Rabu, 6 Mei 2020

Menunda. 10268


Berkunjung ke Masjid Quba yang Diarsiteki Rasulullah

Masjid Quba terletak sekitar lima kilometer sebelah selatan Masjid Nabawi. Terletak di dataran tinggi, masjid yang memiliki empat menara dan banyak kubah ini berwarna putih.
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Islam. Tak cuma itu, Rasulullah sendiri yang menjadi arsitek masjid ini.

Sejarah menyebutkan, ketika Nabi mencapai titik/lokasi ini –tempat Masjid Quba dibangun– dalam perjalanan hijrahnya ke Madinah, Nabi dapat melihat dengan jelas jalan menuju ke Madinah. Ini karena titik ini memang terletak di dataran tinggi. Sebagai wujud rasa syukurnya, Nabi lalu bermaksud menunaikan sholat di sini.

Batu pertama pembangunan masjid diletakkan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Para sahabat kemudian ramai-ramai merampungkannya.

Masjid Quba memiliki arti penting bagi kaum Muslimin. Karena itu masjid ini dipertahankan keberadaannya termasuk dari kemungkinan kehancuran karena termakan usia.

Masjid Quba telah mengalami restorasi dan renovasi berkali-kali. Pada 1405 Hijriyah (1984), Pelayan Dua Masjid Suci, Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Sa’ud, memerintahkan restorasi, restrukturisasi, dan perluasan Masjid Quba. Renovasi dilakukan dengan tetap mempertahankan bentuk dan arsitekturnya yang bernuansa tradisional.

Di sisi selatan masjid dibuat galeri terbuka dengan deretan tiang-tiang. Sedangkan di sisi sebelah utara terdapat dua serambi bertiang. Di sisi timur dan barat, yang keduanya terpisah cukup jauh, terdapat tempat terbuka dengan dinding tembok yang di bagian atasnya berjejer kubah-kubah.

Di sini ada enam kubah besar, yang masing-masing berdiameter 12 meter serta 56 kubah kecil yang masing-masing berdiameter enam meter. Kubah-kubah tersebut ditopang oleh pilar-pilar beton yang sangat kukuh di dalam setiap galeri.

Sementara lantai halaman (tempat terbuka) tadi, dihampari dengan marmer antipanas. Di bagian ini terdapat kerai yang dapat bergerak (terbuka dan tertutup secara mekanik) serta terpal yang sangat kukuh, yang melindungi lantai dari sengatan matahari.

Masjid yang memiliki empat menara setinggi 47 meter, itu memiliki ruang sholat utama seluas 5.035 meter persegi. Luas kompleks masjid seluruhnya, termasuk bangunan-bagunan lain untuk keperluan perawatan masjid, mencapai 135 ribu meter persegi.

Sebelum perluasan yang terakhir ini, luas masjid hanya 1.200 meter persegi. Di kompleks masjid ini terdapat kantor, pertokoan, dan ruang tamu. Kompleks masjid juga dilengkapi dengan tempat tinggal Imam dan Mu’adzin.

Pada musim haji, masjid banyak dikunjungi orang. Jamaah akan melaksanakan sholat, paling tidak shalat tahiyatul masjid, di dalam masjid yang mulia ini.
photo
Suasana di Masjid Quba di Kota Madinah. – (Republika)

Adalah satu kerugian bagi mereka yang ziarah ke sini namun tak sempat melaksanakan sholat di dalamnya. Sebab, Nabi SAW dalam salah satu haditsnya mengatakan: “Barangsiapa mengambil wudhu di rumahnya, kemudian datang ke Masjid Quba dan shalat di dalamnya, dia laksana mengerjakan umrah”. Hadits lain menyebutkan: “Barangsiapa keluar dan datang ke masjid ini –Masjid Quba– dan sholat di dalamnya, maka ia sama dengan mengerjakan ibadah umrah.”

Itulah keutamaan Masjid Quba. Ya, Allah berilah kami kesempatan untuk bisa melaksanakan sholat di dalamnya. Amin. 
Posted on Author sukarja

Catatan Lain untuk bacaan: 
Doa Kesyukuran Menyambut Hari Ulang Tahun. 3306.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Gambar ASLI dan SAHIH Batu Terapung yang disebut dalam Peristiwa Isra’ Mikraj. 1138
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Amerika telah melakukan pendistorsian/pengubahan terhadap Al-Quran dan mengeluarkannya sebagai kitab baru yang di beri nama tauhid segitiga (trinitas). 6144
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Jangan buat pasal mengotorkan hati, nanti buruk padahnya. Aamiin. 6046
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan DAN Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri. 811
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Doa Rasulullah ﷺ ketika menghadapi satu masalah yang berat (Doa Kurb). 7041
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Kisah Empat Nabi Yang Masih Hidup Sampai Sekarang. 1294.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Yok Ngomong Jowo. 11.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4898. Ancaman Kehidupan Dunia Ke arah Melekakan Hidup Kerana Allah SWT.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Cinta tidak kenal darah. 4462
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Kisah Malaikat Jibril meminta tanah dari Bumi. Malaikat Jibril temui kesukaran. 3083.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

5013. MH370 Berita Yang Terbaharu.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

5024. MH370 - Sekali lagi maklumat bocor....
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4572. Engkau terlalu berbeza benar. Mengapa?. Tidakkah engkau membawa diri bermuhasabah diri kerana-Nya.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Doa "Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar" 5434
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Indahsalam Dot Com. Lelaki berniat sewa pelacur, ternyata yang datang adalah anaknya sendiri. 1060.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Berbau xmolek. 8052.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

1062. Darisungaiderhaka Blogspot Dot Com. Gambar Anwar Ibrahim Tersebar Lagi!!.. Saksikan!.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

4047. Mahkamah Mesir menjatuhkan hukuman mati kepada 529 penyokong bekas presiden Islamis Dr. Mohammed Morsi.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

3697. Kapten Norudin Abd Majid menceritakan tentang Kapten Zaharie Ahmad Shah yang dikenalinya.
Dicatat oleh 3v0.Malaysia

Lelaki yang Menunda Masuk Islam karena Minuman Keras


Kesaksian Abu Thalib
SUATU hari, A’sya bin Qais bin Tsa’labah bin Ukabah bin Sha’b bin Ali bin Bakr bin Wail pergi menemui Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam untuk masuk Islam.
Ketika A’sya bin Qais sampai atau dekat di Makkah, ia dihalau oleh sebagian orang Quraisy. Mereka menanyakan apa tujuan kedatangannya ke Makkah. A’sya bin Qais menyatakan bahwa maksud kedatangannya ke Makkah karena ingin berjumpa dengan Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam dan memeluk Islam.
Salah seorang Quraisy berkata kepada A’sya bin Qais, “Hai Abu Bashir, sesungguhnya dia (Rasulullah) mengharamkan zina.”
A’sya bin Qais berkata, “Demi Allah, aku tidak gila dengan zina.”

Orang Quraisy tersebut kemudian berkata, “Hai Abu Bashir, sesungguhnya dia mengharamkan minuman keras.”

A’sya bin Qais berkata, “Demi Allah, adapun yang ini, maka dalam jiwa ini masih suka kepadanya. Aku akan meminumnya tahun ini, setelah itu aku akan datang kepada beliau untuk masuk Islam.”
Setelah itu, A’sya bin Qais pulang. Ia meninggal dunia pada tahun itu juga namun berhasil bertemu dengan Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam. []

Kalahkan 2.600 Orang, Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Akuntansi Asia Tenggara
Selasa, 5 Mei 2020 23:15 Reporter : Dedi Rahmadi 
Kalahkan 2.600 Orang, Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Akuntansi Asia Tenggara
Ilustrasi asuransi pendidikan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanegara (FEB Untar), Steven Austin berhasil mengalahkan 2.600 mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas ternama se-Asia Tenggara dalam kompetisi daring Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) SEA 100 Regional Competition.

Mahasiswa Manajemen FEB Untar itu meraih gelar kategori Overall Winner dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 2.000 dolar AS dan memperoleh sesi pelatihan ketenagakerjaan dari tim rekrutmen ICAEW untuk mempelajari kiat-kiat mempersiapkan wawancara dengan baik, menyusun CV yang menarik.

"Saya sangat berterima kasih kepada ICAEW karena telah mengadakan kompetisi ini. Selama kompetisi saya dapat menguji kemampuan saya, juga dilatih berpikir kritis. Saya menyarankan siswa lain untuk turut mengikuti kompetisi ini agar mereka dapat terbantu meningkatkan peluang karier yang lebih baik lagi ke depannya," ujar Steven di Jakarta, Selasa (5/5).

Perwakilan ICAEW Indonesia Conny Siahaan mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mencari dan mendidik generasi-generasi akuntan dan pebisnis berikutnya, dengan terus menyediakan berbagai peluang agar mereka dapat mengasah kemampuan profesionalnya.

"ICAEW SEA 100 yang memasuki tahun kedua ini merupakan salah satu dari banyak inisiatif yang kami lakukan untuk membangun bakat-bakat akuntan dan pebisnis profesional di masa depan, baik di Indonesia maupun Asia Tenggara," kata Conny.

Kompetisi itu diikuti mahasiswa dari Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Mahasiswa dari universitas terkemuka seperti Singapore Management University (SMU), Nanyang Technological University (NTU), Universiti Malaya (UM) dan Universiti Sains Malaysia (USM).

Terdapat tujuh kategori yang diperebutkan yaitu Overall, Adaptability, Commercial Acumen, Communication, Curious Learner, Integrity dan Relationship Builder.

Rektor Untar Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan mengatakan Untar terus mendorong dan memberi kesempatan kepada para mahasiswa dan dosen untuk mengikuti berbagai kegiatan kompetisi sebagai salah satu cara untuk mengetahui kemampuan dan keberhasilan dalam proses pembelajaran.

"Prestasi yang diraih Steven merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa Untar mempunyai kualitas, wawasan dan kemampuan yang baik, tidak kalah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Selamat kepada Steven yang telah berhasil memenangkan kompetisi internasional," kata Agustinus. [ded]

merdeka.com


Surat Al-Kafirun dan Terjemahan

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمين

Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:
  1. Surat Al Fatihah (Pembukaan)
  2. Surat Al Baqarah (Sapi Betina)
  3. Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)
  4. Surat An Nisa' (Wanita)
  5. Surat Al Ma'idah (Hidangan)
  6. Surat Al An'am (Binatang Ternak)
  7. Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)
  8. Surat Al Anfal (Rampasan Perang)
  9. Surat At Taubah (Pengampunan)
  10. Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)
  11. Surat Hud (Nabi Huud A.S.)
  12. Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)
  13. Surat Ar Ra'd (Guruh)
  14. Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)
  15. Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)
  16. Surat An Nahl (Lebah)
  17. Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)
  18. Surat Al Kahfi (Gua)
  19. Surat Maryam (Maryam)
  20. Surat Thaha (Thaahaa)
  21. Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)
  22. Surat Al Hajj (Ibadah Haji)
  23. Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)
  24. Surat An Nur (Cahaya)
  25. Surat Al Furqaan (Pembeda)
  26. Surat Asy Syu'ara' (Penyair)
  27. Surat An Naml (Semut)
  28. Surat Al Qashash (Cerita)
  29. Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)
  30. Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)
  31. Surat Luqman (Luqman)
  32. Surat As Sajdah ((Sujud)
  33. Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
  34. Surat Saba' (Kaum Saba')
  35. Surat Fathir (Pencipta)
  36. Surat Yaasiin
  37. Surat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)
  38. Surat Shaad
  39. Surat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)
  40. Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)
  41. Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)
  42. Surat Asy Syuura (Musyawarah)
  43. Surat Az Zukhruf (Perhiasan)
  44. Surat Ad Dukhaan (Kabut)
  45. Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)
  46. Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)
  47. Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)
  48. Surat Al Fath (Kemenangan)
  49. Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)
  50. Surat Qaaf
  51. Surat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)
  52. Surat Ath Thuur (Bukit)
  53. Surat An Najm (Bintang)
  54. Surat Al Qamar (Bulan)
  55. Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
  56. Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)
  57. Surat Al Hadid (Besi)
  58. Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)
  59. Surat Al Hasyr (Pengusiran)
  60. Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)
  61. Surat Ash Shaff (Barisan)
  62. Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)
  63. Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)
  64. Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)
  65. Surat Ath Thalaaq (Talak)
  66. Surat At Tahrim (Mengharamkan)
  67. Surat Al Mulk (Kerajaan)
  68. Surat Al Qalam (Pena)
  69. Surat Al Haqqah (Kiamat)
  70. Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)
  71. Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)
  72. Surat Al Jin (Jin)
  73. Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)
  74. Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)
  75. Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)
  76. Surat Al Insaan (Manusia)
  77. Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)
  78. Surat An Naba´ (Berita Besar)
  79. Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)
  80. Surat 'Abasa (Bermuka Masam)
  81. Surat At Takwir (Menggulung)
  82. Surat Al Infithar (Terbelah)
  83. Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)
  84. Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)
  85. Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)
  86. Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)
  87. Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)
  88. Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)
  89. Surat Al Fajr (Fajar)
  90. Surat Al Balad (Negeri)
  91. Surat Asy Syams (Matahari)
  92. Surat Al Lail (Malam)
  93. Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)
  94. Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)
  95. Surat At Tiin (Buah Tin)
  96. Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)
  97. Surat Al Qadr (Kemuliaan)
  98. Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)
  99. Surat Al Zalzalah (Goncangan)
  100. Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)
  101. Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)
  102. Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)
  103. Surat Al 'Ashr (Masa)
  104. Surat Al Humazah (Pengumpat)
  105. Surat Al Fiil (Gajah)
  106. Surat Quraisy (Suku Quraisy)
  107. Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)
  108. Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)
  109. Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)
  110. Surat An Nashr (Pertolongan)
  111. Surat Al Lahab (Gejolak Api)
  112. Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)
  113. Surat Al Falaq (Waktu Subuh)
  114. Surat An Naas (Manusia)
....................................


Tiada ulasan: