Jumaat, 26 Oktober 2018

Nikmat dan Musibah Telah Allah Tetapkan. 8538.


Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy

Nikmat dan Musibah Telah Allah Tetapkan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 22 jam yang lalu
بسم الله الرحمن الرحيم WAHAI SAUDARAKU SESUNGGUHNYA ITU TELAH ALLAH TENTUKANAllah subhanahu wata'aala berfirman: مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚإِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَىٰ مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ ۗوَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ *Tiada suatu Musibah pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada diri kalian sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah... lagi »

Nasihat Bagi yang Hidup di Tengah Keluarga yang Tidak Istiqamah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sehari yang lalu
HIDUP DI TENGAH KELUARGA YANG TIDAK ISTIQAMAH[Hukum Berkeluh-kesah Menceritakan Kondisi Keluarga dan Cara Menghadapi Ayah yang Tidak Ridha Putrinya dinikahi Laki-laki yang Istiqamah] Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah *PERTANYAAN:* “Saya seorang pemudi yang multazimah (istiqamah) namun hidup di rumah yang penuh dengan kemungkaran. Televisi ditampilkan. Tidak diperdengarkan kecuali suara nyanyian. Tidak makan dan minum kecuali dengan tangan kiri. Dan ayahku tidak ridha dan tidak menerima lamaran dari seorang penuntut ilmu dan yang lainnya(yang semisalnya). Ji... lagi »

Ruqyah Untuk Wanita yang Sulit Melahirkan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 hari yang lalu
RUQYAH UNTUK WANITA YANG SULIT MELAHIRKANLajnah Daimah (pertanyaan kedua dari fatwa nomor 143) menyatakan: "Menulis sebagian ayat Al-Quran di gelas atau kertas, lantas membasuh dan meminumnya hukumnya boleh, berdasarkan keumuman firman Allah Ta'ala: *"Dan Kami turunkan dari al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."* Al-Quran adalah penawar untuk hati dan badan. Juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Hakim di dalam Kitab al-Mustadrak dan Ibnu Majah di dalam as-Sunan dari Ibnu Masud Radhiyallahu Anhu: bahwa Nabi Shallallahu Alaih... lagi »

Antara Zuhud Terhadap Dunia dan Zuhud Terhadap Apa yang Ada di Tangan Manusia

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 hari yang lalu
PERBEDAAN ANTARA ZUHUD TERHADAP DUNIA DAN ZUHUD TERHADAP APA YANG ADA DI TANGAN MANUSIASyaikh Abdul Muhsin bin Hamd al 'Abbad hafizhahullahu Ta'ala Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: عَنْ أَبِي الْعَبَّاس سَهْل بِنْ سَعْد السَّاعِدِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : ياَ رَسُوْلَ اللهِ دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِيَ اللهُ وَأَحَبَّنِي النَّاسُ، فَقَالَ : ازْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبُّكَ اللهُ، وَازْهَدْ فِيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبُّكَ النَّاسُ. [حديث حسن رواه ابن ماجة وغيره بأسانيد ... lagi »

Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 hari yang lalu
MENAHAN BUANG ANGIN KETIKA SHALATAsy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah *PERTANYAAN:* “Bolehkah menahan (buang)angin ketika shalat?” *JAWABAN:* “Ya, (boleh) menahannya jika ringan. Adapun jika sangat (mendesak) maka ia memutus shalatnya. Apabila ringan dan mungkin untuk menahan tanpa ada kesulitan dan ia kokoh (tidak terganggu khusyuk) dalam shalatnya maka tidak mengapa. Semisal (menahan) BAK dan BAB jika sifatnya ringan maka ia sempurnakan shalatnya. Adapun jika hal itu menyibukkannya (dari kekhusyukan) dalam shalat, ia memutusnya. Ia keluarkan angin, kencing, BAB sehingga ia... lagi »

Hukum Lomba Ayam dan Burung Merpati

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 hari yang lalu
HUKUM PERLOMBAAN AYAM DAN BURUNG MERPATISyaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah Pertanyaan: Syaikh, sejauh mana keshahihan hadits yang maknanya: tidak boleh ada hadiah perlombaan kecuali pada tiga hal: hewan yang memiliki tapak kaki (unta), memanah atau haafir (semacam kuda). Lantas apa pendapat Anda terhadap orang yang melakukan perlombaan ayam dan burung merpati? Jawaban: Perhatikanlah, wahai saudara! Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: لاَ سَبَقَ إِلاَّ فِى نَصْلٍ أَوْ خُفٍّ أَوْ حَافِرٍ "Tidak boleh ada hadiah perlombaan kecuali pada memanah, hewan yg... lagi »

Donasi Peduli Lombok dan Palu Sulawesi Tengah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 minggu yang lalu
🚑 DONASI PEDULI LOMBOK DAN SULTENG [image: program peduli lombok dan sulteng] 🌏 Belum usai dari duka Lombok, tiba-tiba kita dikejutkan dengan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Bencana tersebut menimpa saudara-saudara kita di beberapa daerah; Palu Kota, Donggala, Sigi, Mamuju, dan sekitarnya. 💦 Hanya kepada Allah Ta'ala, kita memohon pertolongan dan perlindungan. ✊️ Maka dengan ini, Panitia Gabungan Peduli Lombok dan Sulawesi Tengah menghimbau kaum Muslimin untuk: 1⃣ Memberikan bantuan dan dukungan kepada kaum muslimin di seluruh daerah terdampak bencana, baik secara moril ma... lagi »

Hadits Palsu Tentang Telinga Berdengung

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 minggu yang lalu
HADITS PALSU, Hadits tentang berdengungnya telinga إِذَا طنَّتْ أُذُنُ أَحَدِكُم فَلْيَذْكُرْنِي ولْيُصَلِّ عَلَيَّ ولْيَقُلْ: ذَكَرَ اللَّهُ مَن ذَكَرَنِي بِخَيْرٍ *(Bila berdengung telinga salah seorang diantara kalian, maka hendaklah mengingat aku dan bershalawat kepadaku serta berkata: Allah mengingat orang yang mengingatku dengan kebaikan)* Berkata Al Albani dalam As Silsilah Dhaifah wal Maudhu'ah serial hadits lemah dan palsu 6/137: PALSU, Ar Ruyani dalam Musnadnya 2/141/25, dan Al Bazar 3125: Mengkhabarkan kepada kami Abul Khaththab: Mangkhabarkan kepada kami Ma'mar bin Muha... lagi »

Hukum Memakai Cincin di Jari Tengah Bagi Wanita

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 minggu yang lalu
HUKUM MEMAKAI CINCIN DI JARI TENGAH BAGI WANITAAsy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullahu ta'ala : *Pertanyaan :* Wahai Syaikh yang mulia, apa hukum memakai cincin di jari tengah bagi wanita? *Jawaban :* Yang nampak bagiku bahwa wanita (boleh) memakai cincin di semua jari-jari (tangan) dan (itu) tidaklah mengapa, karena tujuannya adalah berhias (mempercantik diri). Sehingga jika termasuk adat mereka (kaum wanita) adalah mereka berhias dengan memakai cincin di seluruh jari jemari maka itu tidaklah mengapa. Kecuali jika hal itu mengantarkan kepada sikap berbangga diri,... lagi »

Ketika Istri Ingin Membantu Suami dalam Mencari Rizki

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
ANJURAN BAGI PARA SUAMI DAN ISTRIDijawab oleh Ustadz Zuhair Syarif Hafizhahullah *Pertanyaan:* Bismillah. Ustadz izin bertanya. Jika seorang istri kerja dan suami mengizinkannya dan hal ini membuatnya sedikit lalai dalam mengurus anak, saat tau uang hasil kerja istri sebagian besar diberikan ke orang tua sang istri, suami melarang karena dianggap itu seharusnya diberikan ke anak-anak dan keluarganya dengan alasan sudah lalai dalam mengurus anak. Bagaimana jika larangan tersebut tidak dipedulikan karena merasa uang itu haknya istri, sehingga sang istri tetap memberikan kepada orang tu... lagi »

Hukum Berkunyah dengan Anak Wanita - Kunyah kepada Anak Perempuan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
HUKUM BERKUNYAH DENGAN ANAK WANITASyaikh Abdul Muhsin bin Hamd al 'Abbad hafizhahullah *Pertanyaan:* Apakah hadits yang diriwayatkan sahabat yang bernama Abu Ruqayyah (agama itu nasehat) adalah dalil yang membantah atas orang yang mengingkari berkunyah dengan anak wanita? *Jawaban*: Telah diketahui bahwa berkunyah hanyalah dengan menggunakan anak yang paling tua sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Syuraih yang berkunyah dengan Abul Hikam. Lantas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bertanya kepadanya: apakah engkau memiliki anak? Ia pun menjawab: ya. Rasulullah Shallallahu ... lagi »

Hukum Mundur dari Shaf Pertama untuk Menemani Makmum yang Masbuq di Shaf Kedua

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Hukum Mundur dari Shaf Pertama untuk Menemani Makmum yang Masbuq di Shaf KeduaAsy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin –rahimahullah- *Pertanyaan:* “Kami sedang shalat dan telah menyempurnakan shaf pertama. Kemudian masuk seseorang dan ia berada di shaf kedua sendirian. Lalu salah seorang dari shaf awal mundur untuk shalat di sampingnya(di shaf kedua), apakah amalan ini benar?“ *Jawaban:* “Amalan ini tidak disyariatkan. Bahkan apabila seseorang datang sementara shaf akhir telah sempurna(penuh) maka ia berdiri shalat sendirian karena ada udzur. Sebab ia pada saat ini mendapat ud... lagi »

Penjelasan Ulama Mesir Terhadap Fitnah Sha'afiqah ( Muhammad bin Hadi )

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
PENJELASAN SIKAP ULAMA MESIR TERHADAP FITNAH SHA'AFIQAH YANG DIKOBARKAN DR. MUHAMMAD BIN HADY DAN DUKUNGAN MEREKA TERHADAP BERBAGAI UPAYA ASY-SYAIKH RABI' BIN HADY UNTUK MEMADAMKANNYA بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، أما بعد: Saya, asy-Syaikh Ali bin as-Sayyid al-Washify telah berkumpul bersama asy-Syaikh al-Allamah Hasan bin Abdul Wahhab al-Banna di kediaman beliau di kota asy-Syaikh Zayid di Giza (Mesir –pent), dan kami menelaah kembali perkara-perkara pokok yang menyebabkan fitnah yang terjadi antara asy-Syaikh Muhammad bin... lagi »

Hukum Ungkapan "Kalau Bukan Karena Allah dan Fulan"

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
BAGAIMANA HUKUM UNGKAPAN KALAULAH BUKAN KARENA ALLAH DAN FULAN? (496) Asy Syaikh hafidzahullah ta'ala ditanya tentang ungkapan ini : "Kalaulah bukan karena Allah dan Fulan" Maka beliau menjawab dengan berkata: Menggandengkan selain Allah dengan Allah dalam perkara-perkara takdiri pada ungkapan yang bisa berfaedah berbarengan dan meniadakan perbedaan adalah suatu perkara yang tidak boleh. Dalam hal kehendak sebagai permisalan, tidak boleh kamu mengatakan: "Atas kehendak Allah dan kehendakmu" karena penggandengan ini teruntuk kehendak Allah dengan kehendak makhluk menggunakan huruf ya... lagi »

Nasihat Kepada yang Masih Punya Akal dari Musha'fiqah - Fitnah Sha'afiqah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
MUTIARA-MUTIARA NASEHAT KEPADA YANG MASIH BERAKAL DARI KALANGAN MUSHA'FIQAH Nasihat Kepada yang Masih Punya Akal dari Musha'fiqah 1 "Semua durusmu telah berubah menjadi celaan terhadap saudara-saudaramu Salafiyyin dan menggelari mereka dengan julukan-julukan jelek. Sungguh aku telah melarangmu dari perbuatan itu dan aku katakan kepadamu *"Gunakanlah lafazh-lafazh yang tepat."* Namun kamu tidak mempedulikan nasehatku. Hingga kamu sampai pada tingkat melakukan _qadzf_ terhadap kehormatan seseorang yang tak bersalah. Kamu tuduh dia dengan perbuatan zina dan mesum, kau lakukan tuduhan ter... lagi »

Obat Depresi Dan Tekanan Jiwa

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Obat Depresi Dan Tekanan Jiwa*Pertanyaan:* Saya seorang wanita berumur 20 tahun, beragama Islam, taat menjalankan ajaran agama, dan sudah menikah sekitar setahun setengah. Alhamdulillah sekitar enam bulan lalu saya diberi rejeki seorang anak. Alhamdulillah proses melahirkan saya lalui secara alami. Sekitar seminggu setelah melahirkan, saya merasa begitu sangat susah. Saya tidak pernah mengalami keadaan seperti ini sebelumnya hingga membuat saya tidak peduli apapun, bahkan kepada anak saya yang baru lahir. Saya sudah memeriksakan diri dan berobat ke dokter spesialis psikologi baru-ba... lagi »

Inilah Perbedaan Riya' dan Sum'ah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
APA PERBEDAAN ANTARA RIYA' DAN SUM'AH ?Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah. Kalimat riya' diambil dari kata *ru'yah *(melihat) yang demikian itu seperti seseorang menghiasi amal ibadah nya serta membaguskannya, agar dilihat, dipuji dan disanjung manusia, atau tujuan-tujuan lainnya , maka ini dinamakan riya' karena dia ingin dilihat manusia. *Perbedaan antara riya' dan sum'ah . * Riya' adalah amalan-amalan yang dilihat, secara lahiriah nya dikerjakan karena Allah namun di dalam batinnya dikerjakan karena selain Nya, diantara contoh nya seperti shalat dan shadaqah. Adapun sum'... lagi »

Biografi Martsad bin Abi Martsad radhiyallahu 'anhu

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
MARTSAD BIN ABI MARTSAD Shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini adalah pejuang Islam yang masuk Islam di Makkah sebelum adanya syariat hijrah. Nama beliau adalah *Martsad bin Kannaz bin Hushain bin Yarbu’ bin Tharif bin Kharatsah bin Ubaid bin Saad bin Auf bin Kaab bin Jilaan bin Ghanam Al Ghanawi*. Beliau, ayah beliau, serta putra beliau Abu Yazid Unais bin Martsad adalah shahabat Nabi. Beliau dan ayah beliau termasuk dari para pembesar shahabat yang mengikuti peristiwa hijrah ke Madinah. Selain memiliki keistimewaan mengikuti hijrah, Martsad bin Abi Martsad turut sert... lagi »

Kumpulan Hadits Shahih Pilihan 002

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Kumpulan Hadits Shahih Pilihan 002Dahulu Nabi shalallahu alaihi wasallam apabila selesai dari ibadah shalatnya beliau mengucapkan: ُ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحدَهُ لا شريكَ لَهُ لَهُ الملكُ ولَهُ الحمدُ وَهوَ على كلِّ شيءٍ قديرٌ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ مُخلِصينَ لَهُ الدِّينَ ولَو كرِهَ الكافِرونَ أَهْلُ النِّعمةِ والفَضلِ والثَّناءِ الحسَنِ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ مُخلِصينَ لَهُ الدِّينَ ولَو كرِهَ الكافرونَ ☝️Artinya : " Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali ALLAH semata tiada sekutu bagi-Nya,bagi-Nya kerajaan, pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuat... lagi »

Mengambil Pelajaran di Tengah Puing Qubrus

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
KISAH HADITS *MENGAMBIL PELAJARAN DI TENGAH PUING-PUING QUBRUS *)* Abu Nu'aim Al Ashbahani meriwayatkan sebuah riwayat Mauquf dari Jubair bin Nufair, beliau berkata: *لَمَّا فُتِحَتْ قُبْرُصُ فُرِّقَ بَيْنَ أَهْلِهَا فَبَكَى بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ ، وَرَأَيْتُ أَبَا الدَّرْدَاءِ جَالِسًا وَحْدَهُ يَبْكِي ، فَقُلْتُ : يَا أَبَا الدَّرْدَاءِ ، مَا يُبْكِيكَ فِي يَوْمٍ أَعَزَّ اللَّهُ فِيهِ الإِسْلامَ وَأَهْلَهُ ؟ قَالَ : " وَيْحَكَ يَا جُبَيْرُ ، مَا أَهْوَنَ الْخَلْقِ عَلَى اللَّهِ إِذَا هُمْ تَرَكُوا أَمْرَهُ ، بَيْنَا هِيَ أُمَّةٌ قَاهِرَةٌ ظَاهِرَةٌ لَهُمُ الْمُلْكُ تَرَكُوا أَمْ... lagi »

Hukum Nikah Siri Menurut Islam, Apakah Benar Sah?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
MENGURAI BENANG KUSUT NIKAH SIRI *Oleh : Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf* Pernikahan adalah sebuah akad untuk menghalalkan hubungan yang agung dan luhur antara pria dengan wanita yang menjadi sebab sahnya status sebagai suami istri dan dihalalkannya hubungan seksual dengan tujun mencapai keluarga sakinah, mawaddah serta saling menyantuni antara keduanya. وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ *“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menc... lagi »

Fenomena Gonta-ganti Status Whatsapp

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Transkrip Tanya Jawab dari audio 14 DzulHijjah 1439 H / 26 Agustus 2018. Masjid Al Jihad, Cilacap. Sumber audio: t.me/AlmanshurohCilacap *Saudaraku, Ambil Bagianmu Dari Dakwah* *Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf حفظه الله* GONTA-GANTI STATUS WABismillah.. Ustadz, Apakah boleh Istri berdakwah lewat hp dengan status di WA? Jawab : "Subhanallah yaa.. memang sekarang in ada kecenderungan orang senang sekali berganti status. Dari satu status ke status² berikutnya. Dan sangat bangga sekali ketika dilihat oh banyak orang yang melihat statusnya. Ini sangat disayangkan ketika membuat status itu ... lagi »

Adab dan Akhlak dalam Quran, Sunnah dan di Sisi Para Salaf

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Kedudukan Adab dan Akhlak Dalam Alqur'an dan Sunnah serta Disisi para Salafu Shalih. *1⃣ Adab dan Akhlak didalam Alqur'an :* ✅ (وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ) (القلم: ٤) ، وقال تعالى: (وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ) (آل عمران: ١٣٤) . *Dan sesungguhnya, engkau (Muhammad) benar-benar memiliki akhlak yang agung”*( Al Qalam 4). يعني يا محمد، لعلى خلق عظيم لم يتخلق أحد بمثله، في كل شيء؛ خلق مع الله، خلق مع عباد الله، في الشجاعة والكرم وحسن المعاملة وفي كل شيء، وكان عليه الصلاة والسلام خلقه القرآن يتأدب بآدابه؛ يمتثل أوامره ويجتنبُ نواهيه. *"Yakni , Wahai Nabi ... lagi »

Perwujudan Tauhid dalam Kurban

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Perwujudan Tauhid dalam Qurban الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد: Wahai hamba-hamba Allah.. Hari Raya ini sebenarnya bukanlah hari raya milik pribadi, seseorang sendiri berbahagia tanpa yang lainnya. Bahkan Hari Raya itu adalah Hari Raya Ummat, berbahagiannya Ummat Islam secara menyeluruh. Hari Raya ini adalah kebahagian kita bersama, diawali dengan menunaikan hak-hak orang yang paling berhak mendapatkan kebaikan kita yaitu kedua orang tua –Ibu dan Bapak–, lalu yang ada pertalian rahim, kemudian para shahabat dan teman-teman, berik... lagi »

Biografi Imam At Tirmidzi

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Sekilas Biografi Imam At Tirmidzi 209-279 HKala kita membaca biografi Ulama, tentulah kan berupaya membangkitkan asa dan cita dalam menuntut ilmu Agama, mengobarkan api semangat dijiwa, mulai berbenah berbekal menorehkan tinta dari pena di atas lembaran-lembaran yang terbuka. Secarik kertas meski belum berbekas di dada, moga kian teringat : أين نحن من هؤلاء Betapa jauhnya diri ini tertinggal dari mereka itu. Dimanakah diri kita ini dibanding mereka? جزاهم الله خيرا ______ Mari kita baca sejenak, biografi Al Imam At Tirmidzi رحمه الله *Nama Beliau* Abu 'Isa Muhammad bin 'Isa bin Sau... lagi »

Bulan Dzulhijjah, Keutamaan dan Amal Shalih di Dalamnya

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - Sebulan yang lalu
Bulan Dzulhijjah Keutamaan dan Amal Sholeh Didalamnya Berkata Syeikh Aliy Bin Yahya Alhadaadiy Hafidzahullah: فإننا على أبواب أيام مباركة، هي أيام عشر ذي الحجة التي فضلها الله سبحانه وتعالى على الأيام، وجعل العمل الصالح فيها أحب إليه من العمل في سائر أيام العام وقد نوه الله بشأنها في كتابه الكريم فقال (وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ) قال ابن عباس وغيره هي عشر ذي الحجة. "Sesungguhnya kita sekarang berada dipintu-pintu hari-hari yg penuh barokah, yaitu hari-hari 10 awal dzulhijjah yang Allah Ta'ala telah mengutamakanya atas hari-hari lainya dan menjadikan amal shaleh didalamnya lebih di... lagi »

Syarat Pengajar / Guru yang Sukses dalam Pendidikan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
SYARAT-SYARAT PENGAJAR YANG SUKSES DALAM PENDIDIKAN & PENGAJARAN Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu rahimahullah *1⃣ (Pertama*) Seorang pengajar hendaknya mahir dalam bidangnya, mampu menciptakan metode-metode pengajarannya, mencintai tugas dan para pelajar, mencurahkan kesungguh-kesungguhannya untuk pendidikan mereka dengan pendidikan yang baik, membekali mereka dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat, mengajarkan akhlaq yang mulia, dan berusaha menjauhkan para pelajar dari adat-adat yang jelek. Dialah pendidik sekaligus pengajar pada satu waktu. *2⃣ (Kedua*) Seorang pengajar adalah seb... lagi »

Kehidupan Hakiki adalah Kehidupan Akhirat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
KEHIDUPAN YANG HAKIKI ADALAH KEHIDUPAN AKHIRAT Al-'Allamah Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata: "Apabila dirimu khawatir condong kepada beragam syahwat dunia bersama kenikmatan yang ada di dalamnya, maka ingatlah kenikmatan akhirat. Oleh karenanya Nabi ﷺ apabila beliau melihat perkara dunia yang membuatnya terkagum, beliau mengatakan: لبيك إن العيش عيش الآخرة *"Labbaik,Sesungguhnya kehidupan yang hakiki adalah kehidupan akhirat."* Beliau mengatakan: "*labbaik*" maksudnya aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk mengekang nafsu. Sehingga dengan itu jiwanya tidak tertipu dengan kesena... lagi »

Ta'awun Orang Tua dan Ma'had dalam Pendidikan Anak

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
HIMBAUAN TA’AWUN SYAR’I DALAM MENSUKSESKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته الحمد لله والصّلاة والسّلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، وبعد Segala puji dipanjatkan kehadirat Allah ‘azza wa jalla karena dengan rahmat-Nya semata kita masih bisa merasakan manisnya Iman dan Islam. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, keluarga dan para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum ajma’in. Orang tua / wali santri yang semoga Allah rahmati, Tarbiyatul Aulad (pendidikan anak-anak) merupakan kewajiban besar bagi orang t... lagi »

Nasihat Kemerdekaan Republik Indonesia

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
SEBUAH NASEHAT KEMERDEKAAN Oleh: Al Ustadz Luqman Ba 'abduh Hafizhahullah Taubat wahai umat Islam... Taubatlah Wahai kaum muslimin indonesia ! Bartaubatlah kalian wahai kaum muslimin indonesia ! Kalau kita telah diberi oleh Allah kemerdekaan, Itu adalah sebuah nikmat, jaga baik-baik nikmat ini dengan ibadah, bukan dengan dangdutan, ! Jaga kemerdekaan ini dengan banyak bertaubat, banyak beramal sholeh ! Bukan dengan semalam suntuk beriang gembira, tidak sholat, melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadikan masjid menjadi kosong ! Jangan wahai saudaraku, Ingat kalian, ! Ketika ki... lagi »

Menuduh Zina Tanpa Mendatangkan 4 Orang Saksi, Disebut Pendusta dan Dihukum Cambuk

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
TANPA MENDATANGKAN 4 SAKSI, ALLAH TETAP MENYEBUT SI PENUDUH BERDUSTA WALAUPUN YANG TERTUDUH MEMANG BERZINA ❗️ قال الله سبحانه وتعالى (لَوْلَا جَاءُوا عَلَيْهِ بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ ۚ فَإِذْ لَمْ يَأْتُوا بِالشُّهَدَاءِ فَأُولَٰئِكَ عِنْدَ اللَّهِ هُمُ الْكَاذِبُونَ) سورة النور 13 *"Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak datang membawa empat saksi? Oleh karena mereka tidak membawa saksi-saksi, maka mereka itu dalam pandangan Allah adalah orang-orang yang berdusta". *(QS. An-Nuur : 13) Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah: "Demikianlah Allah menyebutkan pada ayat terseb... lagi »

Adakah Dalil Khusus Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
ADAKAH DALIL KHUSUS PUASA SEPULUH HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH?Pertanyaan Ketujuh dari Fatwa Nomor:7233 *Pertanyaan 7: * Apakah (ada dalil yang) menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah berpuasa sepuluh hari pertama Dzulhijjah? *Jawaban 7:* Sepengetahuan kami tidak ada (dalil) yang menyebutkan bahwa Rasulullah pernah berpuasa sepuluh hari pertama Dzulhijjah yakni sembilan hari sebelum Idul Adha. Akan tetapi, beliau menganjurkan untuk memperbanyak amal saleh pada hari-hari tersebut. Ada sebuah hadis yang menyatakan bahwa beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam... lagi »

Jangan Pedulikan Ejekan Mereka, Tetaplah Fokus Beribadah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
Jangan pedulikan ejekan mereka, tetaplah fokus melakukan IbadahSikap dalam menghadapi celaan dan gangguan dalam dakwah. Tips agar tetap kokoh diatas kebenaran dan agar hati tetap tenang diatas Sunnah. Allah Tabaraka wata'aala berfirman: وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ *Dan sungguh kami mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (s... lagi »

Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagram

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
Hati-hati dengan Sosmed Wahai Muslimah, Seperti Facebook dan Instagramبسم الله الرحمن الرحيم PERINGATAN❗️ Agama Islam ini dibangun di atas prinsip amar ma'ruf dan nahi mungkar, memerintahkan kepada kebaikan dan melarang dari yang mungkar. Sungguh telah dikeluhkan kepada saya, tentang beberapa kasus yang memilukan, diakibatkan pergaulan di dunia maya. Kemudian, mengambil pelajaran dari hal itu dan dari kejadian yang mengenaskan disebabkan pertemanan atau perkenalan melalui medsos yang sempat mengisi ruang-ruang berita. Maka dalam rangka amar ma'ruf dan nahi mungkar serta kasih saya... lagi »

Hukum Mengulur Waktu Shalat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
HUKUM MENGULUR WAKTU SHALATDijawab oleh Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman ibnu 'Umar Hafidzahullah *Pertanyaan:* Assalamu'alaikum ustadz, ada titipan pertanyaan. Apa hukumnya orang yang mengulur waktu shalat sampai keluar waktunya ? *Jawaban : * Wa'alaykassalam warahmatullah wabarakatuh wa maghfiratuhu. Hayyakallah Akhiy alkariym, Hafidzakallah. Penjelasan Al 'allamah Ibnu Utsaimin rahimahullah tentang orang yang meninggalkan shalat diwaktunya terbagi menjadi dua : 1⃣ Dia meninggalkan shalat diwaktunya dengan sengaja tanpa ada 'udzur syar'i, dia ulur terus sampai keluar waktunya, mi... lagi »

Tidak Shalat Malam, Setan Telah Mengencingi Telinganya

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
Ogah Dikencingi Setan LagiSadarkah kita, selama ini ternyata telinga kita sering dikencingi si setan laknat, karena Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengatakan kepada orang yang tidur di malam hari hingga masuk waktu shubuh dan tidak shalat malam dengan sabdanya ذَلِكَ الشَّيْطَانُ بَالَ فِى أُذُنَيْهِ Artinya, *"Demikianlah setan telah mengencingi di kedua telinganya."* (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah, hadits ini dinyatakan shahih oleh Imam al Albani dalam Shahihut Targhib) Agar telinga kita tidak dikencingi si setan lagi, mari kita simak hadits di bawah ini, عَقِدَ الشَّيْطَا... lagi »

Inilah Kriteria Wanita / Istri Shalihah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
SEPERTI APAKAH ISTRI YANG SHALIHAHDisertai Nasihat-Nasihat Indah Untuk Suami Istri Assyaikh 'Ubaid al Jabiriy hafidzahullah. *Pertanyaan: * Bagaimana seorang istri menjadi shalihah? *Jawaban: * "Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda ketika menjelaskan sifat wanita yang shalihah dia Adalah: الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، إِذَا نَظَرْتَ إِلَيْهَا سَرَّتْكَ، وَإِذَا أَمَرْتَهَا أَطَاعَتْكَ، وَإِذَا غِبْتَ عَنْهَا حَفِظَتْكَ ✓"Bila engkau memandangnya, ia menggembirakanmu. ✓Bila engkau perintah, ia menaatimu, ✓dan bila engkau bepergian meninggalkannya, ia menjaga dirinya (untukmu)... lagi »

Berhentilah Ghibah / Gosip Meski Itu Benar Adanya

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
BERHENTILAH MENGGHIBAH WALAUPUN ITU NYATA ADANYA¹ Mufti: al-Imam Ibnu Baz rahimahullah *Pertanyaan:* "Sebagian orang-semoga Allah memberi mereka hidayah-tidak memandang ghibah sebagai perkara mungkar atau haram. Sebagian lagi menyatakan: jika memang pada seseorang terdapat apa yang kami bicarakan, maka ghibah seperti ini tidaklah diharamkan. Mereka berpura-pura bodoh dengan hadits-hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Maka aku berharap dari Yang Mulia Syaikh untuk memberi penjelasan tentang hal ini. Jazaakumullaahu khoyron. *Jawaban:* "Ghibah adalah perkara yang haram dan... lagi »

Nasihat - "Ketika HP Seperti Suami Kedua"

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
Seperti Suami KeduaKalau dulu mungkin tangan para wanita tidak pernah lepas dari alat-alat dapur dan tugas rumah. Berbeda keadaannya dengan zaman sekarang. Sebuah alat kecil yang dikatakan canggih telah benar-benar menyihir semua kalangan hingga seakan layaknya candu, termasuk para wanita. Wajar bila sebagian berujar bahwa benda itu seakan jadi suami kedua seorang wanita. Karena saking tidak bisa lepasnya dia dari benda tersebut. Kalaupun terpisah beberapa saat; hal pertama yang akan ia ambil dan berikan sentuhan ialah .. lagi-lagi benda itu! Maaf, kami tak bermaksud menyudutkan para... lagi »

Pengalaman Mengikuti Dauroh Nasional Asy Syariah Ke-16

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
Nasihat Emas Syaikh Rabi (Catatan Dauroh Nasional Asy Syariah Ke-16) Oleh: Mochamad Rona Anggie* SEBUAH pengalaman berharga. Bisa duduk bersimpuh. Belajar ilmu agama. Di hadapan para ulama (masyaikh) Saudi Arabia. Negeri tauhid dan sunnah. Negeri terbitnya cahaya Islam. Tanah kelahiran penutup nabi dan rasul: Muhammad bin Abdullah shallallahualaihi wasallam. Daurah nasional ke-16 tahun ini. Bertajuk: Islam sebagai Agama yang Rahmatan lil Alamin. Berlangsung di dua tempat. Daurah umum berbahasa Arab yang kemudian diterjemahkan: Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara (Sabt... lagi »

Kerja dan Menuntut Ilmu, Pilih yang Mana?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
ANTARA KERJA ATAU MENUNTUT ILMU AGAMAFadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah *P e r t a n y a a n :* Ada seorang pegawai hendak menuntut ilmu agama dan dia tidak konsentrasi belajar agama kecuali dengan meninggalkan pekerjaannya.Sementara kedua orang tuanya marah jika dia meninggalkan pekerjaannya. Laki-laki tersebut tidak mengetahui apakah dia durhaka jika meninggalkan perintah kedua orang tuanya atau tidak? * J a w a b a n :* Menuntut ilmu agama lebih utama. Dia belajar agama meskipun orang tuanya marah kepadanya, ini lebih utama daripada dia terus mempert... lagi »

Kriteria Rebana yang Boleh dalam Pernikahan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 2 bulan yang lalu
KRITERIA REBANA DALAM WALIMATUL URSYHukum asal alat-alat musik adalah haram sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melalui sabdanya : لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ، “Akan muncul di kalangan umatku, kaum-kaum yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat-alat musik." (HR. Bukhari) Namun untuk rebana di acara pernikahan diperbolehkan. Dalam hadits Rubayyi’ bintu Mu’awwidz bin ‘Afra` radhiyallahu 'anhu dia berkata: جَاءَ النَّبِيُّ n فَدَخَلَ حِيْنَ بُنِيَ عَلَيَّ فَجَلَسَ عَلىَ ... lagi »

Rihlah Ke Jakarta | Dauroh Nasional JIC

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
BISMILLAH. *Rihlah Ke Jakarta* Kata seorang teman, biaya yang dikeluarkan untuk Daurah Nasional ke Jakarta lumayan tinggi. Ia menyoroti bekal perjalanan, terutama makan dan minum. Pengalaman tahun lalu membuatnya terkaget-kaget. Semangkuk mie ayam atau bakso sampai menyentuh angka 40 ribu. Masya Allah! Saya hanya mencoba mendengarkan detail perkiraannya. Setelah itu, saya mengajaknya berpikir lebih luas. Sesempit pikiran yang saya anggap luas. Membaca sejarah rihlah yang dilakukan Salaf, rasa-rasanya makan minum bukanlah faktor yang dijadikan alasan penghalang. Bahkan sebaliknya, a... lagi »

Kumpulan Hadits Shahih Pilihan 001

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
Kumpulan Hadits Shahih Pilihan Edisi 001 عَنْ سَهْلٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ((مَوْضِعُ سَوْطٍ فِي الْجَنَّةِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا، وَلَغَدْوَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ رَوْحَةٌ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا)). Dari Sahl bin sa'ad As-Sa'idy ia berkata, Aku mendengar Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: " Tempat cemeti di surga lebih baik daripada dunia dan seisinya. Berpagi hari atau sore hari di jalan ALLAH lebih baik daripada dunia dan seisinya." [HR. Al-Bukhari no.6415] ____________ عن أَبي هُرَيْرَةَ ر... lagi »

Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 003

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 003Alhamdulillah, kami kembali mengkompilasi kata mutiara salaf dan kali ini memasuki edisi ke 003. Untuk edisi sebelumnya, di klik pada tautan berikut : *Edisi 001* & *Edisi 002*. Semoga memberikan manfaat dan menambah iman. Barakallahu fiikum. _______________ Dari sahabat Ibnu Abbas -rodhiyallahu'anhuma - bahwasanya Ka'ab pernah mengatakan : Sesungguhnya di dalam Jahannam terdapat hawa dingin yang disebut Zamharir. Hawa dingin ini mampu membuat daging terlepas dari tulang belulangnya. sampai-sampai para penduduk neraka meminta minum dari panasnya ... lagi »

[AUDIO] Hukum Seputar Sepak Bola : Kaos, Nonton, Supporter Sepak Bola

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
PENJELASAN SEPUTAR SEPAK BOLA : KAOS PAKAIAN BOLA, PATUNGAN HADIAH BOLA, CLUB BOLA, FANS/SUPPORTER GILA BOLA, NONTON BOLA DI TELEVISIDisampaikan Oleh (Klik button play untuk mendengarkan): *[1] Apa hukum memakai pakaian sepak bola, nama orang kafir atau klub sepak bola?* ◾️ Al-Ustadz Usamah Mahri hafizhahullah *[2] Hukum mengumpulkan uang untuk diberikan hadiah bagi sang juara?* ◾️ Al-Ustadz Muhammad Sarbini hafizhahullah *[3] Arab Saudi ikut piala dunia, bagaimana ini?* ◾️ Al-Ustadz Muhammad Afifuddin hafizhahullah *[4] Sepak bola boleh, tapi ada pelanggaran-pelanggaran syaria...lagi »

Hukum Shalat Berjamaah Tapi Berbeda Tempat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
Banyak pertanyaan-pertanyaan yang sampai kepada kami tentang sholatnya akhwat di masjid nisaa mengikuti imam dimasjid banin. Apakah sah? Atau apakah dibenarkan? Maka kita jawab: ●> "Pertama, Masjid Nisaa bukan masjid "lain". Itu sama-sama masjid Abu Bakar As Shiddiq. Hanya saja _dengan izin Allah dan inayahnya_ kita bangunkan tempat khusus dibelakangnya untuk para ibu ibu dan para wanita. ●> Kedua, sudah biasa kita saksikan di masjid-masjid para ulama yg tempat akhwatnya terpisah secara total. Namun mereka tetap bermakmum kepada imam di masjid rijal dengan mendengar suaranya. Seper...lagi »

Niat Melakukan Maksiat, Apakah Dosa?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 3 bulan yang lalu
BERNIAT UNTUK MELAKUKAN MAKSIAT, APAKAH BERDOSA? Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah *Tanya :* Jika seseorang berniat melakukan kejelekan kemudian batal melakukannya. Apakah dicatat baginya satu kejelekan atau tidak? *Jawab :* Datang sebuah hadits : *"Jika seseorang berniat untuk melakukan kejelekan kemudian batal melakukannya, maka ditulis untuknya satu kebaikan."* (HR. Bukhari : 7/178, dari hadits Ibnu Abbas -radhiyallahu 'anhu-, ini merupakan potongan dari sebuah hadits qudsi) Ini jika ia meninggalkan perbuatan tersebut karena takut kepada Allah Subhanahu wa T... lagi »

Awas, 4 Sifat Ini Membuat Hidupmu Tidak Bahagia

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Empat sifat yang membuat kehidupan seseorang tidak bahagiaEmpat pondasi kekufuran : *🔥Sombong, hasad , marah dan syahwat. * Sombong mencegah seseorang untuk patuh (terhadap bimbingan syari'at). Hasad mencegah seseorang untuk menerima dan memberikan nasihat. Marah menghalangi seseorang untuk bersikap adil . Syahwat menghalangi seseorang untuk memberikan peribadatan (kepada RabbNya). Apabila telah runtuh pondasi kesombongan, maka akan mudah bagi seseorang untuk tunduk. Apabila telah runtuh pondasi hasad, maka akan mudah menerima dan memberikan nasihat. Apabila telah runtuh pondasi... lagi »

Inilah Keutamaan Puasa Syawal

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Tiga Puluh Puasa Ramadhan yg diikuti Enam hari puasa syawal serta Keutamaan Puasa Syawal: ✅Dari Abi Ayub Al-Anshariy radhiallahu 'anhu , bahwasanya Rasul Shalallahu 'alaihi Wassalam bersabda: "من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال كان كصيام الدهر" رواه مسلم(٣/١٦٩) “ *Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengiringinya dengan enam hari dari bulan Syawwal, maka seakan dia berpuasa satu tahun”*.Riwayat Muslim 3/169 ✅Dari Tsauban Radhiallahu 'anhu Bahwasanya Rasul Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda : "صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام الستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة" رواه ابن خزي... lagi »

Bantahan Tertulis Syaikh Rabi' Kepada Muhammad bin Hadi

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
BANTAHAN TERHADAP BERBAGAI CELAAN ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN HADY TERHADAP ORANG-ORANG YANG TIDAK BERSALAH Asy-Syaikh al-Allamah Dr. Rabi' bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه، أما بعد: Sesungguhnya asy-Syaikh Muhammad bin Hady memiliki tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik sekian banyak Salafiyyun dengan cara menghujat mereka sebagai 'sha'afiqah' dan menyebut mereka sebagai orang-orang yang digabungkan dengan ahli bid'ah.(1) Yang semacam ini merupakan bentuk vonis terhadap mereka sebagai ahli bid'ah tanpa menyeb... lagi »

Manhaj Tahdzir Nggak Akan Berakhir

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
MANHAJ TAHDZIR NGGA AKAN BERAKHIRKalian ingin merdeka? Kalian ingin bebas berbicara? Kalian ingin nggak ada seorangpun yang menegurmu? Kalian ingin dakwah bebas, tanpa aturan? Kalian ingin bebas berwala' dgn Ahlul Ahwa? Kalian ingin menghapus Manhaj Tahdzir? Kalian ingin mengubur Amar Ma'ruf Nahi Munkar? Abadan! Selamanya! Tidak akan bisa! Selama masih ada Ahlus Sunnah dimuka Bumi! Kalau bukan karena Manhaj Tahdzir. Kalau bukan karena Jarh wat Ta'diil. Akan berbicara siapa yg suka dgn apa yg dia suka. Silahkan kalian sebut komando! Silahkan kalian sebut ilzaamat! Silahkan kalian sebut me... lagi »

Kaum Muda dan Liburan (Nasihat)

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
KAUM MUDA DAN LIBURANSegala puji bagi Allah dan salawat serta salam semoga selalu tercurah untuk Nabi Muhammad shallahu `alaihi wa sallam, serta para sahabat dan semua orang yang mengikuti petunjuknya. Selanjutnya, bertepatan dengan musim liburan saat ini, saya merasa senang bisa memberikan pesan kepada para pemuda khususnya dan kaum muslimin secara umum agar selalu bertakwa kepada Allah `Azza wa Jalla di manapun mereka berada, dan mengisi liburan ini dengan kegiatan-kegiatan yang diridai Allah dan mendatangkan kebahagian serta keselamatan bagi mereka. Di antaranya adalah mengisi mu... lagi »

Renungan di Akhir Ramadhan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Renungan di Akhir Ramadhan*BONUS RAMADHAN* Asy-Syaikh 'Abdullah azh-Zhafiri hafizhahullah berkata : "Apabila engkau melihat pada dirimu wahai hamba Allah, ternyata telah berubah keadaanmu pada bulan ramadhan dan setelah ramadhan dari sebelum apa yang engkau telah lakukan sebelum ramadhan, maka ketahuilah bahwasanya engkau telah memperoleh buah ini. Kemudian jika tadinya engkau seorang yang lalai dalam menunaikan kewajiban dan fardhu-fardhu lalu berubah keadaanmu di bulan ramadhan maka ketahuilah bahwasannya engkau telah memperoleh ketakwaan yang hal itu adalah buahnya puasa. Apab... lagi »

Jumlah Rakaat Shalat Tarawih / Tahajud Tidak Ada Batasnya

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
PENJELASAN JUMLAH RAKA'AT SHALAT TARAWIH Mufti: al-Imam Abdul Aziz bin Baz rahimahullah *Pertanyaan:* "Salah seorang akhwat pendengar dari Khubar mengirim surat yang terkandung di dalamnya tiga pertanyaan. Di salah satu pertanyaan dia berkata: sungguh aku telah membaca pada sebagian kitab bahwasanya shalat tarawih 20 raka'at tidaklah berasal dari Rasulullah ﷺ. Demikian pula tidak datang dari Umar bin Khaththab radliyallahu 'anhu sebagaimana disangka oleh sebagian orang. Apakah shalat tarawih 20 raka'at adalah bid'ah ataukah hal itu boleh, tidak berdosa melakukannya selamanya? Jazak... lagi »

Shalat Tarawih 10 Malam Terakhir Lebih Banyak dari 11 Rakaat, Termasuk Bid'ah?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
HUKUM SHALAT TAHAJJUD DENGAN BERJAMA'AH (DI BULAN RAMADHAN Fatwa al-Lajnah ad-Daimah nomor 19854 *Pertanyaan:* Kami melaksanakan shalat pada dua puluh hari pertama dari bulan Ramadhan sebelas raka'at. Apabila telah masuk sepuluh hari terakhir, kami shalat sepuluh raka'at di awal malam dan sepuluh raka'at di akhir malam. Kami melakukan witir tiga raka'at. Maka total shalat kami pada sepuluh hari terakhir (sebanyak) dua puluh tiga raka'at. Kemudian salah satu penuntut ilmu menyatakan bahwa perbuatan ini- yaitu pembagian antara dua puluh hari pertama dan sepuluh hari akhir-adalah PEM... lagi »

Menangkal Terorisme & Radikalisme dengan Dakwah Tauhid & Sunnah melalui Sistem Pondok Pesantren

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
DAKWAH TAUHID DAN SUNNAH DENGAN SISTEM PONDOK PESANTREN ADALAH SOLUSI DERADIKALISASI (-) *Oleh : Al-Ustadz Muhammad bin 'Umar As-Sewed -hafidzahullah-* Maraknya isu terorisme akhir-akhir ini sungguh menakutkan. Bukan menakutkan orang-orang kafir. Tapi justru menakutkan kaum Muslimin. Yang selalu menjadi tertuduh, seakan-akan dengan berpegang pada agamanya akan menjadi Radikal. Orang tuapun gelisah mengkhawatirkan anak-anaknya. Jangan-jangan dengan mereka rajin ke masjid mengkaji agama akan menjadi teroris. Maka kita katakan dengan tegas dan jelas, bahwa agama membawa kedamaian dan ... lagi »

Tanya Jawab Fikih Zakat Fitrah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Zakat Fithr (Fitrah) *Mengapa dinamakan zakat fithri / fitrah?* Berkata Ibnul Atsir : “Zakat fitrah (fithr) adalah untuk mensucikan badan” (An Nihayah 2:307) Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Atsqolani menukil perkataannya Abu Nu’aim: “Disandarkan shodaqoh kepada fithr (berbuka) disebabkan karena wajibnya untuk berbuka dari bulan Ramadhan.” Adapun pendapatnya Ibnu Qutaibah: “Yang dimaksud zakat Fitrah adalah zakat jiwa, istilah itu di ambil dari kata fitrah yang merupakan asal dari kejadian.” Pendapat ini dilemahkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dan yang benar adalah pendapat yang pertama... lagi »

Rambu-rambu Wanita di Bulan Ramadhan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Rambu-rambu yang Harus Diperhatikan oleh Wanita di Bulan Ramadhan‼️ Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan حفظه الله *Pertanyaan: *Apakah aturan yang harus dipegangi oleh wanita kaum muslimin di bulan yang mulia ini? *Jawaban:* Aturan yang harus dipegangi oleh wanita kaum muslimin di bulan yang mulia ini adalah: [1] Menunaikan puasa di dalamnya secara sempurna dengan mengingat pentingnya puasa sebagai salah satu rukun Islam. Dan ketika datang kepadanya haid atau nifas yang mencegahnya dari berpuasa atau datang kepadanya keadaan yang menjadikannya berat berpuasa seperti sakit, safar, hamil,... lagi »

Perintahkan Anakmu Untuk Berpuasa !

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
ANAK YANG BELUM BALIGH DIPERINTAHKAN BERPUASA JIKA MAMPU Asy-Syaikh Muhammad ibnu Shalih Al-'Utsaimin رحمه الله : *Pertanyaan :* Apakah anak kecil yang belum mencapai usia 15 tahun diperintahkan untuk berpuasa sebagaimana halnya sholat? *Jawaban :* YA, anak-anak kecil yang belum mencapai usia baligh diperintahkan untuk puasa jika mereka mampu. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh para sahabat terhadap anak-anak mereka. Sungguh para ulama telah mengatakan dengan tegas bahwa seorang pemimpin itu memerintahkan orang yang dibawah kepemimpinannya, seperti anak-anak kecil untuk berpuasa ag... lagi »

Orang yang Berpergian (Musafir), Lebih Baik Puasa atau Tidak?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Hukum Puasa Ramadhan Bagi Orang yang Berpergian / Safar (Musafir) Para Ulama sepakat bahwasanya boleh untuk berpuasa dan tidak puasa (bagi seorang musafir) . Hanya saja perselisihan tentang yang Afdhal. Demikian pula ulama sepakat (bagi musafir) bahwa barang siapa yang terasa berat baginya puasa, boleh untuk tidak puasa, dan apabila dia memaksakan untuk puasa maka puasanya sah, sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnulmulaqqin Rahimahullah. Para ulama juga mengatakan apabila puasa mengantarkan pada kemudharatan terhadap fisiknya, maka tidak boleh dia berpuasa. Terjadi perbedaan p... lagi »

15 Keutamaan Ibadah Puasa yang Patut Anda Ketahui

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Keutamaan - keutamaan Ibadah Puasa (Shoum)Ibadah puasa memiliki banyak keutamaan, di antaranya: [image: 15 Keutamaan Ibadah Puasa yang Patut Anda Ketahui] 15 Keutamaan Ibadah Puasa yang Patut Anda Ketahui via Pexels *1. Kadar besarnya pahala hanya Allah saja yang tahu.* Jika amal lain mendapatkan kelipatan pahala 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, maka puasa bisa lebih dari itu. كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ... lagi »

Tata Cara Qunut Witir Sesuai Bimbingan Rasulullah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Tata Cara Qunut Witir Sesuai Bimbingan Sunnah Rasulullah Bismillah, berikut tanya jawab tentang Qunut Witir yang kami kutip dari Majalah Asy Syariah (asysyariah.com) dan situs salafy.or.id. Berikut rangkumannya yang insyaallah memberikan manfaat bagi kita semua. Barakallahu fiikum. *Hukum Qunut Witir* Pertanyaan : Apa hukum qunut dalam shalat witr. Apakah ada kewajiban tertentu jika meninggalkannya? Jawab : Hukumnya mustahab, tidak wajib. Barangsiapa meninggalkannya maka tidak mengapa. Barangsiapa melaksanakannya maka itu mustahab. *(asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz, Fatawa Nur ‘ala... lagi »

Biografi Fairuz Ad Dailami radhiyallahu ‘anhu

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 4 bulan yang lalu
Fairuz Ad Dailami radhiyallahu ‘anhuShahabat kita kali ini adalah shahabat yang berasal dari Negeri Yaman. Beliau adalah Fairuz Ad Dailamy. Beliau berkuniah Abu Abdillah atau Abu Abdirrahman atau Abu Dhahhak, seorang putra dari saudara perempuan Najasy Al Himyari. Terkadang beliau dipanggil dengan Ibnu Ad Dailamiy. Ayahnya berasal dari keturunan persia sedang ibu berasal dari bangsa Arab. Beliau dari qobilah Himyar Yaman sehingga beliau terkenal dengan Al Himyari, dinisbahkan kepada tempat beliau tinggal. Bagaimana cerita keislaman beliau? Suatu ketika, Fairuz datang kepada Rasulull... lagi »

Hukum Mencium / Mencumbu Istri Ketika Berpuasa

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
Hukum Mencium / Mencumbu Istri Ketika Berpuasa *HUKUM KELUAR MANI KARENA BERCUMBU DENGAN ISTRI* Pertanyaan Kedua dari Fatwa Nomor:14283 Apabila saya mencium istri hingga membuat saya ereksi saat sedang berpuasa dan sudah berwudhu, apakah ini membatalkan puasa dan wudhu saya, ataukah hanya wudhu saja, atau keduanya tidak batal sama sekali? Apa hukumnya mengoleskan parfum pada saat berpuasa, apakah itu haram atau makruh? Jawaban 2: Orang yang berpuasa wajib menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, baik untuk dirinya sendiri maupun istri. Ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad ...lagi »

Ulama Arab Saudi Mengutuk Keras Bom Bunuh Diri di Surabaya Mei 2018

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
HAI’AH KIBAR ULAMA (DEWAN ULAMA SENIOR) KERAJAAN ARAB SAUDI MENGUTUK KERAS BOM BUNUH DIRI DENGAN SASARAN 3 GEREJA DI INDONESIARiyadh 27 Sya’ban 1439 H / 14 Mei 2018 M. Sekretariat Jendral Dewan Ulama Senior mengutuk keras bom bunuh diri yang terjadi di Indonesia dengan sasaran tiga gereja dan menyatakan itu sebagai kejahatan yang sangat keji, sekaligus sebagai bentuk kezhaliman dan sikap melampaui batas yang telah diharamkan oleh Syari’at Islam dan para pelakunya dinyatakan sebagai pelaku kejahatan. Agama Islam belepas diri dari aksi-aksi kejahatan seperti ini, karena mengandung ba... lagi »

Biografi Ibnu Khuzaimah An Naisabury

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
Ibnu KhuzaimahNaisabur menjadi satu dari sekian tempat lahirnya pakar hadis dan ulama kelas dunia. Bagi sebagian pembaca mungkin Kota Naisabur masih terasa asing di telinga. Kota indah ini secara geografis terletak di Provinsi Khurasan yang sekarang masuk wilayah Iran. Kota Naisabur berjarak kurang lebih 432 mil dari arah timur Teheran yang merupakan Ibu kota Iran. Kota ini pernah mencapai masa keemasan pada abad 10 sebelum luluh lantak karena invasi pasukan Mongol. Di sinilah terlahir seorang tokoh ilmu hadis pada abad ke 4 yang sangat terkenal. Beliau adalah Ibnu Khuzaimah yang se... lagi »

Hukum Wanita Pergi Ke Pasar

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
WANITA PERGI KE PASARAsy-Syaikh Ubaid al-Jabiri hafizhahullah *Pertanyaan: * Bolehkah wanita pergi ke pasar untuk memenuhi kebutuhannya dan menawar para penjual? Jawaban: "Wanita muslimah yang cerdas yang takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, menjaga harga diri dan kehormatannya. Dia tidak akan keluar dari rumahnya kecuali karena perkara yang memang mengharuskannya keluar. Sehingga bila dijumpai orang yang bisa memenuhi kebutuhannya misalnya suaminya atau anak-anaknya atau saudara-saudara laki-lakinya, ia tidak semestinya keluar rumah. Karena hukum asal wanita adalah tinggal di... lagi »

Bersabarlah Bagi Jiwa yang Diberi Musibah / Ujian

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
بسم الله الرحمن الرحيم Bersabarlah wahai saudaraku, engkau akan diberi pahala atas musibah ini. Allah mentakdirkan musibah karena adanya hikmah yang besar dibalik musibah ini, maka bersabarlah Simaklah nasihat indah seorang imam berikut ini. Asy Syaikh Al'allamah Abdul Aziz Ibnu Baz rahimahullah. Bismillahirrahmanirrahiym. Alhamdulillah washallallah wasallam 'ala Rasulillah wa'ala alihi wa ashhabihi wamanihtada bihudahu amma ba'du. Sesungguhnya Allah subhanahu telah mewajibkan atas hamba-hamba-Nya bersabar atas musibah -musibah. Allah subhanahu berfirman : (واصبروا إن الله مع ال... lagi »

Hukum Salam Kedua dalam Shalat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
بسم الله الرحمن الرحيم Hukum Salam Kedua Dalam Shalat Assyaikh Arafat Ibnu Hasan almuhammadi Hafidzahullah. Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwa salam yang kedua (didalam shalat) bukanlah rukun, hanya saja yang menjadi rukun (shalat) adalah salam yang pertama, yang wajib adalah salam yang pertama. Inilah yang masyhur dari madzhab malikiyyah, dan yang berpendapat dengan pendapat ini, sama dengan malikiyyah adalah Assyafi'iyyah, Adapun Alhanabilah, mereka bersendiri (dalam hal ini) mereka berpendapat bahwa kedua salam adalah rukun (dalam shalat) tidak sah shalat seseorang sam... lagi »

Keutamaan Uban / Semakin Banyak Uban Semakin Utama

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
MUTIARA HADITS *SEMAKIN BANYAK UBAN SEMAKIN BESAR KEUTAMAAN* Dari Abdullah bin Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : *“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang memiliki sehelai uban dalam keislamannya (dia muslim) kecuali setiap ubannya akan dihitung sebagai sebuah kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.”* HR. Baihaqi dan dihasankan Syaikh al-Albani dalam Silsilah Ahaadiis Shahihah, 1243 عن عبد الله بن عمر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : 💡 "الشَّيْبُ نُورُ المُؤْمِنِ, لَا يَشِيبُ رَجُلٌ شَيْبَةً فِي الإِسْلَامِ إِلَّا كَا... lagi »

Faidah Hadits Ke 21 Arbain An Nawawi : Mengupas Hakikat Istiqomah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
Kajian Hadits: Syarh Arbain anNawawiyyah HADITS KE-21 عَنْ أَبِي عَمْرو، وَقِيْلَ: أَبِي عَمْرَةَ سُفْيَانُ بْنِ عَبْدِ اللهِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ قُلْ لِي فِي اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَداً غَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ [رواه مسلم] *Dari Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdillah radhiyallahu anhu, ia berkata: "Aku telah berkata: ‘Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu’. Bersabdalah Rasululloh shallallahu 'alaih... lagi »

8 Wasiat Syar'i / Nasihat Untuk Hidup Berumah Tangga

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
WASIAT SYAR'I UNTUK HIDUP BERUMAH TANGGA[1] Asy-Syaikh Sa'ìd Sàlim ad-Damaraki hafizhahullah mengatakan, "Wahai suami, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mewasiatimu untuk BERBUAT BAIK KEPADA ISTRIMU, maka terimalah wasiat nabimu. Dikarenakan di dalamnya terdapat kebahagiaanmu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda استوصوا بالنساء خيرا فإنه عوان عندكم "Perlakukan para wanita dengan baik, karena mereka 'awàn (seperti tawanan) di sisi kalian." (Adàbuz Zifàf 198) 'Awàn: tawanan Wanita mengikuti suaminya. Suaminya lah yang memberinya perintah. Dia yang memberinya lar... lagi »

Jangan Merasa Pede / Cukup dengan Ilmumu !

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 5 bulan yang lalu
Jangan Merasa Pede dan Merasa Cukup dengan IlmumuIbnul Jauzi rahimahullahu berkata, "Suatu musibah yang besar adalah ketika seorang insan merasa ridha dengan keadaan dirinya dan merasa cukup dengan ilmunya, dan ini adalah ujian yang telah merata pada keadaan mayoritas orang. Maka engkau bisa lihat hal ini pada orang-orang yahudi atau nashara yang memandang bahwa mereka adalah orang-orang yang berada di atas kebenaran, mereka tidak mau menelaah, tidak juga mau melihat kepada dalil nubuwah nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Jika mereka diperdengarkan dengan sesuatu yang b... lagi »

Nasihat Syaikh Rabi' Kepada Ikhwah Indonesia Terkait Fitnah Sha'afiqah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
ARAHAN DAN BIMBINGAN SANG AYAH AL-'ALLAMAH RABI' BIN HADI AL-MADKHALI UNTUK ANAK-ANAKNYA DI INDONESIA بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، أما بعد : Kami (yang tertera namanya di bawah ini) bersyukur telah mendapatkan kehormatan untuk bertemu dengan Syaikh (guru) dan Ayah kami al-'Allamah Rabi' bin Hadi 'Umair al-Madkhali hafizhahullah di rumah beliau yang diliputi dengan nuansa ilmu di Kota Madinah. Pertemuan itu terjadi di waktu Isya' pada hari Kamis, 13 Jumadal Akhirah 1439 H / 1 Maret 2018 M. Asy-Syaikh Rabi', sebagaimana kebias... lagi »

Wanita Shalat di Rumah Tapi Hatinya Terikat dengan Masjid

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
KABAR GEMBIRA UNTUK KAUM WANITA YANG SALAT DI RUMAH NAMUN HATINYA TERKAIT DENGAN MASJID Fatwa Syaikh Ibnu Baz rahimahullah *Pertanyaan:* Saya sangat mencintai masjid-masjid karena masjid adalah rumah Allah, akan tetapi saya tidak bisa pergi ke masjid karena saya seorang wanita sedangkan wanita tidak disunnahkan pergi ke masjid. Lantas apakah saya bisa berada bersama tujuh golongan yang dinaungi Allah Ta'ala pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya? *Jawaban:* Diharapkan engkau mendapatkan pahalanya. Karena engkau diperintahkan secara syar'i salat di rumahmu karena rumahmu ... lagi »

Kisah Seorang Satpam yang Menjadi Imam Besar Islam

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
KISAH MENAKJUBKAN: KISAH SEORANG SATPAM YANG KEMUDIAN MENJADI SALAH SATU IMAM BESAR ISLAM Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullah Dan Syaikh Muqbil al-Wadi'i rahimahullah, beliau adalah seorang imam (ahlul hadits-pent). Sebagaimana dahulu Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah berkata "aku menyangka beliau seorang imam." Dan tidak diragukan lagi, orang yang mengetahui sirah (sejarah) Syaikh Muqbil rahimahullah, dia akan melihat hal yang menakjubkan. Dari seorang penjaga gedung (satpam), satpam. Lalu beliau mendapatkan kitab-kitab pelajaran tauhid. Beliau memb... lagi »

Menghafal atau Memahami Ilmu Syar'i, Mana yang Lebih Utama?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
MANA YANG LEBIH UTAMA, MENGHAFAL ATAU MEMAHAMI ILMU SYAR'I?Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata: "Menurutku orang yang baru menuntut ilmu hendaknya dia antusias menghafal teks asli kitab (matan), karena sebagaimana yang telah saya katakan: masa muda tidak akan lupa. Sedangkan menghafal matan itu sendiri adalah ilmu. Sehingga jangan memperhatikan ucapan orang yang mengatakan: ilmu itu pemahaman. Ini suatu kesalahan. Karena Allah 'Azza Wa Jalla tidaklah memberi manfaat kepada kita melainkan dengan apa yang pernah kita hafal di saat kecil. Sehingga kita bisa m... lagi »

Mengapa Ada Istilah Juz dalam Al Qur'an?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
MENGAPA ADA ISTILAH JUZ DALAM AL-QUR'AN? *Pertanyaan* Bismillah. Mengapa Al-Quran ada istilah juz? padahal sudah ada batasan berupa surat. Al-quran di turunkan secara berangsur-angsur, itu bertahap per-ayat atau langsung 1 surah? Jazakallahu khoiron *Jawaban* Oleh al-Ustadz Abu Utsman Kharisman hafizhahullah Dalam kitab Manahilul Irfaan fii Ulumil Quran karya az-Zurqooniy dijelaskan bahwa dulu mushaf Utsmani tidak mengenal adanya harakat, tanda titik, maupun pembagian juz. Penambahan atau pembagian tersebut terjadi setelahnya. Untuk memudahkan kaum muslimin. Harakat dan titik tent... lagi »

Mencari Rezeki Bagi Keluarga Termasuk Jihad di Jalan Allah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
Renungan Untuk Para Suami *HENDAKLAH NIATKAN UNTUK MENDAPAT PAHALA DARI ALLAH TA'ALA* Dari Ka'b bin 'Ujrah radhiyallahu 'anhu, ia mengisahkan, "Ada seseorang melewati Nabi ﷺ dan para sahabatnya. Mereka melihat kesabaran dan jiwa semangat orang itu. Kemudian para sahabat berkata kepada Nabi ﷺ : "Wahai Rasulullah ﷺ seandainya hal ini (jiwa semangatnya) ia peruntukkan (berperang/jihad) di jalan Allah Ta'ala. 🔸Maka Rasulullah ﷺ menjawab, *"إنْ كَانَ خَرَجَ يَسْعَى عَلَى وَلَدِهِ صِغَارًا، فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ،* Apabila dia keluar (rumah) untuk berusaha (mencari penghasilan) ... lagi »

Kata Mutiara Salaf : Jaga Langkahmu !

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
JAGA LANGKAHMUAl-Imam Sufyan ats-Tsauri rahimahullah mengatakan tentang wasiat Ali bin Hasan as-Salami, 📝 "Hendaknya engkau sedikit berbicara ➡️ niscaya lembut hatimu 📝 hendaknya engkau memperlama diam ➡️ itulah sikap wara' (menjauhkan diri dari perkara yang membahayakan akhirat seseorang-pent) 📝 Jangan sekali-kali engkau tamak terhadap dunia 📝 Jangan engkau hasad (tidak suka dengan nikmat pada orang lain) ➡️ niscaya engkau cepat memahami (berbagai permasalahan) 📝 Jangan engkau banyak mencela ➡️ niscaya engkau selamat dari lisan-lisan manusia 📝 jadilah engkau penyayang ➡️ n... lagi »

Perbedaan Antara Ilmul Yaqin, Ainul Yaqin dan Haqqul Yaqin

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
PERBEDAAN ANTARA ILMUL YAQIN, 'AINUL YAQIN, DAN HAQQUL YAQIN Berkata al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah: "Perbedaan antara ilmul yaqin, aynul yaqin, dan haqqul yaqin: Sungguh aku akan memberikan permisalan tiga tingkatan tersebut dengan orang yang mengabarkan padamu bahwasanya dia mempunyai madu, dalam keadaan engkau tidak meragukan kejujurannya. Lalu dia memperlihatkan (madu itu) padamu sehingga semakin bertambah keyakinanmu, kemudian engkau mencicipinya. 1. Maka yang pertama adalah ilmul yaqin¹ 2. Yang kedua adalah ainul yaqin² 3. Dan yang ketiga adalah haqqul yaqin³. Maka ilmu ki... lagi »

Perbaiki Hatimu Niscaya Akan Baik Lisan dan Akhlak Lahiriahmu

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
بسم الله الرحمن الرحيم Cara yang sangat ampuh untuk membenahi diri Perbaikilah hatimu niscaya akan baik lisan dan akhlak lahiriahmu Asy Syaikh al- imam Al 'allaamah Rabi' Ibnu Hadi almadkhali Hafidzahullah. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: ألا وَإنَّ في الجسدِ مُضْغَة إذا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّه وَإذا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلَّهُ ألا وَهيَ القَلْبُ *"Dan ketahuilah sesungguhnya pada tubuh manusia itu terdapat sekerat daging, jika ia baik maka baiklah seluruh anggota badannya, dan jika ia rusak rusaklah seluruh anggota tubuhnya, ketahuilah bahwa sekerat da... lagi »

Nasihat Bagi Wanita yang Terlambat Menikah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
Nasihat bagi Wanita yang Terlambat Menikah Al-'Allàmah 'Ubaid bin 'Abdillàh al-Jàbirì hafizhahullàh *Pertanyaan:* Bàrakallàh fìkum, ini pertanyaan kesembilan dari Tunisia, penanya mengatakan, "Apa nasihat Anda bagi wanita yang hidup sedih karena terlambat menikah?" *Jawaban:* Tidak ada seorang pun -baik laki-laki ataupun perempuan- yang mencari kesucian dan penjagaan diri (dari zina) dan menginginkan apa yang ditetapkan Allah baginya berupa anak melainkan ia senang menikah di usia muda. Namun banyak orang terlambat menikah, terutama wanita. Rumah-rumah penuh dengan para wanita (... lagi »

Hukum Berjabat Tangan Ketika Memasuki Majelis

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
HUKUM SESEORANG YANG MASUK KE SEBUAH MAJELIS BERJABAT TANGAN DENGAN HADIRIN 💺 Mufti: Al-Imam Ibnu 'Utsaimin rahimahullah *Pertanyaan:* *"Apakah bersalamannya orang yang masuk (ke sebuah majelis) terhadap orang-orang yang hadir di majelis tersebut, ada dalilnya dari al-Qur'an dan as-Sunnah atau perbuatan Rasulullah ﷺ? Jazakallahu khoyron* *Jawaban:* "Aku tidak mengetahui dalam masalah ini sesuatu (dalil) dari as-Sunnah. Oleh karenanya, tidak sepantasnya dilakukan. Sebagian manusia pada masa kini apabila memasuki majelis, dia memulainya dengan bersalaman pada orang yang pertama sam... lagi »

Kaidah Terkait Gerakan dalam Shalat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
KAIDAH TERKAIT GERAKAN DALAM SHALAT 🖊 Al-Ustadz Abu 'Utsman Kharisman hafizhahullah Kaidah umum tentang gerakan yang dilakukan di dalam sholat (selain gerakan-gerakan sholat), terbagi menjadi 5 hal: wajib, sunnah, mubah (boleh), haram (membatalkan sholat), makruh. *Wajib:* gerakan-gerakan yang harus dilakukan untuk menjaga agar sholat tetap sah. Contoh: seseorang yang safar tidak tahu posisi kiblat, tidak ada petunjuk maupun orang yang bisa ditanya tentang posisi kiblat yang benar, kemudian dia sholat dengan beritjihad tentang posisi kiblat yang benar. Di tengah sholat, ia baru ta... lagi »

Hukum Tidur dalam Keadaan Junub, Tanpa Wudhu / Mandi

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 6 bulan yang lalu
Hukum Tidur tanpa Wudhu' atau Mandi bagi Orang JunubAsy-Syaikh Ibn Bàz rahimahullàh *📝Pertanyaan:* Syaikh yang mulia, ini ada penanya mengatakan, "Orang yang tidur dalam keadaan junub tanpa mandi tanpa wudhu, apa hukumnya?" *☝Jawaban:* Makruh (dibenci), sunnahnya adalah berwudhu". Minimalnya ia berwudhu'. Sunnahnya ia wudhu' kemudian tidur. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila mendatangi istri beliau, beliau mencuci farj, berwudhu', kemudian tidur, 'alaihis shalatu wassalam. Dan terkadang beliau mandi sebelumnya. Bila ia mandi sebelum tidur, ini yang lebih sempurna. ... lagi »

Semangat Mendidik Anak dengan Pendidikan Islam

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Mari Bersemangat Mendidik Anak dengan Pendidikan Islam Semenjak Kecil! Asy-Syaikh Abdul Azìz bin Abdillàh bin Bàz رحمه الله *Pertanyaan:* Syaikh yang mulia, banyak keluarga meremehkan urusan (pendidikan) anak-anak mereka karena mereka sejatinya masih kecil. Kemudian nantinya para orangtua sulit (mendidik) mereka ketika sudah besar. Mohon arahannya. *Jawaban: * Perkara ini termasuk musibah yang besar, bermudah-mudahan, meremehkan pendidikan anak termasuk musibah besar. Kewajiban ayah, ibu, dan para ikhwah adalah tidak bermudah-mudah dalam masalah pendidikan, bahkan mereka harus bers... lagi »

Biografi Qatadah bin Nu'man radhiyallahu 'anhu

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Qatadah bin Nu’man radhiyallahu ‘anhuPada edisi kali ini, kita akan membaca sedikit biografi salah seorang shahabat yang mulia, dari kalangan Anshar. Beliau adalah *Qatadah bin Nu’man bin Zaid bin Amir bin Sawad bin Kaab (Dhafr) bin Al Khazraj bin Amr bin Malik bin Aus bin Ad Dhafiri Al Anshari*. Beliau berkuniah Abu Amr atau Abu Umar atau Abu Abdillah ‘Aqbi. Beliau dan Abu Said Al Khudry adalah saudara seibu. Nama ibu beliau adalah Unaisah bintu Qais an Najjariyah. Beliau mengikuti perang Badar dan seluruh pertempuran bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelahnya. Kar... lagi »

Hukum Mushaf Pelangi (Warna-Warni) / Dihias

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Mushaf Pelangi, Warna-warni Jawaban asy-Syaikh 'Adil as-Sayyid hafizhahullah tentang mushaf al-Qur'an warna-warni yang dewasa ini tersebar di antara pemuda-pemudi di sekolah-sekolah dan kampus-kampus. *Pertanyaan:* Assalamu'alaikum warahmatullah, Fadhilatus Syaikh yang mulia, apa hukum mushaf yang akhir-akhir ini tersebar di tengah-tengah pemuda-pemudi ini; mushaf berwarna-warni yang mereka sebut sebagai Mushaf Barbie! Wal-'iyadzu billah! Wajazakumullah khairan. [image: Hukum Mushaf Pelangi (Warna-Warni) / Dihias] *Syaikh حفظه الله menjawab,* *"Wa'alaikumussalam warahmatullah waba... lagi »

Merekalah Sha'afiqah yang Sebenarnya !

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
SHU'FUQ = ORANG YANG TIDAK PUNYA MODAL ... MAKA INILAH CIRI-CIRI MEREKA (SHA'AFIQAH) YANG SEBENARNYA❱ Disampaikan oleh Al-Ustadz Abu Ibrahim Muhammad bin Umar as-Sewed hafizhahullah Klik Play Untuk Mendengarkan : ____________________ Ikhwani fiddin a’azzakumullah, Kalau kita lihat dari makna shu'fuq, maka kita bisa katakan: *🔥 ※ [ Ciri Pertama ]* Orang yang shu'fuq, orang yang tidak punya modal adalah orang yang tidak punya hujjah, tidak punya dalil, tidak punya bukti-bukti. Hanya berbicara dengan berbagai macam tuduhan tanpa bukti (yang bisa dianggap / diterima secara syar'i, e... lagi »

Hukum Tindikan Telinga Lebih dari Satu Pada Wanita

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Hukum Menambah Lubang Tindikan Lebih dari Satu pada Telinga Wanita Asy-Syaikh Muhammad Ali Firkus hafizhahullah *Pertanyaan:* Di tengah-tengah kaum wanita telah telah tersebar model melubangi telinga (untuk tindik) lebih dari satu kali, bahkan terkadang bisa mencapai lima lubang di satu telinga, untuk memasang anting-anting, dengan tujuan berhias. Kami mengajukan pertanyaan kepada Anda tentang hukum perbuatan ini, dan apakah hal ini termasuk itu berhias yang diperbolehkan untuk wanita? Semoga Allah memberkati Anda. [image: Hukum-tindikan-lebih-dari-satu-pada-wanita.jpeg] Hukum-tin... lagi »

Biografi Imam Ibnu Abdil Barr

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Biografi Ibnu Abdil Barr rahinahullah Andalusia adalah sebuah negeri yang dahulu pernah memunculkan ulama-ulama besar dalam sejarah Islam. Di antaranya adalah seorang Imam dan seorang hafizh (penghafal Al Quran dan Al Hadis) yang terkenal dengan Ibnu Abdil Barr. Ulama yang hidup pada abad 4 Hijriah ini mendapat predikat sebagai Hafizh Al-Maghrib dan Syaikhul Islam. Beliau termasuk ulama yang mampu menghasilkan karya-karya besar di berbagai cabang ilmu. NAMA DAN KELAHIRAN BELIAU Beliau adalah *Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Barr bin Ashim An-Namari Al-Qurthubi Al-An... lagi »

Membantah Ulama yang Memiliki Jasa Besar dalam Dakwah, Bolehkah?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
BENARKAH TIDAK BOLEH MEMBANTAH KESALAHAN ULAMA YANG MEMILIKI JASA BESAR TERHADAP AHLUS SUNNAH?! Al-Allamah asy-Syaikh Dr. Abdullah bin Abdurrahim al-Bukhary hafizhahullah *PERTANYAAN:* Sebagian orang ada yang mengatakan: Jika salah seorang dari Ahlus Sunnah melakukan kesalahan padahal dia seorang yang memiliki jasa di dalam menyebarkan as-Sunnah dan mendakwahkan agama Allah, maka dia tidak boleh dibantah secara terang-terangan dan tidak boleh ditahdzir karena hal ini akan mencerai-berai dan memecah-belah persatuan salafiyyun, bagaimana menjawabnya? *JAWABAN: * Termasuk perkara ya... lagi »

Membungkam Orang yang Meragukan Syaikh Rabi' dalam Jarh wa Ta'dil

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
MEMBUNGKAM ORANG YANG MERAGUKAN KEAHLIAN ASY-SYAIKH RABI' DALAM JARH WA TA'DIL Asy-Syaikh al-Allamah Abdullah bin Abdurrahim al-Bukhary hafizhahullah *PERTANYAAN: * Sebagian penuntut ilmu meragukan keahlian sebagian ulama yang menyibukkan diri dengan jarh wa ta’dil di zaman ini dan mereka mencontohkan guru kita al-Allamah asy-Syaikh Rabi’ hafizhahullah. *JAWABAN:* Yang jelas; upaya meragukan keahlian sebagian ulama dalam hal ini sudah sejak lama dilakukan, jadi pandangan tidak hanya tertuju pada nukilan-nukilan tentang para ulama di masa ini saja, dan kita telah menjawab tentang p... lagi »

Apakah Seorang Ulama Harus Tua Usianya?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
MENUNTUT ILMU DAN MERUJUK KEPADA ULAMA YANG TUA LEBIH BAIK DIBANDINGKAN KEPADA YANG MASIH MUDAAsy-Syaikh al-Allamah Dr. Shalih al-Fauzan hafizhahullah *Pertanyaan: *Apakah seorang ulama harus tua usianya? *Jawaban:* Seorang ulama tidak harus tua usianya, Allah mengaruniakan ilmu kepada orang-orang yang masih muda sebagaimana yang diraih oleh para pemuda Shahabat, diantaranya Ibnu Abbas, Mu'adz bin Jabal, dan Ibnuz Zubair. Hanya saja tanpa diragukan lagi bahwa seorang ulama yang telah tua usianya lebih kokoh dibandingkan dengan yang masih muda. Adapun masalah meraih ilmu maka bisa ... lagi »

Apa Itu Sha'afiqah? Penjelasan Syaikh Rabi' Tentang Fitnah Sha'afiqah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Apa Itu Sha'afiqah? PENJELASAN AL-‘ALLAMAH RABI’ BIN HADI AL-MADKHALI hafizhahullah Terkait FITNAH “ASH-SHA’AFIQAH” بسم اهلل الرحمن الرحيم Pengantar Penerjemah : احلمد هلل رب العادلني، والصالة والسالم على ادلبعوث رمحة للعادلني، وعلى آلو وصحبو أمجعني، أما بعد : Sebuah artikel penting untuk diketahui Salafiyyin, karena di dalamnya terkandung fatwa dan nasehat al-‘Allamah al-Muhaddits al-Mujahid al-Walid asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi ‘Umair al-Madkhali hafizhahullah, terkait fitnah yang memecah belah salafiyyin di berbagai negara akhir-akhir ini. Sebuah fitnah yang dinamakan sebagai fitna... lagi »

Biografi Imam ath Thahawi, Imam Pelintas Mazhab

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Biografi Imam ath Thahawi, Imam Pelintas MazhabNama panjang beliau adalah *Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Salamah bin Abdil Malik Al Azdi Al Hijri Al Mishri At Thahawi rahimahullah*. Dikenal akrab dengan sebutan Imam Thahawi yang merupakan nisbat kepada Thaha sebuah desa dari perkampungan As Sha’id di Mesir. Kepada desa inilah beliau dinisbatkan sehingga terkenal dengan sebutan Imam Thahawi. Beliau dilahirkan pada tahun 239 H sebagaimana disebutkan muridnya yang bernama Ibnu Yunus dan inilah pendapat yang benar. PERKEMBANGAN ILMIAHNYA Ath Thahawi rahimahullah sejak kecil tumbuh di ... lagi »

5 Langkah Tepat Agar Taubat Bermanfaat

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
5 LANGKAH TEPAT AGAR TAUBAT BERMANFAATPara pembaca yang budiman, semoga Allah subhanahu wa ta'ala menjaga kita semua diatas ketakwaan kepada-Nya. Manusia adalah makhluk yang bertabiat lemah, sulit mengendalikan dirinya dari sikap berkeluh kesah, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman خُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا *"...Dan manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah"* (Q.S.An-Nisa: 28). Allah subhanahu wa ta'ala juga berfirman: إِنَّ الْإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا *"Sesungguhnya manusia itu diciptakan dengan membawa sifat keluh kesah dan berambisi tinggi." (Q.S.Al-Ma'arij: 19)* Atas das... lagi »

Syarat-syarat Bolehnya Memukul Anak

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Syarat-syarat Kebolehan Memukul Anak ‼ 1. Anak tersebut sudah bisa memahami pendidikan adab dengan bentuk pukulan, sehingga tidak diperkenankan memukul anak yang belum bisa memahami tujuan pukulan yang diberikan kepadanya. 2. Pendidikan adab dengan memukul ini diberikan oleh orang yang berwenang atas anak tersebut. 3. Tidak berlebihan di dalam memukul, baik dari sisi jumlah pukulan, cara memukul, jenis pukulan, anggota badan yang dipukul, dan yang lainnya. 4. Anak tersebut memang melakukan sebuah perbuatan yang karenanya ia berhak mendapatkan pendidikan adab dengan cara dipukul. ... lagi »

Siapa itu Mu'tazilah? / Asal Nama Mu'tazilah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Bahaya Nimbrung dalam Hal yang Tidak Diilmui dan Dikuasai (Petikan Ibroh dari Tersesatnya Pentolan Utama Mu’tazilah) Siapa itu Mu'tazilah? / Asal Nama Mu'tazilah*Pertanyaan:* Semoga Allah menganugerahkan kebaikan untuk Anda, seorang penanya berkata: “Siapakah mu’tazilah itu? Kenapa mereka disebut demikian?” Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-fauzan hafizhahullah menjawab: “al-mu’tazilah adalah pengikut washil bin ‘atho’, murid al-Hasan al-Bashri. Dia dahulunya murid al-Hasan al-Bashri –rahimahullah- imamnya tabi’in. Ketika al-Hasan al-Bashri ditanya (di majelisnya) tentang pelaku dosa bes... lagi »

Merasa Rezeki Kita Sedikit? Baca Nasihat Ini

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Cobaan berupa Rezeki (1)Asy-Syaikh 'Àdil as-Sayyid hafizhahullah menjelaskan, "Apabila seseorang mengetahui bahwa rezekinya tidak akan diambil orang lain, hatinya akan tenang. Dalam permasalahan rezeki mungkin banyak orang berbicara tentangnya hingga khutbahnya menjadi serial, atau menulis banyak buku tentangnya. Namun ketika dirinya sendiri yang diuji rezekinya selama satu hari saja, ketika itulah terlihat bagaimana hakikat/keadaan keimanannya. Padahal Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa berdoa kepada Allah Ta’ala agar Ia menjadikan rezeki beliau kafàf (cukup, tidak kura... lagi »

Hukum Anak Temuan / Anak Pungut (Menemukan Bayi)

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
HUKUM ANAK TEMUAN*Pertanyaan:* Bila seseorang menemukan bayi yang dibuang di salah satu pintu masjid dan ia ingin memungut serta membesarkannya, bagaimana ia menamai anak pungut tersebut? Ia harus menasabkan namanya kepada siapa (karena nantinya pada suatu hari dia akan masuk sekolah dan harus membawa kartu pengenal atau kartu keluarga) ? *Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah menjawab* "Ia sudah berbuat ihsan (berbuat kebaikan) dalam masalah ini, apabila ia mendidik dan berbuat baik terhadap anak ini. Dia sudah berbuat ihsan dan hendaknya ia menamai anak tersebut... lagi »

Kisah Pemuda yang Terfitnah Wanita Romawi

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Kisah Pemuda yang Terfitnah Wanita Romawi*PELAJARAN DARI KISAH YANG DICERITAKAN ABDAH BIN ABDIRRAHIM* قال عبدة بن عبد الرحيم دخلنا بلاد الروم وكان معنا شاب يقطع نهاره بقراءة القرآن والصوم وليلة بالقيام وكان من أعلم الناس بالفرائض والفقة فمررنا بحصن لم نؤمر أن نقف عليه فمال إلى ناحية الحصن ونزل عن فرسه يبول فنظر إلى من ينظر من فوق الحصن فرأى امرأة فاعجبته فقال لها بالرومية كيف السبيل إليك فقالت هين تنصر فنفتح لك الباب وأنا لك ففعل ودخل الحصن فنزل بكل واحد منا من الغم ما لو كان ولده من صلبه ما كان أشد عليه فقضينا غزاتنا فرجعنا فلم نلبث إلا يسيرا حتى خرجنا إلى غزوة أخرى فمررنا بذلك الح... lagi »

Cara Mengubah Akhlak Jelek Menjadi Akhlak Baik

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
CARA MENGOBATI AKHLAK JELEK Oleh : As Syaikh Muhammad Ibnu Shalih al'utsaimin Rahimahullah. *Pertanyaan: * Wahai Syaikh saya adalah seorang pemuda yang memiliki akhlak yang jelek, baik dalam pergaulan, atau berbicara, padahal saya selalu berusaha memperbaikinya, dalam keadaan saya walillaahilhamd komitmen menunaikan ibadah shalat wajib tepat pada waktunya, Ibadah shalat Sunnah, dan membaca Al-Quran, apakah perkara ini ada obatnya? mohon bimbingannya, Jazakumullahu khairan. *Jawaban:* Yang nampak, obat dari perkara ini adalah mudah, selama penanya berada di atas sifat yang telah d...lagi »

Keutamaan Wanita Tinggal di Rumah

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 7 bulan yang lalu
Keutamaan Wanita Tetap Tinggal di Rumah*Hati-Hatilah Wahai Saudariku Tersayang, dari Ucapan Aku Terkungkung!* Asy-Syaikh Ibn 'Utsaimin rahimahullah mengatakan, Wanita yang mengatakan bahwa tinggalnya kaum wanita di rumahnya adalah penjara, saya katakan: Dia menentang firman Allah Ta'ala, ☟ وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ "Dan tinggallah di rumah kalian." (Al-Ahzab: 33) Bagaimana kita bisa mengganggap apa yang diperintahkan Allah sebagai penjara? Namun, rumah memang penjara bagi wanita yang menginginkan: • untuk kehilangan rasa malu atau • bercampur dengan para pria. 🌷Karena kebahag... lagi »

Dunia adalah Ladang Akhirat, Manfaatkanlah !

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
DUNIA ADALAH LADANG UNTUK AKHIRATDari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, ia berkata: "Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam memegang pundakku, lalu bersabda Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau pengembara." Lalu Ibnu Umar radhiyallahu anhuma berkata: *'Jika engkau waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sare dan pergunakanlah waktu sehatmu sebelum sakit dan waktu hidupmu sebelum kamu mati"* (HR. Bukhari no. 64 16) Dari hadits di atas, Nabi shalallahu'alaihi wa sallam memberikan nasehat kepada s... lagi »

Rekreasi / Menghibur Diri Kala Jenuh (Bosan)

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Menghibur Diri dengan Perkara Mubah Termasuk Sebab yang Menghilangkan Kegelisahan dan KesedihanAsy-Syaikh Dr. Ahmad bin Qadzlan al-Mazru'i hafizhahullah berkata : "Di antara sebab yang bisa menghilangkan kegelisahan dan kesedihan, yang sebab-sebab ini adalah perkara duniawi yang disebutkan, dan memiliki landasan hukum syar'i, adalah: Masalah Menghibur Diri Sendiri (REKREASI). Rekreasi dengan perkara yang mubah, namun tidak sering-sering. Ali (bin Abi Thalib) radhiyallahu 'anhu berkata, *"Hiburlah hati. Karena hati juga bosan sebagaimana fisik bisa jenuh. Dan hiburlah diri kalian."... lagi »

Tuntunan Khitbah (Melamar) dalam Islam

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Alhamdulillah, sebuah nikmat berharga kita masih bisa menghirup udara pagi ini. Tergerak hati untuk bisa terus menimba ilmu syar'i. Berikut kami sajikan artikel bermanfaat tentang khitbah / melamar yang insyaallah bermanfaat bagi pembaca. Barakallahu fiikum: Tuntunan Khitbah (Melamar) dalam Islam [image: Tuntunan Khitbah (Melamar) dalam Islam] Tuntunan Khitbah (Melamar) dalam Islam via Pexels *Apa yang perlu kita lakukan sebelum melamar?* Sebelum melamar, maka kita harus mengenal terlebih dahulu pasangan yang hendak kita lamar. Kemudian melihat parasnya. Proses ini biasa disebut deng... lagi »

Kemanakah Perginya Matahari Ketika Terbenam?

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
KEMANAKAH PERGINYA MATAHARI KETIKA TERBENAM? [Di dalamnya terdapat dalil bahwa yang benar adalah matahari itu mengelilingi bumi, bukan sebaliknya-pent *] [image: kemanakah-matahari-terbenam] "Kemanakah Perginya Matahari Ketika Terbenam?" via Pexels Dari Abu Dzar bahwa pada suatu hari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Tahukah kalian ke manakah matahari ini pergi?” Mereka berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui?” Beliau bersabda, “Sesungguhnya matahari ini berjalan sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah Arsy, lalu dia tunduk bersujud. Dia tetap senan... lagi »

Hukum Shalat Tahiyatul Masjid

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
بسم الله الرحمن الرحيم HUKUM SHALAT TAHIYATUL MASJID Shalat tahiyyatul masjid pada hakikatnya terjadi silang pendapat dikalangan fuqaha'(ulama fiqih) , Akan tetapi sekumpulan fuqaha' berpandangan tidak ada perselisihan tentang disunnahkannya tahiyyatul masjid, ini adalah pendapat imam 4 (Assyafi'i, Malik, Ahmad dan Abu Hanifah) demikian pula ini pendapat Ibnu Hazm adz-Dzahiri, diantara dalil yang menguatkan pendapat ini adalah: Hadits dari sahabat Abu qatadah yang diriwayatkan oleh imam al-Bukhari dan Muslim dalam shahih keduanya: إذا دخل أحدكم المسجد فليركع ركعتين قبل أن يجلس "Ap... lagi »

Nasihat Berharga Bagi Pencinta Olahraga Panahan

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
NASEHAT BERHARGA BAGI PARA PECINTA OLAHRAGA PANAHAN *PERTANYAAN* Bismillah, Afwan jiddan sebelumnya Bpk AKP Sujoko Abu Raihan. Alhamdulillah kini olahraga panahan sedang menjadi trend dimasyarakat juga dikalangan ikhwan ikhwan Salafy. Afwan bagaimana nasehatnya Bpk AKP Sujoko supaya kita ikhwan Salafy bisa melakukan olahraga panahan yg aman, bermanfaat, sehat dan tidak mengundang fitnah dimasyarakat serta aman secara hukum negara...? Sebelmnya jazaakumullohu khoiron katsiron atas nasehat himbauannya. Barokallohufiikum *JAWABAN* *( dijawab oleh Bpk AKP SUJOKO Abu Raihan, Beliu Admin... lagi »

Kisah Atikah binti Zaid, Istri Para Syuhada

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Kisah Atikah binti ZaidNama beliau adalah *Atikah binti Zaid bin Amr bin Nufail bin Abdil Uzza bin Rayyah bin Abdillah Al Qurasyiyah Al Adawiyyah radhiyallahu ‘anha*. Beliau adalah saudari seayah dari Said bin Zaid radhiyallahu ‘anhu, salah seorang dari sepuluh orang yang dijanjikan surga. Beliau adalah anak perempuan dari paman Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Sedang ibu beliau adalah Ummu Kuraiz binti Abdillah bin Ammar bin Malik Al Hadramiyah. Atikah termasuk wanita yang dikaruniai paras yang rupawan dan budi pekerti yang baik. Demikian pula beliau termasuk wanita yang m... lagi »

Kisah Dermawan al Laits bin Sa'ad

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
SUBHANALLAH..KEDERMAWANAN MACAM APAKAH INI? ( Salah Satu Kisah Kedermawan Salafush Shalih) [image: Kisah Dermawan al Laits bin Sa'ad] Orang yang lebih faqih daripada al-Imam Malik, bahkan al-Imam asy-Syafi'i berkata (tentangnya): "aku menyesal karena terluput dari bersahabat dengannya." Siapakah dia? Dahulu beliau bershadaqah setiap harinya kepada 300 orang miskin. Beliau juga membuat halwa (manisan) untuk penuntut ilmu dan meletakkan di dalamnya beberapa (mata uang) dinar emas. Al-Imam Malik rahimahullah menghadiahkan untuknya talam yang berisi tamr (kurma kering), lalu beliau men... lagi »

Sibuk Bekerja Bukanlah Alasan Untuk Tidak Belajar Agama

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Sibuk Bekerja Bukanlah Alasan Untuk Meninggalkan Belajar AgamaAs-Syaikh Abdullah al-Bukhari Hafidzahullah. *Pertanyaan: * Bagaimana penuntut ilmu menggabungkan antara menuntut ilmu (agama) dan mencari rezeki? *Jawaban: * *"Siapa yang mengatakan bahwasanya ada kontradiksi (pertentangan) diantara keduanya ⁉️ * Tidak ada kontradiksi antara menuntut ilmu dan mencari rezeki, Bukankah Nabi Shallallahu alaihi wasallam sungguh beliau dahulu pengembala kambing, Para sahabatpun bekerja dan belajar -Radhiyallahu 'anhum- demikian pula orang yang setelah mereka, para imam mereka semua bekerja... lagi »

Beginilah Cara Mencintai Nabi (Khutbah Jumat)

ابوعكاشة pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Khutbah Jum'at : MENCINTAI NABI صلى الله عليه وسلم Oleh: Asy Syaikh Khalid bin Dhahawi Adz Dzafiri hafidzahullah إن الحمد لله نحمده ونستعينه ، ونستغفره،ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا ،من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله أما بعد: Segala puji bagi Allah, kami memuji dan memohon pertolongan kepada-Nya. Dan juga kami memohon ampunan serta hidayah-Nya. Dan kami berlindung dari kejahatan jiwa-jiwa kami dan kejelekan amal-amal kami. Barangsiapa yang mendapatkan hidayah Allah maka tidak ada yang d... lagi »

Hukum, Hikmah dan Nasihat Seputar Poligami / Ta'addud

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
HUKUM, HIKMAH, DAN NASIHAT SEPUTAR TA'ADDUD Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz –rahimahullah- *Pertanyaan:* Syaikh yang mulia, pertanyaan tentang hukum seseorang yang ta’addud (poligami) istri dan apakah berpaling kepada ucapan yang menyebut bahwa hal tersebut menyelisihi fitrah? Mohon arahan bagi kami, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. *Jawaban:* Allah ‘azza wa jalla telah mensyariatkan bagi hamba-hamba-Nya untuk melakukan ta’addud istri apabila sang suami mampu untuk hal itu dan tidak takut berbuat lalim dan aniaya, sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala: وَإِ... lagi »

Kartu Kuning untuk Pemberi Kartu Kuning Presiden Jokowi

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Kartu Kuning untuk Sang Pemberi Kartu KuningPriiit... Bersamaan dengan sempritan peluit , seorang anak muda berbatik merah mengangkat tangannya ke atas sambil mengacungkan sebuah buku berwarna kuning ke arah orang nomor satu di negeri ini, luar biasa..! Aksi berani yang dilakukan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa sebuah kampus ternama di Depok itu memang sengaja diperbuat sebagai gambaran atas pemberian kartu kuning kepada sang presiden, karena beliau yang baru menjabat kurang lebih tiga tahunan itu dinilai telah kurang di dalam mengurusi beberapa poin permasalahan yang mereka tun... lagi »

Syaikh Al Albani Mengkafirkan Khomeini

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
FATWA AL-IMAM AL-ALBANI RAHIMAHULLAH TENTANG PENGKAFIRAN KHUMAINI (RUJUKAN TAQLID AGUNG PEMERINTAH IRAN) بسم الله الرحمن الرحيم Kepada yang terhormat Dr. Basysyar 'Awad Ma'ruf, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisasi Mu'tamar Masyarakat Islami وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته ومغفرته Amma ba'du Sungguh aku (al-Albani) telah mengetahui tentang 5 prinsip¹ yang kalian nukil dari tulisan orang yang menamakan dirinya dengan Ruhullah Khumaini, (dimana kalian) berharap penjelasan hukum (dari) ku tentang 5 prinsip tersebut dan tentang orang yang mengucapkannya. Maka aku katakan-dengan han... lagi »

Kisah An Nu’man bin Muqarrin radhiyallahu ‘anhu

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
An Nu’man bin Muqarrin radhiyallahu ‘anhuSeorang tokoh shahabat, dengan perantaraan beliau, kaumnya tunduk kepada kemuliaan Islam. Beliau berasal dari Kabilah Muzainah, sebuah kabilah badui yang tinggal di dekat kota Madinah, terletak di antara Madinah dan Makkah. Kabar tentang Islam dan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah sampai ke telinga mereka. Dakwah beliau, kepada apa beliau mengajak dan juga keluhuran akhlak beliau telah meluluhkan hati tokoh ini dan hati kaumnya. Beliau adalah *Abu Amr An Nu’man bin Muqarrin bin ‘Aidz bin Miijan bin Hujair bin Nasr bin H... lagi »

Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 002

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 002 Berkata Ibnul Qoyyim rahimahullahu ta'ala bahwa Qotadah mengatakan, "Allah telah menciptakan malaikat dalam keadaan berakal tanpa memiliki syahwat. Allah pun menciptakan hewan dalam keadaan mempunyai syahwat tanpa memiliki akal. Adapun manusia maka Allah menciptakannya dalam kondisi memiliki akal sehat dan syahwat. Sehingga barang siapa akalnya lebih dominan daripada syahwatnya, maka dia akan bersama para malaikat. Namun barangsiapa akalnya terkalahkan oleh syahwatnya, maka ia seperti binatang. - Sumber : Uddatus Shabirin 1/15 _____ && ____ Be... lagi »

Admin Saluran Dakwah Harus Jelas Manhaj dan Akhlaknya

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
NASEHAT BAGI SETIAP ADMIN CHANNEL DAKWAHTerkandung juga nasehat bagi setiap orang yang ingin bergabung di chanel dakwah, agar memilih chanel dari admin yang jelas manhaj dan akhlaqnya. *Asy-Syaikh Salim Bamuhriz hafidzhahullah berkata:* Semoga Allah memberkahi kalian, Penilaian dalam dakwah di jalan Allah adalah mengajarkan manusia untuk menetapi manhaj yang lurus baik dalam urusan aqidah, ibadah, akhlak, walaupun akhirnya hanya jumlah bilangan sedikit saja yang bisa terhubung dalam tarbiyah/pendidikan agama tersebut. Adapun kalau fokus utama kita hanya mengejar sisi kuantitas dan... lagi »

Kisah Fathimah bintu Al Khaththab

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Figur Keberanian Sang KesatriaBerani berkata benar, berani mempertahankannya, dan berani menghadapi segala risiko yang menghadang, adalah sifat kesatria. Para pejuang yang gagah adalah pemberani dalam memeluk kebenaran. Lantang mengikrarkannya, tidak gentar terhadap musuh sekuat apapun. Mereka pun tidak akan goyah dengan tawaran dunia, ataupun rayuan cinta semu. Apalagi sekadar celaan atau gunjingan yang tidak langsung didengar. Berani adalah sifat mulia lagi terpuji. Tentu maksudnya adalah berani yang terukur dengan barometer syariat. Berani yang terikat dengan kebenaran, bukan ya... lagi »

Tazkiyah / Rekomendasi Syaikh Rabi' Terhadap Syaikh Arafat al Muhammadi

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
REKOMENDASI AL-'ALLAMAH ASY-SYAIKH RABI' BIN HADI TERHADAP DR. ARAFAT بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه، أما بعد: Sesungguhnya asy-Syaikh DR. arafat bin Hasan al-Muhammadi di antara para penuntut ilmu yang terbaik. Dia memiliki peran/keseriusan yang baik dalam dakwah. Telah sampai kepadaku bahwa durus (pelajaran-pelajaran) -nya terhenti di situs Miratsul Anbiya. Maka aku telah mendorong pengampu situs tersebut, Khalid Baqais, untuk memulai kembali durus asy-Syaikh Arafat di siaran radio ( Miratsul Anbiya ) agar para penun... lagi »

Biografi Hamzah bin Abdul Muthalib

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Hamzah bin Abdil MuthalibInilah nama seorang shahabat yang tidak asing di sisi kaum muslimin. *Hamzah bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf Al Qurasy Al Hasyimy* radhiyallahu ‘anhu, paman sekaligus saudara sepersusuan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibu susu Hamzah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Tsuwaibah maulah dari Abu Lahab. Beliau lahir dua tahun atau empat tahun sebelum kelahiran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. [image: biografi-hamzah-bin-abdul-muthalib] Foto: Desert | Sumber: Pixabay Ia berjuluk *asadullah wa asadur Rasul **“... lagi »

Biografi Qatadah bin Di’amah As Sadusi

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Sang Imam Tuna Netra*“Aku tidak menyangka Allah azza wajalla menciptakan manusia dengan kekuatan hafalan sepertimu,”* tukas Sa’id bin Musayyib rahimahullah. Sampai sedemikian halnya kekaguman seorang penghulu ulama tabi’in, Sa’id bin Musayyib terhadap hafalan muridnya ini. Siapakah dia hingga begitu kagum dengan kapasitas hafalannya? Pembaca Qudwah yang budiman, sejarah telah merekam keberadaan ulama-ulama besar dengan kekuatan hafalan yang sangat luar biasa dan menakjubkan. Fakta di lapangan membuktikan bahwa kuatnya hafalan mereka bagaikan gunung-gunung yang kokoh menjulang tinggi... lagi »

Bolehkah Orang Miskin Poligami / Ta'addud?

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
MISKIN TAPI TA'ADUD/POLIGAMIBismillah Sebagian ustadz menyatakan bahawa boleh menikah lagi jika miskin dan dianjurkan isteri2nya qona'ah dan bersabar. Jika suaminya berikan makanan kurma dan air, isteri2nya harus ridho dan bersabar. Sedangkan di dalam fatwa Sh 'Uthymeen رحمه الله beliau menetapkan 3 kondisi untuk berta'adud. 1. Harus bersikap adil 2. Kekuatan untuk melayani nafsu isteri2nya 3. Kekayaan Bagaimana harus kita memahami hal ini yg kondisi ke 3 dari sh Uthymeen رحمه الله dan jawapan sebagian ustadz حفظهم الله kontradiksi? Ustadz Kharisman حفظه الله: InsyaAllah kedua jawa... lagi »

Inilah Mengapa Kita Tidak Boleh Duduk & Mendengarkan Ucapan Ahli Bid'ah

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
MENGAPA TIDAK BOLEH ENGKAU DUDUK BERSAMA AHLI BID'AH DAN MENYIMAK UCAPAN MEREKA?Al-Allamah Ibnul Utsaimin rahimahullah berkata: فاذا وجدنا مبتدعا" عنده طلاقة في اللّسان و سحر بالبيان ,. فانّه لا يجوز أن نجلس اليه لأنّه مبتدع . لماذا لا يجوز ؟ Maka jika kita mendapati seorang ahli bid'ah, yang dia memiliki lisan yang fasih, dan bisa "menyihir" dengan ceramahnya, maka sesungguhnya kita tidak boleh duduk bersamanya karena dia itu seorang ahli bid'ah. Mengapa tidak boleh? أولا: لأنّنا نخشىٰ من شره ,فانّ النبيّ -صلى اللّٰه عليه وعلى اله وسلم- قال *● Yang pertama:* Karena kita takut tert... lagi »

Biografi Dihyah Al Kalbi

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
Dihyah Al Kalbi radhiyallahu ‘anhuJibril Mendatangi Nabi dengan Rupa BeliauKali ini, figur kita adalah shahabat dari kalangan Anshar. Seorang shahabat senior yang sangat dikenal saat itu. Nama shahabat ini adalah *Dihyah bin Khalifah bin Farwah bin Fadhalah bin Zaid bin Imriil Qais bin Al Khazraj bin Amir bin Bakr bin Amir Al Akbar bin Auf bin Bakr bin Auf bin Udzrah bin Zaid Al Laat Al Kalbi* radhiyallahu ‘anhu. Termasuk dari shahabat yang masuk Islam sebelum Perang Badar. Namun begitu, beliau tidak sempat mengikuti perang Badar. Beliau mengikuti Perang Uhud dan peperangan-peperang... lagi »

Hukum Safar Untuk Menghadiri Shalat Jumat

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 8 bulan yang lalu
HUKUM BERSAFAR DENGAN TUJUAN SHALAT JUMAT*Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah ditanya:* *"Bolehkah seorang yang muqim (tidak bersafar) bepergian untuk shalat Jum'at di daerah yang lain?"* Foto: Auto Vehicle | Sumber: Pixabay*Beliau menjawab dengan perkataannya:* *"Apabila tujuan safarnya itu untuk mengagungkan tempat itu, maka haram. Karena tidak boleh bepergian kecuali ke tiga masjid.* *Adapun jika tujuan safarnya untuk mendapatkan manfaat dari khutbah seorang khatib, dikarenakan khutbahnya berfaedah, maka tidak mengapa. Sebab ini safar (bepergian) untuk menuntu... lagi »

Kumpulan Kata Mutiara Salaf Edisi 001

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
KUMPULAN KATA MUTIARA SALAF [image: kata-mutiara-ulama-salaf] Foto : Bunga | Sumber Pixabay *Al-Ashma'i *mengatakan : *"Barang siapa tidak mau (bersabar) menanggung kehinaan menuntut ilmu meskipun hanya sesaat, maka dia akan tetap berada dalam hinanya kebodohan untuk selama-lamanya." * - Thobaqotus Syafi'iyyah hal.149 __________ *Sufyan bin Uyainah *mengatakan: *"Orang yang berakal bukanlah orang yang mengetahui kebaikan dan keburukan. Tiada lain orang yang berakal adalah seseorang yang apabila melihat kebaikan, ia pun mengikutinya. Dan apabila melihat keburukan, ia pun menjauhinya."*... lagi »

"Aku Ingin Menikah, Tapi Aku Masih Miskin..."

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
Sampai Kapan Men-jomblo? Hidup belum mapan karena tempat tinggal masih di kontrakan, penghasilan pun pas-pasan, jangankan tabungan, kadang rezeki yang datang mesti dialokasikan untuk lunasi hutang. Inilah suatu gambaran lumrah dari sebuah kenyataan seorang bujang. Ingin hati melepas lajang, tapi apa daya anggapan masih serba kurang terus saja menyerang pikiran. Ikhwati rahimakumullah, jika engkau ingin menikah dan kekhawatiran di atas kian menghadang, mari kita dengar firman Allah yang Maha Kaya, 《إِنَّ اللهَ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ》 Artinya: *"Sesungguhnya Allah memb... lagi »

[PENTING] Hukum Akad Nikah di dalam Masjid

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
HUKUM AKAD NIKAH DI MASJID*SOAL : * Sebagian orang meyakini bahwa akad nikah di Masjid adalah mustahab/sunnah, apakah terdapat dalil atas hal itu? *JAWAB : * Pemustahaban/ penyunahan akad nikah di Masjid saya tidak tahu asal usulnya dan tidak ada dalil dari Nabi *shallallahu 'alaihi wasallam*, tetapi jika kebetulan sepakat bahwa mempelai pria dan wali keduanya ada di Masjid dan berakad maka tidak masalah, karena ini bukan termasuk jenis jual beli, dan sudah maklum bahwa jual beli di Masjid itu haram, akan tetapi akad nikah bukanlah termasuk jual beli, sehingga jika akad nikah di M... lagi »

Apakah Menyentuh Najis Membatalkan Wudhu?

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
Apakah menyentuh najis membatalkan wudhu? Oleh : Asy Syaikh Abdul Aziz Ibnu Baz rahimahullah. *Pertanyaan:* Apabila anak kecil buang air kecil di tempat selain kamar mandi, kemudian ada seseorang yang dalam keadaan berwudhu melewati tempat tersebut dan menginjak air kencingnya dalam keadaan ia tidak mengetahui bahwa ada air kencing ditempat tersebut, apakah wudhu'nya batal ❓ *Jawaban:* Apabila seseorang menginjak air kencing atau yang lainnya dari benda najis, wudhunya tidaklah batal akan tetapi, apabila air kencing tersebut basah ,maka hendaklah dia mencucinya apabila mengenain... lagi »

Tahdzir Masyaikh Terhadap Hani bin Buraik

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
TAHDZIR SYAIKH RABI' BIN HADI TERHADAP HANI BIN BURAIK HADAHULLAHFadhilatusy Syaikh Rabi' bin Hadi hafizhahullah ditanya: سمعنا عن إنشاء مركز جديد في عدن يقال إنه سيكون مركزا من مراكز أهل السنة في عدن قام بإنشائه وتبنيه شخص يدعى هاني بن بريك، علما أن هذا الرجل: Kami telah mendengar tentang rencana pendirian markas baru di Aden yang katanya akan menjadi salah satu markas bagi Ahlussunnah di Aden, yang hendak mendirikan dan membangunnya adalah seseorang yang bernama Hani bin Buraik, perlu diketahui bahwa orang ini: يشغل منصب نائب رئيس حزب معارض للدولة اليمنية. Dia sibuk menjabat seb... lagi »

Biografi Imam At Tirmidzi rahimahullah

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
Imam At-TirmidziBegitu harum namanya disebut dalam untaian hikmah. Bertaut dengan Sang Musthafa, Khairul Anam *shallallahu ‘alaihi wa sallam*. Nabi Mulia, yang tidak berkata dari nafsunya. Melainkan dari wahyu yang turun kepadanya. Imam At-Tirmidzi, salah satu tanda kebenaran firman-Nya. Bahwa agama ini niscaya terjaga, dengan perantara ulama pengusung bendera sunnah. Hingga kelak kiamat tiba. Nama asli At Tirmidzi adalah *Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa As Sulami Al Bughi At Tirmidzi Adh Dharir*. Inilah silsilah nasab beliau yang disebutkan dalam kebanyakan riwayat. Di sana a... lagi »

Pentingnya Memperbaiki Akhlak Setelah Mengenal Manhaj Salaf

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
سم الله الرحمن الرحيم Perhatikan nasihat dibawah ini Wahai saudaraku Pentingnya memperbaiki akhlak setelah mengenal manhaj salaf Asy Syaikh Abdullah Ibnu Abdurrahim al-Bukhari hafidzahullah. Saya akan menggunakan kesempatan disini (untuk menyampaikan hal-hal yang penting) Sebagian Ikhwah (saudara-saudara) semoga Allah memberkahi mereka, hal ini sangat disayangkan, saya katakan setelah berpengalaman terhadap keadaan kebanyakan dari para penuntut ilmu dan ikhwah semoga Allah menunjuki mereka, ini adalah nasihat dari orang yang mengasihimu dan juga peringatan bagi yang menginginkan un... lagi »

Hukum Meninggalkan Amal Karena Takut Riya

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
MENINGGALKAN AMAL KARENA TAKUT RIYA'? [Solusi dan Nasihat Salafus Shalih untuk Mengatasi Waswas Syaithon dalam Beramal Shalih] Al-Imam Ibnu Muflih al-Maqdisiy -rahimahullah- berkata: *PASAL: TIDAK SELAYAKNYA MENINGGALKAN AMALAN YANG SYAR'I KARENA TAKUT RIYA* "Termasuk hal yang terjadi pada insan ketika ia ingin melakukan ketaatan, sesuatu muncul pada dirinya yang membawanya untuk meninggalkan amalan karena khawatir terjatuh dalam bentuk riya'. Padahal yang sepatutnya adalah: ◾️ tidak berpaling kepada hal tersebut, ◾️ seorang insan hendaknya mengerjakan apa yang Allah 'azza wa Jalla ... lagi »

Kadzab (Pendusta) Lebih Buruk daripada Ahli Bid'ah

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
KADZAB (PENDUSTA) LEBIH BURUK DISISI AHLUSSUNNAH DARI PADA AHLI BID'AHBerkata Al-allamah Rabi' Bin Hadi _hafizhahullah_: الكذب أخبثُ من البدع يا إخوان ، والكذَّابُ أخبث عند أهل السنة من المبتدع ، المبتدع يُروى عنه ؛ رَوَوْا عن القدرية ، و رَوَوْا عن المُرجئة ، و رَوَوْا عن غيرهم من أصناف أهل البدع مالم تكن بدعة كفرية ، مالم يكن كذَّابًا . لو كان ينتمي إلى أهل السُّنة كذَّابٌ فهو عندهم أحقر من أهل البدع . Dusta lebih buruk dari pada bid'ah wahai ikhwan, kadzab lebih buruk disisi ahlussunnah dari pada mubtadi (ahli bid'ah), mubtadi masih diambil riwayatnya; mereka (ahlussunnah) masih m... lagi »

Berikanlah Nasihat (Ilmu), Meskipun Mereka Berilmu

Abu 'Ukkasyah pada Atsar ID | Arsip Fawaid Salafy - 9 bulan yang lalu
Manusia Butuh Peringatan Meskipun Mereka Para Penuntut IlmuMuhadharah Assyaikh Al 'allaamah Muhammad Ibnu Shalih al 'Utsaimin *rahimahullah*. Termasuk dari adab yang semestinya seorang penuntut ilmu (agama) berada diatasnya adalah bersemangat didalam menyebarkan ilmu pada setiap kesempatan, Ketahuilah wahai saudaraku bahwasanya Manusia membutuhkan ilmu. Jangan engkau katakan:* "mereka memiliki 'ilmu". * Sesungguhnya manusia terkadang lalai, lupa, terkadang peringatan dari salah seorang dari mereka memberikan pengaruh dihati-hati mereka dari selainnya. Tidakkah engkau mengetahui bah... lagi »














Tiada ulasan: