Selasa, 7 April 2020

Nyimak gan sambil gelar tikar. Kampung halaman saya lebih horor gan. 10140


emoticon-Ngakak... kampung halaman saya lebih horor gan emoticon-Ngakak...sundul ...abis liat peta. jauh dari sintang. gw aja paling jauh nyampe nanga silat.
emoticon-Ngacir Gelar tiker... Selalu menyenangkan jika bercerita tentang Kalimantan.. Begitu banyak misteri.....emoticon-Coblos   ...nyimak gan sambil gelar tikar

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Yang pasti hebat ialah kecintaan makhluk bernama manusia terhadap Maha Pencipta Nya Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā) Mampukan diri untuk menggapainya... Agar kita jadi orang-orang yang beruntung di Akhirat kelak. In Syaa Allah. Aamiin Yaa Allah. 

Cinta Bagi Seorang Introvert, Kalian Termasukah?


Pernah bertanya-tanya apa itu Cinta? Dan jawaban kebanyak orang pasti sudah bisa di tebak, kebanyakan jawabannya adalah bahwa Cinta itu Materi, atau lebih parahnya jawaban dari seorang jomblo yang mengatakan bahwa cinta itu bullshit. Kalo menurut kamu cinta itu bullshit ? Kamu pasti jomblo yah emoticon-Big Grin.


Sebelum mengetahui pendapat Cinta dari seorang introvert alangkah baiknya kita mengenal introvert dulu, pasti banyak yang belum tahukan introvert itu apa ? Baik disini saya akan jelaskan sedikit saja agar kalian tidak bingung. Introvert adalah seseorang yang mempunyai berkelipatan kepribadian ganda. Contohnya kadang dia menjadi seperti sosok anak kecil, kadang dia dewasa, dan kadang dia selalu mengikuti mood atau perasaannya yang selalu tidak menentu.


Orang introvert kebanyakan sendiri, pendiam, dan sering ngobrol sama diri sendiri. Tapi pandangan seorang introvert sangat-sangat bijak mulai dari pekerjaan, masa depan, atau soal cinta. Dan inilah pandangan cinta dari seorang introvert.

1. Cinta Adalah Perasaan 
(Gambar milik pribadi) ...katanya yang wajar dihormati. 

Orang introvert tidak percaya bahwa cinta hanya dari sekedar materi, tapi dia lebih percaya kepada perasaannya. Seperti pepatahnya "Mulut bisa berbohong tetapi hati tidak". Jadi sudah jelas bahwa seorang introvert akan selalu mengikuti kata hatinya.

Introvert mengukaui bahwa cinta itu karna rasa tidak tahu, contohnya jika kamu suka seseorang yang kamu belum kenal sama sekali, dan kamu tiba-tiba suka, itu baru dinamakan cinta oleh seorang introvert.

2. Cinta Tidak Punya Alasan 

Cinta bagi seorang introvert adalah mereka yang mencintai tanpa alasan, tanpa basa-basi kepada pasangan. Dan mereka cenderung di puji oleh pasangannya. Seandainya seorang laki-laki introvert yang di tanya, "Kenapa suka dengan perempuan itu ?" Jawabannya pasti tidak tahu, ya karna ini bukan soal kecantikan, kebaikan, atau kesempurnaan, tapi ini soal hati. Jika seorang introvert mengatakan dia cinta karna wanita itu baik, maka seorang introvert menganggap bahwa itu bukan cinta, melainkan nafsu karna melihat dari kecantikan. Dan sudah jelas seiring waktu kecantikan itu akan memudar. Jika telah memudar, apakah masih cinta ?

3. Cinta Terpendam

Kenapa seorang introvert suka memendam perasaannya sendiri ? Jawabannya bukan karna mereka pengecut, tapi menunggu waktu yang tepat. Seorang introvert akan menyatakan cintanya ketika orang yang disukainya sudah benar-benar nyaman dengannya. Seorang introvert tidak suka memaksa seseorang yang dicintainya harus mencintainya kembali. 

4. Cinta Main Api 
Ini agak serem ya? Katanya kalo punya rasa Cinta itu dianggapnya bermain Api oleh seorang introvert. Kenapa sih ? Karna mereka tau betul rasa sakit yang sering dikatakan "Kok sakit tapi gak berdarah", sering kan dengar kata itu. Mungkin sebagaian kalian yang putus cinta akan merasa biasa saja, dan berpikir masih banyak pria atau wanita di muka bumi ini. Tapi tidak dengan seorang introvert, mereka cenderung akan galau setiap hari, dan bahkan bisa-bisa depresi. Karna mereka semua menanggapinya dengan perasaan, bukan pikiran. 

5. Cinta ya Cinta

Maksudnya apa nih ? Cinta ya Cinta ? Bagi seorang introvert cinta adalah sesuatu kekuatan yang bisa mengalhkan segalanya. Cinta yang tulus dari hati itulah cinta, namun seiring berkembangnya zaman kini nama cinta telah di nodai dengan ditambahkan kata di depannya. Contoh : Cinta monyet, Cinta matrealistis, Cinta Agape, Cinta mania, Cinta pragma dan lain sebagainya.

Itulah pandangan cinta menurut seorang introvert, jika kalian punya pasangan seorang introvert maka berhati-hatilah. Jika hatinya terluka kalian bisa membahayakan dirinya. Bukan diri kalian, tapi dirinya. Karna seorang introvert tidak pernah ingin pasangannya tersakiti meski dirinya disakiti emoticon-SmilieMaka bersyukurlah jika mendapatkan pasangan seperti itu emoticon-Smilie Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa cendolnya ya emoticon-Smilie Share juga bro/sist emoticon-Big Grin

----------TERIMAKASIH---------- 
Sumber:
Cinta Bagi Seorang Introvert, Kalian Termasukah ? | KASKUS
The HUD Institute Beri Dukungan Untuk Omnibus Law
Lembaga Pengkajian Pengembangan Perumahan dan Perkotaan Indonesia (LP P3I) atau The Housing and Urban Development Institute (The HUD Institute) menyatakan dukungannya kepada pemerintah untuk melanjutkan pembahasan undang-undang ombnibus law.



Namun, Ketua Umum The HUD Institute Zulfi Syarif Koto mengingatkan dukungan yang diberikan tak semata tanpa catatan. The Hud Institute menyampaikan sejumlah rekomendasi, khususnya mengenai sektor perumahan rakyat, permukiman, dan pengembangan/pembangunan kawasan perkotaan.

Zulfi menuturkan bahwa terkait dengan RUU Cipta Kerja Omnibus Law mengenai Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, memerlukan pengembangan dalam kebijakan hukum dan rumusan norma pasal-pasal yang ada dengan mengintegrasikan pendekatan lima komponen dasar hak bermukim (5 KDHB) dan lima komponen dasar aset komunitas (5 KDAK) dengan 12 Klaster RUU Cipta Kerja Omnibus Law.

Kelima KDHB itu adalah tata ruang dan lingkungan hidup, penyediaan tanah, pembiayaan dan penjaminan termasuk pendanaan, pajak, retribusi dan sebagainya, infrastruktur dasar, dan teknik, teknologi dan pemanfaatan komponen atau bahan bangunan strategis.

Adapun, 5 KDAK yang dimaksud yaitu tanah, bangunan, infrastruktur dasar, kegiatan ekosob, dan pelayanan publik.

“Masukan tertulis secara resmi sebelumnya sudah kami sampaikan dalam bentuk policy brief kepada Ketua DPR RI, MPR dan DPD RI. Namun, kami juga berharap dapat memberikan masukan secara langsung kepada Badan Musyawarah Omnibus Law RUU Cipta Kerja,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (1/4/2020).

The Hud Institute juga memberi sejumlah poin usulan terhadap RUU Cipta Kerja khususnya mengenai sektor perumahan rakyat, permukiman, dan pengembangan/pembangunan kawasan perkotaan, antara lain dengan mengokohkan kelembagaan dan urusan perumahan rakyat, permukiman, dan pengembangan kawasan perkotaan.

Selanjutnya, perlu juga adanya penguatan dan perluasan kewajiban dan kewenangan pemerintah dan pemerintah daerah dalam memberi bantuan dan kemudahan bagi perumahan masyarakat menengah bawah.

Kemudian, pemerintah juga diharap bisa memastikan ketentuan pembentukan badan bank tanah untuk penyediaan tanah bagi perumahan masyarakat menengah ke bawah sebagai solusi dalam mengatasi kekurangan rumah, rumah tidak layak huni, dan kawasan kumuh.

Selain itu, perlu juga ada kebijakan hukum yang meluaskan alternatif pembiayaan perumahan masyarakat menengah bawah baik konvensional maupun syariah yang mengalami hambatan akses ke sumber daya pembiayaan.
Sumber  : 

http://www.omnibusrakyat.com/2020/04...gan-untuk.html
Sumber: 

Ilmu yang Bermanfaat
Kebermanfaatan tersebut pun bisa dalam beragam bentuk dari ilmu, harta, hingga tenaga

Di dalam Islam,salah satu syarat untuk menjadi manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Manusia itu pun dicintai oleh Allah SWT. Sesuai dengan apa yang diriwayatkan Imam Thabrani dari Jabir RA: 

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.'”

Kebermanfaatan tersebut pun bisa dalam beragam bentuk dari ilmu, harta, hingga tenaga.  Bicara tentang ilmu bisa diibaratkan sebagai cahaya. Pelitanya bisa menerangi peradaban manusia. Layaknya temuan tentang teori cahaya membebaskan manusia dari belenggu keyakinan sesat bahwa cahaya bersinar dari mata.
Tidak terbayang jika Ibnu al-Haitham dan Newton tak pernah menemukan teori tentang optik. Kacamata, lensa, dan kamera tidak akan pernah ada.Ilmu yang bermanfaat  pun abadi bersama dengan penemunya. Menyingkirkan teori-teori dulu yang batil (salah).

Maka, Mahabenar Allah SWT yang telah memisahkan air dengan buihnya seperti logam dengan percikannya. Allah SWT memisahkan mereka layaknya yang benar dan batil, memisahkan antara pemberi manfaat dan yang tidak berharga.

“Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengembang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang batil. Adapun buih itu akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan” (QS ar- Rad [13]: 17).

Ilmu yang bermanfaat juga ternyata tak hanya memberi manfaat kepada orang lain. Ilmu itu akan berbalik menjadi investasi bagi para ahlinya selepas kematian.

Bukan hanya namanya yang tetap berada di bumi, ilmunya akan menolong dia saat menghuni alam baka. Sesuai apa yang dipesankan Rasulullah SAW, ilmu bermanfaat adalah satu dari tiga pahala yang akan tetap mengalir selepas mati. Wallahualam.

 sukarja


Sumber:
Ilmu yang Bermanfaat – Check Porsi Haji App.
Hingga Akhir Menjelang - Perjalanan Horor ke Pedalaman Kalimantan Barat

Sungai Kapuas

Akhirnya, ujian semester pun berakhir sudah, masa masa liburan yang terbentang di pikiran ku membuat hati cukup bahagia, yup, masa masa menjadi mahasiswi di semester ke 3 ini cukup menyenangkan bagiku.

Perkenalkan nama ku Garry Ninawaty, dengan nama seperti lelaki aku cukup sering diolok dan dibully teman teman sekampus ku tetapi karena aku cuek dan ceria maka itu tidaklah pernah aku masukan ke hati untuk setiap jokes jokes setiap kali nama ku diteriakan oleh guru ataupun dosen di kelas ku pas absensi.

Aku berkuliah di salah satu Sekolah Tinggi swasta di bilangan kota Pontianak dengan jurusan Accounting, kenapa aku memilih Accounting? Mungkin dikarenakan di kota yang kecil ini pilihan jurusan begitu sedikit dan jurusan ekonomi lebih mudah untuk diserap di dunia kerja bukan? Juga mungkin karena aku sudah menghabiskan waktu Sekolah Menengah ku di SMK Negeri jurusan accounting juga.

Terlahir dan besar di kota Pontianak, yang nama kota nya sendiri diambil dari nama makhluk halus kuntilanak membuat ku cukup kenyang akan cerita mistis di tempat ini. Menurut beberapa orang, aku terlahir dengan perawakan yang menarik, mata yang tajam dan tidak sipit (seperti tipikal kebanyakan), rambut ku lurus dan panjang, dan tubuh langsing dan kulit putih. Jadi kadang, saat aku berjalan di keramaian aku dapat merasakan beberapa pasang mata lelaki yang mencuri pandang kearah ku. Well..........

skip skip, lanjut lagi cerita perkenalannya, aku dari suku Tiociu (keturunan Chinese), dan disini aku ingin menceritakan kejadian saat aku melakukan perjalanan ke Danau Sentarum di Kapuas Hulu.

Perjalanan ke Kapuas Hulu sendiri memerlukan waktu sekitar 11 jam an untuk mencapai Taman Nasional Danau Sentarum dengan rute Pontianak-Sintang. Dari Sintang untuk rute Sintang-Semitau-Danau Sentarum dilanjutkan dengan speedboad perlu waktu sekitar 4 jam. 

Danau Sentarum: 


Selain menyelesaikan studi ku, aku juga mengambil part time sebagai seorang jurnalis di sebuah media terkemuka, ini adalah kali pertama ku bekerja di media cetak nasional, hatiku sangat gembira. 

Sebagai anak baru di media, aku harus bersiap ditempatkan di bidang mana saja. Termasuk yang receh-receh. Tapi buatku tak receh sebab tugas yang diberikan membutuhkan nyali besar. Laporan mengenai tempat wisata di pedalaman kalimantan yang terus terang ini adalah kali pertama ku juga kesana, walaupun aku tumbuh besar di Kalimantan membuat ku sangat antusias.

Pak Asep bercerita bahwa dari dulu sudah sering terdengar mitos adanya “puaka” dan istana jin didasar sungai kapuas. Beliau sambil mengemudikan perahu nya yang hanya cukup menampung 5-6 orang dengan atap diatas perahu dan mesin dibelakang. 

Puaka adalah sebutan masyarakat setempat yang artinya penunggu atau hantu penunggu, atau sesuatu yang identik dengan makhluk yang besar dan tinggal sejak lama disuatu wilayah. 
Terus terang dahulu pada waktu kecil keluarga kami tinggal di pinggiran sungai kapuas, tepatnya di kota Sanggau.  Masih teringat waktu aku kecil, untuk setiap kegiatan MCK selalu kami lakukan di kakus yang terapung dipinggiran sungai.

Dan kegiatan favorit ku sewaktu kecil adalah berenang, setiap mandi sore aku selalu menghabiskan waktu di sungai di pinggir rumah kami. Sungai kapuas sendiri adalah sungai yang sangat lebar, hingga dapat mencapai 600 meter dan dengan kedalaman hingga bisa 15 meter.  

Sambil bercerita kami menyusuri sungai yang terlihat tenang namun sebenarnya lumayan deras dan menghanyutkan.

Waktu itu hari sangat cerah, langit terlihat biru dan cuaca yang tidak terlalu panas.  Aku pun bernostalgia dan mengenang masa kecilku dalam lamunanku dan sambil mendengarkan cerita pak Asep.

Di tengah sungai, aku melihat anak anak yang dengan riangnya menikmati pemandangan sambil menghanyut oleh aliran sungai.

Saat itu perahu sudah memasuki area yang cukup sunyi didekat pedalaman hutan, dan entah kenapa cuaca yang cerah tiba-tiba berubah seketika, langit mulai menghitam, ditutupi awan gelap dan angin kencang yang bertiup sangat kencang, dan saat itu juga hujan turun dengan sangat derasnya disertai petir yang silih berganti menyambar, 
Keadaan yang tenang mendadak menjadi mencekam, dan tak dinyana sebuah petir besar menyambar kearah yang tidak jauh dari kami, sambarannya nyaris mengenai perahu kami.  Dan pak Asep yang begitu pengalaman menyisiri sungai pun terlihat sedikit panik. Tak ayal lagi beliau pun memberikan pelampung kepadaku yang sudah terlihat basah dan berantakan karena terpaan hujan yang melewati atap perahu karena tertiup oleh angin kencang, ada 2 orang penumpang lain yang juga sama  ketakutan, perahu terombang ambing berusaha menuju tepi sungai.  Anehnya, ketika kami sudah sampai ditepi sungai, hujanpun mendadak berhenti, dan tiba tiba langit hitam yang tadinya ada sedikit demi sedikit terhapus dan pergi.

Kejadian yang mendadak dan mengeherankan ini membuat pak Asep dan rombongan kami terpaksa menepi dan kami menyisiri tepian sungai untuk ke desa terdekat dan menumpang menginap, dan baru melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Besoknya seperti biasa kami berkumpul lagi, kali ini jumlah penumpang bertambah  banyak, ada 10 orang.  Sepertinya orang desa tersebut memaksakan supaya bisa ikut pak Asep ke hulu juga untuk mengurus logistic dan perbekalan. Walaupun kuatir tetapi mau tidak mau aku harus mengikuti kembali perahu menyusuri aliran sungai karena daerah tersebut cukup di pedalaman yang tidak dilalui kendaraan dan satu satunya transportasi hanya melalui perahu dan aku pun sudah dikejar kejar deadline.

Cuaca mulai kelihatan gelap kembali, dan perahu cukup rata dengan sungai karena penumpang yang berkelebihan, seakan belum cukup tiba tiba saja aku melihat ada gelombang yang cukup besar datang dari arah tengah sungai menuju ketepi sungai.  Gelombang tersebut seperti akibat speed boat yang lewat.

Ketika gelombang yang datang dari jauh itu mendekat, ternyata gelombang tersebut lebih tinggi dari yang kami bayangkan, dan besarnya seperti ombak laut.. sekitar satu meter sekian.  Kami pun semuanya terpelanting dan terbawa oleh gelombang yang besar itu, hujan sudah mulai turun dan langit begitu gelapnya.

Tersedak dan mengapai gapai di tengah keruhnya sungai dan dinginnya air, tiba tiba kurasakan seperti ada papan yang mengapung, OMG, sepengetahuanku disini adalah hulu tempat sarang buaya, dengan panik aku berenang dan mengapai gapai perahu yang sudah terbalik. Tiba tiba aku tenggelam, seakan ditarik oleh sesuatu yang tidak kelihatan... 
Entah benar entah tidak, menurut cerita yang masih belum diketahui kebenarannya… dikatakan bahwa Sungai Kapuas yang membentang di Kota Sanggau Kapuas memiliki kerajaan di alam tidak kasat mata.  Selain itu ada pula Puaka (Mahluk tidak kasat mata) yang menjaga sungai tersebut.

Diceritakan bahwa ada seekor ular besar yang melintang didasar sungai kapuas dimana ekornya tepat di muara Sungai Sekayam dan kepalanya ada di daerah pancur aji. Daerah pancur aji ini terletak di tikungan sungai kapuas, apabila air pasang maka akan ada pusaran besar di tikungan tersebut.
Dikatakan bahwa apabila ada gelombang mendatar dan mengarah hanya kesebelah tepi sungai, artinya ada sebuah benda atau mahluk panjang yang mengibaskan tubuhnya secara satu arah sehingga membentuk gelombang aneh itu.
Kalau itu gelombang karena speed boat, tidak ada speedboat yang melintas dan tidak mungkin ada speed yang membuat gelombang sebesar itu.  Dan mengapa hanya satu arah? Seharusnya gelombang yang berasal dari tengah sungai akan mengarah dari sisi tepi kiri dan tepi kanan sungai. 

Aku terbangun, dan samar aku menggapai ranting di pinggir sungai, dengan sisa sisa kekuatan ku aku berusaha untuk bangkit dan berjalan dalam hutan di tepian sungai tersebut untuk mencari pertolongan, kebingungan dan tersesat aku merasakan tempat ku berada serasa bukan di hutan melainkan serasa di perkampungan lantaran bunyi riuh rendah warga kampung seperti biasa.

Hujan lebat dan petir, basah dan kedinginan serta langit yang gelap dan hutan yang sangat lebat membuat ku lemas dan bingung, antara kenyataan dan mimpi seakan menjadi kabur dan samar.

Suara nya terdengar seperti suara warga menoreh getah, senda gurau anak kecil, hingga warga kampung yang sedang berburu.

Padahal aku berada di tengah hutan belantara.

Aku kemudian berteriak lagi meminta pertolongan namun tak ada satu pun suara yang terdengar riuh rendah itu menanggapiku.

Aku pun pingsan!!
Penutup

Semua terasa memusingkan, bau alkhohol, dan obat, aku membuka mata ku dan mendapati diriku di ruangan bangsal rumah sakit kota S, samar samar dengan kepala terhuyung aku berusaha untuk bangun tetapi suster jaga yang kebetulan lewat menahanku untuk bangkit dan dia berkata "Kak, tiduran aja ya, istirahat dahulu.."

Aku melihat ke tangan ku yang sudah tertempel infus, dalam perasaan antara nyata dan terasa dalam mimpi, kepalaku begitu berputar, aku mencari pandang ke setiap arah dan aku menyadari sedang terbaring di bangsal rumah sakit, sendirian.

Sumber:
Hingga Akhir Menjelang - Perjalanan Horor ke Pedalaman Kalimantan Barat | KASKUS
Sejarah, Tujuan dan Manfaat Kontes Kucing
KASKUS - Forum Threads - 3 hours ago
[CENTER][img]https://s.kaskus.id/images/2020/04/07/10815314_20200407092042.png[/img] [size=5]Hampir sama dengan lainnya, Pemelihara Kucing atau Cat Lovers pun punya ajang bergengsi untuk menampilkan anak bulunya dengan Kontes Kucing [i](Cat Show)[/i], Tidak hanya Kucing Ras, Kucing Domestik atau Kucing Kampungpun selalu hadir dalam acara ini.[/size][/CENTER] [b][size=5]Sejarah :[/size][/b] [i][size=5]Kontes kucing (cat show)[/size][/i] adalah sebuah acara perlombaan atau pameran tentang kuc...

Omnibus Law Akan Memajukan UMKM Ke Arah Yang Lebih Baik
KASKUS - Forum Threads - 3 hours ago
[justify][url=https://1.bp.blogspot.com/-Tcrf_pX4eAU/XowEo3_w2-I/AAAAAAAAAow/0De27lszLtIBo1yL5o5secX-pKfT1Nj9gCLcBGAsYHQ/s1600/1623.a7dc911d9df8af0bd9ae2e24924261a4.png][font=Times New Roman][img]https://1.bp.blogspot.com/-Tcrf_pX4eAU/XowEo3_w2-I/AAAAAAAAAow/0De27lszLtIBo1yL5o5secX-pKfT1Nj9gCLcBGAsYHQ/s640/1623.a7dc911d9df8af0bd9ae2e24924261a4.png[/img][/font][/url][/justify] [justify][color=#000000][size=3][font=Times New Roman]Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Omnibus Law d...

(Masuk Gan+++) Ini Alasan Kenapa Gak Perlu Sekolah Tinggi Tinggi, Gan
KASKUS - Forum Threads - 3 hours ago
Sekolah? Gak perlu gan. Inget kata tersebut dari seorang artis terkenal mas Deddy Corbuzier. Nah tentu ada pro kontra tapi kalau ane setuju dengan Deddy Corbuzier. Ane sih sebenernya setuju dengan sekolah asal sampai SD saja gan. Coba deh agan pikir pas SMP dan seterusnya agan belajar apa sih di sekolah? Misalnya belajar gradien misalnya buat apa? Atau menghafal berbagai rumus fisika? Buat apa gan? Kalau SD kan penting biar bisa baca, tulis, dan hitung. Ilmu dasar tuh gan memang diperlukan ...

Abu Nawas Vs Wahhaby
KASKUS - Forum Threads - 3 hours ago
[img]https://s.kaskus.id/images/2020/04/07/10229668_202004071034310069.jpg[/img] Wahabi 1 : Jangan melakukan suatu ibadah yang tidak ada contoh dari Rasulullah Saw. Abu Nawas : Kalo gitu mulai sekarang Anda jangan dengarkan khutbah jum’at yang menggunakan Bahasa Indonesia. Wahabi 2 : Semua amalan itu tertolak jika tidak ada contohnya dari Rasulullah. Abu Nawas : Kalo gitu mulai sekarang Anda jangan lakukan shalat tarawih sebulan penuh di Masjid. ...

Ladies, Jangan Pertaruhkan Hidupmu Karena Salah Pilih Suami
KASKUS - Forum Threads - 3 hours ago
Hai Sis. Ini thread pertama ane. Pada trit kali ini,ane mau bahas tentang menantu yang kaya selalu jadi primadona. Hmmm bener gak kira-kira? Jadi dulu banget, waktu ane masih kuliah sempat ngobrol sama teman seangkatan ane. Kata dia, setelah menikah harus kerja biar disayang mertua. Ternyata, bener gaes. Menantu yang kerja memang lebih disayang dibandingkan dengan yang tidak kerja. Itu ane rasain ketika ane resign dari tempat kerjaan kemudian full ngurus anak. Wah, keluarga besar suami r...

Dipecat, Kapten Kapal Induk Nuklir AS Dianggap Terlalu Bodoh
Suratnya yang ungkap COVID-19 mewabah di kapal induk USS Theodore Roosevelt bocor ke media, Kapten Brett Crozier dianggap terlalu bodoh.

COVID-19: NON-MUSLIM BERBARIS AMBIL BANTUAN YANG DISEDIAKAN MASJID.
na'im nikmat, Na'im Nikmat - 5 hours ago
CYBERJAYA – Dalam keadaan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) ketika ini, ramai pihak tampil menganjurkan pelbagai program bagi menghulurkan bantuan kepada golongan yang terjejas. Sama ada pertubuhan bukan kerajaan (NGO) syarikat besar atau kecil sehingga individu tidak henti-henti menghulurkan bantuan mereka kerana menyedari golongan terbabit terputus bekalan makanan. Sebuah masjid yang terletak di Petaling Jaya, Masjid Al-Islamiah bukan sahaja menghulurkan bantuan kepada umat Islam sahaja tetapi bukan Muslim juga turut menerima manfaatnya. Perkara itu tular dalam media sosial Fa...

Sultan Kelantan perkenan potong 6 bulan emolumen diraja
Assistant Editor, Minda Rakyat - 5 hours ago
Sultan Kelantan, Sultan Muhammad V perkenan mengembalikan emolumen diraja kepada perbendaharaan negeri selama enam bulan bermula April ini bagi meringankan beban rakyat, kata Pengelola Istana Diraja Kelantan, Nik Shafirman Nik Hassan. Beliau berkata, langkah itu selari dengan pendekatan diambil Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dan Raja Permaisuri Agong, Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah yang mengembalikan semula bayaran tersebut mulai Mac hingga Ogos depan. "Baginda berharap emolumen diraja yang dikembalikan itu dapat diuruskan sewajarnya oleh peja...

COVID-19 Dan Masalah Yang Diizinkan Syarak -Presiden PAS
Ibnu Hasyim, Ibnu Hasyim - 5 hours ago
*Maqasid Syariah dalam menangani wabak COVID-19* ISLAM yang ditakrifkan daripada perkataan *al-Din* yang merupakan bahasa al-Quran, adalah petunjuk Allah S.W.T yang menyeluruh kesempurnaannya. Ajaran Islam membawa rahmat dan kebajikan kepada seluruh manusia bermasyarakat majmuk, walaupun pelbagai agama, bangsa dan taraf hidup di seluruh alam. Meskipun aqidah Islam tegas, tetapi tetap melaksanakan hak kemanusiaan yang berkeluarga besar berkonsepkan sejagat. Hikmah pelaksanaan ini untuk membuktikan bahawa ajaran Islam berwawas...

Ibu Kaum Mukmin, Gus Baha: Kita Berutang Banyak kepada Sayyidah Aisyah
Miftah H. Yusufpati, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - 6 hours ago
Aisyah telah mendokumentasikan banyak hadis tentang perempuan. Itu adalah salah satu hikmah Nabi SAW menikahi Sayyidah Aisyah.

Resep Olahan Labu Kuning yang Sehat dan Enak
larasetiani, Islampos - 6 hours ago
Sup memang paling enak dimakan ketika cuaca sedang dingin atau ketika Anda sedang tidak enak badan. Makanan ini juga dapat dibuat dari berbagai macam bahan makanan. Salah satunya adalah membuat sup dari labu kuning. The post Resep Olahan Labu Kuning yang Sehat dan Enak appeared first on Islampos.

Andaikan Saja Mau Nurut Sama Nabi
Sodikin, Islampos - 7 hours ago
Nabi kita Muhammad SAW membawa risalah bukan untuk menyempurnakan ibadah ritual manusia semata. The post Andaikan Saja Mau Nurut Sama Nabi appeared first on Islampos.

Tidak Batal Puasa Jika Sebatas Memasuki Mulut
Yudi, Islampos - 8 hours ago
MAKAN dan minum secara sengaja termasuk perkara pembatal puasa. Namun jika makanan dan minuman tersebut baru sebatas memasuki mulut, lidah, bibir, langitlangit, dan gigi, namun belum memasuki tenggorokan, maka hal tersebut menurut kesepakatan ulama tidak sampai membatalkan puasa. Seperti jika sekedar berkumur-kumur, menggosok gigi atau mencicipi masakan. Dari Umar bin al-Khatthab ra, dia berkata: “Pada […] The post Tidak Batal Puasa Jika Sebatas Memasuki Mulut appeared first on Islampos.

10 Essential Oil yang Bisa Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
larasetiani, Islampos - 8 hours ago
Chamomile memiliki kandungan anti-radang dan menyembuhkan bibir kalian dari kekeringan dan pecah-pecah. Antioksidannya membuat bibir terlindungi dari kerusakan. The post 10 Essential Oil yang Bisa Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah appeared first on Islampos.

Pertama Kalinya China Hari Ini Laporkan Tidak Ada Pasien Meninggal karena Corona
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 5 hours ago
Per hari kemarin dilaporkan ada 32 kasus baru, turun dari 39 kasus sehari sebelumnya.

5 Cara Menjadi Youtuber Sukses untuk Pemula, Mudah dan Sederhana
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 6 hours ago
Youtuber menjadi Istilah paling populer untuk menyebut para pengguna yang sering membagikan konten video. Kini telah banyak Youtuber yang mendapat penghasilan hingga ratusan juta. Lantas bagaimanakah caranya untuk menjadi Youtuber sukses? Simak 5 cara menjadi Youtuber sukses yang mudah dan sederhana berikut ini.

10 Cara Mudah Membuat Seblak Kuah Enak Banget
editor@merdeka.com (Editor), Merdeka.com - 6 hours ago
Daripada bosan #DiRumahAja, lebih baik masak makanan yang lezat dan mudah. Berikut cara membuat seblak kuah yang bisa dijadikan teman WFH dan #DiRumahAja

Ingatan Jamali Shadat merosot, banyak diam diri
Assistant Editor, Minda Rakyat - 22 minutes ago
*KUALA LUMPUR:* Pelawak veteran popular, Datuk Jamali Shadat, 78, berubah sikap sejak pemergian isterinya, Allahyarham Lela Yacob akibat serangan angin ahmar, dua tahun lalu. Pelawak kelahiran Bukit Kapar, Klang, Selangor itu kini bagaikan hilang semangat, banyak mendiamkan diri dan terpaksa bergantung kepada anak, menantu dan cucu untuk menguruskan diri. Jamali yang dikenali dengan lontaran suara kanak-kanak dan kebolehan mengajuk pelbagai bahasa pernah memberitahu, arwah isteri menjadi tonggak kejayaannya. Pada saat, arwah isteri diuji dengan tahap kesihatan yang kian merosot, ...

1 Kematian, 170 lagi ke baharu menjadi 3,963
Assistant Editor, Minda Rakyat - 25 minutes ago
Satu lagi kematian akibat jangkitan Covid-19 dilaporkan, menjadikan jumlah korban keseluruhan akibat wabak itu di Malaysia adalah sebanyak 63. Kes kematian terbaru itu melibatkan lelaki warganegara Malaysia berumur 71 tahun yang pernah menghadiri perhimpunan tabligh di Sulawesi, Indonesia. Ketua Pengarah Kesihatan Dr Noor Hisham Abdullah dalam sidang medianya hari ini juga memaklumkan bahawa terdapat 170 kes baru dilaporkan, menjadikan jumlah keseluruhan kes adalah 3,963. Noor Hisham juga memaklumkan bahawa sebanyak 80 pesakit pulih, menjadikan jumlah keseluruhan pesakit yang semb...

Perangi Wabah Covid-19, YUZU Isotonic Berbagi Bantuan ke RS
Anto Kurniawan, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - 1 hour ago
Mulai dari para relawan, organisasi, warga masyarakat, hingga kalangan swasta dan industri bahu membahu memberikan bantuan untuk melawan virus Corona.

Tips Keamanan Siber Bekerja Secara Virtual
Intan Rakhmayanti, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - 1 hour ago
Kebijakan bekerja belajar dan beribadah dari rumah demi memutus rantai penyebaran virus corona, membuat sebagian besar komunikasi dilakukan secara online.

Rupiah Menguat, Gubernur BI: Alhamdulillah
Rina Anggraeni, SINDOnews | Berita Terkini dan Terpercaya | RSS - 1 hour ago
Alhamdulillah sejak minggu lalu, langkah yang dilakukan BI untuk nilai tukar diridhai Allah Yang Maha Kuasa, sehingga nilai tukar rupiah bergerak menguat.

UK Muslim Nurse Areema Nasreen Dies of COVID-19, Left 3 Children
Staff Desk, The Islamic Information - 1 hour ago
The Islamic Information UK Muslim Nurse Areema Nasreen Dies of COVID-19, Left 3 Children As shared earlier, muslim nurses were also among the rest nurses who were making efforts throughout the whole day in the UK to treat the COVID-19 patients. Unfortunately, earlier the week Areema Nasreen also became a victim of this deadly virus and was struggling with it in the same hospital where she was working. Sad [...] UK Muslim Nurse Areema Nasreen Dies of COVID-19, Left 3 Children Staff Desk.

Belum Masuk Puncak Pandemi, Prancis Tak Akan Cabut Lockdown
Kami belum berada di puncak epidemi. Kami masih dalam tahap gangguan, kata Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran.

7 Fakta Lagu Aisyah yang Menjadi Trending Youtube
Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 hour ago
Bagaimana menanggapi lagu Aisyah Istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang sekarang lagi trending. Ini sepuluh faktanya. Posting 7 Fakta Lagu Aisyah yang Menjadi Trending Youtube ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.

Camat Sudah Ingatkan Toko Emas yang Dirampok agar Tak Buka Selama Pandemi Corona
Camat Kembangan Joko Mulyono menyayangkan masih ada toko bukan sembako yang buka di tengah wabah Covid-19. Kondisi ini sangat berbahaya bagi warga maupun pemilik toko.
Du'a to recite during times of calamity.
Unknown, Ahmad Sanusi Husain.Com - 42 minutes ago


Covid - 19: Ketakutan melampau bakar menara telekomunikasi 5G dakwa boleh sebar covid-19
kerengga, KERENGGA - 50 minutes ago
Bernama MobileUK mengeluarkan surat terbuka meminta pelanggan membantu usaha menghentikan serangan ke ata menara telekomunikasi. (Gambar Bernama) LONDON: Sekurang-kurangnya 20 menara telekomunikasi di United Kingdom (UK) dibakar atau dirosakkan sejak beberapa hari lalu, selepas timbul dakwaan mengatakan rangkaian 5G boleh menyebarkan wabak Covid-19, lapor agensi berita Sputnik memetik laporan

6 Trik Mengatur Keuangan di Masa-masa Sulit. Bujetnya Mesti ‘Ditekan’ Banget Biar Nggak Pailit
Lea Lyliana, Hipwee - 50 minutes ago
Mau nggak mau harus atur ulang anggaran belanja biar bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga 💪

KARONA DISANA SINI
noreply@blogger.com (Tukar Tiub), Tukar Tiub - 50 minutes ago
AWAS Seorang lagi korban Covid-19, 170 kes baharu KKM tanggung kos hantar ubat pesakit kronik sepanjang PKP Indeks jenayah turun 70 peratus sepanjang PKP, kata Ismail Sabri Kedutaan usaha bawa pulang rakyat Malaysia terkandas di Bangkok 45 hotel diwarta sebagai pusat kuarantin Covid-19, kata menteri AWAS

Mahathir arkitek utama pembentukan kerajaan pintu belakang?
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 53 minutes ago
[image: Mahathir arkitek utama pembentukan kerajaan pintu belakang?] Oleh ZAKARIA MUSAApril 7, 2020 5:32 pm Tidak pelik apabila muncul segelintir golongan asatizah dan politikus berimej Islam yang bersungguh-sungguh mempertahankan kerajaan pintu belakang Muhyiddin-Azmin dengan cuba memberi justifikasi bersandarkan hujah agama. Mungkin itu satu petanda rasa bersalah yang cuba ditutup dengan helaian daun kering. Mereka mahu menempekkan “wajah Islamik” agar proses kudeta yang jelek itu dapat disucikan bagi mewangikan apa yang digembar-gemburkan sebagai kerajaan Melayu-Muslim. Pengkhian...

Dirawat di ICU, PM Inggris Boris Johnson Pakai Bantuan Oksigen Tapi Bukan Ventilator
Tribunnews.com - 1 hour ago
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson kabarnya menggunakan alat bantu oksigen dan bukan gunakan ventilator

Merangkum Kelakuan Pejabat yang Lucunya Melebihi Komeng. Virus Corona Dianggap Sepele Kali, Ya?
Iradat Ungkai, Hipwee - 1 hour ago
Humoris sekali pejabat-pejabat negeri ini~ :)

Pandangan saya soal arak konsisten, tak kompromi: Menteri Agama
admin, Indahnya Islam - 2 hours ago
KUALA LUMPUR: Menteri di Jabatan Perdana Menteri (Hal Ehwal Agama), Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al-Bakri menegaskan pandangan beliau mengenai arak adalah konsisten tanpa sebarang kompromi bahawa ia haram di sisi Islam. Bekas Mufti Wilayah Persekutuan itu meminta supaya semua orang faham pendiriannya sejak dari awal mengenai apa sahaja berkaitan arak, beliau tetap dengan ...

0:42 / BULETIN AWANI Situasi sekitar Jalan Masjid India
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago

S/Kelantan Prihatin Rakyat, Potong Emolumen Diraja.
Ibnu Hasyim, Ibnu Hasyim - 1 hour ago
*Sultan Kelantan perkenan potong emolumen diraja* KOTA BHARU: Sultan Muhammad V turut berkenan mengembalikan emolumen diraja kepada perbendaharaan negeri selama enam bulan bermula April ini. Pengelola Istana Diraja Kelantan, Nik Shafirman Nik Hassan berkata, langkah itu sebagai usaha bagi meringankan bebanan rakyat. “Baginda berharap emolumen diraja yang dikembalikan itu dapat membantu meringankan beban rakyat yang terjejas berikutan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) sekarang. “Baginda turut mengingatkan seluruh rakyat supaya bekerjasama membantu barisan hadapan negara dengan memat...

Sidang Media Kementerian Kesihatan Malaysia 07/04/2020
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago

Doa Tabah Hadapi COVID-19
AMIR Wartawan Rasmi LR, WARTAWAN RASMI LAMAN REFORMASI - 1 hour ago

ZONE BAHAYA
noreply@blogger.com (Tukar Tiub), Tukar Tiub - 1 hour ago
ZON MERAH WILAYAH AMAT BAHAYA Kawalan lebih ketat di Selangor Mansion, Malaya Mansion, umum Ismail Sabri DUA bangunan flat di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur diletakkan di bawah perintah kawalan pergerakan lebih ketat, kata menteri kanan Ismail Sabri Yaakob, menjadikannya kawasan keempat di Malaysia yang dikurung sepenuhnya bagi membendung ancaman penularan Covid-19. Dua bangunan flat ini terletak di samping Masjid India, yang kerap menjadi tumpuan jemaah tabligh. Ismail berkata perintah lebih ketat itu di Selangor Mansion dan Malaya Mansion dibuat atas nasihat menteri kesi...

17.190 Relawan Medis dan Non Medis Direkrut Pemerintah untuk Bantu Tangani Covid-19
Tribunnews.com - 1 hour ago
Sebanyak lebih dari 17.190 relawan medis dan non medis telah direkrut pemerintah untuk menangani kasus virus corona (Covid-19).

MUHYIDDIN VS MUKHRIZ – DON’T UNDERESTIMATE THE POWER OF THE MAHATHIR GAME: FOR SURE IF MUHYIDDIN LOSES, TRAITOROUS AZMIN CARTEL WILL BE THE FIRST TO BOOTLICK ‘OLD PAL’ MUKHRIZ
emily mc, Malaysia Chronicle - 1 hour ago
The contest for Bersatu’s presidency will see a straight fight between incumbent Muhyiddin Yassin and challenger Mukhriz Mahathir. This was according to a list of eligible candidates released for the Bersatu party election. Mohd Faiz Azlee Sham, who was supposed to be in the running when nominations closed, was not on the list. Similarly, there will be a straight fight for the Bersatu deputy presidency between former secretary-general Marzuki Yahaya and Perak Menteri Besar Ahmad Faizal Azumu. Anas Akashah Nazri, who was initially in the running as well, was not listed as a candidate...

15 Poster Stay at Home Covid-19, Bisa Jadikan Status dan Dibagikan Grup WA
Tribunnews.com - 1 hour ago
Inilah kumpulan poster stay at home Covid-19 yang bisa dijadikan status dan dibagikan grup WA

MAHATHIR CAN’T EVEN MAKE HIS OWN SON PM – HOW CAN HE HELP ANWAR? IN SWEET REVENGE – NAJIB CAMP TAKES A SWIPE AT OLD FOE DR M
emily mc, Malaysia Chronicle - 1 hour ago
Mahathir has no power to make Anwar the prime minister. Only the 222 MPs have that power. Mahathir could not even make himself the prime minister on 1st March 2020. And if Mahathir has the power to make anyone prime minister, he would already have made his son, Mukhriz, the prime minister. Pakatan Harapan spin-doctor, Mariam Mokhtar, accused prime minister Muhyiddin Yassin of stealing her vote. Maybe she can tell us where she voted on 9th May 2018 and who she voted for because I was told she was in the UK and did not vote during GE14. In that case, how can she accuse Muhyiddin of st...

KELULUSAN DIBERI ADALAH UNTUK MENGEDAR ARAK DAN BUKAN OPERASI, KERAJAAN KANTOI SENDIRI AKHIRNYA
emily mc, Malaysia Chronicle - 1 hour ago
Selama ini kita diberitahu bahawa ketika Ketua Setiausaha Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna, Hasnol Zam Zam Ahmad mengeluarkan surat membenarkan dua kilang arak beroperasi ketika arahan PKP, ia dilakukannya di luar pengetahuan menterinya, Alexander Nanta Linggi. Sehubungan itu, di sebalik keputusan itu dikecam oleh ramai pihak, mereka yang pro PN pula mengutuk Hasnol Zam Zam kerana didakwa bertindak sendirian tanpa kebenaran menteri. Tidak kurang yang mengaitkan Hasnol Zam Zam sebagai pro PH, meskipun hakikatnya beliau adalah seorang penjawat awam yang dila...

Sejarah Haji Pernah Beberapa Kali Ditiadakan (Bagian 2)
sukarja, Check Porsi Haji App. - 3 hours ago
Gangguan berikutnya terjadi pada 968 M. Mengutip buku Ibn Kathir “Al-Bidaya wan-Nihayah,” laporan itu menyebutkan bahwa haji pernah ditiadakan karena adanya penyakit yang menyebar di Makkah dan merenggut nyawa banyak jamaah. Pada saat yang sama, unta yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji ke Makkah mati karena kelangkaan air. “Banyak dari mereka yang berhasil mencapai Makkah … Continue reading Sejarah Haji Pernah Beberapa Kali Ditiadakan (Bagian 2)

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)

Tiada ulasan: