Rabu, 6 Mei 2020

Dari kisah perang ke kisah perisa makanan dan kisah sebuah negara. 10269


6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Peperangan adalah suatu hal yang sering terjadi sejak dulu. Hal tersebut terjadi di setiap generasi manusia. Perang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti perebutan wilayah dan kehausan akan kekuasaan. Memperebutkan suatu wilayah yang memiliki posisi strategis atau hasil alam yang berlimpah dapat menyebabkan beberapa kelompok berperang. Tak hanya keinginan akan kepemilikan suatu wilayah, kehausan seseorang terhadap kekuasaan juga bisa menjadi pemicu sebuah peperangan. Sebuah peperangan akan terus bergulir sebelum suatu pihak kalah dan menyerah atau adanya suatu kesepakatan antara kedua belah pihak. Selain itu terhentinya peperangan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal tak terduga seperti faktor alam. Beberapa faktor alam yang dapat menghentikan perang bisa berupa Meteorit, Gerhana, Badai, Cuaca, Erupsi Gunung, dan Lebah.

1. Meteorit
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Mithridatic war adalah peperangan antara Mithridates melawan Kerajaan Roma. Pada saat itu seorang gubernur Roma yang bernama Lucullus meneriakkan bahwa lawannya seperti pemburu yang hanya berani mendatangi sarang binatang namun tak berani menghadapinya. Dia mengajak 30.000 pasukannya untuk menyerbu lawannya yang jumlahnya jauh lebih besar. Namun pada saat itu sebuah meteorit panas jatuh ke bumi. Meteorit yang berbentuk kepala landak tersebut mendarat tepat di antara 2 pasukan yang saling berhadapan. Jatuhnya meteorit menghentikan peperangan dengan seketika dan kedua pihak sepakat untuk berdamai.

2. Gerhana 
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Lydia dan Medes adalah dua pihak yang terlibat dalam peperangan yang cukup lama. Peperangan tersebut terjadi pada tahun 585 SM. Salah satu anak dari raja Media meninggal dalam peperangan tersbeut. Setelah kalah, dia dijadikan santapan. Hal tersebut membuat situasi semakin panas. Namun beberapa waktu kemudian peperangan antara 2 pihak tersebut berhenti. Hal tersebut disebabkan oleh terjadinya sebuah fenomena alam. Saat itu sebuah Gerhana matahari terjadi. Gerhana tersebut membuat bumi yang terang menjadi gelap seketika. Pasukan dari kedua belah pihak menganggap bahwa Gerhana tersebut adalah pertanda bahwa perang harus dihentikan. Setelah itu, Lydia dan Medes berdamai sehingga dua pihak tersebut menikahkan sepasang laki-laki dan wanita dari masing-masing keluarga rajanya.

3. Cuaca yang buruk 
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Sebuah invasi telah direncanakan dengan matang oleh pasukan Eisenhower. Invasi tersebut akan dilakukan di pantai Normandi. Walaupun semua hal telah dipersiapkan, meteoeologis memprediksi bahwa cuaca tidak baik di hari-H invasi tersebut, tanggal 5 Juni. Selain di hari tersebut cuaca buruk juga akan terjadi selama 2 pekan. Namun meteorologis juga memprediksi bahwa akan ada cuaca bagus antara tanggal 5 dan 6 Juni. Durasi tersebut terlalu sedikit untuk sebuah invasi penting. Alih-alih mendengarkan meteorologis dan menunda penyerangan, Eisenhower tetap mengambil kesempatan saat itu. Invasi yang memanfaatkan sedikit waktu tersebut berakibat buruk. Semua tank amfibi pasukan Eisenhower tak bisa mencapai pantai karena gelombang di perairan tersebut 6 kali lebih besar dari batas maksimum gelombang yang dapat dihadapinya. Tank yang bisa bertahan hingga pantai hanya 29 unit tank Donald Duck. 

4. Badai 
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Eropa timur dan Eropa barat terlibat peperangan besar pada tahun 394. Pemimpin Eropa timur, Theodosius sangat percaya diri bahwa dia akan menang dalam peperangan tersebut. Tak hanya dengan datang membawa banyak pasukannya dan pasukan barbar Theodosius melakukan ibadah semalam suntuk untuk kemenangannya. Di hari kedua peperangan tersebut sebuah badai ganas menimpa lokasi perang dan beberapa tempat di sekitarnya. Badai tersebut meluluh lantakkan tempat tersebut. Selain mengacaukan arena pertarungan, badai tersebut juga menewaskan sebagian besar pasukan lawan Theodosius. Namun pada suatu malam Theodosius dan pasukannya terjebak. Hal tersebut membuat pasukan Eropa barat mendeklarasikan kemenangannya. Pemimpin Eropa barat memberi penghargaan kepada komandannya. Namun Theodosius masih berusaha untuk memenangkan peperangan. Dia berhasil membunuh pemimpin Eropa barat saat di dalam tendanya. Tewasnya pemimpin Eropa barat dan badai yang menimpa sebagian besar pasukannya membuat Theodosius di atas angin. Hal tersebut seketika membuat pasukan Eropa barat bergabung dengan Eropa timur. 

5. Erupsi Gunung 
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Hal tak terduga yang menghentikan perang selanjutnya adalah erupsi gunung saat perang dunia II. Pada tahun 1943 Italia menyerah pada sekutu. Hal tersebut mengakibatkan digunakannya basis angkatan udara Bombardment 340. Basis Bombardment 340 berlokasi di kaki gunung Vesuvius. Namun gunung tersebut meletus saat peperangan sedang sengit. Letusan tersebut berdampak buruk terhadap Basis bombardment 340. Militer sekutu kehilangan 88 pesawat tempur. Seorang sersan yang bernama Hymie Setzer yang menyaksikan letusan tersebut mengatakan bahwa kawah gunung Vesuvius seakan terbuka. Letusan-letusan gunung itu menyebabkan terpentalnya batuan ke atas. Tak hanya itu, batuan tersebut juga menghujani bumi sekitar 15 menit sekali. 

6. Lebah 
6 Hal tak Terduga yang Menghentikan Perang

Hal tak terduga yang menghentikan perang selanjutnya adalah lebah. Pasukan Inggris yang dipimpin oleh Mayor Jendral Arthur Aitken menyerang pelabuhan Tanga yang diduduki oleh Jerman. Sebagian pasukan yang dibawa tersebut tidak terlatih dengan baik, tak memiliki kemampuan intelijen yang baik dan mengabaikan informasi dari masyarakat setempat. Hal tersebut menyebabkan agresi mereka terdeteksi oleh lawan. Namun ketika peperangan sedang berlangsung, sebuah kawanan lebah menyerang kedua belah pihak. Hal tersebut seketika menghentikan perang. Semua orang langsung meninggalkan tempat tersebut. Pasukan Inggris dan Jerman pun langsung terbang meninggalkan tempat tersebut. 

Peperangan memang selalu menjadi penentu banyak hal bagi suatu kelompok. Hasil pertarungan satu kelompok dengan kelompok lain memperlihatkan kekuatan yang dimiliki kelompok terrsebut. Selain sebagai pengukur kekuatan pasukannya, menang atau kalahnya sebuah kelompok dapat menjadi cermin dari kepemimpinan raja atau pimpinan kelompok tersebut. Pemimpin sebuah kelompok telah berhasil jika kelompoknya memenangi sebuah peperangan. Hal itu bermakna bahwa strategi dan perencanaan yang dia buat telah berhasil. Kendati begitu, perencanaan sebagus apapun tak akan berhasil jika tak terganggu oleh faktor eksternal seperti fenomena alam 


Catatan Lain untuk bacaan: 
Doa Kesyukuran Menyambut Hari Ulang Tahun. 3306.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Gambar ASLI dan SAHIH Batu Terapung yang disebut dalam Peristiwa Isra’ Mikraj. 1138
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Amerika telah melakukan pendistorsian/pengubahan terhadap Al-Quran dan mengeluarkannya sebagai kitab baru yang di beri nama tauhid segitiga (trinitas). 6144
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Jangan buat pasal mengotorkan hati, nanti buruk padahnya. Aamiin. 6046
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan DAN Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri. 811
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Doa Rasulullah ﷺ ketika menghadapi satu masalah yang berat (Doa Kurb). 7041
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Kisah Empat Nabi Yang Masih Hidup Sampai Sekarang. 1294.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Yok Ngomong Jowo. 11.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4898. Ancaman Kehidupan Dunia Ke arah Melekakan Hidup Kerana Allah SWT.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Cinta tidak kenal darah. 4462
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Kisah Malaikat Jibril meminta tanah dari Bumi. Malaikat Jibril temui kesukaran. 3083.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

5013. MH370 Berita Yang Terbaharu.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

5024. MH370 - Sekali lagi maklumat bocor....
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4572. Engkau terlalu berbeza benar. Mengapa?. Tidakkah engkau membawa diri bermuhasabah diri kerana-Nya.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Doa "Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar" 5434
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Indahsalam Dot Com. Lelaki berniat sewa pelacur, ternyata yang datang adalah anaknya sendiri. 1060.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Berbau xmolek. 8052.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

1062. Darisungaiderhaka Blogspot Dot Com. Gambar Anwar Ibrahim Tersebar Lagi!!.. Saksikan!.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4047. Mahkamah Mesir menjatuhkan hukuman mati kepada 529 penyokong bekas presiden Islamis Dr. Mohammed Morsi.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

3697. Kapten Norudin Abd Majid menceritakan tentang Kapten Zaharie Ahmad Shah yang dikenalinya.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia
Sejarah Singkat Tauco Cianjur Sejarah Tauco Cianjur
Sejarah Tauco Cianjur
Saya akan coba mengulas salah satu bumbu masakan khas Kabupaten Cianjur yaitu Tauco yang sudah melegenda bahkan bumbu ini cukup dikenal dimana mana. Karena saya sebagai warga dan lahir di Cianjur maka sepatutnya saya mengangkat tema seputar Cianjur. Sebelum lanjut ke sejarahnya mungkin disini masih belum ada yang kenal dengan Tauco.
Sejarah Tauco Cianjur
Tauco adalah bumbu makanan/masakan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi) dst... Saya telah mengambil dari beberapa sumber sebagai rujukan nanti di akhir saya sampaikan. Dalam dicerita ini saya akan menyebutkan sebuah merk namun bukan sebuah titipan sponsor atau endorser produk ini murni menceritakan sebuah kisah semata. 
Sejarah Tauco Cianjur
Menurut William Shurtleff dan Akiko Aoyagi dalam tulisannya yang berjudul "History of Miso and Soybean Chiang" Awalnya Tauco ini merupakan bumbu masakan asal Tiongkok yang dipercaya berasal sebelum berdirinya Dinasti Chou sekitar tahun 722-481 SM yang dikenal dengan nama bumbu makanan Jiang yang diklaim sebagai bumbu tertua yang diketahui manusia. 
Sejarah Tauco Cianjur
Selain di Indonesia bumbu Jiang dikenal pula di Jepang dengan nama Miso yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai dll yang menjadi bumbu masakan disana. Di Indonesia sendiri Tauco diperkenalkan oleh pedagang asal Tiongkok dan salah salah satu nya adalah yang bernama Tan Kei Yan pada tahun 1880, juga mempeloporinya di daerah Cianjur. Kemudian usaha Tauco ini diwariskan kepada anaknya yang bernama Tan Kei Hian atau lebih dikenal oleh masyarakat sekitar pada masanya dengan sebutan Babah Tasma beserta istrinya Tjoa Kim Nio atau disebut Ny. Tasma usaha Tauco ini pun dijalankan kecil"an atau industri rumahan.

Namun ada hal yang unik dari kedua pasangan ini. Awalnya mereka bersama sama menjalankan usaha Tauco tsb. Tapi pada perkembangannya Tauco yang dihasilkan oleh kedua pasangan tersebut menghasilkan rasa yang beda. Lo kok bisa? Betapa tidak, Tauco yang dihasilkan oleh Babah Tasma ini rasanya manis sedangkan Tauco milik Ny. Tasma terasa asin karena menyesuaikan dengan selera lokal . Namun sangat disayangkan kedua pasangan ini tak bertahan lama mereka memilih untuk bercerai. 

Kemudian dari perceraian tsb keduanya memilih untuk mendirikan usaha Tauco masing". Babah Tasma Tauco Cap Gedong sebagai merk dagang nya sedangkan Ny. Tasma dengan Tauco Cap Meong. Pada kenyataannya ternyata Tauco milik Ny. Tasma lebih digemari ketimbang Tauco milik Babah Tasma sehingga usaha Babah Tasma mengalami gulung tikar. Dan Tauco Cap Meong lah yang bertahan sampai sekarang Sejak tahun 1889 an dan disebut sebut sebagai Tauco pertama yang ada di Cianjur.
Sejarah Tauco Cianjur
Klo ada yang bertanya, apakah perceraian kedua pasangan tsb karena gara" Tauco yang dihasilkan beda rasa? Terus memilih untuk berpisah? Maaf saya tidak menemukan perihal itu, mungkin juga bukan karena itu. Ok next.... 

Begitupula dengan nama dagang "Cap Meong" pada Tauco Ny. Tasma memiliki cerita menarik, konon katanya pernah ditemukannya sebuah tapak kaki seekor macan (Meong) di dapur tempat pengolahan Tauco Ny. Tasma yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana yang notaben nya sebagai leluhur di Kabupaten Cianjur. Maka diberilah nama "Cap Meong" pada Tauco Ny. Tasma.
Sejarah Tauco Cianjur
Dari sumber lain menyebutkan bahwa penamaan Cap Meong sebagai merk dagang digunakan pada tahun 1935.
Sejarah Tauco Cianjur
Dari Ny. Tasma, usaha Tauco tsb diwariskan kepada anak perempuannya yang bernama Tan Bei Nio (Betsi Tasma) dan mulai mengelola sekitar tahun 1935. Betsi Tasma memiliki dua orang anak yang bernama Wiri Jati Tasma dan Harun Tasma dari dua suami yang berbeda. Pada tahun 1985 Betsi Tasma mengalami sakit"an yang tak memungkinkan untuk menjalankan usaha nya, lantas ditunjuk lah anak perempuannya yang bernama Wiri Jati Tasma untuk melanjutkan usaha Tauco tsb.
Sejarah Tauco Cianjur
Pada saat usaha Tauco dipegang oleh Wiri Jati Tasma kini mulai banyak orang yang membuka usaha pembuatan Tauco dan mau tak mau usaha Tauco keluarga Tasma mulai mendapat persaingan. Dan setelah wafatnya Wiri Jati Tasma pada tahun 2011 Harun Tasma lah yang memegang tongkat estafet berikut nya hingga sekarang, dan kini Harun Tasma sudah menginjak usia ke 75 tahun.
Sejarah Tauco Cianjur
Klo ga salah sekarang diteruskan estafet usahanya ke anak Harun Tasma yang bernama Stefany Tasma. Yang perlu diketahui sejak dulu sampai sekarang proses memasak nya masih menggunakan kayu bakar dengan alasan untuk menjaga kualitas, rasa, dan tradisi turun temurun , meskipun pada jaman sekarang mudah diperoleh bahan bakar gas dll. Kini kurang lebih sudah 140 tahun usaha Tauco keluarga Tasma berdiri sejak tahun 1880 sampai sekarang. Dan telah melewati empat generasi. Tidak dapat dipunkiri Tauco sebagai bumbu masakan telah memberi warna baru dalam bidang kuliner baik di Kabupaten Cianjur maupun sebagai citra rasa Nusantara.
Sejarah Tauco Cianjur
Kini telah menjadi icon Kabupaten Cianjur bahkan telah dibuat kan Tugu Tauco di pertigaan Jl HOS Cokroaminoto, Cianjur. Itulah sejarah singkat Tauco Cianjur yang dapat saya sampaikan semoga menambah wawasan baru. Apabila ada agan dan sista yang mau menambahkan atau mempunyai info lain silahkan berbagi disini. Terima kasih.

profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan Strikeferp memberi reputasi
Diubah oleh ikhsanikhlas
Sumber: 

50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
Fakta India 
50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
Sc:Klik

Aloha, jumpa lagi di trit saya. Kali ini mau bahas fakta tentang negara kain sari, negara yang pernah pengen banget saya kunjungi. Kenapa? Kenapa lagi kalau bukan karena Taj Mahalnya. Beehh, cantik beut yak? Apalagi setelah baca kisah di balik terciptanya bangunan ikonik itu. Makin penasaran jadinya. Plus, pengen tahu gitu gimana kondisi negara penghasil film-film keren dan menakjubkan.

Oke, berikut fakta menariknya.


1. India adalah negara demokrasi terbesar di dunia , dengan 1,2 miliar penduduk.

2. 100 juta orang datang ke Festival Kumbh Mela India, pertemuan manusia terbesar di dunia.
50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
3. Kalender Hindu India memiliki 6 musim : musim semi, musim panas, musim hujan, musim gugur, musim dingin, dan masa lampau.

4. Ilegal bagi orang asing membawa mata uang rupee keluar dari India.

5. Seorang pria India mengaku belum makan atau minum selama 70 tahun. Setelah banyak tes, dokter masih tidak tahu bagaimana itu mungkin.

6. Menghirup udara di Mumbai , India, untuk sehari saja setara dengan merokok 100 batang.

7. Keluarga terbesar di dunia tinggal bersama di India: seorang pria dengan 39 istri dan 94 anak.

8. Petugas polisi di satu negara bagian di India diberikan peningkatan gaji jika memiliki kumis.

9. India memiliki konsumsi daging terendah di dunia per orang.

10. India memiliki lebih banyak ponsel daripada toilet.

11. Hari Anak dirayakan di India pada 14 November, 9 bulan setelah Hari Valentine.

12. 61% anak sekolah di India memiliki kuman penyebab penyakit di tangan mereka.

13. Di Benggala Barat, India, sapi harus memiliki Kartu ID Foto.

14. Seorang wanita meninggal setiap jam di India karena kejahatan terkait mahar.
50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
15. 70% dari semua rempah - rempah dunia berasal dari India.

16. Demi mendapatkan cukup uang untuk membeli Big Mac , rata-rata orang di India harus bekerja hampir 6 jam.

17. 53% rumah di India tidak memiliki kamar kecil.

18. India memiliki lebih banyak populasi daripada seluruh Belahan Bumi Barat.

19. Di India, ada kelompok yang disebut "Love Commandos" yang menawarkan perlindungan dari pelecehan kepada pasangan dari berbagai kasta yang jatuh cinta.

20. Sementara masalah polusi Beijing lebih terkenal, kota paling tercemar di dunia adalah New Delhi , India.
50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
21. Maskapai "Go Air" India hanya merekrut pramugari wanita karena mereka lebih ringan , sehingga mereka menghemat hingga USD 500.000 per tahun dalam bahan bakar.

22. Gleevec, obat kanker yang harganya USD 70.000 di AS per tahun, harganya hanya USD 2.500 di India karena tidak dapat dipatenkan di sana.

23. Seorang penipu di India berulang kali "menjual" Taj Mahal , parlemen India, dan berbagai situs warisan lainnya.Dia dijatuhi hukuman 113 tahun tetapi berhasil melarikan diri dari penjara 9 kali.Terakhir kali, dia berusia 84 tahun.

24. Di Kanada , Meksiko, India , Rusia dan Israel, uang kertas memiliki tanda seperti huruf Braille untuk mereka yang buta.

25. Antara 100.000 dan 500.000 aborsi terus dilakukan di India semata-mata karena janin perempuan.

26. Pria terkaya di India , Mukesh Ambani, membangun rumah senilai USD 1 miliar.

27. Ada suku gipsi di India yang merayakan kematian sebagai satu peristiwa paling bahagia dalam hidup mereka.Mereka justru merayakan kelahiran dengan penuh kesedihan.

28. Golden Temple di India memberi makan lebih dari 100.000 orang per hari tanpa memandang ras, agama dan kelas.

29. Pada 1954, para arkeolog yang menggali permukiman Viking abad ke-8 di Swedia menemukan patung Buddha dari India.

30. India diperkirakan akan menjadi negara terpadat di dunia pada tahun 2050.Dengan 1,6 miliar orang, hampir akan sama dengan populasi AS dan China.

31. Di India , tidak jarang mengkonsumsi ganja dalam bentuk milkshake.

32. Pemanasan global 'memecahkan' sengketa tanah' antara India dan Bangladesh.Di mana pulau yang diperebutkan tenggelam karena pemanasan global.

33. Pada 2009, seorang dokter di India mengeluarkan 172.155 batu dari ginjal kiri pasien selama operasi tiga jam.

34. Seorang lelaki menghidupkan kembali 5 sungai dan membawa air kembali ke 1000 desa di India menggunakan teknik pelestarian air.

35. Di India, banyak pengantin wanita menggunakan "Bichiya" : cincin kimpoi untuk ujung jari.

36. Di India Selatan, orang-orang mengambil sisa makanan yang disajikan kepada para Brahmana dengan keyakinan bahwa semua masalah dan penyakit akan disembuhkan.

37. Hanya sekitar 1 dari 100 pernikahan di India yang berakhir dengan perceraian , satu tingkat terendah di dunia.
50 Fakta Tentang India. Nomor 14 Bikin Ngeri
38. 13 dari 20 kota paling tercemar di dunia ada di India.

39. Selama WW2 , India menghasilkan Tentara sukarelawan terbesar dalam sejarah dunia: lebih dari 2,5 juta orang.Setidaknya 38 orang India menerima Victoria Cross atau George Cross.

40. Ada 2,5 juta uang kertas Zero Rupee di India.Mereka "dibayar" sebagai protes oleh warga yang marah kepada pejabat pemerintah yang meminta suap.

41. Orang-orang di Pulau Sentinel Utara , India, satu di antara orang-orang terakhir yang hampir tidak tersentuh oleh peradaban modern.

42. Desa di Shani Shingnapur, India, tidak memiliki pintu, kunci atau kejahatan selama lebih dari 400 tahun hingga 2010.

43. Para petani di India menggunakan Coca-Cola dan Pepsi sebagai pestisida murah , menurut BBC.

44. Orang-orang Khasi di Meghalaya, India, menumbuhkan jembatan hidup dari akar pohon.

45. India menanam hampir 50 juta pohon dalam 24 jam pada hari Senin, 11 Juli 2016, sebuah Rekor Dunia Guinness yang baru.

46. 9 orang meninggal setiap hari pada 2015 saat bepergian di kereta lokal Mumbai, India.

47. Di India, Ular disembah sebagai dewa bahkan sampai hari ini.Banyak wanita menuangkan susu ke ular, meskipun ular tidak menyukainya.

48. London memiliki lebih banyak restoran India daripada Mumbai atau Delhi.

49. Dari Juli hingga September 2001, hujan lebat berwarna merah turun secara sporadis di negara bagian Kerala, India.

50. India memiliki 122 bahasa utama dan 1599 bahasa lainnya.

Wuaahhh, banyak banget yak fakta uniknya. Gimana pendapat agan-agan tentang fakta-fakta tadi?

Sc: Klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meruru dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh amyjk02

Surat Al-Kafirun dan Terjemahan

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................


Tiada ulasan: