Rabu, 20 Februari 2019

Kehidupan ini tidak seringan dan tidak semestinya seiring seperti yang dikehendaki. 9174.


Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis!


Bagi sebagian orang, membaca merupakan kegiatan yang memiliki efek relaksasi dan menyenangkan, tergantung dari jenis bacaan yang sedang dilahap. Buat yang hobi baca dan memiliki waktu luang, mungkin menyelesaikan satu novel atau buku yang lumayan tebal bisa dalam waktu yang cepat dan nggak sampai sehari. Tapi nggak memungkiri jika ada pula golongan orang yang baca satu buku aja nggak selesai-selesai. Agan dan Sista termasuk golongan yang mana nih?
Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis!
Karena waktu yang super sibuk, mungkin buku yang baru kita baca niatnya pengen kita lanjutin lagi saat udah memiliki waktu luang. Tapi kenyataannya buku tersebut malah tergeletak gitu aja dan endingya malah jadi lupa buat ngelanjutin. Akhirnya, rasa males buat ngelanjutin bacaan pun muncul gitu aja.



Nah buat Agan dan Sista yang butuh strategi untuk bisa segera menamatkan buku, coba deh cara mudah di bawah ini!
Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis!
1. Jadwalkan Moment Rutin

Sama kayak scrolling timeline media sosial yang jadi kegiatan sehari-hari, membaca buku juga bisa dibiasakan loh. Konon, kita membutuhkan waktu 21 hari buat membentuk suatu kebiasaan. Nah agar gampang, tentukan satu momen rutin buat nyempetin baca buku. Sebelum tidur atau jam makan siang misalnya. Make it a routine,Gan Sis!
Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis!
2. Pilih Spot Baca Favorit

Baca buku emang butuh konsentrasi tinggi. Makanya nggak gampang namatin satu buku kalau banyak hal-hal yang bisa bikin pikiran teralihkan. Solusinya, Agan dan Sista bisa mencari spot favorit untuk membaca. Kalau bisa, pilih tempat yang nyaman, jauh dari keramaian atau gangguan alat elektronik. Misalnya saja di perpustakaan, kafe, atau cuma sekedar di sofa kamar aja.

3. Jauhkan diri dari Gadget

Your electronic device is the most distracting thing. Baru baca dua halaman, eh ada chat masuk. Ternyata dari official account tapi Agan dan Sista jadi teralihkan ke timeline media sosial lain. Cliché, right? Kalau udah niat baca buku dalam jangka waktu tertentu, simpan dulu deh tuh gadge jauh-jauh. Sejam-dua jam cukup kok.



4. Bawa Buku Kemana Pun

Sesibuk apapun Agan dan Sista, pasti ada deh celah-celah waktu di mana kalian bingung mau ngapain. Misalnya aja kayak nunggu lift turun, shuttle bus dateng, atau jemputan pacar yang ngaret. Agan dan Sista bisa tuh baca buku yang lagi  berusaha untuk ditamatin. Dapet satu-dua halaman kan lumayan.
Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis!
5. Cari yang Lain!

Sebenarnya nggak semua buku ditakdirkan untuk Gan Sis tamatkan. Kalau Agan dan Sista udah terlanjur baca suatu buku dan tetap ngerasa nggak suka setelah baca seperempatnya, nyerah aja deh! Mending Agan dan Sista cari aja bacaan lain yang sesuai genre favorit kalian. Berusaha namatin buku yang nggak Gan Sis sukai malah bikin minat baca turun loh.

Diubah oleh msa0404
Baca Buku Tapi Gak Selesai-selesai? Cobain Cara Ini Gan Sis! | KASKUS


Penelitian tentang minyak zaitun yang diketahui paling awal di Italia

Assalamualaikum Wr.Wb.

Agan/sista yang saya hormati

semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan ya. 


Baik gan, langsung aja ya. Di trit ini ane mau share sedikit info tentang penelitian minyak zaitun. 

Penelitian tentang minyak zaitun yang diketahui paling awal di Italia
Bukti arkeologis dari minyak zaitun mungkin kembali ke sekitar 6000 SM. Dan dengan demikian, dengan sejarah lebih dari 8.000 tahun, tidak mengejutkan bahwa minyak zaitun adalah bahan pokok banyak negara Mediterania, termasuk Italia, Spanyol, Yunani, dan Maroko. Perlu diketahui bahwa, Italia adalah produsen minyak zaitun terbesar kedua di dunia. Dan sekarang para peneliti telah mengidentifikasi bukti tertua yang diketahui dari minyak zaitun Italia dari tembikar tertentu (ditemukan di negara itu). Dan cukup menarik, objek keramik membuktikan bahwa emas cair telah ada di Italia berabad-abad lebih lama daripada yang dicatat oleh para antropolog sebelumnya.

Proyek ini dilakukan oleh para peneliti di University of South Florida, dengan studi yang berfokus pada spesimen tabung tertentu yang awalnya ditemukan dalam bentuk terfragmentasi pada tahun 90-an di situs Castelluccio, yang terletak di Pegunungan Apennine di Italia tengah. Para konservator di Museum Arkeologi Siracusa memainkan peran penting dalam memulihkan toples dengan merakit lebih dari 400 fragmen keramik, suatu prestasi mengagumkan yang menghasilkan wadah penyimpanan besar berbentuk telur yang tingginya sekitar 3,2 kaki. Situs yang sama juga mengungkapkan dua baskom (sekali lagi dalam bentuk terfragmentasi) dengan septum internal, bersama dengan piring memasak terakota besar. Desain baskom menyinggung bagaimana wadah digunakan untuk menyimpan banyak objek yang terpisah satu sama lain.
Penelitian tentang minyak zaitun yang diketahui paling awal di Italia
Penelitian yang dimaksud di sini mensyaratkan analisis residu organik kuno yang ditemukan di dalam wadah penyimpanan tersebut. Proses itu sendiri melibatkan teknik-teknik seperti Kromatografi Gas, Spektrometri Massa, dan Resonansi Magnetik Nuklir. Akibatnya, tim menemukan jejak asam oleat dan linoleat di ketiga sampel, sehingga mengkonfirmasi tanda tangan merek dagang dari minyak zaitun. Davide Tanasi, asisten profesor sejarah di University of South Florida dan kepala proyek penelitian, mengatakan -

"Bentuk wadah penyimpanan ini dan septum di dekatnya sama sekali tidak seperti yang ditemukan Voza di situs di Castelluccio. Itu tanda tangan peralatan makan Sisilia tanggal ke akhir 3 dan awal milenium ke-2 SM (Zaman Perunggu Dini). Kami ingin mempelajari cara penggunaannya, jadi kami melakukan analisis kimia pada residu organik yang ditemukan di dalamnya. Hasil yang diperoleh dengan ketiga sampel dari Castelluccio menjadi bukti kimia pertama dari minyak zaitun tertua di prasejarah Italia, mendorong kembali jarum jam untuk produksi minyak zaitun sistematis setidaknya 700 tahun".

Terakhir, jika ada yang tertarik, bukti minyak zaitun yang paling awal diketahui di Italia berasal dari bagian selatan negara itu, yang berkaitan dengan Cosenza dan Lecce. Potongan bukti ini berasal dari sekitar abad ke 12 dan 11 SM, sehingga bertepatan dengan Zaman Tembaga.

Jadi peneliti ternyata asik juga ya, wawasan kita tentang sejarah bisa terbuka lebar. 

Penelitian tentang minyak zaitun yang diketahui paling awal di Italia | KASKUS

7 Kesalahan Mengartikan Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri, Pasti Muak dengan Nomor 7

7 Kesalahan Mengartikan Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri, Pasti Muak dengan Nomor 7
Foto: dokumentasi pribadi

Babeh mudik ke Jakarta
Pulang bawa oleh-oleh celana dalam
Mohon dibaca kata per kata
Baca sebagian bisa salah paham


GanSis pernah gak melihat teman atau bahkan mengalami sebuah hardikan halus dengan kata 'munafik' dari orang lain dari teman sendiri ketika berusaha mencoba merubah kebiasaan buruk. Misalnya biasanya maen melulu, hura-hura dan sebagainya sama temen itu tapi suatu saat ada panggilan dalam hati "i have to change my life, i want to be better."

Atau kasus lain ketika mengajak teman untuk mengerjakan tugas karena tetapi dia enggan dan lebih memilih kebiasaannya yang sudah jadi candu seperti bermain game, terus dengan bangganya dia bilang, "Gue ikut print aja, emang diri gue ni udah gamer banget."

Nah, kejadian-kejadian di atas sangat erat kaitannya dengan istilah 'menjadi diri sendiri' dengan dua makna, ada yang bermakna positif;merubah kebiasaan buruk ada yang bermakna negatif; hanya alasan untuk mempertahankan kebiasaan buruk. Atas dasar hal itulah sepertinya perlu diuraikan beberapa kesalahan mengartikannya agar menemukan kebenaran bukan pembenaran diri atas apa yang disenangi. 

1. Egois
Secara mudah arti egois adalah apatis terhadap kepentingan orang lain. Contoh kasusnya ketika seseorang ditegur agar tidak merokok dalam bus ber-AC tetapi dengan spontan dia bilang, "Rokok, rokok gue. Paru-paru gue. Terserah gue!"

Ini merupakan slaah satu pemaknaan kata-kata menjadi diri sendiri bukan hanya salah tetapi juga merugikan orang lain.

2. Semaunya
Ah, sama aja kayak poin pertama. Eits! tunggu dulu, GanSis! 
Semaunya di sini diartikan perbuatan yang disenangi tetapi kurang bermanfaat untuk pengembangan kemampuan diri sendiri. Misalnya, ane pernah membaca berita Gan ada orang yang suka makan sabun. Nah, kira-kira bermanfaat gak tu buat pengembangan kemampuan diri? emoticon-Big Grin

3. Alasan
Kata-kata menjadi diri sendiri sayangnya sering kali dijadikan alasan untuk tidak melakukan kegiatan lain yang lebih produktif padahal aslinya mah males. Iya gak GanSis? emoticon-Hammer (S)

Contoh kasusnya ni males baca buku alesannya lebih seneng dengerin atau liat video. Hayoh, GanSis pernah gak? emoticon-Ngakak (S)

4. Tidak Berkembang
Di era digital dan globalisasi seperti sekarang ni, update danupgrade ilmu begitu cepat. Sehingga orang yang merasa dirinya terlalu betah dalam zona nyaman akan tertinggal semakin jauh. Tak perlu menguasai semua bidang, cukup perlu mengupgrade ilmu tentang potensi yang ada dan bidang yang ditekuni. 

Misalnya ni, ada beberapa orang yang merasa dirinya merupakan sales lihai door to door merasa tak perlu menggunakan market place dsb sehingga tanpa terasa umur semakin tua, tenaga semakin melemah barulah disadari bahwa teknologi digital untuk penjualan juga penting. 

5. Mutlak Sikap Positif
Tidak selamanya kata-kata menjadi diri sendiri bermakna positif, riset dari London Business oleh profesor Ibarra membuktikan bahwa banyak orang yang bekerja kemudian malah jatuh saat mendapatkan promosi karena terlalu terlalu sering bersikap seperti sebelumnya. Tak mampu mengkondisikan mana dirinya sebagai pribadi dan mana dirinya sebagai seorang profesional.

Sehingga perlu renungan mendalam dan jujur pada diri sendiri apakah kebiasaan yang tengah ia gemari itu adalah positif atau negatif.

6. Menutup Diri
Abraham Maslow seorang ahli teori kepribadian memberi karakteristik aktualisasi diri adalah memiliki interpersonal alias teknik komunikasi yang baik dengan orang lain. Sehingga menutup diri sudah auto coret untuk kata-kata menjadi diri sendiri. 

7. Dosa Berkelanjutan
Ini yang paling berbahaya GanSis, ada orang yang seneng ngelakuin dosa saat ditegur dia bilang, "Lebih baik nakal tapi jujur daripada baik tapi munafik." Sering gak? Sering kan denger kata-kata kayak gini?

Dilihat dari kalimatnya aja sebenarnya udah ketauan kontradiktif banget, masa iya ada orang baik yang munafik. Orang yang baik, ya baik. Orang munafik ya itu namanya gak baik. Yah, maksudnya mah jangan pura-pura baik. Iya ngerti. Oleh sebab itu, gak perlu nyari-nyari quote buat nyari pembenaran dosa. Dosa ya tetep dosa kan, GanSis. emoticon-Big Grin

Contoh kasus, ada ni banyak anak-anak geng-gengan gitu tawuran, terus dilarang sama pacarnya ni, malah bilangnya gini "Ya ini diri gue apa adanya! Kalau kamu sayang ya terima, kalau nggak ya putus." Sayang, sayang pala peang. emoticon-Hammer (S)


Nah, itulah beberapa 7 kesalahan menerjemahkan kata-kata menjadi diri sendiri. Semoga kita dan keturunan kita dilindungi dari penyesatan berpikir dan pembenaran diri melakukan kebiasaan buruk. Amin (aminkan juga di komen, siapa tahu cepet dikabulnya)emoticon-Kiss (S)


Referensi: ohayo.co.id
7 Kesalahan Mengartikan Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri, Pasti Muak dengan Nomor 7
7 Kesalahan Mengartikan Kata-Kata Menjadi Diri Sendiri, Pasti Muak dengan Nomor 7 | KASKUS


Rumah kelahiran Hitler dan delapan tempat 'paling kontroversial' di dunia

tempat lahir Hitler.
Hak atas fotoGETTY IMAGES
Image caption: Pemerintah Austria bermaksud merubuhkan tempat lahir Hitler.

Saat pertama kali dilihat, tidak ada keanehan pada bangunan yang terletak di 15 Salzburger Vorstadt, salah satu jalan utama Kota Braunau am Inn, Austria.

Tetapi semuanya berubah ketika terlihat pahatan batu dalam bahasa Jerman di trotoar. Pahatan itu menyebutkan jutaan orang yang menjadi korban fasisme.

Bangunan tersebut adalah tempat lahir Adolf Hitler pada 1889.

Kisah warga Denmark yang melindungi Yahudi dan menentang Hitler
Keganjilan di balik film propaganda 'Raza' karya Jenderal Franco
Pemimpin Khmer Merah didakwa pengadilan bersalah atas genosida
St. Stephen's Church
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption: Gereja Santo Stefanus yang didirikan pada abad ke-15 adalah tempat Hitler dibaptis.

Kasus hukum

Bangunan ini didatangi setiap tahun oleh kelompok-kelompok neo-Nazi untuk merayakan ulang tahun Hitler.

Gedung tersebut dimiliki pemerintah Austria sejak 2016, ketika bangunan itu dibeli seharga US$350.000 atau Rp4,9 miliar. Saat itu, pemerintah mengumumkan rencana untuk merubuhkannya.


Tetapi pemilik sebelumnya, Gerlinde Pommer, menuntut pemerintah dan sejak saat itu terjadi sengketa hukum.

Pada awal pekan ini, pengadilan Ried im Innkreis memutuskan pemerintah untuk membayar dana tambahan US$1,7 juta atau Rp23 miliar - dan keputusan tersebut menyebutkan arti penting sejarah tempat tersebut yang menyebabkan peningkatan harga.

Meskipun demikian, 15 Salzburger Vorstadt hanyalah salah satu contoh alamat yang melibatkan warisan kontroversial sejumlah tokoh dunia. Berikut ini delapan tempat lainnya:
Makam Mussolin di Predappio.
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption: Pendukung kanan-jauh memberikan penghormatan fasis di makam Mussolini.

Makam Benito Mussolini - Predappio, Italia

Sama seperti neo-Nazi merayakan kelahiran Hitler di Braunau am Inn, pemimpin fasis Italia, Benito Mussolini mendapatkan perlakuan yang sama.

Puluhan ribu orang datang tiga kali setahun ke kota kecil di utara Predappio, tempat lahir Mussolini.

Tempat yang paling populer adalah mausoleum pemimpin itu di pemakaman San Cassiano.

Pendukung Mussolini bukan hanya memperingati kelahirannya (29 Juli 1883) dan kematiannya (dibunuh kerumunan orang pada 28 April 1945), mereka juga merayakan "March on Rome" pada 1922 yang menandai naiknya fasisme sebagai ideologi berkuasa di Italia.

Berbeda dengan Jerman, di mana terdapat hukum ketat terkait warisan Nazi, Italia memiliki hubungan yang lebih longgar terkait dengan warisan Mussolini.
Makam Pol Pot
Hak atas foto GETTY IMAGES 
Image caption: Makam Pol Pot berada di daerah terpencil di dekat perbatasan Thailand. 

Rumah Pol Pot - Siem Reap, Kamboja

Sebagai pimpinan Partai Komunis Kampuchea (nama Kamboja dari 1976), Pol Pot memimpin operasi pembunuhan massal pada 1970-an dan kerja paksa yang kemungkinan menewaskan sampai tiga juta orang di negara Asia tenggara itu.

Dia meninggal sebagai tahanan rumah pada April 1998 dan rumah sederhananya dibuka bagi para pengunjung. Di samping rumah itulah, jenazah Pol Pot dibakar di atas tumpukan ban.

Topeng kematian Stalin
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Museum Stalin di Gori adalah altar untuk mantan diktator Soviet.

Museum Stalin - Gori, Georgia

Pada 1961, pemimpin komunis Nikita Khrushchev melakukan usaha berani memindahkan jenazah mantan pemimpin Josef Stalin dari mausoleum tempat jenazah itu diletakkan di samping Vladimir Lenin.

Jenazah tokoh yang pemerintahan totaliternya banyak dikecam karena kepemimpinannya dalam penindasan masyarakat, pembersihan etnis, ratusan ribu hukuman mati, dan kelaparan yang menewaskan jutaan orang, sekarang diletakkan di sebuah makam tersembunyi salah satu dinding Kremlin di Moskow.

Meskipun demikian ceritanya menjadi sangat berbeda di tempat lahir Stalin di Kota Gori, Georgia.

Di kota itu terdapat museum untuk sang mantan diktator. Letaknya ada di samping rumah tempat dia dilahirkan pada 1878.

Lokasi itu menjadi altar untuk pria yang mendominasi Uni Soviet selama puluhan tahun dan memimpin Tentara Merah saat negara kelahirannya diinvasi pada 1921.
Sisa makam Saddam.
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Mausoleum Saddam diratakan saat perang melawan ISIS di Tikrit.

Mausoleum Saddam Hussein- Tikrit, Irak

Digulingkan dari kekuasaan pada April 2003, diktator Irak, Saddam Hussein, dihukum mati dan digantung tiga tahun kemudian.

Dia dimakamkan di kota asalnya, Tikrit pada 31 Desember 2006, di sebuah mausoleum yang sepertinya terlindungi serangan musuhnya. Tikrit adalah daerah kekuasaan Muslim Sunni di negara yang mayoritas penduduknya adalah Syiah.

Tetapi pada 2015, BBC melaporkan tempat tersebut hancur saat terjadi perang antara pasukan Irak, milisi Syiah yang didukung Iran, dan pasukan ISIS.

Meskipun demikian penduduk setempat mengatakan jenazah Saddam telah dibawa ke tempat yang tidak disebutkan sebelum kedatangan ISIS pada tahun 2014.
Pendukung Franco
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Franco dimakamkan di Valley of the Fallen.

Valley of the Fallen - Spain

Ketika Valley of the Fallen atau Lembah Pahlawan yang Gugur diresmikan pada 1 April 1959, setelah dibangun selama hampir 20 tahun, tempat itu dinyatakan diktator Spanyol, Fransisco Franco, sebagai "penebusan dosa dan rekonsiliasi nasional" karena Perang Saudara Spanyol (1936-39).

Tetapi tempat di luar kota Madrid tersebut tertimpa kontroversi pada 1975 ketika dijadikan makam Franco.

Sejak saat itu makam itu menjadi tempat tujuan pendukung pemimpin fasis, meskipun undang-undang saat ini melarang pawai pendukung Franco.

Selama bertahun-tahun pemerintah Spanyol berusaha mencari jalan keluar terkait dengan jenazah Franco. Parlemen setuju menggali jenazahnya dari Valley of the Fallen September lalu, tetapi langkah itu tetap memecah belah masyarakat.
Makam Pablo Escobar.
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Para pendukungnya juga mendatangi makam Escobar di dekat Medellin.

Makam Pablo Escobar - Itagui, Kolombia

Steve Simmons kemungkinan hanyalah salah satu turis yang tertarik dengan dongeng terkait dengan Pablo Escobar, yang dipandang bos narkoba paling terkenal sepanjang masa.

Tetapi laki-laki asal Wales ini menghadapi masalah dengan pemerintah Kolombia ketika terekam di kamera sedang menghirup kokain di makam Escobar, di kota Itagui, dekat Medellin - Escobar ditembak mati polisi pada tahun 1993.

Simmons dilarang masuk Kolombia selama lima tahun, sehingga dia tidak bisa bertemu pacar dan dua anak perempuannya. Dia juga menerima sejumlah ancaman pembunuhan.

Escobar dipandang bertanggung jawab di belakang kematian sekitar 5.000 orang, tetapi tetap saja ada kelompok yang mendukungnya. Dan hal ini semakin meningkat setelah kehidupannya difilmkan lewat serial di Netflix, Narcos.

Beberapa pemandu wisata di Medellin menawarkan tur Escobar.
Eugene Terreblanche
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Tokoh kulit putih Eugene Terreblanche dibunuh salah satu bekas pegawainya di tahun 2010.

Pertanian Eugene Terreblanche - Ventersdorf, Afrika Selatan

Ketika rezim apartheid Afrika Selatan hancur pada pertengahan 1990-an, petani kulit putih Eugene Terreblanche menjadi salah satu tokoh utama yang menentang diakhirinya segregasi di negara itu.

Meskipun demikian pendiri partai kulit putih AWB itu menjadi tidak begitu penting setelah dipenggal mati mantan pegawainya pada 2010. Kejahatan tersebut terjadi di peternakan Terreblanche, Villana, di luar kota Ventersdorp.

Tahun 2014, usulan menjadikan Villana menjadi situs warisan udaya diajukan ke South Africa's National Heritage Council (NHC).

Usulan tersebut mengalami penolakan.
Mount Rushmore
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Black Hills, dimana monuman Mount Rushmore berada, adalah tempat suci Lakota Sioux.

Mount Rushmore - Keystone, AS

Salah satu simbol terbesar patriotisme Amerika, Mount Rushmore National Memorial yang menampilkan pahatan batu wajah mantan presiden George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln - menarik perhatian lebih dari dua juta orang setiap tahunnya ke kota kecil Keystone, South Dakota, yang berpenduduk hanya 440 orang.

Monumen yang dibuat dari 1927 sampai 1941 tersebut diwarnai kontroversi terkait dengan hak penduduk asli.

Black Hills, South Dakota, tempat wajah dipahat, diberikan untuk selamanya kepada orang Lakota Sioux lewat traktat tahun 1868 lantaran bukit tersebut adalah tempat suci komunitas itu.

Tetapi "selamanya" hanya berlangsung selama dua tahun: penemuan emas di daerah itu menyebabkan terjadinya aneksasi Black Hills.

Ketidakpuasan semakin meningkat dengan pemahatan monumen dan pada 1970 pegiat penduduk asli menduduki Mount Rushmore untuk memprotes pelanggaran traktat.

Laporan PBB tahun 2012 mengusulkan Black Hills seharusnya dikembalikan ke Sioux.

Rumah kelahiran Hitler dan delapan tempat 'paling kontroversial' di dunia - BBC News Indonesia

Pengakuan mantan agen CIA yang menginterogasi Saddam Hussein
4 Januari 2017
irak, saddam, as
Hak atas foto RALPH ALSWANG
Image caption John Nixon adalah orang pertama yang menginterogasi Saddam Hussein setelah ditangkap 2003 lalu.

Ketika mantan Presiden Irak, Saddam Hussein, ditangkap pada Desember 2003, badan intelijen Amerika Serikat (CIA) memerlukan seorang ahli yang dapat mengenali dan menginterogasi Saddam untuk menarik informasi. Ahli tersebut adalah John Nixon.

Nixon telah mempelajari Saddam Hussein sejak bergabung dengan CIA pada 1998. Peran Nixon, sebagaimana dipaparkan kepada BBC, adalah mengumpulkan pengetahuan mengenai para pemimpin dunia sekaligus menganalisa karakter mereka.

"Ketika krisis terjadi, pembuat kebijakan datang kepada kami dengan pertanyaan mengenai siapa orang ini, apa yang mereka inginkan, mengapa mereka melakukan ini," kata Nixon.

Nixon berada di Irak ketika Saddam ditemukan pasukan AS di sebuah lubang kecil di bawah tanah yang berada di sebelah peternakan di kota kelahirannya, Tikrit.




Tatkala kabar penemuan Saddam mengemuka, pemerintah AS ingin agar seseorang memastikan apakah pria yang ditemukan memang benar Saddam Hussein, pemimpin Irak. Tugas itu kemudian diserahkan ke Nixon.

Kala itu, ada berbagai rumor bahwa Saddam Hussein memiliki sejumlah kembaran yang sengaja didandani mirip dengannya guna mengecoh publik. Akan tetapi, Nixon, yang meninggalkan CIA pada 2011, mengatakan, "Tiada ada keraguan bahwa begitu saya melihatnya, memang benar itu dia."
irak, saddam, as
Hak atas foto CHRIS HONDROS / GETTY
Image caption Saddam ditemukan pasukan AS di sebuah lubang kecil di bawah tanah yang berada di sebelah peternakan di kota kelahirannya, Tikrit.

"Saat saya mulai berbicara dengannya, dia memasang ekspresi wajah yang sama persis dengan wajah Saddam dalam buku yang selama bertahun-tahun ada di meja saya. Kejadian itu melampaui mimpi."

Nixon kemudian mengemban peran sebagai interogator dan orang pertama yang menanyai Saddam Hussein secara panjang lebar selama berhari-hari.

"Saya harus mencubit diri saya sendiri ketika menyadari bahwa saya menanyai orang yang paling dicari di dunia. Seperti tidak masuk akal," kata Nixon.

Nixon, yang menulis buku berjudul Debriefing the President: The Interrogation of Saddam Hussein, menggambarkan mendiang Saddam sebagai pribadi yang "sarat dengan kontradiksi".

Nixon mengaku melihat 'sisi manusia' Saddam Hussein, kontras dengan potret diri Saddam yang disampaikan media-media di AS.

"Dia adalah salah satu individu paling berkarisma yang saya pernah temui. Ketika dia sedang ingin, dia bisa mengesankan, baik, lucu, dan santun."
irak, saddam, as
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Saddam Hussein sesaat setelah ditangkap pada Desember 2003.

Namun, Saddam juga bisa menunjukkan sisi kelam. Menurut Nixon, Saddam sebagai orang yang kasar, arogan, serta menyeramkan ketika habis kesabaran.

"Ada dua atau tiga kesempatan ketika pertanyaan saya membangkitkan sisi buruknya," ujar Nixon.

Ketika dia sedang diinterogasi, Hussein duduk di kursi lipat yang terbuat dari logam di sebuah ruangan yang kecil dan gelap. Hanya ada Nixon, seorang juru tes polygraph, dan seorang penerjemah di ruangan itu.

Bagaimanapun, Nixon mengatakan sang mantan pemimpin Irak itu adalah seorang yang narsis. "Dia menyukai interaksi yang dia dapatkan dengan berbicara kepada saya."

Seusai sesi interogasi pertama, manakala Nixon berupaya menjalin keakraban dengan Saddam Hussein agar yang bersangkutan mau bekerja sama, Saddam mengatakan dia menikmati percakapan tersebut.

"Dia telah bersembunyi selama berbulan-bulan dan tidak banyak bercakap-cakap," kata Nixon.

Keadaan awal itu merupakan hal yang positif, namun keesokan harinya Saddam "menjadi lebih curiga".

"Dia adalah salah satu orang yang paling banyak menaruh curiga yang saya pernah temui. Setiap pertanyaan yang saya ajukan, dia balas bertanya."

Nixon mengaku CIA tidak punya banyak hal untuk ditawarkan kepada Saddam agar dia berbicara.

"Kami harus mengingatkan bahwa ucapan dan pandangan-pandangannya akan dicatat sejarah dan didengarkan oleh penguasa-penguasa tertingi di dunia," kata Nixon.
irak, saddam, as
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Saddam Hussein diadili di Baghdad, pada 5 November 2006.

Ada beberapa topik yang diharuskan oleh CIA untuk ditanyai ke Saddam, namun selain topik-topik tersebut, Nixon boleh menanyakan apa saja.

"Saya tahu saya harus berupaya mendapat jawaban. Selama bekerja untuk dinas (CIA), Anda diajarkan bagaimana menarik keterangan dari narasumber dan membuat mereka menjadi aset yang berpotensi. Namun, Anda harus sangat berhati-hati karena Anda tidak ingin muncul risiko kegagalan menarik informasi penting dengan menyentuh topik tertentu menggunakan cara yang salah," papar Nixon.

Topik paling penting yang harus diketahui dari Saddam adalah keberadaan senjata pembunuh massal (WMD).

Amerika Serikat dan Inggris tekah memakai tuduhan Irak memiliki WMD sebagai alasan utama untuk melancarkan perang.

"Hanya itu yang ingin diketahui Gedung Putih," kata Nixon.

Namun, dari percakapannya dengan Saddam, Nixon mencapai kesimpulan bahwa mantan pemimpin Irak itu telah menghentikan program nuklir negara tersebut beberapa tahun sebelumnya dan tidak berniat memulainya kembali.

Pandangan itu yang membuat Nixon dan kolega-kolegannya dianggap sebagai "kegagalan".

Nixon tidak diundang untuk menjelaskan Presiden George W Bush sampai lima tahun kemudian, pada 2008, menyusul temuan berbeda mengenai Saddam Hussein dari Biro Investigasi Federal (FBI).

Nixon jelas mencerca Presiden Bush. Bahkan, menurutnya, sebagai orang yang pernah menjabat tangan Bush dan Saddam, dia memilih menghabiskan waktu dengan mendiang Saddam.
irak, saddam, as
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption George W Bush, menurut John Nixon, "terisolasi dari kenyataan".

Kata Nixon, Presiden Bush "terisolasi dari kenyataan" bersama para penasihat yang "mengelilinginya dan mengangguk tanda sepakat".

"Saya dulu berpikir bahwa apa yang kita katakan di CIA berguna dan presiden akan mendengar. Namun, tidak penting apa yang kita katakan, politik melampaui intelijen."

Nixon mengaku "malu" atas apa yang terjadi di Irak sejak penggulingan Saddam Hussein.

Kegunaan baru bekas istana Saddam Hussein di Irak
Husna Haq
BBC Travel
Irak, Saddam Hussein
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Bekas istana Saddam Hussein diubah menjadi museum di Irak.
Kapankah pembukaan suatu museum bisa menarik perhatian dunia? Ketika itu di Irak, di Istana Lakeside yang dahulu dimiliki oleh Saddam Hussein.
Waktu Yazan Fadhli mengenalkan dirinya kepada orang-orang dan menyebut bahwa dirinya berasal dari Irak, spontan memunculkan berbagai pertanyaan di benak orang-orang, yaitu tentang organisasi yang menyebut diri ISIS, kekerasan sekte-sekte, senjata-senjata kimia, dan bom-bom mobil.
Namun, daerah asal dia dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban, ilmu matematika, astronomi, dan obat-obatan. Ini karena gelombang demi gelombang kedatangan kerajaan-kerajaan kuno, dikenal karena kontribusi mereka dalam ilmu pengetahuan, seni dan arsitektur.
"Irak secara historis penting untuk banyak alasan, tapi di daftar alasan teratas adalah karena negara ini meliputi daerah-daerah di mana beberapa peradaban paling awal muncul," kata Seth Cantey, profesor ilmu politik di Universitas Washington dan Lee di Lexington, Virginia, Amerika Serikat.
Dia menambahkan bahwa "Irak dulunya ada di antara pusat-pusat paling terkemuka dalam pembelajaran global."
Tapi, itu bukan seperti yang dilihat oleh kebanyakan orang di seluruh dunia tentang negara yang telah menjadi berita utama selama berpuluh-puluh tahun.
"Karena perang-perang yang kami alami sejak 1980… media dan pemerintah Amerika Serikat lebih fokus pada sisi buruk negara ini dan tidak pernah memperlihatkan sejarahnya," kata Fadhli, yang lahir di Baghdad dan bekerja dengan tentara AS sebagai penerjemah di kota tersebut sebelum pindah ke AS pada 2008.
Sebuah museum baru dibentuk untuk mengubah semua pemberitaan tersebut.
Terletak di kota yang kaya minyak, Basra, di Irak selatan dan penuh dengan peninggalan-peninggalan kuno dari kekayaan sejarah negara tersebut, Museum Basra yang dibuka pada 27 September 2016 adalah museum pertama yang dibuka di negara tersebut semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu.
Irak, Saddam Hussein
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Museum Basra, bertempat di bekas istana Saddam Hussein, baru saja dibuka untuk umum.
Tapi, lokasi museum tersebut yang juga menjadi berita utama, yaitu di Istana Lakeside yang dulunya milik Saddam Hussain, sebuah struktur tiruan Rokokoyang merupakan salah satu dari hampir 100 hunian mewah mantan diktator tersebut yang dibangun semasa pemerintahannya.
Qahtan al-Obaid, direktur museum tersebut mengatakan kepada kantor berita APdia dengan sengaja memilih lokasi tersebut untuk "mengganti nuansa-nuansa kediktatoran dan kezaliman dengan peradaban dan perikemanusiaan."
Museum tersebut merupakan puncak dari proyek yang digarap selama delapan tahun untuk menceritakan sejarah Irak selatan dan membantu mencetuskan kebangkitan kultur di Basra.
Akibat kekurangan dana, maka hanya satu pameran yang telah dibuka, yaitu sebuah galeri yang memajang artefak-artefak yang berumur lebih dari 2.000 tahun, seperti koin-koin perak yang dibuat di Basra, barang-barang tembikar, peti mati-peti mati, dan berbagai ubin.
Ketika selesai, museum tersebut akan mencakup tiga ruang lagi dengan memamerkan 3.500-4.000 benda dari masa peradaban negara-negara kuno -yang kini adalah Irak- seperti Babilonia, Asyur, Sumeria dan periode Islam.
Meskipun pembukaannya merupakan suatu keberhasilan, al-Obaid harus mengatasi banyaknya tantangan untuk mencapai sampai titik ini.
Karena baru-baru ini pada April, kelompok milisi Syiah mengancam untuk menyita bekas Istana Lakeside tersebut, yang mana di sana masih terdapat sisa-sisa bom-bom mobil saat pasukan Inggris menggunakannya sesaat sebagai ruang berkumpul para prajurit setelah invasi tahun 2003.
Dan selama berpuluh-puluh tahun di bawah pemerintahan otoriter, invasi dari negara asing, perang sektarian, dan yang terjadi baru-baru ini munculnya ISIS, maka telah meninggalkan 'bopeng-bopeng' dari bom di Irak.
Kekerasan yang terjadi telah mengakibatkan peninggalan-peninggalan sejarah hilang, infrastruktur hancur, dan tidak ada lembaga-lembaga sipil.
Irak, Saddam Hussein
Hak atas foto GETTY IMAGES
Image caption Sampai saat ini hanya satu pameran yang dibuka yang memajang artefak-artefak berusia 2.000 tahun.
Setelah tentara Inggris meninggalkan Irak pada 2008, al-Obaid dan orang-orang Irak lokal lainnya bertahun-tahun melakukan kampanye, birokrasi, dan penggalangan dana untuk menjadikan istana tersebut menjadi museum.
Ada fitur-fitur baru tertentu, seperti pintu-pintu besi tebal dipasang di pintu masuk tiap-tiap galeri yang bisa tertutup secepatnya jika ada orang yang mencoba menjarah atau mencuri, adalah pengingat tantangan-tantangan yang masih ada.
Tapi, tantangan-tantangan itulah yang membuat Museum Basra merupakan suatu kebanggaan bagi orang-orang Irak.
"Museum Basra akan membantu orang-orang Irak untuk memahami lebih baik sejarah kami sendiri… dan menunjukkan kepada dunia sebuah gambaran berbeda tentang Irak," kata Fadhli.
"Ini adalah cahaya di ujung akhir sebuah terowongan yang sangat gelap. Tanpa sejarah, tidak ada masa depan (dan museum tersebut mengingatkan) saya dan banyak orang lainnya untuk tidak menyerah dan pasrah," pungkasnya.
Lebih dari sekadar peninggalan-peninggalan bersejarahnya, harapanlah yang mungkin merupakan harta terbesar museum tersebut.
Versi bahasa Inggris tulisan ini bisa Anda baca di A new use for Saddam Hussein's palace di laman BBC Travel.
Kegunaan baru bekas istana Saddam Hussein di Irak - BBC News Indonesia

Izzat Ibrahim Al-Douri, pembantu dekat Saddam, 'tewas' terbunuh
18 April 2015
Hak atas foto AFP
Image caption Al-Douri, yang berusia 72 tahun, memimpin kelompok pemberontak yang disebut merupakan kekuatan utama di balik kemunculan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau dulu disebut ISIS.
Buronan pemimpin kelompok militan Irak, Izzat Ibrahim al-Douri, salah-seorang kepercayaan mantan pemimpin Irak Saddam Hussein, tewas terbunuh dalam sebuah operasi militer, kata pejabat Irak.
Mereka mengatakan dia tewas dalam pertempuran di Provinsi Salahuddin, di wilayah utara Baghdad.
Para pendukung Izzat Ibrahim al-Douri telah membantah klaim tersebut, namun sejumlah laporan media televisi menunjukkan gambar yang diyakini sebagai jasad Douri.
Jasad yang diyakini sebagai al-Douri telah dibawah ke Baghdad untuk diuji DNA, kata pimpinan kelompok milisi Syiah yang mendukung pemerintah baru Irak dalam memerangi kelompok ISIS.

Sekuler

Douri, yang berusia 72 tahun, memimpin kelompok pemberontak yang disebut merupakan kekuatan utama di balik kemunculan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau dulu disebut ISIS.
Hak atas foto AP
Image caption Meskipun memiliki akar sekuler, al-Douri diyakini telah memainkan peran kunci dalam serangan militer besar-besaran oleh kelompok militan Negara Islam setahun lalu
Meskipun memiliki akar sekuler, dia diyakini telah memainkan peran kunci dalam serangan militer besar-besaran oleh kelompok militan Negara Islam setahun lalu.
Dia merupakan orang kepercayaan Saddam Hussein, yang digulingkan ketika pasukan pimpinan AS menginvasi Irak pada 2003. Saddam kemudian dieksekusi mati pada tahun 2006.
Douri juga dianggap sebagai yang sosok penting dalam Partai Baath pimpinan Saddam Hussein.
Dia berhasil melarikan diri dan menjadi buronan dari operasi penangkapan oleh pemerintah baru.
Izzat Ibrahim Al-Douri, pembantu dekat Saddam, 'tewas' terbunuh - BBC News Indonesia

Perjalanan kereta api terpanjang di India
Rowena Henley 25 Agustus 2016
Hak atas foto ED HANLEY
Dalam suatu perjalanan kereta api selama 85 jam terdapat 57 pemberhentian, 21 gerbong dan tiga kali matahari terbenam, fotografer Ed Hanley menemukan keindahan alami India.

Kereta api Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Express nomor 15906 melintasi India dari timur laut negara bagian Assam ke kota paling selatan Kanyakumari.
Perjalanan selama 85 jam di sepanjang jalur pantai barat mencapai 4,273 km dan saat ini mengangkut lebih dari 1,800 orang, membawa penumpang melewati tujuh negara bagian dan melintasi sejumlah panorama cantik di tempat-tempat yang dituju seperti West Bengal dan Kerala.
Bagi kebanyakan orang, perjalanan kereta api ini – tanpa penyiram toilet, pendingin udara yang cukup atau pengaturan tidur yang nyaman – akan menyebabkan rasa takut dan tidak nyaman. Tetapi bagi fotografer Kanada, Ed Hanley, hal ini merupakan kesempatan untuk menggali sisi berbeda dari budaya yang sangat dia sayangi.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Kereta api selama 85 jam melewati panorama India yang cantik.
Petualangan epik melintasi negara ini menandai kunjungan Hanley yang ke 10 kalinya ke India. Namun kecintaannya terhadap negara ini berawal dari musik, bukan fotografi. “Saya adalah seorang musisi profesional, khususnya tabla, alat musik perkusi utama dari musik klasik India Utara,” katanya.
“Saya sudah menghabiskan banyak waktu di India untuk mempelajari musik dan pertunjukan selama bertahun-tahun. Saya mencintai negara ini dan orang-orangnya.”
Segera saja, Hanley melihat bahwa India merupakan sebuah negara yang memanggil-manggil untuk difoto. “India adalah tempat yang paling fotogenik yang pernah saya datangi,” katanya.
“Ini merupakan campuran warna dan personalitas, di mana kecantikan dan kekacauan hadir di saat yang bersamaan, dan di mana tradisi kuno menyerap dan berintegrasi dengan cara yang modern.”
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Hanley mendapat “tatapan dingin” dari petugas keamanan di atas kereta api.
Sepanjang 85 jam perjalanannya, Hanley mendokumentasikan setiap aspek perjalanan yang dapat dia tangkap: para penumpang, panorama, fasilitas dan para penjual semua tertangkap bersamaan dengan Vivek Express tersendat-sendat ke arah selatan.
Hanley mendeskripsikan kereta api itu sebagai “sebuah pasar berjalan yang menggelinding,” tempat para pembeli dapat membeli apapun dari hal-hal yang biasa (minuman ringan dan permen coklat) sampai ke hal-hal aneh (sebuah telepon genggam baru atau telur rebus yang keras).
“Saya ingin membeli semuanya! Tetapi saya menahan diri,” katanya. Bagi Hanley, ini semua tentang otentisitas, dan tidak ada perjalanan kereta api di India yang lengkap tanpa secangkir chai: “Saya membeli teh. Banyak sekali jenis-jenisnya.”
Meskipun berstatus veteran sebagai turis di India, Hanley masih menghadapi saat yang menakutkan dan mengagetkannya. Dia mengenang pertemuannya yang mengkhawatirkan dengan polisi kereta api, ketika dia diberi 'tatapan dingin' oleh salah satu petugas yang hendak difotonya.
Kemiskinan adalah sesuatu yang harus dibiasakan oleh setiap pelancong di India, tetapi Hanley mendapati keberadaan anak-anak yang mengemis di atas kereta api, secara umum mengejutkan.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Hanley menyebut Vivek Express sebagai sebuah pasar jalanan yang menggelinding.
“Sepasang gadis muda naik ke atas kereta di Jagiroad, Assam,” kenangnya. “Salah seorang meliuk-liukan tubuhnya di sepanjang kabin kereta, sementara yang lainnya menyajikan permainan gendang yang lincah sebagai iringan dholak. Mereka berdua luar biasa berbakat, dan mereka mendapatkan uang, tetapi seharusnya mereka berada di sekolah.”
Bagi Hanley, peristiwa ini menggambarkan isu yang lebih besar di India: “Buruh anak-anak merupakan masalah besar,” katanya. “Pendidikan sungguh merupakan satu-satunya cara keluar dari lingkaran kemiskinan, jadi sungguh menyedihkan melihat anak-anak meminta-minta pada usia enam atau tujuh tahun, ketika mereka seharusnya ada di sekolah.”
Meskipun ada ganjalan-ganjalan ini, bagaimanapun, Hanley sangat mencintai negara di Asia Selatan ini dan berencana untuk mengunjunginya lagi – tetapi di waktu berikutnya, mungkin dia akan mengendarai mobil atau berjalan kaki. “Ketika kami tiba di Kanyakumari,” katanya, “kaki saya membutuhkan waktu beberapa jam untuk terbiasa di tanah yang datar!”
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Kereta api melewati tempat-tempat tujuan seperti Trivandrum Central, Kerala.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Hanley mencoba menangkap seluruh aspek dari perjalanan selama 85 jam.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Di India, para penumpang sering menggunakan jalan kereta api sebagai panggung.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Selama perjalanannya, Hanley bertemu dengan seorang gadis muda yang memeragakan akrobat.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Rel kereta api India memiliki 115,000 km jalur di sepanjang rute sejauh 65,808 km.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Chai merupakan ciri khas perjalanan 85 jam Hanley.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Hanley terkejut mendapati kemiskinan anak-anak.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Seorang penumpang mencari pemandangan yang lebih bagus.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Ruang dalam Vivek Express sangat sempit.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Tempat tidur para staf di atas Vivek Express.
Hak atas foto ED HANLEY
Image caption Seorang penumpang menikmati cemilan di atas kereta.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
India mempunyai peradaban yang sama kunonya dengan peradaban Mesir. Para ahli sejarah memperkirakan bahwa Peradaban di Lembah sungai Indus adalah peradaban yang sangat maju pada masa dahulu kala. Harappa dan Mohenjodaro adalah dua kota kuno yang dulunya sangat ramai dkunjungi oleh para pedagang dijalur sutera. Agama Hindu menjadi dominan di India karena agama tersebut mempunyai tujuan untuk membebaskan manusia dari belenggu nafsu dunia. Orang - orang penganut Hindu sangat mempercayai bahwa dewa - dewa yang mereka sembah benar - benar ada keberadaanya pada zaman dahulu. Pengetahuan teknologi telah mereka serap secara lisan maupun tertulis lewat syair dan kitab - kitab suci mereka. Di India masa kini banyak sekali sekte - sekte agama Hindu yang menyembah dewa - dewa mereka masing - masing. Hal itu mungkin menjadikan pengetahuan - pengetahuan kuno juga banyak sekali yang belum terjamah oleh para peneliti.
Dengan wilayah yang sangat luas dan besar. Penduduk India juga mempunyai banyak ragam suku, budaya, bahasa dan cara hidup dalam keseharian mereka. Masing - masing suku mempunyai budayanya sendiri - sendiri yang membuat cara hidup mereka memiliki keunikan tersendiri. India sangat kental dengan mitos dan legenda yang membuat cara hidup mereka taat pada kepercayaan leluhur yang sudah turun temurun. Berikut ini adalah beberapa hal tentang peradaban India di masa lalu yang membuat negara tersebut menjadi disegani oleh peradaban - peradaban negara lain.

1. Teks tertua dalam agama Hindu adalah Regveda, ditulis sekitar tahun 1500 SM yang menyebutkan istilah tata surya untuk pertama kalinya. Jadi kira - kira 3000 tahun sebelum Copernicus mengemukakan pusat alam semesta adalah Matahari, para pendeta - pendeta Hindu sudah membaca tentang fenomena tersebut.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno

2. Semua orang belum mengetahui bahwa permainan catur berasal dari peradaban India Kuno. Tetapi bukan cuma permainan catur saja yang mereka ciptakan, Permainan ular tangga juga bermula dari peradaban India Kuno. Mokshapat adalah penyebutan dari permainan ular tangga kuno dari India yang sudah dimainkan sejak awal abad ke 2 sebelum masehi.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
3. Orang - orang Hindu kuno benar - benar sangat ahli di dalam bidang Matematika. Mereka menemukan angka "nol" dan dapat memahami sistem perhitungan "Pi" pada abad ke 9 SM serta juga menciptakan sistem desimal. Kontribusi besar mereka yang sering terlewatkan adalah memberikan sistem Numerik Arab yang masih kita gunakan sampai sekarang ini, di India sistem numerik Arab tersebut diciptakan sekitar tahun 700 M.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
4. Berlian pertama kali ditambang sekitar tahun 700 SM di India kuno. Orang Hindu kuno awalnya menambang berlian dari endapan aluvial di beberapa sungai India. India menjadi negara penghasil berlian sampai abad ke 18, kemudian berlian juga ditemukan di Brasil.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
5. Olah raga terkenal yaitu Yoga yang baik untuk tubuh dan jiwa berasal dari India dan diciptakan lebih dari 5000 tahun yang lalu. Yoga sudah disebutkan dalam teks kuno Hindu Regveda. Yoga menjadi lebih dikenal dan disempurnakan sekitar abad ke 6 dan 5 SM ketika Buddhisme dan Jainisme muncul dalam masyarakat Hindu.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
6. Masyarakat India kuno dianggap sebagai salah satu contoh peradaban yang langka oleh para filsuf Yunani karena di India tidak ditemukan adanya perbudakan. Hal itu mungkin disebabkan oleh fakta bahwa tujuan akhir dari agama Hindu adalah kebebasan.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
7. Peradaban lembah India kuno pertama kali mengolah kapas sekitar tahun 3000 SM. Berkat fakta bahwa umat Hindu kuno sangat terampil dalam pembuatan kapas pada tahun 1000 SM, kapas menjadi tersebar luas di sebagian besar India. Dan beberapa metode yang mereka gunakan dalam pembuatan dan pemintalan kapas digunakan sampai industrialisasi India modern.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
8. Salah satu kota paling terkenal dari peradaban lembah Indus adalah Harappa dengan populasi penduduk sekitar 30 ribu pada tahun 2000 SM yang terletak di Pakistan saat ini. Harappa tetap menjadi misteri sampai hari ini karena selama abad ke 19 koloni Inggris menghancurkan banyak kota agar mereka dapat menggunakan batunya sebagai pemberat dalam pembangunan jalur rel kereta api.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
9. Salah satu kaisar India yang paling terkenal adalah Ashoka yang Agung (304-232 SM) di mana kekaisaran Maurya yang sedang berkembang sangat terkejut dengan wabah dan kehancuran selama penaklukannya di negara bagian timur kota Kalinga sehingga ia beralih ke agama Buddha. Ashoka mulai mempraktekkan pemikiran dan prinsip-prinsip Buddhis, dia membangun kuil-kuil dan biara-biara dan memberikan sumbangan rutin kepada pendeta - pendeta Budha. Pada akhir masa pemerintahannya, perbendaharaan India dikosongkan.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
10. Bangsa Romawi bukan satu-satunya kekaisara yang menderita karena ulah Bangsa Hun yang perkasa. Pada abad ke-5 M, sebuah kelompok yang dikenal sebagai Hun Putih datang ke India. Setelah banyak pertempuran di bawah "Attila dari India" Mihirkula, Bangsa Hun berhasil menaklukkan bagian dari kerajaan Gupta India dan membuat menuju kejatuhannya. Meskipun Bangsa Hun diusir setelah kematian Mihirkulas semua tradisi yang hidup dari dinasti awal seperti Maurya, Kushana dan Gupta telah hilang.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
11. Pada Zaman Veda di India kuno, masyarakat dibagi menjadi empat kelas, yang terdiri dari para Brahmana dan pendeta menjadi kasta atas, ksatria, petani, pedagang, dan buruh menempati kasta bawah. Kelas-kelas itu bukan hanya refleksi dari pekerjaan seseorang tetapi mereka juga ditentukan oleh kelahirannya dan seseorang tidak diizinkan untuk mengubah sistem itu atau menikahi ke kasta lainnya. Itu adalah perintah dari kepercayaan yang abadi.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
12. Toilet siram yang paling awal digunakan oleh orang-orang dari Peradaban Lembah Indus, hampir setiap rumah di kota-kota kuno wilayah itu memiliki toilet dengan air mengalir yang terhubung ke sistem pembuangan kotoran.
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno
12 Hal Tentang Kehidupan India Kuno | KASKUS









1 ulasan:

Amisha berkata...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut