appeared first on Islampos.

Para Ilmuwan Tengah Bikin Obat Anti-Kesepian
Sodikin, Islampos - 5 hours ago
Stephanie Cacioppo, menjelaskan bahwa obat yang tengah diracik sebetulnya bukan berfungsi mengusir kesepian. The post Para Ilmuwan Tengah Bikin Obat Anti-Kesepian appeared first on Islampos.








Tiada ulasan: