Sabtu, 11 April 2020

Buat Muhasabah diri kerana Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā), jangan x. 10172


Sesekali tersilap juga... Kenapa tersilap. Adalaa kan... tersalah pandang terlepas pandang... 

Semalam, Ketua Pengarah Kesihatan Dr Noor Hisham semasa mengumumkan kematian ke-67 itu berkata, pelajar berkenaan mempunyai latar belakang penyakit tiroid. Kes itu juga adalah kes jangkitan generasi kelima dalam kluster persidangan gereja di Kuching.

JOM KITA KENAL SIAPA PENGERUSI GLC- RAMAI ORANG POLITIK YA ?
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 23 minutes ago
Makluman Pengerusi-pengerusi GLC 1. YBM. Tan Sri Tengku Razaliegh Hamzah (MP Gua Musang) - PETRONAS 2. YB Dato' Sri Shahidan Kassim (MP Arau) - FGV 3. YB. Dato' Seri Idris Jusoh (MP Besut) - FELDA 4. YB Datuk Seri Haji Hajiji Haji Mohd Nor (Adun Sulaman) - Tabung Haji 5. YB. Dato' Hajjah Azizah Mohd Dun (MP Beaufort) - MARA 6. YB. Dato Sri Hajah Rohani Abdul Karim (MP Batang Lupar) - BERNAS 7. YB. Datuk Syed Abu Hussin Hafiz Syed Abdul Fasal (MP Bukit Gantang) - LKIM 8. YB. Dato' Sri Hasan Arifin (MP Rompin) - SSM 9. YB. Datuk Ahmad Jazlan Yaakub (MP Machang) - MPOB 10. YB. ...

Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia
Nahimunkar.org, Nahimunkar - 2 hours ago
Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia China Komunis Roketnya Sudah Akibatkan Hancurnya Satelit Indonesia Palapa-2, Jangan Sampai Dokternya ke Indonesia Akibatkan Hancurnya Para Ulama dan Tokoh Islam dengan Alasan Atasi Corona Ilustrasi. . Milisi Cina Indonesia yang dikenal sebagai ‘Po An Tui’ yang dibentuk... Read More 'Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia' dapat dibaca di Nahimunkar. Related posts: 1. Soal Religion dan Faith, Kena...

Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia
Nahimunkar.org, Nahimunkar - 2 hours ago
Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia China Komunis Roketnya Sudah Akibatkan Hancurnya Satelit Indonesia Palapa-2, Jangan Sampai Dokternya ke Indonesia Akibatkan Hancurnya Para Ulama dan Tokoh Islam dengan Alasan Atasi Corona Ilustrasi. . Milisi Cina Indonesia yang dikenal sebagai ‘Po An Tui’ yang dibentuk... Read More 'Roket China Bisa Akibatkan Hancur Satelit Indonesia, Corona Flu China Bisa Akibatkan Hancur Ulama Indonesia' dapat dibaca di Nahimunkar. Related posts: 1. Ciri-ciri Cendekiawan Berment...

Hukum Berjemaah Shalat Fardhu bagi Laki-laki Menurut Madzhab yang Empat
Yudi, Islampos - 3 hours ago
Menurut mereka, Allah memerintahkan untuk mendirikan shalat berjama’ah pada keadaan ketakutan karena suasana perang, maka berjama’ah dalam keadaan biasa lebih utama. The post Hukum Berjemaah Shalat Fardhu bagi Laki-laki Menurut Madzhab yang Empat appeared first on Islampos.

5 Kejadian Dentuman Misterius dalam Satu Dekade Terakhir
Eneng Susanti, Islampos - 3 hours ago
Setidaknya tercatat sudah tercatat lebih dari enam kali suara dentuman misterius terdengar selama satu dekade ini, yakni 2011-2020 The post 5 Kejadian Dentuman Misterius dalam Satu Dekade Terakhir appeared first on Islampos.

Stok Darah Menipis, Polda Jabar Gelar Donor Darah, Kapolda Donor Duluan
Sodikin, Islampos - 5 hours ago
Kapolda Jabar menyampaikan bahwa kegiatan Donor Darah ini sebagai upaya dan bentuk kepedulian Polda Jabar dalam menyikapi menipisnya stok darah yang ada di PMI. The post Stok Darah Menipis, Polda Jabar Gelar Donor Darah, Kapolda Donor Duluan appeared first on Islampos.

Kerajaan minta KKM kaji kesan hantar balik 80,000 pelajar ‘terperangkap’ di kampus
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 34 minutes ago
Mohamad Fadli - April 11, 2020 3:05 PM Lebih 80,000 pelajar kini ‘terperangkap’ di kampus universiti masing-masing berikutan pelaksanaan PKP sejak 18 Mac lepas. PETALING JAYA: Kerajaan meminta Kementerian Kesihatan Malaysia (KKM) mengkaji kesan langkah menghantar pulang 80,000 pelajar yang kini terperangkap di kampus universiti masing-masing berikutan pelaksanaan perintah kawalan pergerakan (PKP) sejak 18 Mac lepas. Menteri Pertahanan, Ismail Sabri Yaakob berkata, ini kerana ia melibatkan pergerakan manusia yang sangat besar jumlahnya. “Jadi telah dibentang cadangannya, tetapi oleh k...

AS negara pertama catat lebih 2,000 kematian Covid-19 sehari
kerengga, KERENGGA - 34 minutes ago
AFP WASHINGTON: Amerika Syarikat menjadi negara pertama mencatatkan lebih 2,000 kematian akibat Covid-19 dalam tempoh sehari, dengan 2,108 kematian dalam 24 jam lalu, menurut statistik Universiti Johns Hopkins. Negara itu kini merekodkan 18,586 kematian dan angka berkenaan menghampiri 18,849 kematian di Itali yang mencatatkan jumlah korban paling banyak di dunia akibat pandemik itu. Kes

DR MUSA NORDIN BUKAN NAMA KECIL DALAM BIDANG PERUBATAN
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 43 minutes ago
[image: Imej mungkin mengandungi: 2 orang, teks] DR PRUBATAN VS DR SURAT..TAPI DR SURAT MENYURAT NAMPAK LEKEH ILMU.. Nama Dr Musa Nordin bukan kecil dalam alam perubatan Malaysia. Saya sendiri kenal nama ini sewaktu masih seorang pelajar perubatan. Nama beliau mula naik sekitar 2010 sewaktu aktif dalam VIVA Palestina yang giat membantu penduduk Gaza. Beliau seorang yang turun padang dan ligat dalam kesukarelawan perubatan di Malaysia malah seluruh dunia. Tahun 2017 namanya diangkat media di Malaysia sewaktu beliau dianugerahkan Pencapaian Sepanjang Hayat Gabungan Persatuan Peruba...

Buku Saku Gratis: 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda
Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 hour ago
Buku saku ini berbeda dengan buku “20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda” dari sisi ringannya. Buku kali ini lebih ringan karena hanya berisi dzikir dan doa saja. Semoga Allah terus berikan kita perlindungan selama wabah melanda. Judul Buku Buku Saku – 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda Disertai Berbagai Pelajaran dan Masalah Hukum […] Posting Buku Saku Gratis: 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.

SABTU, 11 APRIL 2020
TAK HABIS LAGI KES TABLIGH

AL-FATIHAH

JANGKITAN KLUSTER TABLIGH BELUM HABIS

PELAJAR UNIMAS KORBAN COVID-19 LAMBAT DAPATKAN RAWATAN, KATA SARAWAK

KORBAN Covid-19 yang paling muda, seorang siswi Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) berumur 23 tahun yang meninggal dunia semalam, tidak mendapatkan rawatan jangkitan lebih awal, kata jurucakap Jawatankuasa Pengurusan Bencana Negeri Abdul Karim Hamzah.

Pelajar tahun akhir jurusan sains komputer dan teknologi maklumat itu sepatutnya membuat saringan Covid-19 selepas kedua-dua ibu bapanya disahkan positif, kata menteri pelancongan, kesenian dan kebudayaan.

Menurut Karim, pelajar itu dirujuk ke hospital “pada peringkat akhir”.

Dalam sidang media harian memaklumkan perkembangan penularan Covid-19 di Sarawak, Karim berkata ibu bapa pelajar itu disahkan positif pada 26 Mac lalu.

Pelajar itu bagaimanapun hanya menjalani saringan pada 30 Mac selepas mengadu sukar bernafas.

Beliau dimasukkan ke Hospital Umum Kuching (HUS) pada hari yang sama dan meninggal dunia pagi semalam.

Semalam, Ketua Pengarah Kesihatan Dr Noor Hisham semasa mengumumkan kematian ke-67 itu berkata, pelajar berkenaan mempunyai latar belakang penyakit tiroid.

Beliau juga dijangkiti daripada sejarah kontak rapat dengan kes positif 2469 dan 2470, iaitu kedua-dua ibu bapanya.

Kes itu juga adalah kes jangkitan generasi kelima dalam kluster persidangan gereja di Kuching,

Satu makluman di Facebook mengumumkan kematiannya menggambarkan pelajar itu sebagai seorang yang berdedikasi kepada pengajiannya, seorang yang lemah lembut, dan suka menolong rakan pelajar yang lain.

“Dalam kalangan pensyarah dan rakan-rakan, beliau seorang yang mesra dan murah senyuman,” kata makluman itu.

Selain ibu bapanya, tiga adik beradik dan nenek pelajar itu juga dilaporkan positif Covid-19.

Koronavirus itu setakat ini sudah mengorbankan 13 orang di Sarawak.

Sementara itu, Shuhor Ahmad dari Masjid Ar-Riyadh di Taman Samarindah, Kota Samarahan, dalam satu makluman menyeru solat jenazah ghaib, memberitahu seorang ahli keluarganya dimasukkan ke unit rawatan rapi (ICU).

Satu pekeliling yang dikeluarkan oleh pegawai pendidikan Samarahan menyebut bapa pelajar itu ialah seorang guru Tingkatan Enam yang disahkan positif pada 26 Mac lalu.

Pekeliling itu juga menyebut ibunya turut disahkan positif pada hari yang sama.

Pekeliling itu yang memberikan perkembangan terkini keadaan di sekolah berkenaan turut memaklumkan pengetua dan seorang lagi guru juga positif dan dimasukkan ke HUS.

Pengetua itu didapati positif pada 24 Mac sementara seorang guru lelaki dijangkiti pada 26 Mac.

Penolong kanan sekolah juga diarah mengasingkan diri di sebuah pusat beliau serbaguna di Jalan Tun Ahmad Zaidi Adruce.

Pusat itu juga merupakan tempat saringan Covid-19.

Karim menepis kebimbangan ibu bapa pelajar yang terkandas Unimas dan tidak dapat pulang kerana perintah kawalan pergerakan.

Katanya, jangkitan yang melibatkan warga Unimas bukan berlaku di kampus.

“Beliau dapat dari luar. Beliau tinggal bersama keluarga,” kata Karim.

“Jadi ibu bapa tidak perlu bimbang.”

Sebelum ini korban ke-41 merupakan seorang pensyarah Unimas dari Indonesia, meninggal dunia pada 31 Mac lalu.

Menurut Karim, pensyarah itu – yang dikenal pasti oleh agensi berita Antara sebagai Iran Amri Musoddiq – juga terkena jangkitan dari luar kampus.

Katanya, pensyarah itu mempunyai kontak dengan kluster tabligh. – 10 April, 2020.

BERHATI HATI
POSTED BY TUKAR TIUB PADA 1:00:00 PTG
http://tukartiub.blogspot.com/2020/04/tak-habis-lagi-kes-tabligh.html

Wartawan Jepang Ceritakan Pengalaman Saat Makan Bersama Gerilyawan Aceh
Sabtu, 11 April 2020 12:50 WIB
Wartawan Jepang Ceritakan Pengalaman Saat Makan Bersama Gerilyawan Aceh
Foto NTV/Richard Susilo
Wartawan Jepang Kazutaka Sato (64) menceritakan pengalaman bulan Maret 2001 bersama gerilyawan Aceh saat makan malam bersama. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Wartawan Jepang, Kazutaka Sato (64) menceritakan pengalamannya saat makan bersama para gerilyawan perang Aceh pada bulan Maret 2001 di Indonesia.

"Sudah lama sekali ya tahun 2001 makan malam gelap-gelapan, tak tahu makanan itu, tapi rasanya seperti kari dan pedas," ungkap Kazutaka Sato di televisi NTV, Sabtu (11/4/2020).

Wartawan Kazutaka Sato, yang melaporkan daerah konflik di seluruh dunia, muncul dalam acara "Garis depan medan perang" yang ke 71 dengan tema Makanan Gerilyawan Hutan.
Wartawan Jepang Kazutaka Sato (64) menceritakan pengalaman bulan Maret 2001 bersama gerilyawan Aceh saat makan malam bersama.
Wartawan Jepang Kazutaka Sato (64) menceritakan pengalaman bulan Maret 2001 bersama gerilyawan Aceh saat makan malam bersama. (Foto NTV/Richard Susilo)

"Pokoknya Indonesia itu suka pedas, tapi enak sekali makanan di sana. Para gerilyawan yang mau lepas dari Indonesia itu membentuk negara sendiri, menyiapkan makanan pagi, siang, malam. Kalau malam ya gelap sekali saat makan," tambahnya.

Sato juga memperlihatkan makanan melalui foto yang ditampilkannya.

Baca: Erupsi Gunung Anak Krakatau Semalam, Ini Kata Media Asing yang Soroti Suara Dentuman yang Terdengar

Baca: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Wisatawan Dilarang Dekati Kawah Radius 2 Km

"Saat itu kan sudah ada HP lalu saya pesan makanan dan tiba-tiba sepeda motor dari hutan datang membawa pesanan makanan. Saya kaget juga dibawain dari hutan turun ke bawah. Makan seperti ikan sarden enak sekali walaupun pedas," kata dia.

"Itu makanan kalangan gerilyawan Aceh di sana waktu itu," tambahnya.
Wartawan Jepang Kazutaka Sato dan makanan dengan ikan sarden.
Wartawan Jepang Kazutaka Sato dan makanan dengan ikan sarden. (Foto NTV/Richard Susilo)

Sato sempat makan malam di sebuah pangkalan di hutan organisasi gerilyawan yang mencoba untuk memisahkan dan menjadi mandiri dari Indonesia.

"Sepertinya ada beberapa makanan di sana tetapi umumnya pedas semua, namun enak sekali. Itu saja yang saya ingat sih, dan kalau malam gelap-gelapan saat makan," kata dia.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Sumber:
Wartawan Jepang Ceritakan Pengalaman Saat Makan Bersama Gerilyawan Aceh - Tribunnews.com
Tribun

Persoalan hukum sekitar isu COVID-19
siti hafidah, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 14 minutes ago
BERLAKU percampuran antara lelaki dan perempuan di luar wad atas faktor ruang yang terhad serta terdapat di kalangan pelawat yang memakai pakaian berlengan pendek. Adakah hal yang demikian dimaafkan? Jawapan: Secara umumnya, sebarang bentuk pergaulan yang melibatkan percampuran antara lelaki dan perempuan adalah tidak dibenarkan. Bagaimanapun, dalam ruang yang terhad maka pihak hospital berhak menghadkan … The post Persoalan hukum sekitar isu COVID-19 appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Begini Cara Membersihkan Makanan yang Dipesan Lewat Delivery Agar Terbebas dari Virus Corona
Tribunnews.com - 39 minutes ago
Layanan delivery makanan sangat dibutuhkan dalam situasi PSBB yang telah diberlakukan di Jakarta dan sekitarnya. Tetap waspada saat memesan makanan.

Update Kasus Corona Global 11 April 2020: Rincian Daftar 10 Negara dengan Kasus Terbanyak Hari Ini
Tribunnews.com - 48 minutes ago
Virus Corona menjangkit 210 negara di seluruh dunia, sudah 376 ribu lebih pasien dinyatakan sembuh, simak ini daftar 10 negara dengan kasus terbanyak.

Ahli Vulkanologi Duga Suara Dentuman Berasal dari Gunung Anak Krakatau
Tribunnews.com - 53 minutes ago
Mbah Rono, begitu ia disapa, memastikan Gunung Anak Krakatau meletus. Hanya saja dia tak memiliki data sumber dentuman.

Kota Imizu Jepang Pertama Kali Terima Perawat Indonesia
Tribunnews.com - 56 minutes ago
Rudi Irawan perawat Indonesia kini bekerja untuk panti jompo di Sichimi Kotobukien, Shichimi Shinminato, Kota Imizu Perfektur Toyama.

10 Fakta Unik Gunung Anak Krakatau yang Kembali Erupsi Baru-baru Ini
Tribunnews.com - 57 minutes ago
Membahas tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang baru-baru ini terjadi, ada sejumlah fakta yang menarik untuk disimak.

Lebih setengah juta rakyat AS dijangkiti COVID-19
ADMIN ISMAWEB, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 1 hour ago
WASHINGTON, 17 Syaaban 1441H, Sabtu – Lebih setengah juta orang di seluruh Amerika Syarikat (AS) dijangkiti wabak COVID-19, lapor agensi berita Anadolu memetik data Johns Hopkins University. Menurut universiti itu AS mencatatkan 500,399 kes COVID-19 dan 18,693 kematian. Terdapat 28,837 pesakit pulih. Kematian pertama dilaporkan pada 29 Februari di Washington. AS negara yang mencatatkan jumlah … The post Lebih setengah juta rakyat AS dijangkiti COVID-19 appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

NgajiDenganMenteri Bersiri: Sejarah Imam 4 Mazhab
Ibnu Hasyim, Ibnu Hasyim - 26 minutes ago
[image: Kita Bertemu Kerana Ilmu: Dr Zulkifli Al-Bakri Dilantik Mufti ...] *NgajiDenganMenteri - Sejarah Imam 4 Mazhab* #NgajiDenganMenteri Siri 1 #NgajiDenganMenteri Siri 2 #NgajiDenganMenteri Siri 3 #NgajiDenganMenteri Siri 4 *Ikuti sambungan dan seterusnya!* "Deme wak mende PKP ning?" [image: Image] 30 1.4K 2.5K Dr. Zulkifli Mohamad al-Bakri @drzul_albakri · 11h PKP disambung lagi? Rasa lemah semangat? Jom ikuti siri #NgajiDenganMenteri malam ini di Facebook, Instagram dan Youtube Datuk Dr. Zulkifli Mohamad Al-Bakri. [image: Image] 4 202 569 Show this thread Dr. Zulkifl...

SOMBONG DAN BIADAP: KUARANTIN YANG TURUN DARI KAYANGAN PULA DIPERSOAL
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago
"Sampaikan ada petugas yang terpaksa berundur tak mampu bersuara. Bimbang timbul kekasaran kerana dimaki begitu," keluhnya. Beliau menyarankan supaya tindakan lebih tegas dilakukan terhadap mereka yang enggan memberi kerjasama. "Saya fikir, kalau begini kelakuan orang yang dikuarantin, amat bagus sekiranya laporan polis dibuat. Atau Majlis Keselamatan Negara (MKN) mengeluarkan arahan kepada pihak yang dikuarantin, sekiranya tak nak bagi kerjasama, disumbat lokap sementara!" tegasnya. Sebelum ini media heboh mengenai siapa yang menanggung bayaran sebanyak RM150 setiap hari bagi ...

DIA TERSALAH MENYIAR, DIA TELAH MENARIK BALIK DAN MEMOHON MAAF, APA MASALAHNYA?
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago
Apakah mengakui meminum air suam boleh membunuh virus corona itu bukan "cerita palsu"? Apakah titah sang guru yang konon dianggap mursyid bagi parti berbulan mengambang berlatar langit pelik berwarna hijau bahawa, "berlaku usaha dalaman untuk mencalonkan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri oleh DAP, PKR dan AMANAH bagi mengetepikan Tun Mahathir, dengan sokongan Amerika Syarikat, Eropah, Singapura, Zionis dan juga Freemason" itu bukan satu cerita palsu? Padahal kedudukan Anwar Ibrahim sebagai calon Perdana Menteri Pakatan Harapan pada satu ketika bukanlah "usaha dalaman" yang ter...

MENTERI AGAMA KATA TIK TOK HARAM
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago

11 Ilustrasi ini Gambarkan Dedikasi Luar Biasa dari Tim Medis Selama Pandemi Corona. Bikin Sedih :(
Luthfi Rahmadian, Hipwee - 1 hour ago
Kita patut bersyukur, karena masing-masing negara yang terdampak covid-19 punya putra-putri terbaik yang mendedikasikan hidupnya sebagai dokter dan tenaga medis! *hormat*

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Ciptakan Kolom Abu 200 Meter & Dikaitkan Sama Suara Dentuman Aneh
Darin Rania, Hipwee - 1 hour ago
Satu lagi cara alam ingatkan kita bahwa manusia memang hanyalah tamu di bumi...

Pulau Hart Jadi Kuburan Massal Korban Covid-19 di New York
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 1 hour ago
Pulau Hart Jadi Kuburan Massal Korban Covid-19 di New York. Pulau Hart dipilih Pemerintah New York sebagai lokasi kuburan massal bagi pasien yang meninggal karena wabah virus corona (Covid-19).

15 Makanan Terakhir yang Diminta Para Narapidana Sebelum Dieksekusi Mati. Sungguh Tak Terduga
Ratu Pandan Wangi, Hipwee - 2 hours ago
Sebelum meninggal, mereka diperbolehkan minta makanan apa pun. Ternyata pilihan mereka jatuh pada makanan-makanan ini

Virus corona: Mengapa orang pintar dan terdidik percaya mitos seputar Covid-19?
David Robson BBC Future
Adanya gambar atau grafis membuat kita cenderung menerima "kebenaran" berita itu karena bantuan visualisasi.
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Adanya gambar atau grafis membuat kita cenderung menerima "kebenaran" berita itu karena bantuan visualisasi.

Setiap krisis kesehatan selalu menghasilkan pandemi misinformasi.

Pada 1980-an hingga 2000-an, kita menyaksikan penyebaran dusta mengenai AIDS. Misalnya: virus HIV diciptakan di laboratorium pemerintah, atau teori bahwa HIV/AIDS bisa disembuhkan dengan susu kambing. Klaim-klaim ini meningkatkan perilaku berisiko dan memperburuk krisis.

Kini juga kita lihat membanjirnya berita palsu seputar pandemi virus corona.

Dari Facebook sampai pesan WhatsApp, kerap kita temukan informasi keliru mencakup soal penyebab wabah hingga cara pencegahan dari penyakit tersebut.

Berita-berita palsu ini bisa membawa kerugiannya sendiri.

Misalnya ada laporan dari sebuah provinsi di Iran yang menyebut banyak orang meninggal setelah minum alkohol, berdasarkan klaim bahwa ini bisa melindungi diri dari Covid-19.

Virus corona di Eropa: Epidemi atau 'infodemi'?

Karena banyak orang yang 'terkurung' akibat Covid-19, bumi lebih sedikit bergetar

Foto satelit NASA perlihatkan polusi di China 'merosot drastis' di tengah wabah Covid-19

Berita palsu semacam ini bisa memberi perasaan aman palsu dan membuat kita abai pada panduan dari pemerintah, hingga mengikis kepercayaan terhadap petugas kesehatan.

Ada bukti bahwa ide yang termaktub dalam berita palsu lekat di benak kita.

Sebuah survey dari YouGov dan The Economist bulan Maret 2020 memperlihatkan bahwa 13% orang Amerika percaya bahwa Covid-19 adalah hoaks, sedangkan 49% percaya bahwa pandemi ini sesungguhnya buatan manusia.

Satu hal lagi: banyak orang berpendidikan termasuk yang percaya hal-hal seperti itu.
fake news, corona virus,
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Di masa lalu, berita menyesatkan seputar AIDS turut memperburuk krisis.

Lihat misalnya penulis Kelly Brogan, seorang yang percaya teori konspirasi seputar Covid-19. Kelly lulusan Massachusetts Institute of Technology dan belajar psikiatri di Cornell University. Namun ia mengabaikan bukti akan bahaya virus tersebut yang sudah terjadi di China dan Italia. Ia bahkan mempertanyakan teori ilmiah sembari mempromosikan ide-ide sains palsu untuk menjelaskan virus ini.

Bahkan beberapa pemimpin dunia – yang diharapkan punya penilaian lebih baik soal desas-desus – telah ikut menyebarkan informasi keliru soal risiko penyakit ini dan mempromosikan obat-obatan yang belum terbukti, yang dampaknya malah memperburuk keadaan.

Para psikolog sudah mempelajari fenomena ini dan menyarankan beberapa hal untuk melindungi diri dari kebohongan dan kekeliruan informasi seperti ini.

Limpahan informasi

Masalahnya berawal dari sifat pesan-pesan ini sendiri.

Kita mendapat informasi setiap hari, dan kerap mengandalkan intuisi untuk menentukan apakah sesuatu benar atau tidak. Para penyebar informasi palsu ini bisa membuat berita mereka terasa “ada benarnya” melalui akal-akalan sederhana yang membuat kita jadi tak berpikir kritis.

Eryn Newman dari Australian National University, memperlihatkan adanya foto yang mengiringi pernyataan tertentu akan meningkatkan kepercayaan terhadap akurasi pernyataan tersebut, sekalipun foto itu nyaris tak berhubungan.

Foto generik virus yang mengiringi klaim tentang cara pengobatan baru tentu tidak akan membuktikan kebenaran klaim itu, tetapi membantu kita memvisualisasinya. Maka “kelancaran dalam memproses” ini membuat kita berpikir bahwa berita tersebut benar.

Karena alasan serupa, informasi palsu juga bisa menyertakan bahasa deskriptif dan kisah personal. Terkadang ditampilkan fakta atau tokoh – atau lembaga kesehatan terkenal – agar membuat kebohongan itu meyakinkan karena terkait dengan pengetahuan yang sudah kita punya sebelumnya.

Pernyataan sederhana yang diulang-ulang, baik dengan teks yang sama atau diubah, bisa meningkatkan “kebenaran” melalui meningkatnya perasaan akrab terhadap informasi terebut. Lalu kita kerap keliru menganggapnya sebagai kebenaran faktual.

Maka semakin kita melihat sesuatu di pasokan berita kita, semakin sering kita menganggapnya benar sekalipun awalnya kita skeptis terhadapnya.
fake news, corona virus,
Hak atas foto MIKE KEMP/GETTY 
Image caption Ide yang termaktub dalam berita palsu dapat lekat di benak manusia.

Membagikan sebelum memikirkan

Akal-akalan ini telah lama dipahami oleh ahli propaganda dan penyebar informasi palsu, dan media sosial memperburuk kecenderungan ini. Bukti terbaru memperlihatkan banyak orang menyebar muatan tanpa memikirkan akurasinya.

Gordon Pennycook, seorang peneliti psikologi misinformasi dari University of Regina, Kanada, melakukan penelitian. Ia menemukan peserta penelitiannya bisa mengenali berita palsu sebanyak 25%. Ketika ditanya apakah mereka akan menyebarkan informasi tersebut, 35% peserta menjawab akan menyebarkannya.

“Ini memperlihatkan orang akan membagikan informasi yang, jika mereka pikirkan baik-baik, mereka tahu bahwa informasi itu salah,” kata Pennycook.

Tampaknya orang lebih memikirkan kemungkinan unggahan mereka akan dapat ‘suka’ atau ‘retweet’ ketimbang memikirkan akurasi unggahan itu. “Media sosial tidak memberi insentif terhadap kebenaran,” kata Pennycook. “Ia memberi insentif pada keterlibatan.”

Atau mungkin orang berpikir bisa mengalihkan tanggung jawab penilaian pada orang lain. Banyak yang membagi informasi palsu dengan pengumuman di depan, “saya tak tahu ini benar atau tidak..”

Mungkin ini didasari niatan: siapa tahu informasinya benar dan akan membantu teman dan pengikut, dan ketika tidak benar, dianggap tidak merugikan.

Pikiran seperti ini mendorong orang membagikan tanpa sadar bahwa misinformasi bisa merugikan juga.

Isi berita palsu – apakah itu berupa obat baru atau teori bahwa pemerintah sedang menyembunyikan sesuatu – menjanjikan adanya respons yang kuat dari pengikut di media sosial. Ini membuat orang teralih dari hal terpenting: apakah informasi itu akurat?
Untuk membantu memerangi misinformasi harus dilakukan dengan informasi yang sederhana.
Hak atas foto GETTY IMAGES 
Image caption Untuk membantu memerangi misinformasi harus dilakukan dengan informasi yang sederhana.

Mengabaikan respons

Riset psikologi klasik memperlihatkan bahwa beberapa orang sangat baik dalam mengabaikan respons mendalam mereka. Orang seperti ini biasanya lebih mudah termakan berita palsu.

Peneliti seperti Pennycook menggunakan alat bernama “cognitive reflection test” atau CRT untuk mengukur kecenderungan ini. Untuk memahami cara kerjanya, lihat pertanyaan berikut: 

Ayah Emily punya tiga anak. Yang dua bernama April dan May. Siapa nama anak ketiganya?

Banyak yang secara intuitif menjawab June. Namun tentu jawaban yang benar adalah Emily.

Untuk sampai pada jawaban benar, kita perlu berhenti sejenak dan mengalahkan respons intuitif.

Pertanyaan-pertanyaan CRT merupakan tes kecenderungan seseorang: apakah ia akan menggunakan akal untuk memikirkan sesuatu secara analitis ketimbang menuruti intuisi.

Orang yang tak menggunakan akal ini kerap disebut oleh psikolog sebagai “kikir kognitif” karena mereka memiliki akal tetapi tidak banyak menggunakannya.

Kekikiran kognitif ini membuat kita lebih mudah mengalami bias kognitif, dan ini mengubah cara kita mengkonsumsi informasi (dan misinformasi).

Dalam soal pernyataan seputar virus corona, Pennycook menemukan bahwa orang yang skornya rendah dalam CRT tidak terlalu mempertimbangkan akurasi sebuah pernyataan, yang bisa jadi dengan sukarela mereka sebarkan.
Orang mudah menyebarkan disinformasi karena tergoda oleh 'suka' dan 'retweet' di media sosial ketimbang memikirkan apakah mereka menyebar informasi yang akurat.
Hak atas foto GETTY IMAGES 
Image caption Orang mudah menyebarkan disinformasi karena tergoda oleh 'suka' dan 'retweet' di media sosial ketimbang memikirkan apakah mereka menyebar informasi yang akurat.

Menghentikan penyebaran

Memahami bahwa orang – bahkan yang pintar dan terdidik – kerap “kikir” dalam menggunakan akal, bisa membantu kita untuk menghentikan misinformasi.

Mengingat juga bahwa “kebenaran” bekerja saat pikiran kita mengalir dengan lancar, maka pihak yang berupaya menyanggah informasi harus menghindar cara penyajian yang rumit.

Fakta harus disajikan sesederhana mungkin dengan bantuan gambar dan grafis yang membuat ide lebih mudah divisualisasi.

Menurut Matthew Stanley dari Duke University, “kita butuh komunikasi dan strategi yang efektif untuk mengarah kepada orang-orang yang tak ingin merenung dan berpikir panjang”.

Kampanye menyanggah mitos harus menghindari penyebutan mitos yang ingin dibantahnya. Pengulangan membuat mitos itu jadi semakin akrab, malah meningkatkan persepsi bahwa mitos benar adanya.

Terkait perilaku dengan media sosial, kita mungkin perlu mencoba untuk tidak terlibat secara emosional dengan unggahan yang kita lihat.

Lalu mau berpikir tentang fakta dibalik unggahan itu sebelum ikut membagikannya. Apakah dasarnya omongan orang, atau ada dasar ilmiahnya? Bisakah faktanya ditarik hingga ke sumber awalnya? Dan seterusnya.

Kasus Covid-19 di negara bagian New York tertinggi dibandingkan negara-negara lain di dunia

Virus corona: Sejauh mana kemungkinan meninggal jika terjangkit?

'Cuma flu biasa': Pernyataan-pernyataan kontroversial seputar virus corona dari para pemimpin dunia

Ini merupakan pertanyaan yang seharusnya ditanyakan, ketimbang berpikir untuk mengumpulkan ‘suka’ atau pikiran ‘niatnya untuk membantu orang’. Ada bukti bahwa cara berpikir seperti itu bisa dilatih.

Pennycook menyarankan perusahaan media sosial untuk melakukan intervensi langsung agar penggunanya lebih berpikir panjang.

Dalam percobaannya, ia menemukan dengan meminta pengguna untuk menilai akurasi fakta sebuah pernyataan, mereka mulai lebih banyak berpikir kritis tentang pernyataan-pernyataan lain.

Hasilnya, mereka dua kali lebih banyak menimbang-nimbang informasi sebelum membagikannya.

Praktisnya bisa sangat sederhana: media sosial menyediakan pengingat otomatis agar pengguna bisa berpikir dua kali sebelum membagikan.

Memang tidak ada satu obat ampuh untuk mengatasi ini semua.

Seperti halnya upaya kita untuk menahan laju virus ini, kita membutuhkan adanya pendekatan beragam untuk melawan penyebaran misinformasi yang merugikan dan berbahaya.

Sumber: 
Virus corona: Mengapa orang pintar dan terdidik percaya mitos seputar Covid-19? - BBC News Indonesia
Homepage

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

Tiada ulasan: