Isnin, 13 April 2020

Melamar. 10188


Muhasabah diri kerana Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā) Ampuni semua Yaa Allah. Makbulkan Yaa Allah ...asal membuat aku semakin dekat denganmu Yaa Allah.

Biografi Ummu Amarah, Mujahidah Tangguh
UMMU AMARAH MUJAHIDAH WANITA TANGGUH

Sosok wanita yang masyhur dengan keberanian dan kesabaran. Terlalu banyak keutamaan yang beliau miliki. Sagatlah sulit mendapatkan wanita yang memiliki keutamaan sebanding dengannya.

Nama lengkapnya adalah Ummu Amarah Nusaibah bintu Kaab bin Amr bin Auf bin Mabdzul bin Amr bin Ghanam bin Mazin bin Najjar Al Khazraji Al Anshariyyah radhiyallahu anha. Beliau lebih masyhur dengan kuniah beliau.

Ibunya adalah Ar Rabbah bintu Abdillah bin Habib bin Abdi Haritsah bin Malik bin Ghadhab bin Jusyum bin Khazraj. Beliau termasuk wanita dari Bani Najjar yang masih memiliki kekerabatan dengan Rasulullah dari jalur ibu.

Rasulullah juga menyinggahi tempat mereka pertama kali saat beliau hijrah. Ummu Ammarah memiliki dua saudara laki-laki. Mereka adalaha Abdullah bin Kaab Al Maazini, salah seorang sahabat Nabi ahli Badar, dan Abdurrahman bin Kaab, salah seorang dari tujuh sahabat yang menangis karena tidak mampu ikut serta dalam perang Tabuk.

Beliau termasuk wanita yang baik pergaulannya dengan suaminya. Dalam hidupnya, beliau menikah dua kali. Suaminya yang pertama adalah Zaid bin Ashim Al Anshari, salah seorang sahabat yang mengikuti baiat Al Aqabah dan Perang Badar.

Dari suami ini lahirlah dua pahlawan Islam. Yang pertama adalah Habib bin Zaid yang menjadi utusan Rasulullah kepada Musailamah saat dia mengikrarkan kenabian. Lalu terjadilah dialog yang menyebabkan Musailamah murka kepadanya dan memotong ujung-ujung anggota badan beliau, kemudian melemparkannya ke api hingga wafat. Habib bin Zaid adalah seorang sahabat yang kokoh keimanannya.

Yang kedua adalah Abdullah bin Zaid yang membunuh Musailamah dengan pedangnya setelah Musailamah dilempar dengan tombak oleh Wahsy. Beliau, suami beliau serta kedua anak beliau (Habib dan Abdullah) adalah sahabat yang ikut serta dalam bai'at Aqabah kedua.

Setelah pernikahan dengan Zaid, beliau kemudian menikah dengan Ghaziah bin Amr. Beliau juga seorang sahabat yang turut dalam baiat Aqabah. Lahir dalam pernikahan ini anak bernama Dhamrah yang meninggal dalam perang Jisr (perang yang terjadi di tepi sungai Eufrat  melawan Persia) dan Khaulah.

Ada satu lagi nama anak beliau yaitu Tamim, namun dikhilafkan apakah ia putra dari suami pertama ataukah kedua.

KEISLAMAN

Beliau adalah salah satu wanita negeri Madinah yang paling awal masuk Islam. Beliau adalah wanita yang memiliki keikhlasan, keberanian dan ketabahan dalam membeli agama.

Diantara yang menampakkan kesabaran beliau adalah saat datang kabar tentang kematian anak beliau Habib bin Zaid, beliau mengatakan :

لِمِثْلِ هَذَا أَعْدَدْتُهُ وَعِنْدَ اللَّهِ احْتَسَبْتُهُ

"Untuk inilah aku persiapan dia, dan di sisi Allahlah aku mengharapkan pahalanya".

Tercatat bahwa beliau dan Ummu Mani' Asma' bintu Amr dari Bani Salamah adalah dua wanita Anshar yang berbaiat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam baiat Aqabah kedua.

Beliau turut serta bersama suami dan anak-anaknya dalam mengikuti Perang Uhud. Di awal peperangan beliau sebagai barisan yang mengobati  dan yang memberi air minum bagi para pasukan yang terluka.

Namun, saat kaum muslimin terdesak dalam Perang Uhud, beliau bersama dengan suami dan anak-anaknya menjadi pasukan tempur untuk melindungi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang terdesak.

Dalam perang ini, beliau tertimpa luka-luka sebanyak lebih dari sepuluh tempat baik karena lemparan panah atau tebasan pedang.

Salah satu luka yang terdalam dan terparah adalah tikaman Ibnu Qamiah, seorang musyrikin yang merupakan pasukan berkuda untuk menyerang Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Ummu Ammarah pun mendapat tikaman tersebut pada bagian pundak beliau. Maka saat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melihat keadaan Ummu Ammarah, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata kepada anak beliau :

أُمُّكَ أُمُّكَ، إِعْصِبْ جَرْحَهَا بَارَكَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ مِنْ اَهْلِ الْبَيْتِ مَقَامُ اُمُّكَ خَيْرٍ مِنْ مَقَامِ فُلَانِ وَفُلَانٍ رَحِمَكُمُ اللَّهُ أَهْلَ الْبَيْتِ

"Ibumu, ibumu, tutuplah lukanya. Barakah Allah atas kalian wahai ahli bait, kedudukan ibumu lebih baik daripada kedudukan fulan dan fulan, semoga Allah merahmati kalian wahai ahli bait."

Dalam peristiwa ini, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mendoakan mereka yang terluka agar menjadi teman-teman dekat beliau di surga. Setelah doa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ini, beliau mengatakan :

"Aku tidak peduli dengan apapun yang menimpaku di dunia"

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga pernah berkata tentang Ummu Ammarah, sebagaimana riwayat Abdullah bin Umar, aku mendengar Rasulullah shallallau alaihi wasallam mengatakan pada hari Uhud :

مَا أُبَالِي مَا أَصَابَنِي مِنَ الدُّنْيَا

"Tidakkah aku menoleh ke kanan tidak pula ke kiri kecuali melihatnya (Ummu Ammarah) bertempat di hadapan (membela)ku"

Beliau juga turut serta dalam perang melawan Bani Quraidhah dan Perang Khaibar. Turut serta pula dalam baiat Ridwan yang isinya adalah sumpah mati demi membela sahabat Utsman yang tertahan oleh Quraisy.

Beliau juga turut serta dalam pertempuran Hunain. Pada awal pertempuran, kaum musyrikin bisa memukul mundur pasukan muslim. Tinggal tersisa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan segelintir dari pasukan yang terus bertahan di sekeliling Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Di antara yang bertahan, tetap teguh di tengah serangan bertubi-tubi adalah Ummu Ammarah radhiyallahu 'anha.

Setelah meninggalnya Rasulullah shallahu alaihi wasallam, muncullah gerakan pemurtadan pada sebagian kabilah Arab. Banyak kabilah yang menggaangggap bahwa dengan meninggalnya Rasulullah shallallhu alaihi wasallam berarti selesailah urusan Islam, dan bolehnya untuk berlepas dari jamaah kaum muslimin. Maka, di bawah bendera khalifah Abu Bakar terjadilah peperangan melawan orang-orang yang murtad.

Ummu Ammarah pun meminta izin kepada Abu Bakar untuk turut bergabung di bawah komando Khalid bin Walid dalam memerangi Bani Tamim dan Bani Hanifah, dua kabilah yang murtad dari Islam saat itu.

Saat terjadinya pertempuran tersebut, umur beliau telah mencapai enam puluh tahun lebih. Beliau bersumpah untuk tidak meletakkan pedangnya hingga terbunuhnya Dajjal dari Hanifah (Musailamah).

Pada peperangan memenangi Bani Hanifah dalam perang Yamamah, tangan beliau terpotong saat hendak menuju Musailamah yang ada di dalam kebun.

Maka Khalid bin Walid pun mengirim kepadanya dokter yang mengobatinya dengan cara memasukkan luka tersebut pada minyak yang mendidih..

Beliau adalah wanita yang mendapat perhatian khalifah Abu Bakar, dimana beliau selalu bertanya-tanya tentang kabarnya.

Selain sebagai wanita mujahidah, tercatat dari beliau beberapa hadis yang beliau riwayatkan. Di antara murid beliau adalah Anas bin Malik, Muhammad bin SIrin, dan Hafshah binti Sirin, dan beberapa orang lagi.

Beliau meninggal setahun setelah pertempuran Yamamah karena luka-luka yang dideritanya. Di awal masa kekhalifahan Umar bin Al Khaththab radhiyallahu anhu di tahun ke tiga belas hijriyyah. Beliau dimakamkan di perkuburan Baqi'. Semoga Allah meridhainya. [Ustadz Hammam]

Baca juga Biografi Utbah bin Ghazwan

Sumber : Majalah Tashfiyah Edisi 93 Vol 08 1441 H / 2019 M
Sumber:
Biografi Ummu Amarah, Mujahidah Tangguh
Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy
Kisah Mengagumkan Tentang Menundukkan Pandangan
Pentingnya Mengingat Masa Lalu - Kisah Amr bin Ash
Mensholatkan Orang yang Meninggal Karena Hukuman Had
Perbedaan Antara Ilmul Yaqin, Ainul Yaqin dan Haqqul Yaqin
Kumpulan Hadits Shahih Pilihan 001
Hukum Tindikan Telinga Lebih dari Satu Pada Wanita
Kisah Ma'had yang Diserang Bangsa Jin
Tata Cara Pelaksanaan Shalat Malam / Qiyamul Lail
Hukum Suami Menyusu dari Puting Susu Istrinya
Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 001
Kumpulan Tanya Jawab Tentang Jual beli
40 Hadits Shahih di Bulan Ramadhan


Sumber:
TAZKIRAH

Ayat Penawar Sakit

Senarai berita palsu
Photo of sitifatimah sitifatimah 13/04/2020

KUALA LUMPUR, 19 Syaaban 1441H, Isnin – Berikut adalah senarai penafian berita tular dalam media sosial oleh agensi yang bertanggungjawab melalui kenyataan media Pasukan Respon Pantas Kementerian Komunikasi dan Multimedia (KKMM) pagi ini.
1. Kementerian Perdagangan Antarabangsa dan Industri (MITI) menafikan pernah menjalankan pengumpulan maklumat daripada syarikat-syarikat mengenai SOP kesihatan untuk tujuan membenarkan sesetengah industri meneruskan operasi semasa tempoh Perintah Kawalan Pergerakan (PKP).
2. KKM menafikan dakwaan bahawa doktor dari Hospital Shah Alam (HSA) melarang orang ramai mengunjungi Pasar Seksyen 6, Shah Alam berikutan lebih daripada tiga kes positif COVID-19 dilaporkan di kawasan pasar berkenaan. – Bernama

Sumber:
Senarai berita palsu - Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb
My WordPress Website

UPDATE Corona 13 April 2020 di Dunia: Inggris Lampaui China, 
Pasien Sembuh di Jerman Capai 60 Ribu
Tribunnews.com - 17 minutes ago
Simak update corona 13 April 2020 di dunia, Inggris telah melampaui China. Sementara jumlah pasien sembuh di Jerman mencapai 60 ribu.

Rekaman peristiwa dari seluruh dunia: 4-10 April 2020
BBC News Indonesia - Berita - 26 minutes ago
Sejumlah foto yang menampilkan rekaman peristiwa diabadikan di berbagai tempat di dunia, pada periode 4-10 April 2020

MANA KERAJAAN TEKNOKRAT PAS, 
SEMUA MP JADI PENGERUSI GLC
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 43 minutes ago
[image: Mana kerajaan teknokrat Pas, semua MP jadi pengerusi GLC] Mana kerajaan teknokrat Pas, semua MP jadi pengerusi GLC Oleh: Redzuan RF8 MediaApril 13, 2020 Share Sebelum pilihan raya umum ke 14 lalu, Pas berkempen untuk mewujudkan kerajaan teknokrat. Ahli parlimen (MP) yang menang tidak akan memegang jawatan menteri, sebaliknya profesional akan dilantik untuk menjadi anggota kabinet. Kerajaan itu merunut Pas akan memastikan Malaysia ditadbir oleh ahli-ahli ekonomi, jurutera, doktor dan sebagainya bagi memastikan efisiensi dan khidmat terbaik buat rakyat. Kini, bila jadi kerajaan ...

DULU KATA PH TAK ADA KUMPULAN WHATSAPP, PN PUN SAMA
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 45 minutes ago
[image: Dulu kata PH tak ada kumpulan WhatsApp, PN pun sama] Dulu kata PH tak ada kumpulan WhatsApp, PN pun sama Oleh: Redzuan RF8 MediaApril 13, 2020 Share Ketika kerajaan Paktan Harapan menarik balik beberapa keputusan pembangkang BN dan Pas ketika itu memperleceh menteri PH tiada kumpulan WhatsApp sebelum buat kenyataan. Ternyata kerajaan Melayu Parikatan Nasional lebih teruk lagi ketika semi darurat Covid 19 keputusan membuka kedai gunting dan khidmat guaman oleh MITI misalnya tidak diketahui oleh Kementerian Kesihatan dan perundangan. Mengenai kebenaran untuk firma guaman beropera...

Muslim Harus Bergembira Menyambut Ramadhan
sukarja, Check Porsi Haji App. - 3 hours ago
Bergembira Menyambut Ramadhan, Salah Satu Wujud Keimanan Salah satu tanda keimanan adalah seorang muslim bergembira dengan akan datangnya bulan Ramadhan. Ibarat akan menyambut tamu agung yang ia nanti-nantikan, maka ia persiapkan segalanya dan tentu hati menjadi sangat senang tamu Ramadhan akan datang. Tentu lebih senang lagi jika ia menjumpai Ramadhan. Hendaknya seorang muslim khawatir akan … Continue reading Muslim Harus Bergembira Menyambut Ramadhan

PH JANGAN LAGI ABAIKAN PENYOKONG...
PN JUGAK YANG CERDIK
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 38 minutes ago
Mohd Nizam [image: Imej mungkin mengandungi: 2 orang, teks yang berkata 'PDRM Anggota PDRM Bergadai Nyawa? Geng2 Kamu Dgn Jawatan Dan Pangkat? COVID-19: 66 warga PDRM positif COVID-19 22 anggota, keluarga ATM dikuarantin di Sabah MP kerajaan akan dilantik ketuai GLC' Menteri di JPM Semua anggota parlimen kerajaan persekutuan dilantik sebagai dan menteri dilantik mempengerusikan agensi dan kerajaan (GLC). Anggota ATM Bergadai Nyawa? mkk malaysiakini Kadar Kematian Bertambah? 4,683 2,499 2,108 Maut 224 petugas KKM Rakyat Sanggup Berdepan Risiko? Kakitgn KKM Bergadai Nyawa? Demi negar...

BENARKAH KATA MAHATHIR ORANG TAK TERIMA ANWAR?
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 41 minutes ago
Kami tahu siapa yang menentang dan tak boleh terima rancangan utk menjadikan kamu sebagai PM sebelum PRU 14 yg mana kamu cakap kononnya mereka ini yg didalam PKR tidak boleh terima DSAI menjadi TPM,bagaimana jika dilantik anwar sebagai TPM kepada kamu PH tidak akan menang keranan Azmin tidak sokong jika kamu pon dia tidak menyokong sebagai calon PM?. KALAU MEREKA TIDAK BOLEH TERIMA ANWAR SEBAGAI TIMBALAN PERDANA METERI,BAGAIMANA BOLEH KAMU SENDIRI SETUJU DIA BAKAL PERDANA MENTERI DAN KAMU SENDIRI AKAN MENYERAHKA KUASA ITU KEPADANYA yang mana perjanjian itu melibatkan parti kam...

COVID-19: China lapor 97 kes import baharu
siti hafidah, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 55 minutes ago
BEIJING, 19 Syaaban 1441H, Isnin – China mengesahkan kurang daripada 100 kes baharu COVID-19 yang mana majoritinya diimport dari negara luar. Menurut Suruhanjaya Kesihatan Kebangsaan (NHC), 99 kes baharu direkodkan pada Sabtu lalu di tanah besar China dan wilayah Xinjiang – 97 darinya daripada pelancong luar negara – angka harian tertinggi bagi kes import COVID-19. … The post COVID-19: China lapor 97 kes import baharu appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

Menteri Somalia meninggal akibat COVID-19
ainulillia, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 1 hour ago
MOGADISHU, 19 Syaaban 1441H, Isnin – Somalia mengesahkan kematian kedua akibat wabak pandemik COVID-19 di negara itu semalam, lapor Al Jazeera. Menteri Kehakiman di negeri Hirshabelle, Khalif Mumin Tohow, meninggal dunia di Hospital Martini, Mogadishu sehari selepas dia disahkan positif di bandar Jowhar, ibu kota pentadbiran Hirshabelle. Timbalan Presiden Hirshabelle, Ali Gudlawe Hussein mengesahkan kematian … The post Menteri Somalia meninggal akibat COVID-19 appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

9 Barang Bukan Makanan yang Ternyata Ada Tanggal Kedaluwarsa. 
Apa Saja?
Dwita Apriliani, Hipwee - 1 hour ago
Pasta gigi pun sebenarnya harus dilihat tanggal kedaluwarsanya. Kalau lewat, manfaatnya nggak bakal maksimal~

Ahli Virus Jepang: Covid-19 Juga Bisa Menginfeksi Lewat Udara 
dan Bertahan Setahun Lebih
Tribunnews.com - 1 hour ago
Kawaoka mengatakan masa penularan Covid-19 ini bisa lebih dari setahun. Sama seperti yang disampaikan peraih Nobel Kedokteran, Shinya Yamanaka.

Erdogan tolak peletakan jawatan Menteri Dalam Negeri
siti hafidah, Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb - 2 hours ago
ISTANBUL, 19 Syaaban 1441H, Isnin – Presiden Recep Tayyip Erdogan menolak pengunduran Menteri Dalam Negeri Turki yang mahu meletak jawatan, selepas menerima kritikan berhubung arahan perintah berkurung bagi mengendalikan wabak COVID-19. Pihak berkuasa mengisytiharkan perintah berkurung selama 48 jam di puluhan bandar sejurus sebelum jam 10 malam pada Jumaat lalu, memberi rakyat notis hanya selama … The post Erdogan tolak peletakan jawataln Menteri Dalam Negeri appeared first on Portal Islam dan Melayu | ISMAWeb.

KISAH WALAUN JUHALA
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago
miqdad zakaria Walaun's Juhala' ramai yang berani memetik dan memfitnah Imam Assyafie Rahimahullah.. Mereka mendakwah.. Imam Syafie pernah menjawab bila ditanya oleh anak muridnya tentang ulamak yang bagaimana di akhir zaman nanti perlu kami ikuti..? Walaun's Juhala' menambah dengan berani menggunakan nama Imam Syafie.. Imam Syafie menjawab.. “Perhatikanlah panah-panah musuh (ditujukan kepada siapa), maka itu akan menunjukan kamu kepada siapa ‘Pengikut Kebenaran’ itu”.. Dalam versi lain.. Walaun's Juhala' membawa cerita dongeng lagi tentang jawaban Imam Syafie.. Kononnya sang...

Presiden Turki Erdogan Tolak Pengunduran Diri 
Menterinya yang Mundur karena Kecewa Lockdown
Tribunnews.com - 2 hours ago
Presiden Turki, Tayyip Erdogan menolak pengunduran diri menteri dalam negeri Turki pada Minggu (12/4/2020) lalu.


Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

Tiada ulasan: