Ahad, 15 Julai 2018

Politik Indonesia dan Malaysia. 7876.


Foto Aza Iza.
Wataknya tewas sebab tidak cukup sifat atau belum cukup sifat ATAU pemilihnya tidak cukup masak, pemilih yang separa matang atau pemilih yang terbelenggu. 

Kelompok manusia yang bercadang memilih tuan dan dalam masa yang sama kedua-dua belah pihak (kelompok tuan dan anak buah) tidak mengutamakan ISLAM sebagai pemelihara siasah diri dan norma-norma kehidupan. Bila tuan mengungkit jasa, ISLAM tidak mengajar umatnya begitu. 

Main sentimen ISLAM dan Melayu

Dalam keadaan mengenepikan ISLAM sebagai keutamaan, bila tewas mereka mempergunakan isu Islam dan Melayu, dalam rangka merebut pengaruh yang hilang. Kononnya aspirasi rakyat, walhal aspirasi bangsawan untuk kelak terus berkuasa. 

Rakyat didahulukan, rupa-rupanya rakyat yang terkena tempias ketirisan sang penguasa. Apa sumbangan anda kepada negara, walhal yang bercakap itu dipilih oleh rakyat. Atas nama untuk menutup kejahatan, diwar-warkan rakyat jangan tanya apa negara beri kepada mereka, tetapi apakah sumbangan anda kepada negara. 

Didapati kepada individu yang mahu bersaing mesti memastikan telah keluar (kononnya) dari kepompong Masih tidak cukup Melayu dan tidak cukup Islam.

Kritikannya secara terus kepada kesilapan pemimpin dan bekas pemimpin

Cara di atas akan dianggap kebanyakan Melayu sebagai biadap dan langsung tidak berhemah. Orang sebegitu tidak layak menjadi pemimpin atau tuan mereka. 

Hal ini tidak disukai kebanyakan Melayu. Kita patut kenang jasa mereka, walau mereka silap. Konsep mengenang budi Melayu terhadap pemimpin atau golongan bangsawan yang kadang kala sukar difahami. Begitulah trajisnya kisah Hang Jebat sebagai kisah kritis tentang corak kehidupan Melayu yang bertuan sesama manusia. Bagi mereka jangan aibkan pemimpin mereka, aibkan orang lain tidak mengapa. 

Konsep neo-feudalisme ini banyak menjelaskan tentang penerusan amalan bercirikan feudal dalam pemilihan 

Akhirnya parti dikuasai oleh golongan bangsawan. Golongan bangsawan ada macam-macam jenis. Sekali terjebak dengan golongan bangsawan yang suka diampu, mencari dan memelihara pengampu, maka itulah jalan menjadikan golongan bangsawan yang sombong bongkak dan lupa diri. Akhirnya terpalitlah bangsawan yang dipilih sebagai penguasa yang berirama rasuah dalam kotak minda dan kehidupannya, mengungkit dan menjadi pemimpin kliptokrasi. 

Melanggar tradisi kepimpinan 

Patutnya lalui dulu jawatan Naib Presiden dan Timbalan Presiden. Ini cara Umno turun temurun. Itu sebab ada suara dari tuan, JANGAN LANGGAR TRADISI. Walhal satu peringatan untuk tuan kekalkan kuasanya tanpa dicabar. Bersenang lenanglah bangsawan di tampuk kuasa tanpa adanya anak buah yang cuba merebut kedudukannya. 

`Warload’ 

Siapa pemayung dan siapa yang hendak dipayung. Inilah budaya yang bermaharajalela sebagai budaya politik sesetengah parti politik tua. 

Patriarch atau naungan iaitu yang harus dipayungi. Sesetengah orang Melayu suka berada di bawah naungan atau payung golongan bangsawan dan kesetiaan membuta tuli tanpa peduli penaung itu pemakan dan pemberi rasuah. Rasuah kuasa, rasuah harta dan sebagainya. Kononnya bangsawan inilah pemimpin golongan pemimpin politik legenda Ahli al Sunnah wal Jammah Nizam Al Mulk. Walhal indah khabar dari penjenamaan, indah khabar dari darjah gelaran dan akhir sekali indah khabar dari rupa. 

Mereka yang liberal tinggal di bandar

Jenis ini pun turut terpedaya. Mungkin berpura-pura mendokong supaya mudah dapat kepentingan seperti kontrak pembetongan, projek angkasa lepas dan sebagainya. 

Contoh: 

Jika kita teliti tidak dinafikan Zahid mempuyai banyak kekurangan tetapi beliau memahami jiwa dan hati ahli Umno sedangkan Khairy adalah lulusan Oxford, anak bekas diplomat yang banyak menghabiskan masa di luar negara. Jika buat pencarian di Google Search, Zahid adalah bertanggung jawab dalam memperkasakan World Sufi Centre pertama di Asia dan memimpin banyak persatuan Islam di bawah pengaruh Umno. Bahkan piala Marhaban Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi pernah diadakan.

Zahid cuba menghidupkan semula ISTAC kepada kegemilangannya dahulu. Tidak cukup Islam di sini bermakna dari segi kepimpinan Melayu Islam dalam Umno pada mata pandangan ahli Umno.

Walaupun ada kebenaran kepada apa yang diterangkan Khary tentang pembaharuan Umno dan kritikannya kepada kesilapan pemimpin Umno dan orang Melayu kepada kritikan terus dan langsung seperti itu, sedangkan Zahid mempunyai gaya dan cara tersendiri berhemah dan beradab dan tidak menjurus secara langsung.

Cara Khairy dan Tengku Razaleigh mengikut budaya PH bersikap telus dan terbuka tidak disukai ahli Melayu dalam Parti Kebangsaan Melayu Bersatu dan ini bukannya budaya Umno yang mereka cuba terapkan sekarang.

Walaupun terdapat ahli Umno yang mahukan sikap terbuka tetapi majoriti ahli Umno khususnya di kawasan luar bandar dan kepimpinan majlis tertinggi tidak menyukai cara yang dikehendaki Khairy dan Tengku Razaleigh.

Jika diteliti dalam masyarakat Melayu tradisional, konsep taat setia sering digunakan demi menjaga kepentingan raja.

Konsep taat setia ini lebih merujuk kepada kepentingan seluruh golongan kelas masyarakat. Kesetiaan yang tidak berbelah itu bukannya untuk diri orang Melayu semata-mata tetapi berkaitan dengan matlamat yang lebih besar sehingga mencakupi keistimewaan golongan pemerintah.

Walaupun unsur-unsur feudal dalam budaya politik Melayu masih tebal dan sukar untuk dihapuskan, sifat taat setia, akur, rendah diri yang ditunjukkan oleh rakyat sebagai balasan berterima kasih.

Pembudayaan ini merupakan sebahagian daripada sikap politik dalam budaya kepimpinan Umno. Pada masa sama, nilai hubungan feudal atau antara yang memerintah dan yang diperintah masih mengandungi ciri-ciri yang terhasil daripada suatu hubungan yang baru terbentuk.

Budaya politik Melayu era neo-feudal telah mengalami proses konstruksi budaya politik dari aspek bentuk dan amalannya jika dilihat dari segi hubungan antara penaung dan yang dinaung.

Bukan sahaja budaya Umno ini telah dikonstruksikan dan berakar umbi dalam jiwa masyarakat Melayu, tetapi ia perlu dibina semula bagi mewujudkan suatu budaya politik yang relevan dengan amalan negara Demokrasi Berparlimen di negara ini.

Mentaliti yang telah dibentuk sejak zaman lampau seolah-olah satu ‘budaya’ yang terkawal atas dasar nilai taat setia, akur, submisif yang terlalu tinggi.

Sebagai contoh, pemimpin politik Melayu tidak seharusnya dicabar seperti jawatan presiden dalam Umno. Inilah manifestasi masyarakat neo-feudalisme Melayu yang telah dikonstruksi dalamannya.

Perbincangan tentang konsep neo-feudalisme ini banyak menjelaskan tentang penerusan amalan bercirikan feudal dalam pemilihan agung Umno baru-baru ini.

Seperkara lagi yang hendak dilihat ialah Khairy tidak menjawat jawatan Naib Presiden dan Timbalan Presiden dalam Umno daripada pertandingan di perhimpunan agung Umno maka beliau seperti melanggar tradisi kepimpinan dalam Umno.

Oleh itu walaupun Khairy ternyata cuba memulihkan Umno sebagai parti yang boleh membawa kemenangan pada pilihan raya ke-15, jika dilihat kepada kemenangan Zahid, ini bermakna mentaliti Melayu Umno tidak akan berubah dalam masa terdekat ini.

Nota: Admin menjadikan nukilan Saudara Ismail Yahaya Pensyarah di Jabatan Komunikasi, Fakulti Komunikasi, Seni Visual dan Pengkomputeran, Universiti Selangor Malaysia (Unisel) sebagai garis panduan. Versi asal penulisan Saudara Ismail Yahaya ada disertakan sama di entry ini. 

* Sedutan dari - malaysiadateline di 
KERENGGA: Khairy Jamaluddin tidak cukup Umno?

RABU, 29 MEI 2013
SEJARAH DUNIA TEMA 1 :DEFINISI MASYARAKAT FEUDAL

MASYARAKAT FEUDAL 

Istilah masyarakat feudal digunakan oleh sejarawan untuk menerangkan susunan sosial masyarakat pada zaman pertengahan di Eropah. 

Selain benua Eropah, masyarakat feudal muncul di Jepun sekitar abad ke-14 dan 15. 

Menurut Marc Bloch dalam buku beliau yang bertajuk Feudal Society, masyarakat feudal merupakan masyarakat berhierarki yang mempunyai struktur susun lapis tersendiri. Kedudukan, kuasa dan status setiap lapisan ditentukan melalui penguasaan ke atas tanah. 

Dalam masyarakat feudal, wujud hubungan peribadi antara Lord (pemilik tanah) dan Vassal (pemegang tanah) berasaskan ikatan perjanjian (kontrak). 

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua-dua pihak iaitu Lord dan Vassal saling bertanggungjawab terhadap kepentingan bersama. 

Dalam konteks ini, satu pihak memberikan perlindungan manakala satu pihak lagi menawarkan perkhidmatan tentera. 

Masyarakat feudal mempunyai ciri-ciri tersendiri merangkumi aspek sosial, politik dan ekonomi. 
Dicatat oleh Alphonsus Bernard di 3:45 PG
Lokasi: Sibu, Sarawak, Malaysia

Sumber: 
Sejarah Dunia Bab 1: SEJARAH DUNIA TEMA 1 :DEFINISI MASYARAKAT FEUDAL

TEMA 1: MASYARAKAT
MASYARAKAT FEUDAL DI JEPUN & ENGLAND PADA ABAD 16-17
Apa itu feudalisme?

1. Definisi feudalisme:

a. (féudalisme) sistem kemasyarakatan yang dikuasai oleh kaum bangsawanb.

b. Sistem pembahagian tanah kepada kaum bangsawan di Eropah pada zaman dahulu (dengan kaumpetani yang mengusahakan tanah diwajibkan memberikan khidmat kepada kaum bangsawan yangmenjadi tuan punya tanah).2.

Takrif:

a. Takrif pertama

Menekankan bahawa feudalisme ialah satu bentuk organisasi politik dan sosial yangmempunyai kelas atau susun lapis tertentu iaitu mengikut susun lapis hierarki.b.

b. Takrif umum yang kedua

Feudalisme membawa maksud satu sistem hubungan bertimbal balas yangyang berdasarkan ketaatsetiaan antara dua kumpulan manusia bebas. Di Malaysia zaman feudalismedapat dilihat pada zaman perintahan raja atau sultan iaitu zaman sebelum campur tangan penjajah diTanah Melayu khususnya kuasa british.

Ciri-ciri feudalisme

1. Dalam sistem feudal, kedudukan seseorang individu adalah mengikut hierarki.

2. Berbentuk piramid. Dipecahkan kepada dua golongan iaitu golongan yang memerintah (raja, kerabatdiraja dan golongan bangsawan) dan golongan diperintah (rakyat biasa).

3. Raja berkuasa mutlak dan mempunyai kedudukan tertinggi.

4. Hubungan antara raja dengan rakyat biasa adalah melalui golongan pembesar. Hubungan antaragolongan pemerintah dengan golongan diperintah wujud dengan konsep golongan pemerintah memberiperlindungan kepada golongan yang diperintah manakala golongan diperintah pula memberi taat setiakepada golongan pemerintah.

Sumber:
Definisi feudalisme

Tutorial Minggu                                15Membincangkan cabaranglobalisasi dan usaha-    usaha ke arahpembentukan N...

PembinaanNegara Bangsa     ~^^

• Menurut Kamus Dewan (1994:924), negara-bangsa sebagai  negara berdaulat yang didiami oleh satu bangsa.• Pembinaan negara...

NEGARA BANGSA•   ELEMEN PENTING KEWUJUDAN SESEBUAH NEGARA :•   1) PENDUDUK•   2) SEMPADAN•   3) KERAJAAN•   4) KEDAULATAN

APA ITU BANGSA?• Kewujudan Kumpulan Manusia Tertentu Dengan  Diikat Oleh Beberapa Ciri Persamaan Berasaskan  Kelahiran, Ke...

KENYATAAN TUN DR. MAHATHIR          MOHAMAD• “Membentuk Satu Bangsa Yang Bersatu Padu Serta  Mempunyai Satu Masa Depan Yan...

TIGA ASAS UTAMAKEWUJUDAN NEGARA BANGSA• 1) Masyarakat Bersatu Padu Tanpa Faham  Perkauman• 2) Ideologi Demokrasi Liberal• ...

FAKTOR ASAS KEWUJUDAN     NEGARA BANGSA• NASIONALISME• PATRIOTISME• INTEGRASI

NASIONALISME• Perasaan Cinta Kepada Tanah Leluhur• Dilahirkan Menerusi Tindakan Seperti Penentangan  Terhadap Penjajah Ata...

PATRIOTISME• Lanjutan Drpd Perasaan Cintakan Tanbah Leluhur Atau  „Motherland‟.• Hadir Selepas Wujudnya Nasionalisme• Elem...

INTEGRASI• Proses Mewujudkan Identiti Nasional Di Kalangan Kumpulan Yang  Terpisah Daripada Segi Kebudayaan, Sosial Dan Lo...

FAKTOR PENGGALAKKEWUJUDAN NEGARA BANGSA• NASIONALITI• DEMOKRASI

NASIONALITI•   Kewarganegaraan•   Mewujudkan Satu Bentuk Identiti Kepada Semua Rakyat•   Cth : Kad Pengenalan•   Konsep : ...

DEMOKRASI• „Daripada Rakyat Untuk Rakyat Kepada Rakyat‟• Alat Mewujudkan Keutuhan Pentadbiran Dan  Direstui Seluruh Rakyat...

FAKTOR ANCAMANKEWUJUDAN NEGARA BANGSA• GLOBALISME• NEO-FEUDALISME• LIBERALISME• PLURALISME• KEPELBAGAIAN BUDAYA

GLOBALISME• „Dunia Tanpa Sempadan‟• Setiap Negara Terpaut Kepada Jaringan Aliran  Maklumat Secara Global Yang Ditunjangi  ...

NEO-FEUDALISME• Sistem Konservatif Berkaitan Pemerintahan  Yang Terbentuk Dalam Cara Baru Masa Kini• Sistem Feudalisme – S...

LIBERALISME• Kesederhanaan Atau Keterbukaan• Keterbukaan Tanpa Ada Had Akan Mengganggu  Kelicinan Pentadbiran Dan Sekaligu...

PLURALISME• Sifat Kepelbagaian Yang Terbentuk Drpd Proses  Kepelbagaian Penduduk.• Kebiasaan Terbina Hasil Penjajahan• Das...

CABARAN GLOBALISASI KE ARAH  PEMBINAAN NEGARA BANGSA1) Kesukaran menjadikan Malaysia negara maju mengikut   acuan sendiri ...

3) Mencari jalan keluar bagi mengukuhkan negara bangsa   pada masa depan sebagai teras utama bagi pembinaan   negara bangs...

5) Komitment guru yang tidak kukuh    Ini kerana guru adalah tunjang kepada sekolah   berkesan kerana guru bertanggungjaw...

6) Masalah jati diri pelajar di sekolah   Apabila pelajar terbabit dalam gejala yang  tidak baik (merempit,penyalahgunaan...

• Mewujudkan sebuah negara yang bersatu    yang matlamatnya dikongsi bersama.  • Mewujudkan sebuah negara yang aman,berint...

• Mewujudkan masyarakat demokratik    dan mengamalkan satu bentukpersefahaman matang iaitu demokrasi        masyarakat Mal...

• Mewujudkan masyarakatyang bermoral dan beretika,      kukuh dalam nilai    agama dan kerohanian        dan didorongoleh ...

• Mewujudkan masyarakat yang     liberal dan bertolak ansur,di mana masyarakat pelbagai kaum  di Malaysia bebas mengamalka...

• Mewujudkan masyarakat     saintifik dan progresif,mempunyai daya perubahan tinggi  dan memandang ke hadapan.          Bu...

• Mewujudkan masyarakat penyayang        dan budaya menyayangi      iaitu sistem sosial di mana kepentingan masyarakat leb...

• Memastikan masyarakat adil                 dalam bidang ekonomi.            • Wujud perkongsian sepenuhnya              ...

• Mewujudkan masyarakat makmur        yang mempunyai       ekonomi yang boleh   bersaing, dinamik, giat dan         berday...

• Mewujudkan negara yang berjiwa bebas,  tenteram dan maju dengan keyakinan         terhadap diri sendiri,        bangga d...

• Mewujudkan masyarakat yang mudah  dikenali dari sikap ingin mencapai kecemerlangan, sedar kemampuannya,    tidak mengala...

• Membina perasan salinghormat-menghormati, saling memahami             budaya dan  agama di kalangan rakyat Malaysia.

PROSES PEMBINAAN NEGARA             BANGSA•   STATE BUILDING (BINA NEGARA)•   NATION BUILDING (BINA BANGSA)•   MASS PARTIC...

Usaha-usaha ke arah   pembentukan Negara Bangsa.1) Melaksanakan sistem pendidikan kebangsaan yang   menggunakan satu kurik...

3) Menerapkan nilai jati diri, budi bahasa dan seni budaya   dilaksanakan secara sisipan dalam tajuk-tajuk mata   pelajara...

5) Memperkenalkan Konsep Sekolah Wawasan sebagai salah satu   pendekatan alternatif untuk memupuk nilai perpaduaan kaum   ...

6) Melaksanakan beberapa aktiviti bagi menerapkan   semangat patriotisme secara berterusan.    Perhimpunan Mingguan   Sa...

7) Memupuk dan meningkatkan semangat perpaduaan dan   patriotik serta banga sebagai rakyat Malaysia8)Mengurangkan segregra...

10) Mengambil langkah tertentu bagi membolehkan sekolah-   sekolah yang pelajarnya terdiri daripada satu kaum   sahaja (SJ...

12) Pendidikan dan aktiviti kokurikulum yang menerapkan   sikap dan nilai-nilai yang mendukung kepada pencapaian   perpadu...

14) Infrastruktur pendidikan yang mencukupi disediakan di   semua kawasan terutama di kawasan luar bandar dan   pedalaman....

17) Memantapkan perpaduaan dan integrasi nasional.   Menghormati perlembagaan Malaysia   Menungkatkan semangat patriotik...

KESIMPULAN• Ilmu Kenegaraan Memberi Ruang Kepada  Masyarakat Menyedari Kebutaan Kepada Hal  Ehwal Negara Sendiri Akan Memb...

Terima KasihDi Atas Perhatian Anda         

Sumber:
https://www.slideshare.net/IlyaAdira/pembinaan-negara-bangsa
NEO-FEODALISME DAN IMPLIKASI SOSIAL POLITIK
4 Oktober 2010 jam 11:31 PTG
Oleh: Albert WS Kusen

Catatan ini coba mengungkapkan makna neo-feodalisme (NF) di Indonesia yang dikemukan oleh sejumlah pakar dan Sastrawan di Indonesia, antara lain Prof Dr M. Yahya Muhaimin (mantan Mendiknas), Sastrawan Alm WS Rendra, dan Alm Prof Dr Umar Kayam. Sebagai oto-kritik (Wong Jowo) atas makna NF yang dimaksud, pada umumnya menyimpulkan bahwa secara sosiobudaya sisi buruk NF telah terkonstruksi sebagai bagian dari budaya politik yang telah membawa implikasi sosial politik yang ‘tidak sehat’ dalam menunjang pembangunan demokrasi dan pengaruhnya terhadap terjadinya penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power). Pada bagian akhir catatan akan dikemukakan perlunya restorasi budaya politik (neo-feodalisme), demi mewujudkan Indonesia Baru yang maju, bermartabat, sejahtera, aman, rukun dan damai.

Tinjauan Singkat Budaya politik dan Neo-Feodalisme. Budaya Politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri dari seperangkat ide, pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya ini dikenal dan diakui soleh sebagian besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain. Ia malah menyamakan budaya politik dengan konsep “ideologi” yang dapat berarti “sikap mental”, “pandangan hidup”, dan “struktur pemikiran”. Budaya politik, katanya, menekankan ideologi yang umum berlaku di masyarakat, bukan ideologi perorangan yang sifatnya sering khusus dan beragam (Albert Widjaja 2007).

Neo-Feodalisme (NF) di Indonesia, secara gamblang dikemukakan oleh pakar politik UGM/mantan Mendiknas, Prof Dr M. Yahya Muhaimin (1992), dikatakan bahwa NF yang dimasud, tampak didominasi oleh latar belakang nilai-nilai Jawa. Alasannya, bahwa dominasi budaya Jawa baik di dalam kehidupan politik maupun birokrasi dikarenakan dari segi demografi orang Jawa memiliki jumlah penduduk yang lebih besar daripada penduduk-etnik lainnya di Indonesia, terutama di tingkat suprastruktur pemerintahan dan politik. Apalagi pusat pemerintahan berada di pulau Jawa.

FEUDALISM (feudal). The stage of society that preceded capitalism, during which a small elite (the aristocracy) demanded recompense from a peasantry in exchange for military protection. As Marx and Engels explain, "Like tribal and communal ownership, it is based again on a community; but the directly producing class standing over against it is not, as in the case of the ancient community, the slaves, but the enserfed small peasantry" (45). In the city, the feudal structure manifested itself in trade guilds. The organization of both the country and the city "was determined by the restricted conditions of production—the small-scale and primitive cultivation of the land, and the craft type of industry" (46), which meant that there "was little division of labour in the heyday of feudalism" (46). Exploitation functioned differently during stage than during the heigth of capitalism because each feudal peasant knew exactly what proportion of his labor had to be handed over to the aristocracy and the church; the rest was his or hers to use.

Almarhum WS Rendra dalam pidato kebudayaannya Megatruth pernah mengungkapkan bahwa gugatan pada budaya Jawa yang melupakan daulat rakyat dan hanya memperhatikan daulat negara, dapat dimengerti karena aib nasional otoritarianisme, feodalisme, KKN dilakukan orang bersamaan dengan mengucapkan kata-kata dari khazanah budaya Jawa, seperti memayu hayuning bawana, yang bersumber dari budaya Jawa (Kuntowijoyo 1999).

Sesungguhnya ada dua model yang dapat digunakan untuk melacak ciri nilai-nilai neo-feodalisme di Indonesia, khususnya Jawa, yaitu: (1) model “feodalisme-mataram”, dan (2) model “beambeten-staat”. Feodalisme Mataram yang tampil dan disanggah oleh konsep “beambeten-staat” dari pemerintah kolonial Belanda agaknya tampil sebagai ‘sosok budaya’ yang paling sistematis dalam masyarakat Jawa. Sosok budaya Jawa yang juga dikenal sebagai sosok budaya “adihulung” adalah suatu sintesis budaya yang dicapai sesudah melewati dialetika budaya antara sistem-sistem kekuasaan, kepercayaan, kesenian, dan lainnya. Dalam proses dialektika, sistem-sistem tersebut agaknya merupakan konstruksi sistem kekuasaan kerajaan Mataram yang ‘monarkhi-absolut’ itu merupakan unsur dialektika budaya yang kuat sekali pengaruhnya (Umar Kayam 1999).

Implikasinya terhadap Akar Sejarah Korupsi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dalam sistem feodal pada zaman ketika masyarakat dan negeri ini dikuasai oleh raja-raja. Misalnya, dalam sistem feodalisme, raja dianggap atau menganggap dirinya sebagai wakil Tuhan di dunia. Raja adalah maharaja yang berkuasa atas tanah dan manusia yang mendiaminya. Di wilayah kerajaan Mataram (Surakarta dan Yogyakarta) tanah dinyatakan sebagai “keagungan dalem” (milik sunan atau sultan). Kekuasaan raja atas tanah dan atas orang-orang itu ke bawah diwakili oleh keluarganya, kaum bangsawan, bupati-bupati sampai kepada kepala-kepala yang paling bawah yang semuanya adalah alat-alat raja untuk menarik pungutan dari rakyat. Seringkali alat-alat dan kaki tangan raja ini berbuat sewenang-wenang dengan atau tanpa nama raja. Di samping keharusan menyerahkan hasilnya ia juga harus menyerahkan tenaganya untuk keperluan raja tanpa dibayar (Suwarjo 2003).

Demikian juga di daerah Gorontalo kedudukan raja dinyatakan oleh bete-bete (kepala adat) pada waktu penobatan raja dinyatakan semua yang ada di negeri kerajaan ini adalah kepunyaan raja. Di Bali raja dinyatakan seagai ‘sang amurwa bumi’, selain berkuasa dan memiliki semua tanah, juga memiliki penduduk di sini. Apalagi seorang kawula meninggal dunia maka raja berhak mengambil warisan harta benda dan orang-orang perempuannya. Seperti apa yang telah disinggung di atas, hal yang sama juga terjadi di Sulawesi Selatan, hasil penelitian Riyas Rasyid (1991) tentang budaya birokrasi dan budaya politik lokal, mengungkapkan bahwa dunia birokrasi di sana secara konsisten masih memelihara nilai-nilai feodalisme-tradisional, di mana para elit birokrat hampir secara otomatis menikmati sikap respek bawahan. Dengan demikian, dapat dikatakan faktor nilai-nilai neo-feodalisme dalam kehidupan birokrasi di negeri ini telah membawa implikasi terjadinya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Kiranya sudah dimaklumi bersama bahwa dalam struktur biaya proyek-proyek terdapat biaya yang diperoleh jajaran eksekutif, seperti seorang pejabat memperoleh fee alias suap sekian persen dari setiap proyek pemerintah yang dianggap sudah merupakan hak kekuasaannya dalam mendapatkan pelayanan (upeti). Apabila ada biaya resmi jumlahnya mungkin lebih besar dibanding dengan keuntungan yang diperoleh pengusaha atau kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut (lihat Maschab 1991).

Memang dalam perbincangan sehari-hari di kalangan pengusaha yang mendapat proyek dari pemerintah, sudah seperti tradisi yang harus dipatuhi kewajiban memberi fee alias suap kepada pejabat birokrasi yang dianggap memiliki pengaruh (kewenangan) dalam memenangkan suatu proyek, entah melalui penunjukkan langsung (PL) maupun proses tender. Demikian juga kasus-kasus KKN yang terjadi di jajaran-jaranan legislatif (memuluskan rancangan kebijakan) maupun judikatif (meringankan atau bebas dari putusan hukum di pengadilan sampai tingkat mahkamah agung (MA). Begitu juga kasus suap di Lembaga-Lembaga Pemasyarakatan (LP), antara sipir dengan tahanan. Tentunya, khusus untuk kasus suap pemberian fee tersebut akan membawa implikasi buruk terhadap kualitas proyek bangunan; kasus pungli di jalan raya so pasti akan berpengaruh terhadap rusaknya jalan, sedangkan kasus suap di LP tentunya akan menimbulkan preseden bagi penjahat untuk tidak jerah melakukan aktivitas kejahatan.

Manipulasi penelitian (Lihat komentar Karnelia Ratih 2010): Salah satu kasus saya temukan dalam proyek penelitian sebuah universitas, pemerintah dan lembaga sponsor dari Jepang. Milyaran rupiah sbg dana penelitian, hanya dinikmati minim baga para surveyor. Sabagai gambaran, setiap ques dihargai Rp 11.000 sja. Padaha alokasi dana di atas kertas Rp 40.000/ ques. Berhubung para surveyor ini dibayar rendah, hasil survey tak dpt dipertanggungjawabkan. Perekrutan surveyor dilakukan seorang pemuka agama yg notabene tidak punya keahlian dlm bdg ini. Otomatis, pr tenaga ahli yg lbh terdidik tdk mndptkan porsinya. Sekolah tinggi2 spy bs berprofesi sesuai keahlian jadi mimpi saja di negeri qat tercinta ini. Sebuah proyek bisar demi kemajuan negri sendiri ditangani oleh 'mrk' yg punya akses meski scra pendidikan tdk mendukung. Ironisnya, pemuka agama yg harsnya takut Tuhan pun gelap mata kalo sdh brhdpn dgn milyaran rupiah.

Sebagaimana isu KKN ini cenderung dipengaruhi oleh nilai-nilai neo-feodalisme, khususnya isu suap dianalogikan sebagai ‘upeti’ kawula (rakyat) kepada tuan alias gusti atau raja yang berkuasa. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku KKN di dalam kehidupan birokrasi kita, karena ketidakberdayaan birokrasi kita yang lemah atau tidak mampu mengontrol dan tidak ingin dikontrol dalam sistem, dan cenderung menempatkan birokrasi dan rakyat sebagai “patront-client”. Mengenai aspek primordialisme, cenderung terungkap pada isu-isu pelayanan publik dan konpetensi.

Sobek Tembus Sisi Buruk Neo-Feodalime. Apa yang pernah diserukan oleh Alm Bung Karno pada pasca proklamasi kemerdekaan RI bahwa ‘revolusi belum berakhir’, sesungguhnya ada kaitan dengan kondisi objektif latar belakang sosiobudaya masyarakat Indonesia (nusantara) yang di selimuti oleh dinasti-dinasti kerajaan lokal, khususnya di pulau Jawa. Dikuatirkan nilai-nilai feodalisme ini akan terbawah arus ke dalam muara negara yang namanya republik. Dan ternyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kekuatiran ini menggejala dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih dalam pilar-pilar kekuasaan eksekutif, legislatif, dan judikatif. Ironinya, gejala neo-feodalisme ini justru ditunjukkan oleh oknum-oknum penguasa dari latar belakang sosial ‘kaum biasa aja’, di mana dalam praktek kekuasaan berusaha menampilkan sebagai ‘kaum bangsawan’. Seperti yang pernah disinggung oleh mantan petinggi pdi-p Kwik Kian Gie beberapa tahun yang lalu, dikatakan “ada tokoh yang berdarah bengsawan, tapi perilaku politiknya merakyat (demokratis); sebaliknya, ada seorang presiden yang berlatar belakang sosial ‘kaum biasa aja’, tapi lagak kuasanya seperti seorang raja - diktaktor”.

Tokoh bangsawan yang dimaksud adalah Sri-Sultan Hamawengku Buwono, sedangkan presiden yang sok bangsawan adalah Alm Ferdinand Marcos (presiden Filipina).Oleh karena itu, sisi buruk neo-feodalisme dalam dunia birokrasi perlu disobek tembus, sebagaimana kredo negatifnya: ‘kalau bisa menunggu sampai besok, minggu depan atau bahkan tahun berikutnya, kenapa harus diselesaikan sekarang’; dan bongkar (dekonstruksi) ciri neo-feodalisme dalam dunia politik praktis (nepotisme): ‘kalau boleh diestafetkan kepada putra-putri , dan istri kejenjang posisi puncak partai, demi melanjutkan dinasti kekuasaan, kenapa harus diserahkan kepada pihak lain yang lebih berkualitas sebagai kader partai’. Inilah budaya politik masa kini yang menghambat organism demokrasi dalam dunia birokrasi dan politik di tanah air.

Untuk itu, acuan di bawah ini (lihat Nurul Candrasari Masykuri 2010), merupakan informasi yang berkaitan dengan topic catatan perlu disimak sebagai penguatan makna restorasi budaya politik:

Kajian Komparasi Budaya Feodal dan Sistem Pendidikan Indonesia – Jepang. Sejarah sosial, politik, dan budaya di Indonesia selalu masih dibayangi : praktik feodalisme, sebuah peninggalan warisan sejak zaman kerajaan di masa lalu . Dalam struktur yang menciptakan stratifikasi sosial yang timpang, masih tampak kondisi masyarakat awam pribumi adalah golongan mayoritas yang subordinat karena berada dalam dominasi dan hegemoni golongan elite kekuasaan. Salah satu akibat yang paling kental nyata da[at disaksikan dalam kehidupan sosial dan ekonomi, praktek feodalisme halus melahirkan kultur patronase yang kental.

Istilah 'patron' berasal dari ungkapan Bahasa Spanyol yang secara etimologis berarti 'seseorang yang memiliki kekuasaan (power), status, wewenang dan pengaruh'. Sedangkan klien berarti 'bawahan' atau orang yang diperintah dan yang disuruh. Pola hubungan patron-klien merupakan aliansi dari dua kelompok komunitas atau individu yang tidak sederajat. Baik dari segi status, kekuasaan, maupun penghasilan sehingga menempatkan klien dalam kedudukan yang lebih rendah (inferior), dan patron dalam kedudukan yang lebih tinggi (superior). Atau, dapat pula diartikan bahwa patron adalah orang yang berada dalam posisi untuk membantu klien-kliennya (Scott, 1983 dan Jarry, 1991).

Bentuk baru dari patronisme dalam sebuah partai politik akibat adanya pengkultusan terhadap tokoh tertentu di sebuah partai. Sebagai contoh dapat disaksikan disetiap PARPOL memaksa partai menempatkan tokoh yg telah di kultuskan pada posisi tertinggi, sampai dengan seluruh keluarga secara turun temurun akan mendapatkan prioritas UTAMA disetiap kesempatan perekrutan. Sebagai ilustrasi , (maaf) Ibu Megawati dari PDI Perjuangan, sebagai pucuk pimpinan. Posisi yang tak tergantikan dan sangat dihormati, dan di kultuskan, di mana Ibu Megawati sebagai pendiri dan anak Bung Karno yang merupakan garis keturunan secara biologis.... tanpa ada ada alasan untuk bisa menggantikannya..itulah INDONESIA..masih sangat berbau mengkultuskan seseorang'

Bila kita coba melihat ke negeri “Sakura” sebelum Restorasi Meiji, Jepang melaksanakan pendidikannya berdasarkan sistem masyarakat feodal, yaitu pendidikan untuk samurai, petani, tukang, pedagang, serta rakyat jelata. Kegiatan ini dilaksanakan di kuil dengan bimbingan para pendeta Budha yang terkenal dengan sebutan Terakoya (sekolah kuil). Mirip dengan pesantren di Indonesia. Namun, semenjak Restorasi Meiji dikibarkan, bagai bola salju, pemerintah Jepang terus “menggelindingkan” puspa ragam kebijaksanaannya dengan mulai giat menerjemahkan dan menerbitkan pelbagai macam buku, di antaranya tentang ilmu pengetahuan, sastra, maupun filsafat. Para pemuda banyak dikirim ke luar negeri untuk belajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, tujuannya jelas yaitu mencari ilmu dan menanamkan keyakinan bahwa Jepang akan dapat “berdiri sama tinggi, duduk sama rendah” dengan kemajuan dunia Barat.

Dari upaya tersebut, lahirlah tokoh modernisasi pendidikan Jepang era Meiji seperti Fukuzawa Yukichi, yang punya gagasan cemerlang. Gasan yang terkenal tercetus dalam bukunya berjudul Gakumon no Susume (Jepang: di antara Feodalisme dan Modernisasi) menyatakan pada bagian pendahulaun buku tersebut “Sebagai jalan yang paling ampuh untuk mencapai tujuan negara adalah melalui pendidikan sebab Tuhan tidak menempatkan manusia yang lain. Kalau kenyataan dalam masyarakat memang ada orang yang berkedudukan lebih tinggi dan ada pula yang berkedudukan lebih rendah. Perbedaan ini disebabkan karena yang berkedudukan tinggi telah mementingkan pendidikan, sedangkan yang rendah sebaliknya”.

Kemajuan bangsa Jepang bertambah “runcing” sesudah tentara pendudukan Amerika Serikat (AS) — setelah Jepang kalah perang pada PD II — banyak memberikan dorongan pada bangsa Jepang untuk mencurahkan perhatiannya pada bidang pendidikan. Struktur baru pendidikan yang dikembangkan Amerika Serikat dalam Cummings (1984), ada empat hal pokok yang dapat dijelaskan.

Pertama, sekolah dasar (SD) wajib selama enam tahun dan tidak dipungut biaya. Bertujuan untuk menyiapkan anak menjadi warga yang sehat, aktif menggunakan pikiran, dan mengembangkan kemampuan pembawaannya.

Kedua, sesudah SD ada sekolah lanjutan pertama selama tiga tahun, punya tujuan untuk mementingkan perkembangan kepribadian siswa, kewarganegaraaan, dan kehidupan dalam masyarakat serta mulai diberikan kesempatan belajar bekerja.

Ketiga, setelah sekolah lanjutan pertama, ada sekolah lanjutan selama tiga tahun. Bertujuan untuk menyiapkan siswa masuk perguruan tinggi dan memperoleh keterampilan kerja. Keempat, universitas harus berperan secara potensial dalam mengembangkan pikiran liberal dan terbuka bagi siapa saja, bukan pada sekelompok orang. Munculnya struktur baru pendidikan di Jepang yang di kembangkan Amerika Serikat, merupakan bentuk “revisi” dari struktur pendidikan lama yang sudah ada sebelum Perang Dunia II.

Kegiatan Jepang dalam cerdas dan mencerdaskan bangsanya telah menuai hasil yang signifikan. Korelasi antara majunya pendidikan Jepang dan kemajuan industrinya benar-benar terwujud. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan bangsa Jepang tumbuh menjadi negara industri utama di Asia, yang kedudukannya sejajar dengan bangsa Barat lain seperti Inggris maupun Prancis.

Restorasi Budaya Politik – Neo-Feodalisme. Indonesia dianalogikan sebuah danau, akselerasi budaya politik yang berorientasi kepada nilai-nilai feodalisme, dan nepotisme diibaratkan tumbuhan air (eceng gondok) perkembangannya semakin tak terbendungi. Kalau dibiarkan/tidak dicegah, suka tidak suka ada bahayanya bagi kehidupan sosial politik (demokratisasi), terutama dalam mengembangkan pola hidup yang mengandalkan kompetensi, prestasi dan profesionalisme di semua latar pilar-pilar kekuasaan bangsa dan negara (eksekutif, judikatif dan legislatif).

Sebagaimana analogi danau dipenuhi eceng gondok yang dimaksud, bahwa sudah lebih satu decade (1998 – 2010) Indonesia menghirup udara reformasi, setuju atau tidak perubahan yang diharapkan sesuai dengan tuntutan reformasi yang diusung oleh elemen-elemen reformasi, khususnya mahasiswa angkatan 1998 belum terwujud sebagaimana yang diharapkan. Di samping telah dihapuskan kebijakan politik dwi-fungsi abri, dan diterapkannya otonomi daerah serta maraknya euphoria (kebebasan) sosial politik di masyarakat yang ditandai dengan tiada hari tanpa ‘aksi massa’. Akan tetapi yang sangat disesalkan adalah bahwa tuntutan lainnya seperti penegakkan hukum, pemberantasan korupsi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, profesionalisasi birokrasi dalam kenyataan masih menunjukkan suasana keprihatinannya.

---------------------------------------------------------------

Manado, September 2010
NEO-FEODALISME DAN IMPLIKASI SOSIAL POLITIK

Nurul Candrasari Masykuri Dear bang Albert : THANKS tulisan yg sungguh bagus dan kalau bang Albert sampaikan perubahan yang diharapkan sesuai dengan tuntutan reformasi yang diusung oleh elemen-elemen reformasi, khususnya mahasiswa angkatan 1998 belum terwujud sebagaimana yang diharapkan

MENURUTKU MALAH GATOT alias GAGAL TOTAL 
krn hy mengganti REZIM tp tak mengganti VISI & MISSI 
selain itu menurutku ketika angin REFORMASI dihembuskan saat itu yang aku tahu hy sekedar hembusan AGAR PAK HARTO TURUN selebihnya ga ada..KESIMPULANNYA : BLM PUNYA VISI!!

Yulia Paramita masalahnya kompleks pak klu kita mencoba tuk mencontoh dan menerapkan apa yg dilakukan pemerintah jepang di indonesia... 

dalam segi pemerintahan, jepang dikenal sangat mengayomi warganya.. dr dari segi pendidikan pun pembangunan industri. dalamm arti kata, di jepang, pemerintah merupakan bagian dr struktur masyarakat.krn itu progres pergerakan ke arah modernisasi di segala bidang dpt dengan mudah dilakukan.

lantas, bagaimana dgn indonesia??
perlu diketahui, berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2006, sekitar 40 juta pendduduk Ind hidup d bwh garis kemiskinan, dgn 57% diantara mereka tinggal di daerah pedesaan. Pada tahun yg sama, tercatat hny 55% siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu menyelesaikan sekolah menengah pertama (SMP). Lalu, dari 28 juta penduduk Indonesia yg berusia 19-24 tahun, yang seharusnya mengenyam pendidikan tinggi, sampai saat ini baru 4,3 juta orang yang menjadi mahasiswa (17,2 persen). 

Berdasarkan data yg kita baca diatas, pendidikan yang semata-mata terfokus pada kemampuan akademik peserta didik tidaklah relevan bagi sebagian besar siswa di daerah-daerah terpencil, karena mayoritas dari mereka tidak akan melanjutkan ke pendidikan tinggi.

klu sy analisa, khusus di Indonesia, persoalan masih sangat rendahnya tingkat pendidikan penduduk ind, bukan hanya semata-mata dikarenakan krn KEMALASAN KOMUNAL, melainkan juga pada KETERBATASAN KESEMPATAN yg diberikan oleh pemerintah agar rakyatnya dan mengenyam pendidikan. sebagai salah satu contoh "jauhnya" peran dan tanggung jawab pemerintah, adala: dgn diberlakukannya dan terus dibangunnya SBI (sekolah bertaraf internasional) dan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)... scr konkretnya, dgn semakin banyaknya sekolah yg berlabel SBI atau RSBI akan semakin mempersempit kesempatan anak2 bangsa tuk mendapat pendidikan... "potensi" anak2 bangsa yg cerdas tapi kurang mampu, yg sebenarnya bila dikembangkan dan terus dibina akan menjadi aset bangsa, hnya akan mnjadi penambah "sampah" dan dipastikan akan semakin banyaknya angka2 kebodohan yg berujung pada kemiskinan...

singkatnya, menurut sy, jika mmg pendidikan adalah salah satu bagian terpenting dr pemberantasan kemiskinan, maka sy menyarankan agar para pembuat kebijakan pendidikan nasional untuk membuat portfolionya... 

suatu pemikiran yg brilliant, tanpa disertai dengan detail rencana dan rancangan yg tepat dan berdaya guna, maka yg terjadi hanyalah kesia-siaan yg berulang... dan akan berujung kpd kesejahteraan sekelompok masy kecil, bukan kesejahteraan rakyat!

Albert Kusen @ Mbak Nurul...makasih referensinya. Ya begitulah pendapat banyak kalangan (GATOT)...perlu revitalisasi...???

Albert Kusen @ Mbak Yulia...nice comment. Harus diakui penerapan sila ke lima Pancasila (keadilan sosial bagi seluruh rakyat di Indonesia) terabaikan dgn masuknya pola pendidikan kapitalisme. Apalagi desain kurikulum yg terpusat mengabaikan kondisi objektif daerah2 terpencil yg jelas2 berbeda tingkat kualitas dan sumberdeayanya. Ini sungguh tidak adil. Padahan, tujuan nasional salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dan negara - pemerintah pihak yg bertanggungjawab. Perintah kionstitusi 20% apbn utk sektor pendidikan, belum membawa hasil yg diharapkan.

Albert Kusen @ Bung Roy...great comment. Komentarnya di atas, suka tdk suka NKRI yg sifatnya unitaris itu mesti dikaji ulang. Makna harga matihnya perlu dipertimbangkan demi masa depan Indonesia. Hal ini, tidak lepas kaitannya dengan isu neo-feodalisme di atas. Menarik utrk dilanjutkan. Thanks.

Albert Kusen @ Toto Ragaratu...hehehe...ada benarnya apa yg dikemukakan oleh Prof Yahya Muhaimin di atas...thanks.

Albert Kusen @ Mbak Eva...kurang lebih 1667 Triliun utang negara kita, sungguh sangat tidak signifikan dgn dampak dan keuntungan yg diperoleh oleh publik negeri ini, terutama kepentingan dunia pendidikan. Siapa yg nikmati utang2 tsb, bisa ditanyakan kepd tuan2 yg terhormat di senayan...dan para baron2 otonomi daerah yg semakin banyak yg meringkuk di cipinang...heheheh???

Benidictus Tambajong Broer Albert,...terima kasih tulisan ini memberikan Pencerahan untuk saya,..saya sepakat siapapun yang membaca maka akan setuju ,..

Broer Albert yang baik,saya pernah punya mimpi pemimpin politik Negri ini dari Irian Jaya,...atau Kalimantan,..Sulawesi,...Maluku,...saya dan mungkin beberapa diantara komentator di Catatan bung ini ,..
Saat Rezim Soeharto Berkuasa,...saat itu Transmigrasi digalakan,saya yakin ini adalah sebuah langka Pak Harto yang Cerdik,..karena arus Transmigrasi dari pulau jawa,dapat berbaur dan saling kenal,tak dilarang apabila saling merasa cocok dan kawin.Perkawinan Budaya Campur ini saya harapkan Nusantara ini akan saatnya tak mempersoalkan Pemimpin Politik Negri dari Irian Jaya.Keberhasilan Sorharto saat pencanangan Mega Proyek Transmigrasi dan dilanjutkan,..walau saat ini Banyak dari harapan harapan tersebut telah terbukti untuk Pemimpin Politik Daerah Tingkat I,di Irian mungkin yang mimpin adalah orang Jawa ,.atau orang Manado....
Saya hingga saat ini masih tetap berharap Proses ini dapat berlangsung secara alamiah,..sehingga satu saat akan ada Pemimpin Politik Negri ini Orang Irian Jaya,atau Kalimantan (suku Dayak),...dan tak ada yang PROTES ha ha ...


Quintarina Uniaty Kekuasaan dimanapun di seluruh jagad dunia fana ini cenderung untuk "corrupt", tanpa pengendalian dan sistem pengawasan dan dukungan "etika" dalam menentukan kebijakan publik.

Imam Subagyo Raja, pemimpin negara, kepala daerah, sampai kepala suku dapat semakin korup ketika neofeodalisme berkelindan dgn neokapitalisme. Ramalan Marx bahwa kaum feodal dikalahkan kaum borjuis ternyata meleset.

Albert Kusen @ Bung Benni...dlm politik (demokrasi), isu mitos the national leader luar p.jawa, bisa dibongkar, asalkan dlm rekruitmen (internal partai) makna demokrasi tdk semata2 prosedural (voting) nd uang. Indonesia waiting?

Albert Kusen @ Mbak Quin...nice comment. Kuncinya adalah komitmen profesi dan takut Tuhan.

Albert Kusen @ Mas Imam...itulah nasib kaum proletar di negri ini, mudah terkooptasi dgn 'BLT' dan 'sembako'..hehehe

Albert Kusen Info: I'm as a presenter on our program "Warung Demokrasi" at Binus Tv edisi 6 Okt'2010, bersama Ketua Umum GAKI ( Gerakan Anti Korupsi Indonesia) Bang Ade Manurung & Sekjennya Bpk. Dr. Arif S. Ternyata ada 700 lbh kasus korupsi yang tak tuntas' krn skedar Dagelan Politik... dimana penyelesaian KORUPSI hanya sekedar RETORIKA & PILIH -PILIH KASUS tergantung PENGUASA mana yg akan dpt dimunculkan walau akhirnyapun TAK PERNAH TUNTAS, PARA KORUPTOR BEBAS BERKELIARAN DENGAN MOBIL2 MEWAH, RUMAH MEWAH, diatas PENDERITAAN RAKYATNYA..ckkckck Bahkan ada anak Bupati yg dengan santainya meminjam UANG APBD 7,6 M untuk proyek yg jg ditunjuk ayahnya sang Bupati.... 

Semua kasus tak ada yang pernah TUNTAS !!! semua mandek alasan KPK kurang Personil, alasan lainnya kejaksaan dan Kepolisian masih MENUNGGU' Data dan persetujuan tindak lanjut. Mungkin ini disebabkan belum ditemukannya seorang PRESIDEN/PEMIMPIN UNT NEGERI INI yang memiliki sikap " AN EXTRA ORDINARRY PERSON " karena kasus KORUPSI adalah sesuatu yang EXTRA ORDINARRY CRIME dan harus juga ditangani dengan EXTRA ORDINARRY EXTEND' , dan mungkin diperlukan : EXTRA ORDINARRY PEOPLE POWER'

Ratih Karnelia Dear pak Albert. Makasih sudah tag note ini. Jadi belajar lagi nih. Setuju dgn comment bpk: komitmen profesi n takut Tuhan. Sayangnya, kedua hal ini memang langka di Indonesia. Soal potongan uang proyek sebagai fee, menyebabkan pr kuli di tingktn terendah jd korban. Slh satu kasus sy temukan dlm proyek penelitian sebuah universitas, pemerintah n lembaga sponsor dr Jepang. Milyaran rupiah sbg dana penelitian, hanya dinikmati minim bg pr surveyor. Sbg gmbrn, setiap ques dihargai Rp 11.000 sja. Pdhl alokasi dana di atas kertas Rp 40.000/ ques. Berhubung pr surveyor ini dbyr rendh, hsl survey tak dpt dipertanggungjwbkn. 

Perekrutan surveyor dilakukan seorang pemuka agama yg notabene tdk pny keahlian dlm bdg ini. Otomatis, pr tenaga ahli yg lbh terdidik tdk mndptkan porsinya. Sekolah tinggi2 spy bs berprofesi sesuai keahlian jd mimpi sj d negeri qt tercinta ini. Sebuah proyek bsr dmi kemajuan negri sndr ditangani oleh 'mrk' yg pnya akses meski scra pendidikan tdk mendukung. Ironisnya, pmuka agma yg harsnya takut Tuhan pun gelap mata kalo sdh brhdpn dgn milyaran rupiah. Jd perjuangan spy Ind maju, EXTRATIME and PATIENT juga pak!

Dewi Djakse bagi saya Paternalistik sbg kultur , apapun itu implikasinya tumbuh subur kolaborasi antara raja, pedagang dan premanisme (bromocorah) krag putih , karena raja paling suka yg manis manis , pahit mendatangkan hukuman .

Albert Kusen @ Mbak Karnelia...klu nilai kebenaran (akademik & agama) sdh digadaikan dgn manajemen mark-up, maka bkn saja pikiran dan hatinurani yg menangis tapi jg malaikat...makasih info mutakhirnya (data).

Kasus anda di tas, mengisyaratkan bahwa dilibatkan tokoh agama dlm urusan sekuler, mungkin karena ketidak percayaan pada oknum2 sekuler. Tapi ternyata dlm kenyataan baik oknum agamawan maupun sekuler, seperti kepiting ketika dibakar keduanya berwarnah merah..hehehe


Albert Kusen @ Mbak Ayu...hahaha...daulat tuanku. Pujian yg membawa sengsara.

Radhar Tribaskoro Bahwa perilaku koruptif dipengaruhi oleh kultur sudah ditunjukka oleh artikel di atas. Namun selain pengaruh kultur pengaruh struktur juga perlu dipelajari.

Albert Kusen Bung Sadhar@ Ya...right. Sistem birokrasi maupun kebijakan juga turut lestarikan perilaku koruptif. Tdk diaturnya legalitas TTD yg dimiliki penguasa dan jajaranya berpotensi disalahgunakan.

Seorg investor hendak peroleh ijin dri penguasa sang pemilik TTD tdk relah proyek triliunan tanpa fee. Inilah yg sehari2 qta saksikan di pentas KPK seret hasil operasi OTT.


Ishak Pulukadang Yang jelas para elit politik dan pejabat publik lainnya masih tetap.mewarisi doktrin kolonial yaitu yg penting berkuasa apapun caranya lalu kaya lewat korupsi kolusi dan nepotisme dan biarkan rakyat miskin dan menderita . Mereka itu mewarisi kata2 Gusdur " Emangnya gue pikirin . Maka saatnya pd pemilu 2019 rakyat bersatu tumbangkan elit dan partai korup dgn tak mrmilihnya . Inilah saatnya rakyat tunjukkan kedaulatanya agar tak menderita lg 5 tahun kedepan

Ishak Pulukadang Karena faktanya yg pelopor korup itu terutama mantan ketua parpol anas , surya dan setia. Munculnya Istilah Golongan karya era ordebaru terutama menghindari kesan istilsh parpol yg sebelum era orba terkesan konflik terus sehingga pemerinta han tak stabil maraknya kkn dan bermunculan gerakan separatisme yg mengancam nkri.

Ishak Pulukadang Pilihlah parpol dan figur yg sedikit korup dan terutama paling tepat pilih parpol dan figurnya yg tdk korup.

Albert Kusen Mantap. Ini baru bilang Tonaas Jaton/Guru besar politik Fisip Unsrat.

Ishak Pulukadang Sei reen kalo masuat teundano waya nekita yg warisi sikap herois baik tokoh2 herois perang tondano - yg mendahului prang jawa - maupn heroisme tokoh diponegoro dan kyai modjo - sbg peletak dasar kerukunan hidup bermasyarakat dan beragama - yg oleh belanda disebutnya de biterste viyand ( musuh yg ditakuti ) dan central gravity perang jawa.

Ishak Pulukadang Baik perang tondano puncaknya 1807-1809 maupun perang jawa 1825-1830 adalah reaksi pribumi terhadap kezaliman kerakusan dan kesewenang wenangan penjajah merampas tanah milik rakyat jadikan tanah negara/penjajah dgn mengkavlingnya jadi erpacht dan disewakan kpd elit penjajah yaitu golongan eropa dan timur asing yaitu china arab sedangkan golongan pribumi dijadikan buruh dgn gaji rendah dgn 16 macam pajak yg diserahkan penjajah dipungut oleh golongan china dan menjadikan pribumi dgn sebutan inlander warga kelas dua.

Ishak Pulukadang Maka apakah salah kalau tanah air indonesia yg diperjuangkan pribumi jadi miliknya dgn membatasi penguasaan tanah oleh golongsn non pribumi di jogjakarta yg pro agresi militer belanda 1 dan 2 dan apakah salah kalau saya dan teundano menuntut agar kota tondano minahasa yg sdh berumur 580an tahun masih sbg kota mati sd 2014 jadi kota wisata 7 dimensi yg maju ?

Dharmawati Dareho Bagi saya tak pas kekuasaan bergaya bangsawan/monarki apalagi dibumi nyiur melambai ini dan ingat ini dizaman now sistem tata negara kita tak lg mengenal " abdi dalem " yg menyembah2 tuannya.
Jgn lg mendewakan tokoh yg sebenarnya tdk patut di dewakan dgn kepemimpinan yg biasa2 saja, malah utang membengkak dan harga2 kian tak terjangkau.


Dharmawati Dareho Kita boleh tetap menjaga kesopanan dan kelemahlembutan sebagaimana feodal, tetapi lebih terbuka dan memandang orang lain sebagai mitra hidup yang sejajar. Semoga kita tetap kritis berbicara namun ada solusinya.
#Pedulidanberisolusi


Sadarudin Bakri Sebenarnya ada kaitan antara neo feodalisme dengan apa yang pernah saya tulis pada 20 Oktober 2013 lalu, dengan judul " MERITOKRASI POLITIK, ARISTOKRASI POLITIK DAN PLUTOKRASI POLITIK" 

https://www.facebook.com/notes/sadarudin-bakri/meritokrasi-politik-aristokrasi-politik-dan-plutokrasi-politik/729040237110511/


MERITOKRASI POLITIK, ARISTOKRASI POLITIK DAN PLUTOKRASI POLITIK

MERITOKRASI POLITIK adalah proses rekruitment kader partai politik dan para kandidat anggota parlemen yang ditawarkan kepada rakyat oleh partai politik melalui proses Pemilihan Umum dengan berbasis pada nilai-nilai kompetensi  dedikasi/pengabdian, prestasi, profesioanalisme,kepedulian pada lingkungan. Artinya proses rekruitment dalam meritokrasi politik itu harus didasarkan pada sistem merit. Artinya untuk menjadi politisi dan legislator  dalam meritokrasi politik adalah tidak gampang karena harus melalui seleksi sistem merit yang ketat sebelum ditawarkan kepada rakyat melalui proses pemilihan umum 

ARISTOKRASI POLITIK atau sebutan populernya adalah POLITIK DINASTI adalah proses rekruitmen kader partai politik dan para kandidat anggota parlemen yang ditawarkan kepada rakyat oleh partai politik melalui proses Pemilihan Umum dengan berbasis pada keluarga besar para ketua dan penguasa partai politik. Intinya untuk menjad ipengurus partai dan menjadi legislator ditentukan oleh siapa bapaknya bukan kemampuan dan kapabilitasnya. Dan politik dinasti ini sedang marak dalam dunia politik di Indonesia.

Disamping itu ada fakta dan fenomena  yang sangat memuakkan bagi kita semua dan itu   terjadi pada semua partai politik di Indonesia dalam melakukan rekruitment baik itu untuk pengurus partai  pada semua tingkatan lini organisasi dan penetapan kandidat legislator pada semua tingkatan mulai dari Pusat sampai kabupaten/kota,  sudah jadi rahasia umum bahwa semua harus diibayar dengan uang.. Bahwa semua orang dengan latar belakang yang tak jelas tanpa bekal general knowledge yang cukup dan tak punya kemampuan dan kapabilitas dalam merumuskan dan  mengkritis iRUU dan RAPERDA bisa menjadi legislator asal punya uang. Inilah yang saya sebut dengan PLUTOKRASI POLITIK.

Hendra Hermanto Zhang meski katakanlah keluarga dinasti itu memang cakap dalam menjadi pejabat pemerintah atau pemda, meski katakanlah anggota keluarga ybs. memang jujur ( pada mulanya), tetapi dengan sistim jaringan seperti itu, maka bisa runtuhlah semua yang baik semula, karena terlalu banyak celah yang bisa dimanfaatkan sebagai suatu jaringan yang sangat kuat,

Sadarudin Bakri Politik dynasti sebenarnya adalah sah2 dalam suatu sistem demokrasi tapi harus didukung oleh budaya Meritokrasi bukan budaya plutokrasi ( baca politik uang) di USA ada dynasty Kennedy yang meliputi John Fitzgerald Kennedy, Robert Kennedy dan Edward Kennedy dan rakyat AS tak mempersoalkan karena sudah terseleksi melalui merit system yang ketat. Bandingkan disini yang menyaring itu uang, meski otaknya di dengkul tapi dengan uang mereka bisa beli suara.

Ada juga keluarga George Bush, George Walker Busah Jr adalah putra George Bush Presiden AS yang menggantikan Ronald Reagen. Dia memulia karir politiknya di Atlanta sebagai wali kota kemudian karirnya menanjak sebagai gubernur Texas dua peiode yang selanjutnya mengikuti seleksi dalam konvensi Partai Republik untuk kandidat presiden AS. memenangkan konvensi partai republik yang menjunjung tinggi merit system dan berhasil meyakinkkan para delegasi dalam konvensi tentang pengabdiannya dalam memimpin, kapabilitasnya dalam pengambilan keputusan dan elektabilitasnya dalam menggolkan kandidat partai republik yang dikenal sangat konservativ. dan pilihan para delegasi tak salah dan George W Bush Jr. berhasil memenangkan pemilihan presiden AS.

Juga di India keluarga Jawaharlal Nehru menurunkan Indira Gandhi seorang perempuan yang sangat tangguh ddengan kecerdasan yang sangat mengagumlkan dan rela menyerahkan nyawanya demi persatuan India, juga putranya Rajiv Gandhi seorang pemberani dan visioner dalam mengambil suatu keputusan sulit dan sangat tidak populer yang berakibat pada nyawanya melayang karena Bom bunu diri. Cita2 keluarga Gandhi tentang India yang kuat dan sejahterah diteruskan oleh Putrinya Prianka Gandhi, Prianka sendiri tidak ujug2 berada diatas meski ibunya berkuasa di Partai konggres dan dalam pemerintahan India. tapi mulai dari bawah juga putranya. Rahul. Tapi yang paling menonjol dan menurunkan bakat, kecerdasan neneknya rupanya Prianka. Di India meski banyak penduduk miskin tapi budya politik uang tak dikenal disana. Sekarang Partai Konggress yang berkuasa di India tapi Prianka yang dianggap bau kencur oleh ibunya tak diberi jabatan dalam partai kecuali jadi anggota parlemen lokal tingkat kota New delhi. Bandingkan disini yang menyaring itu uang, otaknya di dengkul tapi dengan uang mereka bisa beli suara.
Bandingkan juga dengan keluarga SBY !


Sadarudin Bakri Bapak Hajriyanto Y. Thohari !Terima kaslh Pak atas Apresiasinya Juga kepada Bapak Harry Azhar Azis II atas jempolnya juga kepada Pak Tony Trie Artono , Bapak Hendra Hermanto Zhang dan semuanya yang memberikan jempolnya.





rencana

ARKIB : 24/09/2009
Feudal wujud dalam budaya politik
Oleh NOOR SULASTRY YURNI AHMAD
PERBINCANGAN tentang budaya politik Melayu di Malaysia banyak melibatkan kajian-kajian oleh para sarjana tempatan mahupun Barat.

Kajian-kajian itu bukan sahaja membincangkan peranan oleh institusi pemerintah malah turut melihat aspek-aspek luaran yang menyumbang kepada struktur budaya politik Melayu kini.

Persoalan tentang hegemoni dalam budaya politik Melayu sudah mula menjadi topik perbincangan hangat selepas melalui transformasi budaya politik bermula dengan institusi Kesultanan Melayu hingga kepada usaha untuk mencapai masyarakat yang lebih sivil.

Secara amnya, masyarakat sivil diertikan sebagai suatu set kesatuan sosial yang autonomi atau bebas daripada pengaruh pemerintah (the state) dan tidak bermatlamatkan politik.

Masyarakat sivil juga dilihat sebagai sebuah kesatuan yang bertindak sebagai pemerhati (watch dog) terhadap pemerintah dan dasar yang dilaksanakan.

Kini konsep masyarakat sivil muncul sebagai satu isu perbincangan sosial dan dinilai sebagai salah satu pertikaian ilmiah terpenting sejak tiga dekad lalu.

Penilaian semula terhadap idea pemikiran konsep masyarakat sivil sebenarnya berakar umbi daripada dua tradisi pemikiran sosial dominan.

Pertama, tradisi fahaman pluralis yang dipelopori oleh Adam Ferguson (1723-1816), Adam Smith (1723-1790) dan Francis Hutcheson (1694-1746) yang berfahaman Scottish Moralist pada abad ke-18.

Ia kemudiannya dikembangkan oleh Alexis de Tocqueville (1805) di Amerika Syarikat melalui karyanya Democracy in America (1840).

Namun, perbincangan hegemoni ini sudah dianggap tidak relevan lagi dibincangkan selepas Pilihan Raya Umum ke-12 pada 8 Mac 2008.

Transformasi budaya politik Malaysia sudah mengalami anjakan baru dengan kebangkitan parti-parti politik bukan lagi berasaskan perkauman.

Bagaimanapun perbincangan tentang kesetiaan, keakuran dan sifat submisif pada masa kini bukan sahaja telah membezakan situasi budaya politik yang diamalkan tetapi persekitaran etnik juga telah mengalami perubahan amat ketara.

Ternyata sejarah politik pemerintahan negara memperlihatkan masyarakat Malaysia yang terdiri daripada sebuah populasi besar dan tergolong daripada golongan bukan bumiputera yang meletakkan kepercayaan kepada UMNO untuk mentadbir negara dengan dibantu oleh parti-parti komponen Barisan Nasional lain.

Kehadiran orang bukan Melayu adalah satu faktor yang bertanggungjawab menyumbang kepada pembentukan hubungan quid pro quo antara perlindungan dan taat setia.

Dalam masyarakat Melayu tradisional, konsep taat setia sering digunakan sepenuhnya demi menjaga kepentingan raja.

Pada ketika itu, kepentingan individu tidak diluahkan sepenuhnya bagi menjaga kepentingan golongan pemerintah.

Konsep taat setia ini lebih merujuk kepada kepentingan seluruh golongan kelas masyarakat. Kesetiaan yang tidak berbelah bagi itu bukannya untuk diri orang Melayu semata-mata tetapi berkaitan dengan matlamat yang lebih besar sehingga mencakupi keistimewaan golongan pemerintah.

Walaupun unsur-unsur feudal dalam budaya politik Melayu masih sukar untuk dihapuskan, sifat taat setia, akur, submisif yang ditunjukkan oleh rakyat sebagai balasan berterima kasih.

Budaya ini merupakan sebahagian daripada sikap politik dalam budaya kepimpinan UMNO.

Pada masa sama, nilai hubungan feudal atau antara yang memerintah dan yang diperintah masih mengandungi ciri-ciri yang terhasil daripada suatu hubungan yang baru terbentuk.

Budaya politik Melayu era neofeudal telah mengalami proses konstruksi budaya politik dari aspek bentuk dan amalannya jika dilihat dari segi hubungan antara penaung dan yang dinaung.

Bukan sahaja budaya ini telah dikonstruksikan dan telah berakar umbi dalam jiwa masyarakat Melayu, tetapi ia perlu dibina semula (reconstruct) bagi mewujudkan suatu budaya politik baru dan bersesuaian atau relevan dengan amalan negara Demokrasi Berparlimen di negara ini.

Mentaliti yang telah dibentuk sejak zaman lampau seolah-olah satu 'budaya' yang terkawal atas dasar nilai taat setia, akur, submisif yang terlalu tinggi.

Sebagai contoh, pemimpin politik Melayu tidak seharusnya dicabar seperti jawatan presiden dalam UMNO.

Inilah manifestasi dalam masyarakat neofeudalisme Melayu yang telah dikonstruksi dalamannya.

Perbincangan tentang konsep neofeudalisme ini banyak menjelaskan tentang penerusan amalan bercirikan feudal dalam sistem Demokrasi Berparlimen kini.

Namun, skop perbincangan ini tidak hanya terbatas kepada nilai ciri-ciri feudal yang diamalkan sahaja, malah turut mencakupi faktor agama dan peranan adat istiadat Melayu itu sendiri.

Sekiranya perbincangan ini hanya terhad kepada unsur-unsur feudal, ia lebih cenderung menunjukkan bahawa hegemoni memang terbentuk dalam budaya politik feudal mahupun neofeudal Melayu.


Bagaimanapun, perbincangan ini akan memperlihatkan bahawa nilai taat setia yang sangat tinggi di kalangan masyarakat Melayu yang ditonjolkan sejak terbentuknya perjanjian atau wa'adat yang dimeterai antara Demang Lebar Daun dan Seri Teri Buana tidak bercirikan seperti hegemoni Gramsci.

Senario ini merupakan nilai kepatuhan yang semulajadi dan istimewa sehingga terbentuk sebuah hubungan yang sangat "asli" antara kedua-dua golongan tersebut.

Namun, ternyata elemen-elemen feudal dalam era kini masih lagi diaplikasi dalam sistem pemerintahan demokrasi Malaysia yang menitikberatkan kepatuhan, kesetiaan dan sokongan rakyat terhadap kepimpinan negara.

PENULIS ialah Pensyarah di Jabatan Antropologi dan Sosiologi Universiti Malaya (UM)

Sumber: 
Feudal wujud dalam budaya politik



Khairy Jamaluddin tidak cukup Umno?
ISMAIL YAHAYA 
Adalah sesuatu yang menarik untuk diperhatikan kenyataan berbentuk bidasan yang dibuat oleh bekas calon presiden Umno, Khairy Jamaluddin mengenai Parti Kebangsaan Melayu Bersatu (Umno) yang masih “pekak” terhadap suara rakyat dan terus memainkan sentimen perkauman selepas kekalahan mengejut pada pilihan raya umum ke-14 (PRU14).

Dalam hal ini beliau merujuk kepada tindakan sesetengah pemimpin Umno mempersoalkan pelantikan peguam negara dan ketua hakim daripada kalangan bukan Melayu berbanding isu ekonomi serta sosial masyarakat.

“Sejak selesai pemilihan Umno, apa yang parti saya buat? Main sentimen kaum, kutip tabung untuk bekas presiden dan ‘repeat semula’.

“Tak salah kita bersolidariti dengan DSN (Datuk Seri Najib Razak), tetapi takkan itu sahaja Umno ‘baharu’. Dah kena pukulan maut semasa PRU14, masih pekak terhadap suara rakyat,” tulisnya di Twitter hari ini.

Sehubungan dengan itu ingin juga dikaitkan dengan kekalahan Khairy dalam pemilihan agong Umno baru-barui ini. Kalau dilihat dari segi hujah-hujah Khairy dalam Debat Calon Presiden Umno di antara Datuk Seri Dr Zahid Hamidi, Tengku Razaleigh Hamzah yang disiarkan dalam Astro Awani 501, ternyata memang bernas dan kritikal berbanding dengan Zahid sendiri.

Walaupun hujah Tengku Razaleigh daripada soalan-soalan yang ditanya adalah lebih baik daripada Zahid namun mendapat tempat kebelakang dalam kiraan undi.

Kenapakah Khairy yang dikatakan calon muda pilihan untuk menang sebagai calon Presiden Umno tetapi kalah kepada Zahid.

Dalam hal Khairy dikira tidak cukup Umno, tidak tulen, walaupun beliau banyak mengemukakan hujah-hujah bernas dan kritikal untuk `reformasi dan pembaharuan’ Umno bagi menghadapi cabaran sebagai parti pembangkang.

Apa yang dimaksudkan dengan tidak cukup Umno itu? Ia bermaksud Khairy masih tidak cukup Melayu dan tidak cukup Islam.
Tidak cukup Melayu dan tidak cukup Islam adalah tidak memenuhi kriteria Umno.

Khairy memang tidak cukup Melayu, untuk meminjam kata Wan Faysal dalam FB kerana Zahid adalah hulubalang Melayu, seolah-olah menyamai taraf perwira. Rasanya Khairy pernah sebut pasal isu `Warload’ ini.

Inilah budaya Umno yang bermaharajalela dalam budaya politik Umno, patriarch atau naungan iaitu yang harus dipayungi. Orang Melayu dalam Umno akan berada di bawah naungan hulubalang ini dan kesetiaan buta walaupun terdapat khilaf kepada pemimpinnya.

Jika tidak percaya lihatlah kepada Umno bahagian Pekan bagaimana mencium tangannya mereka kepada mantan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak. Khairy nampak tetapi tidak cuba memahaminya.

Menurut Wan Faysal Zahid adalah pemimpin politik legenda Ahl al Sunnah wal Jammah Nizam Al Mulk.

Jelasnya ia sukar difahami oleh mereka yang liberal tinggal di bandar dan tidak memahami sepak terjang politik hulubalang Melayu Umno.

Jika kita teliti tidak dinafikan Zahid mempuyai banyak kekurangan tetapi beliau memahami jiwa dan hati ahli Umno sedangkan Khairy adalah lulusan Oxford, anak bekas diplomat yang banyak menghabiskan masa di luar negara.

Jika buat pencarian di Google Search, Zahid adalah bertanggung jawab dalam memperkasakan World Sufi Centre pertama di Asia dan memimpin banyak persatuan Islam di bawah pengaruh Umno. Bahkan piala Marhaban Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi pernah diadakan.

Zahid cuba menghidupkan semula ISTAC kepada kegemilangannya dahulu. Tidak cukup Islam di sini bermakna dari segi kepimpinan Melayu Islam dalam Umno pada mata pandangan ahli Umno.

Walaupun ada kebenaran kepada apa yang diterangkan Khary tentang pembaharuan Umno dan kritikannya kepada kesilapan pemimpin Umno dan orang Melayu kepada kritikan terus dan langsung seperti itu, sedangkan Zahid mempunyai gaya dan cara tersendiri berhemah dan beradab dan tidak menjurus secara langsung.

Cara Khairy dan Tengku Razaleigh mengikut budaya PH bersikap telus dan terbuka tidak disukai ahli Melayu dalam Parti Kebangsaan Melayu Bersatu dan ini bukannya budaya Umno yang mereka cuba terapkan sekarang.

Walaupun terdapat ahli Umno yang mahukan sikap terbuka tetapi majoriti ahli Umno khususnya di kawasan luar bandar dan kepimpinan majlis tertinggi tidak menyukai cara yang dikehendaki Khairy dan Tengku Razaleigh.

Jika diteliti dalam masyarakat Melayu tradisional, konsep taat setia sering digunakan demi menjaga kepentingan raja.

Konsep taat setia ini lebih merujuk kepada kepentingan seluruh golongan kelas masyarakat. Kesetiaan yang tidak berbelah itu bukannya untuk diri orang Melayu semata-mata tetapi berkaitan dengan matlamat yang lebih besar sehingga mencakupi keistimewaan golongan pemerintah.

Walaupun unsur-unsur feudal dalam budaya politik Melayu masih tebal dan sukar untuk dihapuskan, sifat taat setia, akur, rendah diri yang ditunjukkan oleh rakyat sebagai balasan berterima kasih.

Pembudayaan ini merupakan sebahagian daripada sikap politik dalam budaya kepimpinan Umno. Pada masa sama, nilai hubungan feudal atau antara yang memerintah dan yang diperintah masih mengandungi ciri-ciri yang terhasil daripada suatu hubungan yang baru terbentuk.

Budaya politik Melayu era neo-feudal telah mengalami proses konstruksi budaya politik dari aspek bentuk dan amalannya jika dilihat dari segi hubungan antara penaung dan yang dinaung.

Bukan sahaja budaya Umno ini telah dikonstruksikan dan berakar umbi dalam jiwa masyarakat Melayu, tetapi ia perlu dibina semula bagi mewujudkan suatu budaya politik yang relevan dengan amalan negara Demokrasi Berparlimen di negara ini.

Mentaliti yang telah dibentuk sejak zaman lampau seolah-olah satu ‘budaya’ yang terkawal atas dasar nilai taat setia, akur, submisif yang terlalu tinggi.

Sebagai contoh, pemimpin politik Melayu tidak seharusnya dicabar seperti jawatan presiden dalam Umno. Inilah manifestasi masyarakat neo-feudalisme Melayu yang telah dikonstruksi dalamannya.

Perbincangan tentang konsep neo-feudalisme ini banyak menjelaskan tentang penerusan amalan bercirikan feudal dalam pemilihan agung Umno baru-baru ini.

Seperkara lagi yang hendak dilihat ialah Khairy tidak menjawat jawatan Naib Presiden dan Timbalan Presiden dalam Umno daripada pertandingan di perhimpunan agung Umno maka beliau seperti melanggar tradisi kepimpinan dalam Umno.

Oleh itu walaupun Khairy ternyata cuba memulihkan Umno sebagai parti yang boleh membawa kemenangan pada pilihan raya ke-15, jika dilihat kepada kemenangan Zahid, ini bermakna mentaliti Melayu Umno tidak akan berubah dalam masa terdekat ini.

* Penulis adalah pensyarah di Jabatan Komunikasi, Fakulti Komunikasi, Seni Visual dan Pengkomputeran, Universiti Selangor (Unisel). -malaysiadateline
at 7/15/2018 07:18:00 PTG
KERENGGA: Khairy Jamaluddin tidak cukup Umno?

BERITA»Nasional

Ahad, 15 Julai 2018 | 9:37pm
Pengiktirafan UEC akan dibuat tanpa jejas bahasa Melayu
KENYATAAN media Kementerian Pendidikan 
mengenai pengiktirafan Sijil Peperiksaan Bersama (UEC)
PUTRAJAYA: Kementerian Pendidikan hari ini menegaskan sekali lagi bahawa sebarang keputusan berhubung pengiktirafan Sijil Peperiksaan Bersama (UEC) akan bersifat komprehensif dan holistik, tanpa menggugat kedudukan bahasa Melayu sebagai bahasa kebangsaan.

Menteri Pendidikan, Dr Maszlee Malik berkata, Kementerian Pendidikan sedang melakukan kajian holistik sebelum membuat sebarang keputusan berhubung pengiktirafan UEC.

"Sebelum melaksanakan pengiktirafan ini, kita perlu mengambil kira isu kepentingan bahasa Melayu sebagai bahasa kebangsaan dan jika ada sebarang impak daripada keputusan pengiktirafan tersebut yang mungkin akan menjejaskan perpaduan serta keharmonian rakyat Malaysia.

"Justeru, pandangan daripada pelbagai pihak adalah amat penting dan interaksi Kementerian bersama pihak-pihak yang berkenaan tetap menjadi keutamaan saya," katanya dalam satu kenyataan di sini.

Pengiktirafan UEC adalah antara janji dalam Manifesto Pakatan Harapan (PH).


UEC ialah sijil yang dikeluarkan Sistem Sekolah Menengah Persendirian Cina Malaysia dan pelaksanaannya tidak mengikut sistem pendidikan kebangsaan. - BERNAMA

Sumber: 
https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2018/07/449497/pengiktirafan-uec-akan-dibuat-tanpa-jejas-bahasa-melayu

... 

Tiada ulasan: